Salah satu revolusi bisnis digital yang paling fenomenal dalam satu dekade terakhir adalah munculnya cryptocurrency atau mata uang kripto. Mata uang digital ini langsung populer di antara warganet karena dianggap menjanjikan di masa mendatang.

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang jenis baru berbentuk virtual yang dapat dengan mudah digunakan untuk transaksi di internet. Salah satu mata uang digital paling fenomenal adalah Bitcoin yang pertama kali diluncurkan pada 2009 oleh seseorang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto.

Ilustrasi mata uang kripto

Pada saat diluncurkan pertama kali, mata uang Bitcoin ini tidak memiliki nilai jual. Namun, saat ini saat harga bitcoin (saat artikel ini ditulis) harganya sudah mencapai 8,768USD. Selain itu, jenis-jenis mata uang kripto tidak hanya Bitcoin saja, melainkan banyak sekali macam-macamnya.

Dari kejadian lonjakan harga bitcoin tersebut, banyak orang, terutama investor milenial, tertarik untuk investasi kripto. Namun sebelum investasi kripto, setidaknya Anda sudah tahu cara kerja mata uang digital terlebih dahulu. Nah, di bawah ini adalah persiapan investasi kripto yang wajib Anda ketahui.


1. Perbanyak Riset Tentang Uang Kripto Yang Akan Dipilih

Persiapan investasi kripto yang pertama adalah jangan pernah menanamkan uang Anda pada instrumen yang tidak Anda pahami. Oleh karena itu sebelum mulai investasi, pahami dulu basic dari kripto. Misalnya memahami cara kerja mata uang kripto terlebih dahulu.

Saat riset, Anda juga perlu mempelajari pilihan koin berdasarkan preferensi risiko Anda. Beberapa orang enggan mengambil risiko sehingga mereka akan lebih suka koin populer dengan ROI yang lebih rendah. Ada pula orang yang berani mengambil risiko dan lebih suka proyek potensial dengan ROI lebih besar. Di sisi mana pun Anda berada, tidak masalah selama Anda melakukan riset yang cukup dan tahu apa yang Anda hadapi.

Selain itu Anda juga perlu mewaspadai investasi bodong berkedok kripto. Perusahaan investasi bodong biasanya menjanjikan keuntungan menggiurkan di depan. Seperti yang diulas pada artikel 5 kasus penipuan uang kripto terbesar.

 

2. Kesiapan Mental

Menurut Asosiasi Crypto Currency Enterprises and Startups (ACCESS) yang berbasis di Singapura, seorang investor harus menanyai dirinya sejumlah pertanyaan mengingat volatilitas kripto yang tinggi. Sebelum mulai investasi kripto, tanyai diri Anda, seperti:

Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah terjawab, maka investasi kripto dapat Anda lakukan. Selain itu, kesiapan mental juga sangat perlu diperhatikan karena mata uang digital merupakan aset yang tidak nampak fisik dan juga memiliki resiko tinggi, misalnya dibobol hacker ataupun penipuan.

Jadi, secara garis besar, jika Anda tidak ingin mengambil risiko dan tidak punya pengelolaan mental yang baik, sangat tidak disarankan untuk investasi di mata uang kripto ini.


3. Menyiapkan Modal

Persiapan investasi kripto yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyiapkan modal. Seperti, instrumen investasi pada umumnya, investasi di mata uang kripto juga memerlukan modal. Tentu saja modal yang dibutuhkan sangat tergantung preferensi pribadi masing-masing. Lazimnya, jika menargetkan profit investasi besar, modal yang perlu dipersiapkan juga semakin besar.

Ilustrasi naik turun harga kripto

Jika Anda ingin melakukan analisa dan monitoring, Anda akan membutuhkan banyak koin. Setiap koin akan memiliki syarat dan ketentuannya sendiri serta memberi Anda hadiah yang berbeda dengan frekuensi distribusi yang berbeda. Pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan dan siap untuk mulai memperdagangkannya.

Selain itu, besar kecil modal juga tergantung pilihan investasi kripto yang dipilih. Seperti yang kita ketahui, pilihan investasi kripto sangat banyak sekali macam dan jenisnya. Seperti yang pernah diulas pada artikel pilihan investasi Kripto ini, terdapat beberapa macam jenis investasi kripto yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.


4. Mencari Platform Monitoring Yang Tepat

Kemudian, persiapan investasi kripto yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari platform monitoring yang tepat. Hal ini sangat wajib dilakukan bila Anda belum punya pengalaman di bidang investasi kripto. Maka dari itu yang Anda butuhkan adalah memilih platform yang tepat untuk menjalankan masternode untuk Anda.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda dapat bergabung dengan banyak staker lain melalui layanan masternode bersama dan mendapatkan hadiah bersama. Anda juga dapat memilih koin berdasarkan preferensi risiko. Jika Anda menginginkan pengalaman monitoring nilai kripto terbaik, Anda dapat mencoba platform Staking-as-a-Service (SaaS). Di beberapa platform, Anda bisa mulai bergabung dengan masternode secara instan dengan investasi minimum.


5. Merencanakan Strategi Yang Matang

Persiapan investasi kripto yang terakhir adalah merencanakan strategi yang matang. Seperti yang telah diketahui, pasar perdagangan mata uang kripto terkenal sangat fluktuatif. Banyak investor pemula kehilangan aset karena mereka berinvestasi tanpa adanya perencanaan strategi yang matang dan lebih mengutamakan emosi belaka.

Padahal, sebagian besar mata uang kripto dan teknologi yang mendasarinya yaitu blockchain masih terbilang baru, sehingga dapat mempengaruhi harga dan kinerja mereka. Faktor-faktor eksternal seperti regulasi bisa berdampak signifikan terhadap imbal balik investasi. Dengan membangun strategi lebih awal, investor pemula dapat memasuki market dengan percaya diri.

Menyusun strategi sebelum investasi kripto

Investasi kripto terbilang masih baru dibeberapa kalangan. Bagi pemula, sangat dianjurkan melakukan riset lebih lanjut sebelum berinvestasi di mata uang kripto ini. Tujuannya adalah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena mengingat mata uang digital adalah salah satu aset yang memiliki volatilitas tinggi. Dengan persiapan-persiapan yang telah dijabarkan di atas, setidaknya mampu meminimalisir skenario terburuk saat berinvestasi kripto.

Selain untuk invesatasi jangka panjang, uang kripto juga bisa dijadikan sebagai investasi trading. Tertarik untuk trading kripto? Pastikan Anda memahami istilah-istilah unik yang sering muncul dalam trading kripto.