Tren Investasi Baru di Saham NFT, Apa Itu?

Nandini 28 Feb 2022
Dibaca Normal 5 Menit
kripto > uang >   #investasi-kripto   #nft
Setelah koin kripto, aset investasi berbasis blockchain yang naik daun selanjutnya adalah saham NFT. Namun sebelum terjun ke dalam tren baru ini, pelajari dulu seluk-beluknya.
DI

Belum lama ini, NFT makin populer di kalangan masyarakat. Berawal dari kepopuleran seorang investor lokal muda yang meraup untung sekitar miliaran rupiah dari NFT, banyak orang mulai tertarik untuk mencari tahu bahkan berminat untuk mencoba investasi NFT ini.

NFT sendiri adalah karya seni digital dengan token dari teknologi blockchain. Pengguna NFT bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan relatif besar. Tidak hanya dalam bentuk NFT "biasa", Anda juga bisa berinvestasi dengan saham NFT.

 

Mengenal Apa Itu Saham NFT

Istilah saham NFT muncul ketika banyak orang mulai memperhatikan lonjakan yang terjadi di pasar NFT. Saham NFT adalah saham milik suatu perusahaan yang ingin menggunakan teknologi tersebut. Perusahaan bisa memanfaatkan teknologi ini dengan meluncurkan NFT-nya sendiri atau berinvestasi di dalamnya.

Dengan meluncurkan NFT, perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang menyediakan NFT sebagai produk mereka. NFT yang diproduksi akan disediakan untuk perusahaan itu sendiri atau untuk memenuhi kebutuhan klien.

Sementara itu, perusahaan yang berinvestasi pada NFT akan memperoleh pertambahan nilai apabila aset yang mereka pilih mengalami kenaikan harga. Jadi apabila Anda memegang saham perusahaan yang berkecimpung di bidang NFT, maka secara tidak langsung Anda juga ikut mendapat keuntungan atau kerugian dari fluktuasi NFT.

Simak Juga: Belajar NFT (Non-Fungible Token) untuk Pemula

Saat ini, saham NFT tumbuh subur karena diminati oleh berbagai pihak. Banyaknya kemudahan untuk bisa terjun ke dunia NFT memang meningkatkan minat para investor untuk berinvestasi di sana. Di pasar NFT akan terlihat saham mana yang terapresiasi dan terdepresiasi, kemudian Anda bisa mengambil keputusan untuk berinvestasi ke saham perusahaan mana yang Anda minati.

 

Perbedaan NFT dengan Saham NFT

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia NFT, Anda harus memahami perbedaan dari NFT dengan saham NFT terlebih dahulu. NFT (Non-Fungible Token) dikenal sebagai aset digital dengan token yang tak dapat diduplikasi. Aset ini berupa karya seni yang didigitalisasi oleh pemiliknya.

Tren Investasi Baru di Saham NFT, Apa Itu?

Sebenarnya, NFT bisa berupa apa saja. Namun, yang sering dijadikan NFT adalah karya seni, mulai dari foto, video, rekaman audio, gambar atau ilustrasi, GIF, serta tweet-pun bisa dijadikan NFT. Jika Anda memiliki beberapa karya tersebut, Anda bisa menjadikannya aset NFT lho.

Dengan teknologi NFT, karya yang Anda jadikan NFT akan diberi kode unik untuk membedakan mana NFT yang asli dan mana yang duplikat. Hal inilah yang membuat NFT menjadi diminati banyak orang. Karya seni digital orisinil dan unik sangat potensial untuk dijual dengan keuntungan besar.

Simak Juga: Panduan Bisnis Jual NFT Untuk Pemula

Sedangkan saham NFT adalah saham dari perusahaan yang memanfaatkan teknologi NFT. Saham tersebut bisa Anda beli atau jual melalui platform penyedia saham NFT. Jika di NFT Anda harus memiliki karya seni sendiri, maka tidak demikian halnya apabila berinvestasi di saham NFT.

Anda cukup berinvestasi di perusahaan yang menggunakan teknologi NFT tersebut untuk bisa ikut memiliki sahamnya. Tentunya, ini bisa menjadi solusi alternatif bagi Anda yang ingin terjun langsung ke dunia NFT, tetapi tertarik untuk mengambil keuntungan dari potensi kenaikan nilainya.

 

Saham NFT Populer

Seiring dengan populernya kemunculan NFT, banyak orang yang berbondong-bondong mencoba peruntungan mencari cuan dengan NFT. Tidak sedikit pula yang berminat untuk investasi di sahamnya.

Simak juga: 10 Perusahaan Top Ini Bersaing di Dunia Metaverse

Berikut beberapa saham NFT yang sedang naik daun untuk Anda pertimbangkan:

 

eBay

Siapa yang tidak kenal eBay? Perusahaan penyedia marketplace online ini sekarang telah menyediakan NFT juga lho. Akan tetapi, eBay hanya bisa menerima transaksi mata uang fiat. Hal ini membuat eBay menjadi lebih mudah untuk diakses oleh banyak orang daripada perusahaan yang menggunakan mata uang kripto sebagai alat transaksinya.

Dengan pangsa pasarnya yang besar, eBay berpotensi membantu menstabilkan pasar NFT ketika terjadi volatilitas tinggi dalam cryptocurrency.

 

Cloudflare

Cloudflare merupakan perusahaan penyedia layanan cloud. Layanan NFT di sini memungkinkan mana Cloudflare untuk menjadikan konten video sebagai NFT. Perusahaan dari Amerika Serikat ini memanfaatkan teknologi NFT sebagai inovasi baru perusahaan yang bisa makin meningkatkan kepopuleran NFT di masa depan.

Simak juga: Investasi Saham Vs Kripto untuk Jangka Panjang

 

Dolphin Entertainment

Dolphin Entertainment adalah perusahaan penyedia konten hiburan digital. Belum lama ini, perusahaan tersebut turut berkecimpung di dunia NFT dengan meluncurkan sendiri layanan NFT-nya, yakni Dolphin Digital Studios.

Dari layanan tersebut, Dolphin Entertainment tidak hanya akan memproduksi NFT-nya sendiri, tetapi juga melayani produksi NFT untuk klien mereka. Selain itu, perusahaan ini juga menggandeng Hall of Fame Resort & Entertainment dan West Realm Shire Services untuk bekerjasama. Mereka akan fokus dalam bidang olahraga dan hiburan.

 

Tips Memulai Investasi Saham NFT

Jika Anda ingin mencoba investasi saham NFT, Anda perlu mempelajari dan memahami cara kerja dari NFT itu sendiri. Pemilihan platform juga menentukan potensi dari NFT yang Anda miliki.

Tren Investasi Baru di Saham NFT, Apa Itu?

Dengan makin meningkatnya popularitas NFT, peluang untuk sukses dalam investasi sahamnya akan cukup besar juga. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan risikonya juga.

Investasi saham NFT rentan mengalami fluktuasi tajam mengingat nilainya bisa turun dari waktu ke waktu. Apalagi, keterkaitan NFT dengan platform Ethereum membuatnya terseret turun apabilai nilai ETH jeblok. Sehingga, Anda perlu mempelajari Ethereum juga agar bisa mengantisipasi dampaknya terhadap nilai NFT.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

@Yudha Bagas Selain Ethereum dan Solana, NFT juga ada di banyak Blockchain, seperti Polygon, Matic, Binance Smart Chain, EOS, dan lain-lainnya. Dan kenapa Blockchain bisa ada banyak, itu karena adanya pengembangan kegunaan Blockchain dan tentu saja persaingan bisnis. Apabila pengembang Blockchain ingin menciptakan koin sendiri, maka harus memiliki Blockchain sendiri. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca dua artikel mengenai Blockchain, yaitu Mengenal Beragam Lapisan Pada Blockchain dan Apa Saja Jenis Blockchain Yang Perlu Diketahui?
 Evan |  2 Jun 2022
Halaman: Mengenal Ekosistem Nft Berbasis Blockchain Solana
Bisa, mbak. Tapi juga jangan asal serok, pahami dulu risiko investasi kripto juga. Apalagi ini pasar kripto sedang memasuki masa bear market, jadi mending kalau mbak Indah mau serok, jangan langsung pakai semua dana yang ada. Bisa juga coba pakai strategi Dollar Cost Averaging. Untuk tahu lebih lengkap soal apa itu Dollar Cost Averaging, mbak Indah bisa coba cek di postingan ini. Salam.
 Evan |  3 Jun 2022
Halaman: Stocktoflow Cara Memprediksi Harga Bitcoin Di Masa Depan
Bantu jawab ya pak: Dari sisi alur transaksi di platform kripto, dengan sendirinya hal demikian akan membuat transaksi batal karena nampaknya pajak dan biaya trading adalah satu kesatuan, tidak terpisah-pisah. Di beberapa negara, investor kripto yang menolak untuk membayar pajak atau tidak memasukan investasi kripto dalam laporan pajaknya, dapat mengakibatkan denda, penalti, bunga, audit, dan bahkan sampai terancam pidana. Begitu sih kabarnya.
 Athar |  6 Jun 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menghitung Pajak Kripto Di Indonesia
Apakah untuk aplikasi yang versi PC, itu langsung jadi dalam bentuk NFT seperti kalau kita minting di OpenSea atau marketplace lainnya?
 Francis Van ... |  7 Jun 2022
Halaman: Aplikasi Pembuat Nft Terbaik Untuk Pemula
Selama sebuah perusahaan memiliki aset NFT yang terdaftar di exchanger, maka saham NFT nya bisa diperjual belikan. Di Indonesia, ada Tokocrypto yang menyediakan platform jual belinya sendiri (TokoMall). Kalau yang internasional, bisa ke OpenSea, Nifty Gateway, atau Rarible. Perusahaan seperti Axie juga menjual token NFTnya di platform Axie Marketplace. Untuk referensi, bisa cek pada artikel berikut: Ulasan Tokocrypto, Exchange Lokal Dengan Fitur Marketplace NFT Panduan Platform Jual Beli NFT dan Plus Minusnya
 Ananta |  7 Jun 2022
Halaman: Tren Investasi Baru Di Saham Nft Apa Itu
Untuk aplikasi versi PC, sebaiknya Anda save dulu sesuai format gambar yang sesuai, lalu diupload secara manual ke platform-platformnya. Untuk upload di OpenSea, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Beli koin kripto terlebih dahulu (biasanya Ethereum), lalu buat dompet digital, salah satu yang recommended adalah MetaMask. Selanjutnya, koneksikan wallet Anda dengan akun OpenSea. Jika sudah ada akun, maka langkah selanjutnya: 1. Buka profil OpenSea Anda dan pilih "Koleksi Saya". 2. Pilih "Buat" untuk membuat koleksi baru. 3. Masukkan koleksi sesuai dengan desain Anda sendiri. 4. Klik "Tambah Item Baru". 5. Unggah NFT dan berikan Namanya. 6. Berikan isi, deskripsi, level, dan aspek lainnya yang dibutuhkan. 7. Jika sudah selesai, klik "Create", maka NFT Anda sudah terdisplay. Selain OpenSea, Anda juga bisa upload NFT ke Rarible atau situs lainnya. Bisa simak panduan selengkapnya di artikel: Cara Minting NFT di Berbagai Platform.
 Ananta |  7 Jun 2022
Halaman: Aplikasi Pembuat Nft Terbaik Untuk Pemula
Saham Untung
Kode Saham Last Change  
MBAP 8,600 4.88%
ADMR 1,770 7.93%
ASSA 1,740 7.74%
MPRO 770 6.21%
MEDC 620 5.98%
ESSA 1,130 7.62%
PNBS 75 5.63%
IBST 9,100 6.12%
MDKA 4,480 6.92%
BUMI 140 5.26%

Komentar[3]    
  Tere   |   6 Jun 2022

Platform buat beli saham NFT itu apa aja kak?

  Ananta   |   7 Jun 2022

Selama sebuah perusahaan memiliki aset NFT yang terdaftar di exchanger, maka saham NFT nya bisa diperjual belikan.

Di Indonesia, ada Tokocrypto yang menyediakan platform jual belinya sendiri (TokoMall). Kalau yang internasional, bisa ke OpenSea, Nifty Gateway, atau Rarible. Perusahaan seperti Axie juga menjual token NFTnya di platform Axie Marketplace.

Untuk referensi, bisa cek pada artikel berikut:

  Tere   |   15 Jun 2022

Oke. Terima Kasih.