Harga Pasar Data Tools

Trend Harga Emas Secara Historis
Sistem     18 Sep 2020
Bagaimana trend harga emas dalam beberapa bulan terakhir? Seperti apa historis harga emas secara tahunan? Simak grafik trend harga emas dan historisnya di sini.
Harga Komoditas Dunia
Sistem     5 Aug 2020
Bagaimana naik turun harga komoditas dunia hari ini? Mulai dari harga emas, minyak, gas, hingga komoditas lain seperti jagung dan karet tersedia update-nya di sini.
Harga Minyak Hari Ini
Sistem     11 Jun 2020
Bagaimana pergerakan harga minyak dunia hari ini? Data berikut menunjukkan perbandingan serta grafik pergerakan harga minyak WTI dan Brent.
Kamus

Kamus Trading

Sentimen Pasar

Sikap para pelaku pasar yang merupakan kesepakatan bersama (konsensus) untuk mengantisipasi pergerakan harga dalam suatu kondisi tertentu. Sentimen pasar bisa bersifat bullish, bearish, atau netral.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #harga #pasar #data #tools

Reski   28 May 2019

Saya mau nanya seandainya kita sudah menentukan suport dan resisten nya terus harga tiba-tiba balik arah setelah kta pasang open posisi. Apa yg harus kita perbuat.....?

m singgih   30 May 2019

@ Reski:

Anda masuk posisi (entry) seharusnya berdasarkan sinyal yang ada, tidak hanya mengacu pada level support atau resistance.

Level support atau resistance biasanya sebagai acuan untuk menentukan stop loss (SL) dan target profit (TP), tetapi momen untuk entry ditentukan dari sinyal yang ada semisal dari price action yang terbentuk, dan telah dikonfirmasi oleh indikator teknikal.

Ach. Toha   15 Oct 2020

Sy pernah dengar bahwa MA bs menjadi support resisten jg master. Utk newbie spti sy, sebaiknya pakai S/R lwt MA, atau S/R yg tarik garis sendiri?

Reply > Lihat[2]
choki   17 May 2012

master newbie mau bertanya mohon bantuannya ya,yang dimaksud dengan break itu apa ya master, seperti contohnya begini Break di atas area 1.2730 bisa memicu bullish lebih lanjut untuk pengujian 1.2750 - 1.2800.

Disisi lain pergerakan yang kuat di bawah area 1.2698 akan menjaga skenario bearish tetap kuat untuk menguji 1.2670 mohon penjelasannya master, terima kasih semoga master terus selalu sukses :)

basir   17 May 2012

Arti break adalah diam / istirahat.

mereka yaang menanalisa ini adalah mereka yang biasanya menggunakan sistem pivot point, Caramilla atau fibonnans

Break di atas area 1.2730 bisa memicu bullish lebih lanjut untuk pengujian 1.2750 - 1.2800.

harga 1.2730 dianggap sebagai level psikologi yang dianggap sebagai area support / area beli

Disisi lain pergerakan yang kuat di bawah area 1.2698 akan menjaga skenario bearish tetap kuat untuk menguji 1.2670

area 1.2698 dianggap sebagai area Resistance / area Jual

Caramilla

/

Pivot Point
Trading With Pivot Point

width=558

Fibonacci Retracement
/
ada juga sistem lainnya yang diprediksi untuk memposiskan level psikologis. diantara woodie, demaker dan yang lainnya

Thanks

kiki r   13 Sep 2019

@choki:

Break adalah kondisi dimana ada minimal 1 candlestick (sesuai time frame) yang berhasil tutup di atas harga Resisten atau di bawah harga Support. Contoh terdapat Resisten di 1.2730, maka dikatakan telah break apabila ada minimal 1 candlestick yang berhasil tutup di atas harga 1.2730. Begitu pula apabila ada Support di 1.2698, maka Support dinyatakan break apabila ada minimal 1 candlestick yang tutup di bawah harga 1.2698.

basir   2 Jun 2012

Kalau diartikan Break Out itu = Diam dan keluar
Tringale = Segitiga

width=235

width=204

Symetrical Triangle

Sebuah segitiga simetris adalah formasi grafik dimana kemiringan harga tertinggi dan kemiringan harga terendah berkumpul bersama-sama ke titik di mana terlihat seperti segitiga.

Apa yang terjadi selama pembentukan ini adalah bahwa pasar sedang membuat Lower high dan higher low . Ini berarti bahwa baik pembeli maupun penjual mendorong harga cukup jauh untuk membuat tren yang jelas.

Jika ini pertempuran antara pembeli dan penjual, maka ini akan menjadi seri.

Ini juga merupakan jenis konsolidasi.

width=418

Dalam chart di atas, kita dapat melihat bahwa baik pembeli maupun penjual bisa mendorong harga ke arah mereka. Ketika ini terjadi, kita mendapatkan lower high dan higher low.

ketika semakin runcing, itu berarti bahwa breakout semakin dekat. Kita tidak tahu kemana harga akan berlari, tetapi kita tahu bahwa pasar sebentar lagi akan breakout. Akhirnya, satu sisi pasar akan menyerah

Jadi bagaimana kita bisa mengambil keuntungan dari hal ini?

Sederhana.

Kita dapat melakukan order diatas atau dibawah kemiringan dengan buy stop atau sell stop. Karena kita sudah tahu bahwa harga akan breakout, kita bisa mencari tumpangan kemanapun harga akan bergerak.

width=406

Dalam contoh ini, jika kita menempatkan entry order di atas kemiringan.

Jika Anda telah menempatkan pending sell order di bawah kemiringan maka kita bisa menutupnya.


Ascending Triangle

Jenis pembentukan terjadi ketika ada tingkat resistensi dan kemiringan lebih rendah.

Apa yang terjadi selama ini adalah bahwa ada suatu tingkat tertentu yang pembeli tidak bisa melebihinya. Namun, mereka secara bertahap mulai untuk mendorong harga ke atas dengan membentuk higher low.

width=395

Dalam tabel di atas, Anda dapat melihat bahwa pembeli mulai mendapatkan kekuatan karena mereka membuat higher low. Mereka terus memberi tekanan pada tingkat resistensi dan sebagai hasilnya, breakout pasti terjadi.

Sekarang pertanyaannya adalah, “Kemana harga akan pergi? Apakah pembeli dapat memecahkannya atau resistensi terlalu kuat?”

Banyak buku charting akan memberitahu Anda bahwa dalam banyak kasus, pembeli akan memenangkan pertempuran ini dan harga akan keluar melewati resistance.

Namun, dari pengalaman kami bahwa hal ini tidak selalu terjadi. Kadang-kadang level resistance terlalu kuat, dan daya beli tidak cukup untuk menembus resistance.

Dalam hal ini, kami akan menetapkan pending buy stop order di atas garis resistensi dan pending sell stop order di bawah kemiringan.

width=396

Dalam skenario ini, para pembeli kalah dan harga mulai menyelam! Anda dapat melihat bahwa harga drop sekitar jarak yang sama dengan ketinggian formasi segitiga.

Descending Triangle

Seperti yang Anda duga, Descending triangle adalah kebalikan dari ascending triangle (kami tahu anda pintar!).

width=312

Dalam chart di atas, Anda dapat melihat bahwa harga secara bertahap membuat higher low.

MUNGKIN, harga akhirnya akan menembus support dan terus turun.

Namun, dalam beberapa kasus support yang terlalu kuat, dan harga akan memantul dan membuat gerakan kuat keatas.

Kabar baiknya adalah bahwa kita tidak peduli kemana harga akan pergi. Kita hanya tahu bahwa itu akan pergi ke suatu tempat. Dalam hal ini, kita akan menempatkan pending order di atas garis atas dan di bawah garis support.

width=345

Dalam hal ini, harga akhirnya breakout ke atas puncak segitiga.

 

kiki r   21 Sep 2019

@Gunawan: Breakout adalah suatu kondisi dimana harga berhasil menutup diatas/dibawah suatu batasan harga. Sebagai contoh terdapat resisten Daily di harga 1.2000. Maka kondisi breakout resisten adalah ketika harga berhasil menembus 1.2000 dan ada minimal 1 candlestick Daily yang tutup diatas harga 1.2000.

Sedangkan triangle adalah pola grafik (chart pattern) yang terjadi di market. Ada 3 jenis pola triangle yaitu symmetrical triangle, ascending triangle, dan descending triangle.

