Ulasan Tokocrypto, Exchange Lokal Dengan Fitur Marketplace NFT

Evan 11 Mar 2022Dibaca Normal 9 Menit
kripto>exchange>   #tokocrypto   #ulasan   #exchange
Mendapat dukungan Binance Cloud, Tokocrypto menjadi salah satu exchange lokal yang aman dan berkembang pesat dengan fitur marketplace NFT. Berikut review lengkapnya.

Masih ingatkah pada tahun 2010-an mata uang kripto dianggap hanya angin lalu? Namun semenjak meroketnya harga Bitcoin yang mencapai $10,000 pertama kali tahun 2017 silam, beberapa lembaga keuangan mulai tertarik berinvestasi mata uang kripto.

Tentu hal ini tidak akan disia-siakan oleh perusahaan startup untuk mencoba memfasilitasi dengan mendirikan exchange kripto lokal di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh PT Aset Digital Berkat dengan mendirikan platform Tokocrypto pada awal tahun 2018. 

Tokocrypto, Exchange Kripto Lokal yang Didukung Binance Cloud

Sukses bekerja sama dengan salah satu exchange global terbesar dan menciptakan token hybrid unik, transaksi di Tokocrypto bisa menjadi platform pilihan tepat memulai investasi. Bahkan semakin menarik dengan jumlah pilihan lebih dari 100 token dan koin yang bisa Anda pakai trading ataupun HODL.

Apakah Tokocrypto Aman dan Legal?

Hingga sampai saat ini, jumlah pengguna Tokocrypto sudah mencapai lebih dari 2 juta orang. Jumlah sebesar ini tentu tidak bisa lepas dari kepercayaan pengguna terkait keamanan dan legalitas Tokocrypto. Secara keseluruhan, Tokocrypto merupakan exchange kripto lokal di Indonesia yang aman. Berikut faktor-faktor keamanannya:

 

1. Legalitas

Meskipun Tokocrypto bukanlah perintis exchange kripto lokal di Indonesia, namun platform ini berhasil mendapatkan status legalitas pertama dari BAPPEBTI. Platform yang diperkenalkan pertama kali kepada publik tanggal 15 September 2018 ini, hanya butuh waktu setahun untuk terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan nomor tanda daftar 01771/DJAI.PSE/09/2019.

Tak lama setelah itu, Tokocrypto akhirnya mendapatkan izin resmi dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019 dari BAPPEBTI sebagai exchange kripto lokal pertama legal di Indonesia.

Selain itu, Tokocrypto juga terdaftar sebagai anggota Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO). Asosiasi ini merupakan asosiasi bentukan para pedagang aset kripto, dengan tanda daftar dan izin di BAPPEBTI berdasarkan kepada Peraturan No. 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset.

Baca Juga: Platform Trading Kripto Legal di Indonesia

 

2. Keamanan Tokocrypto

  • Two-Factor Authentication

Selain fitur Keamanan One Time Password, Tokocrypto juga menyediakan fitur tambahan keamanan Two-Factor Authentication (2FA). Ada dua metode yang bisa pengguna pakai, yaitu menggunakan SMS (sama seperti OTP) dan menggunakan aplikasi Google Authenticator. Dengan fitur ini, pengguna dapat meminimalisir pencurian atau peretasan akunnya.

  • Bersertifikat ISO/IEC 27001:2013 dan ISO/IEC 27017:2015

Untuk membuktikan standar keamanan optimal, Tokocrypto juga sudah memiliki sertifikat berstandar internasional dari British Standards Institution Group (BSI Group). ISO/IEC 27001:2013 sendiri menunjukkan bahwa Tokocrypto telah lulus sertifikasi sistem manajemen keamanan informasi, sedangkan ISO/IEC 27017:2015 untuk kontrol pengamanan layanan cloud.

  • Penerapan Know Your Customer (KYC)

Sebelum bisa melakukan deposit, withdraw, dan transaksi di Tokocrypto, pengguna diwajibkan untuk melakukan proses verifikasi identitas menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor. Hal ini penting bagi perusahaan finansial karena selain mencegah pencucian uang dan penyalahgunaan untuk terorisme, KYC juga bisa sebagai langkah pencegahan penipuan serta peretasan akun.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan privasi, dalam kebijakan Tokocrypto dituliskan bahwa data pribadi pengguna tidak akan dibagikan atau dijual ke luar.

  • Dukungan Keamanan Binance Cloud

Bila sudah menjalin kerjasama dengan salah satu exchange global terbesar, tentu tidak perlu diragukan lagi keamanan akun Anda. Selain menambah keamanan aset dari peretasan, sistem Binance Cloud membuat likuiditas transaksi di Tokocrypto lebih cepat dan aman.

 

Apa Saja Fitur Andalan Tokocrypto?

Sebagai salah satu platform exchange kripto lokal terbaik, Tokocrypto telah menyediakan berbagai fitur andalan yang bisa memudahkan aktifitas Anda dalam bertransaksi. Beberapa fitur Tokocrypto yang bisa dimanfaatkan antara lain:

 

1. Tampilan Analisa Chart

Tampilan ini menunjukkan histori transaksi, meliputi jual beli yang memungkinkan pengguna untuk menganalisis harga secara teknikal. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan ataupun menekan kerugian lebih jauh.

Baca Juga: 6 Aplikasi Chart Kripto Terbaik untuk Pemula

 

2. Stop Limit

Dapat dikatakan ini adalah fitur pengatur risiko yang dapat dimanfaatkan untuk menghindari kerugian dan memaksimalkan profit. Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat pesanan (order) jual dan beli aset yang diinginkan dalam satu klik order.

 

3. Limit Order

Limit Order juga memudahkan pengguna dalam membuat order jual dan beli pada pair aset yang telah dimiliki, sesuai dengan batasan harga yang sudah ditentukan sendiri oleh pengguna.

 

4. Pesanan Pasar

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengeksekusi transaksi secara langsung sesuai dengan harga market saat itu. Ini bisa menjadi fitur menguntungkan bagi pengguna karena likuiditas tinggi.

 

5. Dapat Menjadi Wallet

Pengguna juga bisa memanfaatkan Tokocrypto sebagai wallet aset kriptonya. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin memiliki wallet kripto aman.

 

6. Berbagai Fitur Menguntungkan Lainnya

Setelah Tokocrypto mengeluarkan token hybrid TKO, platform ini juga mengeluarkan fitur staking koin dengan APY  hampir 50%. Selain itu, ada juga fitur Task Harian berhadiah kripto serta opsi konversi saldo kecil menjadi TKO.

 

Kelebihan dan Kekurangan

Semakin banyak exchange kripto lokal di Indonesia bermunculan, membuat masyarakat bingung memilih mana platform yang tepat untuk memulai investasi aset digital ini. Berikut kelebihan dan kekurangan Tokocrypto yang bisa jadi referensi pertimbangan Anda dalam memilih:

 

Kelebihan

  • Sudah memiliki izin resmi di Indonesia.
  • Saat ini telah memiliki marketplace NFT sendiri (TokoMall).
  • Bekerja sama dengan salah satu exchange kripto internasional terbesar, sehingga mendapatkan dukungan Binance Cloud.
  • Minimal deposit yang rendah bila dibanding dengan beberapa exchange.
  • Proses daftar yang mudah.
  • Perdagangan dengan ratusan pilihan aset kripto.
  • Biaya penarikan dana rupiah yang rendah.
  • Memiliki token hybrid unik berutilitas CeFi-DeFi (TKO), serta stablecoin Binance IDR (BIDR).

 

Kekurangan

  • Tidak ada opsi deposit menggunakan kartu kredit
  • Nominal minimum penarikan dana yang tinggi.

 

Cara Daftar Tokocrypto

Untuk bisa transaksi di Tokocrypto, tentu Anda harus mendaftar akun pengguna dahulu. Ikuti langkah-langkah mendaftar akun Tokocrypto:

1. Buka halaman daftar Tokocrypto.

2. Isi alamat email yang Anda gunakan.

3. Masukkan kata sandi Anda minimal 8 karakter yang mengandung huruf besar, huruf kecil, dan numerik pada kolom "Kata Sandi".

4. Pada kolom Konfirmasi Kata Sandi, masukkan sesuai dengan kata sandi yang sudah Anda buat sebelumnya.

5. Pilih media online pada kolom "Dari mana Anda mendengar kami?".

6. Pastikan semua sudah terisi dengan baik dan benar, lalu baca serta setujui ketentuan penggunaan.

Cara Mendaftar Tokocrypto

7. Klik daftar.

8. Lakukan verifikasi email dengan memasukkan kode verifikasi email yang telah dikirim.

Verifikasi Email Tokocrypto

9. Setelah berhasil mendaftar, Anda tinggal melakukan verifikasi data diri (KYC) dengan mengunggah dokumen-dokumen penting seperti KTP atau paspor. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan verifikasi data KYC antara lain:

Pendaftaran Akun Tokocrypto

  • Masukkan data pribadi sesuai KTP.
  • Warga Negara Asing bisa menggunakan foto Paspor/KITAS asli.
  • Input nomor KTP di kolom "Nomor ID".
  • Pastikan posisi foto KTP Anda tidak terbalik.
  • Hindari mengupload SIM dan foto scan KTP.
  • Pastikan bahwa foto yang diupload jelas, tidak terpotong atau terlalu dekat dengan bingkai.
  • Untuk rekaman video liveness, pastikan bagian wajah Anda tidak terpotong dan terlihat jelas. Lakukan rekaman di ruangan dengan cahaya terang, tanpa memakai kacamata atau aksesori lain, dan poni rambut jangan menutupi bagian wajah.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu akun tersebut ditinjau. Maksimal lama verifikasi Tokocrypto adalah 24 jam. Jika tak kunjung menerima konfirmasi, silahkan menggunakan formulir khusus Approval KYC Form agar layanan Customer Service segera memeriksa permohonan Anda.

 

Deposit dan Penarikan Tokocrypto

Setelah menyelesaikan proses verifikasi KYC, pastikan Anda sudah lolos KYC level 1 dulu untuk bisa melakukan deposit dan penarikan dana. Ada 3 tingkatan level KYC yang diterapkan Tokocrypto (level 0, 1, dan 2), hanya untuk perbedaan deposit dan penarikan.

 

Cara Deposit

Selain melalui transfer bank dan kripto, platform ini juga menyediakan layanan Gopay dan OVO untuk memudahkan deposit fiat. Simak tata cara untuk melakukan deposit fiat dan kripto di Tokocrypto:

Cara Deposit Tokocrypto

  1. Masuk ke akun Anda, lalu klik dompet.
  2. Klik Setoran, lalu pada menu ini terdapat dua pilihan cara untuk melakukan setoran. Ada fiat dan kripto.
  3. Pilih IDR untuk melakukan deposit menggunakan rupiah.
  4. Input nomor Virtual Account dari akun Anda.
  5. Masukkan nomimal yang ingin disetorkan, pastikan jumlahnya sesuai sebelum transfer. Jumlah minimal deposit yang bisa dilakukan adalah Rp50,000 dan maksimal Rp30,000,000 per hari. Untuk top up melalui OVO dan Gopay, waktu yang dibutuhkan kisaran 3-5 menit atau tergantung kliring dari bank.
  6. Sedangkan untuk deposit kripto, pastikan dulu jenis aset yang ingin dipakai.
  7. Setelah itu pilih jenis aset dan jaringan yang sesuai dengan tujuan Anda.
  8. Klik salin alamat untuk di-paste pada wallet Anda.

Ulasan Tokocrypto, Exchange Lokal Didukung Binance Cloud

Cara Penarikan

Sebelum Anda bisa melakukan penarikan, Anda harus sudah lolos verifikasi KYC level 1 dulu. Apabila belum lolos, Anda tidak akan bisa melakukan penarikan dana. Di bawah ini ialah cara melakukan penarikan dana di Tokocrypto:

Ulasan Tokocrypto.com, Exchange Kripto Lokal yang Didukung Binance Cloud

  1. Masuk ke akun Anda, lalu klik dompet.
  2. Klik Penarikan, pilih IDR. Pastikan aset Anda sudah dikonversikan mencapai BIDR dulu.
  3. Klik Tambah Rekening.
  4. Masukkan nama bank dan nomor rekening bank tujuan penarikan dana lalu klik Selanjutnya.
  5. Silakan tulis nominal dana yang ingin ditarik. Jumlah minimal penarikan Rp100,000 dan maksimal Rp 250,000,000 per hari untuk KYC level 1.
  6. Tunggu muncul notifikasi proses penarikan selesai.
  7. Periksa rekening bank Anda dan pastikan jumlahnya sesuai.

 

Biaya Transaksi di Tokocrypto

Mulai penarikan minimal hingga maksimal, per transaksi di Tokocrypto dikenakan biaya flat untuk penarikan Rupiah sebesar Rp5,500. Exchange kripto lokal ini juga membebaskan biaya admin apabila pengguna mendepositkan rupiah melalui Virtual Account Mandiri.

Untuk biaya penarikan aset di Tokocrypto berbeda-beda tergantung dari jenis koin dan token. Sebagian aset kripto seperti BTC, LTC, ETH, DOGE, dan lain-lain memiliki biaya penarikan dinamis sesuai dengan jaringan yang digunakan. Sedangkan untuk biaya transaksi jual dan beli aset kripto dengan Rupiah, Tokocrypto menetapkan biaya 0.1% dari total jumlah per transaksi.

 

Tokocrypto adalah platform exchange kripto lokal dengan fitur dan pilihan aset digital terlengkap dengan eksekusi perdagangan cepat, serta jaminan keamanan yang telah didukung oleh Binance Cloud. Secara keseluruhan, Tokocrypto cocok bagi Anda yang ingin memulai perdagangan dan investasi aset kripto.

Ulasan Tokocrypto, Exchange Lokal Didukung Binance Cloud

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Piyuu |  19 Jul 2021

Mengapa untuk bertransaksi di exchanger kripto, pengguna perlu verifikasi kripto dulu? Bukannya tujuan dibuatnya kripto itu agar anonim ya? Mohon pencerahannya. 

Lihat Reply [1]

 Muh Dirga |  29 Mar 2022

saat saya analisa kripto di mt5 saya baru sadar kalau harganya ternyata berbeda dengan di exchange? mengapa bisa demikian? candlestick yang terbentuk jg terkadang bisa berbeda. adakah solusi untuk ini? saya menggunakan analisa pola candlestick dan terasa cukup terganggu karena masalah ini.

Lihat Reply [1]

 Ameerah |  12 May 2022

Apa yang terjadi dengan Tokocrypto? Kenapa transaksi $UST sempat dibatasi?

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

apakah kita bisa jual saham semudah sell di forex? dari ulasan ini kok sepertinya mudah ya untuk jual saham yang lagi turun. ... "selalu menunggu konfirmasi baik dari segi teknikal maupun fundamental sebelum benar-benar melakukan order buy atau sell" ... bisa jadi beban untuk sell di stock lebih besar daripada di forex, karena dgn sell kita merugi, tapi di forex kita masih bisa daept keuntungan...
 Charlie |  7 Jun 2013
Halaman: Mengintip Kunci Sukses Legenda Pasar Saham Jesse Livermore
Kalau menurut ulasan di situs berita dunia, justru harga karet baru-baru ini melesat tinggi sampai tertinggi dalam empat tahun. Bisa disimak berita Reuters ini (bahasa Inggris) atau berita Bisnis di sini (bahasa Indonesia).
 Admin |  1 Feb 2017
Halaman: Harga Komoditas Dunia
Deposito bisa ditarik sebelum jatuh tempo. Hanya saja, Anda kemungkinan akan dikenai denda (penalti), atau bunga deposito tidak dibayarkan. Ulasan selengkapnya dapat disimak di artikel berikut.
 Anna |  28 Mar 2017
Halaman: Apa Bedanya Menyimpan Uang Di Deposito Dan Tabungan
Ada ulasan-ulasan analisa emas untuk hari ini (30 Agustus 2017) yang bisa Anda manfaatkan:
-Pinokio bar muncul di time frame daily XAU/USD
-Outlook teknikal emas masih stabil di atas level 1.300
 Admin |  30 Aug 2017
Halaman: Harga Emas Hari Ini
> Android dengan spesifikasi apa yang dibutuhkan , untuk bisa menjalankan proses mining bitcoin? Android dengan spesifikasi yang cukup tinggi, misalnya dengan RAM 4GB + Processor dengan kecepatan 1.6 Ghz, mampu menghasilkan sekitar 30 hingga 50 hashrate per detik. > Android dengan spesifikasi apa yang dibutuhkan , untuk bisa menjalankan proses mining bitcoin? Tentu saja ini cukup berbahaya bagi smartphone Anda, karena proses mining akan menggunakan hampir seluruh kemampuan pemrosesan di smartphone. Efeknya adalah : smartphone cepat panas, dan baterai cepat habis. > Penghitungan profitnya Seperti apa, dan proses mencairkan bitcoin hingga menjadi uang asli, sehingga bisa di gunakan secara real kayak mana min.?? Untuk penambangan Bitcoin melalui smartphone saat ini sudah tidak menguntungkan lagi. Anda bisa beralih ke pertambangan altcoin dengan tingkat kesulitan yang masih rendah, mis : Monero (XMR) dan Electroneum (ETN). Untuk mencairkannya, setelah anda mendapatkan beberapa koin, ada fitur transfer dari wallet aplikasi mining yang digunakan. Anda bisa menggunakan wallet yang disediakan exchanger (seperti Indodax yang sudah support berbagai macam altcoins), kemudian menukarkan / menjualnya ke rupiah.
 Prasetyo |  17 Nov 2018
Halaman: Cara Menambang Bitcoin Di Android
Yang saya tahu
money changer adalah tempat jual beli mata uang secara fisik
sedangkan exchanger adalah tempat jual beli mata uang asing secara online.
 Andi |  10 Jun 2021
Halaman: Tips Menukar Rupiah Ke Mata Uang Asing Atau Sebaliknya

Broker Forex

Komentar[3]    
  Pongky   |   28 Apr 2022

Saya pernah mau pakai aplikasi ini, tapi gak jadi gara-gara gagal KYC mulu. Akhirnya sekarang saya pake platform di atasnya, Binance. Meskipun lebih tinggi kelasnya, tapi proses KYC-nya lebih gampang dari pada Tokocrypto.

  Teresa   |   28 Apr 2022

Udah hampir setahun gw pake tokocrypto buat trading sm investasi. dan selama ini, gw belom ada kendala apa-apa, fine-fine aja semuanya. depo dan wd gampang. terus token tko nya rekomen banget buat staking, itung-itung nabung dana pensiunan.

  Aliandra   |   10 May 2022

Sejauh ini TokoCrypto yang mampu memberikan layanan trading kripto terbaik di Indonesia, dibndingkan dengan exchange sebelah, saya rasa TokoCrypto mampu menghadirkan fitur-fitur menarik.

Selain itu, exchange ini juga memiliki Tokennya sendiri yaitu TKO yang bisa jadi pilihan investasi.

Saya sendiri saat ini sudah hold beberapa token TKO. Harapannya nanti bisa mencapai new ATH...good job TokoCrypto

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip