Saham Bisnis

4 Tips Investasi Saham Anti Gagal Untuk Pemula
Satrya Heli Oriza     28 Jun 2019
Tidak sedikit investor saham pemula yang mengalami kegagalan, sehingga beranggapan bahwa pasar tidak pernah berpihak kepadanya. Simak tips-tips berikut untuk menghindari kegagalan dalam berinvestasi saham!
Trik Jitu Membeli Saham Yang Baru Melantai
Jujun Kurniawan     13 Jan 2020
Investor semakin mendapatkan banyak pilihan dengan jumlah emiten yang terus bertambah. Namun, apa keuntungan dan kerugian membeli saham yang baru melantai?
5 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Saham
Jujun Kurniawan     28 Oct 2019
Apakah Anda sudah memiliki situs penyedia chart gratis terbaik untuk analisa saham yang bisa diandalkan? Atau mungkin ingin mencari alternatif lain? Artikel ini menghadirkan 5 rekomendasi situs chart gratis terbaik yang bisa Anda cek.
Kamus
Saham

Surat berharga yang mewakili kepemilikan atas ekuitas suatu perusahaan. Saham dapat diperjualbelikan secara langsung antara penjual dan pembeli maupun di bursa efek. Seorang pemilik saham dapat memperoleh imbal hasil berupa Dividen dan Capital Gain.

Indeks Saham

Indikator yang menggambarkan performa pasar saham pada periode tertentu. Dengan adanya indeks, tren harga saham saat ini dapat dipantau. Kenaikan sebagian besar harga saham yang tergabung dalam suatu indeks bisa mendongkrak nilai indeks tersebut.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #saham #bisnis

Alexander Arif Christian   11 Apr 2022

Strategi trading yang tepat untuk digunakan trading saham?

Aisha   13 Apr 2022

Perlu dipahami bahwa strategi trading itu sangat banyak. Kalau membaca pengalaman dan buku para trader sukses, kamu akan tahu bahwa mereka semua menggunakan strategi yang berbeda-beda. Jadi, tidak ada istilah "strategi trading yang tepat". Yang ada hanyalah "strategi trading yang cocok" untuk kamu sendiri (dan mungkin tidak cocok untuk orang lain).

Agar dapat menyusun strategi trading yang cocok untuk kamu sendiri, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Menambah pengetahuan tentang berbagai jenis saham dan masing-masing karakteristiknya (saham lapis 1, lapis 2, lapis 3, saham LQ45, saham blue chip, saham margin, dll)
  • Belajar dan berlatih membaca dan menggunakan grafik harga.
  • Memahami minimal 5 topik seputar analisis teknikal, yakni support-resistance, candlestick, trendline, indikator volume, dan indikator Moving Average.

Strategi trading yang tepat untuk trading saham biasanya mencakup keterampilan membaca grafik yang mumpuni, dikombinasikan dengan pemilihan indikator yang benar-benar dikuasai dengan baik. Indikatornya itu sendiri bisa indikator apa saja, baik Moving Average, MACD, RSI, Bollinger Bands, atau lainnya.

Reply >Lihat[1]
reno leonardo   20 Jan 2015

Saya mau tanya.. apakah ketika kita beli suatu saham emiten, akan langsung terbeli? dan apakah ketika kita menjualnya akan langsung terjual? dan bagaimana saja cara untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham tersebut.. terimakasih..

basir   27 Jan 2015

Trading online memungkinkan seseorang saat dia melakukan transaksi akan terjadi aktivitas jual beli. Ketika anda BUY misalnya, maka akan terlihat dalam platform trading anda nilai beli yang anda beli, begitupun saat melakukan jual.

Thanks.

faris wijaya   4 Feb 2015
yang bisa langsung terbeli itu khusus untuk trading online sajakah atau untuk semua model trading saham bisa?
saya juga penasaran sama cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham..
mohon dijelaskan lebih lanjut....
m singgih   6 Feb 2015

@ reno leonardo, @ faris wijaya :
- apakah ketika kita beli suatu saham emiten, akan langsung terbeli???

setahu saya tidak Pak, baik trading on-line maupun via pialang saham. Tergantung dari ada tidaknya yang mau menjual sesuai dengan harga yang Anda inginkan. Kalaupun ada, belum tentu jumlah yang Anda inginkan terpenuhi semuanya. Misalkan Anda ingin membeli saham ABCD sebanyak 10 lot, tetapi yang tersedia dengan harga beli Anda hanya 5 lot maka yang Anda inginkan hanya terpenuhi sebagian. Untuk itulah Anda mesti antri dan menunggu hingga ada yang menjual sesuai dengan harga yang Anda inginkan, karena mungkin yang ingin membeli saham ABCD dengan harga tersebut tidak hanya Anda, jadi mana yang duluan.

