Ulasan Triv, Platform Jual Beli Aset Digital dan Uang Virtual

Damar Putra 10 Apr 2022Dibaca Normal 9 Menit
kripto>exchange>   #platform-kripto   #triv   #exchange-kripto   #platform
Triv adalah salah satu exchange lokal terbaik yang mengusung visi misi platform jual beli aset digital secara instan. Apa saja fitur-fitur unggulannya?

Seiring berjalannya waktu, investasi aset-aset kripto kian diminati oleh berbagai kalangan. Dengan potensinya yang luar biasa, banyak orang memperlakukan kripto sebagai aset investasi jangka panjang ataupun instrumen trading untuk meraup cuan.

Lazimnya, para pemain kripto hanya akan menggunakan uang dingin dan berinvestasi sesuai modal yang siap direlakan hilang. Dengan menerapkan pemahaman seperti itu, tentu investor akan jauh lebih tenang meski aset investasi kripto sedang mengalami koreksi yang cukup dalam.

Lantas, di mana tempat untuk membeli dan menjual aset-aset kripto? Saat ini sudah ada banyak platform untuk membeli aset-aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, XRP, Cardano, dll. Salah satu yang legal dan terpercaya di Indonesia adalah Triv.co.id.

ulasan triv

 

Berkenalan Dengan Triv

PT. Tiga Inti Utama atau yang lebih dikenal dengan Triv merupakan salah satu exchange kripto lokal yang sudah beroperasi sejak tahun 2015 silam. Tujuan utama didirikannya Triv adalah untuk memudahkan klien dalam jual-beli berbagai uang virtual dan aset kripto secara cepat dan aman dalam hitungan detik. Triv saat ini telah digunakan oleh jutaan orang Indonesia. 

Untuk mata uang kripto yang tersedia di Triv terbilang cukup lengkap serta termasuk yang populer dan paling sering diperjualbelikan seperti:

  • Bitcoin
  • Etherem
  • Cardano
  • XRP
  • USDT
  • USDC
  • Litecoin
  • Polygon
  • Dogecoin
  • Dll

Tidak hanya mata uang kripto, klien juga dapat membeli berbagai macam saldo uang virtual dengan harga yang kompetitif pada platform Triv. Di sini tersedia opsi mulai dari PayPal, Perfect Money, Skrill, Neteller, dll.

 

Apakah Triv Aman Digunakan?

Sebelum menjadikan Triv sebagai platform trading kripto, hal yang paling perlu diketahui adalah mengenai keamanan serta legalitas platform ini di Indonesia. Dari segi legalitas, Triv merupakan exchange lokal yang sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Baca juga: Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya

Untuk menjamin keamanan platform trading, Triv juga menggunakan sistem keamanan berlapis mulai dari Multi-Signature Technology yang berfungsi mencegah satu titik kegagalan dalam mengamankan aset digital, serta mendapatkan PCI DSS Certification. Selain itu, Triv juga menerapkan fitur Cold Storage System atau brankas penyimpanan offline yang sangat aman dengan menggunakan berbagai macam kontrol akses dan prosedur untuk menyimpan aset digital klien.

 

Fitur-Fitur Unggulan Triv

Sebagai salah satu platform jual beli kripto dan virtual money terbaik di Indonesia, Triv menawarkan fitur-fitur unggulan yang cukup unik. Apa saja itu?

  1. Triv Staking. Melalui fitur ini, klien mampu menghasilkan passive income dari hasil koin kripto yang telah di "staking" di Triv dalam kurun waktu tertentu.
  2. Triv Me. Merupakan fitur yang digunakan untuk menghubungkan akun mata uang dengan Triv, sehingga klien bisa melakukan pembelian otomatis tanpa login dan mengirimkan dana secara manual.
  3. Terima dan kirim kripto serta virtual money bebas biaya. Klien Triv akan mendapatkan fasilitas bebas biaya transfer ke sesama klien Triv lainnya.
  4. Program Referral. Selain dari staking kripto, klien Triv juga berkesempatan mendapatkan 10 persen penghasilan tambahan melalui program referal.
  5. Jual beli kripto dengan virtual money. Tidak seperti platform lainnya yang membatasi transaksi di aset digital saja, klien Triv dapat melakukan pembelian koin kripto dengan uang virtual ataupun sebaliknya.
  6. Deposit dan withdrawal Rupiah secara real-time dan instan. Proses setor dan penarikan di akun Triv berjalan sangat cepat dalam hitungan menit saja.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Triv

Secara umum, berikut adalah daftar kelebihan dan kekurangan Triv yang bisa jadi bahan pertimbangan:

Kelebihan

  • Real-time deposit.
  • Real-time withdrawal.
  • 24/7 transaksi and dukungan klien.
  • Mendukung berbagai macam metode pembayaran.
  • Mendukung hingga 16 pertukaran mata uang.

Kekurangan

  • Info detail mengenai jumlah aset keseluruhan belum bisa diketahui dengan tepat.
  • User interface tidak seinteraktif platform exchange lain.
  • Terdapat minimal transaksi untuk bisa mendapatkan gratis biaya admin.

 

Cara Registrasi Akun di Triv

Sebelum bisa bertransaksi jual beli menggunakan platform Triv, klien perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sesuai beberapa langkah di bawah ini:

1. Kunjungi situs resmi Triv.

2. Pilih Sign Up yang terletak di sisi kanan atas homepage Triv.

sign up triv

3. Isi identitas lengkap mulai dari nama, email, dan konfirmasi password.

isi identitas lengkap

4. Buka email untuk verifikasi pembuatan akun dengan mengklik link yang dikirim di email. 

konfirmasi email triv

5. Masukkan nomor HP dan lakukan verifikasi dengan mencantumkan kode OTP yang dikirim.

verifikasi nomor HP

6. Selamat, akun Triv sudah berhasil dibuat.

 

Apakah Akun Triv Langsung Bisa Digunakan?

Sayangnya belum bisa. Untuk bisa mengakses semua fitur Triv, klien harus melakukan verifikasi Know Your Customer (KYC) terlebih dahulu. Aturan KYC ini memang diterapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia (OJK)  untuk mengetahui identitas konsumen guna mencegah pencucian uang (Money Laundering).

Bagaimana cara melakukan KYC di Triv? Verifikasi KYC dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:

  1. Masuk menu dompet, pilih menu Kirim, lalu nantinya Anda akan diminta melakukan verifikasi KYC.
  2. Pilih dokumen yang ingin digunakan misalnya KTP, SIM, KITAS, atau paspor, lalu unggah foto diri.

    Triv KYC
  3. Masukkan nomor identitas, nama lengkap, alamat tempat tinggal, dan profesi secara benar.
  4. Klik Submit dan tunggu kabar melalui email untuk memastikan keberhasilan verifikasi akun.

 

Cara Deposit, Jual Beli, Dan Withdrawal Dana Di Triv

Untuk melakukan setor (deposit), jual beli, dan penarikan (withdraw) aset digital di paltform Triv dapat dilakukan dengan mudah. Namun perlu diingat, klien wajib melakukan verifikasi akun dan melakukan KYC terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

Bagaimana Cara Deposit di Triv?

Setelah akun melawati poroses verifikasi, klien sudah bisa melakukan transaksi tanpa hambatan. Di Triv, deposit dapat dilakukan dengan mentransfer dana dari rekening pribadi ke rekening di Triv. Pembayaran Rupiah dapat menggunakan metode transfer bank, virtual account, e-wallet (OVO, Gopay, ShopeePay, dan DANA), dll.

Untuk proses deposit bisa mengikuti langkah-langkah di berikut ini. 

1. Pilih tombol deposit.

deposit triv

2. Pilih satu dari 137 bank yang tersedia, dan ketikkan nominal yang ingin anda isikan ke akun Triv.

Deposit Triv bank

3. Lakukan transfer dengan mengikuti panduan yang tersedia agar transaksi berjalan lancar tanpa kendala.

deposit triv transfer

4. Cek akun Triv secara berkala hingga saldo masuk. 

 

Bagaimana Cara Jual Beli Koin atau Uang Virtual Di Triv?

Jika tidak ingin ribet, klein sebenarnya bisa membeli langsung koin kripto atau uang virtual yang diinginkan tanpa perlu mendepositkan dana di Triv dulu. Namun perlu diperhatikan, di platform Triv terdapat jumlah minimum pembelian yaitu sebesar Rp100,000. Sedangkan untuk deposit ataupun withdrawal Bitcoin, klien akan dikenakan biaya sebasar 0.0001 - 0.0005 BTC. Sehingga, pastikan saldo telah melebihi biaya transaksi sebelum deposit ataupun withdrawal di Triv.

Untuk melakukan transaksi jual beli kripto maupun uang virtual secara instan, klien bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Pada halaman login akun, silahkan pilih menu Beli/Jual pada menu samping kiri.

2. Pilih aset kripto atau uang virtual yang diinginkan.

beli koin di triv

3. Pilih bank yang akan digunakan untuk transaksi, masukkan alamat penerima, jumlah yang ingin dibeli, dan klik lanjut.

deposit dengan BCA

4. Pilih Konfirmasi. 

5. Selanjutnya, jumlah tagihan akan dimunculkan dan itu harus dibayar sebelum waktu habis. 

detail transaksi triv

6. klik Pay Now.

pay now

7. Lakukan transfer ke rekening yang diinstruksikan Triv sesuai jumlah yang diminta, kemudian klik "Done".

 

Bagaimana Cara Withdraw Dana Di Triv?

Perlu diketahui, jumlah transaksi pencairan saldo yang direkomendasikan oleh Triv adalah senilai Rp250,000. Bila klien menarik dana di bawah jumlah tersebut, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10,000. Penarikan dana di Triv akan berjalan secara otomatis dan membutuhkan waktu hanya sekitar 60-120 detik setelah validasi. Secara garis besar, cara withdraw tidak jauh berbeda dengan cara deposit di atas.

Berikut adalah tahap-tahap penarikan dana dari Triv ke rekening pribadi:

  1. Masuk ke akun terlebih dahulu, kemudian pilih ikon Withdraw.
  2. Pilih tujuan transfer bank yang diinginkan.
  3. Masukkan nominal penarikan dan lakukan konfirmasi segera agar transaksi bisa langsung diproses oleh sistem.
  4. Notifikasi penarikan dana berhasil dan dikirim langsung lewat email.
  5. Cek rekening bank untuk melihat penambahan saldo.

 

Biaya Trading dan Kirim Aset Kripto di Triv

Sama halnya seperti trading aset kripto pada platform lainnya, terdapat biaya transaksi yang diberlakukan di Triv. Platform ini mengenakan biaya taker 0.2 - 0.4% dan maker 0%. Seperti yang telah terungkap di atas, transaksi Bitcoin dikenakan biaya antara 0.0001 - 0.0005 BTC. Sedangkan transaksi jual beli vitual money seperti PayPal, Perfect Money, Okpay, dll. adalah gratis dengan syarat pembelian di atas Rp250,000. Bila di bawah nominal tersebut, klien akan dikenakan biaya sebesar Rp10,000.

Daftar akun Triv

 

Apakah Pengiriman Internal Dikenakan Biaya?

Mengirim mata uang digital sesama ke sesama klien Triv tidak dikenakan biaya. Namun untuk pengiriman aset kripto ke luar platform dikenakan gas fee sesuai dengan biaya yang dibutuhkan blockchain. Gas fee yang dibebankan pada setiap transaksi dapat berubah-ubah setiap waktu.

 

Secara keseluruhan, Triv merupakan platform jual beli aset digital dan kripto paling mudah digunakan, khususnya untuk pemula yang menginginkan transaksi cepat dan anti ribet. Selain itu, exchange ini juga menghadirkan ragam fitur-fitur yang menarik untuk dicoba seperti staking, Triv Me, referral, dll.

Namun perlu diketahui, Triv juga mimiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Jika kelemahan-kelemahan tersebut dapat diantisipasi dengan baik, maka Triv bisa menjadi platform yang bisa diandalkan.

Daftar akun Triv

Terkait Lainnya
Kategori Terkait
 

Forum Terkait

 Zul |  15 Sep 2018

saya baca di seputar forex bahwa antara platform demo dgn platform real BEDA... maksud nya bagaimana ya

Lihat Reply [2]

 Zul |  25 Sep 2018

di SF dengan judul PROFIT DI AKUN REAL TAK SEMUDAH DI AKUN DEMO, KENAPA?... DI alinea pertama tertulis harus diakui antara kaun demo dengan akun real sangat berbeda. hal ini terkait dengan kondisi platform dan psikologis. pertanyaan nya.. dimanakan beda atntara platforn demo Vs real.. dialinea kedua ada sedikit penjelasan... tapi saya tak paham. mohon bantaun penjelasan dari bapak. terima kasih atas responnya.

Lihat Reply [2]

 Gading |  16 Nov 2020

Kenapa harga last price di tiap chart harganya beda2? saya lihat di tradingview, investing.com, dan mt4 semua berbeda, bahkan mt4 untuk mobile dan desktop juga berbeda harganya. Kenapa bisa begitu? 

Lihat Reply [1]

 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [3]

 Teguh S |  15 Nov 2021

Saya pengguna platform cTrader, dan saya ingin trading di broker Monex. Apakah tersedia?

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

Bisa mas, Anda bisa menggunakan aplikasi platform trading bernama Meta Trader 4. Kemudian, Anda bisa memilih broker forex yang tersedia. Berikut Referensi broker yang bisa Anda gunakan: Daftar Broker Forex Populer Di Indonesia.
 Admin |  11 Jan 2019
Halaman: Apa Itu Trading Ini Cara Main Dan Mengatasi Risikonya
Kita bisa mengirimnya ke wallet bursa seperti indodax dan triv, kemudian menukarkannya ke rupiah. Setelah itu, proses penarikan rupiah ke bank lokal bisa dilakukan. Namun perlu dicatat bahwa bursa Indonesia menerapkan prosedur KYC (verifikasi identitas) sehingga beberapa dokumen seperti KTP, SIM, buku tabungan, diperlukan untuk verifikasi. Thx
 Prasetyo |  27 Jun 2019
Halaman: Cara Mendapatkan Uang Dengan Bitcoin
Kalau di metatrader, saat kamu mengeksekusi order, broker akan menawarkan harga sesuai yang kamu lihat di platform. Tapi, misalnya harga berubah di tengah-tengah kamu mengeksekusi order, broker akan re-quote, alias membatalkan order-mu dan menawarkan harga terbaru. Kamu boleh menolak, atau melanjutkan order menggunakan harga baru tersebut.
 Salsabila |  5 Jan 2021
Halaman: Cara Mengenali Top Broker Forex Menurut Eksekusi Order
Itu karena menghindari adanya lonjakan harga, biar trader ga rugi, dan bisa juga karena broker takut disalahkan kalau platform tiba-tiba ngadat misalnya.
 Agung |  11 Feb 2021
Halaman: Broker Forex Terbaik Untuk News Trading
Bisa aja karena broker tersebut belum unya teknologi, tools, atau pengalaman scalping. Jadi platform mereka masih lemot kalau dipakai scalping.
 Dyeva |  16 Feb 2021
Halaman: Cara Mudah Mengenali Ciri Broker Forex Terbaik Untuk Scalping
Platform lain biasanya dikeluarkan oleh broker tertentu dan hanya bisa digunakan oleh klien broker itu, sedangkan MT4 bisa digunakan oleh klien dari banyak broker. Di MT4 ada 3 jenis eksekusi pasar, 4 pending, 2 stop order, juga fitur trailing stop
 Maaya |  23 Feb 2021
Halaman: Metatrader Platform Trading Andalan Trader Dan Broker Forex

Broker Forex

Komentar[1]    
  Rafli Romadhoni   |   30 Apr 2022

Belakangan gw sring liad nih Triv, kirain aplikasi pembayaran keq ovo ato dana gitu. Ternytaa bt treding bitcoin toh. Nanya skalian deh bg, kalo deposit wdnya kena fee lagi gak ya? ato ada smcm komisi gt? Thanks be4.

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip