Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Kripto

Wahyudi 13 Nov 2019Dibaca Normal 5 Menit
kripto>belajar>   #investasi   #kripto
Banyak orang, terutama investor milenial, tertarik untuk investasi kripto. Namun mengingat volatilitas kripto yang tinggi, pastikan Anda telah melakukan persiapan berikut.

Salah satu revolusi bisnis digital yang paling fenomenal dalam satu dekade terakhir adalah munculnya cryptocurrency atau mata uang kripto. Mata uang digital ini langsung populer di antara warganet karena dianggap menjanjikan di masa mendatang.

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang jenis baru berbentuk virtual yang dapat dengan mudah digunakan untuk transaksi di internet. Salah satu mata uang digital paling fenomenal adalah Bitcoin yang pertama kali diluncurkan pada 2009 oleh seseorang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto.

Ilustrasi mata uang kripto

Pada saat diluncurkan pertama kali, mata uang Bitcoin ini tidak memiliki nilai jual. Namun, saat ini saat harga bitcoin (saat artikel ini ditulis) harganya sudah mencapai 8,768USD. Selain itu, jenis-jenis mata uang kripto tidak hanya Bitcoin saja, melainkan banyak sekali macam-macamnya.

Dari kejadian lonjakan harga bitcoin tersebut, banyak orang, terutama investor milenial, tertarik untuk investasi kripto. Namun sebelum investasi kripto, setidaknya Anda sudah tahu cara kerja mata uang digital terlebih dahulu. Nah, di bawah ini adalah persiapan investasi kripto yang wajib Anda ketahui.


1. Perbanyak Riset Tentang Uang Kripto Yang Akan Dipilih

Persiapan investasi kripto yang pertama adalah jangan pernah menanamkan uang Anda pada instrumen yang tidak Anda pahami. Oleh karena itu sebelum mulai investasi, pahami dulu basic dari kripto. Misalnya memahami cara kerja mata uang kripto terlebih dahulu.

Saat riset, Anda juga perlu mempelajari pilihan koin berdasarkan preferensi risiko Anda. Beberapa orang enggan mengambil risiko sehingga mereka akan lebih suka koin populer dengan ROI yang lebih rendah. Ada pula orang yang berani mengambil risiko dan lebih suka proyek potensial dengan ROI lebih besar. Di sisi mana pun Anda berada, tidak masalah selama Anda melakukan riset yang cukup dan tahu apa yang Anda hadapi.

Selain itu Anda juga perlu mewaspadai investasi bodong berkedok kripto. Perusahaan investasi bodong biasanya menjanjikan keuntungan menggiurkan di depan. Seperti yang diulas pada artikel 5 kasus penipuan uang kripto terbesar.

 

2. Kesiapan Mental

Menurut Asosiasi Crypto Currency Enterprises and Startups (ACCESS) yang berbasis di Singapura, seorang investor harus menanyai dirinya sejumlah pertanyaan mengingat volatilitas kripto yang tinggi. Sebelum mulai investasi kripto, tanyai diri Anda, seperti:

  • Apakah Anda paham dengan risikonya?
  • Apakah tujuan investasi Anda?
  • Sudahkah Anda riset terhadap jenis mata uang kripto yang ingin dibeli?
  • Berapa jumlah aset yang akan dialokasikan?
  • Apakah Anda paham proses yang mempengaruhi likuiditas kripto?
  • Bagaimana reputasi marketplace exchange yang Anda gunakan?

Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah terjawab, maka investasi kripto dapat Anda lakukan. Selain itu, kesiapan mental juga sangat perlu diperhatikan karena mata uang digital merupakan aset yang tidak nampak fisik dan juga memiliki resiko tinggi, misalnya dibobol hacker ataupun penipuan.

Jadi, secara garis besar, jika Anda tidak ingin mengambil risiko dan tidak punya pengelolaan mental yang baik, sangat tidak disarankan untuk investasi di mata uang kripto ini.


3. Menyiapkan Modal

Persiapan investasi kripto yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyiapkan modal. Seperti, instrumen investasi pada umumnya, investasi di mata uang kripto juga memerlukan modal. Tentu saja modal yang dibutuhkan sangat tergantung preferensi pribadi masing-masing. Lazimnya, jika menargetkan profit investasi besar, modal yang perlu dipersiapkan juga semakin besar.

Ilustrasi naik turun harga kripto

Jika Anda ingin melakukan analisa dan monitoring, Anda akan membutuhkan banyak koin. Setiap koin akan memiliki syarat dan ketentuannya sendiri serta memberi Anda hadiah yang berbeda dengan frekuensi distribusi yang berbeda. Pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan dan siap untuk mulai memperdagangkannya.

Selain itu, besar kecil modal juga tergantung pilihan investasi kripto yang dipilih. Seperti yang kita ketahui, pilihan investasi kripto sangat banyak sekali macam dan jenisnya. Seperti yang pernah diulas pada artikel pilihan investasi Kripto ini, terdapat beberapa macam jenis investasi kripto yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.


4. Mencari Platform Monitoring Yang Tepat

Kemudian, persiapan investasi kripto yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari platform monitoring yang tepat. Hal ini sangat wajib dilakukan bila Anda belum punya pengalaman di bidang investasi kripto. Maka dari itu yang Anda butuhkan adalah memilih platform yang tepat untuk menjalankan masternode untuk Anda.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda dapat bergabung dengan banyak staker lain melalui layanan masternode bersama dan mendapatkan hadiah bersama. Anda juga dapat memilih koin berdasarkan preferensi risiko. Jika Anda menginginkan pengalaman monitoring nilai kripto terbaik, Anda dapat mencoba platform Staking-as-a-Service (SaaS). Di beberapa platform, Anda bisa mulai bergabung dengan masternode secara instan dengan investasi minimum.

 

5. Merencanakan Strategi Yang Matang

Persiapan investasi kripto yang terakhir adalah merencanakan strategi yang matang. Seperti yang telah diketahui, pasar perdagangan mata uang kripto terkenal sangat fluktuatif. Banyak investor pemula kehilangan aset karena mereka berinvestasi tanpa adanya perencanaan strategi yang matang dan lebih mengutamakan emosi belaka.

Padahal, sebagian besar mata uang kripto dan teknologi yang mendasarinya yaitu blockchain masih terbilang baru, sehingga dapat mempengaruhi harga dan kinerja mereka. Faktor-faktor eksternal seperti regulasi bisa berdampak signifikan terhadap imbal balik investasi. Dengan membangun strategi lebih awal, investor pemula dapat memasuki market dengan percaya diri.

Menyusun strategi sebelum investasi kripto

Investasi kripto terbilang masih baru dibeberapa kalangan. Bagi pemula, sangat dianjurkan melakukan riset lebih lanjut sebelum berinvestasi di mata uang kripto ini. Tujuannya adalah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat mata uang digital adalah salah satu aset yang memiliki volatilitas tinggi. Selain cara transaksi, strategi yang juga perlu dimatangkan adalah teknik memilih mata uang kripto apa yang diperdagangkan. Hal ini karena sudah ada banyak jenis kripto selain Bitcoin yang ditawarkan di berbagai exchange. Dengan persiapan-persiapan yang telah dijabarkan di atas, setidaknya mampu meminimalisir skenario terburuk saat berinvestasi kripto.

Selain untuk invesatasi jangka panjang, uang kripto juga bisa dijadikan sebagai investasi trading. Tertarik untuk trading kripto? Pastikan Anda memahami istilah-istilah unik yang sering muncul dalam trading kripto.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Akbar Putra |  7 Mar 2022

Saat ini harga Bitcoin dan koin2 lainnya sedang turun, apakah ini saatnya beli/invest atau merupakan warning bahaya untuk menjauhi kripto?

Lihat Reply [1]

 Kurniawan |  9 Mar 2022

Sekarang ini marak sekali investasi bodong, mohon info dan tips agar terhindar dari investasi bodong min?

Lihat Reply [1]

 Reisa Bawazir |  28 Mar 2022

Berapa ya minimal investasi yang ideal untuk reksadana? Trm ksh

Lihat Reply [1]

 Idha Kusbiyanto |  11 Apr 2022

Apakah strategi di trading forex bisa digunakan untuk trading kripto?

Lihat Reply [1]

 Rugaya Sahi |  12 Apr 2022

Saat ini sedang ramai pasar kripto, apakah akan berdampak pada sepinya pasar saham, Reksadana dan pasar obligasi?

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

jangan sampai tujuan utama kita adalah investasi namun malah loss total
jadi pastikan benar2 sebelum kita memutuskan untuk melakukan investasi property
 Ardhito |  28 Mar 2022
Halaman: Lebih Baik Beli Apartemen Atau Rumah
Investasi saham langsung adalah Investasi yang dilakukan secara mandiri (investor mengelola dana dan membeli sesuai yang diinginkan)
Sedangkan investasi reksadana adalah investasi yang dikelola oleh perusahan aset manajemen dan investor tidak dapat leluasa memilih instrumen investasi saham
 Aidil Fitra |  8 Apr 2022
Halaman: Mengenal Jenis Jenis Reksadana
- Untuk saat ini, kedua kripto tersebut kelihatannya belum masuk di Upbit Indonesia. - Upbit Indonesia bisa digunakan untuk trading juga.
 Adiananta |  25 Apr 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Upbit Indonesia
Skema ponzi adalah modus investasi palsu yang menawarkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat dengan. Padahal, keuntungan yang didapatkan bukan dari profit bisnis yang ditawarkan, tetapi dari setoran investor atau member berikutnya. Bagi anggota yang bisa merekrut anggota baru untuk bergabung di bawahnya atau downline, akan dijanjikan mendapat bonus, berupa bonus sponsorship. Sebaliknya untuk skema Rugpull adalah aktivitas scam atau penipuan yang dilakukan oleh developer atau pengembang dari sebuah projeck palsu yang bertujuan untuk menarik dana para investor melalui sistem crowdfunding. Kemudian, setelah dana sudah terkumpul pihak developer akan kabur dengan membawa kabur dana investor.
 Damar Putra |  26 Apr 2022
Halaman: Waspadai Skema Rug Pull Saat Investasi Kripto
Hai, saya baru aja terjun ke dunia game kripto nih. Apakah game2 di atas masih prospek? Ato mungkin ada game2 lain yang lebih menjanjikan? Para bro2 kripto yang udah expert bagi ilmu donk sama newbienya. Thx.
 David |  26 Apr 2022
Halaman: Game Penghasil Cuan Terbaik Yang Berbasis Blockchain
@Adhi, Berbeda dengan Crowdfunding yang artinya pengalangan dana. Maksud dari berita diatas adalah untuk membangun startup kripto diperlukan modal yang relatif lebih kecil. Apabila startup kripto-nya berkembang, maka dapat menghasilkan benefit secara ekonomi.
 Crypholic |  27 Apr 2022
Halaman: Bos Indogen Startup Kripto Perlu Modal Kecil Bisa Langsung Cuan
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip