Bisnis Dompet Digital

Kiat Cerdas Manfaatkan Dompet Digital
Febrian Surya     25 Feb 2020
Dompet digital bisa menguntungkan tapi bisa juga merugikan. Agar tak terjebak kerugian menggunakan dompet digital, ikuti kiat cerdas memanfaatkan dompet digital berikut ini.
Tips Mengelola Dompet Digital Anti Boros
Wahyudi     30 Jan 2021
Ada banyak sekali ragam dompet digital yang ditawarkan oleh vendor-vendor ternama baik lokal maupun mancanegara. Satu hal yang penting diingat adalah bagaimana pengguna bisa mengelola dompet digital dengan benar.
Milenial Vs Generasi Z, Mana Yang Lebih Suka Pakai Dompet Digital?
Febrian Surya     27 Apr 2020
Dompet digital sudah tidak terpisahkan lagi dari kehidupan milenial dan generasi Z saat ini. Lantas, manakah yang lebih suka pakai dompet digital?
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #dompet #digital #bisnis

Merdiana Sisca   27 Apr 2022

Ada kabar bahwa BI akan menerbitkan rupiah digital. 
Rupiah digital di sini itu seperti apa ya? mohon penjelasannya. Trm ksh

Nur Salim   28 Apr 2022

@Merdiana Sisca:

Betul sekali bu. BI saat ini sedang dalam tahap finalisasi perancangan dan pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC) dengan nama Rupiah Digital. Mengenai seperti apanya kurang lebihnya hampir sama dengan mata uang kripto karena dibangun di atas landasan teknologi Blockchain. Perbedaannya kalau kripto sifatnya terdesentralisasi atau tidak ada pusatnya, Rupiah Digital nanti akan terpusat dan jumlah peredarannya diatur penuh oleh BI.

Mengenai contohnya sudah sering ibu gunakan sehari-hari kok, seperti GoPay, Ovo, Dana, bahkan saldo rekening tabungan. Hanya saja Rupiah Digital yang kita gunakan sekarang ini masih di Backup dengan jumlah uang kertas yang beredar atau bisa dibilang jumlahnya sama atau tidak akan lebih dengan uang yang diterbitkan oleh BI. Untuk yang CBDC nanti kabarnya sih sudah tidak akan di Backup oleh uang kertas lagi, atau memang bentuknya sudah digital saat diterbitkan.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Merdiana Sisca   29 Apr 2022

rupiah digital ini, digunakan utk pembayaran saja atau bisa utk trading seperti kripto ya pak? Terima kasih

Slamet Suseno   29 Apr 2022

apa yang melandasi diterbitkannnya rupiah digital ini ya master?

Nur Salim   30 Apr 2022

@Merdiana Sisca:

Kalau untuk Rupiah Digitalnya sendiri tentu saja untuk pembayaran saja bu fungsinya. Hanya saja sama seperti instrumen-instrumen ataupun aset lain, value yang dimiliki oleh Rupiah Digital kemungkinan besar juga bisa digunakan untuk diperdagangkan sesama CBDC bahkan CryptoCurrency. Prinsipnya sama dengan BTC/USD contohnya dimana valuasi nilai BTC pada instrumen tersebut dibandingkan dengan nilai US Dollar. 

Nur Salim   30 Apr 2022

@Slamet Suseno:

Banyak sekali faktornya pak. Namun faktor yang paling penting adalah perbaikan serta pengembangan sistem mata uang perbankan di Indonesia secara total. Dengan diaplikasikannya Ledger Technology atau kita kenal dengan Blockchain, banyak masalah-masalah perbankan yang dapat diselesaikan seperti transparansi, kecepatan transaksi, biaya administrasi atau komisi yang rendah, dll.

Selain itu upaya ini juga dirasa perlu untuk menekan pertumbuhan aset-aset yang tidak memiliki basis atau nilai pondasi seperti kripto yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

Meskipun tujuannya demikian, karena konsepnya sendiri belum diadopsi secara luas jadi kita belum tahu kedepannya akan berjalan seperti apa program digitalisasi rupiah ini.

Vijay   22 Jun 2022

Apakah Rupiah digital ini sudah diluncurkan? Bagaimana cara menggunakannya?

Nur Salim   23 Jun 2022

@Vijay:

Untuk ini setahu saya belum pak, dari beritanya seharusnya tahun ini sudah rilis secara resmi. Cara menggunakannya sama seperti uang digital yang sering kita gunakan saat ini seperti GoPay, Ovo, Dana, dll. Namun untuk keterangan resminya sendiri belum dipaparkan secara detail perihal penggunaannya.

Arnold Wijaya   11 Jul 2022

Apakah betul pak perihal tentang rupiah digital yang tidak dibasiskan pada rupiah kertas? apakah ini berarti akan ada perbedaan harga antara keduanya? mengingat tingkat permintaan dan kebutuhan yang berbeda antara keduanya?

Nur Salim   13 Jul 2022

@Arnold Wijaya:

Mengenai CBDC tidak dibasiskan pada uang kertas/kartal memang rencananya seperti itu pak. Untuk perbedaan harga antara keduanya sendiri memang mungkin saja bisa terjadi. Terlebih lagi Supply antara keduanya yang terbatas seperti yang bapak tanyakan. Namun mengenai hal ini saya pribadi juga tidak bisa sepenuhnya mengatakan akan terjadi demikian. Pemerintah dan pihak Bank Sentral juga pasti sudah memikirkan tindakan-tindakan untuk menjaga nilai dari keduanya. Selain itu, kabarnya jenis Blockchain yang digunakan adalah Hybrid, sehingga jumlah Supply Rupiah Digital bisa dikontrol dari pusat. Yah, kita lihat saja kedepannya akan bagaimana saat rilis nanti.

Atmojo   15 Jul 2022

Banyaknya berbagai macam uang digital yang muncul dan sudah banyak yang dikoleksi untuk dijadikan investasi, apakah ke depan, uang digital bisa menggantikan uang fiat?

Nur Salim   21 Jul 2022

@Atmojo:

Uang digital yang dimaksudkan apa ya pak? Jika kita berbicara Rupiah Digital (CBDC) itu juga merupakan salah satu bentuk fiat Currency. Dan ya, dalam jangka panjang CBDC memang diperkirakan akan mengambil alih uang kertas.

Kalau maksud pertanyaannya tentang uang digital yang dijadikan investasi seperti BTC dan lain sebagainya, untuk saat ini masih banyak ahli yang skeptis bahwa fiat Currency akan dapat digantikan. Namun, dalam keperluan dan kepentingan tertentu akan ada beberapa sektor yang kemungkinan besar akan didominasi dengan pembayaran melalui kripto.

Intan   2 Dec 2022

Bisa dikatakan kalau rupiah digital itu adalah uang yang di digitalkan saja kan pak? Tidak ada perbedaan fungsi dan nilai dengan uang kertas ya. Jadi seperti transfer via mobile banking, OVO , GoPay, QRIS dll yang intinya hanya sebagai alternatif apabila tidak membawa uang asli ya.

Nur Salim   5 Dec 2022

@Intan:

Secara garis besar memang seperti itu kak. Fungsi dan pemakaiannya sendiri kurang lebih akan sama harusnya. Hanya saja uang digital yang saat ini beredar saat ini masih memiliki Back Up terhadap uang kertasnya. Untuk Rupiah Digital sendiri nanti rencananya tidak akan diBack Up dengan uang kertas nilainya.

Cody   12 Dec 2022

Kalau melihat dari kemudahan bertransaksi memang lebih mudah memakai uang digital jadi ga usah perlu namanya rogoh-rogoh kocek lagi dan terkadang uang recehan juga sering tidak dianggap karena ribet juga penyimpanannya dan berat.

Untuk pernyataan fiat currency akan digantikan saya setuju banget sih, udah mulai kelihatan banget orang muda zaman sekarang jarang banget pegang uang cash, lebih suka membayar dengan cashless. Apalagi pandemi covid yang salah satu penyebarannya ya melalui benda seperti uang kertas. Dengan digencarkan pemakaian cashless ini perlahan mungkin akan menyentuh ke area pemakaian bukan fiat currency lagi tapi lebih ke arah ke kripto.

Virine Cicilia   21 Dec 2022

Saya bingungnya bagaimana nanti dengan orang-orang yang tinggal di daerah terpencil atau tidak memiliki akses teknologi untuk dapat melakukan transaksi digital kelak. Faktanya saja saat pandemi lalu, pendidikan benar-benar terhambat karena ketidaksediaan Device serta jaringan internet yang memadai untuk digunakan dalam belajar mengajar. Bagaimana caranya nanti ya kira-kira jika diharuskan untuk menggunakan Digital Currency secara keseluruhan kelak?

Milan   16 Jan 2023

@Virine Cicilia, justru pemerintah saat ini sangat menggencarkan jaringan Internet dan Informasi yang memadai untuk daerah-daerah terpencil meskipun belum maksimal dikarenakan banyaknya daerah yang sangat sulit dijangkau.

Salah satu penghambat ketersediaan jaringan informasi ini adalah karena Indonesia merupakan negara kepulauan dimana jaringan Internet bisa dikembangkan melalui jalur udara (dimana menggunakan sinyal) dan melalui jalur laut (penanaman kabel bawah laut). Kedua cara ini memerlukan biaya yang sangat besar sehingga sangat sulit untuk meratakan jaringan Internet ke seluruh Indonesia.

Bagaimana dengan digital currency terhadap daerah tanpa Internet di Indonesia?

digital currency adalah sebagai alat pembayaran digital opsi pengganti alat pembayaran yang sekarang. Dengan kata lain digital currency bisa dijadikan opsi. Apakah misalkan daerah terpencil wajib menggunakannya? Tentu tidak, untuk daerah Indonesia tetap bisa menggunakan rupiah apalagi untuk daerah tanpa Internet. Dan tentu pemilik digital currency akan menukarkan currency mereka ke rupiah cash agar bisa bertransaksi disana.

Contoh paling nyata adalah penggunaan debet card/credit card. Di kota besar tentu penggunaan kartu ini sangat bisa diandalkan, tetapi begitu di daerah terpencil maka pengguna lebih mengandalkan uang cash dimana mereka akan menarik uang cash terlebih dahulu. (Daerah saya juga begitu dimana mesin EDC terbatas, sehingga harus menyiapkan uang cash agar bisa bertransaksi)

Atau misalkan turis Amerika, datang ke Indonesia. Apakah menggunakan US Dollar? Terkadang mereka memakai Rupiah untuk melakukan transaksi.

Begitu juga dengan cryptocurrency. Pemilik kripto bisa saja menukarkan kripto mereka dengan Rupiah misalnya untuk bertransaksi di daerah tanpa internet. Dan bisa saja penerima rupiah kelak akan menukarkan rupiah ke kripto di kota besar ataupun berkunjung ke suatu daerah.

Hal ini tentu kondisi yang berbeda dengan masalah pendidikan dimana akses pendidikan hanya bisa diakses via Internet dan langsung belajar ditempat. Sedangkan uang bisa dikonversi kebentuk apapun selama ada nilai tukarnya.

Reply > Lihat[16]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #dompet #digital #bisnis

  Roni Saputra   |   23 Jul 2020   |   Artikel

Ini aplikasi lain yang bisa buat perbandingan min

  • DANA

    Dana

    Aplikasi dompet digital ini tentu sudah tidak asing lagi. Anda bisa menggunakan DANA untuk transfer uang antar bank secara gratis tanpa dikenai biaya admin. Lebih dari itu, jika Anda menggunakan DANA maka Anda juga bisa melakukan transaksi berbagai produk digital lainnya. Seperti listrik, pulsa, BPJS, dan masih banyak lagi.

    Dengan menggunakan aplikasi transfer antar bank ini, Anda juga bisa membeli barang di Bukalapak dan membayarnya. Terlebih aplikasi ini juga menyediakan banyak promo dan diskon yang sangat menarik. Penasaran? Anda bisa langsung mengunduhnya.

    Keunggulan :

    • Transfer antar bank tanpa biaya admin
    • Maksimal pemakaian 10 kali setiap bulan
    • Dapat transfer saldo ke sesama pengguna
    • Banyak diskon dan promo menarik

  • Flip

    Flip
    Aplikasi yang menyediakan layanan transfer antar bank tanpa biaya admin ini sudah berdiri sejak tahun 2016. Selain DANA, Flip juga sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia dan sudah terjamin keamanannya. Anda bisa melakukan transfer melalui akun regular dengan limit 5 juta per hari.

    Apabila Anda ingin mengirim uang lebih banyak menggunakan Flip, maka gunakan saja fitur FLIP+ dengan angka transfer maksimal 20 juta. Hanya saja transaksi tersebut memerlukan biaya admin sebesar Rp 2.500 saja. Dengan menggunakan aplikasi transfer antar bank ini, Anda bisa transfer ke berbagai bank yang ada di Indonesia. Seperti Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, BNI syariah, BCA, BRI, Bank Muamalat, CIMB Niaga, CIMB Syariah, dan akan masih bertambahlagi.

    Keunggulan :

    • Transfer antar bank limit 5 juta per hari untuk akun regular
    • Akun FLIP+ limit hingga 20 juta per transaksi dengan biaya admin sebesar Rp 2.500
    • Sudah memiliki izin OJK
    • Data pengguna yang terjamin keamanannya
    3. IpotPay

    IpotPay
    Aplikasi transfer antar bank tanpa biaya selanjutnya adalah IpotPay. Aplikasi ini berbeda dari aplikasi sebelumnya, pasalnya dengan menggunakan IpotPay Anda bisa mendapatkan imbalan 7-10% pertahun jika menyimpan saldo dan bertransaksi lewat aplikasi tersebut.

    Aplikasi IpotPay sendiri sudah terdaftar di OJK sehingga sudah dijamin keamanannya. Dan yang menarik, di aplikasi ini tidak menetapkan limit tertentu sehingga Anda bisa menggunakannya dengan bebas.

    Keunggulan :

    • Transfer antar bank dan menyimpan saldo mendapat imbalan 7-10%
    • Tidak adanya limit transfer antar ban
  •   Lucky Man   |   11 Apr 2022   |   Artikel

    Dompet mana yang aman (memiliki resiko kecil) namun tidak berbayar?

      Linda Suara   |   11 Apr 2022

    Anda bisa menggunakan Dompet Dingin (Cold Wallet)

      Jonny Iiu   |   11 Apr 2022   |   Artikel

    Dompet yang mana yang paling mudah digunakan?

      Barry Milks   |   11 Apr 2022

    Dompet Web, karena bisa digunakan dari mana saja, baik di browser atau perangkat seluler apa pun

      Andini   |   13 Apr 2022   |   Artikel

    sejak pandemi, kerasa bgtz klo dompet digital gni mmbantu. Gaperlu bawa cash, banyak cashback-an jugak. Sebagai kastemer mah kita hepi2 aja, mana yang paling royal kasih promo, ya itu yang dipake. Walopun kdg rada takut sih sama keamanan data, soalnya jadi nginstall aplikasi banyak banget.

      Cece Kasey   |   13 Sep 2022   |   Artikel

    Saya kira Rekeningku apaan, ternyata dompet kripto toh. kkkk. Buat pemula enak gak ya pakainya? Atau ada rekomendasi yg lain?

      Thia   |   16 Jan 2023   |   Artikel

    Dalam artikel ini, penulis menyebutkan bahwa salah satu kerugian menggunakan Self-Custody sulit digunakan oleh pemula karena minim pemahaman tentang kripto dan pengelolaan dompet sehingga bisa menimbulkan kebingungan yang berpotensi salah paham. Maksudnya salah paham seperti apa?

    Apakah ada Self-Custody Kripto yang cocok bagi para pemula?

      Yuna   |   16 Jan 2023

    Sebenarnya self-custody sangat bisa digunakan para pemula. Tapi biasanya para pemula kripto lebih suka mencari cara praktis atau yang lebih mudah, dan mencoba dengan modal secukupnya. Hal itu bisa mereka dapatkan dari pihak ketiga.

    Selain itu cara praktis dan modal kecil tersebut dipilih para pemula karena mereka masih sambil mempelajari kripto sebelum melangkah lebih jauh.

    Sedangkan self-custody biasanya digunakan oleh trader yang sudah berpengalaman dan memiliki aset cukup banyak. Mereka ingin asetnya lebih aman karena kurang percaya dengan pihak ketiga. Ditambah lagi potongan biaya dari pihak ketiga seperti biaya penyimpanan dan transaksi yang biasanya lumayan tinggi.

    Nah para pemula biasanya baru memiliki modal kecil tidak terlalu pusing dengan potongan biaya dari pihak ketiga, pasalnya semakin besar aset semakin tinggi biaya penyimpanan dan transaksi yang diambil pihak ketiga.

    Jadi memang disarankan para pemula yang masih belajar tidak menggunakan self-custody.

      Jordan   |   16 Jan 2023

    @Thia, mungkin yang dimaksud kebingungan dan rentan salah paham dalam artikel di atas adalah, penggunaan Self-Custody cukup rumit terutama bagi para pemula. Karena Self-Custody ibarat Anda menyimpan uang tunai di dalam dompet.

    Sehingga ketika Anda hendak bertransaksi, Anda harus repot menghitung dan mengeluarkan uang tersebut dari dalam dompet kemudian baru bisa melakukan transaksi, tapi tanpa ada potongan biaya apa pun.

    Sedangkan dalam cara penyimpanan custody, Anda seperti menggunakan m-banking atau internet banking. Karena Anda sudah mempercayakan aset kripto kepada pihak ketiga atau busa pertukaran terpusat (CEX).

    Sehingga Anda tinggal pencet saja ketika hendak bertransaksi, tapi Anda harus rela sebagian aset dipotong untuk berbagai biaya seperti biaya penyimpanan dan biaya per transaksi.

    Dengan berbagai kerumitan yang ada dalam Self-Custody, mungkin aset Anda lebih aman, tapi ketika terjadi penipuan dan pencurian data, dompet yang Anda gunakan bisa kebobolan. Dan hal itu menjadi tanggung jawab penuh diri Anda sendiri, Anda tidak bisa menyalahkan siapa pun, dan hal itu menjadi rentan kesalahpahaman bagi para pemula.

    Itu saja penjelasan dari saya, mungkin penulis bisa menjelaskan dengan lebih detail.

    Bunga Kredit

    Suku Bunga Kredit

    BANK Korporasi Ritel KPR
    BRI 8.00% 8.25% 7.25%
    BNI 8.00% 8.25% 7.25%
    BCA 7.95% 8.20% 7.20%
    Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
    BTN 8.00% 8.25% 7.25%
    OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
    BTPN 6.17% 9.57% -
    Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
    CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
    HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
    Lihat Bank Lain
    Kalkulator Pinjaman

    Kalkulator Pinjaman





    Transaksi Uang Tunai Atau Dompet Digital, Mana Yang Lebih Baik?
    Febrian Surya     30 Jan 2020
    Dompet digital tumbuh pesat untuk menggantikan pembayaran uang tunai. Namun, apakah transaksi dompet digital lebih baik?
    Alasan Dompet Digital Tumbuh Pesat Di Indonesia
    Febrian Surya     14 Jan 2020
    Dompet digital semakin diminati oleh masyarakat. Mengapa dompet digital bisa memikat perhatian masyarakat?
    Memahami Fenomena Bakar Duit Ala Dompet Digital
    Wahyudi     27 Dec 2019
    Kebanyakan startup dompet digital menggelontorkan banyak modal untuk promo cashback. Apa sebenarnya tujuan aksi bakar duit tersebut?
    Tips Bijak Gunakan PayLater pada Dompet Digital
    Wahyudi     19 Nov 2019
    Berbagai layanan dompet digital berbondong-bondong menawarkan fitur PayLater. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dulu dan membayarnya di kemudian hari. Berikut yang harus diperhatikan.
    Gelimang Cashback Dompet Digital, Begini Caranya Agar Untung
    Wahyudi     18 Nov 2019
    Semua kemudahan dan promo yang ditawarkan dompet digital mendorong kita menjadi lebih konsumtif. Berikut tips agar pengeluaranmu terkontrol dan untung saat menggunakan dompet digital.
    Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?
    SAM     13 Aug 2018
    Banyak pengguna Bitcoin yang menyadari pentingnya memindahkan nilai koin mereka ke mata uang Fiat dan melirik Paypal USD. Bagaimana caranya?
    Kirim Komentar Baru