PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Tips Pemasaran Online Bisnis Kuliner Paling Ampuh Saat ini

Nandini 20 Oct 2020
Dibaca Normal 14 Menit
bisnis > online >   #bisnis-online
Ada banyak cara untuk memasarkan produk yang kini tengah Anda geluti. Salah satunya ialah melalui media online, seperti website atau media sosial.

DI

Anda ingin mulai berbisnis? Apakah Anda jago masak? Jika iya, tak ada salahnya lho untuk memulai bisnis kuliner. Bisnis kuliner kerap dianggap sebagai salah satu usaha yang paling menjanjikan. Kok bisa? Simpel saja, itu karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia demi kelangsungan hidupnya. Jadi, besar peluang bisnis Anda akan selalu laris.

Bisnis kuliner itu ada bermacam-macam, mulai dari makanan ringan atau camilan, makanan pokok, atau minuman tradisional hingga yang kekinian. Lalu, bagaimanakah cara memulai bisnis kuliner? Mari kita simak penjelasannya berikut.

Cara Memulai Bisnis Kuliner

 

Cara Memulai Bisnis Kuliner

Memulai bisnis kuliner itu bukanlah perkara yang sulit. Yang Anda butuhkan hanyalah keterampilan dan niat untuk usaha. Dari segi modal pun, bisa dibilang bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang tak terlalu besar. Katakanlah Anda  mengawali bisnis kuliner dengan berjualan gorengan. Modal yang dibutuhkan tentu kecil bukan?

Nah, bagi Anda para pemula bisnis kuliner, berikut kami berikan penjelasan mengenai cara memulainya.

 

1. Tentukan Kuliner Apa Yang Akan Anda Kembangkan

Di sini Anda harus memiliki ide kuliner apa yang akan digeluti; apakah makanan atau minuman, lokal atau mancanegara, makanan ringan atau makanan berat. Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis kuliner yang bisa kita jajakan, terutama kuliner khas dari kota tertentu, misalnya Yogyakarta yang terkenal akan gudegnya. Jadi, Anda bisa menjual gudeg sebagai usaha kuliner Anda.

Gudeg Jogja

Jangan lupa, buatlah keunikan di usaha kuliner Anda, alias unique selling point. Jangan hanya meniru yang dijual oleh orang lain. Misalnya ada penjual makaroni goreng atau makaroni kering dengan rasa pedas. Nah, Anda bisa mengembangkan usaha makaroni kering dengan berbagai rasa seperti BBQ, jagung bakar, dan lain sebagainya.

Keunikan produk menjadi nilai plus bagi usaha Anda. Kenapa? Itu diperlukan agar kuliner Anda tidak kalah saing dengan produk kompetitor.

 

2. Persiapkan Modal

Selain ide, modal merupakan faktor penting dalam semua bisnis. Tanpa modal, bisnis tidak akan bisa berjalan. Setelah memiliki ide, ini waktunya Anda merealisasikannya. Ketahui dulu berapa biaya yang dibutuhkan untuk usaha yang dirintis, lalu sesuaikan dengan modal yang Anda punya.

Apabila Anda tak memiliki modal cukup banyak, Anda bisa berjualan gorengan. Atau misalnya Anda memiliki modal 1 juta dan ingin berjualan makanan ringan, Anda bisa menitipkannya di warung atau toko kecil di sekitar rumah. Namun, jika Anda punya modal yang besar, Anda bisa membuka toko kecil di mana sekiranya banyak orang yang berminat pada bisnis camilan Anda.

Modal untuk camilan(Baca Juga: Rekomendasi Usaha Dengan Modal Mulai 10 Juta)

 

3. Tentukan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis, Anda juga harus menentukan terlebih dahulu target pasarnya. Yang dimaksud dengan target pasar adalah siapa calon pembeli Anda dan berapa daya belinya. Jangan sampai Anda membuka usaha, tetapi target pasarnya salah. Misalnya, Anda membuka usaha X, tetapi masyarakat tidak menyukainya. Atau Anda membuat usaha kuliner untuk kelas menengah ke atas, sedangkan daya beli masyarakat menengah ke bawah. Jika demikian yang terjadi, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian.

