Waspada Jebakan Bodong, Ini Trik Memilih Manajer Investasi

Wahyudi 27 Feb 2020 611
Dibaca Normal 4 Menit

Salah pilih manajer investasi bisa berbuntut modal tak berbuah cuan atau justru terjebak investasi bodong. Untuk itu, perhatikan baik-baik trik memilih manajer investasi reksadana berikut.



Indonesia belakangan ini dikeluarkan dari daftar negara berkembang oleh WTO (World Trade Organization). Konsekuensinya, bea masuk pajak lebih besar, tapi Indonesia jadi dipandang sebagai negara maju yang bisa berdampak baik pada perekonomian nasional. Dalam skala lebih kecil, penghasilan kita seharusnya bisa lebih baik, terutama jika kita berwiraswasta, karena kran pertumbuhan ekonomi secara global sudah dibuka. Selain itu, potensi kita untuk berinvestasi lebih besar dan tawaran produk investasi pun makin menjamur. Mencermati fenomena ini, kita perlu jeli. Jangan sampai terkena investasi bodong.

Awas Jebakan Bodong, Ini Trik Memilih Manajer Investasi Reksadana

Di antara beberapa jenis investasi yang ditawarkan ke masyarakat Indonesia, banyak orang melirik investasi bidang pasar modal, seperti investasi saham atau reksadana. Bagi pemula, reksadana adalah pilihan terbaik. Selain karena bisa menghasilkan keuntungan relatif konsisten, investor tidak diharuskan untuk secara aktif mengelola portofolio dan melakukan analisa pasar secara terus-menerus.

Kuncinya satu: Anda pintar dan jeli memilih manajer investasi yang mengelola dana Anda. Jika sampai salah pilih, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tidak maksimal, rugi berkelanjutan, atau bahkan terjebak investasi bodong. Nah, berikut ini adalah trik memilih manajer investasi reksadana yang perlu Anda perhatikan:

 

Berpengalaman Dan Punya Reputasi Bagus

Pengalaman dan reputasi ini penting karena bisa membuktikan kualitas manajer investasi dari segi ketahanan dan performanya selama mengelola dana klien. Cara ceknya gampang. Anda bisa melakukan pencarian di Google terkait manajer investasi yang menawarkan produk reksadananya pada Anda. Sebaiknya, pilih yang sudah lama beroperasi, minimal 5 tahun. Akan lebih baik jika statusnya perusahaan multinasional dengan banyak cabang di berbagai negara.

 

Cari Yang Kinerjanya Konsisten

Saat proses cek dan bandingkan reputasi manajer investasi, pastikan juga Anda meminta portofolio kinerja investasi yang mereka kelola selama ini. Setidaknya, cek 3-5 tahun ke belakang. Ambil yang konsiten dan punya tren naik. Hindari yang naik turun karena bisa membuat jantungan kalo dana kita dikelola dengan kinerja seperti itu.

Kinerja Manajer Investasi

 



Sesuaikan Dengan Profil Risiko

Biasanya, kita akan diminta pilih jenis reksadana dan menyesuaikannya dengan profil risiko kita. Cara gampang untuk memilih adalah dengan membandingkannya terhadap tabungan/depostio/emas atau investasi lain yang kita lakukan, lalu buat dalam bentuk persentase per tahun. Anda bisa menyampaikan pada manajer investasi, apakah ingin imbal balik sedikit di atas persentase itu, setara, atau jauh di atas yang selama ini Anda dapatkan. Ingat, imbal balik sejalan dengan risiko. Makin tinggi risiko, tentu makin tinggi juga return-nya.

 

Bandingkan Biaya Pengelolaan Investasi

Dalam investasi reksadana, ada biaya pembelian, pengelolaan, dan penarikan reksadana. Anda bisa bandingkan reputasi pengelolaan dengan biaya yang Anda keluarkan. Mahal belum tentu bagus, tapi manajer investasi yang bagus biasanya memang mahal.

 

Pastikan Berizin

Tidak sulit untuk cek legalitas manajer investasi, karena mereka yang menawarkan investasi reksadana adalah perusahaan lokal atau perusahaan asing yang punya perwakilan di Indonesia. Beda dengan broker forex yang rata-rata dari perusahaan asing. Jadi, Anda bisa memastikan apakah manajer investasi punya izin OJK atau tidak. Kalau Anda sudah memastikan suatu manajer investasi memiliki reputasi baik seperti di poin sebelumnya, biasanya ia telah resmi dan berizin.

manajer investasi berizin

 

Jika Ragu, Datangi dan Konsultasikan ke OJK

OJK sebenarnya senang mendapat konsultasi dari masyarakat terkait investasi, karena hal itu bisa menjadi masukan buat mereka ketika kelak akan membuat kebijakan di pasar modal, atau bisa menjadi bagian dari proses mereka dalam mengawasi industri keuangan di Indonesia. Kumpulkan setiap pertanyaan yang muncul dalam benak Anda dan jika Anda tinggal di ibukota provinsi, Anda bisa datang langsung ke kantor perwakilan OJK. Jika lokasi tempat tinggal Anda jauh atau tidak ada kantor perwakilan, Anda bisa konsultasi melalui email atau telepon.



 

Mengapa Manajer Investasi Adalah Kunci Keberhasilan Reksadana Anda?

MI (manajer investasi) pada dasarnya bertugas memilih dan memutuskan mana saja saham, obligasi, deposito ataupun surat berharga yang nantinya akan dibeli untuk menjadi portofolio investasi. Mulai dari proses memilih aset, melakukan analisa, sampai mengambil keputusan transaksi, semuanya mereka yang lakukan. Jadi, boleh dibilang investor-investor reksadana menyerahkan keputusan investasi seutuhnya pada MI.

Dari sini, kebayang kan betapa pentingnya peran mereka pada portofolio dana investasi Anda? Dana Anda berkembang atau tidak, hal itu sangat bergantung kinerja manajer investasi Anda. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih manajer investasi saat hendak menanamkan modal Anda di investasi reksadana. Tips-tips yang telah disebutkan di artikel ini bisa menjadi kiat Anda untuk memastikan kualitas MI yang menjanjikan dan sesuai profil risiko.

Forum

Ardo (06 Jul 2012)

Master, saya kok bingung diberitakan bahwa ECB memangkas suku bunga, tp knapa kok EURO malah anjlok ? tolong saya di beri penjelasan yang detail tentang apa itu scalping. thx

Selengkapnya...

BANK 1 Bulan
BNI 46 2.85
BANK MAYORA 5.00
STANDARD CHARTERED BANK 4.25
BANK KB BUKOPIN 4.75
BANK CIMB NIAGA 3.25
BANK ICBC INDONESIA 4.00
BANK COMMONWEALTH 4.50
KESELURUHAN 8.75
BANK PERMATA 4.00
BANK OCBC NISP 3.50

Kirim Komentar/Reply Baru


Ambil Bonus Di Aplikasi Demo

Apakah bisa diambil Bonus di aplikasi demo?

Adhi 6 Mar 2021

Reply:

M Singgih (09 Mar 2021 14:25)

@ Adhi:

Setahu kami bonus di akun demo tidak bisa diambil dalam bentuk uang.

 

Jenis-Jenis Reksadana Berdasarkan Tingkat Risikonya
Jenis-Jenis Reksadana Berdasarkan Tingkat Risikonya
Nandini   22 Jan 2021   260  
5 Tips Diversifikasi Portofolio Investasi
5 Tips Diversifikasi Portofolio Investasi
Febrian Surya   29 Sep 2020   1088  
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Febrian Surya   22 Sep 2020   814  
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Febrian Surya   25 Aug 2020   1092  
Kapan Waktu Terbaik Investasi Reksadana?
Kapan Waktu Terbaik Investasi Reksadana?
Jujun Kurniawan   20 Jul 2020   552  
Cara Mudah Menghitung Return Reksadana
Cara Mudah Menghitung Return Reksadana
Febrian Surya   24 May 2020   1975  
Reksadana Turun? Ini Yang Wajib Dilakukan Investor
Reksadana Turun? Ini Yang Wajib Dilakukan Investor
Febrian Surya   20 May 2020   843  
Cara Menghitung NAB Reksadana
Cara Menghitung NAB Reksadana
Wahyudi   12 May 2020   2256  
Panduan Reksadana Syariah, Investasi Online Mulai 100 Ribu
Panduan Reksadana Syariah, Investasi Online Mulai 100 Ribu
Febrian Surya   29 Apr 2020   603