Scam Kripto

Belajar dari Kasus Penipuan Kripto OneCoin
Intan     23 Sep 2022
OneCoin merupakan salah satu penipuan kripto terbesar yang pernah terjadi. Seperti apa kasusnya? Mengapa banyak yang percaya? Simak penelusurannya pada artikel berikut.
Menelisik Kasus Peretasan Celcius Network
Intan     19 Aug 2022
Kasus peretasan Celcius Network cukup menggegerkan industri kripto. Sebenarnya, apa yang terjadi dan mengapa insiden ini dikaitkan dengan cryptocrash 2022?
Mengenal Lazarus, Grup Hacker Kripto yang Sedang Diburu
Nadila D     28 Jul 2022
Lazarus telah terbukti terlibat dalam sejumlah kasus peretasan dan pencurian mata uang kripto sejak 2018. Sebenarnya siapa mereka?
#hack  
Kamus

Kamus Trading

Scam

Penipuan yang merugikan, baik secara moriil maupun materiil. Dalam forex, label scam umumnya berlaku untuk pihak broker, penjual sinyal trading, maupun penjual robot yang menipu klien.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #scam #kripto

Arista   28 Jul 2022

Jika uang kripto itu banyak yang bilang hanya spekulatif belaka, mengapa banyak orang yang membeli uang kripto ya kak? Terima kasih

Ananta   29 Jul 2022

Alasan orang membeli kripto sangat beragam. Pasar kripto tidak hanya berisi spekulan, melainkan juga para pedagang besar, pedagang kecil (ritel), hingga affiliator.

Para spekulan dan pedagang yang bermodal besar, pada umumnya melirik pasar kripto sebagai salah satu "keranjang" telurnya. Prinsip diversifikasi portofolio menjadi alasan mereka untuk membeli uang kripto.

Banyak tokoh-tokoh ternama yang dulunya skeptis dengan kripto, sekarang justru menambahkan kripto dalam portofolio asetnya. Hal ini karena mereka berorientasi pada cuan, selama ada kesempatan mendapat untung, maka mereka akan ikut gabung. Tentu saja dengan memperhitungkan risiko dan reward yang akan diraih.

Selanjutnya, ada pedagang ritel dan pemula. Mereka memiliki motivasi yang mirip dengan para spekulan, hanya saja modalnya lebih terbatas. Mereka stay di pasar kripto dengan harapan kecipratan hoki dari pergerakan cryptocurrency yang liar.

Selain orientasi cuan, banyak juga yang membeli uang kripto karena FOMO. Melihat sekitarnya membahas soal Bitcoin, beberapa orang ikut membeli karena tidak mau ketinggalan. Sayangnya, orang-orang seperti inilah yang seringkali menjadi korban dari pasar.

Raziq   9 Aug 2022

Apa manfaat investasi cryptocurrency?

Ananta   10 Aug 2022

Sama seperti aset investasi lainnya, manfaat dari investasi cryptocurrency mendapatkan imbal hasil (pertambahan nilai) dari investasi kita. Potensi return yang dihasilkan oleh mata uang kripto cenderung lebih besar daripada investasi pada aset lain karena volatilitasnya yang tinggi. 

Di samping itu, mata uang kripto memiliki keunggulan antara lain:

  • Penyebarannya lebih luas. Dibandingkan aset saham atau obligasi yang cakupan transaksinya hanya dalam 1 negara, mata uang kripto bisa digunakan di beragam belahan dunia dan exchanger manapun.
  • Cepat dan mudah, dalam artian aksesnya tidak terbatas waktu dan lokasi. Selama kita memiliki koneksi internet dan gadget, investasi kripto bisa dilakukan dari mana saja.
  • Transparan. Seluruh exchanger mata uang kripto memiliki situs internet dan aplikasi yang bisa diakses kapan saja, sehingga laporan transaksinya jelas tanpa perlu menunggu proses cetak data dan sebagainya.

Baca juga: Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial

Randu   19 Aug 2022

Mengapa di Indonesia MUI mengharamkan mata uang kripto digunakan untuk transaksi?

Aisha   22 Aug 2022

Peraturan MUI pada umumnya perlu memerhatikan peraturan pemerintah Indonesia juga, mengingat pemerintah Indonesia merupakan ulil amri (pemimpin). MUI bisa saja mengharamkan suatu hal yang diperbolehkan di Indonesia, misalnya jual beli miras. Namun, MUI biasanya tidak menghalalkan hal yang sudah dilarang oleh pemerintah RI.

Pemerintah RI telah menegaskan bahwa mata uang kripto tidak boleh dipergunakan sebagai alat pembayaran ataupun alat layanan jasa keuangan. Oleh karena itu, MUI sewajarnya juga melarang penggunaan mata uang kripto dalam transaksi.

