Bisnis Emas

Beli Emas Perhiasan Atau Batangan, Ini Pertimbangannya
Wahyudi     20 May 2020
Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa anda jadikan referensi ketika bingung hendak memilih emas batangan atau emas perhiasan.
Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar AS
Nandini     14 Nov 2020
Korelasi harga emas dan Dolar AS sering dianggap selalu berlawanan. Apakah benar faktanya demikian? Apa saja faktor yang mempengaruhi hubungan pergerakan emas dan Dolar AS?
Benarkah Bubble Emas Telah Pecah?
Nandini     3 Nov 2020
Harga emas yang terus memuncak di tahun 2020 menarik minat banyak investor muda dan pemula. Namun apakah kenaikan itu hanya bubble yang mulai pecah di akhir tahun ini?
Kamus

Kamus Trading

Emas Hitam

Sebutan untuk komoditas minyak mentah. Emas hitam juga disebut sebagai minyak bumi, dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan Crude Oil.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #emas #bisnis

Nathan   2 Jul 2012

Saya coba menggunakan EA Scalping V1.3 , tapi indikator seperti EMA 200, EMA 55, MACD, dan parabolic sar tidak tampil. Tolong dijelaskan langkah2 memasukan ke MT4. Terima kasih

basir   2 Jul 2012

Untuk EA caranya

masukan EA terse but ke

C:/ Program Files /nama MT4 broker anda/experts

width=537


Klik navigator
klik kanan nama EA
lihat setingannya

perhatikan Input . isi sesuai setingan
lalu OK

klik experts advisor diatas sebelah tanda seru

untuk indikator

Klik Indicator diatas EXPERT ADVISOR
disitu ada nama indikator yang dimaksud  tinggal isi .
jika Moving Avrage dan anda ingin jadi EMA = Exponential Moving Avarage

Silahkan coba Ea tersebut di Demo terlebih dahulu



Thanks

M Singgih   16 Feb 2021

@ Moeldoko:

Scalping tidak harus membuka banyak posisi. Jika memang ingin membuka posisi yang banyak bisa dilakukan dengan cara manual, dan juga bisa dengan software (automatic) yaitu robot trading.

Setahu saya kebanyakan trader yang scalping (scalper) membuka beberapa posisi (tidak terlalu banyak) pada beberapa pair, dengan cara manual.

 

Julz   22 Feb 2021

Pair paling cocok untuk trading gaya scalping apa ya kak? Aku tertarik belajar scalping pak.

M Singgih   24 Feb 2021

@ Julz:

Biasanya scalper mengharapkan volatilitas pergerakan harga yang tinggi. Setahu saya banyak scalper yang trading pada pair yang volatilitasnya cukup tinggi seperti misalnya GBP/JPY, GBP/USD, dan juga EUR/USD. Akhir-akhir ini banyak juga scalper yang trading pada pair XAU/USD dan XAG/USD.

 

Moeldoko   15 Feb 2021

Saya baca-baca, bahwa strategi scalping itu menggunakan time frame kecil 1- 15 menit. Kemudian, membuka posisi dalam jumlah banyak.

Pertanyaan saya, bagaimana cara melakukan pembukaan banyak dengan time frame yang singkat. Apakah strategi scalping memerlukan tools seperti robot trading? Sehingga Open posisi dan TP bisa tersetting otomatis begitu? Mohon pencerahannya. Thank you

Reply > Lihat[5]
Adnan   4 May 2019

Saya mencoba untuk trading emas, timeframe daily, modal sekitar 500 USD. Baiknya pakai indikator apa ya master? 

M Singgih   24 Feb 2021

@ Iwan:

Biasanya trader menggunakan EMA dengan parameter 21, 34, 50, 55, 89, 100, 144 atau 200. Tidak hanya untuk XAU/USD, tetapi juga untuk pair-pair lainnya.