1. Symmetrical Triangle

Pola segitiga simetris terjadi di pasar yang arah harganya tidak jelas. Karenanya, garis tren atas dan bawah kelihatan sama saja, tidak ada yang flat.

pola

2. Ascending Triangle

Ascending triangle yang terjadi saat harga meniti uptrend (bergerak naik) merupakan pola chart yang bullish yang sangat mudah diidentifikasi dan bisa dipakai sebagai sinyal entri ataupun exit. Namun, perlu diperhatikan disini bahwa pola ascending triangle hanya bisa dianggap sebagai sinyal kelanjutan tren lama, jika ada suatu trend yang sedang berlangsung.

pola

3. Descending Triangle

Descending Triangle biasanya terjadi saat tren menurun (downtrend) dan sering dianggap sebagai sinyal bearish. Sebagaimana bisa Anda lihat di gambar dibawah ini, pola Descending Triangle persis kebalikan dari Ascending Triangle.

pola

m singgih   15 Dec 2017

@ Ahmad:

Ya, harus menunggu candle berikutnya. Dalam trading, istilah valid bukan berarti benar 100% atau pasti, tetapi yang kemungkinan benarnya paling besar. Untuk memastikan validitasnya Anda harus mengkonfirmasikan dengan price action yang terbentuk pada bar berikutnya, dan juga dikonfirmasi oleh minimal 2 indikator teknikal.

Berikut contohnya pada USD/JPY daily:



Pada A:
Candle sebelumnya telah break resistance kuat 110.66. Candle di A sempat menembus 110.66 dan bergerak diatas kurva middle band indikator Bollinger Bands, tetapi tidak didukung oleh indikator MACD dan ADX, dan akhirnya ditutup dibawah middle band dan juga dibawah resistance 110.66, berupa bearish bar. Candle tsb adalah fakey bar (sinyal break yang palsu).

Pada B:
Candle sebelumnya telah break resistance kuat 110.66. Candle di B menembus 110.66 dan bergerak pada kurva upper band indikator Bollinger Bands, dan juga didukung oleh indikator MACD dan ADX, dan akhirnya ditutup diatas resistance 110.66, dan membentuk bullish engulfing bar. Candle di B tsb adalah sinyal breakout yang valid.

Jadi konfirmasi price action dan indikator teknikal dalam hal ini sangat penting.

- … terkadang sdh closed diatas R /bwh S tapi candle berikutnya closing dibwh R/diatas S lagi…

Komentar:

Candle yang berikutnya itu disebut dengan fakey bar atau sinyal palsu yang menyebabkan false break.

m zainul   26 Jun 2018

bounce dan breakout itu kadang terjadi secara bergantian dalam satu waktu. mana yang lebih baik ditunggu pak?

m singgih   27 Jun 2018

@m zainul:

Mungkin maksudnya sebuah candle bergantian break dan bounce level tertentu. Kalau memang demikian Anda harus menunggu sampai candle tersebut selesai dibentuk, dan lihat harga penutupan (closing price)-nya.

Untuk kondisi uptrend: kalau harga penutupannya (closing price) di atas level yang dimaksud berarti terjadi breakout, dan kalau closing price di bawah level yang dimaksud berarti terjadi rejection (yang berarti bouncing).
Sebaliknya untuk kondisi downtrend.

edi ismanto   3 Aug 2018

kalau Time Frame dgn hasil yang terbaik untuk memprediksi terjadinya BreakOut dengan mencari Convergen dan ievergen pada chart candle dan RSI gimana pak?

Jenal   3 Aug 2018

Bagaimana mengetahui kalau suatu harga akan breakout ke atas atau ke bawah?

m singgih   6 Aug 2018

@ Jenal:

Kalau pergerakan harga sedang uptrend tentunya akan break keatas (menembus resistance), dan kalau sedang downtrend akan break ke bawah (menembus support). Untuk mengetahui sedang uptrend atau downtrend bisa dengan indikator moving average, MACD, ADX dan atau parabolic SAR.

Tetapi untuk entry sebaiknya dikonfirmasi juga dengan price action dan indikator teknikal untuk menghindari terjadinya false break (gagal break ke atas / ke bawah), seperti pada contoh di atas.

m singgih   6 Aug 2018

@ edi ismanto:

Sebelumnya perlu diketahui bahwa istilah konvergensi pada indikator RSI sebenarnya sama dengan divergensi bullish indikator RSI, sedangkan divergensi pada indikator RSI sama dengan divergensi bearish indikator RSI.

Istilah konvergensi dan divergensi mengacu pada arah trend pergerakan harga dan kurva RSI.

Divergensi sebenarnya valid pada semua time frame, artinya pada time frame berapapun kemungkinan keberhasilannya besar. Tetapi semakin tinggi time frame akan semakin tinggi juga validitasnya, karena pada time frame yang rendah (terutama di bawah H1) akan ada noise. Semakin rendah time frame akan semakin banyak noise yang menyebabkan kesalahan sinyal.

Argo Gold Spotter   19 Mar 2019

Untuk Elias Mangading,

Ketika harga sedang berada di sekitar zona support atau resisten, maka kemungkinannya hanya ada dua. Yaitu apakah harga akan menembus level tersebut (breakout) atau justru harga akan mengalami rejection (bounce). Ketika harga sedang berada di sekitar level support atau resistance, maka yang perlu kita lakukan adalah menunggu apakah harga akan menembus (break) atau terpantul (bounce) dari level tersebut. Sembari menunggu, kita juga bisa amati perilaku pasar (price action) ketika harga sedang berada disekitar level penting seperti support atau resisten. Karena dengan mengamati price action, kita dapat mengambil kesimpulan apakah harga benar-benar menembus atau hanya sekedar re-test yang berujung pada rejection.

Jika memang benar harga telah menembus level support atau resisten (breakout), dan telah terkonfirmasi oleh setidaknya satu indikator teknikal, maka posisi trading dapat dibuka. Posisi buy dapat dibuka jika breakout level resisten telah terkonfirmasi. Dan sebaliknya, posisi sell dapat dibuka jika breakout level support dapat terkonfirmasi.

Lalu bagaimana caranya mengkonfirmasi breakout? Cara termudahnya adalah dengan menunggu. Tunggu hingga harga menembus level resisten/support dan membentuk candle initial break terlebih dahulu. Initial break adalah kondisi dimana candle harga berhasil ditutup dibawah level support atau ditutup diatas resisten.

Setelah itu, tunggu setidaknya satu candle lagi atau menunggu konfirmator candle terbentuk. Konfirmator candle yang valid adalah candle yang masih ditutup dibawah level support atau diatas level resisten setelah initial break candle terbentuk. Penerapan price action juga dapat mempengaruhi tingkat keakuratan candle konfirmator terhadap valid atau tidaknya suatu breakout. Selain itu, amati juga keselarasan dari indikator teknikal. Indikator teknikal harus bersentimen bearish disaat harga sedang berusaha mempenetrasi support, dan indikator teknikal harus bersentimen bullish saat harga mencoba menembus resisten.

Jika aturan-aturan tersebut terpenuhi, maka eksekusi pembukaan posisi dapat dilakukan setelah candle konfirmator yang valid terbentuk. Namun jika candle konfirmator belum mengkonfirmasi breakout (false breakout atau fakeout), maka tahapan selanjutnya adalah menunggu candle konfirmator selanjutnya atau bahkan tunggu hingga candle initial break yang baru kembali terbentuk.

Berikut contoh breakout yang gagal (fake out) dan breakout yang terkonfirmasi.

Break and FakeoutKeterangan:

  1. Bar pada candlestick ini berpotensi untuk menjadi initial break karena telah melewati support line. Namun terdapat rejection yang kuat sehingga harga kembali terhempas ke atas support line dan ditutup diatasnya sehingga membentuk long-legged doji dan menggagalkan terbentuknya initial break candle.
  2. Karena harga gagal mempenetrasi support sehingga harga kembali keatas untuk menguji resisten level. Pada bar ini harga berhasil menembus resisten line dan berhasil ditutup diatasnya, sehingga initial break pada candlestick ini dinyatakan valid.
  3. Namun setelah initial break terbentuk, kekuatan seller kembali muncul untuk menekan harga pada candle konfirmator. Pada candle ini terlihat reversal yang kuat pada resisten line, sehingga harga terhempas kembali dibawah resisten line. Pada candle ini dinyatakan sebagai breakout yang gagal (fake out), karena buyer tidak dapat mempertahankan harga supaya tetap berada diatas resisten line sehingga candle konfirmator ini tidak valid. Dengan demikian, breakout dinyatakan gagal. Gagalnya breakout membuat harga selanjutnya bergerak melemah mendekati level support kembali.
  4. Pada percobaan berikutnya, terbentuk candle initial break yang baru. Candlestick berhasil ditutup diatas resisten line.
  5. Candle konfirmator ini dinyatakan valid. Karena pada candle ini buyer masih dapat mempertahankan agar harga tetap berada diatas resisten line dan berhasil ditutup diatasnya. Dari segi price action, tampak bahwa terdapat shadow (pinbar) yang panjang dibagian bawah candle yang menunjukkan bahwa kekuatan buyer masih kuat. Dengan demikian, breakout resisten dinyatakan valid.
  6. Anda dapat langsung membuka posisi buy pada pembukaan candle ini atau meletakkan pending order di puncak tertinggi candle sebelumnya (candle no 5) dengan Stop Loss pada swing low terdekat (atau low pada initial break candle) atau maximal pada support dibawahnya. Take Profit menyesuaikan dengan risk:reward yang direncanakan atau berada pada resisten selanjutnya.

