Pola Candle

5 Pola Candle Bullish Terbaik untuk Sinyal Buy Bitcoin
Fatma Adriana     19 Oct 2021
Selain Bullish Engulfing dan Hammer, ada 3 pola candle bullish lain yang bisa diperhatikan jika Anda sedang mencari peluang buy di Bitcoin.
Setup Trading Ampuh dengan Pola Candle Hikkake
Kiki R     21 Aug 2022
Pola hikkake merupakan pola candle spesialis false breakout yang bisa dimanfaatkan untuk mencari peluang dari pembalikan harga. Bagaimana cara tradingnya?
Cara Trading Menggunakan Pola Candle Three Bar Inside Bar
Rida     13 Apr 2022
Apa keunggulan Three Bar Inside Bar dibanding Inside Bar biasa? Bagaimana cara tepat membaca pola candlestick ini agar keuntungan maksimal?
Kamus

Kamus Trading

Candlestick

Salah satu jenis grafik harga (chart) untuk memetakan dan membaca pergerakan harga di pasar finansial secara teknikal. Candlestick utamanya dibentuk oleh level-level OHLC (Open, High, Low, Close).

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #pola #candle

Husain   30 Apr 2012

Salam Master, apa yg di maksud dgn pola divergence? dan kapan pola tsb terjadinya dan karena apa? Terima Kasih ats jwbannya Master!!!

basir   30 Apr 2012

Divergence merupakan pola analisis yang cenderung memperluas lingkup analisa kita, pola divergence yang terbentuk merupakan konfirmasi yang mempunyai probabilitas yang baik, ketika secara keseluruhan dari Price Action yang terjadi telah kita amati. Ketika terdapat penyimpangan (divergence) antara harga dan indicator (MACD,Stochastic,CCI/RSI) terjadi di puncak atau lembah, maka kemungkinan akan terjadi reversal memiliki probabilitas yang tinggi. Analisa menyeluruh terhadap pergerakan harga dan momentum yang mengindikasikan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada pergerakan harga selanjutnya, membuat keputusan Entry/Exit akan memiliki probabilitas yang baik pula. Seperti chart dibawah ini ;

divergence8tg
Thanks

m singgih   14 Aug 2019

@ Husain:

- … apa yg di maksud dgn pola divergence?

Divergensi bukan pola, tetapi suatu keadaan tertentu pada rentetan pergerakan harga yang sedang berlangsung. 

- …. dan kapan pola tsb terjadinya

Keadaan divergensi (bukan pola) bisa terjadi kapan saja.

- ….. dan karena apa?

Karena adanya perubahan sentimen pasar yang terdeteksi oleh indikator teknikal. Dalam hal ini penunjukan indikator teknikal berlawanan dengan arah pergerakan harga.

basir   3 Nov 2014

Banyak trader profesional yang menggunakan pengamatan divergensi dari beberapa indikator yang berbeda sebagai salah satu alat konfirmasi sebelum melakukan transaksi. Cara trading dengan pengamatan divergensi tidak hanya digunakan di pasar forex, tetapi juga populer diterapkan di pasar saham dan komoditas karena para pelaku yang menggerakkan harga pasar mempunyai karakteristik yang hampir sama.

Thanks.

basir   6 Nov 2014

Konvergen ini diambil dari bahasa inggris yaitu convergent artinya mengumpul. Konvergen merupakan kondisi dimana harga semakin rendah namun tidak diikuti dengan grafik indikator yang ikut melemah. Begitu juga pada saat harga harga semakin meninggi namun signal pada indikator malah menunjukkan pelemahan.

Sementara divergen atau divergent, artinya bisa jadi berbeda, berbeda-beda, ataupun berlainan.

Kondisi konvergen dan divergen ini biasanya umum ditemukan pada signal indikator. adanya bentuk konvergen maupun divergen disebabkan karena grafik yang berbeda antara chart dengan grafik di indikator.

basir   8 Dec 2014

Setiap indikator memiliki keterbatasan. Memang adabaiknya kita padukan dengan indikator. Untuk mengurangi keterbatasan dari indikator tersebut.

Thanks

m singgih   10 Feb 2015

@ Agil :
- analisa dg pola divergence apa selalu bisa diterapkan dr penggunaan oscillator?
Ya, selalu bisa. Divergensi (divergence) memang hanya terjadi pada indikator oscillator. Yang populer adalah divergensi pada stochastic, RSI, CCI dan MACD (MACD bisa menunjukkan keadaan overbought dan oversold, tetapi bukan pure indikator oscillator).

- apa dengan itu sudah cukup yakin untuk bisa diandalkan sebagai cara menentukan entry position?
Tidak, harus dikonfirmasi dengan price action dan indikator lain yang bukan jenis oscillator (misalnya moving averages).
Divergensi mempunyai probabilitas tinggi (kemungkinan besar benar), kegagalan biasanya karena terlambat entry atau masuk pada keadaan divergensi yang lemah (kurang akurat). Divergensi ada yang kuat dan ada yang lemah (terutama untuk divergensi regular). 

kiki r   3 Apr 2020

@Parkel: Hal ini karena setiap metode apapun yang digunakan dalam trading termasuk divergen hasilnya bersifat kemungkinan/probability. Harga yang sedang terjadi divergen artinya sedang menunjukkan tanda-tanda akan berbalik, namun tidak pasti akan berbalik

Untuk menilai bagus tidaknya metode divergen yang kita pakai, kita harus menggunakan teori peluang. Tidak bisa hanya dari berpatokan pada satu atau beberapa kejadian/sampel, lihatlah dalam populasi kejadian yang lebih banyak seperti 30 kali atau 100 kali. Dari sini kita akan mengetahui berapa peluang suksesnya (Win Rate) dan peluang gagalnya (Loss Rate)

m singgih   9 May 2018

@ Mumun:

Aman, asal dikonfirmasi oleh faktor fundamental dan juga oleh indikator yang lain dan price action (indikator sentimen pasar).
Konfirmasi oleh faktor fundamental misalnya: GBP/USD saat ini sedang dalam trend bearish. Data fundamental ekonomi Inggris pada jeblok dan BoE diperkirakan akan menahan suku bunga. USD sedang menguat oleh ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed. Jadi GBP/USD tentunya masih akan bearish, paling tidak sampai BoE meeting besok. Kalau terjadi divergensi indikator teknikal (biasanya indikator jenis oscillator) maka akan bersifat koreksi / sementara, atau dalam hal ini dalam jangka pendek bisa saja bullish akibat divergensi indikator teknikal.

Seperti halnya price action, sinyal dari divergensi bersifat leading (bukan lagging atau terlambat), dan akurasinya cukup tinggi pada semua time frame. Probabilitas kebenarannya besar, tetapi kapan entry-nya sebaiknya dikonfirmasi oleh indikator teknikal, dan juga kalau mungkin price action. 

RAHMAT ROMANDANI   25 Mar 2022

Bagaimana caranya agar lebih memahami indikator pivot point??

M Singgih   28 Mar 2022

@ Rahmat Romandani:

Pada dasarnya pivot point adalah harga tengah pada periode waktu tertentu, misal pivot daily berarti harga tengan harian, pivot weekly adalah harga tengah mingguan, dsb.
Turunan dari pivot point adalah level-level support dan resistance yang penting untuk diperhatikan pada periode waktu tsb.

Untuk penjelasan mengenai pivot point, silahkan baca:
Strategi Pivot Point Dengan Price Action

Nur Salim   29 Apr 2022

@Adam Maulana

Divergensi indikator itu pengertian mudahnya adalah perbedaan data yang dihasilkan oleh indikator teknikal dengan data pada harga . Cuma memang penggunaan yang terkenal dan sering digunakan adalah dengan menggunakan indikator berbasis Oscillator seperti RSI, Stoch, maupun MACD. Yang banyak orang tidak tahu divergensi ini sebenarnya bisa diaplikasikan dengan indikator apapun pak, bahkan indikator Moving Average juga bisa dijadikan patokan. Contohnya, saat indikator Moving Average menunjukkan kenaikan, namun harga berhasil ditutup justru Bearish maka hal tersebut juga sudah bisa disebut divergen.

divergen-simpel

Divergen yang sering diajarkan pada buku atau artikel-artikel di internet sendiri biasanya tergolong lebih kompleks karena banyaknya variabel yang digunakan sebagai penyusun.

divergen-kompleks

Mengenai mana indikator yang paling baik untuk mendeteksi divergensi sendiri jawaban saya secara subjektif adalah Moving Average Convergence Divergence atau MACD. Selain karena memang indikator ini khusus dibuat untuk melihat Konvergensi dan Divergensi pada market, MACD juga mempunyai kelebihan lain yaitu memberitahukan kekuatan pergerakan trend saat itu. Berbeda dengan indikator seperti RSI dan Stoch yang hanya memposisikan dirinya di atas/bawah level Overbought dan Oversold tanpa memberi tahu kita kondisi kekuatan harga saat itu.

Mohon diingat bahwa ini pendapat saya pribadi secara subjektif. Untuk hasil yang lebih objektif, bapak bisa coba melakukan Backtest pada masing-masing indikator untuk melihat performanya langsung secara statistik.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga bisa membantu.

Parkel   27 Mar 2020

Knp saat terjadi divergent harga naik tp indikator turun? yg mana sdh seharusnya terjd reversal tp harga msh ttp naik? Trima kasih

agustono   3 Nov 2014

oscillator apa yg plg bgs untuk mengidentifikasi divergensi?

bang kadir   6 Nov 2014

apa beda teori konvergen dan divergen?

Agil   8 Dec 2014

Analisa dg pola divergence apa selalu bisa diterapkan dr penggunaan oscillator?

Apa dengan itu sudah cukup yakin untuk bisa diandalkan sebagai cara menentukan entry position?

Mumun   8 May 2018

selamat siang, saya melihat adanya workshop SF seputar trading divergen. Seberapa aman sebenarnya kita trading dengan metode itu ya? mengingat hakikatnya kita bertarung melawan tren. tx

Adam Maulana   29 Apr 2022

selamt malam master, indikator untuk mendeteksi divergensi pada market yang baik apa ya? Di contoh buku yg saya baca banyak yang menggunakan RSI atau Stochastics adakah indikator lain yang bisa?

Vania Salsabilla   14 Jul 2022

Selamat pagi pak, apakah setiap market bisa terjadi divergensi ini dan profitable? 

Kiki R   15 Jul 2022

@Vania Salsabilla: Setiap market bisa terjadi divergensi namun belum tentu profitable.

Untuk mengetahui profitable kita harus mengujinya terlebih dahulu.

Namun secara teknis, peluang profitable terjadinya divergensi meningkat apabila level tempat terjadinya divergensi adalah level penting/kuat.

Arifin   15 Jul 2022

Apakah divergensi dapat dideteksi tanpa bantuan dari indikator?

Kiki R   16 Jul 2022

@Arifin: Divegence artinya perbedaan. Dalam hal ini, divergence melihat perbedaan antara dua komponen.

Oleh karena itu divergensi harus ada pembanding atau dengan kata lain harus ada dua komponen.

Komponen pertama adalah harga.

Komponen kedua adalah indikator teknikal yang berjenis oscillator.

Kalau cuma harga saja, itu artinya tidak bisa dibandingkan otomatis tidak bisa ada divergensi.

Reply > Lihat[21]
Sarbaini   18 Oct 2016
Apa maksudnya Pola Gartley ? Kalau terjadi Pola ini apa yg harus di lakukan untuk entry ? Beli atau jual.
m singgih   20 Oct 2016

@ Sarbaini:
Pola Gartley adalah salah satu varian dari berbagai pola chart yang terdapat pada pergerakan harga di pasar saham, forex, komoditi ataupun futures. Sedangkan pola chart adalah formasi pergerakan harga yang bisa berulang, seperti formasi segitiga, formasi double top atau double bottom, head and shoulders dsb.

Tiap pola menunjukkan keadaan sentimen pasar yang sedang terjadi dan Anda bisa entry berdasarkan pola tersebut jika pergerakan harga yang terjadi memang sesuai dengan formasi dan didukung oleh price action dan penunjukan indikator teknikal.

Khusus mengenai pola Gartley, formasinya harus sesuai dengan level-level Fibonacci retracement dan variasinya, seperti berikut ini:
                   


Jika terjadi pola bullish Gartley maka Anda bisa open buy pada harga di titik D, dan jika terjadi pola bearish Gartley maka Anda bisa open sell pada harga di titik D.

Berikut contoh pola bullish Gartley pada chart EUR/USD H4. Anda bisa open buy pada harga di titik D:

Reply > Lihat[1]
Ujang Dedi   24 Oct 2012

apa beda dan maksudnya reverse bullish dengan classical bullish dan reverse bearish dengan classical bearish? terima kasih....

basir   24 Oct 2012

Reversal = Pembalikan arah ( bukan reverse )
Classical = Adalah Teknikal berdasarkan pola pola grafik tetentu.
Bulish = Up
Bearish = Down

Pola grafik tersebut terbagi menjadi dua yaitu reversal pattern (pembalikan) dan continuation pattern (lanjutan).

Dari Pola Grafik ini maka akan dikenal istilah
Head & Shoulder, Inverted head & shoulder, Double Top,  Double Bottom, Triple Top, Rounding Bottom dan yang lainnya.Teknik ini berdasarkan Pola candle dan tren line.

Thanks

kiki r   17 Oct 2019

@Ujang Dedi: Analisa pola grafik (chart pattern) sering disebut analisa klasik (classical analysis) karena telah ada lama sekali sejak 1930-an. 

Reverse bullish dengan classical bullish = pembalikan arah harga dari turun menjadi naik yang berbentuk pola grafik bullish seperti double bottom, triple bottom, dll

Reverse bearish dengan classical bearish = pembalikan arah harga dari naik menjadi turun yang berbentuk pola grafik bearish seperti double bottom, triple bottom, dll

Terima Kasih

Reply > Lihat[2]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #pola #candle

  M. Pranata Kusuma   |   11 Oct 2013   |   Artikel
Pas ada doji lbh baik jgn buru2 op dulu, dsn kliatan bgt nunjukin psr yg lg g trending jd msh krg profitable dbndng analisa pake pola hammer atau hanging man...
  Francis Kurniawan   |   22 Apr 2015
klo harami temasuk sinyal pembalikan mustinya ini terbentuk di akir tren juga, sama kaya hammer ato hanging man. ane jg masih belum tau sih mana yg lebih meyakinkan antara pola 1 candle sm 2 atau 3 candle. tapi klo diliat dari teorinya yg 3 candle sprti lebih oke karna lebih terkonfirmasi dr candle2 sesudahnya.

tapi kekuranganya perlu wktu lama utk entry. beda dgn pola 1 candle sprt hammer atau hanging man yg cukup tunggu 1 candle itu selesai terbentuk.
  Arif   |   26 Apr 2015
Trus pola candle mana nih gan yang paling bagus? Yng lebih cepet ato yang lebih lama terbentuk tapi lebih ada konfirmasinya?
Tq
  Francis Kurniawan   |   27 Apr 2015
klo menurut gw sama2. baik hammer atau hanging man atau harami sama2 bisa akurat bisa juga ngasih false signal. cuma dgn banyak2 latian dn praktek kita bisa tau mana yg lebih bisa kita kenali n gunakan. Yg jelas adanya pola2 itu bisa jadi warning utk kita siap2 open order sesuai sinyal reversal. biar lebih yakin lgi bisa jg kita nggak cuma mengandalkan pola candlestick, tapi juga bantuan indikator oscillator. bagaimanapun caranya yg penting kita tdk lupa manajemen resiko, tetapkan stop loss sesuai batas rugi yg mampu ditanggung itu penting
  Si Ucil   |   20 Jan 2014   |   Artikel
kalo inside bar ini yg disaranin tf-nya kan H4 sm D1 yah?
kalo dengan pola ascending triangle tf yg disaranin apa?
apa bisa semua tf?
  Harimukti_09   |   12 Apr 2014   |   Artikel
bagi yg pengen benar-benar paham soal pola candle & pengaplikasianny sebagai indikator pergerakan harga, pemahaman dasar soal shadow ini memang perlu karena sebagai kekuatan buyer dan sellernya. jadi pas ada pola-pola unik yang nggak bisa dicocokkan sama pola-pola dasar candlestick tinggal lihat bentuk candle & panjang pendek shadowny.
  Fahmi   |   16 Jun 2022   |   Artikel

Jadi inti valid atau tidaknya pola candle ini dilihat dari candle keempat yang pergerakannya juga searah dengan tiga candle sebelumnya ya?

  Kiki R   |   17 Jun 2022

@Fahmi: Benar. Valid apabila searah dari 3 candle sebelumnya dan menjadi tidak valid jika berlawanan arah dari 3 candle sebelumnya.

  Brutus   |   5 Jul 2022   |   Artikel

Pola candle seperti ini bisa untuk kripto ngk?

  Leon   |   26 Oct 2022

@Brutus: bisa gan, candlestick itu grafik yang nunjukin kekuatan pasar secara terperinci. Setiap konfirmasi menunjukkan keadaan buyer dan seller, harga tertinggi dan terendah, kondisi yang menyertainya. Sedangkan pola itu sendiri sebagai sinyal yang menyatakan pasar mungkin bergerak entah itu bullish ataupun bearish. Candlestick dan pola nya biasa diterapin juga di pasar saham maupun pasar lainnya.

Jadi jangan ragu pakai pola pola tadi untuk trading crypto

  Devi   |   21 Oct 2022   |   Artikel

Beda pola chart; Chart Pattern, Key Level, Analisa Volatilitas, sama Fibonacci Retracement ini apa kak? Nah, terus membedakannya gimana? Lalu, apa broker lokal ini kasih informasi gimana cara membaca pola-pola yang ada?

Kedua, valbury kan katanya broker andalan di Indonesia. Apa yang membuat dia jadi broker andalan? apa biayanya murah? atau servisnya bagus, atau prediksinya yang selalu tepat?

  Cahyaning   |   15 Dec 2022

Dijawab satu-satu ya, sebetulnya dari dasarnya ketiganya cukup berbeda.

-Chart pattern: merujuk pada bentuk-bentuk pola grafik yang terjadi secara berulang. Misalnya seperti pola pembalikan harga atau pola penerusan.

-Key level: Ini adalah level-level harga yang penting dalam forex. Maksudnya seperti support dan resistance.

-Analisa Volatilitas: Maksudnya adalah metode untuk mengukur fluktuasi harga yang terjadi dalam peridoe tertentu.

- Fibonacci Retracement: Kalau ini adalah indikator yang bisa digunakan untuk mencari titik support dan resistance. Biasanya digunakan trader untuk menentukan posisi entry.

Valbury sendiri memang punya beberapa keunggulan, salah satunya memiliki track record yang baik lebih dari 30 tahun. Broker ini juga memiliki fitur-fitur bermanfaat seperti Market Insight, Market News, High Impact Economic Event sampai beragam konten edukasi.

Candlestick Populer

Pola Candlestick Populer

Pola Candlestick
Candle Real Time

Deteksi Pola Candle Real Time

Belajar Pola Candle Penerusan Untuk Trader Pemula
Cahyaning     7 Dec 2021
Mempelajari pola candle penerusan tak kalah penting dari belajar candle reversal. Apa saja candle yang bisa digunakan untuk trading mengikuti trend?
Pola Candle Abandoned Baby Dan Cara Tradingnya
Nandini     19 Jun 2021
Salah satu pola candlestick yang biasa digunakan untuk mengkonfirmasi reversal adalah Abandoned Baby. Seberapa akuratkah pola ini serta bagaimana cara memanfaatkannya dalam trading?
Pola Candle Bullish Sinyalkan Breakout AUD/USD
White Team     18 Oct 2017
Greenback sedang di atas angin, tapi Aussie masih lebih unggul. Penerusan uptrend AUD/USD kali ini ditopang oleh Three Inside Up di area support.
Pola Candle Reversal Kembali Picu Peluang Sell Poundsterling
White Team     16 Oct 2017
GBP/JPY terancam gagal membuat pergerakan bullish akibat kemunculan pola Three Outside Down di chart H4. Proyeksi ini juga dikonfirmasi oleh sinyal pola harmonik di chart D1.
Apa Itu Strategi Third Candle
Kiki R     8 Apr 2022
Strategi third candle bisa menjadi salah satu teknik trading andalan karena cukup efektif dan mudah terbaca. Simak penjelasan detailnya berikut ini.
Candle Pembalikan Arah yang Wajib Diketahui Trader Pemula
Cahyaning     3 Dec 2021
Candle pembalikan arah merupakan pola price action penting yang menandakan reversal. Pola ini bisa membantu trader mengenali titik strategis untuk entry ataupun exit.
Teknik Trading Morning Star Candle dengan Indikator
Cahyaning     3 Nov 2021
Morning Star candle tidak hanya menjadi penanda reversal, tapi juga bisa dikombinasikan dengan indikator untuk mendapatkan sinyal yang lebih terkonfirmasi.
Kirim Komentar Baru