 

Iwan   11 Mar 2021

Terus biasanya diapasangkan dengan indikator apa pak? Kebetulah saya pengguna time frame m30. Mohon rekomendasinya

M Singgih   11 Mar 2021

@ Iwan:

Bisa dikombinasikan dengan indikator trend seperti parabolic SAR, Bollinger Bands, ADX, dan indikator momentum seperti RSI atau stochastic, untuk mencari saat entry yang tepat.

 

M Singgih   2 May 2021

@ Kang Tejo:

Trading  pada pair apapun sebenarnya sama. Yang diperlukan adalah analisa yang tepat dan komprehensif  (menyeluruh / mencakup semua aspek). Biasanya trader menerapkan analisa teknikal, fundamental dan analisa sentimen pasar. Untuk memutuskan entry di gunakan analisa sentimen pasar dengan mengamati price action, yang dikonfirmasikan dengan penunjukan indikator teknikal.  Jika faktor fundamental mendukung, entry bisa dilakukan. Tetapi jika Anda trader jangka pendek atau main scalpingan, cukup memperhatikan sentimen pasar dan indikator teknikal.

Untuk itu Anda harus punya sistem trading yang profitable dan sudah teruji di akun demo. Sistem trading terdiri dari metode entry dan exit, strategi entry dan money management.

Metode entry dan exit menggunakan analisa teknikal, strategi entry bisa berdasarkan analisa teknikal dan analisa fundamental, sedang pengaturan money management terdiri dari risk management dan risk/reward ratio setiap kali entry. Metode entry dan exit yang umum adalah kombinasi antara price action dan indikator. Misal terjadi bullish engulfing dan pada saat yang bersamaan kurva indikator MACD diatas kurva sinyal, maka bisa entry dengan open buy, dsb.

Strategi entry adalah cara yang Anda gunakan untuk entry. Untuk strategi entry yang berdasarkan analisa teknikal misalnya entry ketika pasar trending (strategi breakout), atau ketika terjadi bouncing (strategi buy the dip / sell the rally). Strategi entry yang berdasarkan analisa fundamental adalah entry beberapa saat setelah rilis news data berdampak tinggi.

Strategi mana yang Anda pilih tentunya tergantung dari keinginan dan kecocokan Anda, dan sebaiknya disesuaikan dengan type kepribadian Anda. Misal jika Anda cenderung agresif maka sebaiknya memilih strategi breakout, bukan strategi buy the dip sell the rally.

- Uji sistem tersebut dengan backtest (ditest pada kondisi pasar yang telah lewat) dan atau forward test (ditest pada kondisi pasar sekarang di akun demo), dan lihat persentase profitnya. Kalau persentase profit kurang dari 50% benahi lagi sistem tersebut.
- Buat rencana trading yang jelas, lengkap dengan kriteria untuk entry dan exit, resiko per trade dan risk/reward ratio.
- Jalankan rencana trading tersebut dengan disiplin, dan kendalikan emosi sewaktu trading. Rencana dan proses dalam trading seharusnya tidak dipengaruhi oleh emosi.
- Buat jurnal trading untuk evaluasi. Benahi mana yang kurang dan tingkatkan persentasie keuntungannya.

Kang Tejo   4 May 2021

Apakah bapak juga membuka kursus trading atau punya group di sosmed? Kalau boleh tahu, minta infonya dong pak, saya mau join pak buat belajar.

M Singgih   6 May 2021

@ Kang Tejo:

Saya pribadi tidak mengadakan kursus trading dan juga tidak punya group di sosial media. Untuk mempemudah proses belajar, silahkan Anda belajar di forum-forum online. Biasanya, pada forum-forum seperti itu ada banyak master trader yang siap membantu trader baru seperti Anda. 

M Singgih   30 May 2021

@ Erisugi:

- Di atas sdh dsebut settingan untuk ema …

Di atas yang sebelah mana ya?

- …. sedangkan untuk osma dan macd se tingan brapa yg baik untuk scalping gold?

Untuk MACD biasanya digunakan setting defauklt, yaitu: 12, 26, 9.
Baca juga: Trading Dengan Indikator MACD

OSMA adalah MACD – signal. Jadi settinnya tergantung dari setting MACD.

Fino Bastian   17 Jun 2021

Kalau setingan periode MACD terlalu besar sedangkan time frame yang kita gunakan kecil, apa pengaruhnya kak?

M Singgih   18 Jun 2021

@ Fino Bastian:

Pada time frame berapapun, dianjurkan untuk menggunakan setting MACD default yaitu 12, 26, 9. Jika setting diubah, akurasinya akan berubah juga (kurang akurat). Untuk selengkapnya, silahkan Anda simak di ulasan trading dengan indikator MACD.

M Singgih   11 May 2022

@ Raihan Yaulal:

Cara trading pada emas (XAU/USD), forex maupun instrument lainnya dengan metode price action sama saja, karena mengandalkan pengamatan pada formasi candlestick yang terbentuk maupun pola-pola pada chart (chart pattern) sebagai sinyal untuk entry.

Meski demikian, sinyal yang diberikan oleh price action sebaiknya dikonfirmasi juga oleh indikator teknikal sebagai konfirmasi. Jika indikator teknikal tidak mengkonfirmasi, maka kemungkinan sinyal dari price action  tsb tidak valid atau salah.

Sinyal dari price action bisa berupa candle tunggal seperti pin bar, doji, hammer dsb, double candle seperti bullish / bearish engulfing, triple candle seperti morning star atau evening star, pola yang terbentuk dari beberapa candle seperti head and shoulders dsb.

Untuk penjelasan mengenai bagaimana trading dengan price action, silahkan baca:
Trading Dengan Metode Price Action
Teknik Price Action, Metode Trading Sederhana Yang Dapat Diandalkan

 

Nur Salim   17 May 2022

@Suci Asti:

Meskipun bentuknya berupa Histogram, kedua indikator dihitung dengan nilai yang berbeda bu. Histogram pada Awesome Oscillator dihitung dengan cara yang sama dengan Histogram yang ada pada indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) yaitu berdasarkan jarak antara 2 buah nilai Moving Average serta posisi dan Crossover keduanya. Perbedaannya di AO, nilai pengaplikasian MA menggunakan nilai Median, sedangkan pada MACD menggunakan nilai Close.

Histogram pada OsMA sendiri sedikit berbeda. OsMA dihitung dengan menggunakan indikator MACD, histogramnya sendiri dibentuk dari jarak sinyal histogram MACD dengan garis sinyal Moving Average pada indikator MACD.

Apa Beda Ao Dan Osma

Ananta   5 May 2019

Halo pak,

Untuk trading emas, Anda bisa memanfaatkan indikator Fibonacci dan RSI. Caranya:

1. Gunakan Fibonacci Retracement untuk menemukan level SnR. Level-level Retracement yang penting diperhatikan adalah 23.6%, 38.2%, 50.0% dan 61.8%.

2. Gunakan RSI sebagai untuk mengkonfirmasi.

Metode kombinasi ini bisa diterapkan pada semua time frame trading dengan Risk/Reward Ratio minimal 1:2.

Selain menggunakan Fibonacci dan RSI, Anda juga bisa mencoba Scalping dengan memanfaatkan indikator EMA dan Stochastic. Untuk Scalping gold ini, Anda hanya butuh 1-15 menit.

Untuk penjelasan disertai ilustrasinya, bisa cek di artikel "Cara Trading Gold Yang Menguntungkan Dan Mudah Dipraktikkan"

Raihan Yaulal   10 May 2022

bagaimana strategi trading emas dengan menggunakan Price Action?

Suci Asti   17 May 2022

saya baru belajar tentang AO kemarin, dan saya baru tahu kalau ternyata dia dibentuk dari Moving Average sama seperti OsMA. Jadi apa sebenarnya perbedaan keduanya hingga harus menjadi indikator yang berbeda jika hanya periodenya yang berbeda?

iwan   21 Feb 2021

Halo, settingan EMA yg tepat untuk GOLD di time frame h1,h4 & daily? Saya swing trading. Makasih

Erisugi   26 May 2021

Di atas sdh dsebut settingan untuk ema...sedangkan untuk osma dan macd settingan brapa yg baik untuk scalping gold?

Mksih ūüôŹ

Kang Tejo   30 Apr 2021

Kenapa trading di Gold sangat susah profit? Kasih bocoran tips dan trik main di gold dong pak...akun saya babak belur teruss.ūüė≠ūüė≠

XAU/USD

Reply > Lihat[17]
Tualeka   10 Apr 2018
Yang valid itu SnR yang dipasang di buntut atau body pak? saya masih bingung. 
basir   11 Apr 2018

Untuk Tualeka,

Keduanya bisa dilakukan atau bisa di jadikan acuan untuk Support and Resistance. Untuk yang body candle, biasanya terdapat pada pivot point. Sementara untuk yang ujung / ekor candle sebagai acuan swing high / low.

Cara sederhana  ini  sering digunakan adalah dengan memberi tanda pada level-level high atau low yang baru terbentuk. Jika harga gagal menembus suatu level tertinggi yang baru terbentuk, maka level tersebut adalah swing high dan berlaku sebagai resistance. Sebaliknya, jika harga gagal menembus suatu level terendah yang baru terbentuk, maka level tersebut adalah swing low dan berlaku sebagai support.

Valid tidaknya hal ini tergantung dari kekuatan pasar sendiri. Namun setidaknya, sebagai trader bisa mengetahui gambaran dari level-level psikologis.

Thanks.

Reply > Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #emas #bisnis

  Enda   |   3 Nov 2016   |   Artikel
Sebaiknya investasi keduanya. Disaat Kita membutuhkan Dana segera.... Apakah tanah bisa dijual dgn segera???? Kalaupun dipaksakan jual, bisa saja harganya lebih murah Dari harga perolehannya. Beda dengan emas...... Coba Ajah sendiri
  Kirk Hammet   |   4 May 2018
Kalau Tanah lebih konkrit untuk investasi...hasil tanamannya yg punya nilai lebih bukan terkait dijual Krn butuh waktu. Nah itu hasil tanaman yg pas buat investasi.Ke duanya memang bagus emas punya nilai kegunaan & harganya diatur peraturan pasar.Tanah lebih fleksibel lebih banyak nilai, tidak ditentukan pasar, penawaran tertinggi. cocok bayar
  Winerin   |   6 Mar 2017   |   Artikel
Kog bs smp rugi brp td 725M tu gmn mz dompeng. Kl aq invest ny batangan sm tradding, jd bs tw hrga emas tiap detik e, n keuntungan tradding emas naik 1 point dpt e 1 jt. Sehari jual beli emas lwt tradding 1 kali aja ambil untung 1 point udh untung 1jt/hr. Jd manfaatin fluktuasi tiap detik e. Sm jangka panjangnya di emas batangan smbil nnggu pas naik jual. Emas batangan aq cuma nyimpen 1/4kg, kl yg tak buat tradding 100jt. Modal hampir sama, tp keuntungan beda. 1 ne jangka pnjang, 1 ne untung tiap hr
  Naca Bong   |   16 Mar 2017
Gmn cara tradding emas buk winerin tolong beri penjelasanya dong
  Agen Asuransi   |   24 May 2017
Mending kalo punya invest z yg jls lbh tinggi perkembangan uangnya.
  Agus   |   15 Mar 2019   |   Artikel

caranya memasukan data historis ke MT4

  Erix T   |   19 Mar 2019

Mas @Agus,

Berikut langkah-langkah untuk memasukkan data historis ke dalam Meta Trader. 

Buka aplikasi Meta Trader Anda, lalu pilih menu Tools > History Center.

langkah-langkah mengimport data historis

Lalu akan muncul window History Center. Kemudian pilih pair mata uang atau saham yang hendak Anda lihat data historisnya. Berikut contoh data historis untuk indeks saham Dow Jones (DJIA) pada timeframe H1.

langkah-langkah mengimport data historis

Jika Anda memiliki data historis yang lebih lengkap, Anda dapat memasukkannya dengan menekan tombol Import.

langkah-langkah mengimport data historis

Cari berkas data historis tersebut dengan menekan tombol Browse. Selanjutnya Anda tekan tombol OK untuk meng-import data historis milik Anda ke dalam database MetaTrader.

langkah-langkah mengimport data historis

Semoga bisa membantu.

  Rina   |   23 Apr 2019   |   Artikel

Bagaimana cara trading emas saat menghadapi rilis data NFP?

  Basir   |   29 Apr 2019

bisa menunggu harga bergerak dulu.. lalu cari peluang.

bisa BUY STOP atau SELL STOP di high dan low..

  Bintang   |   5 Jan 2021   |   Artikel

Kekurangannya ya, kalau pakai instant execution tuh karena kita harus menunggu broker dulu, jadi tidak bisa live dan banyak delay. Kalau pas pasar bergejolak naik turun dan kita bisa kelewatan kesempatan emas untuk eksekusi karena harus menunggu penawaran dari broker dulu.

  Vida   |   22 Apr 2021   |   Artikel

Tapi skrn oil lg turun, emas malah naik trus,.

Bunga Kredit

Suku Bunga Kredit

BANK Korporasi Ritel KPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman

Kalkulator Pinjaman





Harga Emas Antam

Harga Emas Antam

Kemarin 872.000
Minggu Lalu 877.000
1 Bulan Lalu 874.000
2 Bulan Lalu 877.000
3 Bulan Lalu 891.000
6 Bulan Lalu 832.000
Harga Emas

Harga Emas

Kemarin 1831.50
Minggu Lalu 1840.60
1 Bulan Lalu 1847.65
2 Bulan Lalu 1891.30
3 Bulan Lalu 1918.00
6 Bulan Lalu 1805.80
Setahun Lalu 1765.15
Harga Emas Dunia

Harga Emas Dunia

Teknik Scalping Emas 5 Menit untuk Pemula
Rida     26 May 2022
Panen keuntungan dari scalping juga bisa dilakukan di pasar emas, salah satunya adalah dengan strategi breakout. Simak strategi lengkapnya di sini.
Kesalahan Investasi Emas dan Cara Menghindarinya
Cahyaning     29 Jul 2021
Kesalahan investasi emas sering kali dilakukan pemula yang tak paham seluk beluknya. Bagaimana cara menghindarinya?
Strategi Trading Emas dengan Bantuan Price Action
Linlindua     28 Jul 2021
Strategi trading emas bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk lewat metode price action. Berikut ini tips trading emas dengan price action.
Tips Jitu Trading Emas Ala Trader Profesional
Finex     23 Jul 2021
Trading emas memang bisa menjadi alat investasi menjanjikan, tapi sebelum itu, simak tips jitu trading emas ala trader profesional Andro Ozora sebelum Anda mulai terjun ke pasar riil.
Emas Sebagai Hedging, Strategi Sedehana Untuk Investasi
Cahyaning     12 Jul 2021
Saat pasar tak menentu akibat krisis seperti pandemi Corona, menggunakan emas sebagai hedging bisa menjadi opsi sederhana untuk melindungi portofolio investasi Anda.
10 Negara Produsen Emas Terbesar Di Dunia
Nandini     17 Mar 2021
Tahukah Anda? Jumlah produksi emas suatu negara rupanya dapat mempengaruhi pergerakan harganya di kemudian hari. Lantas, negara mana sajakah yang menjadi produsen emas terbesar di dunia?
Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas
Febrian Surya     17 May 2020
Masih bingung kapan waktu terbaik untuk investasi emas? Berikut ulasan lengkap terkait siklus pergerakan harga emas setiap tahunnya, yang bisa membantumu mengambil keputusan terbaik dalam investasi emas.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip