Strategi Trading Emas dengan Bantuan Price Action


Linlindua 28 Jul 2021 303Dibaca Normal 7 Menit

Strategi trading emas bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk lewat metode price action. Berikut ini tips trading emas dengan price action.

Emas sudah menjadi mata uang universal yang bernilai di manapun. Dalam situasi perekonomian global belakangan ini, para investor berlomba memburu emas (XAU/USD). Minat tersebut menyebabkan harga emas meroket sejak tahun 2009 lalu, seperti yang bisa Anda cek pada grafik perkembangan harga emas. Memangnya, apa yang membuat emas begitu menarik di mata investor?

 

Alasan Harus Berinvestasi Emas

Emas menjadi sasaran investor untuk mendulang banyak profit. Hal ini berawal dari hilangnya kepercayaan investor terhadap pemerintahan beberapa negara maju yang berhutang melebihi kemampuan untuk membayarnya.

Contohnya, Euro yang beberapa tahun lalu sempat dilirik sebagai safe haven baru, nyatanya bermasalah dengan utang negara-negara anggotanya yang tak kunjung usai.

Akibatnya, banyak yang beralih ke investasi emas. Menurut pendapat seorang analis bernama Nic Brown, korelasi antara harga emas dengan US Dollar selalu negatif. Artinya, apabila nilai emas naik, maka nilai Dolar akan turun. Begitu pula jika sebaliknya.

Gejolak pasar juga biasanya membuat para pelaku pasar beralih ke emas. Ketika pasar dipenuhi ketidakpastian, harga saham-saham biasanya akan jatuh sementara emas justru menguat. Kondisi ini biasa disebut sebagai risk aversion atau situasi di mana para pelaku pasar cenderung menghindari aset berisiko tinggi.

 

Manfaat Bantuan Price Action dalam Trading Emas

Price action telah lama menjadi metode yang begitu familiar di forex. Metode ini sangat mengandalkan pengamatan trader terhadap momen terbentuknya formasi bar pada kondisi pasar tertentu. Lalu bagaimana dengan penerapannya dalam trading emas?

Strategi trading emas dengan price action mengandalkan kemampuan membaca pergerakan harga pasar apa adanya, tanpa bantuan dari indikator. Intinya, metode ini memerlukan pengamatan yang teliti pada formasi bar atau setup action pergerakan harga emas, sehingga Anda memperoleh sinyal-sinyal trading yang cukup akurat. Nah, untuk memudahkan pembahasan, penulis berikan contohnya melalui grafik harga di bawah ini.

Strategi Trading Emas

Pada chart di atas, terlihat bahwa selama beberapa hari hingga beberapa minggu, terbentuk price action yang akurat secara berturut-turut. Sinyal untuk entry dengan akurasi tinggi, terlihat jelas melalui chart di atas. Apabila dikombinasikan dengan money management yang baik, pasti akan sangat menguntungkan.



Baca juga: Contoh Money Management (MM) Yang Baik

Chart di atas tidak menerapkan satu pun indikator. Jadi apabila Anda masih bingung dalam memilih indikator terbaik, maka tak perlu pusing lagi setelah menguasai strategi trading emas dengan price action. Pasalnya, Anda tak perlu bergantung pada sinyal indikator untuk menentukan titik entry dan exit.

 

Kiat Penting Seputar Trading Dengan Price Action

Saat hendak memulai strategi trading emas dengan price action, Anda harus benar-benar paham tentang dasarnya. Kali ini, penulis akan memberikan pencerahan terkait dasar strategi trading emas dengan price action versi Galen Wood.

Siapakah Galen? Galen Wood bukanlah trader biasa, melainkan seseorang yang sudah menikmati pahit manis dunia trading selama kurang lebih 10 tahun. Berawal dari kehadirannya di seminar mengenai trading option, ia mulai belajar dan mengeksplorasi berbagai strategi trading yang sesuai gayanya.

Setelah belajar selama bertahun-tahun, ia memantapkan pilihannya pada metode Price Action. Menurut Galen Wood, tidak ada cara trading yang paling menguntungkan. Ia juga berpendapat bahwa seorang trader hanya perlu menemukan metode trading yang masuk akal dan bekerja baik selama trading.

Yuk, langsung simak! 

 

1. Esensi Price Action

Dalam trading, price movement atau pergerakan harga pasti terjadi dan terus berubah. Galen berpendapat bahwa metode price action merupakan studi pergerakan harga untuk mengetahui apa yang telah, sedang, dan akan terjadi di pasar.



Seseorang yang menganut metode price action tidak bergantung pada indikator teknikal. Beberapa alat bantu yang digunakan mungkin hanya terbatas pada Moving Average dan garis-garis level Fibonacci Retracement.

Strategi trading emas dengan price action

Pada praktiknya, trader dengan metode price action akan melakukan entry dan exit berdasarkan perubahan formasi bar candlestick. Inilah dasar yang perlu Anda pahami terlebih dulu. 

 

2. Manfaat Price Action

Metode ini cukup ampuh untuk memahami bagaimana sentimen pasar saat ini. Sebagai trader, pemahaman terkait sentimen pasar ini sangat berpengaruh dalam menentukan titik entry dan exit dengan tepat. Tanpanya, maka bayangkan saja seperti Anda mengendarai mobil sambil menutup mata.

Terlepas dari manfaat itu, Galen menekanan bahwa metode ini tidak sesederhana kelihatannya. Bagaimanapun juga, Anda tetap harus berlatih, belajar, riset, dan siap menerima risiko trading emas dengan price action.

 

3. Time Frame Paling Cocok untuk Price Action

Tidak ada satupun Time Frame yang menjamin hasil bagus. Namun, Galen memberikan beberapa pertimbangan menentukan Time Frame terbaik dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

  • Berapa banyak risiko yang siap Anda ambil?
  • Berapa banyak waktu bisa Anda luangkan untuk trading?
  • Seberapa cepat analisa price action Anda?
  • Seberapa volatile dan likuid pasar trading Anda?
  • Bagaimana cara trading Anda?

Galen menekankan bahwa tidak ada benar salah tentang Time Frame. Hal yang terpenting pada poin ini adalah memilih Time Frame yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika perlu, terapkan Time Frame berbeda, lalu lakukan evaluasi untuk mengukur keefektifannya.  

Baca juga: 5 Mitos Trading Dengan Time Frame Harian

 

4. Trading dengan Indikator vs Price Action

Pemikiran semacam ini harus Anda buang jauh-jauh karena keduanya sangat penting untuk trading. Kalaupun Anda tidak bisa memilih salah satu, sebaiknya eksplorasi keduanya secara langsung. Lalu, putuskan sendiri manakah opsi yang paling cocok dengan gaya trading Anda. Penggunaan trik price action yang dibarengi indikator teknikal bisa menjadi konfirmasi sinyal yang lebih menjanjikan. 

 

5. Price Action Sebagai Analisa Teknikal

Analisa teknikal merupakan proses pengumpulan data-data pada pasar seperti harga, volume, hingga waktu. Karena price action fokus pada pergerakan harga dan waktu, maka metode ini dapat dikatakan sebagai analisa teknikal. 

 

6. Price Action merupakan Strategi Terbaik?

Sangat sulit menentukan strategi trading mana yang terbaik karena ini merupakan hal yang relatif. Metode ini memang terbaik bagi Galen, namun belum tentu demikian saat diterapkan oleh orang lain. Menurut Galen, strategi price action terbaik adalah keterampilan dan pengalaman trader untuk mengembangkan dana menjadi laba. Sementara bagi pemula, ilmu dasar metode ini adalah bagaimana cara mengendalikan risiko dan mengembangkan pemahaman mengenai trading.  

Baca juga: 4 Trik Trading Dengan Price Action Paling Ampuh

 

7. Price Action untuk Scalping

Seperti halnya trading dengan indikator, tidak bisa mengatakan bahwa metode ini lebih baik atau lebih buruk bagi scalper. Namun, Galen berpendapat bahwa metode ini memiliki keuntungan yang signifikan untuk menganalisa pola pergerakan harga secara langsung, tanpa menanti sinyal indikator. Bagi scalper, tentunya ini sangat mendukung eksekusi trading yang lebih cepat. 

 

8. Referensi yang Bagus untuk Belajar Price Action

Sangat sulit menentukan sumber referensi yang bagus di internet. Namun, Anda bisa mencari rubrik artikel khusus yang menyediakan puluhan tulisan tentang Price Action. Galen sendiri merekomendasikan situs belajar trading seperti ThePatternSite[dot]com atau TradingSetupReview[dot]com. 

Galen mengakui lebih menyukai membaca buku atau situs edukasi tentang trading untuk belajar mengenai dasar price action. Namun, banyak trader menganggap membaca tidak cukup tanpa menonton video. Padahal, membaca akan memperkuat analisa dan mengambil keputusan sebelum trading. Bagaimana dengan Anda?

Sebagian besar informasi yang Anda peroleh melalui website atau internet hanyalah sekedar pengenalan atau permukaannya saja. Jika ingin mengetahui metode Price Action lebih detail, bacalah e-book atau buku-buku yang memang membahas metode ini secara spesifik.

Salah satu Ebook yang bisa Anda baca adalah Japanese Candlestick Charting Techniques. Alternatifnya, Anda juga bisa mengikuti kursus trading untuk mempertajam analisa pasar. Namun, pastikan untuk benar-benar serius dan aktif karena kursus ini cukup menyita biaya, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit.

 

Kesimpulan

Sangat penting mempelajari dasar strategi trading emas dengan price action, terutama bagi pemula. Anda bisa mengawalinya dengan memahami kiat-kiat di atas.

Utamakan mindset bahwa tidak ada satu pun metode trading yang akan menjamin kesuksesan 100%. Sekali lagi, penentu sukses atau tidak metode itu ada pada diri Anda sendiri. Selagi memiliki pemahaman trading yang baik, Anda pasti mampu menentukan posisi entry yang tepat berdasarkan kondisi pasar.

 

Investasi emas online sering disebut lebih menguntungkan dari pada investasi emas fisik. Informasi lengkap investasi emas online dapat dibaca di sini.

Advertisement


Kemarin1818.50
Minggu Lalu1821.40
1 Bulan Lalu1811.70
2 Bulan Lalu1809.10
3 Bulan Lalu1796.30
6 Bulan Lalu1803.95
Setahun Lalu1854.00
Advertisement

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros
Kirim Komentar/Reply Baru
Tips Jitu Trading Emas Ala Trader Profesional
Tips Jitu Trading Emas Ala Trader Profesional
Finex   23 Jul 2021   291  
Langkah Untuk Trading Emas Modal Kecil
Langkah Untuk Trading Emas Modal Kecil
SAM   16 Jun 2017   17532  
5 Keuntungan Trading Emas Online Di Broker Forex
5 Keuntungan Trading Emas Online Di Broker Forex
Wiji Purnama   8 May 2017   3404  
Pengaruh Harga Minyak Terhadap Harga Emas
Pengaruh Harga Minyak Terhadap Harga Emas
SAM   23 Apr 2013   14305