Game Berbasis Blockchain

Game Berbasis Blockchain dari Indonesia Siap Meluncur
Crypholic     22 Apr 2022
Sebagai pendatang baru di ekosistem blockchain dan kripto di Indonesia, Duckie Land menjanjikan pengalaman game yang seru dan cuanable.
Mengenal GameFi dalam Dunia Kripto
Kiki R     28 Nov 2022
Ulasan kali ini akan mengulas seluk beluk GameFi serta prospek kedepan dari sektor kripto ini. Apa kelebihan dan kekurangan GameFi?
7 Game Penghasil Cuan Terbaik yang Berbasis Blockchain
Yuvita     23 Dec 2021
Mendapatkan uang hanya dengan bermain game bukan lagi hal mustahil. 7 game berbasis blockchain ini bisa menghasilkan cuan dengan cepat.
#cuan  
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #game #berbasis #blockchain

Dannel Plur70   27 Apr 2022

bagaimana cara kerja sistem blockchain? dan apakah sistem blockchain itu aman?

Nur Salim   28 Apr 2022

@Dannel Plur70:

Secara simpelnya, Blockchain bekerja dengan cara menghubungkan (Chain) suatu kegiatan yang didasarkan pada satu asset tertentu (Block) seperti perpindahan aset, Mining (membuat Block baru) menjadi satu kesatuan utuh dalam catatan yang lengkap. Kalau bapak pernah menggunakan tools Online seperti mengedit sebuah dokumen di Google Doc, secara simpelnya begitulah cara kerja Blockchain. Dokumen yang ada bisa diedit oleh seluruh orang yang memiliki akses terhadap dokumen tersebut, dan perubahan yang dilakukan dapat langsung diketahui dan tercatat oleh semua orang yang memiliki aksesnya.

Mengenai keamanannya sendiri, jika ditinjau secara keamanan dalam penggunaan, transparansi dan segala kegiatan yang berhubungan dengan aset digital, maka Blockchain tentu saja sifatnya aman. Kalau bapak melihat pencurian-pencurian dari Hacker yang marak terjadi biasanya terjadi bukan karena faktor blockchainnya. Seringnya hal ini terjadi karena Hacker bisa mendapatkan akses dari digital Wallet dari orang yang dicuri. Namun memang ada beberapa kasus dimana Blockchain tersebut sendiri yang terkena serangan Hacker, sehingga Hacker bisa memindahkan aset yang tercatat di dalamnya tanpa terdeteksi dan tercatat.

Bapak bisa mempelajari perihal Blockchain ini lebih lanjut pada artikel kami Apa Saja Jenis Blockchain berikut.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga bisa membantu.

Whiens Akbar   28 Apr 2022

masta, mohon info digital wallet yang aman dari peretasan hecker? Trims

Cantika Retna   28 Apr 2022

Maraknya dompet digital rawan akan peretasan, bisa di bantu info tips agar digital walet aman dari peretasan kak? Terima kasih

Nur Salim   28 Apr 2022

@Whiens Akbar:

Kalau ditanya mengenai Digital Wallet mana yang benar-benar aman saya juga kurang tahu. Semua pengembang dari Wallet tersebut pasalnya sudah harus secara otomatis mengedepankan keamanan dengan teknologi tertentu yang sudah tersertifikasi. Hanya saja ya itu, kalau memang apes ya, akan ada saja Hacker yang lebih pintar dalam mencari jalan untuk meretas.

Kalau ingin benar-benar aman saran saya sih bisa pakai Cold Storage atau Cold Wallet saja jika benar-benar khawatir atau memiliki simpanan Bitcoin yang mungkin bisa menjadi target peretasan.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

Nur Salim   28 Apr 2022

@Cantika Retna:

Ada beberapa cara dan tips yang menurut saya sangat berguna. Berikut beberapa tips tersebut:

1. Jangan simpan semua aset dalam satu wallet. Bagi aset ke dalam beberapa bagian dan tempatkan pada Wallet yang berbeda. Jika memiliki aset dengan nilai besar, bisa coba investasi dengan membeli Cold Wallet.

2. Double cek website yang dikunjungi dalam melakukan transaksi. Salah satu cara yang paling sering digunakan oleh Hacker adalah dengan membuat sebuah Website Dummy yang berisikan halaman situs yang persis sama dengan situs pembayaran tertentu. Dari sini nanti mereka bisa mendapatkan akses penting untuk masuk ke Digital Wallet yang kita miliki. Jadi selalu double cek alamat pada website-website yang dikunjungi.

3. Jika mempunyai keluarga atau teman yang dapat dipercaya, gunakan Multi Signature agar transaksi yang dilakukan harus memerlukan persetujuan dari orang lain terlebih dahulu.

Tips yang lain mungkin bisa dibaca lebih lengkap di artikel Cara Memilih Bitcoin Wallet ini. Selalu ingat, cara-cara ini mungkin tidak akan menghentikan peretasan secara keseluruhan. Tapi dengan memproteksi diri kita sendiri, setidaknya kita dapat menghambat dan mempersulit upaya dari para Hacker.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Alexa   23 Aug 2022

Blockchain mana yang terbaik saat ini?

Nur Salim   24 Aug 2022

@Alexa:

Blockchain yang mana dalam konteks apa dulu pak? Untuk konteks kripto sendiri Blockchain jaringan Ethereum, Ripple, Tron yang masih terbaik menurut pendapat ahli. Blockchain sendiri sudah banyak diadopsi untuk keperluan industri bisnis dan banyak sekali Blockchain baru yang justru memiliki kinerja, fungsionalitas, serta tingkat keamanan yang lebih baik daripada yang digunakan pada kripto saat ini. Salah satu Platform Blockchain yang paling baik sendiri saat ini adalah IBM Blockchain.

Trestan   28 Nov 2022

Pak @Nur Salim, saya sering mendengar isitilah blockchain yang terdesentralisasi. Apakah arti dari hal tersebut? Selain itu pak, apakah blockchain antar koin kripto itu sama dalam arti kata dibangun dari sistem yang sama? atau apakah berbeda?

Kemudian satu pertanyaan lagi pak, bapak bilang ada kasus hacker memindahkan aset. Yang saya mau tanya adalah dari aset tersebut misalkan bitcoin dipindahkan ke wallet kita terus, apakah bisa di konversi ke ETH?

Nur Salim   7 Dec 2022

@Trestan:

Blockchain terdesentralisasi berarti tidak ada pusat wewenang dan seluruh anggota memiliki hak serta dapat mengakses data yang sama pada suatu jaringan Blockchain. Karena sifat inilah Blockchain dimanfaatkan sebagai revolusi baru dunia keuangan dalam bentuk kripto.

Mengenai apakah semua koin dibangun pada sistem yang sama, jawabannya tidak pak. Ada banyak jenis dan sistem Blockchain yang bisa digunakan sebagai landasan pembuatan koin kripto. Blockchain yang paling banyak digunakan sendiri saat ini adalah Ethereum, Ripple, dll.

Lalu apakah Bitcoin tersebut bisa dipindahkan ke ETH? Tentu saja bisa pak. Sama seperti aset lainnya, aset yang telah dicuri juga akan tetap bisa ditukarkan ke aset lain sesuai dengan keinginan.

Ananta   17 Jan 2023

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga digital wallet Anda aman dari peretasan:

1. Gunakan password yang kuat: Masukkan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang acak.

2. Gunakan autentikasi dua faktor: selain password, manfaatkan juga pengamanan kode SMS atau aplikasi autentikator.

3. Jangan berbagi informasi pribadi: Data yang paling krusial adalah nomor telepon, alamat email, atau informasi tentang dompet digital.

4. Jangan menyimpan uang yang tidak diperlukan: Hanya simpan uang yang akan digunakan dalam jangka waktu dekat dan simpan sisa uang Anda di tempat yang aman.

5. Gunakan Cold Wallet: Dompet dalam bentuk hardware seperti Ledger dan Trezor memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan menyimpan Private Key hanya di komputer atau perangkat lainnya.

6. Jaga perangkat Anda aman: pasang instal anti-virus dan anti-malware yang terbaru

7. Cek reputasi dan legalitas dari perusahaan yang menyediakan layanan digital wallet sebelum membuat akun.

Alexa   20 Jan 2023

Kripto apa pak yang menggunakan blockchain dari IBM tersebut untuk saat ini? Apakah menguntungkan dan baik pergerakannya?

Nur Salim   23 Jan 2023

@Alexa:

Setahu saya untuk saat ini tidak ada. Penggunaan Blockchain dari IBM ini untuk saat ini belum diperuntukkan untuk koin ataupun token kripto dan fokus pada pembangunan sarana transaksi IBM sendiri. Namun, dahulu IBM pernah menginisiasi program Stable Coin bernama USD Anchor di 2019 sebelum IBM memutuskan untuk banting setir ke pengembangan Blockchain. Proyek ini sendiri kurang terdengar kabarnya hingga saat ini.

Sita A   24 Jan 2023

Apakah Blockchain ini juga bisa digunakan dan diaplikasikan pada sistem keuangan konvensional pak? Jika memang memiliki kapasitas sebagus yang disebutkan di atas, kenapa tidak segera digunakan sebagai basis transaksi keuangan konvensional?

Nur Salim   26 Jan 2023

Sita A:

Tentu saja bisa. Hingga saat ini telah banyak bank Sentral negara maju dan berkembang yang telah mulai mengerjakan projek perpindahan ini. Hanya saja kenyataannya memang tidak bisa dikerjakan asal-asalan bahkan kebut-kebutan. Perlu perencanaan dan eksekusi yang baik untuk menghasilkan sebuah sistem yang Flawless nantinya. Indonesia sendiri juga telah merencanakan hal ini sejak tahun lalu. Jadi mari kita tunggu saja dengan sabar bagaimana proses pengembangannya kedepan.

Aisha   27 Jan 2023

Sita A:

Blockchain juga bisa digunakan dalam sistem keuangan konvensional. Butuh riset dan proses yang panjang untuk diterapkan, sehingga tak banyak negara yang mengambil langkah ke sana. Tetapi sebenarnya sudah ada beberapa negara yang mulai memanfaatkan blockchain dalam sistem keuangannya.

Beberapa contoh penerapan blockchain yang berkaitan dengan sistem keuangan konvensional:

  • Inggris - Blockchain-as-a-service (BaaS) untuk membayar subsidi tunai dan uang pensiun, serta membagikan pembiayaan pendidikan.
  • Singapura - Monetary Authority of Singapore (MAS) bekerjasama dengan konsorsium swasta untuk mengadopsi blockchain dalam sektor keuangan Singapura. Proyek masih dalam proses R&D.
  • Venezuela - Venezuela telah mendeklarasikan mata uang berbasis blockchain, Petro Coin, sebagai mata uang utamanya sejak 2018.
  • Dan masih banyak lagi.
Lily   28 Jan 2023

Malam, saya mau bertanya mengenai penggambaran fungsi blockchain itu seperti apa karena yang saya tau hanyalah ada hubungan antara kripto dengan blockchain dimana kripto dibangun diatas blockchain. Tapi fungsi lain dari blockchain itu sendiri apa saja karena bahkan blockchain bisa digunakan untuk keuangan konvensional.

Terus mengapa untuk kripto bisa dikatakan menjaga privasi dan bagaimana caranya menjaga privasi? Sedangkan menurut saya, lembaga keuangan saat ini sepertinya sudah sangat menjaga privasi...

Reply > Lihat[16]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #game #berbasis #blockchain

  Efixsu   |   30 Sep 2021   |   Artikel

membaca paparan prosedur pendaftaran hingga pembeli robot/klien mulai trading dg robot dugaan saya:

1. bisa jadi SMI itu Introducing Broker (IB) dari broker yg disebut itu (mendapat keuntungan dari referal)

2. bisa jadi memang bikin robot MT4 atau beli robot dari pihak lain yg harganya jauh lbh murah dari harga jualan SMI. kalau e-book sih hanya soal mengelabuhi hukum saja (mendapat keuntungan dari jual-beli robot)

3. bisa jadi dia kerjasama dengan exchanger utk deposit uang dari klien ke rekening broker tertentu itu, untuk transaksi  deposit dan withdrawal (mendapat untung dari komisi spread nilai tukar)

4. sangat mungkin yg terjadi sebetulnya sistem copytrading, tidak melalui broker tempat klien terdaftar, tapi melalui platform lain seperti zulutrade, misalnya. (semakin banyak orang yang mengkopi, semakin banyak menarik perhatian trader di luar klien yang mencari master trader di zulutrade. keuntungan komisi tambahan dari luar klien)

5. sistem MLM dipakai (kalo bukan moneygame) untuk mengefisiensikan pemasaran. 

Kesimpulan sementara: sumber keuntungan SMI dari berbagai  cara di atas. Bayangkan jika robotnya memang hebat. 1 akun milik SMI dikopi 100.000 klien dengan komisi 50:50. 1 bulan untung 10% + (10%x100.000:50). misal untung $50 per bulan, komisi yang dia dapat dari klien $100.000. Tertipukah klien? selama bukan moneygame, klien tidak akan tertipu karen dia juga dapat profit,. sayangnya jumlahnya tidak seberapa dibanding dengan yang didapat SMI. jauuuuhh. tapi kalau sudah hepi dengan hasil segitu ya ndak apa-apa. tidak rugi, tapi dimanfaatkan habis-habisan tanpa terasa.

  Rypbks   |   29 Oct 2021

Akur bro.. ini bisnis yang bagus banget. Buat smi...

  Xavier   |   27 Jun 2022   |   Artikel

Ini cuma bisa jual beli koinnya aja ya? Aku pikir buat main gamenya juga

  Damar Putra   |   29 Jun 2022

Benar kak, platform Triv hanya bisa digunakan untuk membeli tokennya saja.

  Dicky   |   3 Nov 2022   |   Artikel

Sependapat sih soal sistem game play to earn bakalan ditinggalkan bahkan musnah. Karena mungkin ya pada awalnya user user game memiliki tujuan dapatin untung dari main game dan bukan menikmatinya mengingat banyak game yang memang agak berat tapi enjoy to play. Nah ketika pilar utamanya yakni reward crypto nya ini drop, ya user pada cabut semua ibarat game dengan basis game to play ini hanya sebagai wadah "mining" saja. Begitu resource udah abis alias modal ketahanan pemilik dan pengembang game nya ga sanggup kasih reward yang banyak seperti dulu ya bakalan selesai tu barang. Sah sah saja kalau sebenarnya revenue lebih banyak didapatkan oleh pengembang tapi ya gagal dapatin user game yang benar-benar enjoy main game dan bukan hanya semata mata ingin rewardnya. Makanya bisa aja game ini bakalan musnah untuk kedepannya

  Indra   |   4 Nov 2022

Gw malah merasa play to earn bakalan berkembang jauh gak sebatas game HP atau PC, tapi bisa kayak kita bener-bener hidup di dunia itu tiap hari.

  Jorginho   |   17 Nov 2022

Menurut saya sih play to earn bakalan berhenti sejenak apalagi dengam reward yang berkaitan dengan cryptocurrency soalnya memang lagi krisis crypto winter dimana harga kripto bakalan anjlok banget.

Tetapi kalau krisis ini lewat, kemungkinan akan bermunculan game play to earn dan bisa saja akan booming kembali. Seperti yang @Indra katakan, tentang game metaverse dengan reward kripto. Apalagi dengan alat VR dan teknologi AR, dengan reward kripto yang bisa digunakan sebagai pembayaran di dunia nyata. Kurasa akan banyak manusia yang menghabiskan waktu di dunia online.

  Sarah   |   10 Nov 2022   |   Artikel

Menurutku mengapa memakai game atau kegiatan olahraga atau apapun itu memiliki earn yang berupa koin kripto adalah salah satu cara pengembang baik P2E maupun M2E untuk memperkenalkan dunia metaverse secara sederhana yang kemudian mungkin akan berlanjut ke user agar benar-benar masuk ke dunia metaverse. Istilahnya agar tidak terjadi culture shock ketika metaverse benar-benar jadi kehidupan manusia.

Btw koin kripto yang ada valuenya tentu akan menarik manusia agar mau bermain atau menggunakan game/kegiatan metaverse pengembang. Untuk prospek kedepannya mungkin ada beberapa yang bangun ada beberapa yang jatuh dan ada beberapa pesaing baru yang bermunculan. Tapi yang pasti klau ada kesempatan lebih baik aku mulai mengumpulkan koinnya karena siapa tau akan seperti bitcoin yang memiliki value tinggi.

  Osmane   |   4 Dec 2022   |   Artikel

Saya sebagai gamer di beberapa game ternama yang ada di steam mendukung sekali adanya mata uang sendiri di game dan bisa mendukung menghasilkan profit dari sana.

Sebenarnya penjualan avatar dan sebagainya itu udah ada dari dulu tetapi yang jadi permasalahannya adalah bagaimana cara menjualnya. Karena kalau berkaitan dengan cara menjual biasanya harus jual akun dan itu rentan penipuan. Kemudian untuk mengatasi hal itu dibuatlah marketplace oleh developernya tetapi masalah lain muncul yaitu produk yang kebanyakan sama. Jadi harga hancur-hancuran dan yang bisa jual mahal adalah pemain yang benar-benar pro dimana terkadang 1 avatar memuat statistik permainan.

Saya rasa konsep NFT dan DeFi ini bisa diterapkan di game yang terkenal jadi developer GameFi menggandeng game ternama. Sehingga gamer bisa cuan juga, kalau NFT juga ga ada yang bisa copy dan tempat jualnya bisa langsung akun dengan akun tanpa marketplace dan mengandalkan smart contract.

Rasa-rasanya benaran kalau kayak gitu akan jadi hal yang menarik lho.

  Pinkan   |   18 Jan 2023   |   Artikel

Saya sudah sering mendengar dan membaca berita tentang berbagai penipuan yang berkedok investasi, artikel ini salah satunya. Tapi ada beberapa istilah yang masih asing bagi saya seperti money game dan ponzi.

Bisa dijelaskan seperti apa bentuk money game itu? Dan bagaimana cara menghindarinya agar tidak menjadi korban berikutnya. Mungkin apa yang saya tanyakan ini juga berguna dan menambah pengetahuan untuk pembaca lainnya. Terima kasih.

  Linda   |   18 Jan 2023

Money game dan skema ponzi adalah dua hal yang tidak jauh berbeda. Dua hal tersebut merupakan suatu modus penipuan yang menjanjikan suatu keuntungan yang besar, mudah, dan cepat pada para korbannya.

Biasanya pemilik bisnis skema ponzi melakukan perekrutan pada calon korbannya. Korban yang menjadi anggota diwajibkan menyetorkan sejumlah uang. Tapi uang yang mereka setorkan akan segera kembali beberapa kali lipat, asal mereka bisa merekrut orang lain untuk menjadi anggota.

Semakin banyak orang yang diajak bergabung semakin besar keuntungannya. Sistem ini, menggandakan uang dari anggota baru untuk disetorkan pada anggota lama. Dan anggota baru juga bisa mendapatkan keuntungan asal bisa merekrut anggota baru berikutnya.

Dengan sistem tersebut, sudah jelas sangat menguntungkan orang pertama yang bergabung atau top line, yang tidak lain adalah pemilik “bisnis” tersebut. Tapi dengan cara seperti ini sudah pasti suatu saat tidak akan ada lagi anggota baru yang bergabung, karena akan semakin sulit untuk mencari anggota.

Jika hal itu terjadi maka “bisnis” tersebut akan hancur dengan sendirinya, dan sudah pasti si pemilik bisnis sudah mengantongi keuntungan yang sangat banyak.

Selain sistem tersebut ada juga yang lainnya, yaitu anggota tidak diwajibkan mencari anggota baru, tapi pihak “perusahaan” yang akan mencari anggota baru. Walaupun tidak wajib merekrut anggota baru, anggota lama tetap mendapatkan keuntungan.

Sistem yang kedua ini lebih menggiurkan, dan biasanya berkedok sebagai koperasi, bank gelap, arisan, atau investasi. Tapi yang jelas seperti apapun bentuknya, pasti akan merugikan.

  Ariel   |   18 Jan 2023

@Pinkan

Money game dan skema ponzi yang berkedok apapun, biasanya memberikan iming-iming keuntungan yang sangat menggiurkan bagi para korbannya. Jadi saat ini kita memang harus berhati-hati.

Banyak hal yang bisa kita lakukan agar kita tidak menjadi korban hal-hal seperti itu. Salah satunya jangan tergiur dengan keuntungan yang besar, dan kemudahan mendapatkan keuntungan tersebut.

Karena biasanya para perekrut hanya menunjukan berbagai keuntungan tanpa memberi tahu beberapa risiko yang bakal kita hadapi nantinya. Kita harus ingat bahwa tidak ada satu bisnis pun atau investasi apapun yang selalu untung.

Dalam bisnis dan investasi pasti ada masanya mendapat keuntungan dan ada waktunya mengalami kerugian. Tapi biasanya banyak orang yang hanya memikirkan keuntungan dan kemudahan saja tanpa peduli dengan risikonya.

Kemudian Anda harus menghindari orang-orang yang mengajak investasi dengan cara memaksa, tergesa-gesa, dan penuh bujukan serta rayuan. Karena biasanya oknum-oknum seperti ini ingin segera mendapatkan investasi atau uang dari Anda.

Tips berikutnya, Anda harus benar-benar mempelajari jenis bisnis seperti apa tempat kita nanti berinvestasi. Misalnya anda ingin berinvestasi dalam suatu perusahaan, minimal perusahaan tersebut memiliki visi misi yang jelas dan mau menunjukan laporan keuangannya.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah perusahaan atau usaha tersebut memiliki izin yang lengkap dari instansi terkait dan badan pengawas.

Dan yang terakhir, hindari jenis bisnis yang mewajibkan Anda merekrut anggota lain atau memberikan keuntungan dari setoran dari anggota lainnya. Itu saja masukan dari saya, jika ada yang mau menambahkan, silahkan. Terima kasih.

Kirim Komentar Baru