Strategi Investasi George Soros VS Warren Buffett, Mana Yang Terbaik?

Wahyudi 25 Jun 2020 189

Tidak ada yang tidak mengenal dua sosok investor paling sukses di muka bumi ini, yaitu George Soros dan Warren Buffet. Meskipun Soros dan Buffett sama-sama sukses dalam dunia investasi, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar dalam strategi investasinya. Mana yang lebih baik antara strategi Soros dan Warren Buffett? Mari kita ulas bersama.

strategi trading buffett soros

 

Strategi Investasi George Soros

George Soros merupakan investor yang memiliki insting kuat dalam melakukan kalkulasi dunia investasi. Bahkan ada yang menggosipkan bahwa Soros bisa memprediksi masa depan. Pada dasarnya, strategi investasi yang dilakukan Soros adalah memanfaatkan fluktuasi jangka pendek dalam pasar modal.

Apa yang dilakukan Soros ini bisa jadi merupakan teknik investasi spekulatif, dimana ia menggunakan gosip dan trend untuk memprediksi apakah investasinya bisa mendatangkan keuntungan atau tidak. Strategi bisnis ini sangat berlawanan dengan analisa fundamental dan sangat berbahaya dilakukan bagi orang tanpa pengalaman.

strategi trading soros

(Baca Juga: Biografi George Soros Dan Teori Refleksifnya)

 

Soros sangat pandai dalam memprediksi masa depan suatu perusahan atau produk sehingga ia dengan mudah mengambil keuntungan dari kenaikan tren sebuah perusahaan. Strategi spekulan seperti ini akan sering anda temui digunakan oleh pebisnis yang sudah berumur dan meraih puncak kesuksesannya.

 

Strategi Investasi Warren Buffett

Seperti Soros, Warren Buffett juga terkenal sebagai seorang investor lihai yang tidak pernah luput hasil prediksinya. Yang membedakan Warren Buffett dan Soros dalam melakukan analisa pasar adalah: Warren Buffett merupakan seorang fundamentalis kelas berat. Tak pernah ia melakukan spekulasi tanpa ada dasar intrinsik yang melandasinya.

Warren Buffett lebih menekankan aspek fundamental seperti background bisnis, model bisnis, faktor pemerintahan dan lainnya. Tanpa ada landasan yang kuat, Buffett tidak akan mengeksekusi langkah bisnisnya. Selama ini ia bisa menjadi investor tersukses dengan dasar fundamental yang kuat dan tak pernah tergiur dengan aspek spekulan seperti Soros.

strategi trading buffett

(Baca Juga: 9 Buku Rekomendasi Untuk Investor Pemula)

Dalam kacamata bisnis strategi yang dilakukan Buffett ini adalah permainan aman dimana ia mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga saham jangka panjang, dan juga komisi yang didapatkan dari hasil investasi dalam sebuah perusahaan. Buffett bergerak dengan aman saking amannya selama hidupnya sangat jarang sekali ia salah melakukan investasi.

 

Mana Yang Lebih Baik?

Jika harus menilai strategi mana yang lebih baik tentu saja jawabannya akan sangat relatif sekali. Kedua strategi baik dari Buffett atau Soros memiliki keunggulan dalam masing-masing aspek. Namun jika pengalaman orang yang akan menirunya dijadikan acuan, maka atas dasar ini akan lebih mudah menentukan mana yang lebih baik.

Jika seseorang masih awam dan baru memulai terjun dalam dunia investasi maka strategi investasi Warren Buffet yang terbaik. Karena dengan menjadi fundamentalis akan melatih kebiasaan investor untuk selalu teliti dalam menganalisa pasar bisnis mana yang akan diinvestasikan untuk kedepannya.

Berbagai macam langkah penelitian jangka panjang juga akan dilakukan untuk menjauhkan investor dari kesalahan investasi yang tentu saja berakibat pada kerugian. Fundamentalis adalah sebuah strategi yang cocok untuk pemula karena jika diaplikasikan dengan tepat akan membawa keuntungan yang stabil dalam jangka panjang.

Jika anda adalah orang yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi tentunya anda sudah memiliki insting tersendiri untuk melihat sebuah pasar. Strategi spekulan seperti yang dilakukan Soros akan memberikan anda keuntungan tersendiri karena anda biasanya yang menjadi paling awal dalam menginvestasikan dana Anda.

 

Bahkan bagi yang sudah lama bermain dalam dunia investasi memang tak semuanya memiliki insting tepat. Strategi fundamental dan teknikal juga perlu dilakukan untuk mengimbangi sebuah insting. Apakah insting tersebut sekedar nafsu belaka, atau memang memiliki landasan empiris yang membuatnya tepat untuk diikuti.

Kirim Komentar/Reply Baru
Advertisement


Febrian Surya 174
Forex  
Cara menghitung elliot wave dan fibonacci
Cara hitung Eliot Wave dan Fibonaci gmn pak ?

Yosi 29 Jul 2016

Reply:
Wahyudi 329