Volatilitas

Kiat Sukses Trading Dengan Volatilitas
Nandini     10 Nov 2020
Sebelum trading dalam pasar forex, Anda sebaiknya memperhatikan aspek volatilitas agar dapat memanfaatkan momentum dengan tepat. Bagaimana caranya?
Cara Investasi Saham Dengan Volatilitas Rendah
Ryandy H     21 Oct 2019
Volatilitas emiten seringkali digunakan investor sebagai indikator untuk memilih saham yang menguntungkan. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.
Outlook Mingguan EUR/USD: Sideways Dengan Sedikit Volatilitas
Joe Poe     20 Nov 2018
Meski masih terpengaruh bias Brexit dan polemik anggaran Italia yang belum usai, EUR/USD masih akan bergerak Sideways di time frame harian.
Kamus

Kamus Trading

Volatilitas

Jarak antara naik turunnya harga suatu aset, yang mengindikasikan besar perubahan harga pada suatu periode tertentu.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #volatilitas

Ardi Hanif   24 Nov 2015

Lebih baik mana trading dengan volatilitas tinggi atau volatilitas rendah ?

basir   25 Nov 2015

Untuk Ardi hanif..

Keduanya bisa menguntungkan dan bisa memiliki resiko. Volatilitas tinggi biasa terjadi pada sesi Eropa, karena sesi ini adalah waktu paling sibuk dan ramai.

Bagi Anda dengan tipe agresif, pasar Asia menjadi kurang mengasikkan karena volatilitas dan likuiditas yang rendah.

Menurut saya hal ini tergantung sistem trading yang anda gunakan. Sebagai contoh, scalping kurang cocok diterapkan disesi Eropa.

Thanks.

m singgih   2 Dec 2015

@ Ardi Hanif:
Lebih baik trading pada volatilitas sedang, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Biasanya trader menghindari keadaan dimana volatilitas sangat tinggi atau rendah sekali. Volatilitas bisa sangat tinggi ketika ada rilis data fundamental penting atau reaksi atas pernyataan pejabat bank sentral, sedang volatilitas sangat rendah biasanya terjadi ketika sebagian besar pasar uang Eropa, AS Australia dan Selandia Baru tutup misalnya ketika liburan Natal dan tahun baru.

Pada umumnya trader mengharapkan volatilitas pasar yang tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi, karena:
- Lebih banyak kesempatan entry dibandingkan ketika volatilitas rendah. Pada volatilitas rendah atau kondisi choppy kita sulit menemukan peluang entry.
- Dengan volatilitas tinggi kita bisa menentukan risk/reward ratio yang lebih besar karena range trading yang makin besar, dengan demikian profit yang diperoleh akan lebih besar juga.
Jadi kami sarankan agar trading ketika volatilitas sedang tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi, dan hindari ketika pasar sedang slow (choppy) atau volatilitas sedang rendah sekali.

Andi   18 Jul 2022

Master, apa bedanya volatilitas dan fluktuasi dalam trading?

M Singgih   18 Jul 2022

@ Andi:

Fluktuasi adalah istilah untuk pergerakan naik turunnya harga. Yang diamati terutama adalah kecepatan dan range-nya. Volatilitas adalah besarnya jarak antara fluktuasi pada periode waktu tertentu. Misal selama satu jam ini volatilitas dari pair X tinggi, maksudnya harga dari pair X berfluktuasi dengan kecepatan dan range yang tinggi selama satu jam ini.

Mengenai hal ini, silahkan baca: Apa Yang Dimaksud Volatilitas Harga Valas

Rivan   26 Jul 2022

Mengapa pair mayor lebih volatile dibanding pair cross atau eksotic?

Kiki R   27 Jul 2022

@Rivan: Pair cross dan exotic lebih volatil dibandingkan pair major.

Hal ini karena kapitalisasi pasar pair major dan exotic jauh lebih sedikit dibandingkan daripada pair major.

Sebagai contoh, volatilitas pair EUR/USD dalam 1 hari sebesar 142.4 pips, sedangkan volatilitas pair EUR/JPY dalam 1 hari sebesar 170.5.

Gerry   2 Aug 2022

Hemm begitu...kalau untuk perbadingan spread antara pair mayor, cross, dan eksotik mana yang lebih kecil ya kak?

Kiki R   3 Aug 2022

@Gerrya: Spread yang paling kecil ada pada pair mayor, lalu disusul cross, terakhir exotic.

Sebagai contoh, spread major pair seperti GBP/USD rata-rata berkisar 1-3 pips.

Spread cross pair seperti GBP/AUD sebesar 3-7 pips.

Sedangkan exotic pair seperti GBP/SGD sebesar 15-40 pips.

Jadi, volatilitas yang tinggi pada pair exotic berimbang dengan spread yang besar.

Pair major memang memiliki volatilitas harian yang lebih kecil namun spreadnya juga lebih kecil.

Reply > Lihat[8]
Jacob   25 Sep 2015
Saya mau trading martingale,pair mana yang volatilitasnya paling rendah?tapi jangan pair yang aneh-aneh lho? lalu jika tiap levelnya 20pip,maksimal sampai level berapa harga akan rebound dalam kondisi market normal?
m singgih   29 Sep 2015

@ Jacob:
Untuk pasangan mata uang utama bisa NZD/USD.
Mengenai keadaan tertentu dimana harga akan rebound (yang dimaksud adalah reversal) harus dilihat kondisi pasar yang sebenarnya karena dalam hal ini kita mengantisipasi terjadinya trend reversal.
Sinyal yang mengisaratkan terjadinya trend reversal bisa diamati dari price action yang dikombinasi dengan indikator seperti Bollinger Bands atau moving averages (2 ma yang berpotongan). Formasi price action yang sering muncul biasanya adalah pin bar, inside bar dan engulfing bar.

Kalau untuk jangka pendek bisa memperhatikan titik-titik dimulainya retracement (koreksi) dengan sinyal dari price action dan indikator Bollinger Bands, yaitu ketika harga menyentuh kurva ekstrem indikator Bollinger Bands (upper band atau lower band). Berikut contoh pada NZD/USD time frame 1 jam (H1):

Argo Gold Spotter   13 Mar 2019

Untuk Daniel,

Jika posisi Anda saat ini belum dipasang Stop Loss (SL), maka sebaiknya Anda segera memasangkan SL pada posisi yang Anda miliki. Menahan floating hingga mencapai minus 50% dari modal itu bukanlah hal yang bijak dalam bertrading. Maka pertanyaan saya untuk Anda, apakah Anda sudah menerapkan sistem trading dan prinsip money management yang benar?

Jika belum, maka sebaiknya Anda kembali memperbaiki sistem trading dan money management-nya. Karena, banyak trader yang berpendapat bahwa kunci utama kesuksesan dalam bertrading terletak pada penerapan money management, bukan pada seberapa besar akurasi dari sebuah analisa teknikal. Oleh karena itu, sebelum Anda kembali bertrading di akun real Anda, sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu tentang penerapan money management.

Lalu bagaimana dengan posisi trading Anda saat ini? Jika Anda masih ragu dan sayang untuk melakukan cut-loss, maka Anda dapat melakukan heding. Dengan begitu ekuitas Anda akan terjaga dan tidak terpengaruh dengan pergerakan market (selama broker yang Anda gunakan tidak membebankan komisi dan biaya inap). Dengan demikian, Anda dapat berlatih bertrading di akun demo dengan menerapkan sistem trading dan money management yang benar tanpa khawatir akan floating yang semakin membesar pada akun real yang Anda miliki.

Semoga bisa membantu.

Daniel   13 Mar 2019

Saya mengalami floating loss yang saat ini memakan dana saya hingga 50%. apa yang harus saya lakukan? apakah melakukan martriangle atau hedging? ada saran?

Reply > Lihat[3]
beni   9 Aug 2019

Contoh volatilitas tinggi dan volatilitas rendah kalo grafik gimna ya? Atau nilai volatilitasnya?

m singgih   12 Aug 2019

@ Beni:

- Contoh volatilitas tinggi dan volatilitas rendah kalo grafik gimna ya?

Pada chart trading, tinggi rendahnya volatilitas bisa diamati dengan indikator Bollinger Bands. Jika Bands menyempit, maka volatilitas pergerakan harga sedang rendah, dan jika melebar, maka volatilitas sedang tinggi.

Cara lain adalah dengan melihat indikator Average True Range (ATR). Semakin tinggi range pergerakan harga, yaitu selisih antara harga maksimum dan minimum pada suatu periode, maka semakin tinggi pula volatilitas pergerakan harga. Dengan demikian jika nilai ATR naik artinya volatilitas sedang tinggi, dan sebaliknya jika ATR turun.

- ……. Atau nilai volatilitasnya?

Ada custom indikator yang mengukur volatilitas, yaitu Relative Volatility Index atau RVI, yang dinyatakan dalam angka antara 1 hingga 100. Jenis indikator ini adalah oscillator, dan bukan indikator bawaan dari Metatrader.

Serenada   13 Oct 2020

Apakah beda master antara volatilitas tinggi/rendah, dg nilai volatilitas?

M Singgih   13 Oct 2020

@ Serenada:

Nilai volatilitas yang Anda maksudkan yang mana? Jika yang dimaksud adalah indikator Relative Volatility Index (RVI), maka semakin tinggi nilai RVI berarti volatilitasnya juga semakin tinggi, dan sebaliknya.

Volatilitas semakin tinggi artinya range pergerakan semakin harga besar, sehingga peluang entry semakin besar juga.

Risdian   4 Jul 2022

Cara paling mudah mengenali market sedang sangat volatile itu bagaimana ya kak?

Aisha   5 Jul 2022

Cara paling gampang adalah dengan melihat grafik candlestick. Body candle yang besar-besar dan ekor candle yang panjang itu menandakan pasar sedang volatile. Sedangkan body yang sangat tipis dan ekor yang pendek itu menunjukkan pasar sedang kalem.

Bisa dilihat contohnya di bawah ini. Kotak merah itu menunjukkan situasi volatilitas tinggi, sedangkan kotak hijau menunjukkan volatilitas rendah.

Contoh Volatilitas Pasar

Aisha   5 Jul 2022

Pak Singgih juga sudah menyebutkan bahwa tinggi-rendahnya volatilitas bisa dilihat dari Bollinger Bands. Apabila rentang pita bollinger melebar, berarti volatilitas tinggi. Ketika bollinger menyempit, berarti volatilitas rendah. Ini contohnya:

Contoh Volatilitas Tinggi

Reply > Lihat[6]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #volatilitas

  Wahyu Purnomo   |   15 Aug 2013   |   Artikel
bagi teknikalis menyadari pentingnya berita fundamental itu perlu, terutama untuk menyesuaikan dengan pergerakan harga saat ada rilis berita high impact seperti NFP.

kebanyakan yang pernah saya temui teknikalis lebih suka menghindar di saat-saat seperti itu, karena biasanya dengan indikator yang sifatnya lagging akan banyak fake signal dari pergerakan harga yang volatilitasnya tidak menentu.

namun ada juga yang sengaja trading dengan menunggu news release. biasanya mereka menunggu NFP untuk menggunakan teknik trapping dengan pending order. teknikalis yang menggunakan cara ini tentu harus mengamati fundamental, untuk tau kapan waktu berita dirilis dan hasil datanya juga.
  Tety Haryanti   |   26 Apr 2014   |   Artikel
Bagaimana pengaruh pengungkapan informasi baik secara wajib dan sukarela dalam menciptakan pasar yang efisien? apakah hal itu berdampak langsung terhadap volatilitas saham?
  Maslan   |   11 Feb 2015   |   Artikel
bagaimana perhitungan volatilitas harga saham pertahun/tahunan?..
  Riska M   |   25 May 2018
tanya langsung di forum tanya jawab khusus ini aja bang. nanti dijawab lgsg sama ahlinyaa.
  Denny Indra Saputra   |   3 Jan 2019   |   Artikel

Saya bingung memilih pair yang punya volatilitas tinggi, ada saran sebaiknya pair apa yang harus saya gunakan dengan volatilitas tinggi tersebut?

  Rizal   |   4 Jan 2019

Di Pasar Uang (Forex), volatilitas harga tertinggi biasanya terdapat pada pair GBP/USD, EUR/JPY, GBP/JPY, ataupun terkadang EUR/USD. Namun, besar-kecilnya volatilitas juga bisa berubah-ubah; ada jam-jam dimana volatilitas meningkat, dan ada jam-jam dimana volatilitas melambat.

  Zaenal Haydat   |   25 Apr 2022   |   Artikel

apa yang menyebabkan volatilitas?

  Azmi Ganie   |   25 Apr 2022

volatilitas bisa disebabkan oleh bencana alam, faktor ekonomi dan politik, kinerja perusahaan, atau faktor industri dan sektor

  Mariani Ani   |   26 Apr 2022

siapa peran utama yg menyebabkan volatilitas di faktor ekonomi dan politik?

  Diana Sari   |   26 Apr 2022

peran terbesar tentunya peran pemerintah, yaitu peran dalam mempengaruhi kondisi pasar

  Terry   |   8 Jun 2022   |   Artikel

Kalo pake trailing stop pas volatilitas tinggi, kira-kira menguntungkan gak ya?

  Thiery   |   10 Jun 2022

Kalo bisa pasang trailing stop secara otomatis ya kemungkinan bisa sih.

Apa Yang Dimaksud Volatilitas Harga Valas
SAM     7 Apr 2013
Apa sih sebenarnya volatilitas itu? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap pasar forex jika volatilitas harga valas meningkat atau melemah?
Volatilitas Euro dan Prospek Tidak Jelas
Yosafat     3 Jun 2012
Perkembangan pasangan euro terhadap mata uang utama saat ini menjadi semakin tidak jelas dan mengambang, pasar masih menantikan situasi yunani dan pertemuan eropa mendatang dibulan ini, cukupkah membawa keyakinan pasar? apakah era baru dimana pemimpin negara tunduk pada situasi pasar terjadi saat ini? well...who knows..??
#euro  
Mencari Peluang Kripto dengan Indikator ATR
Evan     15 Jul 2022
Berkat kemampuannya mengukur kekuatan volatilitas, ATR sering dijadikan sebagai indikator untuk mencari peluang kripto. Bagaimana caranya?
Kirim Komentar Baru