Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung

Febrian Surya 27 May 2020 134

Saat ini, kamu sudah dimudahkan dan dimanjakan dengan berbagai instrumen investasi yang memiliki keuntungan dan risiko berbeda-beda. Sebagai investor, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan investasi saat ini berdasarkan profil risiko dan tujuan finansialmu. Setiap instrumen investasi pasti akan selalu menjanjikan keuntungan bagi para investor yang menanamkam modalnya di produk investasi tersebut. Tak terkecuali, investasi di Surat Berharga Negara (SBN).

Surat Berharga Negara (SBN) adalah intrumen investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Indonesia, serta menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi investor. Ada 2 jenis Surat Berharga Negara (SBN), yaitu:

Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung

Selain menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi investor, kamu juga bisa berinvestasi di SBN dengan biaya investasi yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp1,000,000 saja. Minimal investasi ini sangat cocok bagi generasi milenial yang ingin mencoba berinvestasi dengan modal kecil. Nah, bagi kamu yang ingin berinvestasi di SBN, alangkah baiknya untuk menyimak tips efektif berikut ini agar tidak salah menempatkan dana di SBN:

 

1. Investasi Dengan Dana Menggangur

Dana menggangur adalah sejumlah dana yang telah kamu miliki tapi belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dalam berinvestasi di SBN, kamu sebaiknya menggunakan dana menggangur karena bisa melindungi keuanganmu dari risiko kerugian investasi yang tak bisa diperkirakan.

Selain itu, menggunakan dana menganggur untuk berinvestasi merupakan salah satu solusi manajemen keuangan yang patut dicoba. Menyimpan dana menganggur di bank hanya akan membuat nilai dari uangmu tersebut semakin lama semakin tergerus oleh inflasi. Sementara jika kamu menggunakan dana menganggur untuk berinvestasi, maka kamu bisa menyalurkan dapat memperoleh persentase keuntungan yang menjanjikan.

Investasi SBN Dengan Dana Menganggur

 

2. Investasikan Bunga SBN

Sebagai investor SBN, kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga (kupon) yang akan dibayarkan, serta pokok utang pada waktu yang telah ditentukan. Kamu bisa memanfaatkan bunga SBN untuk diinvestasikan kembali ke dalam produk tabungan berjangka atau reksadana. Investasi SBN hanya akan membebankan kepada investor pajak sebesar 15% dari total bunga yang didapatkan. Sehingga, bunga SBN yang kamu dapatkan bisa diinvestasikan kembali untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi di SBN.

 

3. Cek Legalitas Platform Sebelum Investasi SBN

Kamu bisa berinvestasi di SBN secara offline ataupun online. Sebab, saat ini sudah banyak platform investasi online dan perusahaan sekuritas yang menjual SBN. Kamu bisa mencari tahu apakah tempat-tempat penjualan SBN itu ilegal atau tidak, dengan langsung mengeceknya di laman resmi milik OJK. Bila kamu datang ke perusahaan sekuritas, kamu perlu membawa KTP dan NPWP sebagai dokumen yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening SBN.

Selain itu, biasanya pemerintah juga menjual SBN secara lelang dengan melibatkan perserta lelang bagi investor institusional maupun pribadi yang diatur dalam PMK No. 168/PMK.08/2019. Jadi, sebelum berinvestasi di SBN, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengetahui tujuan finansialmu agar tidak salah dalam menempatkan dana di SBN.

 

Salah satu tips investasi SBN yang telah dibahas adalah menggunakan dana menganggur sebagai modal. Ternyata, kiat ini tidak cuma berlaku dalam investasi SBN, tapi juga kegiatan trading forex yang bisa potensi keuntungannya bisa lebih dijangkau oleh investor bermodal kecil dan memiliki profil risiko yang lebih agresif (high risk high return).

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1

Meilani 11 JUN 2020
inves SBN ini banyak keuntungannya lho. pajak cm 15% dbanding deposito pajakx 20%. resikox rendah krna dpt jaminan dr pemerintah. cara inves jg mudah bs scra online maupun offline. modalx cukup ringan mulai dr 1jtan lho
reply
Candlestick Beda Di Akun Demo Dan Akun Real

Pak/bu maaf saya mau tanya, di accoun real saya harga GBPUSD 1.28503 sedangkan di accoun demo saya harga di GBPUSD 1.28165 apakah ini suatu kecurangan broker ? Atau memang candlestic di accoun real dan accoun demo itu berbeda ? Tolong jawabannya 

Rizal 15 Feb 2019

Reply:

Erik T (18 Feb 2019 12:28)

Untuk Rizal,

Server akun demo dan server akun real memang berbeda, oleh karena itu memang terjadi perbedaan harga running. Meskipun begitu, perbedaan harga running antara server demo dan sever real harusnya tidaklah terlalu jauh. Hal yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa dan mencocokkan jam Meta Trader pada kedua server tersebut. Jika harga sebuah pair pada server demo dan server real bergerak di jam yang sama, dan terjadi selisih harga yang tidak wajar, maka Anda dapat melaporkan hal tersebut pada broker yang bersangkutan. Namun setelah Anda mencocokkan jam dari kedua server tersebut, dan terjadi perbedaan waktu yang berjalan, maka bisa dipastikan salah satu server tersebut sedang mengalami gangguan.

Semoga bisa membantu.

Aditya Perdana 77
Aditya Perdana 127
Wahyudi 240