Yuk, Ketahui Persyaratan Ambil Pinjaman Di Pegadaian

Wahyudi 8 May 2020
Dibaca Normal 4 Menit
bisnis > kredit >   #pegadaian   #pinjaman   #ambil-pinjaman
Mengambil pinjaman di pegadaian menjadi salah satu solusi yang dipilih ketika kondisi sedang sulit. Apa saja persyaratannya?

Dalam kondisi seperti saat ini, rasa-rasanya setiap tahunnya, sebagian masyarakat cukup dipusingkan dengan biaya hidup yang kian tinggi. Hal ini menjadikan masyarakat harus terus berpikir bagaimana cara supaya semua kebutuhannya dapat dipenuhi. Mulai dari kebutuhan biaya pendidikan, biaya hidup sehari-hari, biaya modal usaha dan masih banyak lagi kebutuhan yang harus dihadapkan dengan permasalahan keuangan.

Mengetahui persyaratan dan pinjaman yang ada di Pegadaian

Sebagai solusi untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi tersebut, Pegadaian hadir dengan visi "melayani masyarakat guna mendapatkan pinjaman dengan sistem gadai". Pegadaian sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam sektor keuangan, mempunyai izin resmi dalam melaksanakan kegiatan pembiayaan pada masyarakat yang sedang memerlukan dana cepat.

Selain itu, Pegadaian juga membantu masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan oleh pegadaian. Hal ini tentu saja mendorong Pegadaian agar terus bisa menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, agar bisa tujuan mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia bisa tercapai.

 

Syarat Pegadaian Yang Harus Dipenuhi

Pegadaian memiliki beberapa jenis produk pinjaman yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Pegadaian sesuai dengan misinya, "memberikan pembiayaan dengan proses yang cepat, aman dan mudah". Berikut syarat-syarat dan jenis pinjaman yang tersedia di Pegadaian jika Anda tertarik mengajukan pinjaman disini.

  1. Pinjaman Pegadaian KCA (Kredit Cepat dan Aman)

Sedang membutuhkan dana cepat dan pasti aman? Anda bisa mengajukan pinjaman di Pegadaian melalui produk Kredit Cepat & Aman. Anda hanya perlu pergi ke outlet Pegadaian yang terdekat untuk mengajukan pinjaman yang dibutuhkan. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp 50.000,- maka dana akan langsung Anda dapatkan hanya dalam waktu 15 menit saja. Sangat mudah dan cepat bukan?

Untuk melakukan pinjaman ini, persyaratan yang harus dipenuhi yaitu fotocopy kartu identitas resmi yang berlaku (SIM, Paspor atau KTP) dan juga menyerahkan barang jaminan atau agunan seperti handphone, laptop, emas (batangan atau perhiasan), atau barang elektronik yang lainnya. Apabila Anda hendak menjadikan kendaraan motor sebagai jaminan maka perlu STNk dan BPKB asli. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menandatangai SBK atau Surat Bukti Kredit.

kredit multi guna(Baca Juga: Tips Kredit Multi Guna Agar Tepat Guna)

 

  1. Pinjaman Pegadaian Rahn

Apabila Anda membutuhkan pinjaman dengan prinsip syariah, maka Pegadaian Rahn adalah solusinya. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu fotokopi kartu identitas yang berlaku dan barang agunan. Pada jenis pinjaman ini Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari dana Rp 50.000 sampai Rp 500 juta rupiah dalam jangka waktu empat bulan.

 

  1. Kredit Gadai Sistem Angsuran (KRASIDA)

Untuk Anda yang membutuhkan dana untuk renovasi rumah, biaya pendidikan atau bahkan biaya pernikahan bisa mengajukan pinjaman KRESIDA. Syarat yang dibutuhkan yaitu membawa kartu keluarga, fotokopi KTP, dokumen sah lainnya beserta barang agunan berupa emas.

kredit emas(Baca Juga: Mau Kredit Emas? Pahami Dulu Fakta Dan Resikonya)

 

  1. Pinjaman Kreasi

Sedang membutuhkan biaya untuk pengembangan usaha Anda? Pinjaman Kreasi bisa menjadi solusi yang tepat. Sistem pinjamannya dengan Fidusia, dimana barang jaminannya hanya surat kendaran bermotor, meliputi fotokopi STNK, BPKB asli serta faktur pembelian. Sehingga kendaraan bermotor tersebut masih bisa Anda pergunakan untuk penunjang usaha. Syarat yang harus Anda penuhi yaitu kartu keluarga, fotokopi KTP, surat nikah serta syarat utama agunan yang berupa dokumen kendaraan.

 

  1. Pinjaman Amanah

Jika Anda adalah PNS, karyawan swasta, atau pengusaha mikro, ajukanlah pinjaman Amanah untuk mendapatkan motor atau mobil secara angsuran. Namun pastikan Anda telah bekerja sebagai PNS ataupun karyawan swasta selama 2 tahun. Syarat yang harus Anda penuhi untuk mengajukan pinjaman Amanah yaitu fotokopi KK, KTP, surat nikah apabila ada, SK pengangkatan karyawan tetap, slip gaji dua bulan terakhir, kartu tanda karyawan dan mengisi formulir untuk aplikasi Amanah.

 

  1. Pinjaman Arrum

Untuk pengusaha kecil yang membutuhkan modal usaha maka Anda dapat mengajukan pinjaman Arrum dengan jaminan BPKB. Kendaraan masih bisa anda gunakan untuk mendukung bisnis. Syarat yang perlu dipenuhi yaitu fotokopi Kartu Keluarga, KTP dan dokumen kendaraan bermotor meliputi BPKB, STNK dan juga faktur pembelian.

 

Demikian jenis-jenis pinjaman yang ada di Pegadaian beserta persyaratannya. Selain melakukan pinjaman, kini Anda juga bisa melakukan arisan emas di pegadaian. Persyaratannya pun mudah dan aman, sehingga Anda tidak perlu terjebak dengan penawaran investasi abal-abal. 

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

siang pak.... saya mau tanya nih... Penggunaan Kartu Kredit saya banyak yang kalau ditotal mencapai 20 juta... Kemudian sy jg mempunyai 2 KTA di 2 Bank melalui payroll perusahaan saya... Tp selama ini pembayaran saya selalu baik & performa kredit saya selalu lancar. Tetapi saat ini saya sudah mulai kesulitan keuangan dg cara seperti ini terus.... Sekarang sy bermaksud mau ambil pinjaman yg besar dengan menjaminkan sertifikat rumah dengan tenor yg lama agar tidak kesulitan mengangsurnya... Pertanyaan saya apakah punya byk pinjaman seperti saya bs masuk daftar BI checking yg buruk??? Kemudian apakah pinjaman saya di Bank bs disetujui???
Trm kasih...
 Vesna |  29 May 2015
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
saya mau tanya? kan saya ambil pinjaman dibank dengan jaminan rumah diawal pembayaran saya lancar tapi pas ke 6 bulan saya tidak sanggup bayar brrti rumah saya kan yang disita...dan orang yang dibank yang buat proposal untuk pengajuan pinjaman kena juga kaga gen??
 Johan |  29 Jul 2016
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Sewajarnya, kalau hanya kesulitan membayar angsuran kredit sekali, maka belum langsung disita. Tentu akan ada komunikasi dulu sebelum penyitaan dilakukan, dan itupun lazimnya baru dilakukan jika masalah berlarut-larut Terkait dengan siapa saja yang terimbas, karena Anda lah yang mengambil pinjaman, maka ya Anda saja yang bertanggung jawab. Orang bank yang membuat proposal kan itu karena bagian dari pekerjaan mereka, dan mereka bukan mendapat keuntungan atau profit dari pinjaman yang Anda ambil.
 Anna |  29 Jul 2016
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Di kantor Pegadaian tertentu melayani jual beli emas, asalkan ada bukti dulu dibeli di Pegadaian. Harga buyback kabarnya bisa 97% dari harga pasar, di atas Antam yang 95% Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan. Invest emas batangan seperti itu memang untuk dapat untungnya lama, bisa sampai bertahun-tahun baru benar-benar profit besar, karena menunggu harga pasar naik lebih tinggi dari rendahnya harga buyback. Invest emas batangan tujuannya adalah jangka panjang, untuk hari tua atau anak cucu; tidak bisa beli hari ini-jual lusa lalu langsung untung besar. Jika ingin profit cepat, lebih baik pilih Gold trading. Hanya saja, risikonya pun besar sekali.
 Admin |  30 Jan 2017
Halaman: Harga Emas Hari Ini
Jika yang dimaksud adalah emas perhiasan seperti gelang, anting, dan sejenisnya, maka harga di lelang pegadaian bisa lebih murah daripada di toko mas, karena seringkali merupakan barang gadai yang tidak diambil. Jika yang dimaksud adalah emas batangan, maka perlu diketahui bahwa Anda tak bisa membeli emas batangan di sembarang toko, tetapi bisa membeli emas batangan di pegadaian dengan mencicil.
 Admin |  13 Feb 2017
Halaman: Harga Emas Hari Ini
Mas..tolong di jawab. Sya beli emas LM di pegadaian.nyicil sih pada saat lunas sy cuma di kasi setifikat LMx saja, tanpa nota pembelian...apa itu sah?? klo sy mau jual kembali, apa harus ada nota pembelian???
 Rezkhy |  11 Dec 2017
Halaman: Harga Emas Hari Ini

Kirim Komentar Baru