Investasi sedikit berbeda dengan menabung ataupun deposito. Investasi mengandung resiko, sehingga relatif tidak semudah menabung. Dengan kata lain, Anda butuh pengetahun tentang produk dan cara investasi agar investasi Anda bisa menguntungkan. Selain itu, banyak orang ingin melakukan invetasi tetapi terkendala dengan uang atau modal. Tapi jangan menyerah, karena gaji UMR pun bisa digunakan untuk investasi.

Banyak di antara kita yang hanya sekedar cukup buat makan saja.Awal bulan senang-senang makan enak, sedangkan akhir bulan paceklik sampai tanggal gajian tiba. Pola terus berulang sehingga niatan menabung atau berinvestasi hanya cuma mimpi. Padahal, gaji UMR Anda bisa lho diatur dengan baik agar tak sekedar pas-pasan tapi juga pas untuk investasi dan jaminan keuangan yang lebih baik.

investasi gaji umr

 

Tips investasi Dengan Gaji UMR Agar Efisien

Tekan Biaya Makan

Biaya makan ialah salah satu pos besar dalam anggaran keuangan bulanan. Biasakan makan di rumah makan atau warteg sederhana asalkan bersih dan sehat. Misalnya dengan dana Rp20.000 sekali makan anda sudah bisa mendapatkan lauk dan sayur lengkap. Dalam sebulan, Anda bisa hitung sendirikan. Untuk menyiasatinya supaya Anda makan lebih hemat murah dan tentu saja sehat, sebaiknya biasakan untuk membawa botol minum berisi air putih. Atau bisa mengakalinya dengan membawa bekal dari rumah alias masa sendiri. Saat anda makan di warteg pilih yang mudah dan sehat. Santap siang jadinya aman bagi perut dan isi dompet. Boleh saja sesekali makan yang agak mahal asalkan angaran makan ini tetap dipatuhi.

 

Biaya Kos

Biaya lainnya yang wajib dihitung ialah sewa kos bulanan. Umumnya kos yang bersih dan murah memiliki lokasi yang agak jauh dari areal perkantoran. Tetapi hal ini tidak masalah asalkan harganya sesuai. Batasi budget kos sebulannya maksimal Rp700.000 saja. Kamarnya mungkin saja kecil atau fasilitasnya terbatas tetapi bukan soal selama sirkulasi udaranya baik dan tidak lembab. Toh Anda juga pasti jarang menghabiskan waktu di kamar kos. Supaya lebih hemat dan murah, Bisa juga mensiasatinya dengan mencari kos bareng teman-teman sekantor.

 

Perbaiki Gaya Hidup

Salah satu yang menghambat kita untuk investasi bukanlah biaya hidup, melainkan gaya hidup. Bila Anda selama ini sering nonton bioskop setiap akhir pekan, nongkrong di kafe-kafe mahal, atau gemar belanja online, maka mulai sekarang cobalah untuk pertimbangkan untuk segera menguranginya. Untuk itu, tekan pengeluaran sebisa mungkin walau hanya sedikit, sehingga semakin banyak pula nominal uang yang bisa Anda tabung darinya. Mudah bukan.

investasi dengan gaji umr

(Baca Juga: Trik Ampuh Stop Overbudget Belanja Online)

Kurangi Biaya Transportasi

Salah satu biaya yang sering keluar adalah biaya transportasi. Biaya transportasi juga salah satu pos penting dalam anggaran bulanan. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kendaraan yang anda pakai. Pemerintah Jakarta menyediakan opsi transportasi umum murah yang bisa dimanfaatkan seperti KRL, MRT, atau Trans Jakarta.

Untuk kondisi tertentu anda bisa menggunakan jasa ojek online. Cari berbagai macam promo atau keanggotaan bulanan untuk mendapatkan potongan harga. Sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan anda. Apalagi sekarang kini pemerintah sedang giat menggalakkan warganya untuk naik transportasi umum. Jadi Anda bisa gunakan fasilitas tersebut untuk menghemat pengeluaran.

gaji umr manfaatkan cashback

(Baca Juga: Gelimang Cashback Dompet Digital, Begini Caranya Agar Untung)

Setelah tahu apa saja yang perlu diperhatikan untuk bisa investasi dengan gaji UMR, Anda juga perlu tahu jenis investasi apa yang paling cocok. Bagi pemula, disarankan untuk menabung reksadana pasar uang yang risikonya rendah dan potensi imbal hasilnya lebih stabil. Tak hanya untuk karyawan bergaji UMR, reksadana pasar uang juga cocok untuk pelajar dan mahasiswa, lho!