Sebelum Tukar Rupiah Ke Ringgit, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Yulinda 25 Sep 2020 845
Dibaca Normal 8 Menit

Sebelum berlibur ke Negeri Jiran, sebaiknya Anda menukarkan mata uang Rupiah terlebih dahulu ke mata uang Ringgit. Namun, beberapa hal penting berikut ini patut diperhatikan.



Apakah Anda sedang berencana pergi atau liburan ke Malaysia? Mungkin Anda perlu menukarkan mata uang Rupiah (IDR) ke Ringgit Malaysia (MYR) terlebih dahulu untuk memudahkan proses transaksi selama di sana. Seperti yang kita tahu, Malaysia merupakan negara pengguna mata uang Ringgit sebagai alat tukarnya. Namun jika Anda baru pertama kali menukarkan Rupiah ke mata uang asing, Anda mungkin sedikit bingung ketika mengetahui adanya selisih antara mata uang Rupiah dan mata uang asing. Bahkan seringnya, nilai tukar Rupiah lebih rendah dibanding mata uang lain.

Menukarkan Rupiah Ke Ringgit

Pada dasarnya, dengan adanya perubahan nilai mata uang tersebut, kita bisa mempersiapkan kapan saat yang tepat untuk menukarkan Rupiah ke Ringgit. Mengetahui fakta tersebut, Anda mungkin menjadi khawatir apakah Rupiah yang ditukarkan nilainya akan jatuh terhadap Ringgit. Nah untuk itu, mungkin kita perlu memahami sekilas mengapa terjadi kondisi Rupiah yang melemah dan bagaimana pengaruhnya.

 

Mengapa Rupiah Bisa Melemah dan Apa Pengaruhnya?

Sebenarnya ada alasan yang menyebabkan Rupiah melemah. Nilai tukar melemah umumnya dipengaruhi oleh adanya ketidakseimbangan antara impor dan ekspor. Katakanlah terjadi inflasi yang sangat tinggi. Hal ini akan menyebabkan biaya produksi menjadi lebih tinggi. Jika barang tersebut adalah barang yang bisa di ekspor, dengan harga yang meningkat biasanya membuat permintaan menurun. Kondisi tersebut menyebabkan pihak luar yang terbiasa membeli dari Indonesia pindah ke negara lain. Jika impor tinggi tetapi ekspor malah berkurang, hal ini juga akan mengakibatkan defisit pada neraca perdagangan sekaligus membuat nilai tukar Rupiah melemah.

Neraca Perdagangan(Baca Juga: Beragam Dampak Kurs Rupiah Melemah)

Di sisi lain, pelemahan Rupiah juga bisa menyebabkan inflasi. Misalnya ketika nilai tukar Rupiah melemah, maka secara alamiah harga barang-barang impor akan meningkat. Selama ini, Indonesia banyak mengimpor barang berupa bahan baku. Ini artinya ketika kita mendatangkan bahan baku dari luar, maka akan membuat biaya produksi menjadi lebih mahal, sehingga harga barang olahan menjadi mahal. Nah, ketika kita menukarkan Rupiah ke Ringgit saat Rupiah sedang sangat lemah, mungkin itu bukan waktu yang tepat karena kita akan mendapatkan nilai tukar yang sangat rendah tentunya.

 

Hal-Hal Penting Saat Menukar Rupiah ke Ringgit

Jika ingin menukar Rupiah ke Ringgit, Anda mungkin mulai memikirkan adakah cara agar jumlah uang Ringgit Anda nanti tidak terlalu besar selisihnya dengan nilai Rupiah, atau bahkan bisa lebih menguntungkan. Karena hampir dipastikan akan terjadi selisih ketika kita mengonversi Rupiah ke Ringgit.



Seperti mata uang lainnya, nilai mata uang Ringgit juga bisa mengalami perubahan nilai. Bahkan pada Maret 2020 lalu, Ringgit termasuk mata uang yang lebih lemah versus Dollar AS dibandingkan Rupiah.

Nah untuk itu, sebelum Anda menukarkan uang Anda dari Rupiah ke Ringgit, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

 

1. Sebaiknya Tidak Menukar Uang Secara Mendadak

Jika Anda menukarkan uang secara mendadak, hal ini akan berpengaruh pada kurs yang Anda terima. Bisa saja saat itu Rupiah sedang anjlok terhadap Ringgit. Jadi rugi 'kan?

Jika Rupiah Anjlok VS Ringgit

Sebaiknya, Anda tidak menukar Rupiah ke Ringgit saat waktunya mepet. Dengan memiliki cukup waktu, Anda bisa menghitung kembali dan memastikan berapa jumlah uang yang akan Anda tukar. Hal ini cukup penting, mengingat harga berbagai kebutuhan di negeri Jiran sangat mungkin memiliki perbedaan dengan di Indonesia, misalnya biaya tempat tinggal, makan dan keperluan lainnya.

Jadi jangan sampai setibanya di money changer atau bank, Anda masih bingung mengenai jumlah uang yang akan ditukarkan. Lebih baik sebelum menukarkan uang, hitung dulu biaya keseluruhan yang Anda perlukan ketika berada di Malaysia.

 

2. Perhatikan Tempat Anda Menukar Uang

Memilih tempat untuk menukarkan Rupiah ke Ringgit juga perlu Anda perhatikan. Akan lebih baik jika Anda menukarkan di Indonesia sebelum berangkat ke negeri Jiran. Hal ini karena Anda punya lebih banyak persiapan dibanding saat menukarnya secara mendadak seperti yang telah di jelaskan pada poin sebelumnya.

Money Changer di Indonesia(Baca Juga: Direktori Alamat Money Changer Berizin di Indonesia)

Kemudian, jangan lupa untuk memastikan bahwa Money Changer yang Anda pilih telah memiliki izin yang jelas. Selain money changer, Anda juga bisa menukarkan Rupiah dengan Ringgit di Bank atau di Bandara. Namun, perlu Anda ketahui bahwa secara umum Money Changer menawarkan nilai tukar lebih tinggi dibandingkan Bank. Apalagi jika Anda menukarkannya di booth Bandara, nilai tukar yang ditawarkan biasanya lebih kecil lagi. Jadi, opsi ideal sebenarnya adalah menukarkan Rupiah ke Ringgit melalui money changer.



 

3. Riset Untuk Membandingkan Nilai Tukar Pada Beberapa Money Changer

Money Changer merupakan opsi ideal untuk menukarkan mata uang asing, termasuk Ringgit. Namun hal yang perlu Anda perhatikan saat membandingkan nilai tukar pada beberapa money changer adalah soal kurs jual dan kurs beli Ringgit.

Kurs jual Ringgit adalah harga Ringgit yang telah diperhitungkan Money Changer ataupun Bank saat Anda ingin membelinya, sedangkan kurs beli Ringgit adalah harga saat Anda ingin menjual Ringgit ke Rupiah.

Nah, setiap tempat penukaran uang biasanya memiliki tingkat kurs yang berbeda. Coba Anda mencari tahu dan membandingkan beberapa money changer sekaligus, lalu pilihlah yang paling menguntungkan, dengan catatan money changer tersebut sudah pasti memiliki izin yang jelas. Inilah mengapa sejak awal tidak sarankan bagi Anda untuk menukar Rupiah ke Ringgit secara mendadak.

 

4. Perhitungkan Waktu Yang Tepat Saat Menukar Rupiah Ke Ringgit

Selain mempertimbangkan tempat dan juga kurs pada beberapa money changer, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk menukar Rupiah ke Ringgit. Hal ini karena sifat setiap mata uang bisa berubah seiring berjalannya waktu. Kurs Rupiah ke Ringgit saat ini dengan 1 atau dua tahun lalu sudah berbeda nilainya. Bahkan berbeda satu-dua hari saja, nilai tukar Rupiah terhadap Ringgit bisa saja berubah.

Perbedaan waktu penukaran uang

Untuk itu, coba perhatikan kapan waktu penukaran mata uang Rupiah ke Ringgit yang paling menguntungkan. Misalnya pada momen ketika Ringgit lebih lemah daripada Rupiah pada beberapa waktu lalu, Anda mungkin bisa mendapatkan nilai tukar Rupiah lebih tinggi. Jadi, faktor waktu adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan juga sebelum menukarkan Rupiah ke Ringgit.



 

5. Pantau Kurs Rupiah Terhadap Ringgit Secara Berkala

Guna melengkapi penilaian kapan waktu yang tepat untuk menukarkan Rupiah ke Ringgit, Anda juga perlu memantau kurs Rupiah terhadap Ringgit secara berkala. Jadi ketika Rupiah sedang menguat, Anda bisa saja langsung menukarkannya.

Biasanya, kurs jual mata uang bisa lebih baik saat kurs stabil atau pagi hari di awal pekan. Namun tetap saja, Anda perlu memantaunya langsung supaya lebih akurat. Untuk itu, jangan malas mengamati dan membandingkan beberapa kurs Rupiah ke Ringgit terbaik.

Saat artikel ini ditulis, nilai tukar Rupiah ke Ringgit sebesar Rp. 3.597. Dibandingkan dengan pengamatan Anda sebelumnya, apakah ini saat yang tepat menukarkan Rupiah ke Ringgit?

 

6. Melihat Celah Pada Kurs Rupiah Terhadap Mata Uang Selain Ringgit

Menukar Rupiah dengan mata uang asing lain sebelum menukarkannya ke Ringgit bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kurs Ringgit terbaik. Jika Anda tipe orang yang jeli dan memiliki waktu untuk hal tersebut, maka lakukanlah, karena perbedaan selisih yang Anda dapatkan bisa cukup signifikan.

Kurs Rupiah(Baca Juga: Tips Menukar Rupiah Ke Mata Uang Asing Atau Sebaliknya)

Misalnya saja, kurs akan lebih menguntungkan jika Anda menukarkan Rupiah ke dalam Euro (EUR) terlebih dahulu dibandingkan langsung menukarkannya ke Ringgit. Namun untuk mengetahui hal ini, Anda perlu memperhatikan secara seksama mana saja mata uang yang saat ini bisa menambah keuntungan.



 

7. Hati-hati Terhadap Pihak yang Menawarkan Rate Terlalu Murah

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa kita perlu memastikan bahwa money changer yang kita pilih tidak bermasalah secara perizinan. Namun ada hal yang membuat kita seringkali terlena, yakni rate yang terlalu murah.

Hal ini banyak membuat orang kurang memperhatikan resiko di balik penawaran tersebut, sehingga lebih memilih menukarkan uangnya di tempat dengan rate termurah. Padahal, bisa saja uang Ringgit yang Anda terima rusak atau bahkan palsu. Sebaiknya Anda teliti jika ada money changer yang menawarkan rate Ringgit terlampau murah dibandingkan harga normalnya saat itu.

Awas penipuan kurs Rupiah(Baca Juga: Hati-Hati, Tiga Penipuan Valas Paling Populer Di Dunia Menghantui)

 

Penutup

Hal-hal di atas cukup penting Anda perhatikan, apalagi jika Anda berencana tinggal lebih lama untuk suatu keperluan di Malaysia. Anda perlu memperhitungkannya sebelum menukar Rupiah ke Ringgit. Dengan informasi di atas, semoga Anda bisa mendapatkan nilai tukar Rupiah ke Ringgit dengan kurs terbaik.

Forum

Idwan Safii (26 Nov 2014)

bagaimana cara melakukan hedging pada trading dengan cross pair?

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Fakta Dinar Si Mata Uang Terkuat Di Dunia
Fakta Dinar Si Mata Uang Terkuat Di Dunia
Yulinda   9 Oct 2020   1034  
Melihat trend yang tidak menentu

Apakah ada kesempatan harga akan mengalami turun pak? Soalnya harga belum menyentuh zona bawah, sudah up lagi? Thanks

penurunan harga

Teguh Haris 10 Feb 2021

Reply:

M Singgih (16 Feb 2021 04:45)

@ Teguh Haris:

Mengenai harga akan naik atau turun (bullish atau bearish) bisa diamati dari sinyal. Sinyal biasanya dari price action yang telah terkonfirmasi oleh indikator teknikal, sehingga sinyal tsb valid. Sema tidak ada sinyal, kita tidak bisa begitu saja menyimpulkan harga akan bergerak bullish atau bearish.

Adapun garis-garis di bawah yang dibuat pada chart tsb menunjukkan area support, sebagai acuan batas sampai sejauh mana jika harga ternyata turun (bergerak bearish).

 

Daftar Swift Code Bank Indonesia
Daftar Swift Code Bank Indonesia
Sistem   5 Aug 2020   6399  
Konversi Indonesian Rupiah
Konversi Indonesian Rupiah
Sistem   5 Aug 2020   3065  
Suku Bunga Deposito Bank
Suku Bunga Deposito Bank
Sistem   5 Aug 2020   2132  
Kalkulator Kurs
Kalkulator Kurs
Sistem   15 Jun 2020   5105  
Kurs Rupiah Hari Ini
Kurs Rupiah Hari Ini
Sistem   11 Jun 2020   7852  
Sosok Pahlawan Indonesia Di Mata Uang Rupiah
Sosok Pahlawan Indonesia Di Mata Uang Rupiah
SAM   19 Sep 2016   22296