Marco   29 Aug 2022

Apa keunggulan kripto dibading aset investasi obligasi atau reksadana?

Aisha   31 Aug 2022

Harga aset kripto itu sangat fluktuatif. Naik-turun harga harian biasa bisa mencapai puluhan persen. Ini berarti, kalau kamu beli kripto, kamu bisa mendapatkan untung atau rugi sampai puluhan persen pula dalam hitungan hari

Sedangkan obligasi dan reksa dana itu umumnya punya return dalam hitungan satu digit. Ambil contoh Sukuk Ritel SR017 yang sedang dalam masa penawaran saat ini, cuma menawarkan imbal hasil 5,9 persen per tahun. 

Buat orang yang ambisius untuk mendapatkan untung, 5,9 persen itu recehan dan nggak menarik. Oleh karena itu, mereka memilih kripto.

Lalu, kenapa ada yang memilih obligasi dan reksa dana? Karena kedua aset itu memang tidak menawarkan kenaikan yang sangat pesat, tetapi sangat aman. Kamu tidak akan mengalami rugi sekian puluh persen dalam obligasi dan reksa dana. Pengembalian obligasi bahkan terjamin oleh undang-undang, sehingga kamu pasti mendapatkan semua bunga plus dana pokok kamu pada akhir masa jatuh tempo.

Venty   13 Sep 2022

Dalam kondisi setelah pandemi seperti saat ini, lebih baik investasi di aset apa ya? Atau mungkin ada pandangan cara membagi porsinya, berapa persen di kripto? 

Nur Salim   16 Sep 2022

@Venty:

Semua bentuk investasi sejujurnya sangat baik kak untuk saat ini. Jika memiliki dana berlebih yang cukup besar, saya pribadi akan menginvestasikannya kearah property ataupun emas. Sampai saat ini setahu saya belum ada yang bisa mengalahkan tingkat stabilitas dan keamanan kedua aset tersebut dalam jangka panjang. Jika dananya menengah kebawah, saya sendiri akan lebih memilih menempatkannya pada reksadana dan saham-saham bluechip. Sedangkan jika dananya sangat kecil, lebih baik jika diinvestasikan ke ilmu dengan membeli buku ataupun mengikuti kursus yang bisa mendatangkan kemampuan dan pendapatan tambahan.

Untuk porsi sendiri sebenarnya jg relatif kak besarannya sesuai dengan individu masing-masing. Untuk ukuran individu yang konservatif besaran yang saya pribadi anjurkan ada di kisaran 5-10% total aset. Untuk ukuran individu dengan toleransi risiko wajar, rentan 10-15% saya rasa cukup. Sedangkan untuk individu dengan tingkat toleransi risiko tinggi dan sedang mencari pertumbuhan portofolionya, angka 20-25% bisa dijadikan patokan.

Paula   5 Nov 2022

Ini pendapat pribadi aku sendiri sebagai investor kripto dan mengapa mau membeli uang kripto dikarenakan kripto memiliki sistem penambangan dengan pembatasan jumlah yang dapat ditambang.

Dalam dunia nyata tuh kayak emas, minyak bumi, dan sumber daya alam lainnya yang terbatas dimana pengguna/peminatnya akan bertambah banyak tetapi jumlah yang beredar semakin sedikit mengakibatkan harga kripto akan naik. Nah, dari situ lah saya tertarik invest di kripto selain itu urusan pembayaran juga lebih aman dan mudah dilakukan karena desentralized istilahnya atau tanpa campur pihak ketiga.

Karena faktor diatas jadi aku tertarik menyimpan sebagian kecil dana aku di kripto.

Kalau omongin spekulatif, dalam dunia berjangka nih semua juga pasti ada unsur spekulatifnya. Banyak juga yang bilang kalau saham dan forex sebagai sesuatu yang spekulatif dan "judi" bagi sebagian pihak.

Amirullah   2 Jan 2023

Di Indodax dan Tokocrypto kalau beli kripto ada pajaknya ya kak? Gimana cara hitung dan lihat besaran pajaknya ya kak? 

Nur Salim   10 Jan 2023

@Amirullah:

Betul sekali. Untuk saat ini transaksi jual beli kripto akan dikenakan pajak PPN sebesar 0.1-0.22% dari nilai transaksi yang dilakukan. Besaran tetapnya sendiri tergantung apakah Anda masuk dalam posisi Buyer atau Seller serta Exchange apa yang digunakan. Cara hitungnya cukup mudah:

1. Untuk Pembeli

  • Dikenakan 0.11% total nilai aset yang dibeli jika menggunakan Exchange yang terdaftar di Bappepti
  • Dikenakan 0.22% total nilai aset yang dibeli jika menggunakan Exchange yang tidak terdaftar di Bappepti

2. Untuk Penjual

  • Dikenakan 0.1% total nilai aset yang dibeli jika menggunakan Exchange yang terdaftar di Bappepti
  • Dikenakan 0.2% total nilai aset yang dibeli jika menggunakan Exchange yang tidak terdaftar di Bappepti

Contohnya jika saya membeli Bitcoin sebanyak 100 ribu Rupiah maka besaran pajak yang akan dikenakan pada saya adalah:

Exchange terdaftar: 0.11* 100,000 = 110

Exchange tidak terdaftar: 0.22 * 100,000 = 220

Sebenarnya bapak tidak perlu terlalu pusing menghitungnya. Perhitungan ini akan dilakukan secara otomatis pada Exchange yang bapak gunakan.

Wilson   10 Jan 2023

Wah saya baru tau bahwa tiap transaksi kripto juga kena pajak. Berbicara tentang pajak, pak/bu, misalkan bila saya mendapatkan profit dari setiap transaksi di kripto ataupun forex. Apakah saya perlu membayar pajak penghasilan apalagi misalnya saya seorang yang cuma part time trader Perlukah membayar pajak penghasilan tiap bulan dan bila perlu bagaimana cara perhitungannya?

Nur Salim   13 Jan 2023

@Wilson:

Betul. Penghasilan dari trading seharusnya dilaporkan dan dibayarkan pajaknya. Hanya saja ada besaran minimal yang harus Anda peroleh untuk membayar pajak ini. Jika penghasilan Anda kurang dari batasan yang ditetapkan maka tidak ada kewajiban untuk membayar. Selain itu, karena sifat pendapatan ini sangat rahasia, ada banyak juga para trader yang tidak membayarkan pajaknya walaupun memiliki tingkat keuntungan yang fantastis.

Sofiyan   16 Jan 2023

@Venty:

Dah mau resesi ya, sebaiknya cari invest yang aman. Spt emas, saham dividen, obligasi.

Kripto sih kapan2 aja. Kripto winter juga masih entah sampai kapan

Reply > Lihat[15]
siti musyarofah   28 Mar 2022

Mata uang kripto bisa digunakan untuk apa saja?

Nur Salim   31 Mar 2022

 @Siti Musyarofah:

Selamat malam bu, seperti namanya mata uang kripto umumnya digunakan sebagai alat tukar-menukar layaknya Rupiah ataupun USD. Perbedaan mendasarnya ada pada tidak adanya regulasi pada mata uang kripto ini jika dibandingkan dengan mata uang fiat. Selain itu mata uang kripto juga mengunggulkan transparansinya akan semua perpindahan mata uang dari satu pihak ke pihak lain. Kelemahannya tentu saja karena sifatnya yang tidak teregulasi dan tidak ada backing sehingga menjadikannya tampak seperti tidak memiliki nilai.

Pada perkembangannya sendiri mata uang kripto memiliki banyak fungsi dan dimanfaatkan dalam berbagai macam hal saat ini. Di antaranya adalah:

1. Investasi jangka pendek, menengah atau panjang

Sama seperti mata uang fiat, nilai mata uang kripto juga bisa naik dan turun sesuai dengan valuasinya saat itu. Bedanya valuasi ini tidak ditentukan oleh faktor-faktor fundamental yang sama dengan mata uang fiat. Hal ini menjadikannya sebagai ladang baru bagi investor untuk mengembangkan kekayaan yang dimiliki dengan menjadikan mata uang kripto sebagai asetnya. Beberapa faktor penggerak harga kripto bisa ibu baca pada artikel kami berikut.

2. Penggalangan dana untuk proyek ataupun startup

Mata uang kripto ini juga sekarang aktif dikembangkan sebagai salah satu sistem pendanaan proyek ataupun startup-startup baru. Alasan umumnya tentu saja karena transparansi yang diberikan oleh kripto menjadi fokus utama investor. Selain itu, karena nilainya sendiri bisa meningkat, kesuksesan Startup ataupun proyek sendiri itu dapat menambah value atau nilai dari mata uang kripto yang digunakan sebagai bentuk pendanaan.

3. Support atau mendekatkan diri dengan artis atau public figure

ini salah satu fungsi yang sedang tren beberapa tahun belakangan ini. Banyak artis ataupun Public Figure yang menciptakan mata uang kripto mereka sendiri. Pembelian mata uang ini biasanya dihubungkan sebagai langkah untuk men-support artis tersebut. Selain itu biasanya ada Reward-reward tertentu 

Selain beberapa hal di atas, masih banyak fungsi-fungsi lain dari mata uang kripto yang tidak bisa saya tuliskan satu persatu. Semoga jawaban di atas bisa cukup mewakilkan. 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Adamzulfa   25 Apr 2022

apakah ada dampak negatif dari mining kripto?

Nur Salim   3 Jun 2022

@Adam Zulfa:

Dampak negatif utama yang dirasakan saat ini utamanya ada pada borosnya sumberdaya energi listrik yang digunakan. Untuk menambang 1 Bitcoin saat ini biasanya membutuhkan energi listrik di kisaran 86,000-286,000 kWh bergantung dari Rig yang digunakan. Untuk Mining Pool bahkan bisa menghabiskan kisaran 128 GWh per hari untuk menambang 900 Bitcoin. Tapi perlu diingat, tidak semua mining kripto menghabiskan daya yang begitu besar seperti ini. Untuk Alt-Coin yang masih sepi biasana konsumsi listrik yang digunakan jauh lebih kecil.

Anna   21 Sep 2022

Satu lagi fungsi mata uang kripto saat ini: Mata uang dalam game (in-game currency).

Banyak gamer profesional yang bisa hidup dan berkarir sepenuhnya dari perolehan uang hasil main game juga, bukan hanya kompetisi dan streaming seperti dulu. Mereka mengumpulkan in-game currency yang kemudian bisa ditukar dengan uang fiat biasa seperti USD.

Dulu cuma ada dalam cerita dalam novel Jepang/Korea, tapi sekarang sudah jadi fakta. Sejalan dengan perkembangan Metaverse, fenomena ini bisa makin luas. 

Andy Wibowo   19 Nov 2022

Berarti bisa dikatakan perkembangan kripto akan sejalan dengan metaverse karena penggunaan kripto akan lebih digunakan lebih sering di metaverse karena ada kurs tersendiri sehingga memudahkan transaksi yang terjadi di dunia metaverse itu sendiri. Apakah benar demkian?

Nur Salim   22 Nov 2022

@Andy Wibowo:

Secara umum sebenarnya tujuan mata uang kripto diciptakan agar dapat menjadi alat pembayaran di segala sektor pak, jadi bukan hanya Metaverse saja. Namun memang prospek penggunaannya kelak mungkin saja memang sedikit lebih berat ke arah transaksi di Metaverse. Tapi untuk saat ini melihat perkembangan Metaverse yang cukup stagnan setahun belakangan, kita mungkin masih harus menunggu lebih lama lagi untuk mengetahuinya.

Jojo   28 Nov 2022

Apakah tidak ada solusi dari penambangan bitcoin terhadap lingkungan? Maksud saya seperti yang ethereum lakukan bahwa akan mengembangkan ethereum v2 yang katanya lebih hemat listrik. Mengapa tampaknya bitcoin sendiri tidak ada perkembangan sistem ya? Disaat koin-koin lain berusaha menonjolkan kelebihannya dan juga perkembangan, bitcoin serasa tidak ada perubahan apapun kecuali untuk nilainya. Atau apakah saya kurang info update mengenai bitcoin?

Nah dan saya herannya bitcoin meskipun diam-diam tapi nilainya sangat kuat, mengapa bisa begitu?

Nur Salim   30 Nov 2022

@Jojo:

untuk solusi dari pihak Bitcoin sendiri setahu saya belum ada. Dan mungkin tidak akan pernah ada mengingat bahkan pendiri Bitcoin saja hingga saat in belum pernah diketahui keberadaannya. Namun untuk solusi dari eksternal sendiri sudah coba banyak dilakukan. Beberapa di antaranya adalah melakukan penambangan dengan tenaga bebas emisi seperti angin dan air. 

Mengenai mengapa nilai Bitcoin bisa terus naik sendiri alasan utamanya adalah karena Bitcoin memiliki nilai Supply yang terbatas. Oleh karena itu jika permintaan semakin banyak, maka harga akan otomatis menjadi semakin tinggi. Selain itu Bitcoin juga memiliki "tempat spesial" sebagai koin kripto yang ada.

Regina   12 Dec 2022

Jika mata uang kripto memiliki batas jumlah supply, apakah nanti di masa depan bisa dibuat transaksi atau hanya akan dipakai sebagai instrumen investasi?

Aisha   12 Dec 2022

Cryptocurrency saat ini masih terus berkembang. Kedua skenario itu sama-sama mungkin terjadi, bersama dengan banyaaak sekali skenario lain. Dan kita tidak mungkin memprediksi dengan tepat mana yang bakal terwujud pada akhirnya.

Aisha   19 Dec 2022

Seperti kata bung Nur Salim, mining kripto membutuhkan sumber daya energi yang luar biasa besar.

Dampaknya bukan cuma konsumsi listrik yang tinggi, melainkan juga jejak emisi dan polusi yang memperburuk fenomena perubahan iklim (climate change).

Suatu laporan dari lembaga NGO nonprofit Earth Justice menyebutkan bahwa konsumsi listrik untuk mining kripto di Amerika Serikat menghasilkan 27,4 juta ton CO2 dalam kurun waktu sekitar 1 tahun antara pertengahan 2021 sampai 2022 saja. Emisi itu 3 kali lipat lebih besar daripada emisi pabrik baru bara terbesar di AS. Dan perlu diperhatikan bahwa ini baru data untuk AS saja, belum termasuk mining kripto di negara-negara lain.

Nur Salim   23 Dec 2022

@Regina:

Pertama, tidak semua mata uang kripto memiliki nilai Supply atau jumlah yang terbatas. Hanya ada beberapa mata uang kripto yang memang diciptakan demikian dengan tujuan tujuan tertentu (yang paling terkenal adalah Bitcoin). Mengenai apakah bisa dibuat transaksi atau hanya instrumen investasi, menurut pendapat saya pribadi keduanya memang dapat terjadi. Tidak perlu melihat masa depan, hingga saat ini saja mata uang kripto telah aktif digunakan sebagai alat pembayaran serta instrumen investasi. Namun melihat banyaknya kasus kejahatan pada bidang kripto tahun ini serta pasar bearish yang tak kunjung usai, maka minat yang muncul beberapa waktu belakangan ini sangat rendah. Sehingga banyak yang mengalihkan investasinya ke bidang lain seperti reksadana, saham, dll.

Alan   23 Dec 2022

Saya rasa kelak akan hanya ada beberapa kripto yang bakalan tetap eksis di dunia. Soalnya melihat beberapa kripto tumbang, terkadang ada kripto baru yang muncul. Sebenarnya saya agak bingung terkadang mengapa banyak sekali kripto-kripto baru yang muncul dan apakah tidak ada aturan mengenai hal ini?

Saya memang tidak menyalahkan kalau ada orang yang rugi di kripto karena kembali lagi keputusan investasi ada di diri masing-masing. Tetapi tidak ada asap maka tidak ada api, kalau tidak begitu banyak kripto yang muncul tentu tidak begitu banyak yang akan rugi karena investasi kripto.

Fajar Permana   27 Dec 2022

Apakah Bitcoin bisa menggantikan mata uang rupiah di masa depan?

Salman Alfarisi   27 Dec 2022

Tidak, sepertinya tidak mungkin bahwa Bitcoin akan dapat menggantikan mata uang rupiah sebagai mata uang resmi di Indonesia.

Ada beberapa hal yang mendasarinya:

1. Bitcoin tidak memiliki dukungan dari bank sentral atau pemerintah, sementara mata uang rupiah memiliki dukungan dari Bank Indonesia sebagai badan pengelola moneter di Indonesia.

2. Bitcoin juga masih tergolong sebagai aset spekulatif dan belum memiliki stabilitas yang cukup untuk menjadi mata uang yang diterima secara luas.

Tapi kalau sekadar sebagai alternatif rupiah, bisa jadi mungkin. Karena beberapa toko atau penyedia jasa mungkin menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Bisa baca artikelnya di sini:

Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia

Nur Salim   28 Dec 2022

@Alan:

Aturan ini sendiri sebenarnya agak sulit diterapkan karena berhalangan langsung dengan prinsip kripto yang sering dilambangkan dengan transparansi, kecepatan, inovasi, dan kebebasan. Namun karena unsurnya yang masih sangat spekulatif serta banyaknya kasus penipuan, banyak badan pemerintahan yang saat ini telah menyusun landasan aturan bahkan organisasi yang berfungsi sebagai regulator untuk kripto itu sendiri. Jadi, kita lihat saja bagaimana kedepannya dalam 1-2 tahun mendatang.

Nur Salim   28 Dec 2022

@Fajar Permana:

Untuk menggantikan mata uang Rupiah tidak akan pernah bisa pak. Rupiah merupakan satu-satunya mata uang yang sah di Indonesia. Hanya saja sebagai alat pembayaran pengganti atau alternatif, Bitcoin tentu saja bisa digunakan.

Agus   9 Jan 2023

Salam para master inbizia. Saya baru saja menjajal dunia kripto dan untuk saat ini saya sedikit bingung, lebih baik saya melakukan investasi yang berkaitan dengan kripto: seperti jualan NFT misalnya atau melakukan pembelian mata uang kripto atau saya melakukan trading kripto dimana kondisinya saya lihat sama dengan forex, bisa take profit saat buy maupun sell. Kira-kira lebih profitable yang mana ya?

Antasari   10 Jan 2023

@Fajar Permana:

Bitcoin tidak mungkin menggantikan rupiah di jaman kapan pun.

Kenapa? Karena mata uang itu berkaitan dengan persoalan kedaulatan RI.

Secara Undang-undang, mata uang Indonesia adalah Rupiah. Sudah, itu saja, titik.

