Platform Trading Kripto Legal di Indonesia

Nandini 15 Aug 2021
Dibaca Normal 8 Menit
kripto > platform >   #trading-kripto   #platform
Banyak calon trader yang bingung memilih platform trading kripto untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Berikut rekomendasi platform trading kripto yang legal di Indonesia.
DI

Trading Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sedang naik daun. Banyak masyarakat di seluruh dunia mencoba peruntungan dengan trading kripto, termasuk Indonesia sendiri. Nah, apakah Anda salah satunya?

Sama seperti aset trading lainnya, Anda bisa menerapkan trading kripto jangka pendek maupun jangka panjang. Ada yang berpendapat bahwa trading jangka panjang lebih menguntungkan karena mereka percaya mata uang digital memiliki masa depan yang cerah. Namun, itu semua tergantung pada masing-masing trader.

platform trading kripto legal di Indonesia

Menyadari bahwa uang kripto makin berkembang dengan baik, banyak trader yang ingin mencoba mentradingkannya. Tidak sedikit dari mereka yang kesulitan bagaimana memulainya dan platform trading kripto apa yang mesti mereka pakai.

Rekomendasi Platform Trading Kripto Legal di Indonesia

Makin naiknya popularitas kripto di masyarakat membuat banyak jenis platform bermunculan. Platform ini biasa dimanfaatkan untuk transaksi jual-beli mata uang kripto secara mudah dan nyaman. Dari berbagai jenis platform yang ada, pastinya masing-masing memiliki nilai kelebihan dan kekurangannya.

Namun demikian, banyaknya platform trading kripto ini membuat para trader kebingungan memilih, terutama para trader pemula. Banyak dari mereka bertanya-tanya situs atau aplikasi apa yang mesti dicoba dan aman serta resmi. Nah, berikut rekomendasi platform trading kripto legal di Indonesia yang bisa Anda coba.

Pintu

Pintu dikenal sebagai aplikasi mobile pertama yang melayani jual beli mata uang kripto di Indonesia. Aplikasi ini juga merupakan produk asli Indonesia yang dikeluarkan oleh startup PT Pintu Kemana Saja. Platform Pintu memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan trading berbagai jenis Cryptocurrency ke seluruh penggunanya dengan smartphone yang mereka miliki.

platform trading kripto pintu

Aplikasi Pintu sudah terjamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas karena terdaftar di Bappebti sejak Februari 2020. Untuk koin yang bisa diperdagangkan sendiri ada banyak jenisnya, seperti: Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Thether (USDT), Binance Coin (BNB), IDRT, dan IDRTB.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bebas melakukan trading kapan saja karena transaksi deposit dan withdraw dilakukan secara instan 24/7. Biaya deposit Pintu gratis, tetapi untuk withdraw dikenakan biaya sebesar Rp4,500. Untuk mulai trading di Pintu, caranya cukup mudah. Anda bisa mengunduh aplikasinya di Playstore atau Appstore, lalu buatlah akun di sana.

Apa sih keunggulan dari aplikasi Pintu?

  • Desain user interface yang praktis. Tampilan user interface yang simpel dan praktis akan memberikan kesan tersendiri bagi trader, terutama para pemula. Pintu tampaknya tahu betul kebutuhan para pemula sehingga tampilan Pintu dibuat ramah untuk mereka.
  • Sistem keamanan yang tinggi. Aplikasi Pintu sudah menggunakan teknologi canggih untuk penyimpanan aset kripto Anda. Wallet-nya dilengkapi dengan teknologi Curv.co yang mencegah pencurian private key sehingga aset akan aman.
  • Jual-beli kripto dengan murah. Investasi kripto tidak lagi menjadi sebuah mimpi. Hanya dengan Rp50,000 Anda sudah bisa mulai trading kripto. Anda tidak perlu lagi pusing mengumpulkan banyak modal untuk mulai investasi kripto.

Rekeningku

Platform trading kripto legal berikutnya adalah Rekeningku. Situs ini merupakan buatan PT Rekeningku Dotcom Indonesia. Rekeningku sendiri tersedia dalam versi situs dan aplikasi mobile yang bisa diunduh di Playstore.

Sama seperti Pintu, Rekeningku sudah terdaftar di Bappebti sehingga aman dan terpercaya jika Anda tertarik menggunakannya. Platform yang satu ini memiliki tokennya sendiri, yakni ANA Coin yang bisa diperdagangkan dengan biaya trading lebih murah.

Baca juga: 5 Mata Uang Kripto Asal Indonesia

Untuk mulai trading/investasi dengan platform ini, Anda bisa mengunjungi situsnya langsung atau mengunduh aplikasinya. Setelah itu, lakukan proses registrasi dan lengkapi proses KYC agar diverifikasi. Untuk keunggulannya sendiri tidak jauh berbeda dengan platform yang lain, diantaranya:

  • Minimum deposit. Anda bisa memulai trading di Rekeningku mulai dari Rp50,000.
  • Sistem keamanan yang terjamin. Platform Rekeningku menggunakan sistem keamanan 2FA (Two Factor Authentication), di mana pengguna akan diminta melakukan verifikasi identitas sebanyak dua kali.
  • Fitur trading yang lumayan lengkap. Ada analisa chart (orderbook dan histori transaksi), Stop Loss, dan Short-Selling.

Indodax

Platform Indodax dikenal sebagai situs Bitcoin terbesar di Indonesia di bawah payung PT Indodax Nasional Indonesia. Platform ini berdiri pertama kali tahun 2013 dengan nama Bitcoin.co.id, lalu tak lama kemudian berubah menjadi Indodax.com. Namun, Bitcoin.co.id diaktifkan kembali secara terpisah untuk jual beli aset kripto juga.

platform trading indodax

Sama seperti platform yang lain, Indodax juga menyediakan berbagai jenis aset kripto yang penukarannya bisa dilakukan secara gratis. Selain itu, Indodax juga memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Proses deposit dan withdraw lebih cepat karena terjadi secara otomatis;
  • Sistem keamanan Indodax lebih terjamin dengan adanya tim auditor 24 jam;
  • Customer Service yang selalu standby dan siap membantu dengan sigap;
  • Indodax masuk sebagai salah satu platform terbesar dan sering digunakan di seluruh dunia.

Baca Juga: Strategi Trading Bitcoin dari Perintis Indodax

Tokocrypto

Tokocrypto adalah platform trading kripto yang berdiri sejak 2017 dan sudah terdaftar di Bappebti. Untuk lebih mudahnya, platform ini sudah bisa diakses lewat aplikasi mobile yang bisa diunduh.

Menariknya, aplikasi ini sudah terupdate versinya menjadi Tokocrypto 2.0 berbasis Binance Cloud. Nah, berikut ini beberapa keunggulan dari platform Tokocrypto sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakannya:

  • Bisa trading dengan banyak jenis token baru, termasuk stablecoin;
  • Banyak fitur baru yang diluncurkan, seperti user interface yang praktis;
  • Sistem keamanan yang mengadopsi Binance security.

UpBit Indonesia

UpBit merupakan platform trading kripto besutan negara ginseng yang sudah mendapat izin resmi dari Bappebti sejak tahun 2019. Sejak diluncurkan, UpBit menjadi salah satu platform terbesar yang meramaikan pasar kripto. Nah, berikut ini beberapa keunggulan UpBit Indonesia:

  • Meskipun platform buatan luar negeri, sudah ada layanan deposit and withdraw dalam bentuk rupiah;
  • Sistem keamanan UpBit tinggi dan mumpuni dengan adanya sertifikasi keamanan ISO 270001, ISO 27017, dan ISO 27018;
  • Sudah bisa diakses via mobile.

Zipmex

Zipmex adalah salah satu platform trading kripto terbaik, terpercaya, dan resmi karena sudah terdaftar di Bappebti. Platform ini didirikan pada Agustus 2018 oleh Marcus Lim. Berikut ini beberapa keunggulan Zipmex dibanding platform yang lain:

  • Transaksi bisa dilakukan secara langsung dan cepat;
  • Menawarkan likuiditas yang lebih baik;
  • Sistem keamanan terjamin karena sudah bekerja sama dengan beberapa platform besar untuk menjamin keamanan;
  • User Interface yang sederhana dan praktis;
  • Layanan CS yang fantastis dan selalu standby.

Baca juga: Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya

Triv

Platform trading kripto rekomendasi berikutnya adalah Triv yang terintegrasi dengan fasilitas Paypal. Melalui platform ini, Anda bebas membeli berbagai jenis mata uang virtual.

Yang terbaru dari platform ini adalah fitur gadai kripto. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan dana tunai secara cepat dengan menggadaikan aset kripto miliknya. Jadi, pengguna tidak perlu menjual aset karena bisa menjadikannya sebagai jaminan untuk uang yang didapatkan atau dipinjam.

platform trading triv

Untuk saat ini, jenis mata uang kripto yang boleh digadaikan adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan USDT. Cara menggunakan fitur gadai ini pun mudah, Anda hanya perlu membuka akun Triv dan di sana sudah ada petunjuk yang bisa diikuti.

Sama seperti portal trading kripto yang lain, Triv juga memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya:

  • Transaksi bisa menggunakan uang digital (Paypal);
  • Bisa deposit dan withdraw dari 100 bank di Indonesia secara real-time;
  • Transaksi berjalan setiap hari selama 24 jam;
  • Keamanan Triv sangat terjamin karena adanya sistem security berlapis dan 256 bit enkripsi (menggunakan teknologi multi-signature dan cold storage).

Bitocto

Platform trading kripto Bitocto adalah bursa jual beli kripto milik PT Wahyucipta Mandirikarya yang diluncurkan sejak bulan Mei 2018. Sepanjang tahun 2019, platform yang satu ini mengalami pertumbungan signifikan.

Sejak beroperasi, Bitocto menyediakan fasilitas jual beli mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan lainnya dengan mata uang rupiah. Untuk menggunakan Bitocto, Anda bisa mengunjungi situsnya dan membuat akun di sana.

Sebagai platform pertukaran aset digital yang legal di Indonesia, pastinya Bitocto sudah mengantongi izin dari Bappebti. Nah, untuk keunggulannya sendiri, pendiri dan CEO-nya, Milken Jonathan, sudah memaparkannya sebagai berikut:

  • Biaya transaksi dan penarikan tergolong rendah, yakni 0.14% hingga 0.2%;
  • Tampilan tatap antarmuka yang sederhana, sehingga cocok untuk pemula sekalipun;
  • Proses deposit dan withdraw bisa dilakukan secara instan dan mudah;
  • Investasi bisa dimulai dengan Rp50,000;
  • Sistem pemantauan yang aman dengan dilengkapi enkripsi dan proteksi terhadap DDoS.

Baca Juga: Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah

Luno

Luno adalah bursa aset kripto yang berdiri di bawah anak perusahaan independen Digital Currency Group dan sudah ada di Indonesia sejak tahun 2014. Sama seperti platform UpBit Indonesia, Luno ini juga besutan dari luar negeri, yakni berasal dari Inggris.

Nah, untuk memulai trading di Luno Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situsnya dan mengikuti panduannya. Platform Luno juga menyediakan berbagai fitur sebagai daya tarika, diantaranya adalah:

  • Tampilan yang sangat user-friendly, sehingga trader baru bisa menavigasikan website dengan mudah;
  • Proses deposit dan penarikan bisa sangat cepat;
  • Memiliki sistem keamanan dan perlindungan terdepan, yaitu menggunakan multi-signature yang dilapisi banyak enkripsi.

Nah, itulah 10 jenis platform trading kripto yang sudah resmi di Indonesia. Manakah platform trading favorit Anda? Untuk Anda yang masih kebingungan mencari platform trading terbaik, beberapa rekomendasi di atas layak untuk dipertimbangkan. Namun demikian, Anda mesti tetap menggali informasi lebih jauh mengenai platform yang Anda pilih agar trading kripto Anda bisa maksimal dan profitable.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Gading |  16 Nov 2020

Kenapa harga last price di tiap chart harganya beda2? saya lihat di tradingview, investing.com, dan mt4 semua berbeda, bahkan mt4 untuk mobile dan desktop juga berbeda harganya. Kenapa bisa begitu? 

Lihat Reply [1]

@ Gading:

Harga penawaran dari setiap broker memang berbeda, tetapi tidak terpaut jauh. Itu karena setiap broker mempunyai afiliasi sebagai penyedia likuiditas yang berbeda. Selain itu besarnya spread dari setiap broker juga bisa berbeda.

Penyedia likuiditas adalah broker besar atau bank besar yang memberikan harga penawaran ke broker yang berafiliasi, dan broker afiliasinya bisa menentukan besarnya spread sesuai dengan keinginan, sehingga harga Bid dan Ask setiap broker bisa berbeda, meskipun dengan platform trading yang sama.

M Singgih   16 Nov 2020
 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [25]

Untuk Agung...

Anda bisa menghungungi broker yang bersangkutan, bisa jadi ada sistem yang eror atau yang lainnya.

Thanks.

Basir   3 Mar 2016

Ataukah mungkin ini ada manipulasi dari broker? Entah yang mana yang memanipulasi, tapi kalau sampai terbentuk candle yang beda, bukankah ini cukup jadi warning untuk mencurigai broker?

Silvi   4 Mar 2016

Untuk Silvi..

Hal itu bisa terjadi, atau ada sistem/ pengamanan yang jebol oleh lonjakan harga. Jika broker tersebut bertanggung jawab, maka mereka akan melakukan kompensasi.

Thanks.

Basir   8 Mar 2016

Untuk Anto,

Dari hasil penelusuran kami, Fin888 Autotrade adalah perusahaan yang khusus menyediakan layanan copytrade atau robot trading bagi para investornya. Sedangkan untuk broker yang digunakan, pada halaman resminya menyatakan bahwasanya layanan ini menggunakan broker

Samtrade FX sebagai broker utamanya. Samtrade FX sendiri adalah broker forex yang berasal dari Saint Vincent and the Grenadines. Broker ini mengklaim dirinya terlisensi oleh badan regulator FSA (SVG), ASIC (Australia), dan juga FINTRAC (Canada). Meskipun telah terlisensi, agaknya popularitas broker ini kurang begitu menonjol untuk kalangan trader Indonesia.

Kesimpulannya, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai performa dari layanan copytrade yang ditawarkan. Jikapun Anda tertarik untuk mengikuti layanan ini, Anda boleh saja mencobanya. Akan tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan layanan ini dengan broker lain yang lebih jelas status regulasinya. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   3 Mar 2021

@ Phutut:

- Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri?

Broker membuat platform sendiri adalah karena policy perusahaan tsb, antara lain untuk promosi agar platformnya bisa dikenal secaa luas. Meski demikian tidak banyak broker yang membuat platform sendiri, kebanyakan menggunakan platform yang sudah eksis seperti Metatrader.


- … Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari pla form trading tersebut?

Bukan, tertapi tergantung dari harga yang diberikan oleh penyedia likuiditas atau liquidity provider dari broker tsb. Harga yang diberikan oleh setiap broker memang bisa berbeda dengan broker lainnya, tetapi perbedaannya tidak jauh.

M Singgih   13 Jun 2021

Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami. Matur nuwun.

Anam   18 Jun 2021

@ Anam:

Silahkan Anda coba platform Streamster.

M Singgih   20 Jun 2021

@ Wijaya:

Bisa saja diretas jika peretas tahu nomor Login dan Password Anda. Peretas bisa mentradingkan akun Anda,tetapi tidak bisa menarik dana yang ada di balance karena untuk withdraw harus masuk ke rekening atas nama Anda sesuai dengan saat Anda mendaftar di broker. Mengenai Anda tidak bisa login, mungkin saja si peretas telah mengganti password.

Dalam hal ini Anda memang harus menghubungi CS broker. Kalau tidak direspon Anda bisa komplain ke badan regulator yang memberi regulasi broker tsb.

Kami harap Anda trading di broker yang diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.
Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

M Singgih   15 Sep 2021

Setelah saya baca-baca di situs brokernya, mereka tergulasi IFSC pak. Saat ini sudah saya kirimi email. Bila tidak direspon gimana pak soalusinya? Terima kasih

Wijaya   15 Sep 2021

@ Wijaya:

Jika broker tidak merespon memang harus ke regulator. Menurut kami tunggu saja jawaban dari badan regulator yang seharusnya bertanggung jawab atas broker tsb. Jika ternyata tidak direspon juga, menurut kami Anda harus merelakan dana Anda karna tidak ada cara lain. Anggap saja brokernya scam, dan itu adalah risiko trading di broker yang tidak teregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional.

M Singgih   16 Sep 2021

Baik pak, terima kasih atas sarannya...

Wijaya   16 Sep 2021

Mungkinkan akun MT4 diretas pak? 

Soalnya terakhir login balance saya berkurang 15 dollaran, kemudian, dua hari berikutnya akun trading tidak bisa login.

Sudah menghubungi CS Broker tidak ada jawaban. Bagaimana solusinya?

Wijaya   14 Sep 2021

Saya pengguna Fin888, sejauh ini lancar. Apakah ada insight mengenai Fin888? 

Anto   7 Feb 2021

Kenapa pada tanggal 29 februari 2016 di mt4 saya candle jam 23.00 pair EURUSD terbentuk doji sebesar 260 pip sedangkan di broker lain pada saat yang sama candlenya normal (cuma sekitar 30 pip).

Agung   1 Mar 2016

Apakah broker yang udah teregulasi memungkinkan untuk membuat platform trading sendiri? Sedangkan apakah lebih baik kita trading di platform seperti MetaTrader dibandingkan trading di platform yang broker buat sendiri?

Gary N   15 Nov 2022

Ya, broker biasanya mengembangkan software atau platform tradingnya sendiri. Biasanya platform yang broker kembangkan sendiri memiliki tampilan kurang bagus, kurang familiar dan keterbatasan dibandingkan platform seperti metatrader.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa broker tetap menawarkan platform metatrader meskipun sudah mempunyai platformnya sendiri.

Keduanya bagus, tapi saya pribadi akan tetap menggunakan platform metatrader karena lebih universal dan sudah familiar.

Apapun brokernya, bisa Anda login menggunakan platform metatrader. Saya bisa login akun dari broker X, menggunakan metatrader yang saya download dari broker Y.

Namun, pada platform broker yang dikembangkan sendiri hanya bisa memakai broker tersebut.

Kiki R   15 Nov 2022

Hanya broker tertentu saja yang memiliki platform tradingnya sendiri.

Meskipun penggunanya lebih sedikit, namun biasanya platform tersebut punya kelebihan dibandingkan platform seperti metatrader. Platform ini biasanya mempunyai kecepatan eksekusi yang lebih bagus.

Kiki R   6 Dec 2022

Ya, akun MT4 (MetaTrader 4) Anda dapat diretas jika tidak dilindungi dengan baik. Coba ikuti beberapa langkah ini untuk melindungi akun:

  • Gunakan password yang kuat
  • Verifikasi dua faktor: Jika tersedia, pastikan untuk mengaktifkan verifikasi dua faktor pada akun MT4 Anda.
  • Gunakan koneksi internet yang aman: Jangan mengakses akun MT4 Anda melalui jaringan internet yang tidak aman atau yang tidak terlindungi.
  • Jangan berbagi informasi login: Jangan memberikan informasi login Anda kepada orang lain, termasuk broker atau orang yang mengaku sebagai staf dari MT4.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu melindungi akun MT4 Anda dari serangan cyber dan menjaga keamanan dana. Jika CS tidak memberi jawaban, sebaiknya pertimbangkan untuk pindah broker saja.

Ananta   22 Dec 2022

Apa saja pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum ikut copy trading di platform broker? Saya sudah donlod aplikasinya lewat playstore, lalu muncul seperti profil2 tradernya. Jujur malah jadi bingung. Jadi saya tanya dulu ke sini sebelum setor dana. 

Romeo Julioooo   23 Dec 2022

Biasanya trading biasa aja sendiri, ato pernah pasang autotrade? misalnya kayak zulutrade, copytrade, atau apalah yang mirip-mirip gitu?

Soalnya pengalaman pernah tuh coba-coba eksperimen pasang gituan. Balance bisa susut gara-gara itu.

Sofiyan   27 Dec 2022

Jawaban untuk Romeo Julioooo:

Pertimbangan yang digunakan adalah risiko yang terukur dan profit yang bertumbuh.

Dari goals diatas, ada beberapa parameter yang dipantau:

1. Maximum drawdown

2. Winrate

3. Average profit/loss

4. Expected payoff/profit factor (nilai ekspektasi)

4 Parameter ini cukup untuk penilaian awal performa trader yang akan Anda copy.

Maximum drawdown untuk mengetahui seberapa besar loss yang pernah terjadi.

Winrate untuk mengetahui berapa peluang berhasil vs gagal transaksinya.

Average profit/loss untuk mengetahui berapa rasio Risk/rewardnya.

Terakhir, expected payoff/profit factor untuk melihat apakah trader ini bisa profitable dalam jangka panjang atau tidak.

Kiki R   27 Dec 2022

iya, broker yang teregulasi diperbolehkan untuk membuat platform trading sendiri atau menggunakan platform yang sudah ada.

Platform trading yang dibuat sendiri oleh broker biasanya memiliki fitur dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan dan strategi trading khusus dari broker tersebut. Tapi biasanya, platform trading yang dibuat sendiri memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Kurangnya integrasi dengan tools dan aplikasi lain
  • Dukungan dari developer tidak maksimal
  • Ada risiko tidak kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda.

Sedangkan platform trading seperti MetaTrader merupakan platform yang sudah teruji dan banyak digunakan oleh trader di seluruh dunia. Platform ini memiliki fitur dan fungsi yang lengkap, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan berbagai tools dan aplikasi lain. Kekurangannya adalah: platform ini juga bisa memiliki biaya tambahan untuk digunakan oleh broker, seperti biaya lisensi atau biaya untuk menyediakan fitur tambahan. Contohnya: MT5 Booster dari GKInvest

Jadi tinggal dicek saja, apakah broker menyediakan penawaran yang cukup menarik jika memakai platformnya sendiri? Jika tidak, maka Metatrader saja cukup.  

Elyasa   27 Dec 2022

saya sering banget lihat iklan sana sini tentang broker yang sering menawarkan Autochartist dan juga terdapat trading central yang katanya sangat membantu para trader. Tetapi ketika saya masuk ke website broker tersebut ternyata ada pilihan dan berbayar juga.

Sebenarnya apa perbedaan autochartist dan trading central, dan apakah penggunaannya hanya di metatrader saja?

Jojo   19 Jan 2023

Jawaban untuk Anam:

  • Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami

Ada beberapa platform trading yang dapat Anda coba selain MetaTrader 4 (MT4) yang dianggap user-friendly dan mudah dipahami, diantaranya:

  • MetaTrader 5 (MT5): Merupakan versi terbaru dari MT4 yang memiliki fitur tambahan seperti analisis teknikal yang lebih kaya, multi-timeframe, dan pilihan instrumen trading yang lebih luas.
  • cTrader: Platform ini menawarkan interface yang intuitif dan kustomisasi grafik yang bagus. cTrader juga memiliki fitur trading otomatis yang canggih dan dapat digunakan oleh trader pemula maupun profesional.
  • TradingView: Platform ini menawarkan analisis teknikal yang kaya dengan grafik interaktif yang dapat dikustomisasi. TradingView juga memiliki komunitas trader yang aktif yang dapat Anda gunakan untuk berbagi ide dan analisis.
  • ProRealTime: Platform ini menawarkan analisis teknikal yang solid dengan indikator yang dapat dikustomisasi dan grafik interaktif. ProRealTime juga memiliki fitur backtesting dan trading otomatis.
  • NinjaTrader: Platform ini menawarkan analisis teknikal yang lengkap dan grafik interaktif. NinjaTrader juga memiliki fitur backtesting dan trading otomatis yang kuat.

Semua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya Anda mencoba beberapa platform dan melihat mana yang paling cocok dengan gaya trading dan kebutuhan Anda.

Kiki R   21 Jan 2023

@Wijaya:

15 dolar sih direlakan aja. broker IFSC pula. Bakal lebih mahal biaya mengejar tanggung jawab brokernya.

Sofiyan   23 Jan 2023
 Nia Fitriani |  25 Jan 2021

mas, untuk trading dan bisa profit di kripto apakah jg bisa pake indikator seperti di valas? indikator apa yang bagus? thx b4

Lihat Reply [19]

@ Alexis:

Semua pergerakan harga yang direpresentasikan dalam chart, baik dalam bentuk bar ataupun candlestick bisa menerapkan teori Fibonacci.

Level-level Fibonacci, baik yang retracement ataupun yang expansion adalah alat bantu untuk menentukan level-level support dan resistance, jadi berlaku untuk semua pair dalam pasar keuangan termasuk mata uang kripto.

M Singgih   30 Nov 2021

Ada rekomendasi indikatroe terbaik untuk trading kripto pak?

Veliza   14 Jan 2022

@ Veliza:

Indikator teknikal yang digunakan untuk pair kripto, forex, komoditi, futures dll sama saja. Biasanya trader menggunakan kombinasi indikator trend dan indikator momentum. Indikator trend digunakan untuk mengetahui arah pergerakan harga yaitu sedang bullish atau sedang bearish. Sementara indikator momentum digunakan untuk mengetahui waktu yang tepat untuk entry (buy atau sell).

Indikator trend yang sering digunakan adalah moving average (MA), MACD, parabolic SAR, ADX dan juga Bollinger Bands. Untuk indikator momentum biasanya menggunakan oscillator yaitu RSI, stochastic atau CCI.

M Singgih   17 Jan 2022

@M. Sidiq:

Dua-duanya bisa digunakan baik sendiri-sendiri maupun bersamaan kok pak untuk trading di kripto. Tapi penggunaannya mohon di sesuaikan dengan kondisi pasarnya. Terlebih lagi kalau tujuannya untuk mendapatkan untung dengan jual/beli aset kriptonya secara langsung. Jadi sebenarnya agak susah prakteknya karena susah sekali untuk membeli/menjual di harga yang diinginkan.