Kurang lebih seperti itu cara mudah untuk mengetahui dan mengkonfirmasi breakout dan rejcection. Semoga bisa membantu

nikma   18 Sep 2020

berapa candle sebuah saham baru dinyatakan Breakout Impulsif di atas level resistance?

Martin S   21 Sep 2020

Satu candle cukup, asalkan harga penutupannya di atas level resistance yang dimaksud.

Argo Gold Spotter   30 Mar 2021

Untuk Sutaji,


Strategi breakout atau bounce dapat digunakan untuk bertrading setiap hari. Karena pada dasarnya, teknik ini mengandalkan level-level support/resisten atau zona supply/demand sebagai titik acuan entry/exit posisinya. Mengenai bagaimana dasar dan penggunaan teknik ini, sudah saya jelaskan secara detail pada halaman ini.


Semoga bisa membantu.

Kiki R   21 Mar 2022

@Ferriyanto: Strategi fading breakout atau yang biasa disebut fake breakout adalah strategi yang memanfaatkan harga yang berbalik setelah gagal melanjutkan breakout.

Strategi ini bertumpu pada kejelian melihat gagalnya breakout pada level harga tertentu.

Anda bisa membaca lebih detail mengenai strategi ini pada halaman dibawah ini:
- Strategi false breakout peluang dari sebuah kepalsuan

Gunawan   2 Jun 2012

Salam master..mo numpang tanya baru belajar ni master, yang di maksud kondisi breakout yg gimana master sama ada kata2 sudah terbentuk triangle apa maksudnya.? beri contoh ya master..terima kasih master..

ahmad   12 Dec 2017
malam coach SF.....
bagaimana breakout yang dikatakan valid, misalnya dg menggunakan pivot point dan candle sdh closed diatas R/dibwh S, apakah harus menunggu candle berikutnya yg closing diatas R/dbwh S lagi? terkadang sdh closed diatas R /bwh S tapi candle berikutnya closing dibwh R/diatas S lagi.mohon penjelasannya coach.mks
Elias mangading   18 Mar 2019

Salam kenal Bang Erik..

Sy elias, treder pemula

Sy setiap hari mengikuti analisa yg dibuat Bang Erik, namun kadang sy masih bingung tentang istilah breakout terkonfirmasi

Pertanyaan saya adalah bagaimana menentukan CANDLE BREAKOUT TERKONFIRMASI?

Sutaji   29 Mar 2021

Bang Erik yang terhormat,

Saya mau tanya,tolong dibalas lewat email saya. Apakah strategi breakout ini bisa saya terapkan setiap hari? Atau kah ada dasar khusus untuk penerapan nya? terimakasih bang Erik saya tunggu jawabannya di email saya..

ferriyanto   21 Mar 2022

Mohon penjelasan yang dimaksud dengan strategi fading breakout dalam trading? Trm ksh

Reply > Lihat[21]
Aksis   9 May 2012

Pak, bagaimana caranya memprediksi high low ke depan? Terimakasih.

basir   9 May 2012

menurut anda berapa rata rata mata uang tersebut bergerak dalam sehari > Jika anda berpendapat bahwa EUR/USD bergerak 125 pips sehari, maka HIGH sekarang - 125 dan LOW sekarang + 125 .
Itu perkiraan high lownya. namun tentuny hal ini tidak bisa 100% akurat

thanks

kiki r   10 Sep 2019

Salah satu cara memprediksi high low ke depan adalah dengan melihat kecenderungan harga yang sudah terjadi, atau yang biasa disebut trend. Trend turun artinya kecenderungan high dan low akan menjadi semakin rendah, sedangkan trend naik berarti kecenderungan high dan low menjadi semakin tinggi.

Selain itu high low ini akan dipengaruhi oleh waktu (time frame) nya. High/low harian tentu akan lebih kecil dengan high/low mingguan. High/low mingguan lebih kecil daripada high/low bulanan. Semakin tinggi time framenya, semakin tinggi juga high/lownya.

Misal kita mencoba menentukan high/low harian, maka kita perlu melihat high/low harian sebelumnya untuk melihat trend yang sedang berlangsung. Setelah itu kita bisa menggunakan alat pengukur seperti fibonacci retracement atau fibonacci expansion untuk mengukur high/low berikutnya.

Reply > Lihat[2]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #harga #pasar #data #tools

  Hasan Expro   |   19 Jun 2014   |   Artikel
Jika harga ekspor meningkat, bukankah itu sama dengan harga ekspor yang bertambah mahal? kalau dibandingkan dengan negara partner dagang yang justru harga impornya meningkat, itu nantinya akan menurunkan angka ekspor karena menurunnya daya saing produk ekspor itu di pasaran. Jadi permintaan barang dan jasa di sini meningkat hanya untuk sementara atau malah seterusnya? Kalau seterusnya itu dikarenakan faktor apa?
  Orang Biasa   |   7 Sep 2015   |   Artikel
Akan lebih baik jika harga karet singapore d tampilkan juga selain harga karet tokyo. Sepeti emas ada harga spot dan comek nya bgtu jg karet ada sicom ada tokom jg
  Admin   |   7 Sep 2015
Terima kasih atas saran Anda. Kami akan pertimbangkan saran Anda untuk mengembangkan harga komoditi kedepannya.
  O Blay   |   3 Jul 2016   |   Artikel
Buk roida yth, kami buruh pekerja tidak sama pendapatannya dengan pegawai tetap di perusaahan oil company. berapapun harga minyak mentah tingginya, gaji kami para buruh tidak ada pengaruhnya. yg saya maksud,tidak semua buruh di sektor migas itu besar gajinya buk. di saat harga minyak ngedroop seperti belakangan ini, dampaknya kami para buruh yg paling besar merasakan danpaknya. terutama pengurangan buruh pekerjanya. dengan gaji seadanya dan tingginya kebutuhan hidup, tabungan kita tidak dpt mengimbangi efek pemberhentian kerja kami.. tp sejauh ini saya rasa anda terlalu berlebihan dengan mengatakan istri2 kami melacur diri untuk hidup kami.. mohon tarik ucapan ibu itu, itu sangat melukai hati kami bu.. anda jg kan punya anak ya, tentu kami tidak ingin kami mendoakan hal itu terjadi kpd anak atau menantu anda nantinya. . maaf kalau saya berlebihan.
  Rio Rumagit   |   28 Nov 2016   |   Artikel
Bos, info harga cno (coconut oil) 
  Admin   |   28 Nov 2016
Mohon maaf, untuk saat ini kami belum bisa menampilkan info harga Coconut Oil. Ke depan akan kami pertimbangkan untuk memasukkannya. Terima kasih atas saran Anda :)
  Aris   |   25 Oct 2017   |   Artikel
Kalau harga minyak bumi turun maka pemerintah beli dari luar negeri juga ga mahal. Yang jelas harga klau minyak dunia turun harga yang di jual disini pasti turun.
  Novy   |   16 Mar 2022   |   Artikel

Dear Admin,

Minta dibantu harga nikel donk untuk maret ini.

Makasih ya

Harga Emas Antam

Harga Emas Antam

Kemarin 872.000
Minggu Lalu 877.000
1 Bulan Lalu 874.000
2 Bulan Lalu 877.000
3 Bulan Lalu 891.000
6 Bulan Lalu 832.000
Harga Emas

Harga Emas

Kemarin 1831.50
Minggu Lalu 1840.60
1 Bulan Lalu 1847.65
2 Bulan Lalu 1891.30
3 Bulan Lalu 1918.00
6 Bulan Lalu 1805.80
Setahun Lalu 1765.15
Harga Emas Dunia

Harga Emas Dunia

Harga Perak

Harga Perak Dunia

Kemarin 21.15
Minggu Lalu 21.62
1 Bulan Lalu 22.05
2 Bulan Lalu 23.18
3 Bulan Lalu 24.80
6 Bulan Lalu 22.85
Setahun Lalu 25.91
Kurs Rupiah Hari Ini
Sistem     11 Jun 2020
Tukar Rupiah ke Dollar atau sebaliknya tak bisa dilakukan sembarangan, karena Anda perlu memantau bagaimana kurs rupiah hari ini agar tidak rugi saat menukar uang.
Harga Perak Hari Ini
Sistem     11 Jun 2020
Harga perak internasional berikut bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh info harga silver (XAG/USD) terkini, baik dalam format tabel ataupun grafik pergerakan harian.
Harga Emas Hari Ini
Sistem     7 Jun 2020
Berapa harga emas hari ini? Baik harga emas antam, harga emas pegadaian, ataupun harga emas internasional, ketahui update-nya di sini.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip