Scam Kripto

Panduan Meminimalisir Risiko Peretasan Pada Koleksi NFT
Evan     25 Apr 2022
Harga aset digital yang semakin melambung tinggi membuat aset NFT menjadi salah satu incaran para peretas dalam mendulang keuntungan. Baca artikel ini untuk mengetahui cara meminimalisir peretasan pada koleksi NFT Anda.
#nft  
Kupas Tuntas Pembobolan Exchange Bitfinex
Rida     16 Apr 2022
Otoritas AS akhirnya berhasil menangkap pelaku pencurian bitcoin yang membobol Bitfinex. Siapakah mereka dan apakah aset yang dicuri bisa dikembalikan?
Waspadai Skema Rug Pull Saat Investasi Kripto
Damar Putra     27 Mar 2022
Saat investasi pada aset kripto, tanpa disadari ada bahaya Rug Pull yang mengancam dana para investor. Bagaimana cara kerja dan cara menghindarinya?
Kamus
Scam

Penipuan yang merugikan, baik secara moriil maupun materiil. Dalam forex, label scam umumnya berlaku untuk pihak broker, penjual sinyal trading, maupun penjual robot yang menipu klien.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #scam #kripto

Anjar   5 May 2021

Investasi kripto terbaik buat pemula itu token, bitcoin, NFT, atau apa ya? Semakin banyak aja pilihannya, saya jadi bingung. Mohon para sepuh yg udah pengalaman di dunia kripto bagi ide.

Ananta   18 May 2022

Halo pak,

Sama seperti investasi lainnya, selalu ada resiko yang mengikuti bersamaan dengan potensi keuntungannya. Salah satu hal perlu diwaspadai ketika investasi token kripto adalah Rug Pull.

 

Sebelum investasi di token kripto, Anda memang perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Antara lain:

  • Teliti tim developernya, apakah mereka sudah cukup punya nama di ranah industri Blockchain?
  • periksa roadmapnya
  • Cek TVL (Total Value Locked)
  • Cek data dan informasinya di jaringan blockchain
  • Siapa token auditornya?

Selain itu, dari diri sendiri juga jangan fomo dan hindari promosi agresif. Kalau menemukan link promosi yang mencurigakan dan meminta data-data pribadi, harap berhati-hati.

Ananta   18 May 2021

Halo pak,

Sebelum investasi, ada baiknya Anda mengetahui definisi dari masing-masing istilah kripto yang sedang nge-tren ini.

  • Token kripto: Sebuah aset digital yang diterbitkan oleh suatu project sebagai alat pembayaran dalam lingkup project tersebut. Setiap token dikembangkan dalam sebuah blockchain dan untuk memvalidasinya, dibutuhkan koin kripto.
  • Bitcoin: Ini termasuk ke dalam kategori koin kripto. Nah, koin kripto ini berperan sebagai uang atau alat tukar, sehingga bisa ditransfer, disimpan, dan ditradingkan.
  • NFT: Aset digital yang mewakili objek dari dunia nyata, transaksi NFT dicatat dalam jaringan blockchain dan digunakan sebagai alat pembayaran.

Jika Anda memiliki modal yang terbatas, sebaiknya berinvestasi koin kripto. Harga Bitcoin saat ini sudah sangat tinggi, tapi Anda bisa investasi dalam jumlah kecil melalui aplikasi trading online yang sudah teregulasi.

Selain Bitcoin, masih banyak koq koin kripto yang potensial lainnya.


Cek di sini: 10 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer Selain Bitcoin

Jimin   3 May 2022

Hai, saya pemula di bidang kripto nich, baru belajar2 sedikit. Skrg ini banyak token-token kripto yang dishare lwt akun2 twitter, kita klik terus dapet tokennya gitu. Sebenarnya hal kayak gitu aman gak sich? Terima kasih, semoga ada yg merespon. 

Reply >Lihat[3]
kiko_manang   15 Mar 2022

Koin kripto terbaik saat ini, koin kripto apa saja ya?

Aisha   16 Mar 2022

Koin kripto terbaik saat ini masih tetap Bitcoin dan Ethereum, karena penggunaan dan adopsinya yang paling luas. Kedua koin kripto itu juga sudah punya rekam jejak yang panjang. Selain itu, ada pula Litecoin, Cardano, dan Dogecoin.

Litecoin itu koin "pengikut Bitcoin" yang paling awal, sehingga adopsinya juga cukup luas dan rekam jejaknya jelas.

Cardano berpeluang untuk bersaing dengan Ethereum sebagai platform blockchain, didukung riset dan tim yang lebih unggul. Saat ini masih dalam pengembangan, tetapi ada kemungkinan menjadi bagian dari sistem keuangan masa depan.

Dogecoin tidak punya keunggulan seperti keempat koin kripto lainnya karena cuma berkembang dari "meme". Tapi ada bekingan dari Elon Musk yang sangat berpengaruh, sehingga termasuk koin kripto terbaik (setidaknya, untuk sementara ini).

 

Reply >Lihat[1]
Eki Safitri   7 Feb 2022

malam, cara menentukan target profit dari hasil analisa pergerakan harga kalau di kripto bagaimana ya? analisa saya menggunakan pola candlestick seperti doji, pinbar dll.

Nur Salim   7 Feb 2022

@Eki Safitri:

Untuk penentuan tempat dimana posisi harus ditutup saat sedang mendapatkan keuntungan sebenarnya ada berbagai macam cara kak. 

1. Menggunakan patokan garis Support dan Resistance:

Cara yang paling mudah adalah menutup posisi di garis Support dan Resistance terdekat dari posisi harga dibuka. Jika posisi yang dibuka Buy, maka posisi bisa ditutup pada garis Resistance-nya, begitu pula sebaliknya. Perlu diingat, garis patokannya adalah Support dan Resistance terdekat ya, bukan garis Support dan Resistance yang sifatnya major dan jaraknya berada jauh sekali dari posisi dibukanya harga.

Kelebihan menggunakan garis Support dan Resistance terdekat ini biasanya Winrate yang dicapai akan cukup tinggi karena utamanya harga pasti bergerak dari satu garis Support dan Resistance ke garis Support dan Resistance lainnya. Kekurangannya sendiri, kalau posisinya kurang baik, ratio antara Risk:Reward yang didapat biasanya tergolong kecil.

2. Menggunakan Risk:Reward Ratio

Metode menentukan target profit yang paling sering digunakan lainnya adalah menggunakan perbandingan Risk:Reward Ratio 1:2. Penggunaannya mudah, cukup tempatkan Take Profit sejauh 2x jarak Stop Loss yang digunakan. Misal Stop Loss-nya 40 pips, maka Take Profitnya harus 80 pips.

candle-rr

Kelebihan dari penggunaan metode ini sendiri ada pada letak kemudahan dalam menghitung parameter-parameter hasil performa trading seperti Expectancy, Average Net Profit, Average Loss, dll.

Kelemahannya sendiri pada tingkat Win Rate yang lebih kecil jika dibandingkan dengan metode pertama. Namun tidak perlu khawatir, meskipun Win Rate-nya kecil, keuntungan bisa tetap diraih dari besarnya Reward yang 2x lipat dari Risk yang dirisikokan.

3. Menunggu sinyal pembalikan dari pola Candlestick berlawanan:

Metode ketiga ini yang cukup sering dianjurkan dan dicontohkan pada buku-buku Classic Candlestick. Karena posisi dibuka berdasarkan hasil dari analisa menggunakan pola Candlestick, maka penutupan posisi pun lebih baik jika menggunakan Candlestick pula. Contohnya saat posisi Buy sedang mengalami keuntungan dan muncul pola Candle Reversal Shooting Star, maka posisi harus ditutup saat pola tersebut sudah valid terbentuk. Ini juga berlaku untuk segala jenis pola Candlestick yang mengindikasikan reversal.

candle-reversal

Kelebihan dari metode ini adalah kita sepenuhnya bersinkronisasi dengan market mengenai kapan dan dimana posisi harus dibuka dan ditutup.

Kelemahannya sendiri ada dua setahu saya. Pertama, sisi psikologis atau otak yang manusia yang menolak untuk menutup posisi yang sedang mengalami keuntungan meskipun sudah diberi tanda bahwa harga berpotensi berbalik arah. Kedua, sering terjadi kesalahpahaman antara pola Candlestick yang memberikan sinyal pembalikan arah dengan pola Candlestick yang memberikan sinyal pelemahan dari pergerakan harga. Hal ini bisa membuat posisi ditutup terlalu dini sehingga profit yang didapat kurang maksimal.

Mengenai mana yang paling baik, kakak bisa coba ujikan terlebih dahulu satu per satu. Atau silahkan dipilih yang konsepnya sesuai dengan pribadi kakak.

Terima kasih, semoga membantu. 

Reply >Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #scam #kripto

  Anna   |   30 Sep 2014   |   Reply   |   Artikel
Pemerintah AS menerbitkan uang 100,000 hanya sekali pada tahun 1934 sebagai gold certificate khusus bagi bank-bank. Kepemilikan uang ini terlarang bagi masyarakat umum, dan apabila terjadi maka ada ancaman 25 tahun penjara oleh pemerintah federal AS.

Berdasarkan informasi yang kami dapat, semua uang pecahan 100,000 Dolar AS tahun 1934 telah dicatat oleh Pemerintah AS, kecuali satu set uncut sheet yang diduga dicuri. Semua yang pernah diterbitkan telah dimusnahkan, kecuali yang dipamerkan di Smithsonian Museum dan diarsipkan oleh bank sentral AS, serta set curian tadi.

Terkait dengan banyaknya yang mengklaim memiliki dolar AS 100,000 tahun 1934 di Asia Tenggara, banyak yang menduga kalau itu palsu, termasuk scam/penipuan.

Namun demikian, apabila Anda merasa ragu dan ingin memastikan, Anda bisa menghubungi kontak Departemen Keuangan AS yang tercantum di link berikut ini.
  Anna   |   12 Mar 2015   |   Reply   |   Artikel

Tidak ada money changer yang akan mau menerima uang 100,000 USD tersebut, baik di Indonesia maupun di negara lain, karena itu kemungkinan palsu. Pemerintah AS menerbitkan uang 100,000 hanya sekali pada tahun 1934 sebagai gold certificate khusus bagi bank-bank. Kepemilikan uang ini terlarang bagi masyarakat umum, dan apabila ada orang biasa memilikinya, maka ada ancaman 25 tahun penjara oleh pemerintah federal AS. Semua uang pecahan 100,000 Dolar AS tahun 1934 yang pernah diterbitkan telah dicatat oleh Pemerintah AS, kecuali satu set un-cut sheet yang diduga dicuri. Saat ini semua uang pecahan 100,000 Dolar AS Tahun 1934 yang pernah diterbitkan telah dimusnahkan, kecuali yang dipamerkan di Smithsonian Museum dan diarsipkan oleh bank sentral AS, serta set curian tadi. Sedangkan terkait dengan banyaknya yang mengklaim memiliki dolar AS 100,000 tahun 1934 di Asia Tenggara, banyak yang menduga kalau itu palsu, termasuk scam/penipuan. Selengkapnya mengenai ini dapat Anda baca di artikel kami yang lain: https://www.inbizia.com/hatihati-tiga-penipuan-valas-paling-populer-di-dunia-menghantui-222237

  Feli Saimah   |   5 May 2015   |   Reply   |   Artikel
Eh bagaimana carax untuk milih broker yng ndak scam? Sy masih newbie masih belajar ttg trading sja, belum sampe ke cara mengenali broker scam. Mohon untuk suhu sekalian yg bisa bantu saya. Karna sy denger untuk mulai trading bisa buka akun di broker. Tapi walaupun masih demo pengenx langsung ke broker yg oke biar sekalian ntar bisa daftar akun sungguhan dibroker yg sama...
  Fajri Purwarna   |   6 May 2015
Cara yang sering diandalkan untuk mengenali broker pertama adalah dengan melihat dari regulasinya. Ada beberapa regulasi broker yang dicap sebagai unggulan, yaitu: -CFTC dari Amerika Serika - NFA dari Amerika Serikat -FSA dari negara-negara Eropa dan Jepang -FCA dari Inggris -FINMA dari Swiss -ASIC dari Australia Namun sekarang ini sepertinya regulasi bukan satu-satunya standar untuk menentukan broker scam atau bukan. Karena banyak pula contoh broker yang regulasinya tidak dari regulator di atas tapi masih aman-aman saja, dan broker-broker yang sudah teregulasi dengan yang di atas pun juga ada yang sering bermasalah. Ini semua bisa diketahui dari review dan testimoni klien, jadi mencari tahu review tersebut juga bisa menjadi alternatif selain melihat regulasinya
  Baebae   |   22 Dec 2020   |   Reply   |   Artikel

Terus, cara mengetahui broker itu reliable atau tidak? Scam atau tidak?

  Nurul   |   22 Dec 2020

Bisa lihat dari review orang-orang, di inbizia juga ada kok review broker https://www.inbizia.com/broker-forex

  Cykanika   |   10 Feb 2021   |   Reply   |   Artikel

Kalau misalnya robot trading-nya ternyata scam, ditipu seller, atau mau minta ganti rugi gitu lapor ke mana?

  Jatno   |   10 Feb 2021

Karena belum ada regulasinya, apabila muncul kerugian karena bertransaksi menggunakan robot trading maka menjadi tanggungan trader tersebut.

  Adhi   |   25 Apr 2022   |   Reply   |   Artikel

Bedanya Rug Pull dengan Ponzi atau scam lainnya apa ya?

  Damar Putra   |   26 Apr 2022

Skema ponzi adalah modus investasi palsu yang menawarkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat dengan. Padahal, keuntungan yang didapatkan bukan dari profit bisnis yang ditawarkan, tetapi dari setoran investor atau member berikutnya. Bagi anggota yang bisa merekrut anggota baru untuk bergabung di bawahnya atau downline, akan dijanjikan mendapat bonus, berupa bonus sponsorship.

Sebaliknya untuk skema Rugpull adalah aktivitas scam atau penipuan yang dilakukan oleh developer atau pengembang dari sebuah projeck palsu yang bertujuan untuk menarik dana para investor melalui sistem crowdfunding. Kemudian, setelah dana sudah terkumpul pihak developer akan kabur dengan membawa kabur dana investor.

Konversi Bitcoin
Koin Untung
KoinHarga/Change
BitTorrent [OLD] $0.0005587
(49998.4%)
SiaClassic $0.0000299
(52.1%)
Peculium $0.12
(21.8%)
Tiger Shares $82.95
(16.1%)
Bit Store $0.15
(13.6%)
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Cahyaning     17 Nov 2021
Cryptojacking adalah salah satu metode peretasan yang tidak mudah untuk dideteksi. Tapi, ada beberapa cara mencegah cryptojacking agar tak merugikan Anda.
Membongkar Kasus EDCCash, Penipuan Ponzi Berkedok Kripto
Cahyaning     24 Sep 2021
Kasus penipuan EDCCash sempat menghebohkan dunia kripto Indonesia. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp285 miliar. Bagaimana kronologinya?
#ponzi  
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua     8 Sep 2021
Popularitas kripto yang kian menanjak diikuti pula oleh beragam cara hacker untuk mencuri uang kripto. Agar tak jadi korban, pastikan Anda tetap waspada dan tahu cara mengantisipasinya.
#hack  
5 Kasus Penipuan Kripto Terbesar
Nandini     27 Jul 2021
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat pada mata uang digital, kasus penipuan kripto pun semakin menjamur. Berikut ini deretan kasus yang patut Anda waspadai.
5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
Jujun Kurniawan     26 Dec 2019
Beroperasi dengan sistem yang terdesentralisasi, kripto sulit diawasi pihak otoritas. Akibatnya kripto sering dimanfaatkan oknum untuk kejahatan siber.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip