Tarik Rupiah dari Triv Kini Bisa Langsung ke DANA

Crypholic 20 Sep 2022
Dibaca Normal 2 Menit
kripto > berita >   #rupiah   #triv
Selain jual beli kripto, pengguna DANA yang trading kripto di exchange Triv kini juga bisa mengakses fasilitas penarikan Rupiah.

Keberadaan dompet elektronik (e-wallet) di era digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi, baik yang bersifat fisik maupun virtual. Sebagai salah satu exchange kripto terpercaya di Indonesia, Triv tak ketinggalan bekerjasama dengan dompet digital agar transaksi jual beli Bitcoin semakin mudah dan lancar.

Setelah mengumumkan kerjasama perdana dengan DANA pada 2019 silam, Triv baru-baru ini mengkonfirmasi jika pengguna dapat menarik Rupiah secara langsung ke akun DANA.

Penarikan Rupiah Triv ke DANA

 

Mengapa DANA?

DANA adalah dompet digital yang sudah berkiprah sejak 2018. Popularitas layanan ini bahkan bisa bersaing dengan dompet digital populer di Indonesia seperti GoPay dan OVO. Saat ini, pengguna DANA sudah mencapai jutaan orang, dan sebagian besar di antaranya adalah kaum muda yang merupakan demografi terbanyak untuk investor dan trader kripto.

"Kami selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna. Fitur baru ini pula kami hadirkan untuk menjamin kepuasan dan kenyamanan kepada pengguna saat bertransaksi di Triv," kata Gabriel Rey, CEO Triv, saat pertama kali mengumumkan kolaborasi dengan DANA.

Menurut Rey, penggunaan dompet elektronik DANA diharapkan dapat mempermudah akses jual beli kripto untuk pengguna yang selama ini terkendala oleh proses transaksi yang rumit. Tidak hanya Bitcoin, Ether (ETH), Ripple (XRP), Stellar Lumens (XLM), dan beberapa aset kripto lainnya juga bisa ditransaksikan di Triv oleh pengguna DANA.

 

Penarikan Langsung ke Dompet Digital DANA

Lebih dari sekedar metode pembayaran untuk jual beli kripto, Triv kini juga membuka fasilitas penarikan Rupiah ke akun DANA secara langsung. Dengan demikian, pengguna Triv yang ingin mengkonversi balance di exchange menjadi saldo DANA dapat memproses transaksi tanpa harus mengirimkan Rupiah ke rekening bank terlebih dulu.

Baca juga: Review Exchange Kripto Triv

Untuk urusan keamanan, Triv sudah mendapatkan sertifikasi ISO27001 dan CISA yang memastikan penggunaan teknologi kemanan paling mutakhir. Exchange ini juga sudah teregulasi Bappebti sehingga legalitasnya terjamin. Oleh karena itu, pengguna DANA tidak perlu khawatir selama melakukan jual beli aset kripto ataupun memproses penarikan dari Triv.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Muliadi |  9 Jun 2015

Brapakah nilai rupiah bila saya menukarkan uang koin 500 won.

Lihat Reply [22]

Dalam hal ini perlu diperjelas dulu tentang tahun penerbitan dari uang Won Korea Utara yang akan Anda tukarkan. Jika Won Korea Utara tersebut adalah keluaran tahun 2006, maka uang tersebut tidak bisa ditukarkan ke Rupiah karena Korea Utara melakukan revaluasi mata uang di tahun 2009, dan semua uang yang diterbitkan sebelumnya sudah tidak berlaku lagi sejak November 2009.

Namun apabila Won Korea Utara Anda merupakan keluaran tahun 2009, maka penukaran mata uang tentu saja dilakukan via money changer; Anda cukup membawa uang itu ke money changer terdekat. Namun, penukaran yang banyak di Indonesia adalah untuk Won Korea Selatan, bukan Won Korea Utara. Jadi, Anda pasti akan kesulitan menemukan money changer yang menerima mata uang Korea Utara, apalagi Indonesia nyaris tidak punya hubungan dagang dengan negara tersebut. Anda bisa saja menanyakan ke money changer terdekat satu persatu kalau mereka mau menerima penukaran Won Korea Utara, tetapi kalaupun ada yang mau menerima, rate-nya juga kemungkinan akan rendah sekali.

Admin   27 Jul 2015

Bisa tukar dimana ya kalo di jkt? Makasih

Lenny   4 Sep 2017

Untuk penukaran Won Korea Selatan bisa dilakukan di money changer terdekat. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih salah satu direktori money changer berikut.

Admin   4 Sep 2017

Kalo korea utara?bisa tukar dimana?trimakasih

Lenny   10 Sep 2017

Kami tidak memiliki informasi lengkap mengenai penukaran Won Korea Utara. Meski masih berlaku, penukarannya di Indonesia mustahil dilakukan karena Won Korea Utara dianggap tidak berharga dan tidak dipakai dalam perdagangan internasional. Di negaranya saja mata uang ini kadang tidak diterima, dan sebagai gantinya banyak yang menggunakan Yuan (China). Solusinya, Anda bisa jual ke kolektor mata uang yang bersedia membelinya.

Admin   11 Sep 2017
Kalau korea selatan ditukarkan ke bank kira bisa gak ya?
Erika   1 May 2018

Coba tuker ke money changer aja bung

Gonzales   2 May 2018

kalo uang 50.000 won korea selatan tahun lama masih berlaku ga yah?

Kalo di pangkalpinang penukaran nya dimana?

Gress   3 Jul 2019

Mas @Gress, silahkan datang ke Money Changer atau bank terdekat untuk coba menukarkannya. Apabila Money Changer atau bank tak mau menerima karena termasuk keluaran lama, maka ada baiknya Anda bawa langsung untuk ditukar di negara asalnya atau dititipkan pada orang yang akan kesana.

Rizal   4 Jul 2019

Uang korea selatan 1000won keluaran tahun 2007 masih berlaku gak ya?

Sarah   19 Aug 2019

kalo won korea utara 200 won. masih berlaku gak di money changer indonesia

Fendy   25 Aug 2019

Aku jg ada uang korut pecahan 5000an sktar 250jtaan..tolong bantu menukarkan dong.

Ali   25 Aug 2019

Mbak @Sarah, Mas @Fendy, dan Mas @Ali

Sebagaimana jawaban kami sebelumnya, Anda bisa datang ke Money Changer atau bank terdekat untuk coba menukarkannya. Apabila Money Changer atau bank tak mau menerima karena termasuk keluaran lama, maka ada baiknya Anda bawa langsung untuk ditukar di negara asalnya atau dititipkan pada orang yang akan kesana.

Semoga membantu.

Admin   4 Sep 2019

D 5 money changer uang ini tidak berlaku...kenapa ya ?

Lies   19 Sep 2019

Apakah uang Won Korea Utara Anda keluaran tahun 2006? Jika ya, uang tersebut tidak bisa ditukarkan ke Rupiah karena Korea Utara melakukan revaluasi mata uang di tahun 2009, dan semua uang yang diterbitkan sebelumnya sudah tidak berlaku lagi sejak November 2009.

Sebagai alternatif, Anda bisa menukarkannya di bank sentral negara asal dengan mata uang yang sama tetapi terbitan lebih baru, baru kemudian ditukar ke Rupiah.

Apabila di negara aslinya pun sudah tidak diterima lagi, maka Anda lebih baik mencari kolektor yang mau membeli uang kuno apabila ada nilai koleksinya. Tentu saja Anda tidak bisa mendapatkan nilai tukar sesuai kurs, karena statusnya sudah bukan sebagai mata uang lagi, melainkan barang koleksi. Jika nilai koleksinya pun tidak ada, maka dengan sangat disayangkan, uang asing lama itu sudah tidak ada harganya sama sekali.

Semoga membantu.

Admin   4 Oct 2019

Padahal nilai won Korea Utara (KPW) lebih tinggi dari won Korea Selatan (KRW). Ternyata tidak berharga dan tidak digunakan di perdagangan internasional

Novan   14 Oct 2019
Yah.. Berarti Won Korut 2006 sudah g laku ya
Buchyar Syam   1 Apr 2020

Jika yang Anda maksudkan adalah 500 Won Korea Selatan, maka Anda bisa mengunjungi halaman ini: Kalkulator Mata Uang untuk mendapatkan perhitungan yang sesuai dengan nilai tukar KRW/IDR terkini. Namun meskipun bisa ditukar dengan Rupiah, tetapi penukaran mungkin akan sulit karena jarang sekali money changer yang bersedia menukar koin.

Admin   10 Jun 2015

Sy bisa Bantu dapatkan buyernya

Posisi dimn?

Burhan   13 May 2022

Apakah pecahan mata uang 5000 won korut msih bisa dituker rupiah?

Prayitno   18 Jul 2015

Koin 500 tahun 2001 bisa di tukarkan kah dan brpa Rp min?

 

Hamba Allah   19 Jul 2022

Apakah maksud Anda koin 500 won Korea Selatan keluaran tahun 2001? 

Koin ini masih berlaku sampai sekarang. Akan tetapi, jarang sekali money changer yang bersedia menukar uang koin di Indonesia.

Lalu, apa yang bisa dilakukan? Ada beberapa opsi:

  • Tukarkan dengan teman yang membutuhkan.
  • Jadikan barang koleksi.
  • Tukarkan atau gunakan langsung di negara asal jika Anda pergi ke sana lagi.
Aisha   20 Jul 2022
 Jajang |  21 Nov 2018

 1 real Saudi berapa ribu uang Indonesia

Lihat Reply [3]

Untuk Jajang,

Silahkan kunjungi kalkulator kurs untuk menghitung nilai tukarnya berdasarkan kurs terkini.

Untuk saat ini, 1 Real arab saudi = Rp. 3.884,88

Terima kasih.

Basir   23 Nov 2018
Makasih
Jajang   14 Feb 2020

Saya ada Mata uang jadul (Peru)..100 ribu.

Kira-kira masih bisa di tukar gak yah?

Mohon pencerahan

Appy   13 Jun 2021
 Ambar |  3 Dec 2018

selamat siang min, saya ambar mau tanya berhubungan stress test sebaiknya metode apa yang cocok untuk stress test tekanan nilai rupiah thdp USD ?

Lihat Reply [6]

@ Ambar:

Mengenai hal ini, kami sarankan sebaiknya Anda berhubungan dengan bank-bank besar yang secara berkala melakukan stress test atau test tekanan terhadap Rupiah setiap kali nilai tukarnya melemah (terutama terhadap USD) sampai pada level tertentu. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang meminta kepada kalangan perbankan untuk melakukan stress test secara berkala.

Atau mungkin ada diantara pembaca yang bisa membantu memberikan contoh metode atau cara melakukan stress test terhadap portofolio investasi. Kami sebagai trader selama ini tidak pernah melakukan stress test terhadap posisi trading.

M Singgih   4 Dec 2018

Apakah Ada Yang Tahu Ini Kenapa?

Kenapa di tanggal 29 Oktober 2010, kurs usd idr sempat menyentuh harga Rp889.90 per 1 dolar? Ada apa ya? Saya cari cari di google gak ada berita apa apa.

Jerry Septian   5 Jul 2022

Apa yang Anda lihat itu paling-paling hanyalah kesalahan teknis dalam tampilan grafik Google. Perlu diketahui bahwa informasi yang disediakan oleh Google bersumber dari algoritma yang rentan error. 

Apabila kita menengok grafik dari penyedia data forex tulen, kita dapat menyaksikan bahwa USD IDR tidak pernah menyentuh 889.90 pada 29 Oktober 2010. Coba lihat grafik di bawah ini yang diambil dari TradingView, salah satu provider data dan harga pasar keuangan paling terpercaya di dunia:

USDIDR

Terlihat bahwa USD IDR sepanjang tahun 2010 bahkan tidak pernah turun ke bawah ambang Rp8800.

Aisha   8 Jul 2022

Stress test dalam dunia usaha biasanya dilaksanakan oleh perbankan. Definisi strees test perbankan itu sendiri adalah analisis untuk menentukan apakah suatu bank memiliki modal yang cukup untuk bertahan di tengah situasi krisis.

Nah, stress test tekanan rupiah terhadap USD merupakan analisis yang dilakukan oleh Bank Indonesia, OJK, atau otoritas pemerintah lain untuk mengukur ketahanan perbankan Indonesia dalam situasi kurs melemah/menguat secara signifikan. Dari tes itu, mereka akan bisa menyimpulkan sampai kurs berapa kah perbankan bisa bertahan?

Nah, sekarang kembali ke pertanyaan Anda: metode apa yang cocok untuk stress tes tekanan nilai rupiah terhadap USD?

Stress test itu sendiri adalah suatu metode analisis. Bagaimana rincian metodenya? Yang mengetahui adalah para pengambil kebijakan di perbankan, BI, OJK, dll yang memiliki informasi lengkap mengenai kondisi keuangan dan sistem perbankan kita. Ini bukan suatu metode yang dapat dilaksanakan oleh orang awam atau orang luar.

Aisha   8 Jul 2022

Banyak netizen yang ngeluh kalau kurs rupiah jelek itu karena presiden atau pemerintah yang salah. Apakah itu benar?

Andi   9 Jul 2022

@ Andi:

Menurut saya tidak benar. Rupiah saat ini melemah karena trend US Dollar sedang bullish dengan kuat. Jika diperhatikan, hampir semua mata uang negara-negara di dunia melemah versus USD, baik mata uang utama maupun mata uang negara-negara berkembang. Menuru analis, pelemahan mata uang Rupiah saat ini masih dalam batas yang wajar.

M Singgih   12 Jul 2022
 Merdiana Sisca |  27 Apr 2022

Ada kabar bahwa BI akan menerbitkan rupiah digital. 
Rupiah digital di sini itu seperti apa ya? mohon penjelasannya. Trm ksh

Lihat Reply [11]

@Merdiana Sisca:

Betul sekali bu. BI saat ini sedang dalam tahap finalisasi perancangan dan pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC) dengan nama Rupiah Digital. Mengenai seperti apanya kurang lebihnya hampir sama dengan mata uang kripto karena dibangun di atas landasan teknologi Blockchain. Perbedaannya kalau kripto sifatnya terdesentralisasi atau tidak ada pusatnya, Rupiah Digital nanti akan terpusat dan jumlah peredarannya diatur penuh oleh BI.

Mengenai contohnya sudah sering ibu gunakan sehari-hari kok, seperti GoPay, Ovo, Dana, bahkan saldo rekening tabungan. Hanya saja Rupiah Digital yang kita gunakan sekarang ini masih di Backup dengan jumlah uang kertas yang beredar atau bisa dibilang jumlahnya sama atau tidak akan lebih dengan uang yang diterbitkan oleh BI. Untuk yang CBDC nanti kabarnya sih sudah tidak akan di Backup oleh uang kertas lagi, atau memang bentuknya sudah digital saat diterbitkan.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Nur Salim   28 Apr 2022

rupiah digital ini, digunakan utk pembayaran saja atau bisa utk trading seperti kripto ya pak? Terima kasih

Merdiana Sisca   29 Apr 2022

apa yang melandasi diterbitkannnya rupiah digital ini ya master?

Slamet Suseno   29 Apr 2022

@Merdiana Sisca:

Kalau untuk Rupiah Digitalnya sendiri tentu saja untuk pembayaran saja bu fungsinya. Hanya saja sama seperti instrumen-instrumen ataupun aset lain, value yang dimiliki oleh Rupiah Digital kemungkinan besar juga bisa digunakan untuk diperdagangkan sesama CBDC bahkan CryptoCurrency. Prinsipnya sama dengan BTC/USD contohnya dimana valuasi nilai BTC pada instrumen tersebut dibandingkan dengan nilai US Dollar. 

Nur Salim   30 Apr 2022

@Slamet Suseno:

Banyak sekali faktornya pak. Namun faktor yang paling penting adalah perbaikan serta pengembangan sistem mata uang perbankan di Indonesia secara total. Dengan diaplikasikannya Ledger Technology atau kita kenal dengan Blockchain, banyak masalah-masalah perbankan yang dapat diselesaikan seperti transparansi, kecepatan transaksi, biaya administrasi atau komisi yang rendah, dll.

Selain itu upaya ini juga dirasa perlu untuk menekan pertumbuhan aset-aset yang tidak memiliki basis atau nilai pondasi seperti kripto yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

Meskipun tujuannya demikian, karena konsepnya sendiri belum diadopsi secara luas jadi kita belum tahu kedepannya akan berjalan seperti apa program digitalisasi rupiah ini.

Nur Salim   30 Apr 2022

Apakah Rupiah digital ini sudah diluncurkan? Bagaimana cara menggunakannya?

Vijay   22 Jun 2022

@Vijay:

Untuk ini setahu saya belum pak, dari beritanya seharusnya tahun ini sudah rilis secara resmi. Cara menggunakannya sama seperti uang digital yang sering kita gunakan saat ini seperti GoPay, Ovo, Dana, dll. Namun untuk keterangan resminya sendiri belum dipaparkan secara detail perihal penggunaannya.

Nur Salim   23 Jun 2022

Apakah betul pak perihal tentang rupiah digital yang tidak dibasiskan pada rupiah kertas? apakah ini berarti akan ada perbedaan harga antara keduanya? mengingat tingkat permintaan dan kebutuhan yang berbeda antara keduanya?

Arnold Wijaya   11 Jul 2022

@Arnold Wijaya:

Mengenai CBDC tidak dibasiskan pada uang kertas/kartal memang rencananya seperti itu pak. Untuk perbedaan harga antara keduanya sendiri memang mungkin saja bisa terjadi. Terlebih lagi Supply antara keduanya yang terbatas seperti yang bapak tanyakan. Namun mengenai hal ini saya pribadi juga tidak bisa sepenuhnya mengatakan akan terjadi demikian. Pemerintah dan pihak Bank Sentral juga pasti sudah memikirkan tindakan-tindakan untuk menjaga nilai dari keduanya. Selain itu, kabarnya jenis Blockchain yang digunakan adalah Hybrid, sehingga jumlah Supply Rupiah Digital bisa dikontrol dari pusat. Yah, kita lihat saja kedepannya akan bagaimana saat rilis nanti.

Nur Salim   13 Jul 2022

Banyaknya berbagai macam uang digital yang muncul dan sudah banyak yang dikoleksi untuk dijadikan investasi, apakah ke depan, uang digital bisa menggantikan uang fiat?

Atmojo   15 Jul 2022

@Atmojo:

Uang digital yang dimaksudkan apa ya pak? Jika kita berbicara Rupiah Digital (CBDC) itu juga merupakan salah satu bentuk fiat Currency. Dan ya, dalam jangka panjang CBDC memang diperkirakan akan mengambil alih uang kertas.

Kalau maksud pertanyaannya tentang uang digital yang dijadikan investasi seperti BTC dan lain sebagainya, untuk saat ini masih banyak ahli yang skeptis bahwa fiat Currency akan dapat digantikan. Namun, dalam keperluan dan kepentingan tertentu akan ada beberapa sektor yang kemungkinan besar akan didominasi dengan pembayaran melalui kripto.

Nur Salim   21 Jul 2022
 

Kirim Komentar Baru