Bisnis Kredit

Paylater vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?
Linlindua     29 Jun 2021
Meski sama-sama berprinsip "beli sekarang bayar nanti", nyatanya ada beberapa perbedaan antara PayLater dengan kartu kredit. Lantas bila disuruh memilih, mana yang lebih baik antara PayLater dengan kartu kredit?
11 Cicilan Tanpa Kartu Kredit Yang Terdaftar OJK
Yuvita     17 Dec 2021
Beli barang untuk usaha tidak lagi harus dengan modal besar. Anda bisa memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK ini.
#ojk  
Tips Bebas Dari Jeratan Utang Kartu Kredit
Jujun Kurniawan     9 Apr 2020
Apakah gaji bulananmu sudah tidak mampu mengimbangi tunggakan kartu kredit yang terlalu besar? Jika ya, maka sudah waktunya untuk cari tahu cara bebas dari jeratan utang kartu kredit.
Forum
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #kredit #bisnis

  Herianto   |   27 Jan 2015   |   Artikel
Saya mau tanya? Berapa lama data SID tersimpan? Dan history berapa tahun yg dipakai oleh bank dan lembaga keuangan dalam mengambil data SID sebagai data utk rekomendasi pemberian kredit ke nasabah. Terima kasih
  Anna   |   23 Mar 2015   |   Artikel

@feriyanto:
Apa yang Anda maksud dengan "mengurus di BI"? Mengajukan kredit itu boleh-boleh saja bagi semua orang, termasuk untuk mereka yang pernah mengalami kredit macet maupun tidak. Yang perlu Anda ketahui adalah, setiap bank/lembaga keuangan akan mengevaluasi permohonan kredit Anda berdasarkan sejumlah kriteria kelayakan. Apabila Anda dinilai memenuhi kriteria oleh bank, maka permohonan kredit akan disetujui, dan apabila tidak maka ditolak. Setiap bank memiliki kebijakan sendiri-sendiri mengenai ini.

  Herman Zain   |   11 Oct 2015   |   Artikel
pak saya mau tanya, apakah org yg kena BI cheking itu atau yg history pembayaran kreditnya peringkat 5 atau macet total dalam daftar BI itu, tabunganya di bank lain bisa aman atau akn terkena dampak pemotongan oleh bank atau pembiyaan tempat kita mengajukan kredit tersebut ?mohon infonya pak ...
  Anna   |   12 Oct 2015
Tak ada pihak yang bisa memotong isi rekening Anda tanpa izin dan tanpa instruksi pengadilan. Jika Anda memiliki utang di Bank A dan diatur cicilan kredit dengan autodebet rekening tabungan Anda tiap bulan, maka disitu ada izin, dan tentu isi rekening Anda di bank A akan terpotong pula setiap bulannya. Nah, jika Anda memiliki utang di Bank A, serta tabungan di Bank B, tetapi Anda tidak memberikan izin untuk autodebet pembayaran cicilan ke Bank A dari Bank B, maka jelas disitu tidak ada izin, dan bank tidak bisa memotong seenaknya. Faktor izin itu baru tidak berlaku jika terkait dengan kepailitan. Orang yang dinyatakan pailit, maka bisa ada instruksi pengadilan untuk membekukan rekeningnya, tak peduli orang itu mengizinkan atau tidak.
  Beby Shera Napi   |   14 Sep 2017   |   Artikel
sy mau bertanya pak, sy prnh kredit motor dari slh stu leasing, tapi pembayarannya ada yg sampe 2 bln. tp kredit saya sdh lunas tepat waktu. Pada saat itu sy cek IDI saya melalui SID BI Chekcking ada diperingkat 2. Sekarang sy ada kredit yg sedang berjalan, dan selalu sy byr tepat waktu. Adakah kemungkinan peringkat sy akan dinaikkan menjadi kategori lancar? Trims pak
  Anna   |   15 Sep 2017
Mengenai ini, boleh dikatakan tak ada yang bisa menebak. Silakan Anda berusaha selalu bayar tepat waktu saja. Setidaknya, bank akan melihat catatan bahwa cicilan Anda untuk kredit yang terbaru itu selalu lancar.
  Dini   |   4 Nov 2022   |   Artikel

Kemaren, nggak sengaja ngeliat IG live-nya Jessica Iskandar. Kalau nggak salah ingat, dia cerita katanya bunga cicilan rumah gitu, sekarang naik ya? Dia kerepotan membayar cicilannya yang bunganya tinggi itu, jadi memutuskan untuk menjual/over kredit rumahnya.

Nah, mau nanya deh: memang sekarang bunga untuk KPR itu naik ya? Berapa persen sih kenaikannya?

Terus, untuk kasus yang over kredit gitu, bagaimana prosesnya ya? Misalnya kita harus DP awalnya itu berapa? Sebanyak yang udah dikeluarkan pemilik sebelumnya kah? Atau berdasarkan harga nilai terkini properti?

Lalu tugas pihak bank dalam menjembatani antara yang over kredit ini jadinya seperti apa prosesnya?

  Aisha   |   9 Nov 2022

--->Memang sekarang bunga untuk KPR itu naik ya? Berapa persen sih kenaikannya?

KPR jelas naik, karena BI sudah menaikkan suku bunga acuan. Berapa persen kenaikannya? Hal itu tentu berbeda-beda untuk setiap bank dan setiap nasabah.

--->Bagaimana proses over kredit? Misalnya kita harus DP awalnya itu berapa? Sebanyak yang udah dikeluarkan pemilik sebelumnya kah? Atau berdasarkan harga nilai terkini properti? Lalu tugas pihak bank dalam menjembatani antara yang over kredit ini jadinya seperti apa prosesnya?

Pada prinsipnya, over kredit rumah KPR adalah transaksi pengambilalihan cicilan kredit dari pihak A (pemilik rumah KPR saat ini) ke pihak B (pihak yang berminat membeli rumah tersebut). Over kredit itu sendiri ada tiga jenis:

  • Over kredit rumah jual beli, melibatkan pihak A, pihak B, dan bank. Hitungan DP dan cicilan nanti akan dikalkulasi oleh pihak bank.
  • Over kredit rumah bawah tangan, melibatkan pihak A dan pihak B saja (pihak bank tidak tahu apa-apa). Harga beli rumah akan tergantung pada deal A dan B, kemudian pihak B mengambil alih bayar cicilan ke bank atas nama A.
  • Over kredit rumah antar bank, melibatkan pihak A, pihak B, serta dua bank yang berbeda. Hitungan DP, cicilan, dll, akan tergantung pada pihak bank kemana Anda memindah KPR tersebut.

Harga jual rumah over kredit biasanya lebih murah daripada harga pasaran. Tapi kalau pihak B ingin mengambil alih cicilan dari pihak A lewat bank, maka bank akan melakukan appraisal ulang karena dianggap sebagai pengajuan KPR baru. Di sini, harga/DP/cicilan dapat mengalami perubahan berdasar situasi sekarang.

  Bintang   |   30 Jan 2023   |   Artikel

Saya seorang karyawan swasta dan masih berstatus karyawan kontrak. Saya pernah mengajukan pinjaman pada pihak bank yang bekerja sama dengan perusahaan tempat saya bekerja dalam hal pembayaran gaji.

Tapi permohonan pinjaman saya mendapat penolakan dari pihak bank. Lain halnya dengan teman saya dari perusahaan yang berbeda. Dia lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank, bahkan mendapatkan kartu kredit dari beberapa bank.

Yang ingin saya tanyakan, kenapa teman saya lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank? Padahal kami masih dalam status karyawan kontrak walaupun berbeda perusahaan. Mungkin ada yang bisa memberikan penjelasan kepada saya. Terima kasih sebelumnya.

  Nimah   |   30 Jan 2023

Bintang:

Sebenarnya kemudahan dalam hal kredit atau pinjaman, tidak hanya untuk para PNS saja. Karyawan swasta pun bisa mudah mendapatkan pinjaman. Pinjaman untuk karyawan swasta tersebut, pihak bank biasa menyebutnya dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Biasanya bank yang bekerja sama dengan perusahaan dalam payroll atau pembayaran gaji, akan menawarkan KTA bagi karyawan perusahaan itu, baik yang sudah berstatus karyawan tetap atau masih kontrak.

Tanpa harus ada pengajuan dari perusahaan, biasanya pihak bank yang lebih dulu menawarkan KTA tersebut. Dan kemudian pihak perusahaan akan secara kolektif atau mengakomodir karyawan-karyawan yang akan mengajukan KTA.

Jumlahnya pun bervariasi dan tergantung status karyawannya. Untuk karyawan kontrak ada beberapa syarat yang berlaku, salah satunya minimal sudah menjalani kontrak di perusahaan tersebut selama dua tahun.

Selain itu biasanya pihak bank meminta rekomendasi dari pihak perusahaan terkait kontrak Anda kedepannya. Apakah kontrak Anda nantinya bisa mudah diperpanjang, atau tidak (Biasanya ini terkait dengan kinerja Anda).

Sedangkan untuk karyawan tetap, salah satu persyaratannya, minimal sudah satu tahun berstatus karyawan tetap. Dan jumlah pinjamannya biasanya bisa lebih besar dari karyawan kontrak.

Selain syarat tersebut, bank yang akan menawarkan KTA kepada sebuah perusahaan, juga akan melihat kondisi keuangan perusahaan. Bank akan lebih mudah menawarkan KTA pada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan banyak.

Karena biasanya perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari 100 orang kondisi keuangannya lebih stabil daripada perusahaan yang hanya memiliki 20 orang karyawan saja. Dengan kata lain, bank lebih memilih mengelontorkan KTA untuk perusahaan besar daripada perusahaan kecil.

Kemudian jika Anda mengajukan pinjaman ke bank secara mandiri (tidak kolektif melalui perusahaan) biasanya pihak bank juga akan meminta rekomendasi dari perusahaan tempat Anda bekerja, terkait kelayakan Anda mendapatkan KTA.

Hal itu tentunya tergantung dari perusahaan, apakah bisa mengeluarkan atau merekomendasikan Anda sebagai penerima KTA atau tidak.

Jadi kesimpulannya, tidak semua karyawan terutama yang berstatus kontrak bisa mendapatkan KTA lebih mudah. Antara karyawan perusahaan satu dengan yang lainnya juga tidak sama dalam kemudahan mendapatkan KTA.

Tapi saat ini sudah banyak bank yang mau menggelontorkan dana untuk KTA baik itu berupa dana pinjaman cash atau pun melalui kartu kredit. Bahkan syaratnya pun cukup mudah. Mungkin Anda bisa mencoba mengajukan KTA ke beberapa bank, dan semoga bisa disetujui salah satunya.

Bunga Kredit

Suku Bunga Kredit

BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.00% 8.25% 7.25%
BCA 7.95% 8.20% 7.20%
Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
BTN 8.00% 8.25% 7.25%
OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
BTPN 6.17% 9.57% -
Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman

Kalkulator Pinjaman





Kalkulator Pendanaan

Kalkulator Pendanaan




Lima Strategi Mengatasi Ancaman Kredit Bermasalah
Anna     8 Oct 2014
Salah satu cara agar riwayat kredit tetap baik adalah dengan melakukan pembayaran tepat waktu. Masalahnya, apa yang bisa dilakukan kalau kesulitan membayar cicilan kredit?
Kartu Kredit Syariah Vs Konvensional, Mana yang Terbaik?
Nandini     31 Jan 2022
Baik karena kebutuhan atau gaya hidup, kartu kredit sudah menjadi barang yang lazim dimiliki. Antara syariah dan konvensional, mana yang sebaiknya menjadi pilihan Anda?
10 Bank Dengan Pinjaman KPR Terbaik
Nandini     27 Dec 2020
Siapa bilang membeli rumah hanya sekedar impian? Melalui program KPR, siapa saja bisa memiliki hunian idaman. Berikut ini penulis sajikan 10 bank dengan pinjaman KPR terbaik yang bisa Anda simak.
Ingin Dapat Pinjaman Tanpa Takut Riba? Ini Caranya
Jujun Kurniawan     15 Sep 2020
Ketika dana untuk bisnis terasa terbatas, mencari dana pinjaman adalah salah satu solusinya. Namun, bagaimana cara dapat pinjaman yang bebas riba? Simak caranya di sini.
Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis? Perhatikan Ini
Jujun Kurniawan     23 Aug 2020
Modal dalam berbisnis memegang peranan yang vital. Salah satu cara untuk mendapat modal adalah dengan pakai kartu kredit. Namun, apa saja yang perlu kita waspadai?
Mengenal FLPP, Program KPR Bersubsidi
Febrian Surya     23 Jul 2020
Siapa bilang masyarakat berpenghasilan rendah tidak bisa memiliki hunian baru? Melalui KPR FLPP, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan program KPR bersubsidi.
#flpp  
Sebelum Ambil Kredit, Pahami Penyebab Naik Turun Bunga KPR
Febrian Surya     26 May 2020
Jangan buru-buru mengajukan KPR, karena kamu perlu tahu dulu apa saja yang menyebabkan naik turun bunga KPR berikut ini.
Kirim Komentar Baru