 

4. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Bagaimana sih cara agar kuliner kita dikenal masyarakat?

Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pebisnis kuliner pemula. Nah, jawabannya adalah pemilihan lokasi. Semakin strategis lokasi bisnis, maka akan semakin baik. Apabila usaha Anda ada di tempat strategis, itu akan memperbesar peluang produk Anda lebih dikenal masyarakat, begitupun sebaliknya.

Pemilihan Lokasi Bisnis

 

5. Tentukan Supplier Berkualitas

Memilih supplier yang memberikan bahan berkualitas bagus dapat meningkatkan penjualan. Tentunya semakin berkualitas bahan bakunya, maka akan semakin bagus juga produk kuliner yang Anda tawarkan. Konsumen pun akan puas dan bisa saja mereka menjadi pelanggan tetap. Karena bahan yang digunakan berkualitas, usaha kuliner Anda akan dicap baik.

 

6. Tentukan Strategi Pemasaran

Agar usaha kuliner dapat maju dan berkembang cepat, Anda perlu membuat strategi pemasaran yang tepat. Dengan adanya strategi pemasaran, Anda bisa mengetahui langkah apa yang akan diambil dalam memasarkan produk untuk jangka panjangnya. Lantas seperti apa strateginya?

Anda bisa memulainya dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut, di media sosial, bekerja sama dengan influencer (melakukan endorsement), atau menjalin kerja sama dengan vendor tertentu.

Memanfaatkan endorsment(Baca Juga: Trik Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis)

Di era yang sudah serba digital ini, founder bisnis kuliner lebih memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menawarkan produk mereka. Promosi online ini dianggap sebagai cara yang penting untuk dilakukan. Apa alasan mereka lebih suka promosi online? Lalu, bagaimanakah caranya? Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

 

Mengapa Bisnis Kuliner Perlu Pemasaran Online?

Apakah Anda pernah mendapati postingan iklan kuliner tertentu? Misalnya, iklan minuman dan makanan kekinian seperti Thai Tea, Boba Drink, makaroni kering? Nah, itu semua ada alasannya lho. Ada enam alasan kenapa bisnis kuliner harus dipromosikan online.

 

A. Semua Sudah Serba Go Online

Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini, kehidupan manusia sudah berubah drastis. Dahulu, semua masih serba konvensional, tetapi sekarang hampir semuanya sudah online berkat adanya internet. Nah, dengan memanfaatkan internet, resto atau usaha kuliner Anda akan dikenal oleh masyarakat luas, bahkan Anda juga bisa merajai pasar secara global.

Coba bayangkan saja jika di zaman sekarang Anda belum mempromosikan produk secara online, akankah banyak orang tahu tentang kuliner Anda? Jawabannya pasti tidak. Promosi offline hanya bisa menarik sedikit pelanggan karena besar kemungkinan mereka tahu dari mulut ke mulut dan merupakan masyarakat setempat.

Promosi di Instagram(Baca Juga: Ingin Menghasilkan Uang Dari Instagram? Begini Caranya!)

 

B. Dekati Pembeli Dengan Teknik Retargeting

Retargeting atau pemasaran ulang adalah teknik periklanan online dengan cara membawa kembali calon pembeli atau pembeli ke situs kuliner apabila mereka sudah pernah mengunjungi situs Anda sebelumnya. Teknik promosi ini juga memiliki beberapa manfaat di antaranya akan meningkatkan penjualan dan brand awareness pada pelanggan atau calon pembeli.

 

C. Memudahkan Pembeli Menemukan Resto Kuliner Anda

Anda sudah melakukan promosi online bukan? Kalau sudah, pembeli akan mudah menemukan resto atau cafe lewat Google Maps dengan hanya mengetikkan nama resto Anda di pencarian. Oleh karena itu, cantumkan alamat lengkap Anda di Maps sejelas dan sespesifik mungkin.

 

D. Memudahkan Pembeli Menemukan Resto Kuliner Anda

Yang di maksud di sini adalah Anda perlu menuliskan beberapa informasi seputar kuliner yang Anda jual (selain mencantumkan alamat), seperti menu makanan dan minuman, harga, jam buka, dan fasilitas yang disediakan. Selain itu, jangan lupa untuk memasang foto-foto resto atau kafe Anda dengan visual se-estetik mungkin.

Promosi di Instagram

Nah, untuk lebih meyakinkan calon pembeli, Anda perlu menampilkan juga review dari pengunjung Anda sebelumnya. Untuk itu, Anda harus memberikan service dan cita rasa kuliner terbaik. Ini akan menjadi bukti bahwa resto atau kafe Anda memang layak untuk didatangi.

 

E. Meringkas Budget Promosi

Promosi digital adalah promosi paling murah yang bisa dilakukan oleh founder usaha kuliner. Pebisnis kuliner bisa berpromosi menggunakan blog gratis atau platform online seperti Google Ads, Facebook Ads, dan yang lainnya. Kenapa digital marketing bisa dianggap meringkas budget promosi?

Sekarang kita bayangkan saja apabila kita masih promosi dengan cara yang tradisional yaitu menyebarkan selebaran atau pasang baliho, bukankah biayanya justru berlipat-lipat? Berapa uang yang harus keluar untuk mencetak selebaran? Belum lagi biaya yang keluar untuk pasang baliho? Bukankah itu lebih rumit dan banyak perhitungannya? Nah, dengan digital marketing, semua tinggal sekali klik saja. Memang kelihatannya rumit, tetapi justru itu lebih murah dan dampaknya luas.

Digital Marketing

 

F. Menjadi Lebih Dekat Dengan Customer

Melalui iklan online, pembeli bisa lebih mudah berkomukasi dengan penjual melalui pesan. Untuk itu sebagai penjual, Anda harus bersikap baik dan sopan terhadap pembeli untuk menciptakan situasi yang professional. Bangunlah hubungan yang lebih efektif dengan para pelanggan.

Beberapa ulasan di atas merupakan alasan-alasan mengapa Anda perlu memasarkan resto atau kafe secara online. Bisa dibilang, pemasaran +online lebih menguntungkan, bukan? Ayo segera beralihlah ke promosi online!

 

Cara Pemasaran Bisnis Kuliner

Setelah Anda memahami beberapa nilai plus dari digital marketing, tentunya Anda seperti merasa tergiur untuk mencoba mengimplementasikannya ke bisnis Anda, bukan? Nah, kami akan memberikan beberapa cara pemasaran bisnis kuliner yang bisa Anda coba.

 

A. Gunakan Foto Dan Copywriting

Dalam bisnis online, Anda perlu copywriting untuk memasarkan produk. Copywriting adalah tulisan yang dibuat untuk mengenalkan produk kuliner sehingga dapat menarik masyarakat untuk membeli atau menggunakan jasa. Copywriting ini dibuat untuk membidik target pasar tepat sasaran. Copywriting biasanya berupa tulisan singkat, tetapi memiliki daya promosi suatu brand.

Pentingnya copywriting

Copywriting dalam bisnis harus memperhatikan beberapa poin penting antara lain:

  • bahasa harus persuasif, sehingga dapat menarik audien untuk membaca dan membeli produk,
  • gunakan judul yang unik dan menarik,
  • pastikan tulisan yang dibuat enak dibaca dan jangan terlalu kaku,
  • berikan juga informasi yang spesifik dan menonjol dari produk Anda.

Selain copywriting, foto juga bisa digunakan untuk pemasaran bisnis kuliner. Penggunaan foto dapat meyakinkan pelanggan terhadap kuliner yang Anda tawarkan dan menambah nilai jual. Eittss, tetapi menggunakan foto sebagai media penjualan juga ada tekniknya lho, misalnya:

  • tonjolkan sisi terbaik dari bisnis kuliner Anda,
  • gunakan background dan aksesoris yang sesuai,
  • atur pencahayaan dan komposisi foto,
  • sesuaikan foto dengan tren,
  • editlah foto sebaik dan semenarik mungkin.

 

B. Buatlah Website

Promosi melalui website dianggap lebih menantang. Jika Anda baru membuat website, tentunya akan sulit untuk mendapatkan pengunjung. Untuk itu, Anda harus untuk selalu aktif agar traffic website menjadi lebih ramai. Cobalah membagikan link ke teman-teman atau kenalan Anda. Pastikan juga bila konten website selalu di-update.

Website Untuk Promosi

 

C. Aplikasikan Optimasi SEO

SEO (Search engine Optimization) adalah strategi untuk mengoptimalkan website agar berada di halaman pertama search engine. Nah, SEO sendiri berkaitan dengan promosi lewat website. Anda diminta mengaplikasikan teknik SEO marketing di website agar berada di halaman pertama search engine, sehingga besar kemungkinan website Anda ramai pengunjung. Poin utama yang digunakan untuk dalam SEO adalah strategi keyword.

Misalnya saja Anda berjualan bakso di daerah Jakarta, besar kemungkinan orang yang ingin makan bakso di Jakarta akan mencari kata kunci di search engine dengan "bakso enak di Jakarta". Untuk itu,pastikan Anda memasukkan keyword tersebut dalam artikel Anda.

 

D. Buat Akun Profil Google Bisnisku

Google memberikan fitur yang bisa digunakan secara gratis untuk mempromosikan bisnis Anda lho, yaitu Google My Business alias Google Bisnisku. Fitur ini akan memudahkan konsumen menemukan bisnis Anda. Cara mengklaimnya pun mudah; masuk ke halaman Google Bisnisku dan klik "Mulai Sekarang" untuk mengisi detail bisnis Anda. Jangan lupa untuk memverifikasi akun sebagai tanda bahwa Andalah pemilik yang sah.

Google My Business

 

E. Manfaatkan Media Sosial

Selain website, media sosial juga dianggap penting untuk sarana digital marketing, bahkan cara ini dianggap lebih mudah. Zaman sekarang, siapa sih yang tidak memiliki sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram dan yang lainnya?

Faktanya, masyarakat kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial. Untuk itu, buatlah akun media sosial untuk bisnis kuliner Anda. Jangan lupa untuk rutin memposting konten menarik, up-to-date, dan aktif berinteraksi dengan konsumen.

 

F. Berikan Promo Dan Diskon

Nah, ini dia yang menjadi incaran para konsumen, apalagi kalau bukan diskon dan promo menarik. Namun, sebelum memberikan diskon dan promo, Anda perlu tahu strateginya, antara lain:

  • Buat konsep yang unik, contohnya penamaan promosi bulan Agustus, Anda bisa memberikan promo bagi orang-orang bernama Agus atau lahir di bulan Agustus, untuk makan gratis atau dapat diskon setengah harga.
  • Berikan diskon atau promo di waktu tertentu, misalnya di awal atau akhir tahun.

Diskon makan

  • Jangan lupa untuk "memainkan" psikologi harga, yaitu trik membuat harga kuliner Anda dengan berselisih. Jika di hari biasa harga nasi goreng Rp11,999, saat promo tuliskan jadi Rp 9,999, maka orang-orang akan berpikir harganya lebih murah dari Rp 10.000.
  • Adakan juga diskon dan promo bagi pengguna kartu kredit, atau pengguna dompet digital kekinian sebagai metode pembayaran.

 

G. Membuat Daftar Pelanggan

Mencatat nama-nama atau identitas pelanggan berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda. Dengan adanya daftar pelanggan, Anda bisa dengan mudah mengetahui pasar target bisnis kuliner Anda. Selain itu, Anda bisa mengubah strategi bisnis sesuai dengan pasar. Apabila strategi sebelumnya kurang efektif, Anda bisa mengubah strategi marketing Anda sesuai kebutuhan pasar berdasarkan daftar pelanggan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan mereka untuk membantu pemasaran.

 

H. Manfaatkan Facebook Ads

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna. Selain sebagai sarana komunikasi, Facebook bisa dimanfaatkan untuk promosi kuliner melalui Facebook Ads. Kelebihan promosi dengan Facebook Ads adalah Anda bisa dengan mudah mengarahkan bisnis Anda pada target pasar, menyesuaikan budget promosi, meningkatkan brand awareness, dapat menambahkan gambar sesuai dengan keinginan.

Facebook Ads(Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Facebook)

Namun, beriklan di Facebook juga memiliki kekurangan, antara lain kurang mendapat perhatian dari users karena mereka akan sibuk berselancar di Facebook, iklan tidak teratur, hingga visibilitas iklan yang terbatas pada Facebook users saja.

 

I. Manfaatkan Google Ads

Selain Facebook, Google juga memberikan fitur layanan iklan, yaitu Google Ads. Cara kerja Google Ads sendiri kurang lebih sama dengan Facebook di mana Anda bebas menentukan isi iklan dan biayanya. Kelebihan menggunakan Google Ads antara lain:

  • target lebih spesifik dan global karena akan disesuaikan dengan kata kunci yang dicari,
  • traffic pengunjung akan lebih cepat naik karena pemasarannya global dan bahkan bisa di akses di seluruh dunia,
  • situs bisnis Anda langsung ada di halaman pertama,
  • pastinya penjualan akan naik.

Sayangnya, penggunaan Google Ads dengan terbilang lumayan mahal, serta pembayaran jasanya menggunakan kartu kredit/PayPal.

 

Contoh Strategi Digital Marketing Bisnis Kuliner

Nah, Anda sudah membaca tentang tips memulai bisnis kuliner dan cara pemasarannya, bukan? Untuk itu, segera lakukan ke usaha kuliner Anda. Namun, bagi Anda yang masih ragu, Anda bisa melihat bagaimana resto atau kafe ternama melakukan digital marketing mereka seperti yang di bawah ini.

 

1. Puyo Dessert

Ini merupakan gerai kuliner yang menjual pudding. Pudding Puyo ini memiliki tekstur soft dan kenyal, serta pengemasannya menarik sehingga lebih kekinian. Menurut keterangan ownernya, modal awal yang digunakan untuk membuka bisnis Puyo Dessert ini hanya sekitar 5 juta, dengan target pasar ke keluarga dan kerabat dekat.

Puyo Dessert

Sang owner kemudian mulai mempromosikan dessert lewat Instagram. Tak disangka, respons masyarakat amat baik sehingga mereka memutuskan untuk membuka gerai. Berawal dari modal 5 juta saja, omzet Puyo Dessert kini bahkan sudah mecapai miliaran Rupiah.

 

2. Space Roastery

Nah, kalau yang satu ini merupakan rumah bagi para pecinta kopi. Space Roastery adalah tempat sangrai kopi yang ada di Yogyakarta. Pemiliknya juga menggunakan teknik digital marketing dalam pemasarannya. Selain itu, mereka juga memanfaatkan media sosial, seperti Instagram dengan akunnya @space.roastery.

Coffee Roastery di Jogja

 

3. Sate Ratu

Selain dessert dan kopi, makanan pun juga bisa dipasarkan secara online, salah satunya adalah Sate Ratu. Sate merupakan kuliner lokal yang digandrungi masyarakat Indonesia. Namun jangan salah, para turis asing pun juga suka sate lho.

Sate Ratu sendiri juga sering dikunjungi oleh wisatawan asing dari mancanegara. Sate Ratu membuat inovasi menu sate di mana mereka menyediakan sate merah, sate lilit dan ceker tugel. Yang membedakan dari resto sate lainnya adalah menu sate merahnya, yang juga menjadi best seller di Sate Ratu.

Sate Ratu

 

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap mengenai tips dan cara melakukan digital marketing untuk usaha kuliner Anda. Jangan ragu untuk mulai mempromosikan kuliner Anda secara online, segera buat website dan akun media sosial Anda, serta raup keuntungannya!

Terkait Lainnya
 
PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 22 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 1 hari, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 1 hari, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 1 hari, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 1 hari, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Modal minimal $1000, trade dengan lot 0.01 yang nilainya 100 kontrak size, pasti aman surahman.he he ---
Ini pak Bayu teman seperjuangan, diawal awal bisnis Online, saat mencari dolar di dunia maya. Entah kemana sekarang, Padahal dulu sering komunikasi. setelah YM/yahoo off, hilang jejak.
 Basir Mubarok |  22 Oct 2018
Halaman: Trading Tanpa Loss Ala Marcelino Livian
Jgn lupa banyak aspek yg perlu diperhatikan spy bisnis online g kandas di tengah jalan, misalnya pengetahuan sblm memulai suatu bisnis. Pengetahuan di sini sangat luas baik pengetahuan ttg ilmu berbisnis, target pasar dan lain sebagainya. Klo mw liat aspek lain sblm berbisnis bisa dicek nih di artikel ini: Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online.
 Saikon |  2 Sep 2020
Halaman: Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Terbukti Menghasilkan
Artikel ini dibuat tahun 2011 dan sampai tahun 2022 Forex masih tetap menjanjikan! Benar apa yang ditulis, perdagangan Forex itu perdagangan yang aktif 24 jam selama 5 hari kerja dengan volume dagangannya yang gede banget. Aku setuju dengan poin poin yang disampaikan diatas Berbeda dengan bisnis online lain yang perlu stok dan apabila tidak terjual maka akan terjadi kerugian. Sedangkan di Forex apabila di hold terkadang mendatangkan profit gede lho meski ya ada kadang kala rugi tapi tetap bisa ditahan sampai untung, sederhananya seperti itu. Semakin tahun ke tahun broker semakin banyak pilihan dan dimudahkan bagi trader untuk berdagang valuta asing. Memang akan terjadi persaingan antar broker tetapi untuk trader malah menguntungkan lho karena dengan pilihan yang banyak bisa mencocokkan diri dengan broker broker yang ada Poin 3 tidak ada pesaing, memang betul banget untuk trader. Ga ada lho ya ada yang jual mata uang tidak sesuai ketentuan nilai currency yang ada. Semua ada regulasi yang jelas jadi 1 harga berlaku untuk semua dan bila ada perbedaan juga tipis sekali. Berbeda banget dengan dagang online lainnya yang benar-benar harus perang harga apalagi muncul marketplace dimana mana yang penjualnya semua berlomba-lomba banting harga karena harga ditampilkan ke pembeli dan tentu pembeli cari yang termurah dengan barang yang sama. Last ya tentunya betul bahwa memang untung banget kalau forex, jadi bisa take profit sebanyak yang diinginkan Tapi kembali lagi ini pendapat pribadi yang benar-benar setuju dengan artikel ini meski ya Forex itu perdagangan yang mengandung resiko, kalau salah langkah ya bisa abis uang kita. Jadi tentunya seperti berbisnis, kita mesti belajar terus dan menghindari kerugian yang bisa diperhitungkan. Pasti ada rugi atau untung, namanya juga bisnis.
 Zena |  28 Oct 2022
Halaman: Benarkah Forex Trading Adalah Bisnis Online Paling Menjanjikan
Saya kurang setuju ya kalau disebutkan ini merupakan bisnis online yang menjanjikan apalagi di tahun 2022 ini merupakan tahun yang sulit buat perekonomian di sebuah negara. Udah terhantam badai covid-19, perang rusia-ukraina yang menyebabkan krisis energi di benua eropa dimana ekspor tujuan Indonesia ada disitu, permintaan turun, pasar lesu, dan krisis geopolitik dan pangan dibeberapa negara. Hal ini menyebabkan market forex juga bergejolak. Mungkin buat para trader yang udah lama di dunia Forex masih menjanjikan tetapi bagaimana dengan yang baru saja terjun ke dunia Forex? Selain itu perlu mental dan latihan yang disiplin baru bisa terjun ke dunia Forex, udah ga rugi udah bersyukur. Menurut saya, Forex hanya dapat dikatakan menjanjikan bagi yang memiliki intuisi pasar yang kuat serta money management yang displin.
 Jordi |  13 Nov 2022
Halaman: Benarkah Forex Trading Adalah Bisnis Online Paling Menjanjikan
Bedanya kalau trading sendiri dengan yang pakai broker itu, dalam sisi apa ya? Masih bingung juga dengan katanya kita nggak ada pesaing? Itu maksudnya ketika kita posisi jual, itu berarti kita langsung dapat untung begitu? atau karena keputusan kita sell atau buy itu ya kita yang menentukannya sendiri? kalau misalnya kita mau trading sendiri, kenapa perlu modal yang besar ya? kalau misalnya pakai modal yang kecil dulu, itu kenapa nggak bisa trading sendiri? kenapa disarankan pakai broker? Kalau memang forex ini bisnis online yang paling menjanjikan, apakah itu berarti pelakunya dijamin akan untung atau cuan gitu? Tanpa peduli mau pasang berapa; sedikit atau banyak? Terus, apa memang nggak ada kemungkinan akan rugi banyak?
 Juliana |  14 Nov 2022
Halaman: Benarkah Forex Trading Adalah Bisnis Online Paling Menjanjikan
1. Perbedaan trading sendiri dengan pakai broker ada pada mekanisme jalur transaksi. Trading sendiri (tanpa broker) bisa Anda lakukan dengan mendaftar pada bank (seperti JPMorgan atau Citibank) dimana Anda langsung transaksi ke jaringan interbank melalui mereka. Namun, untuk membuka akun ini dibutuhkan dana setidaknya sebesar 1juta USD atau sebesar 15 Miliar rupiah. Namun, jika Anda tidak mempunyai dana trading senilai di atas, Anda harus melalui broker agar dengan dana yang lebih kecil (bahkan cuma $1000) sudah bisa trading forex. 2. Tidak ada pesaing di atas konteksnya merujuk kepada perbandingan dengan bisnis online. Dalam bisnis online, kita tentu akan mengalami perang harga. Namun, dalam trading harga hampir sama di setiap broker, sehingga dimanapun broker Anda trading, harganya tetap sama. Ini bukan berarti kita selalu untung, tapi siapa yang timing masuk marketnya bagus akan memperoleh untung. Dalam trading timing adalah kunci utama. 3. Trading sendiri perlu modal besar karena pada dasarnya trading forex itu mahal. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 1 di atas, Anda trading sendiri langsung ke bank membutuhkan dana besar karena leverage kecil. Tanpa leverage (1:1), 1 lot minimal membutuhkan dana 100K USD. Kalau Anda tidak mempunyai 1juta USD, Anda membutuhkan broker sebagai "jembatan" transaksi ke market. 4. Tidak ada satupun bisnis (termasuk pasar keuangan) yang pasti/menjamin untung. Sama halnya dengan trading forex, ada risiko yang harus Anda pahami. Forex sebagai bisnis online paling menjanjikan artinya potensi keuntungan dari trading forex sangat besar. Jika Anda seorang trader profesional, maka trading bisa menjadi "mesin uang" Anda. Sebagai contoh, jika Anda trader profesional dan bisa konsiten profit 5% sebulan maka Anda sudah termasuk dalam jalur kaya. Kenapa? Karena 5%/bulan ini sangat besar. Kebanyakan trader Indonesia melihat 5% sebulan kecil karena modalnya kecil. Modal $1000 profit 5% = $50 Modal $100,000 profit 5% = $5,000 Sama-sama 5%, tapi sangat jauh nominalnya. Anda punya skill tapi modal minim? Tenang, Anda bisa masuk ke prop firm yang menyediakan dana untuk Anda trading. Saat ini, banyak prop firm yang menawarkan trader profesional untuk mengelola dananya dengan sistem bagi hasil keuntungan. Tidak tanggung-tangung, ada yang modal sampai 1juta dollar.
 Kiki R |  15 Nov 2022
Halaman: Benarkah Forex Trading Adalah Bisnis Online Paling Menjanjikan
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.05% 8.30% 7.30%
BCA 7.90% 8.10% 7.20%
Mandiri 8.05% 8.30% 7.30%
BTN 8.05% 8.30% 7.30%
OCBC NISP 8.25% 8.75% 8.00%
BTPN 7.64% 10.36% -
Danamon 8.50% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.30%
HSBC Indonesia 7.00% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Kirim Komentar Baru