Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung


Febrian Surya 27 May 2020 644Dibaca Normal 4 Menit

Ingin memaksimalkan keuntungan saat investasi di SBN? Ada 3 cara yang bisa kamu terapkan, jadi simak tips efektifnya di sini.



Saat ini, kamu sudah dimudahkan dan dimanjakan dengan berbagai instrumen investasi yang memiliki keuntungan dan risiko berbeda-beda. Sebagai investor, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan investasi saat ini berdasarkan profil risiko dan tujuan finansialmu. Setiap instrumen investasi pasti akan selalu menjanjikan keuntungan bagi para investor yang menanamkam modalnya di produk investasi tersebut. Tak terkecuali, investasi di Surat Berharga Negara (SBN).

Surat Berharga Negara (SBN) adalah intrumen investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Indonesia, serta menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi investor. Ada 2 jenis Surat Berharga Negara (SBN), yaitu:

  • Surat Utang Negara (SUN): merupakan surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh negara baik itu dalam mata uang rupiah maupun valas. Bagi investor yang membeli SUN akan dijamin pembayaran pokok utang dan bunganya hingga masa jatuh tempoh berlaku. SUN terbagi menjadi Obligasi Negara (ON) dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN).
  • SBSN adalah SBN yang diterbitkan dan dijamin oleh negara berdasarkan prinsip syariah.

Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung

Selain menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi investor, kamu juga bisa berinvestasi di SBN dengan biaya investasi yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp1,000,000 saja. Minimal investasi ini sangat cocok bagi generasi milenial yang ingin mencoba berinvestasi dengan modal kecil. Nah, bagi kamu yang ingin berinvestasi di SBN, alangkah baiknya untuk menyimak tips efektif berikut ini agar tidak salah menempatkan dana di SBN:

 

1. Investasi Dengan Dana Menggangur

Dana menggangur adalah sejumlah dana yang telah kamu miliki tapi belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dalam berinvestasi di SBN, kamu sebaiknya menggunakan dana menggangur karena bisa melindungi keuanganmu dari risiko kerugian investasi yang tak bisa diperkirakan.

Selain itu, menggunakan dana menganggur untuk berinvestasi merupakan salah satu solusi manajemen keuangan yang patut dicoba. Menyimpan dana menganggur di bank hanya akan membuat nilai dari uangmu tersebut semakin lama semakin tergerus oleh inflasi. Sementara jika kamu menggunakan dana menganggur untuk berinvestasi, maka kamu bisa menyalurkan dapat memperoleh persentase keuntungan yang menjanjikan.

Investasi SBN Dengan Dana Menganggur

 

2. Investasikan Bunga SBN

Sebagai investor SBN, kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga (kupon) yang akan dibayarkan, serta pokok utang pada waktu yang telah ditentukan. Kamu bisa memanfaatkan bunga SBN untuk diinvestasikan kembali ke dalam produk tabungan berjangka atau reksadana. Investasi SBN hanya akan membebankan kepada investor pajak sebesar 15% dari total bunga yang didapatkan. Sehingga, bunga SBN yang kamu dapatkan bisa diinvestasikan kembali untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi di SBN.



 

3. Cek Legalitas Platform Sebelum Investasi SBN

Kamu bisa berinvestasi di SBN secara offline ataupun online. Sebab, saat ini sudah banyak platform investasi online dan perusahaan sekuritas yang menjual SBN. Kamu bisa mencari tahu apakah tempat-tempat penjualan SBN itu ilegal atau tidak, dengan langsung mengeceknya di laman resmi milik OJK. Bila kamu datang ke perusahaan sekuritas, kamu perlu membawa KTP dan NPWP sebagai dokumen yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening SBN.

Selain itu, biasanya pemerintah juga menjual SBN secara lelang dengan melibatkan perserta lelang bagi investor institusional maupun pribadi yang diatur dalam PMK No. 168/PMK.08/2019. Jadi, sebelum berinvestasi di SBN, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengetahui tujuan finansialmu agar tidak salah dalam menempatkan dana di SBN.

 

Salah satu tips investasi SBN yang telah dibahas adalah menggunakan dana menganggur sebagai modal. Ternyata, kiat ini tidak cuma berlaku dalam investasi SBN, tapi juga kegiatan trading forex yang bisa potensi keuntungannya bisa lebih dijangkau oleh investor bermodal kecil dan memiliki profil risiko yang lebih agresif (high risk high return).

Kalkulator KPR

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1    

Meilani
11 JUN 2020

inves SBN ini banyak keuntungannya lho. pajak cm 15% dbanding deposito pajakx 20%. resikox rendah krna dpt jaminan dr pemerintah. cara inves jg mudah bs scra online maupun offline. modalx cukup ringan mulai dr 1jtan lho

Tips Investasi Untuk Siapkan Dana Pernikahan
Tips Investasi Untuk Siapkan Dana Pernikahan
Nandini   11 May 2021   119  
Mulai Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Dana Pensiun?
Mulai Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Dana Pensiun?
Linlindua   26 Apr 2021   177  
Cara Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ala Wanita Karier
Cara Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ala Wanita Karier
Febrian Surya   27 Nov 2020   661  
5 Tips Diversifikasi Portofolio Investasi
5 Tips Diversifikasi Portofolio Investasi
Febrian Surya   29 Sep 2020   1299  
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Febrian Surya   22 Sep 2020   1030  
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Febrian Surya   25 Aug 2020   1282  
Bayar Kost Bulanan Atau Tahunan, Mana Yang Terbaik?
Bayar Kost Bulanan Atau Tahunan, Mana Yang Terbaik?
Jujun Kurniawan   1 Jul 2020   622  
4 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Wajib Kamu Tahu
4 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Wajib Kamu Tahu
Febrian Surya   27 Jun 2020   1053  
Tips Cerdas Atur Gaji Bulanan Dengan Formula 40-30-20-10
Tips Cerdas Atur Gaji Bulanan Dengan Formula 40-30-20-10
Jujun Kurniawan   5 May 2020   1374  
Tips Membuat Catatan Keuangan Untuk Keluarga
Tips Membuat Catatan Keuangan Untuk Keluarga
Jujun Kurniawan   28 Apr 2020   408