Strategi Digital Marketing Untuk UKM Pemula

Linlindua 31 Dec 2020 318
Dibaca Normal 15 Menit

Ada banyak sekali jenis digital marketing yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis UKM pemula. Beberapa di antaranya ialah melalui optimasi SEO, SEM, hingga Social Media Marketing.



Digital Marketing menjadi teknik pemasaran yang sangat diperhitungkan. Selain lebih cepat, cara ini juga lebih mudah dan mampu menjangkau lebih banyak customer. Apalagi bagi Anda yang masih berstatus UKM pemula dengan modal terbatas, strategi Digital Marketing sangat diperlukan untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara luas. Jika tidak, bukan tidak mungkin target pasar Anda akan dikuasai oleh kompetitor-kompetitor lainnya.

Tentu hal tersebut tidak Anda inginkan, bukan? Teknik marketing seperti ini merupakan salah satu strategi UKM pemula untuk tetap bertahan dan berkembang di dunia bisnis. Lalu, strategi Digital Marketing apa yang cocok untuk Anda? Simak terus ulasannya di bawah ini.

 

Menentukan Strategi Pemasaran Online Yang Tepat

Digital Marketing merupakan upaya untuk memasarkan produk yang memanfaatkan media digital dengan jaringan internet. Ada banyak keunggulan yang bisa diperoleh dari penerapan Digital Marketing jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, di antaranya menjangkau pasar lebih luas, biaya murah, dan memungkinkan komunikasi secara dua arah dengan calon konsumen.

Digital Marketing

Selain itu, alasan mengapa Anda harus melakukan Digital Marketing karena bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis, meningkatkan pendapatan, menjangkau target lebih spesifik, membantu membangun brand, dan dapat digunakan pada perangkat apapun. Jadi, UKM pemula sekalipun bisa menyesuaikan dengan kemampuan untuk melakukan Digital Marketing.

Ada beberapa macam strategi Digital Marketing yang bisa Anda terapkan, misalnya email bisnis, SEO, SEM, copywriting, Social Media Marketing, email marketing, Affiliate Marketing, website, bekerjasama dengan influencer, CTA, otomasi pemasaran, dan masih banyak lagi.

 

Apa Strategi Pemasaran Online Terbaik?

Jika melihat berbagai strategi pemasaran di atas, tentu ada banyak pilihan yang bisa Anda coba. Lalu, manakah strategi pemasaran online terbaik yang benar-benar efektif? Berikut beberapa pilihannya, kami ulas untuk Anda.



 

1. SEO (Search Engine Optimization)

Dalam upaya meningkatkan pemasaran produk terbaik, SEO adalah pilihan yang tepat. Dibandingkan metode pemasaran lainnya, Google telah menjadi salah satu sumber informasi utama bagi konsumen untuk mendapatkan produk incaran secara online. Riset pun membuktikan bahwa 81 persen konsumen melakukan pencarian terlebih dulu sebelum akhirnya membeli suatu produk.

strategi SEO

Dari ulasan di atas, Anda harus memastikan jika produk yang Anda jual -baik barang ataupun jasa- telah tersedia di Google. Caranya adalah:

  • Sebagai langkah pertama, buatlah website agar konsumen mudah menemukan produk Anda.
  • Upayakan website memuat berbagai informasi tentang produk yang Anda jual.
  • Selanjutnya, optimalkan website Anda dengan menerapkan SEO.

Namun, apa sih pentingnya SEO bagi sebuah website?

Adanya SEO memudahkan sebuah website ditemukan dalam laman pencarian Google berdasarkan teknik SEO yang tepat. Selain itu, perlu waktu yang tidak singkat untuk mendapatkan hasil SEO terbaik. Oleh karena itu, Anda harus ekstra sabar dan telaten dalam mengaplikasikan SEO.

Melalui SEO pula, pemasaran yang Anda lakukan bisa lebih tertarget. Jadi, konversi yang terjadi bisa lebih besar. SEO yang berhasil, akan membuat website Anda berada dalam pencarian teratas dan mendapatkan banyak pengunjung.

 

2. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan teknik SEO yang memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai halaman teratas, SEM atau Search Engine Marketing akan memunculkan website Anda pada halaman pertama pencarian Google dalam waktu cepat. Keduanya sama-sama strategi pemasaran untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dengan target pasar yang lebih spesifik dan relevan. Hanya saja, mengingat kampanye online melalui SEM jauh lebih singkat, biaya untuk menerapkan strategi ini juga lebih mahal.



 

3. Social Media Marketing

Sesuai namanya, Social Media Marketing merupakan salah satu strategi Digital Marketing yang memanfaatkan platform media sosial guna memasarkan produk Anda. Pertama-tama, lakukan riset untuk membandingkan performa beberapa platform sesuai bisnisnya. Sebagai contoh, sosial media di Indonesia yang digunakan oleh anak muda berusia 24-25 tahun adalah Facebook, dengan jumlah pengguna lebih dari 160 juta orang menurut WeAreSocial. Dari angka tersebut, 99% akses sosial media dapat dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi yang mobile friendly sehingga bisa diakses dengan mudah.

Facebook sebagai media promosi(Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Facebook)

Selain Facebook, beberapa sosial media lain seperti Instagram atau Twitter juga bisa digunakan untuk strategi marketing. Yang terpenting, pastikan supaya konten yang Anda berikan tepat sasaran terhadap target marketing yang diincar. Instagram sendiri memiliki beberapa fitur untuk marketing bisnis, diantaranya Instagram Tools dan Instagram Ads. Begitu pula dengan Facebook Ads yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Twitter Ads juga tidak kalah canggih; sudah lebih dari 50% brand mention berakhir dengan buying decision.

 

4. Affiliate Marketing

Mungkin Anda pernah melihat seorang artis, selebgram, atau bahkan youtuber terkenal memperkenalkan produk tertentu pada akun sosial medianya. Dapat dikatakan bahwa strategi tersebut termasuk Social Media Marketing. Akan tetapi, karena produk tersebut bukan miliknya, maka strategi ini disebut Affiliate Marketing.

Jadi, bila Anda ingin produk dikenal dan digunakan banyak orang, sebaiknya manfaatkan strategi ini dengan bekerja sama dengan influencer atau pebisnis lain. Katakanlah Anda bekerjasama dengan seorang youtuber. Nantinya, akan ada tautan atau URL pada description box Youtube, sehingga penggemarnya akan penasaran dan mengklik link tersebut. Apabila produk berhasil terjual, maka ada bagi hasil atau keuntungan sesuai kesepakatan sebelumnya.

Masih ada banyak strategi Digital Marketing lain yang bisa Anda upayakan seperti email marketing, whatsapp marketing, pay per click, dan sebagainya. Apapun itu, usahakan untuk disesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan target pasarnya.

email marketing(Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing)

 

Manfaat Digital Marketing Untuk UKM Pemula

Digital Marketing sangat memberikan banyak manfaat, terutama bagi pelaku bisnis UKM pemula. Pasalnya, selain mudah digunakan, ada strategi Digital Marketing yang gratis digunakan. Berikut kami jabarkan beberapa manfaatnya untuk Anda pahami.



 

1. 7 Hari 24 Jam Bekerja Untuk Anda

Pemasaran harus dilakukan secara ekstra. Pasalnya, langkah ini adalah tombak utama yang menentukan kesuksesan bisnis Anda. Anggap saja Anda membayar tenaga marketing sebesar Rp1.000.000 per bulan untuk 8 jam kerja per hari. Sementara dengan website sebagai strategi marketing, Anda bisa memiliki tenaga marketing dengan biaya lebih murah dan mampu bekerja selama 24 jam per hari. Belum lagi jika mengkombinasikan beberapa platform untuk memasarkan produk, tentu akan lebih banyak cara untuk pelanggan datang ke website Anda.

 

2. Menghemat Biaya Pengeluaran

Satu alasan terpenting mengapa Digital Marketing bermanfaat bagi pelaku bisnis UKM pemula adalah karena hemat biaya. Sebelum muncul teknologi, semua kegiatan pemasaran dilakukan secara konvensional seperti membuat brosur, spanduk, baliho, serta iklan di media massa atau televisi yang pastinya memerlukan banyak biaya.

Berbeda dengan sekarang ini, Anda hanya perlu memanfaatkan media digital. Cobalah memasarkan produk melalui aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lagi trend yaitu Tiktok. Namun, pastikan Anda membuat akun terlebih dulu ya.

Tiktok untuk bisnis(Baca Juga: Cara Memanfaatkan Tiktok Untuk Bisnis)

 

3. Kemudahan Menarik Calon Konsumen

Seperti yang telah diulas sebelumnya, mengincar target pasar yang tepat adalah keharusan yang harus dilakukan penjual. Pasalnya, apabila produk Anda diterima oleh calon pembeli yang tepat, bukan tidak mungkin mereka akan tertarik untuk langsung membelinya.



Tidak hanya itu, tambahkan beberapa macam promo menarik seperti diskon untuk pembelian pertama bagi pelanggan. Tampilkan pula foto dan video marketing dengan kualitas terbaik sehingga orang-orang tertarik untuk membeli. Meski harus berfokus pada calon pelanggan, jangan sampai komunikasi dengan pelanggan terdahulu diabaikan. Gunakan berbagai jenis media sosial untuk tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

 

4. Jangkauan Wilayah Lebih Luas

Setiap pelaku bisnis pasti ingin memiliki pasar yang selalu berkembang. Hal tersebut sangat mungkin terwujud melalui strategi Digital Marketing. Strategi ini mampu memperluas jangkauan pasar dari wilayah yang berbeda.

Lain halnya dengan pemasaran tradisional yang dibatasi oleh geografi. Maka dari itu, sangat penting untuk memanfaatkan strategi Digital Marketing untuk memasarkan produk secara global, terutama bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

 

5. Meningkatkan Penjualan

Apabila pasar semakin luas dan tersebar di berbagai wilayah, sudah pasti angka penjualan semakin meningkat. Dengan begitu, profit yang diperoleh juga bertambah. Proses ini semakin mudah mengingat Digital Marketing memungkinkan proses jual beli melalui ujung jari. Menurut pengalaman beberapa penjual yang memanfaatkan Digital Marketing, hasil penjualan meningkat hingga 2.8 kali lipat dari sebelumnya.

Penjualan meningkat

 

6. Melayani Secara Cepat

Hanya dengan sekali klik dari pembeli, maka penjual sudah dapat kode untuk melayaninya. Apalagi jika strategi ini dilengkapi dengan aplikasi khusus yang memudahkan penjual menemukan pembeli, seperti marketplace. Dengan demikian, kepercayaan antara penjual dan pembeli dapat terjalin. Apabila pembeli puas dengan pelayanan Anda, maka ulasan yang diberikan pun akan positif dan direkomendasikan pada orang lain.

 

Bagaimana Strategi Pemasaran Secara Online?

Jelas, jawabannya adalah semua orang dan semua bisnis. Coba perhatikan penjelasan mengenai bagaimana internet dapat membantu meningkatkan penjualan bagi pelaku bisnis sesuai bidangnya berikut ini.

 

1. Strategi Pemasaran Online Penjual Tas Kulit

Sebagai penjual tas kulit, Anda dapat menjual produk minimal 2x lipat dari biasanya apabila dipasarkan ke negara lain. Bagaimana caranya? Terlebih dulu, Anda harus memiliki website untuk memaparkan seperti apa produk Anda. Pastikan nomor kontak, formulir kontak, dan keranjang belanja dapat bekerja dengan baik, sehingga pembeli dapat segera melakukan transaksi bila tertarik.

Pun, manfaatkan berbagai media sosial seperti Facebook Ads untuk mengiklankan lebih luas ke jutaan orang yang suka tas kulit. Ingat, target pasar juga perlu dipertimbangkan sehingga usaha Anda tidak sia-sia. Jika sudah, bersiap-siaplah menerima orderan dari pelanggan. Pastikan untuk menggunakan fitur retargetting pada iklan supaya lebih efektif dalam jangka panjang.

 

2. Strategi Pemasaran Online Bagi Dokter

Bagi seorang dokter, umumnya rumah sakit adalah tempat bekerja yang tepat. Namun, jika ingin lebih mengoptimalkan kemampuan Anda, cobalah untuk membuka layanan online di website pribadi milik sendiri. Bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan ladang rezeki Anda?

Coba ketikkan salah satu kata yang berkaitan tentang medis, misalnya impoten. Melalui Google Keyword Planner, ternyata kata kunci tersebut beberapa kali dicari oleh orang-orang. Dalam sebulan, obat impoten mendapatkan 2,400 pencarian. Belum lagi dengan kata kunci lain yang saling berkaitan. Bisa dibayangkan bukan jika website Anda bisa dibaca oleh lebih dari 5,000 orang per bulan.

Selain berlatih melakukan content marketing, Anda juga bisa sekaligus membagikan pengetahuan terkait kesehatan pada orang lain. Agar lebih optimal, tawarkan tampilan mobile di website untuk kemudahan akses. Daftarkan pula website Anda di Google Place agar selalu direkomendasikan oleh mesin pencari.

Manfaat content marketing(Baca Juga: Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan)

 

3. Strategi Pemasaran Online Bagi Kontraktor

Seorang kontraktor harus benar-benar serius dalam melakukan marketing. Salah satunya ialah dengan membangun website. Website harus berisi identitas perusahaan seperti profil bisnis, proyek yang sedang dikerjakan, dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Selain website, manfaatkan metode marketing lain yang mendukung, seperti SEO dan iklan PPC layaknya Google AdWords yang efektif membuat website Anda di pencarian teratas.

 

4. Strategi Pemasaran Online Bagi Pemilik Restoran

Bisnis makanan sudah sangat menjamur akhir-akhir ini. Ada banyak orang menjual berbagai jenis olahan makanan baik secara online maupun offline. Lalu, bagaimana strategi marketing online bagi pemilik restoran?

Kini, restoran tidak hanya melayani pembelian makanan secara langsung. Adanya internet telah memudahkan pelanggan untuk memesan secara online dan diantar ke tempat tujuan. Untuk mendukung hal tersebut, pastikan untuk menampilkan menu dan foto makanan Anda secara profesional di website. Tambahkan beberapa promo menarik berupa diskon khusus bagi calon pelanggan yang mau menukarkan email dengan kupon diskon.

Tips Memulai Bisnis Kuliner(Baca Juga: Tips Pemasaran Online Bisnis Kuliner Paling Ampuh Saat Ini)

Yang terpenting lagi, pastikan website dan bisnis Anda sudah terverifikasi oleh Google Maps dan My Business ya. Bisa juga coba pasarkan restoran Anda di Google AdWords atau Facebook Ads. Dengan budget minimal Rp10,000, produk Anda sudah bisa dilihat oleh banyak orang. Di era yang serba digital saat ini, yakin tidak ingin mencobanya?

 

5. Strategi Pemasaran Online Bagi Pemilik LBB/Sekolah

Pernahkah Anda membayangkan memiliki suatu lembaga sekolah yang direkomendasikan oleh Google? Ya, hal tersebut bukan tidak mungkin berkat adanya strategi pemasaran online yang cocok. Caranya, buatlah website dan pastikan tampil di Google Places. Setelah itu, gunakan iklan di Facebook untuk menjangkau target terdekat di kota Anda.

Misalnya, Anda ingin membuka kursus mobil di Yogyakarta. Maka, buatlah website bisnis tentang kursus mobil yang ditargetkan pada orang-orang usia 18-30 tahun atau 31-45 tahun yang mungkin tertarik untuk belajar mobil. Selain itu, targetkan lokasi iklan berada di Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Apa Saja Strategi Digital Marketing Untuk UKM?

Strategi marketing yang baik akan memberikan hasil maksimal bahkan dengan biaya yang seminimal mungkin. Lalu, strategi Digital Marketing apa saja yang bisa dilakukan?

 

1. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap orang. Pasalnya, hampir setiap hari semua orang mengakses sosial media, mulai dari Facebook, Instagram, Whatsapp, TikTok, Twitter, dan masih banyak lagi. Tidak hanya untuk eksis, semua sosmed tersebut bisa digunakan untuk memasarkan berbagai produk/jasa. Tampilkan foto terbaik produk Anda dan bagikan pada target pasar yang benar-benar membutuhkannya. Jangan lupa, lampirkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Berbagai media sosial

 

2. Gunakan Teknik Email Marketing

Email marketing juga dikenal efektif untuk memperkenalkan sebuah produk pada orang lain. Agar lebih maksimal, kombinasikan pula dengan penggunaan website sebagai landing page serta marketplace untuk pemesanan produk.

 

3. Maksimalkan Penggunaan Website

Website menyimpan berbagai informasi penting terkait profil bisnis dan produk apa saja yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan untuk mendesain website semenarik mungkin dengan konten yang lengkap. Jangan lupa, daftarkan website pada Google AdWord agar diketahui oleh lebih banyak orang.

 

4. Menerapkan Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi untuk memasarkan produk, baik berupa artikel ataupun video. Tentu saja, konten artikel dan video tersebut harus berkualitas, informatif, serta bersifat membujuk, sehingga siapapun yang melihatnya akan merasa tertarik. Jika perlu, gunakan jasa fotografi profesional biar hasilnya lebih baik. Hindari informasi produk yang tidak sesuai karena akan menimbulkan kekecewaan pelanggan.

 

5. Optimasi SEO

SEO bertujuan untuk menjadikan website Anda berada di nomor teratas mesin pencari. Dengan demikian, siapapun yang mengetikkan kata kunci tertentu, Google akan merekomendasikan website Anda.

 

6. Pergunakan Ads (iklan)

Saat ini, Ads sudah bisa ditemukan di berbagai sosial media, mulai dari Facebook, Instagram, hingga TikTok. Tujuannya, tidak lain lagi supaya produk Anda diketahui banyak orang sehingga meningkatkan angka penjualan. Anda pun bisa menerapkan strategi ini untuk bisnis Anda.

Pasang iklan Instagram (Baca Juga: Cara Mudah Pasang Iklan Di Instagram)

 

7. Memakai Jasa Influencer

Tidak lengkap rasanya jika sosial media marketing tidak diikuti dengan strategi ini, yaitu jasa influencer. Tidak harus artis-artis dengan bayaran mahal. Pasalnya, Youtuber atau selebgram populer saat ini sudah cukup menjadi influencer bagi pengguna lain. Yang pasti, sesuaikan dengan target pasar Anda ya...

 

8. Dapatkan Kontak Calon Pelanggan Anda

Biasanya, seseorang tidak akan ragu memberikan kontak pribadi ketika berkaitan soal diskon. Nah, bagi Anda yang sedang merintis UKM, jangan ragu memberikan diskon pada calon pelanggan yang bersedia memberikan kontak. Hal tersebut sebagai imbalan atas informasi yang diberikan. Kontak tersebut nantinya akan dijadikan target pasar pada marketing selanjutnya.

 

9. Pantau Perkembangan Pasar Dan Produk Kompetitor

Sebagai pebisnis, Anda tidak boleh langsung puas atas pencapaian saat ini. Selalu pantau perkembangan pasar dan pesaing bisnis Anda. Lakukan inovasi pula supaya pelanggan Anda tidak bosan dan pergi ke tempat lain. Jangan lupa, berikan promo menarik secara berkala agar pelanggan rutin membeli.

 

10. Terus Melakukan Inovasi Untuk Mendongkrak Omset

Inovasi bisnis sangat diperlukan supaya produk Anda tidak terkesan itu-itu saja oleh pelanggan. Misalnya, tawarkan produk baru setiap dua bulan sekali atau diskon untuk produk-produk tertentu.

 

Kesimpulan

Tunggu apa lagi? Jika Anda ingin mendapatkan omzet melimpah, mulailah berbisnis sekarang juga. Jika sudah memulainya, kembangkan menjadi lebih maju. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menerapkan berbagai strategi Digital Marketing di atas.

Tidak cukup hanya dengan sosial media marketing, terapkan pula strategi lain seperti memakai jasa influencer, Ads, SEO, SEM, email marketing, website, hingga analisa pasar dan pesaing. Usaha-usaha tersebut harus dilakukan konsisten supaya membuahkah hasil setimpal.

Tenang saja, ada banyak manfaat yang akan Anda manfaatkan bila strategi Digital Marketing berhasil seperti omzet penjualan meningkat, jangkauan pasar meluas, hemat biaya, dan pelayanan lebih cepat. Akhir kata, selalu pantau perkembangan bisnis Anda supaya selaras dengan perkembangan jaman terkini ya! Yuk, mulai berbisnis sekarang juga dan semoga berhasil!

Forum

Hizkia (05 Sep 2019)

1. Saya mau nanya bagaimana caranya atau analisa yang digunakan dalam menentukan posisi supply and demand pada saat trading? 2. Apakah posisi supply and demand akan terus sama dari waktu ke waktu atau ada kemungkinan posisi tersebut berubah-ubah?

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   91  
Setting BB Untuk Scalping

untuk scalping setingan bbnya gmn..??terima kasih

Kiyenk Gombong 28 Nov 2012

Reply:

Basir (28 Nov 2012 08:51)

Untuk Scaping bisa menggunakan TF 15.

bisa di coba :

untuk  TF 15

 width=441

atau bisa mencoba dengan setingan

Bollinger Bands period 50 deviation 2 (yellow)
Bollinger Bands period 50 deviation 3 (blue)
Bollinger Bands period 50 deviation 4 (red)
RSI 8 (horizontal lines on 30 & 70)
Full Stochastics 14,3,3 (horizontal lines on 20 & 80)

Time Frame: 5M, 1M ( EUR/USD )

Thanks

M Singgih (21 Oct 2019 12:41)

@ Kiyenk Gombong:

Untuk scalping maupun trading jangka panjang, setting parameter indikator Bollinger Bands yang dianjurkan pada semua time frame adalah default, yaitu Periode = 20, Deviation = 2 dan Apply to Close (pada harga penutupan terakhir).

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membaca halaman artikel berikut:
  • Strategi Trading Double Bollinger Bands
  • Cara Menggunakan Indikator Bollinger Bands

Terima kasih.

Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Melati   9 Apr 2021   54  
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Linlindua   31 Mar 2021   383  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   125  
Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   175  
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   108  
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Anna   30 Mar 2021   102  
Cara Trading Tanpa Indikator Untuk Profit Maksimal
Cara Trading Tanpa Indikator Untuk Profit Maksimal
Linlindua   29 Mar 2021   339