PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Teknik

Market Minggu Ini: Dolar Perkasa, Harga Emas Perlu Konfirmasi
Inbizia     16 Apr 2024
Perolehan data inflasi yang mengesankan membuat Dolar terlalu tangguh bagi rival-rivalnya. Di saat yang sama, harga emas juga cenderung menguat meski perlu validasi lebih lanjut.
Market Minggu Ini: Harga Emas Terus Melambung, Bitcoin Solid
Inbizia     1 Apr 2024
Dengan outlook jangka panjang Dolar yang diliputi ketidakpastian, harga emas sukses melesat ke puncak tertinggi. Di saat yang sama, Bitcoin belum terkoreksi turun dari relinya.
Market Minggu Ini: Kenaikan Dolar Masih Diragukan, Bitcoin Stabil
Inbizia     25 Mar 2024
Sejumlah pair mayor menunjukkan ketangguhan Greenback, namun proyeksi jangka panjang Indeks Dolar belum terkonfirmasi secara teknikal.
Kamus

Kamus Trading

Analisa Teknikal, Analisis Teknikal

Cara menganalisa pergerakan harga suatu aset di pasar finansial menggunakan perangkat statistik, seperti grafik (bar, line, atau candlestick) dan rumus matematis.

Indikator Teknikal

Alat yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis atas histori harga, volume, atau minat pasar terhadap sebuah instrumen investasi atau kontrak keuangan. Penggunaan indikator teknikal bertujuan untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #teknik

Octavianus   7 Jul 2012

Selamat Siang Master, saya bingung maksudnya dari indikator trend, momentum dan support-resistant. apa bedanya master? lalu bagaimana cara memadukan ketiga indikator tersebut supaya dapat dipakaai hingga beroleh profit. terimakasih

Sumargo   27 Dec 2022

Mengapa trader perlu menggunakan indikator teknikal saat trading? Bahkan ada yang menggunakan indikator sangat banyak. Apakah itu berpengaruh untuk hasil trading?

Budi Aswoko   13 Jun 2012

kalo sy lihat di analisa teknikal Selasa tgl 12 JUni 2012 di web ini signal itu SELL tapi knpa kok satu hari itu justru trendnya BUY,..mgkin sy gak tau cara membaca analisa itu ataou salah membacanya...mohon pencerahannya....

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #teknik

  Anggi.wahyudi   |   15 Jun 2013   |   Artikel
Kalau lihat penjelasan di atas seakan2 teknikalis tuh terpaku sama hasil masa lampau sedangkan fundamentalis lbh condong ke masa depan. padahal kan analisa teknikal juga dipakai untuk melihat situasi saat ini. Disini bagian terakirnya aja juga nyaranin pake indikator teknis, yang tujuannya untuk lihat tren pasar yang lagi berlangsung
  Bbbb   |   7 Feb 2014   |   Artikel
nice share, emang 6 poin ini merupakan poin yang sangat penting untuk menentukan pergerakan arah mata uang. mangkanya itu selalu perhatikan fundamental, jangan cuman teknikalnya. Dengan teknikal kita bisa melihat kapan saat tepat untuk masuk harga, tapi dengan fundamental kita tau apa yang terjadi di pasar. jadi klo ada false signal kita langsung cepet tau.. :)
  Trader Ganteng   |   12 Feb 2014   |   Artikel
fundamental memang perlu bro trader kecil. ada pembicara seminar yang dulu pernah ngomong, fokus hanya pada satu jenis analisa. dengan mengikuti dua jenis analisa anda tidak bisa fokus. tpi klo mnurut ane laen. kita justru harus nguasain dua analisa. fundamental adalah sebab, teknikal adalah akibat harus tau dua2 nya
  Tejo   |   27 May 2023   |   Artikel

Min, numpang nnya. Dikatakan di artikel bahwa :

Faktor kedua yg dapat nyebabkan kegagalan dalam mengikuti trading plan adalah ketidakoptimalan trading plan itu sendiri. Disebut disitu bahwa Trading plan yang tidak matang dan tidak spesifik jga bsa berpngharuh pada gagal ato tidaknya suatu trading plan sehngga kita sebagai trader harus memastikan bahwa trading plan yang disusun mencakup segala hal yang diperlukan, mulai dari analisis pasar, risk management, hingga teknik trading yang spesifik. Ya intinya harus memperhatikan dari segala aspek yg ada.

So dri pemaparan itu, yg ingin gw tanyakan adalah apakah ada pngruh perbedaan misalkan dri segi aspek modal di akun demo berbeda dngn modal yg ada di akun riil yg berujung pada gagalnya trading plan ktika live?

