Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung

Febrian Surya 27 May 2020 559
Dibaca Normal 4 Menit

Ingin memaksimalkan keuntungan saat investasi di SBN? Ada 3 cara yang bisa kamu terapkan, jadi simak tips efektifnya di sini.



Saat ini, kamu sudah dimudahkan dan dimanjakan dengan berbagai instrumen investasi yang memiliki keuntungan dan risiko berbeda-beda. Sebagai investor, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan investasi saat ini berdasarkan profil risiko dan tujuan finansialmu. Setiap instrumen investasi pasti akan selalu menjanjikan keuntungan bagi para investor yang menanamkam modalnya di produk investasi tersebut. Tak terkecuali, investasi di Surat Berharga Negara (SBN).

Surat Berharga Negara (SBN) adalah intrumen investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Indonesia, serta menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi investor. Ada 2 jenis Surat Berharga Negara (SBN), yaitu:

  • Surat Utang Negara (SUN): merupakan surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh negara baik itu dalam mata uang rupiah maupun valas. Bagi investor yang membeli SUN akan dijamin pembayaran pokok utang dan bunganya hingga masa jatuh tempoh berlaku. SUN terbagi menjadi Obligasi Negara (ON) dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN).
  • SBSN adalah SBN yang diterbitkan dan dijamin oleh negara berdasarkan prinsip syariah.

Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung

Selain menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi investor, kamu juga bisa berinvestasi di SBN dengan biaya investasi yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp1,000,000 saja. Minimal investasi ini sangat cocok bagi generasi milenial yang ingin mencoba berinvestasi dengan modal kecil. Nah, bagi kamu yang ingin berinvestasi di SBN, alangkah baiknya untuk menyimak tips efektif berikut ini agar tidak salah menempatkan dana di SBN:

 

1. Investasi Dengan Dana Menggangur

Dana menggangur adalah sejumlah dana yang telah kamu miliki tapi belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dalam berinvestasi di SBN, kamu sebaiknya menggunakan dana menggangur karena bisa melindungi keuanganmu dari risiko kerugian investasi yang tak bisa diperkirakan.

Selain itu, menggunakan dana menganggur untuk berinvestasi merupakan salah satu solusi manajemen keuangan yang patut dicoba. Menyimpan dana menganggur di bank hanya akan membuat nilai dari uangmu tersebut semakin lama semakin tergerus oleh inflasi. Sementara jika kamu menggunakan dana menganggur untuk berinvestasi, maka kamu bisa menyalurkan dapat memperoleh persentase keuntungan yang menjanjikan.

Investasi SBN Dengan Dana Menganggur

 

2. Investasikan Bunga SBN

Sebagai investor SBN, kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga (kupon) yang akan dibayarkan, serta pokok utang pada waktu yang telah ditentukan. Kamu bisa memanfaatkan bunga SBN untuk diinvestasikan kembali ke dalam produk tabungan berjangka atau reksadana. Investasi SBN hanya akan membebankan kepada investor pajak sebesar 15% dari total bunga yang didapatkan. Sehingga, bunga SBN yang kamu dapatkan bisa diinvestasikan kembali untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi di SBN.



 

3. Cek Legalitas Platform Sebelum Investasi SBN

Kamu bisa berinvestasi di SBN secara offline ataupun online. Sebab, saat ini sudah banyak platform investasi online dan perusahaan sekuritas yang menjual SBN. Kamu bisa mencari tahu apakah tempat-tempat penjualan SBN itu ilegal atau tidak, dengan langsung mengeceknya di laman resmi milik OJK. Bila kamu datang ke perusahaan sekuritas, kamu perlu membawa KTP dan NPWP sebagai dokumen yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening SBN.

Selain itu, biasanya pemerintah juga menjual SBN secara lelang dengan melibatkan perserta lelang bagi investor institusional maupun pribadi yang diatur dalam PMK No. 168/PMK.08/2019. Jadi, sebelum berinvestasi di SBN, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengetahui tujuan finansialmu agar tidak salah dalam menempatkan dana di SBN.

 

Salah satu tips investasi SBN yang telah dibahas adalah menggunakan dana menganggur sebagai modal. Ternyata, kiat ini tidak cuma berlaku dalam investasi SBN, tapi juga kegiatan trading forex yang bisa potensi keuntungannya bisa lebih dijangkau oleh investor bermodal kecil dan memiliki profil risiko yang lebih agresif (high risk high return).

Forum

Ignatius (30 Jul 2019)

Modal awal $100, buka posisi buy dengan volume 0.01 jadi saya ingin pasang S/L kisaran 50 pip, semisal loss kerugian saya berapa ya? dari modal awal $100 ,?? 

Selengkapnya...

BANK 1 Bulan
BANK MEGA 2.50
BANK MAYBANK INDONESIA 4.25
BANK MAYORA 5.00
BANK ANZ INDONESIA 3.00
DEUTSCHE BANK AG 2.72
BANK DANAMON INDONESIA 3.65
BANK HSBC INDONESIA 4.25
STANDARD CHARTERED BANK 3.25
BANK KB BUKOPIN 4.75
BANK PANIN INDONESIA 3.60

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1    

Meilani
11 JUN 2020

inves SBN ini banyak keuntungannya lho. pajak cm 15% dbanding deposito pajakx 20%. resikox rendah krna dpt jaminan dr pemerintah. cara inves jg mudah bs scra online maupun offline. modalx cukup ringan mulai dr 1jtan lho



Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   91  
Apakah Trailing Stop Lebih Profitable Dibanding Stop Loss?

Apakah penggunaan trailing stop lebih profitable daripada stop loss?
Yang mana yang lebih aman untuk digunakan?

Karina Mayasari 16 Sep 2014

Reply:

Basir (16 Sep 2014 13:27)

Trailing stop untuk megunci keuntungan. Sementara Stop Loss untuk membatasi kerugian.

Misal,
Saat melakukan BUY EUR/USD di 1.2900, SL 1.2850 dan TP 1.300

Ternyata harga turun jauh sampai 1.2800, kalau tidak pasang SL anda bisa -100 pips, namun karena pasang SL anda -50pips.

Ternyata harga naik ke 1.2950, anda +50, anda takut harga kembali jatuh maka anda mainkan TS, dan TS anda ada di 1.2930, lalu harga jatuh. Maka anda tetap untung +30.

TS sebetulnya SL profit, saat anda melakukan BUY EUR/USD di 1.2900, SL 1.2850 dan TP 1.3000, Saat harga menuju 1.2950, anda bisa saja merubah SL. Yang asalnya SL 1.2850, maka SL rubah menjadi 1.2930.

 

Thanks.

Kiki R (01 Oct 2019 16:15)

@Karina Mayasari: Pengunaan Stop loss dan trailing stop mempunyai fungsi yang berbeda. Trailing stop digunakan saat posisi entry kita sedang floating profit dan kita ingin mengamankan profit yang telah ada dengan menggunakan batasan pips. Kita cukup memasukkan nilai pips pada trailing stop, dan apabila harga turun (berlawanan posisi kita) senilai pips tersebut, posisi kita langsung tertutup secara otomatis. Cara ini sangat efektif untuk mengamankan posisi yang sudah profit.

Di sisi lain, stoploss digunakan untuk membatasi kerugian dengan memasukkan nilai/harga pada kolom stop. Pada saat trading, stoploss adalah nilai maksimum toleransi kita dalam kerugian. Fungsi stoploss akan hampir mirip seperti trailing stop apabila posisi telah floating profit. Kita tinggal memasukkan nilai di mana posisi akan tertutup apabila harga berbalik arah (stop profit).

Terima Kasih.

Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Melati   9 Apr 2021   54  
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Linlindua   31 Mar 2021   382  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   125  
Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   175  
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   108  
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Anna   30 Mar 2021   102  
Cara Trading Tanpa Indikator Untuk Profit Maksimal
Cara Trading Tanpa Indikator Untuk Profit Maksimal
Linlindua   29 Mar 2021   339