Demikian juga jika Anda menjual saham. Tergantung dari ada tidaknya yang mau membeli sesuai dengan harga yang Anda inginkan.
Persedian saham itu jauh lebih terbatas jika dibandingkan dengan mata uang.

 

- dan bagaimana saja cara untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham tersebut..

untuk trading di pasar saham, Anda hanya bisa membeli (buy), dan jika harga telah naik Anda bisa menjualnya. Keuntungan yang Anda peroleh biasanya akan dipotong biaya transaksi oleh pialang Anda. Jadi Anda tidak bisa open posisi sell seperti trafing forex, kecuali Anda telah punya barangnya (saham yang akan Anda jual).
Keuntungan lain adalah pembagian dividen dari perusahaan yang Anda beli sahamnya (biasanya dibagikan tiap tahun).

anna   29 Dec 2016

Cara untuk mendapatkan keuntungan dari saham ada dua: dari dividen dan dari capital gain.

Dividen biasanya dibagikan setiap tahun untuk pemegang saham per cum date. Jadwal dividen dan besarnya berbeda-beda untuk setiap emiten, tetapi umumnya asalkan Anda membeli sebelum hari H cum date saja, maka Anda berhak mendapatkan dividen tersebut. Namun, harga saham biasanya bergolak di sekitar tanggal cum date dan ex date, sehingga bisa menjebak investor untuk membeli di harga tinggi sebelum cum date, kemudian jatuh setelah lewat ex date.

Capital gain diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli saham. Setiap transaksi beli maupun jual akan dikenakan fee oleh broker, yang menjadi biaya trading bagi investor saham sendiri. Kunci untuk mendapatkan profit dari Capital Gain adalah membeli saham di harga tertentu, untuk dijual kembali di tingkat harga lebih tinggi hingga mampu meng-cover biaya trading tadi plus ada kelebihan sebagai profit.

Transaksi jual-beli saham bisa dilakukan secara online. Di platform trading saham, akan muncul penampilan seperti ini:

gambar jual beli saham

Bisa dilihat di sana, ada kolom Bid dan kolom Offer. Kolom Bid merupakan daftar harga dimana para investor ingin membeli saham BBNI. Jadi, misal Anda punya saham BBNI, dan ingin menjualnya pada harga 5400, maka Anda akan langsung mendapatkan pembeli. Namun, bila Anda ingin menjualnya pada harga 5450, maka akan masuk sebagai antrian baru di daftar Offer, dan baru tereksekusi jika ada investor yang setuju membeli di harga 5450.

Demikian pula, di kolom Offer merupakan daftar harga dimana para investor yang memiliki saham BBNI ingin menjual sahamnya. Apabila Anda sedang mencari saham BBNI, dan setuju untuk membeli di harga 5425, maka saham BBNI yang dipesan akan langsung terbeli. Namun, jika Anda ingin membeli di tingkat harga berbeda, misalnya 5400, maka akan masuk antrian di kolom Bid, dan baru tereksekusi jika ada investor yang menurunkan harga jual sahamnya.

Perlu diperhatikan juga angka lot di sebelah Bid/Offer, yang menunjukkan seberapa banyak volume saham yang ditawarkan/akan dibeli pada tingkat harga Bid/Offer terkait. Jika ingin membeli saham BBNI di harga 5425 sebanyak 1000 lot, misalnya, maka yang akan tereksekusi hanya 583 lot saja, karena yang tersedia di pasar pada harga itu hanya segitu. Sedangkan sisa pesanan sebanyak 417 lot akan masuk antrian.

Faiz   27 Jun 2018
Terus ketika kita memesan saham it harus menyesuaikan dep uang nya ap ,uang bisa menyusul
m singgih   29 Jun 2018

@ Faiz:

Setahu saya disesuaikan dengan dana yang ada di saldo akun Anda, tidak bisa menyusul (bayar belakangan) alias ngutang.

Sonny   16 Jun 2019

Mau tanya misal kita punya saham 100 lot ,bisakah jualnya sebgian aja misal cuma 50 lot aja? Untuk investasi dgn mengharapkan dividen untuk hasil yg optimal setidaknya keep berapa lama ? Dan skrg 1 lot ada berapa lembar saham (juni 2019) 

erik t   17 Jun 2019

Untuk Sonny,

“...misal kita punya saham 100 lot ,bisakah jualnya sebgian aja misal cuma 50 lot aja?...”

Bisa. Hal itu tergantung dari platform trading yang digunakan dan juga dari ketentuan broker yang bersangkutan.

“...Untuk investasi dgn mengharapkan dividen untuk hasil yg optimal setidaknya keep berapa lama ?...”

Semua itu tergantung dari keputusan Anda sendiri. Karena hasil pembagian dividen selalu berbeda-beda untuk tiap tahunnya. Sehingga, tidak ada acuan baku mengenai berapa lama sebaiknya menyimpan saham tersebut.

“...Dan skrg 1 lot ada berapa lembar saham…”

Data terakhir yang kami terima, 1 lot masih berjumlah sebesar 100 lembar saham.

Semoga bisa membantu.

Edo   11 Nov 2019
Bagaimana cara mendapatkan antrian pertama di jual/beli saham,karna harga saham yg di tembok oleh bandar berjuta2 lot?
m singgih   26 Nov 2019

@ Edo: Setahu saya kalau ingin antrian yang cepat, kalau Anda ingin beli harganya harus lebih tinggi dari harga pasaran saat itu, dan kalau Anda ingin jual, harganya harus lebih rendah dari harga pasaran.

Baca juga: Apa Itu Saham dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Radit   20 Jan 2021
Maaf pemula,kalau investasi saham,misalnya dalam kurun waktu 5 tahun ingin berinvestasi saham,ternyata dalam tahun ke tiga tidak dapat melanjutkan ,itu gimana ya?

pernah sy baca misalnya,setiap bulan nya berinvestasi 1 juta setiap bulan nya berarti 1 Thn 12 juta .
tetapi di tahun ke 3 stop karna problem yang ada. Dana kita itu bagaimana dan selanjutnya gimna.

terimakasih maaf pemula sekali.
Bajam ID   26 Nov 2020

Keren sekali penjelasan nya suhu..

Trimakaih

M Singgih   22 Jan 2021

@ Radit:

Menurut saya itu tergantung dari isi perjanjian (agreement) antara Anda sebagai nasabah dan perusahaan pialang saham (broker), apakah ada kesepakatan bahwa setiap bulan harus menyetorkan dana. Setahu saya normalnya nasabah bebas (tidak terikat) apakah akan beli saham setiap bulan atau tidak. Biasanya tidak ada ikatan, kecuali ada perjanjian tertentu.

 

Arang   6 May 2021

Trading adalah transaksi jual beli. Barang murah lebih cepat laku, karena banyak yg mau beli murah. Seperti ketika jual aset diberi embel "BUTUH DUIT, JUAL MURAH".

Ada sederetan orang yg sudah antri membeli dengan harga murah. Jika anda jual dengan harga yang diminta, maka langsung terjual. Kemungkinan anda jual rugi. Tapi yang anda tanyakan apakah bisa langsung terjual, bukan soal untung atau ruginya. Dalam praktiknya juga kadang trader harus jual sahamnya dalam waktu cepat walau jual rugi untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

 

Arang   6 May 2021

Karena anda sepertinya awam sekali mengenai bursa saham, sebaiknya anda anggap saja trading/invest saham hanya via online. Karena itu yg paling mudah dan memungkinkan untuk diakses anda. Untuk transaksi non reguler dan non online, itu tidak bisa diakses oleh semua orang. 

Keuntungan trading saham adalah selisih harga beli dengan harga jual. Anda beli cabe 5000 sekilo, besok naik jadi 6000 sekilo. Anda untung 1000 perkilo. 

Keuntungan dari invest saham juga sama, ditambah karena invest berarti menyimpan saham dalam jangka waktu lama, kemungkinan mendapat dividen dari perusahaan yg sahamnya anda beli tersebut.

 

Reply >Lihat[15]
D. Parta   17 Dec 2021

Apa tujuan perusahaan memilih langkah IPO untuk sahamnya?

Erik T   20 Dec 2021

Untuk D. Parta,

Tujuannya adalah satu, yakni untuk menarik minat masyarakat luas agar mau menanamkan modalnya ke perusahaan tersebut.

 

D. Parta   20 Dec 2021

Apa risiko untuk perusahaan jika IPO nya kurang diminati masyarakat ya pak?

Erik T   21 Dec 2021

Untuk D. Parta,

Resiko yang tampak jelas cuma satu, yaitu besarnya beban biaya perusahaan. Pasalnya, perusahaan yang benar-benar sudah siap dengan keputusan “go public” harus bersedia merogoh kocek yang dalam untuk merealisasikan keputusan IPO tersebut.

Jika program IPO berhasil menarik banyak investor, maka tentu seluruh biaya-biaya yang sudah dikeluarkan diawal akan tertutupi. Namun jika program IPO kurang diminati atau bahkan gagal, maka tentu keputusan IPO ini akan menjadi boomerang besar bagi perusahaan tersebut.

Reply >Lihat[3]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #saham #bisnis

  Analisa Saham   |   18 Dec 2014   |   Reply   |   Artikel
Dari segi teknik memang analisa fundamental lebih rumit dan memakan waktu yang lebih lama dari pada analisa teknikal, apalagi dalam analisa saham, namun jika pilihannya tepat juga akan sangat berdampak pada kondisi portofolio seorang investor
  Maslan   |   11 Feb 2015   |   Reply   |   Artikel
bagaimana perhitungan volatilitas harga saham pertahun/tahunan?..
  Riska M   |   25 May 2018
tanya langsung di forum tanya jawab khusus ini aja bang. nanti dijawab lgsg sama ahlinyaa.
  Admin   |   26 May 2017   |   Reply   |   Artikel
Harga saham di Yahoo Finance berubah setiap hari, setiap jam, bahkan bisa setiap menit sepanjang jam aktif perdagangan bursa. Sedangkan laporan keuangan hanya mencatat harga saham sekali atau beberapa kali saja dalam setahun. Jadi jelas sudah pasti berbeda.
  Ida Soraiya   |   20 Oct 2017   |   Reply   |   Artikel
10 jenis saham  perusahaan yang paling bagus apa aja? dan apa alasannya saham perusahaan tersebut bagus?
  Admin   |   2 Nov 2017

Kriteria saham perusahaan paling bagus itu berbeda-beda bagi setiap trader, tergantung patokan yang dipakai masing-masing. Bagi trader saham harian, saham X mungkin bagus, tetapi bagi value investor, saham X itu jelek. Dan lain sebagainya. Lebih dari itu, bagus jeleknya saham pun berubah-ubah dari waktu ke waktu. Saham X boleh jadi bagus bulan lalu, tapi dianggap sudah kemahalan pada bulan ini. Jadi, tak ada jawaban pasti mengenai pertanyaan Anda tersebut. Apabila Anda ingin tahu rekomendasi saham terkini, simak saja rubrik Analisa Saham, di mana analis kami dari pialang-pialang terkemuka menyampaikan pandangan terbaru mereka mengenai saham-saham di BEI.

  Fitri   |   29 Apr 2018   |   Reply   |   Artikel
mohon maaf, saya ijin beratnya. sebenarnya saya kurang paham terkait per sahaman. nah saya bingung apakah beta saham berubah-ubah tiap tahun? jika iya bagaimana cara mencari data saham tahun sebelumnya seperti beta tahun 203 atau 2014 di routers? mohon pencerahannya, terimakasih :)
  Admin   |   1 May 2018
Ya, beta saham bisa berubah-ubah. Untuk mengetahui data beta saham tahun lalu, terus terang saja kami tak bisa membantu. Pada dasarnya, Reuters menyediakan data secara premium. Artinya, data yang ditampilkan hanyalah "trailer", sedangkan jika ingin menyaksikan lebih jauh lagi maka harus membayar langganan data secara premium dan biasanya hanya bisa ditanggung oleh perusahaan besar.
Jika Anda membutuhkan data beta saham untuk skripsi, penelitian, dan sejenisnya, ada baiknya menghitung sendiri beta saham setiap tahunnya, daripada mengandalkan sumber eksternal. Bisa di-set mudah di Excel dengan menginput perubahan harga saham tiap emiten dan perubahan IHSG, plus rumus menghitung beta saham.
  Ghostrider   |   22 Jun 2019   |   Reply   |   Artikel

Speak with data please!

Yang selama ini saya amati, bnyk trader yg mengaku2 udh sukses tanpa berani mengungkapkan isi dapurnya, mrk jg menerbitkan buku dan sering tebar pesona di medsos, anehnya kl merasa udh sukses kok ujung2nya JUAL SEMINAR (forex , saham, options, properti, financial revolution, software robot trading)? gurunya aja blm berhasil , gmn nasib peserta seminarnya ya?

Bagi sy pribadi, mrk rugi terus di pasar, cr paling mudah utk balik modal dan dapetin easy capital adl jual seminar kok, most of them dont care about you, ga ada integritas. di mata mrk, masyarkat adl arena memancing dg berbagai macem umpan dan modus, sgt jarang punya niat to help you get rich. kl mrk terbitin buku, dari isinya saja udh bs ketebak arahnya kmn. Berputar2/mempromisikan seminarnya. isinya kebanyakan sampah ga berguna sama sekali.

taukah mrk bhw utk beli buku berseri 2 yg mahal dan seminar yg bnyk episodenya sgt menguras kantong peserta seminarnya? dmn hati nuranimu ? ada yg smp skr utang, jatuh bangkrut.Ga wort it dg harganya yg over priced, cr uang boleh, tp caranya mesti beretika.

Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman




Saham Untung
Kode SahamLastChange 
BCIC19634.25%
BANK1,88511.21%
PRIM30214.39%
TOYS15111.03%
YELO10013.64%
BNBA1,79512.19%
MPMX1,3709.16%
ESSA1,3109.62%
DNAR20810.05%
INCO7,6507.75%
Saham Rugi
Kode SahamLastChange 
BBHI4,950-6.79%
BCIC183-6.63%
PRIM282-6.62%
ESSA1,225-6.49%
YELO93-7.00%
ISAT5,650-5.83%
SRTG3,040-4.10%
MAPI850-5.56%
BEBS5,100-6.85%
5 Broker Saham Terbaik Untuk Trading Online
Anna     13 Sep 2019
Inilah 5 broker saham terbaik untuk semua kalangan diantara ratusan perusahaan sekuritas di Indonesia.
Saham Preferen Vs Saham Konvensional, Mana yang Lebih Baik?
Nandini     28 Apr 2022
Pernahkah kalian mendengar soal saham preferen? Apa bedanya dengan saham biasa? Mana yang lebih baik untuk dikoleksi pemula? Temukan jawabannya pada artikel ini.
Mengenal SOTS dalam Trading Saham Syariah
Yuvita     7 Feb 2022
Syariah Online Trading System atau SOTS dapat membantu mempermudah dan mempercepat investasi saham syariah. Bagi kalian yang ingin trading saham syariah, wajib tahu soal ini.
Jenis - Jenis Manipulasi Pasar Modal yang Perlu Anda Waspadai
Ima AZ     4 Feb 2022
Di balik potensi keuntungan yang menggiurkan, ada sisi gelap pasar modal yang patut diwaspadai, yaitu kejahatan manipulasi pasar. Sudahkah Anda mengetahui bentuk-bentuknya?
Pengaruh January Effect dalam Trading Saham
Cahyaning     10 Jan 2022
Pengaruh January Effect merupakan topik yang menarik untuk didiskusikan. Tak jarang trader memanfaatkan fenomena ini untuk menjemput rezeki di awal tahun. Bagaimana pendapat ahli?
Cara Cerdas Investasi Saham Syariah Untuk Pemula
Yuvita     28 Dec 2021
Ingin jadi investor saham tapi tetap berkah? Jangan khawatir, saat ini telah banyak saham syariah yang bisa dikoleksi. Apa saja contoh saham syariah dan bagaimana cara kerjanya?
Cara Menjual Saham ARB (Auto Reject Bawah)
Anna     30 Oct 2021
Saham ARB (Auto Reject Bawah) tentu menimbulkan kekecewaan. Tapi, ada tiga alternatif cara menjual saham ARB yang dapat dipilih trader.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip