Sebelum Ambil Kredit, Pahami Penyebab Naik Turun Bunga KPR

Febrian Surya 26 May 2020 154

Ketika kamu membeli rumah lewat KPR, kamu akan dikenakan dua  jenis suku bunga KPR, yakni suku bunga flat dan suku bunga mengambang. Hal ini patut kamu ketahui sebelum kamu mengajukan KPR di sebuah lembaga keuangan.

Suku bunga flat merupakan suku bunga yang ditetapkan oleh pihak bank kepada nasabah dengan bunga cicilan tetap setiap bulannya selama jangka waktu kredit. Contohnya, kamu dikenakan tingkat suku bunga flat sebesar 6% selama 2 tahun (24 bulan) berjalan masa kredit KPR-mu. Sementara itu, suku bunga mengambang adalah perhitungan bunga KPR yang nilainya bisa berubah sewaktu-waktu jika suku bunga acuan (BI rate) mengalami perubahan.

Bagi nasabah, perhitungan suku bunga flat mungkin lebih mudah dipahami dibanding suku bunga mengambang, dimana pada periode tertentu kamu bisa dikenakan tingkat suku bunga yang lebih tinggi ataupun lebih rendah. Bagi kamu yang ingin membeli rumah lewat KPR dengan bunga mengambang, maka faktor naik turunnya bunga KPR tentu wajib kamu ketahui agar bisa mengantisipasi dan memperhitungkan besarnya cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya dengan lebih baik. Berikut faktor-faktor pemicu naik turunnya suku bungan KPR:

Sebelum Kredit Pahami Dulu Penyebab Naik Turun Bunga KPR(Baca juga: Sebelum Ajukan KPR, Pahami Jenis-Jenis Bunganya)

 

1. Kebutuhan Dana Dari Pihak Bank

Ketika pinjaman yang diajukan oleh nasabah semakin tinggi, sedangkan dana yang dimiliki oleh pihak bank belum mencukupi, maka pihak bank akan meningkatkan suku bunga simpanan untuk deposito. Hal ini dilakukan untuk menarik minat nasabah yang berkeinginan menaruh uangnya dalam bentuk deposito. Sehingga, diharapkan dana lebih cepat terkumpul dan bisa digunakan kembali untuk pemberian kredit kepada nasabah. Ini tak pelak memicu naiknya tingkat suku bunga KPR. Hal sebaliknya pun demikian, bila suatu bank memiliki dana deposito yang banyak sementara pengajuan pinjaman sedikit, maka suku bunga KPR akan cenderung menurun.

 

2. Jaminan Kualitas

Naik turunnya suku bunga KPR juga bisa disebabkan oleh adanya jaminan. Semakin banyak jaminan, semakin rendah suku bunga KPR-nya. Sebaliknya, jaminan yang semakin sedikit akan mengakibatkan semakin tingginya suku bunga KPR. Jaminan ini bisa berasal dari pihak ketiga sebagai pemberi jaminan yang menanggung seluruh risiko kredit.

 

3. Kebijakan Pemerintah

Tugas Bank Indonesia adalah menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dengan mengatur peredaran uang  di masyarakat. Oleh sebab itu, Bank Indonesia memiliki wewenang dalam menentukan bunga deposito dan bunga pinjaman. Bank Indonesia berhak menaikkan dan menurunkan tingkat suku bunga melalui kebijakan diskonto sebagai tugas Bank Indonesia dalam mengatur peredaran uang dengan menaikkan suku bunga acuan. Sehingga, hal ini juga akan berpengaruh pada suku bunga KPR yang termasuk ke dalam jenis bunga pinjaman.

 

4. Masa Kredit KPR

Semakin lama pilihan tenor yang kamu pilih, hal ini berimbas terhadap rendahnya suku bunga KPR yang dibebankan. Namun, bila kamu memilih jangka waktu cicilan yang lebih singkat, kamu akan dibebankan bunga dan cicilan KPR yang lebih besar.

 

5. Persaingan

Pihak bank yang memberikan pinjaman KPR bukan hanya satu bank saja. Terdapat banyak bank yang berfokus pada lini usaha pemberian KPR kepada masyarakat. Sehingga, perang harga tidak dapat dibendung lagi dari satu bank dengan kompetitor bank lainnya yang menyebabkan adanya perbedaan suku bunga KPR dari masing-masing bank. Persaingan ini umumnya menyebabkan penawaran bunga yang rendah untuk menarik minat konsumen. Namun demikian, perhatikan juga bahwa pemberian bunga yang rendah biasanya mengakibatkan biaya cicilan dan uang muka yang lebih tinggi. Terkait hal ini, sebaiknya pertimbangkan juga apakah harga jual rumah yang ditetapkan sudah ideal.

 

6. Produk Kompetitif

Produk atau barang yang memiliki tingkat persaingan tinggi memberikan suku bunga kredit yang lebih rendah dibanding produk yang tidak kompetitif. Hal ini disebabkan oleh life cycle dari produk kompetitif lebih cepat berganti dari waktu ke waktu.

Masa Kredit KPR

Contohnya, kredit smartphone membebankan suku bunga lebih rendah dibanding kredit rumah, lantaran smartphone digunakan dalam jangka waktu pendek dan berbeda dengan rumah yang dapat dihuni hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

Untuk menghilangkan rasa ragu dan kebingungan bagi nasabah saat ingin membeli rumah lewat KPR, saat ini banyak bank yang telah meluncurkan pembiayaan KPR dengan beban suku bunga mengambang sejak awal masa pinjaman dengan rumus perhitungan suku bunga acuan (BI rate) + margin %. Selain itu, guna mengatasi tingginya suku bunga KPR saat masa cicilan berjalan, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih opsi take over ke KPR bank lain.

 

Buat kamu yang sudah mengambil KPR, sebaiknya rencanakan keuangan dengan baik agar tak kewalahan dalam menanggung beban kredit disamping mengatur pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Tipsnya bisa kamu simak di "Trik Mengatur Keuangan Saat Punya Cicilan Rumah".

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1

Yudhi R.a 8 JUN 2020
Di masa pendemi saat ini memang sangat perlu banyak pertimbangan untuk membeli rumah, apalagi harus KPR. Banyak yang harus dipertimbangkan karena kondisi ekonomi kita yang kurang baik
reply
Contoh Setup Trading Price Action
coach, boleh minta tolong berikan gambaran untuk suport resistance kunci maupun jangka pendek untuk EURUSD dan GBPUSD daily saat ini? lalu jika setup pin bar, inside, fakey terbentuk diarea antara EMA 8&21 ditambah adanya suport resistance kunci di area tersebut itu saat yang tepat untuk entry yh?

Muhammad Yusuf 5 Dec 2017

Reply:

M Singgih (12 Dec 2017 07:39)

@ Muhammad Yusuf:

- …. gambaran untuk suport resistance kunci maupun jangka pendek untuk EURUSD dan GBPUSD daily saat ini?

Jawaban:

Silakan baca: Analisa Teknikal 7-14 Desember 2017: EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY, AUD/USD

- … lalu jika setup pin bar, inside, fakey terbentuk diarea antara EMA 8&21 ditambah adanya suport resistance kunci di area tersebut itu saat yang tepat untuk entry yh?

Jawaban:

 

Belum tentu, harus dikonfirmasi dengan indikator teknikal untuk mengetahui validitas price action tersebut. Seperti fakey bar kan harus dikonfirmasi oleh bar sesudahnya dan juga penunjukan indikator saat itu. Ema 8 dan ema 21 berfungsi sebagai kurva resistance / support.

Kalau harga bergerak diatas kedua kurva tersebut maka cenderung bullish dan sebaliknya jika bergerak dibawah keduanya. Jika berada diantara kedua kurva ema 8 dan ema 21 sebaiknya tunggu tejadinya crossing (perpotongan) keduanya.

Jujun Kurniawan 47
Kredit  
Febrian Surya 224
Forex