US OIL (WTI): Waspadai Reversal Di Area Swing Dan Low Harian

Ardi99 12 Nov 2018 151

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US OIL. Harga membentuk pola dan reaksi yang menarik untuk peluang hari ini sampai 16 November 2018.

Simak US OIL (WTI) dalam Daily Chart berikut:

US OIL Daily - 12 November 2018

Dalam gambar chart di atas, harga terlihat masih bergerak dalam arus Downtrend yang cukup kuat sejak beberapa minggu lalu. Harga yang tidak mengalami perlawanan beli kuat di sekitar garis EMA200 menggambarkan betapa kuatnya arus Downtrend yang berasal dari animo jual para trader.

Pada analisa minggu ini, saya coba memetakan adanya Area Swing yang berasal dari indikasi pertama pada arus Bullish sebelumnya. Selain itu, ada pula Area Low yang berasal dari titik terendah pada arus kenaikan di chart Daily. Keduanya saya coba asumsikan mampu menjadi tempat perlawanan beli yang lebih baik (koreksi), sehingga harga kemungkinan bisa mengalami reversal (menjadi Uptrend) dari area-area tersebut.

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US OIL dalam 4-hour chart berikut:

US OIL H4 - 12 November 2018

Mari kita analisa gambar diatas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

Berdasarkan gambar di atas, harga masih dibentuk dalam tekanan penurunan yang didalamnya terdapat beberapa peningkatan transaksi beli, disusul dengan peningkatan transaksi jual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa struktur penurunan cenderung tercipta setelah percobaan beli yang mulai meningkat.

Dalam pandangan analisa minggu ini, hal tersebut menggambarkan adanya peluang masuknya transaksi beli yang lebih baik (Kuat) di minggu ini, karena penurunan minggu lalu dibentuk hanya untuk merusak struktur percobaan beli, bukan dari sentimen fundamental yang biasanya membentuk candle marubozu yang benar-benar menekan. Waspadai adanya peluang kenaikan ini dari reaksi harga terhadap sekitaran level-level Support dan kedua area pada time frame Daily di atas.

Meskipun demikian, secara teknikal, harga masih cenderung berada dalam arus Downtrend di bawah garis EMA200. Hal ini membuat kenaikan yang kita proyeksikan bisa saja menjadi sebuah koreksi atau pullback saja.

Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan Persentase yang menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 50%, Sell: 50%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

Setup saya untuk Breakout opportunity,

Setup saya untuk Pullback opportunity,

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level support dan resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.

Kirim Komentar