Tips Kredit Multiguna Agar Tepat Guna

Wahyudi 16 Apr 2020
Dibaca Normal 4 Menit
bisnis > kredit >   #kredit
Anda harus bisa menjadikan kredit multiguna ini agar tepat guna. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar kredit dari bank semakin lebih bermanfaat.

Bank sebagai lembaga keuangan berfungsi dalam memberikan fasilitas kredit untuk membantu nasabah agar lebih produktif dalam usahanya. Fasilitas yang diberikan oleh bank ini harus dimanfaatkan dengan tepat. Salah satunya adalah fasilitas kredit multiguna yang disediakan untuk masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhannya dengan lebih mudah dengan cara mengangsur.

Kredit multiguna adalah fasilitas pinjaman yang mensyaratkan peminjam memberikan jaminan aset untuk mendapatkan pinjaman dana. Besarnya aset yang menjadi jaminan kemudian di asesmen/dianalisa/ditaksir dengan taksiran yang sesuai dengan nilai wajarnya. Kondisi seperti ini tak akan menjadi kendala bagi Anda yang memiliki aset besar, sehingga bisa mendapatkan kemudahan mendapatkan pinjaman dari bank.

Namun demikian, kemudahan dalam mendapatkan kredit multiguna ini tidak lantas membuat Anda bisa seenaknya mengambil kredit tanpa berpikir panjang. Anda harus melihat faktor resiko yang beresiko membuat tagihan Anda makin menumpuk hingga mengalami kesulitan bayar. Anda harus bisa menjadikan kredit multiguna ini agar tepat guna. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar kredit dari bank semakin lebih bermanfaat. Bagaimana caranya?

tips kredit multiguna

 

Ajukan Kredit Multiguna Untuk Tujuan Produktif

Penggunaan aset dalam mengajukan kredit multiguna harus dipikirkan dengan matang. Idealnya kredit semacam ini harus diprioritaskan untuk tujuan yang produktif. Dengan adanya produktivitas tersebut, tentunya pembayaran cicilan yang harus dilakukan setiap bulan akan lebih mudah. Berbeda jika kredit tersebut ditujukan untuk hal konsumtif, bisa jadi angsuran kredit tersebut akan terasa berat untuk mengangsur pembayarannya setiap bulan.

Contoh dari tujuan produktif adalah penggunaan kredit untuk modal usaha. Adanya penggunaan kredit untuk modal usaha baru maupun tambahan modal tentunya memberikan peluang bagi Anda untuk menambah pendapatan dampak dari skala usaha Anda yang semakin besar dengan tambahan modal usaha tersebut. Dengan adanya peningkatan pendapatan dari modal usaha tersebut, diharapkan Anda akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya.

Tujuan produktif lainnya adalah untuk tujuan pendidikan. Logikanya adalah semakin tinggi pendidikan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Meski dalam pembayaran angsuran tersebut harus menyisihkan sebagian pendapatan, namun peluang untuk mendapatkan solusi atas biaya pendidikan tinggi pastinya bisa menjadi kenyataan.

kredit multiguna untuk hutang produktif(Baca Juga: Utang Produktif Dan Konsumtif, Apa Bedanya?)

 

Cari Bank Yang Berani Memberikan Plafon Tinggi

Setiap bank memiliki plafon yang berbeda-beda dalam menentukan prosentase plafon cair berdasarkan seberapa besar nilai aset yang dijaminkan. Butuh pengetahuan dan pengalaman terkait penggunaan jaminan, Anda harus benar-benar memikirkan seberapa besar pinjaman yang akan Anda dapatkan bisa menutup pinjaman jika terjadi gagal bayar. Resiko terbesarnya ketika Anda gagal melakukan pembayaran, akan ada penyitaan aset. Oleh karena itu, besarnya plafon yang Anda terima harus sesuai dengan nilai aset yang dijadikan agunan.

 

Pilih Bank Yang Menawarkan Suku Bunga Paling Rendah

Beban pembayaran angsuran setiap bulan dipengaruhi oleh besarnya bunga. Semakin kecil suku bunga dalam kredit multiguna tersebut, akan mengurangi beban pembayaran Anda. Oleh karenanya Anda tidak perlu terburu-buru untuk memilih bank mana yang berani memberikan kredit multiguna tersebut.

cara hitung bunga pinjaman(Baca Juga: Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjaman)

 

Masa Tenor Panjang Akan Mengurangi Beban Cicilan

Anda harus tahu kemampuan dalam melakukan pembayaran angsuran setiap bulan dari kredit multiguna ini. Semakin besar angsuran akan semakin cepat hutang Anda lunas. Namun tentunya beban bulanan Anda juga membengkak. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memilih masa tenor yang panjang. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran angsuran bulanan.

 

Pilih Kredit Multiguna Dengan Biaya Penalti Kecil

Biaya penalti ini dibebankan kepada debitur yang melunasi kredit di luar kesepakatan. Anda bisa dikenakan biaya penalti ketika melunasi lebih cepat atau lebih lambat dari kesepakatan. Biaya penalti yang wajar adalah sebesar 2 hingga 3%. Oleh karenanya hal ini harus menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih kredit.

 

Cari Kredit Multiguna Dengan Syarat Termudah

Persyaratan kredit multiguna ini bisa saja sangat ribet. Bahkan bisa membuat para calon debitur terkatung-katung dalam jangka waktu yang lama. Sehingga Anda akan terjebak dalam masalah yang rumit sendiri dan meninggalkan prioritas untuk mendapatkan modal usaha.

 

Itulah tips agar kredit multiguna menjadi tepat guna. Dengan tips ini Anda bisa lebih produktif dalam memanfaatkan kredit. Selain itu, aset Anda juga aman dan menjauhkan risiko gagal bayar.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Tugas utama Bank Sentral adalah untuk menjaga stabilitas mata uang, menyelenggarakan peredaran uang, memajukan sistem perbankan, serta mengawasi kegiatan perbankan dan perkreditan.
 Yogi |  24 Jun 2021
Halaman: Pengaruh Suku Bunga Terhadap Perekonomian Suatu Negara
Besaran biaya tahunan pada kartu kredit berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya Semuanya tergantung pada bank penerbit kartu, umumnya semakin lengkap fitur kartu kredit dan semakin premium jenis kartu maka biaya tahunan akan semakin tinggi
 Lala Mc |  18 Oct 2021
Halaman: Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit
Pada kondisi tertentu, apabila tidak menyelesaikan utang yang ada, maka blacklist BI akan terhapus secara otomatis.
Hal ini merupakan bagian dari pembersihan sistem pada BI soal reputasi kredit. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk penghapusan secara otomatis tergolong lama.
 Wira Sudibyo |  19 Jan 2022
Halaman: Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Kredit Bank
umumnya untuk transaksi paypal dengan kartu kredit, namun saat ini sudah bisa transaksi paypal dengan kartu debit, namun hanya kartu debit berlogo MasterCard, VISA, dan American Express saja yang bisa digunakan untuk transaksi di PayPal
 Atta Liem |  25 Feb 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal
buat yang gajinya masih mepet, jangan sembarangan deh sama kartu kredit. apalagi skrg banyak yg promo gratis biaya 1 taun pertama. inget uy, taun-taun selanjutnya ada biaya tahunannya. mending nabung aja dulu deh, tahan keinginan daripada dikejar debt kolektor. hidup gak tenang buozzz
 Kang Komen |  7 Apr 2022
Halaman: Bolehkah Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu
1. BI Checking itu sekarang sudah tidak ada. Pengawasan kredit perbankan sudah jadi wewenang OJK, sehingga namanya diubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. 2. Cara pencatatan itu bukan cuma "si fulan menunggak utang" atau "si fulan tidak menunggak utang". SLIK punya sistem skor yang terdiri atas: Skor 1: Kredit Lancar, artinya kamu selalu memenuhi kewajiban untuk membayar cicilan tiap bulan beserta bunganya hingga lunas tanpa pernah menunggak.
Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK), artinya kamu tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari
Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya kamu tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari
Skor 4: Kredit Diragukan, artinya kamu tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari
Skor 5: Kredit Macet, artinya kamu tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.
 Aisha |  15 Jun 2022
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.00% 8.25% 7.25%
BCA 7.95% 8.20% 7.20%
Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
BTN 8.00% 8.25% 7.25%
OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
BTPN 6.17% 9.57% -
Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Kirim Komentar Baru