Kenapa tidak mungkin diganti jadi bitcoin di masa depan? Karena Pemerintah RI tidak bisa mengendalikan bitcoin. Bahkan, orang seduniapun tidak tahu siapa yang membikin bitcoin. Sehingga, tidak mungkin memasrahkan perekonomian pada mata uang yang antah berantah yang tidak jelas asal-usul dan pengendalinya.

Nur Salim   16 Jan 2023

@Agus:

Tingkat keuntungan membeli mata uang kripto atau trading kripto sebenarnya sama-sama bergantung pada seberapa besar risiko yang siap bapak terima. Dengan disiplin dan metode yang benar, maka semakin besar risiko yang siap bapak terima, maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang akan diperoleh.

NFT sendiri agak berbeda. Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menanggung risiko sebelum bisa mendapatkan keuntungan. Anda cukup membuat sebuah karya dan menguploadnya ke Marketplace dan menunggu pembeli datang. Risikonya sendiri datang pada apakah kelak karya tersebut dapat laku dipasaran atau tidak? Dengan segala waktu dan keringat yang telah dikeluarkan untuk membuat karya itu, jika tidak laku dalam waktu yang lama tentu saja akan membuat kecewa.

Reply > Lihat[20]
Idha Kusbiyanto   11 Apr 2022

Apakah strategi di trading forex bisa digunakan untuk trading kripto?

Nur Salim   13 Apr 2022

@Idha Kusbiyanto:

Selamat pagi bu, untuk jawaban dari pertanyaan ibu sebenarnya bergantung pada jenis strategi trading forex yang digunakan. Jika menggunakan Fundamental analisis atau gabungan antara Fundamental dan Teknikal analisis, maka besar kemungkinan strategi tersebut tidak akan dapat digunakan pada kripto karena memang dasar fundamentalnya yang hanya memiliki sedikit kesamaan. Namun jika strategi yang digunakan murni menggunakan teknikal, maka besar kemungkinan bahwa strategi tersebut dapat digunakan juga pada pasar kripto. Contoh yang paling sederhana adalah dengan menggunakan indikator MACD pada trading forex. Indikator teknikal ini juga dapat digunakan dengan sangat baik pada mata uang kripto seperti BTC/USD.

btc-macd

Hanya saja perlu diingat, biasanya diperlukan sedikit optimasi atau penyesuaian agar strategi tersebut dapat berjalan dengan baik pada kripto. Selalu ingat untuk melakukan Backtest dan Forward Test terlebih dahulu sebelum menjalankannya dengan uang sungguhan.

Terima kasih, semoga membantu.

Nur Salim   15 Apr 2022

Selamat malam, Money Management untuk trading kripto sendiri sebenarnya hampir sama dengan Money Management lainnya. Prinsipnya adalah segitiga risiko yang terdiri dari batas toleransi kerugian yang ditetapkan, besaran Stop Loss yang digunakan, serta Lot/Share/Jumlah koin yang akan digunakan. Contohnya sebagai berikut:

mm-kripto

Harga yang naik pasca terbentuknya pola Candlestick Bullish Engulfing, kembali turun ke sekitaran pola tersebut. Karena pola ini juga berfungsi sebagai batas zona Support pada harga, maka besaran Entry dilakukan saat proses Retest tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:

Modal = 100,000 USD.

Risiko yang siap ditanggung = 10%.

Stop Loss = 35,000 point.

maka Lot yang yang akan digunakan adalah = (10/100 * 100,000) / 35,000 = 0.28 Lot.

Sehingga jika harga turun dan mengenai Stop Loss sebesar 35,000 point, maka total kerugian yang akan ditanggung hanya sebesar 10% dari modal atau 10,000 USD.

Selain membatasi jumlah kerugian per transaksi seperti di atas, masih banyak cara lain yang dapat digunakan. Namun sebelum itu mohon di sadari, tujuan dari Money/Risk Management sebenarnya adalah untuk membatasi tingkat risiko saat trading kripto. Keuntungan yang lebih itu hanyalah sebuah bonus.

Terima kasih, semoga membantu.

Nur Salim   28 Apr 2022

@Amelia Nuryanti:

Secara garis besar baik itu di kripto, saham ataupun instrumen lain semua cara yang digunakan untuk menentukan trend juga bisa digunakan kok bu. Ibu bisa menggunakan indikator Moving Average untuk menentukan trend.

ma-trend

Atau ibu juga bisa menarik trend line pada harga atau juga menentukan titik-titik Higher High, Lower Low, Higher Low, Lower High agar bisa menerapkan Dow Theory untuk menentukan trend juga bisa dilakukan.

trend-dow-kripto

Selain itu banyak juga cara lain ataupun indikator lain yang bisa ibu gunakan sebagai alat untuk membantu menentukan trend dalam kripto seperti Bollinger Bands, Trend Channel, Parabolic Sar, Dll. Semuanya bisa dan memiliki caranya masing-masing dalam menentukan trend. Tidak ada cara yang benar dan salah dalam penentuannya karena biasanya menentukan trend itu hanyalah langkah awal untuk menganalisa pergerakan market.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Amelia Nuryanti   28 Apr 2022

Bagaimana cara menentukan trend pada mata uang kripto pak? apakah caranya sama seperti di forex? thanks

Yuni Aulia   15 Apr 2022

mohon bantuannya, bagaimana manajemen modal yang baik untuk memaksimalkan hasil trading kripto?

Suwandi   15 Sep 2022

Bagaimana cara mengenalisa candlestick kripto dan forex? Apakah ada perbedaan mendasar?

Kiki R   15 Sep 2022

Tidak ada perbedaan secara candlestick.

Yang berbeda adalah karakter pergerakan harga antara kripto dan forex.

1. Kripto jauh lebih volatil dibandingkan dengan forex.

2. Kripto lebih trending daripada forex karena dapat dijadikan sebagai investasi sedangkan forex tidak.

Oleh karena itu, karakter pergerakan pair forex cenderung lebih banyak sideways karena tujuannya diperdagangkan, bukan untuk investasi.

Indah   29 Sep 2022

Kalau trading kripto di broker forex, ya strateginya bisa sama saja lah ya dengan trading forex. Tapi, bagaimana kalau kita mau trading kripto di broker lokal seperti Ajaib dan Pluang? Nggak ada metatrader-nya, nggak bisa langsung sell tanpa buy juga... Adakah strategi trading yang sudah terbukti ampuh?

Nur Salim   4 Oct 2022

@indah:

Pada dasarnya kakak tetap bisa mengamati pergerakan harga dan indikator pada Platform Third Party seperti TradingView yang menyediakan layanan lengkap.Jadi analisa dilakukan pada Platform tersebut, dan sinyal dieksekusi pada platform trading yang digunakan. Hanya saja jika memang sulit, kakak mungkin bisa menerapkan strategi seperti pola Candlestick ataupun Chart Pattern.

Pada pola Candlestick misalkan pola Morning Star, tidak diperlukan bantuan indikator apapun kecuali bentuk Candlestick itu sendiri untuk menganalisa. Contoh:

morning-star

Reply > Lihat[9]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #scam #kripto

  Anna   |   12 Mar 2015   |   Artikel

Tidak ada money changer yang akan mau menerima uang 100,000 USD tersebut, baik di Indonesia maupun di negara lain, karena itu kemungkinan palsu. Pemerintah AS menerbitkan uang 100,000 hanya sekali pada tahun 1934 sebagai gold certificate khusus bagi bank-bank. Kepemilikan uang ini terlarang bagi masyarakat umum, dan apabila ada orang biasa memilikinya, maka ada ancaman 25 tahun penjara oleh pemerintah federal AS. Semua uang pecahan 100,000 Dolar AS tahun 1934 yang pernah diterbitkan telah dicatat oleh Pemerintah AS, kecuali satu set un-cut sheet yang diduga dicuri. Saat ini semua uang pecahan 100,000 Dolar AS Tahun 1934 yang pernah diterbitkan telah dimusnahkan, kecuali yang dipamerkan di Smithsonian Museum dan diarsipkan oleh bank sentral AS, serta set curian tadi. Sedangkan terkait dengan banyaknya yang mengklaim memiliki dolar AS 100,000 tahun 1934 di Asia Tenggara, banyak yang menduga kalau itu palsu, termasuk scam/penipuan. Selengkapnya mengenai ini dapat Anda baca di artikel kami yang lain: https://www.inbizia.com/hatihati-tiga-penipuan-valas-paling-populer-di-dunia-menghantui-222237

  Baebae   |   22 Dec 2020   |   Artikel

Terus, cara mengetahui broker itu reliable atau tidak? Scam atau tidak?

  Nurul   |   22 Dec 2020

Bisa lihat dari review orang-orang, di inbizia juga ada kok review broker https://www.inbizia.com/broker-forex

  Winata   |   1 Jun 2022   |   Artikel

Cara bedain koin micin yang scam sama yg legit seperti apa ya?

  Jejeboy   |   6 Jun 2022

Pertama, lihat whitepapernya dulu, terlihat professional atau tidak. kedua, lihat tim pengembangnya, jelas atau tidak. ketiga, baca roadmap project-nya.

  Ananta   |   6 Jun 2022

Untuk melihat koin yang legit, bisa dilihat terlebih dahulu developernya, whitepaper, serta data dan informasinya di jaringan Blockchain. Pada dasarnya, untuk mengantisipasinya sama dengan cara mewaspadai skema Rug Pull.

Perlu dicatat juga, banyak koin micin yang dibagi-bagikan melalui airdrop. Anda perlu hati-hati dan jangan asal klaim. Jika linknya mencurigakan dan meminta Anda untuk memasukkan data-data kredensial, lebih baik waspada karena peretas bisa mencuri data tersebut. Lebih bahaya lagi jika komputer Anda malah kena hack.

  Reza Pratama   |   30 Jun 2022   |   Artikel

Soal keamanannya gimana? Apakah tidak rawan penipuan atau scam?

  Ali Sofyan   |   23 Sep 2022   |   Artikel

Bahas Quandriga bagus juga tuh. Bukan scam koin, tapi exchange-nya. Dan Quadriga sempat jadi exchange terbesar di Canada

  Angga   |   27 Nov 2022   |   Artikel

Wadow kacau nih, udah teregulasi tapi bisa seperti itu. Apa bisa kumpulin korban yang udah kena scam kemudian di tuntut ya?

Tapi kata artikel ini, cheaternya sangat smooth dalam melakukan pencurangan. Dalam arti kata, bisa aja semua broker memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan kecurangan ini dong?

Untuk broker scam ini apakah ada di saham?

  Caitylin   |   30 Nov 2022

Jika memang bukti yang terkumpul cukup kuat dan para korban kompak dalam mengajukan tuntutan, bisa dicoba untuk maju secara hukum sih.

Tapi setahu saya slama ini broker dalam negeri penanganannya cuma sebatas pembekuan aktivitas atau pencabutan izin, kalau soal dana nasabah bisa kembali atau tidak, masih harus melewati prosesi yang lebih berbelit lagi. Kalau di luar negeri, pernah terjadi kasus broker Alpari UK yang benar-benar mengganti rugi karena penanganan kasusnya diawasi dengan ketat oleh FCA (regulator Inggris).

Untuk di saham, selama broker teregulasi, seharusnya tidak ada. Cuma kalau kamu diiming2i investasi berlabel "saham" tanpa transparansi info lebih jelas, profitnya pasti beberapa persen, lebih baik jangan gabung. Karena kemungkinan besar scam.

Koin Untung
Koin Untung
Koin Harga/Change
Konversi Bitcoin

Konversi Bitcoin

Koin Paling Ramai
Koin Paling Ramai
Koin Volume
Koin Rugi
Koin Rugi
Koin Harga/Change
Event Exchange
Event Exchange

Airdrop LUNA 2.0 Tahap 2

01 Desember 2022 - 01 Desember 2024
Airdrop

Indodax


Promo Exchange
Promo Exchange

Saldo Gratis Triv x KoinWorks

15 Desember 2022 - 15 Desember 2023
450,000 Koin

Triv


5 Risiko Trading di Exchanger Kripto Tidak Berizin
Damar Putra     24 Jul 2022
Memilih exchanger kripto tidak berizin mungkin terdengar menggiurkan, tetapi ada 5 risiko besar yang wajib diwaspadai. Apa sajakah itu?
Waspadai Bahaya Token Honeypot Saat Investasi Kripto
Damar Putra     30 May 2022
Honeypot awalnya dibuat untuk menjebak scammer dan para peretas. Namun, para pemula juga bisa terjerat penipuan token Honeypot apabila tidak hati-hati.
Kupas Tuntas Pembobolan Exchange Bitfinex
Rida     16 Apr 2022
Otoritas AS akhirnya berhasil menangkap pelaku pencurian bitcoin yang membobol Bitfinex. Siapakah mereka dan apakah aset yang dicuri bisa dikembalikan?
Waspadai Skema Rug Pull Saat Investasi Kripto
Damar Putra     27 Mar 2022
Saat investasi pada aset kripto, tanpa disadari ada bahaya Rug Pull yang mengancam dana para investor. Bagaimana cara kerja dan cara menghindarinya?
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Cahyaning     17 Nov 2021
Cryptojacking adalah salah satu metode peretasan yang tidak mudah untuk dideteksi. Tapi, ada beberapa cara mencegah cryptojacking agar tak merugikan Anda.
Membongkar Kasus EDCCash, Penipuan Ponzi Berkedok Kripto
Cahyaning     24 Sep 2021
Kasus penipuan EDCCash sempat menghebohkan dunia kripto Indonesia. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp285 miliar. Bagaimana kronologinya?
#ponzi  
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua     8 Sep 2021
Popularitas kripto yang kian menanjak diikuti pula oleh beragam cara hacker untuk mencuri uang kripto. Agar tak jadi korban, pastikan Anda tetap waspada dan tahu cara mengantisipasinya.
Kirim Komentar Baru