  Hervin   |   3 Jun 2023

Tejo:Mnrtku mengpa akun demo ga sama dngn akun sungguhan saat trading srta terkadang hsil ga optimal, itu selain krna trading plan yg mngkn ga sempurna, terdapat aspek emosional yg mngkn bakal turut mempengaruhi hasil trading juga. Jdi gini, trading dngn akun demo bagaimanapun tdk bakal melibatkan emosi yg sama dengan trading menggunakan uang sungguhan.

Ketika menggunakan akun demo, ga ada risiko finansial yg nyata, sehingga trader cenderung lebih mampu mengendalikan emosi mereka. Namun, ketika beralih ke akun riil dengan modal yg sebenarnya, ada risiko kehilangan uang yg dapat mempengaruhi keputusan trading dan emosi trader. Tekanan psikologis dan kecenderungan untuk mengambil risiko yg lebih tinggi dpt mempengaruhi pemilihan dan pelaksanaan trading plan dengan cara yang tidak diinginkan.

Apakah ada cara utk ngendaliin faktor emosional ini? Sbtulnya kta bisa ngelatih emosi kita saat trading baik itu nyari sndiri maupun kita menggunakan pengalaman orng lain. Dan cara kedua bsa didapatkan dri buku2 trading cthnya. Misalkan bsa mencba buku2 emosional dan psikologis trading. Listnya ada di artikel ini : 15 Buku Psikologi Trading Terbaik Untuk Trader Pemula

  Hero   |   3 Jun 2023   |   Artikel

Mohon maaf, saya mau mennayakan perihal metatrder 4 dan 5 lagi. Jfdi pada komentar sblmnya itu udah ada yg nnya perbedaan dasar dri mt4 dan mt5 yaa. Dan dikatakan emang ada bberapa fitur di MT5 yg lbh lengkap dan ga ada di MT4. Selain itu, dikatakan juga bahwa MT5 lebih bnyk timeframe shngga utk analisis teknikla dngn timeframe lbh sepsifik itu bsa dilakukan. Kmudian emang ada beberapa ftur order yg ga bsa didapatkan di MT4 tetapi di MT5 ada. Shngga MT5 ini bisa dikatakan lbh modern dan lengkao dbndingkan MT5, tetapi MT4 ini msh bnyk yg menggunakannya

Nah, pngn saya tanyakan mengenai MT4 dan MT5 adlah dri segi kenyamaan dan kemudahan utk pengguna, mana yg lbh ramah utk ttrader pemula? MT4 ato MT5? thank yoU!

  Octavianus   |   30 Jun 2023

Hero: Tenang, gue ngerti pertanyaan lo. Jadi, antara MT4 dan MT5, sebenarnya keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tapi, kalau buat trader pemula, gue akan lebih merekomendasikan MT4 sebagai pilihan yang lebih ramah.

Alasannya simpel, bro. MT4 udah lama ada dan udah banyak digunakan oleh trader-trader di seluruh dunia. Jadi, lo bakal lebih mudah menemukan materi edukasi, tutorial, dan bantuan dari komunitas trader yang berfokus pada MT4. Banyak buku dan sumber belajar yang dikhususkan buat MT4, jadi lo bisa dapetin bahan bacaan dan pengetahuan yang lebih banyak.

Selain itu, interface MT4 juga lebih sederhana dan mudah dipahami, jadi cocok banget buat pemula. Lo bisa dengan cepat belajar navigasi dan penggunaannya tanpa terlalu bingung. MT4 juga punya banyak indikator dan alat bantu yang tersedia secara default. (baca : Akankah MetaTrader 5 (MT5) Mengalahkan MetaTrader 4 (MT4)?)

Di sisi lain, MT5 memang lebih canggih dan punya fitur yang lebih lengkap. Tapi, kadang kompleksitasnya bisa bikin pemula agak bingung. Bukan berarti MT5 ga bisa dipelajari, tapi mungkin butuh lebih banyak waktu dan penyesuaian.

Jadi, kesimpulannya, untuk trader pemula, gue saranin coba dulu dengan MT4. Lo bisa belajar dan mengasah skill trading dengan lebih mudah. Begitu lo udah lebih berpengalaman dan punya pemahaman yang lebih baik, lo bisa mempertimbangkan untuk beralih ke MT5 jika dirasa perlu.

  Yuyun   |   29 Jun 2023   |   Artikel

Sebentar, gw mau tanya dari bebrapa komentar yang saya baca disini, dan penjelasan dari artikel ini juga, kalo teknik stop loss ini tidak selalu menguntungkan , ada juga hal yang merugikan seperti terjadinya stop loss hunter ini.
Gw juga sebegai trader juga kagak mau dong kalo keuntungan yang seharusnya gw dapet itu dicuri oleh broker forex itu sendiri kan. Mana gw trading juga duitnya harus gw puter terus, rasanya nggk adil aja gitu. Padahalkan mereka aja udah dapet untung, masak keuntungan yang susah payah gw perjuangkan, harus diembat juga oleh broker sih. KAGAK MAU LAH. Apakah ada solusi lain terkait masalah ini? Apakah ada trader yang trading tanpa stop loss? Apakah ini bisa dilakukan dan tetap berhasil?

  Padi   |   30 Jun 2023

Tentu saja bisa. Tapi saya kurang menyarankan kamu trading tanpa stop loss. Ada beberapa cara trading tanpa stop loss dan tetap sukses yang bisa Anda lakukan. Pertama, kamu sudah memiliki mental stop loss. Alih-alih memasukkan stop loss pada platform trading, kamu akan menutup order secara manual jika harga bergerak terlalu jauh ke arah yang berlawanan.

Kedua, kamu dapat melakukannya dengan trading dalam jumlah sangat kecil untuk menahan pergerakan harga merugikan yang besar. Misalnya, kamu dapat memperdagangkan ukuran lot yang tidak akan melebihi 1 atau 2% kerugian harian rata-rata. Ketiga, melakukan teknik lindung nilai atau hedging yang dengan membuka posisi berlawanan dalam instrumen yang sama atau sangat berkorelasi untuk membatasi penarikan ekuitas. Kamu dapat melepas hedging ketika salah satu posisi memiliki prospek profit yang bagus.

Selain itu, Jika memang dana yang ditradingkan cukup besar, memang ada baiknya memilik broker yang terpercaya dan memiliki track record yang cukup baik, memilih broker yang tidak pernah membuat hal-hal aneh bagi para nasabahnya, sekalipun ada hal aneh ini bukan karena manipulasi tapi karena memang aktivitas pasar yang cukup fluktuatif.

Ada banyak broker dengan regulasi yang terpercaya diantaranya broker dengan regulasi Bappebti, ataupun regulator internasional, seperti ASIC, FCA, dll. jadi lo, pilih aja dengan sanyak selektif dan teliti. tapi kalo menurut yang aku baca, MFIX itu juga sudah terugalasi Bappebti sih. jdai sepertinya aman.

Namun secara keseluruhan, trading dengan stop loss adalah sebuah keharusan karena memiliki fungsi yang sangat krusial sebagai pengaman. Good luck kawan!

Market Minggu Ini: GBP/USD Berisiko Melemah, Bitcoin Mundur
Inbizia     18 Mar 2024
Pemulihan Dolar AS beriringan dengan kondisi bearish Pound dan Euro saat ini. Di saat yang sama, Bitcoin dan kripto lain mulai terkoreksi dari reli ekstrem pekan sebelumnya.
Market Minggu Ini: Dolar Terbenam, Emas dan Bitcoin Berjaya
Inbizia     12 Mar 2024
Kekecewaan pasar terhadap isu pemotongan suku bunga The Fed membuat Dolar tertekan. Akibatnya, harga emas dan Bitcoin terus menguat hingga memecahkan rekor level tertinggi.
Market Minggu Ini: Sentimen Dolar Beragam, Bitcoin Pimpin Reli Kripto
Inbizia     4 Mar 2024
Dolar AS sedikit loyo versus Pound, tetapi masih perkasa menghadapi Dolar Kanada. Di sisi lain, kenaikan tajam Bitcoin sukses menggiring koin lainnya untuk mencetak reli hingga ratusan persen.
Market Minggu Ini: Bias Dolar Masih Bullish, Bitcoin Cari Peluang
Inbizia     26 Feb 2024
Walaupun sudah terkoreksi cukup dalam, Dolar masih berpeluang menguat dalam jangka pendek. Di saat yang sama, Bitcoin perlu katalis untuk menembus level resistance.
Market Minggu Ini: Bullish Dolar Mulai Tertahan, Bitcoin Rebound
Inbizia     19 Feb 2024
Dolar berpeluang terkoreksi bearish, namun outlook jangka panjang masih cenderung naik. Sementara itu, pasar kripto masih menikmati reli kenaikan.
Market Minggu Ini: Dolar Cerah Jelang Rilis CPI, Bitcoin Melambung
Inbizia     12 Feb 2024
USD masih dominan di antara mata uang mayor lainnya. Di saat yang sama, pasar kripto menghijau seiring dengan kenaikan pesat Bitcoin.
#cpi  
Market Minggu Ini: Dolar Memperpanjang Reli, Bitcoin Macet
Inbizia     5 Feb 2024
Greenback terus menanjak dalam sepekan terakhir dan mengalahkan rival-rivalnya. Hal ini membuat aksi beli di pasar Bitcoin tersendat di bawah level psikologis 43,000.
PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 21 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 21 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 1 hari, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 1 hari, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 1 hari, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 1 hari, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 1 hari, #Saham Indonesia


Simak Juga
Kirim Komentar Baru