Sepengetahuan saya sendiri untuk trading kripto dengan Price Action, metode yang paling sering digunakan adalah pola Candlestick. Dalam penggunaannya, pola Candlestick pada aset kripto ini biasanya digabungkan dengan level Support And Resistance, Trend Channel ataupun Chart Pattern.

Indikator yang bisa digunakan dalam trading kripto sendiri ada banyak sekali. Beberapa di antaranya ada Moving Average, MACD, RSI, dsb. Berikut contoh pengaplikasian MACD pada BTC/USD:

macd-btc

Atau bapak juga bisa coba mengaplikasikan kedua unsur di atas menjadi satu kesatuan. Metode yang paling sering digunakan biasanya menggunakan Moving Average dengan pola Candlestick Pinbar dalam trading kripto. Pola ini biasanya digunakan sebagai konfirmasi jika terjadi Rejection pada Moving Average.

pin-barPenjelasan lebih lengkap mengenai metode ini bisa bapak baca pada jawaban saya di pertanyaan mengenai validitas Pin Bar di kripto.

Nur Salim   28 Jan 2022

@Nia:

Tentu saja bisa bu. Sama seperti market lain seperti Stock, Forex, indikator juga bisa digunakan pada kripto. Hanya saja untuk kripto saya rasa lebih baik jika indikator tersebut tidak digunakan sendiri. Baiknya indikator tersebut dipadukan dengan suatu konfirmasi atau validasi sinyal seperti pola candlestick yang sudah teruji.

Mengenai indikatornya, hampir semua indikator yang tersedia tentu bisa digunakan. Berikut beberapa contoh penerapan perpaduan antara indikator dan pola candlestick:

Berikut ada pula beberapa referensi dari pertanyaan lain yang juga menanyakan cara trading di kripto:

Konfirmasi ini juga tidak harus menggunakan pola Candlestick seperti beberapa contoh di atas. Ibu juga bisa menggunakan indikator lain sebagai salah satu bentuk konfirmasi. Contohnya dengan menggunakan Bollinger Bands dan salah satu indikator Oscillator seperti Stochastics. Bollinger Bands akan berfungsi sebagai indikator utama sinyal, dan Stochastics sebagai konfirmasinya. Contoh grafiknya sebagai berikut:

1

Banyak pula perpaduan lain seperti Double/Triple Moving Average, Moving Average dan Bollinger Bands, Bollinger Bands dan Adx, dan lain sebagainya.

Terima kasih, semoga membantu.

Nur Salim   26 Feb 2021

@Franky Chandra:

Sebelumnya SnR dan RSI-nya penerapannya bagaimana pak? Kalau dipakai untuk mendeteksi sinyal reversal memang agak sulit setahu saya kalau menggunakan time frame m5. Selain karena level SnR-nya tidak sekuat time frame yang lebih besar, range pergerakan kripto per-Candle biasanya cukup ekstrim sehingga level SnR sering tertembus serta banyak Fake Out yang terjadi.

fakeout

Sebenarnya bapak juga bisa menambahkan pola Candlestick Reversal dengan perpaduan RSI sebagai tambahan konfirmasi. Hanya saja seperti yang saya katakan sebelumnya, karena Candlestick yang dihasilkan biasanya cukup lebar, sehingga sinyal valid sekalipun tidak akan mampu mendatangkan Risk:Reward Ratio yang baik.

Strategi trading dengan RSI dan Rejection di level SnR ini sebenarnya sangat baik dan memang banyak digunakan sebagai salah satu metode untuk mendapatkan keuntungan singkat atau Scalping pada time frame kecil. Solusi utama saya sebenarnya bapak bisa mencoba pindah ke Instrumen lain yang range pergerakannya tidak seekstrim kripto seperti EUR/USD, AUD/USD, NZD/USD bahkan intrumen minor seperti AUD/NZD di forex. Atau jika bapak masih ingin tetap melanjutkan di BTC/USD, maka sebaiknya coba pindah ke time frame yang lebih besar seperti M15 atau M30.

Nur Salim   28 Feb 2022

@Nur Binti:

Selamat malam, untuk trading kripto sendiri saat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu Spot trading yang bisa dilakukan langsung pada Exchange Kripto (jangan lupa untuk selalu bertransaksi hanya pada Exchange yang telah teregulasi), serta margin trading melalui broker-broker umum penyedia trading Forex. Perbedaan beserta panduan antara keduanya bisa di baca pada artikel Berapa Investasi Minimal Untuk Trading Bitcoin berikut.

Jika sudah menentukan dimana trading akan dilakukan, langkah selanjutnya adalah mempelajar dan mencoba mengenal terlebih dahulu mata uang kripto yang terkenal dan aktif diperdagangkan saat ini. Kalau sudah mengenal barang apa saja yang bisa diperjual belikan, bapak bisa mulai mencoba masuk sedikit lebih dalam dan belajar mengapa sebuah koin bisa naik dan turun nilainya.

Setelah itu baru bapak bisa mencoba belajar lebih dalam tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknik trading kripto. Ada banyak sekali teknik ataupun indikator yang bisa bapak gunakan, namun untuk awal atau permulaaan saya sarankan belajar tentang cara membaca Candlestick pada mata uang kripto. Baru kemudian bisa dilanjutkan dengan belajar indikator-indikator trading lain yang juga bisa menambah akurasi hasil analisa.

Tidak lupa yang terakhir, jangan lupa juga perhatikan faktor-faktor penting lain seperti Money Management dan psikologis yang digunakan dalam trading.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas pertanyaannya.

Nur Salim   6 Apr 2022

@Hikmal Malik:

Pendekatan yang paling baik sebagai langkah antisipasi sebenarnya bisa dilakukan bukan dari sisi keamanan akunnya pak, tapi aset yang kita miliki di dalamnya. Cara yang terkenal paling aman saat ini adalah penggunaan Cold Wallet/Storage atau dengan tidak menyimpan seluruh aset secara bersamaan pada satu akun/Wallet. Soalnya tidak peduli seberapa aman akun tersebut, biasanya Hacker selalu akan memiliki jalan untuk menembusnya.

Upaya pengamanan akun sendiri hanya merupakan tindakan tambahan yang dapat berfungsi setidaknya untuk mengurangi atau menghambat upaya Hacker tersebut. Beberapa cara yang bisa bapak lakukan adalah:

1. Gunakan fitur Multi-Signature sebagai validasi transaksi.

2. Terapkan keamanan ganda 2FA atau Two Factor Authentication selain Password sebagai kunci akun.

3. Gunakan kombinasi password yang sulit (gabungan huruf kapital, angka, dll).

4. Selalu update secara rutin Software yang digunakan.

5. Pilih dompet digital yang sudah terbukti aman dan terpercaya. Lebih lengkapnya, bapak bisa baca pada Panduan Pemilihan Dompet Digital kami.

Demikian sedikit dari saya, semoga bisa sedikit mencerahkan.

Nur Salim   12 May 2022

saat ini dunia digital rawan sekali peretasan, mohon info tips untuk pengamanan akun kripto? terima kasih

Hikmal Malik   11 May 2022

@Dedy Ananta: Indikator yang sering digunakan oleh trader kripto ada 4:

  • Moving average (indikator berjenis trend). Indikator ini berfungsi untuk menunjukkan kondisi trend yang sedang terjadi di market.
  • MACD. Indikator ini berfungsi menunjukkan trend dan timing entry market berdasarkan persilangan garis signal dan garis MACD.
  • RSI. Indikator ini berfungsi menunjukkan momentum harga yang mendekati jenuh beli (overbought) dan jenuh jual (oversold).
  • Bollinger Bands. Indikator ini berfungsi mengukur volatilitas kripto menggunakan 2 garis batas (bands).
Kiki R   13 May 2022

Apakah bisa mengkombinasikan bberapa indikator?

Annisya Syahrani   20 May 2022

fitur Multi-Signature itu yang seperti apa ya pak? Mohon penjelasannya. trims

Firdha Fauziah   20 May 2022

biar bisa profit di kripto, pakai indikator atau cukup price action saja bos? Mohon bantuannya

M. Sidiq   27 Jan 2022

Mohon info indikator yang sering digunakan untuk trading kripto?

Dedy Ananta   12 May 2022

Halo min, apakah indikator Fibonacci bisa digunakan untuk trading di pair kripto seperti BTC/ETH, LTC/USDT, ETH/DOGE, dll?

Alexis   29 Nov 2021

Mohon info panduan trading kripto untuk pemula. trm ksh

Nur Binti   6 Apr 2022

Cara yang paling baik trading ditf kecil btc gimana ya pak? saya gunakan paduan RSI dan SnR tapi ruginya saya hitung-hitung lebih banyak daripada untungnya. mohon bantuannya

Franky Candra   25 Feb 2022

Ijin bertanya, bagaimana cara memasukkan indikator custom yg ada di mt4 agar bisa digunakan pada kripto seperti btc? saya baru beli indikator kemarin senilai 10 jt, dan saya rasa harusnya cocok dan akan dpt profit besar jika bisa digunakan untuk btc. Trims

Septiawan RT 05   15 Aug 2022

@Septiawan Rt 05: Caranya cukup sederhana. Berikut langkah-langkahnya.

1. Copy indikator custom yang sudah Anda beli.

2. Masuk ke platform MT4 yang Anda gunakan, klik "File" pada pojok atas, lalu klik "Open Data Folder".

Indikator Terbaik Untuk Trading Kripto

3. Setelah muncul, klik folder MQL4.

Indikator Terbaik Untuk Trading Kripto

4. Klik lagi folder Indicators.

Indikator Terbaik Untuk Trading Kripto

5. Paste (atau bisa juga gunakan shortcut Ctrl + V) indikator yang sudah Anda copy (di nomor 1) ke folder ini.

Indikator Terbaik Untuk Trading Kripto

6. Close tab saat ini lalu buka kembali platform metatrader 4.

7. Klik menu "insert", klik "indicators" lalu pilih "custom".

8. Klik indikator yang Anda inginkan.

Kiki R   16 Aug 2022
 Ine Agustina |  28 Mar 2019

Platform trading apa yang paling cocok digunakan untuk trader pemula?

Lihat Reply [12]

@ Bobi Syah:

Yang paling penting periksa regulasi dari broker tsb. Demi keamanan trading dan dana Anda, kami sarankan untuk memilih broker yang sudah diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.

Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

Setelah regulasi, bandingkan spesifikasi yang ditawarkan seperti minimal deposit, kemudahan deposit dan withdrawal, platform yang digunakan dan spread yang ditawarkan.

M Singgih   10 Dec 2021

@Ine Agustina: Platform metatrader. Bisa gunakan metatrader 4 atau metatrader 5.

Platformnya populer, interfacenya bagus, mudah dioperasikan dan hampir semua broker menyediakan platform ini.

Alternatif lainnya adalah cTrader.

Kiki R   31 Mar 2019

Menjawab pertanyaan cTrader, MIFX tidak menyediakan platform trading cTrader. Informasi lengkap terkait platform trading yang disediakan MIFX dapat dilihat di halaman ini

MIFX Support   9 May 2022

Saya pengguna platform cTrader, dan saya ingin trading di broker Monex. Apakah tersedia?

Teguh S   15 Nov 2021

Ketika mendaftar ke broker, fitur trading apa yang paling perlu diperhatikan dan paling penting untuk trader forex?

Bobi Syah   9 Dec 2021

Pada saat memilih platform trading, bagaimana spesifikasi akun untuk trader scalping?

Irawan   2 Sep 2022

@Irawan: Spesifikasi akun scalping cukup sederhana. Utamakan spread yang tipis dan minim slippage.

Untuk yang lain-lain seperti leverage cukup gunakan 1:1000. 

Kiki R   3 Sep 2022

Halo kak. Untuk platform cTrader, itu gimana ya cara import indicatornya? Makasih

Zainal Abidin   22 Nov 2022

Untuk memasukkan indikator ke grafik harga, tinggal klik icon "f" pada bagian atas, lalu akan muncul jendela indikator.

Sedangkan jika Anda ingin mengimport indikator custom ke platform cTrader, Anda bisa copy file Algo indikatornya lalu paste (tempel) ke folder (cAlgo >> Sources) dalam folder cTradernya. 

Kiki R   22 Nov 2022

Kudengar-dengar katanya kalau mau scalping mendingan pake MT4, MT5, yang udah terkenal terkenal. jangan pake platform trading bikinan broker sendiri, soalnya ntar gampang diapa-apain sama bandar. yaa itu qudengar dengar ja. ntah bener gaknya

Fajri   21 Dec 2022

@ Irawan:

Jika ingin trading dengan cara scalping, pilihlah broker yang memperbolehkan scalping, menawarkan spread yang paling rendah dan eksekusi order yang cepat.

Mengenai trading dengan cara scalping, silahkan baca juga: Tutorial Forex Scalping Untuk Trader Pemula

M Singgih   22 Dec 2022

Ketika mendaftar ke broker forex, ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan dan penting bagi trader forex, termasuk:

1. Spreads: Spread yang lebih rendah dapat menguntungkan trader, karena akan mengurangi biaya trading.

2. Leverage: Semakin tinggi leveragenya, potensi keuntungan lebih besar, tetapi juga dapat meningkatkan risiko kerugian.

3. Platform trading: Platform yang intuitif dan mudah digunakan akan memudahkan trader dalam mengelola dan mengeksekusi perdagangan.

4. Layanan pelanggan: CS yang tersedia 24/7 akan membantu trader dalam menangani masalah yang mungkin terjadi selama trading.

5. Jenis akun: Pilihan akun yang ditawarkan oleh broker, termasuk akun standar, akun mini, dan akun mikro. Pilihlah akun yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan trading Anda.

6. Keamanan dana: Keamanan dana yang ditawarkan oleh broker, termasuk apakah dana disimpan dalam rekening terpisah atau tidak. Pilihlah broker yang memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan dana.

Kondisi trading: Syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh broker untuk trading, termasuk margin yang diperlukan, ukuran lot minimum, dan biaya tambahan yang mungkin dikenakan.

Intinya, pilih broker yang sesuai kebutuhan, aman, dan kondisi tradingnya cocok dengan modal awal anda masing2. 

Ananta   28 Dec 2022
 Idha Kusbiyanto |  11 Apr 2022

Apakah strategi di trading forex bisa digunakan untuk trading kripto?

Lihat Reply [9]

@Idha Kusbiyanto:

Selamat pagi bu, untuk jawaban dari pertanyaan ibu sebenarnya bergantung pada jenis strategi trading forex yang digunakan. Jika menggunakan Fundamental analisis atau gabungan antara Fundamental dan Teknikal analisis, maka besar kemungkinan strategi tersebut tidak akan dapat digunakan pada kripto karena memang dasar fundamentalnya yang hanya memiliki sedikit kesamaan. Namun jika strategi yang digunakan murni menggunakan teknikal, maka besar kemungkinan bahwa strategi tersebut dapat digunakan juga pada pasar kripto. Contoh yang paling sederhana adalah dengan menggunakan indikator MACD pada trading forex. Indikator teknikal ini juga dapat digunakan dengan sangat baik pada mata uang kripto seperti BTC/USD.

btc-macd

Hanya saja perlu diingat, biasanya diperlukan sedikit optimasi atau penyesuaian agar strategi tersebut dapat berjalan dengan baik pada kripto. Selalu ingat untuk melakukan Backtest dan Forward Test terlebih dahulu sebelum menjalankannya dengan uang sungguhan.

Terima kasih, semoga membantu.

Nur Salim   13 Apr 2022

Selamat malam, Money Management untuk trading kripto sendiri sebenarnya hampir sama dengan Money Management lainnya. Prinsipnya adalah segitiga risiko yang terdiri dari batas toleransi kerugian yang ditetapkan, besaran Stop Loss yang digunakan, serta Lot/Share/Jumlah koin yang akan digunakan. Contohnya sebagai berikut:

mm-kripto

Harga yang naik pasca terbentuknya pola Candlestick Bullish Engulfing, kembali turun ke sekitaran pola tersebut. Karena pola ini juga berfungsi sebagai batas zona Support pada harga, maka besaran Entry dilakukan saat proses Retest tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:

Modal = 100,000 USD.

Risiko yang siap ditanggung = 10%.

Stop Loss = 35,000 point.

maka Lot yang yang akan digunakan adalah = (10/100 * 100,000) / 35,000 = 0.28 Lot.

Sehingga jika harga turun dan mengenai Stop Loss sebesar 35,000 point, maka total kerugian yang akan ditanggung hanya sebesar 10% dari modal atau 10,000 USD.

Selain membatasi jumlah kerugian per transaksi seperti di atas, masih banyak cara lain yang dapat digunakan. Namun sebelum itu mohon di sadari, tujuan dari Money/Risk Management sebenarnya adalah untuk membatasi tingkat risiko saat trading kripto. Keuntungan yang lebih itu hanyalah sebuah bonus.

Terima kasih, semoga membantu.

Nur Salim   15 Apr 2022

@Amelia Nuryanti:

Secara garis besar baik itu di kripto, saham ataupun instrumen lain semua cara yang digunakan untuk menentukan trend juga bisa digunakan kok bu. Ibu bisa menggunakan indikator Moving Average untuk menentukan trend.

ma-trend

Atau ibu juga bisa menarik trend line pada harga atau juga menentukan titik-titik Higher High, Lower Low, Higher Low, Lower High agar bisa menerapkan Dow Theory untuk menentukan trend juga bisa dilakukan.

trend-dow-kripto

Selain itu banyak juga cara lain ataupun indikator lain yang bisa ibu gunakan sebagai alat untuk membantu menentukan trend dalam kripto seperti Bollinger Bands, Trend Channel, Parabolic Sar, Dll. Semuanya bisa dan memiliki caranya masing-masing dalam menentukan trend. Tidak ada cara yang benar dan salah dalam penentuannya karena biasanya menentukan trend itu hanyalah langkah awal untuk menganalisa pergerakan market.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Nur Salim   28 Apr 2022

Bagaimana cara menentukan trend pada mata uang kripto pak? apakah caranya sama seperti di forex? thanks

Amelia Nuryanti   28 Apr 2022

mohon bantuannya, bagaimana manajemen modal yang baik untuk memaksimalkan hasil trading kripto?

Yuni Aulia   15 Apr 2022

Bagaimana cara mengenalisa candlestick kripto dan forex? Apakah ada perbedaan mendasar?

Suwandi   15 Sep 2022

Tidak ada perbedaan secara candlestick.

Yang berbeda adalah karakter pergerakan harga antara kripto dan forex.

1. Kripto jauh lebih volatil dibandingkan dengan forex.

2. Kripto lebih trending daripada forex karena dapat dijadikan sebagai investasi sedangkan forex tidak.

Oleh karena itu, karakter pergerakan pair forex cenderung lebih banyak sideways karena tujuannya diperdagangkan, bukan untuk investasi.

Kiki R   15 Sep 2022

Kalau trading kripto di broker forex, ya strateginya bisa sama saja lah ya dengan trading forex. Tapi, bagaimana kalau kita mau trading kripto di broker lokal seperti Ajaib dan Pluang? Nggak ada metatrader-nya, nggak bisa langsung sell tanpa buy juga... Adakah strategi trading yang sudah terbukti ampuh?

Indah   29 Sep 2022

@indah:

Pada dasarnya kakak tetap bisa mengamati pergerakan harga dan indikator pada Platform Third Party seperti TradingView yang menyediakan layanan lengkap.Jadi analisa dilakukan pada Platform tersebut, dan sinyal dieksekusi pada platform trading yang digunakan. Hanya saja jika memang sulit, kakak mungkin bisa menerapkan strategi seperti pola Candlestick ataupun Chart Pattern.

Pada pola Candlestick misalkan pola Morning Star, tidak diperlukan bantuan indikator apapun kecuali bentuk Candlestick itu sendiri untuk menganalisa. Contoh:

morning-star

Nur Salim   4 Oct 2022
 

Komentar @inbizia

Trading kripto susah dipelajari deh kayaknya. Kayak kita kalau mau close position, sepertinya kita harus dapetin news luar untuk info harga kripto disaat itu karena artikel ini bilang harga kripto di Indonesia biasanya dekay. Selain itu kalau dari artikel ini jelasin, kayaknya trading kripto lebih sulit dibanding forex. Dari segi pergerakan harga juga sangat volatile. Naik turunnya kripto cepat banget dan ketika menukik ke atas bisa keatas terus kalau kebawah bisa melandai terus. Trading forex aja masih perlu belajar keras apalagi trading kripto ya. Dan saya rasa kayaknya bukan dari sisi teknikal diperlukan saja seperti trading forex. Jadi perlu sisi fundamental juga untuk ngehindari harga kripto yang jatuh terlalu jauh. Menarik ngeri ngeri sedap sih
 Rangga |  30 Nov 2022
Halaman: Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
Oh iya min, mau tanya tentang leverage dari kripto apakah besar leveragenya sama dengan ketentuan leverage broker forex? Terus untuk money management sepertinya trading forex dan kripto memiliki money management yang sama. Nah dari sana apakah analisa teknikal dan fundamental juga diperlukan dalam trading broker dan apakah analisis yang dilakukan sama persis dengan analisa di forex? Untuk memulai trading kripto sendiri apakah ada brokernya tersendiri? Dan lebih menguntungkan apakah forex atau kripto dilihat dari keuntungan serta resikonya?
 Amanda |  6 Dec 2022
Halaman: Cara Trading Bitcoin Dengan Modal Kecil
Apakah strategi 5 menit ini lebih minim resiko gan? Dari yang saya telisik dan pelajari dari strategi agan dimana kayaknya strategi ini mesti pantengin komputer terus dan juga karena ga ada take profit maupun stop loss. Tapi agan juga udah peringatin untuk mempelajari pasar kripto terlebih dahulu. Dan saya rasa pergerakan kripto dalam 5 menit tentunya lebih dapat dilihat secara detail harganya ya gan daripada yang 15 menitan, per jam, maupun harian. Kira-kira cryptocurrency yang cocok untuk perdagangan 5 menit itu apa aja gan? Dan dalam hal memilih broker, lebih baik yang khusus kripto atau pakai broker forex yang ada trading kripto?
 Joko |  7 Dec 2022
Halaman: Strategi Trading Menit Untuk Cryptocurrency
gan @Yanto, mengenai perbedaan Metatrader 4 dan Metatrader 5 itu paling terasa dan bahkan trader pemula akan menyadari adalah di instrumen tradingnya. Mengenai kecepatan dan fitur lain-lainnya mungkin metatrader 5 unggul tetapi tidak signifikan. Kalau di metatrader 4 lebih dikhususkan untuk trading Forex dan saham CFD. Sedangkan Metatrader 5 bisa melakukan trading Forex, saham CFD, Komoditas, futures trading hingga trading kripto. Mengenai trading tools, tentu akan sangat membantu analisa trader mengenai pasar apalagi dengan autocharist dan Trading Central. Agan bisa coba baca di sini: MT4 Vs MT5, Trader Pemula Harus Pilih Mana?
 Hanif Maulana |  12 Jan 2023
Halaman: Kiat Memilih Broker Finex Atau Gkinvest Untuk Day Trading
Maman: Kebetulan gw nge trade di Maxco. Dan menurut saya trading di mobile app Maxco nyaman-nyaman aja sih. fungsi juga hampir sama dengan metatrader tetapi emang untuk tools yang tersedia benar-benar terbatas. Tetapi gw rasa untuk tipe trader yang ga butuh banyak indikator tools, cocok cocok aja sih dengan Maxco. Tampilan chart juga sangat jelas di mobile app nya.. Ini tampilan chart kalau di zoom out Ini beberapa tools yang bisa dipakai, emang semuanya cuma MA, makanya gw bilang agak terbatas untuk indikator toolsnya. Ini tampilan chart ketika di zoom agak dekat atau tampilan normal chartnya seperti ini.. Yang jadi keunggulan lain di Maxco Mobile itu ada pandangan analisis, jadi semacam trading signal lahh dan hanya tersedia di mobile trading (Pandangan Analisis Maxco)..moga membantu ya
 Riki |  1 Feb 2023
Halaman: Perbandingan Platform Trading Maxco Vs Asiatrade Futures
Carlos: Klaau menurut ane, justru trading di webtrader Maxco ga nyaman. Ya bukan soal tampilan chart dsb, tetapi emang ga ada trading tools yang bisa dipakai. Cuma bisa ngatur timeframe, jenis chart, bisa instant langsung buy/sell. Itu doang dan ga ada trading signal yang gw bahas diatas. Tapi yang namanya trading di dekstop, pastinya tampilan lebih besar dan enak untuk dilihat : Masih okee buat trading but untuk gw ga recommended at all
 Riki |  1 Feb 2023
Halaman: Perbandingan Platform Trading Maxco Vs Asiatrade Futures

Komentar[3]    
  Lindu Bayu Bumi   |   23 Jun 2022

Minimal deposit Luno berapa ya?

  Mika   |   22 Nov 2022

Kalau dari penjelasan di atas, yang menarik untuk pemula adalah Indodax dan Zipmex.

Indodax penggunanya juga udah banyak kayak lebih 5 juta user jadi kemungkinan sustainable-nya panjang. Karena penggunanya yang banyak itu, kayak bisa saling berdiskusi antara trader lainnya.

Kalau Zipmex sepertinya dipake juga di Singapura, Australia, sama Thailand ya min?

Deposit di dua platform ini berapa ya Min?

  Inbizia Support   |   13 Dec 2022

Ya, zipmex sudah ada di beberapa negara. minimal deposit Rp50,00. Sedangkan Indodax hanya Rp10,000.