PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) akan membagikan dividen senilai Rp2.5 miliar dari laba tahun buku 2023, 10 menit lalu, #Saham Indonesia   |   PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengalami penurunan kinerja keuangan pada kuartal I/2024, pendapatannya berkurang 10.49% secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, 10 menit lalu, #Saham Indonesia   |   Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -4.20%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) -2.90%, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) -2.60%, 12 menit lalu, #Saham Indonesia   |   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.49% ke 7,120, 12 menit lalu, #Saham Indonesia

7 Game Penghasil Cuan Terbaik yang Berbasis Blockchain

Yuvita 23 Dec 2021
Dibaca Normal 8 Menit
kripto > uang >   #blockchain   #cuan
Mendapatkan uang hanya dengan bermain game bukan lagi hal mustahil. 7 game berbasis blockchain ini bisa menghasilkan cuan dengan cepat.

Siapa bilang main game cuma buang-buang waktu? Kini, main game bisa menghasilkan profit juga, lho. Bagi Anda yang memiliki hobi bermain game, saat ini sudah banyak developer game berlomba mengembangkan tak hanya cerita atau desain menarik, tetapi juga menambahkan teknologi blockchain ke dalam game.

Penggunaan blockchain di dalam game membuat user tak hanya bisa membeli barang atau item secara online, tapi juga menciptakan sistem ekonomi di dalam game. Dengan dukungan teknologi blockchain, pemain mampu memperoleh berbagai macam item langka bernilai tinggi dan aset digital lain yang nantinya dapat dijual kembali.

game berbasis blockchain

Game berbasis blockchain menggunakan Non-Fungible Token (NFT) yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan uang digital (play-to-earn). Nantinya, uang digital tersebut bisa ditukarkan ke token lain atau bahkan mata uang fiat apabila permintaannya tinggi.

Baca juga: 7 Token Gaming Paling Top untuk Play-to-Earn

Maka tak heran bila berdasarkan laporan terbaru, terdapat penambahan 804,000 pemain aktif game berbasis blockchain selama bulan Juli 2021.

Apakah Anda tertarik ikut tapi khawatir jika game berbasis blockchain bakal membingungkan? Tenang saja, game berbasis blockchain umumnya gampang dimainkan. Terlebih, Anda bisa meraup cuan tambahan juga. Yuk, kenalan dengan 7 game penghasil cuan berbasis blockchain berikut ini:

 

1. CryptoKitties

Sebagai salah satu game berbasis blockchain pertama, CrytoKitties sangat digemari oleh banyak pemain game karena kemudahan dan karakter adiktifnya. Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan koin Ether setelah membeli kucing virtual dan membiarkannya berkembang biak.

cryptokitties

Dengan visualisasi lucu, game CrytoKitties memang terdengar cukup sederhana. Awalnya, Anda membeli kucing menggunakan Ethereum. Lalu game ini akan membiarkan Anda membiakkan kucing guna mendapat sifat genetik ke anak kucing selanjutnya. Jika kucing Anda termasuk spesial, maka aset Anda otomatis akan semakin meningkat.

Anda juga dapat menjual anak-anak kucing ke pemain lainnya. Namun, sebaiknya hitung terlebih dahulu berapa jumlah Ether yang harus dikeluarkan saat membeli kucing dan berapa Ethereum yang akan didapat saat menjualnya.

Baca juga: 5 Cara Investasi Ethereum (ETH) Di Tahun 2021

 

2. Spells of Genesis

Apakah Anda suka bermain game fantasi berjam-jam sambil menyerang musuh? Game Spells of Genesis bisa jadi cocok untuk Anda. Meski bukan penggemar genre fantasi sekalipun, Spells of Genesis masih tetap menarik dimainkan.

Game berbasis blockchain ini menggunakan sebuah sistem bernama BitCrystal yang dirancang khusus untuk game bertoken unik. Semua jenis transaksi yang Anda lakukan akan terekam pada sistem BitCrystal tanpa sepengetahuan developer, sehingga kepemilikan token menjadi lebih terdesentralisasi.

Umumnya, blockchain memiliki algoritma yang bertujuan mengamankan segala jenis transaksi dalam game. Sistem BitCrystal pada Spells of Genesis juga berfungsi membuat kode khusus smart contract lewat platform Counterparty. Jadi secara teori, dengan adanya Counterparty ini, transaksi menjadi lebih aman dibandingkan dengan game blockchain lainnya.

Cara mainnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu fokus melakukan serangan dan menghabisi semua musuh sepanjang perjalanan. Agar tidak membosankan, banyak tantangan dan pastinya reward menarik menanti Anda.

spells of genesis

Spells of Genesis memungkinan Anda mengumpulkan kartu yang mampu diperjualbelikan sebagai sumber cuan tambahan. Selain kartu, game berbasis blockchain ini juga mempunyai poin-poin penting yang membuat permainan lebih seru setelah Anda menyelesaikan tantangan.

Secara keseluruhan, Spells of Genesis memang menarik untuk dimainkan. Bahkan beberapa review game mengatakan hal yang sama. Meski demikian, jika Anda berniat mengumpulkan semua kartu, para pengguna menyarankan untuk tidak tergesa-gesa dan hindari membeli kartu Spells of Genesis dari pemain lainnya.

Pasalnya, hanya dengan menghabiskan waktu menyelesaikan misi serta membunuh musuh saja, Anda sudah bisa berkelana jauh sembari mengumpulkan kartu-kartu tanpa harus merogoh kocek. Dengan demikian, margin keuntungan yang Anda dapatkan saat menjualnya pun akan semakin besar.

Baca juga: Spot Trading Kripto: Bagaimana Untung dan Ruginya?

 

3. Bitcoin Bounce

Bitcoin Bounce adalah game sederhana yang hanya tersedia pada smartphone Android. Dikembangkan sejak tahun 2019 oleh THNDR Games, Bitcoin Bounce bisa membuat Anda ketagihan karena kemudahan cara mainnya. Game ini hanya mengharuskan Anda melompat sebaik mungkin agar tidak jatuh ke dalam jurang.

Pada saat melompat, Anda akan menemukan beberapa token yang dapat ditukarkan di luar game. Selain itu, ada lotere harian yang bisa digunakan untuk memperoleh beberapa jenis token tertentu secara acak.

bitcoin bounce

Awalnya, setiap pemain dari seluruh dunia, baik yang memiliki 20 token maupun 200 token, akan mendapatkan hadiah sekitar 100 hingga 1000 satoshi setiap harinya secara random. Akan tetapi, Bitcoin Bounce saat ini sudah memasang sistem yang cukup adil bagi pemainnya.

Jika Anda sering memainkan game ini dan mengantongi token cukup banyak, peluang mendapatkan 5000 satoshi pun semakin besar.

Ingin mengklaim Bitoin yang sudah susah payah Anda kumpulkan dari game ini? Anda cukup memerlukan dompet Bitcoin yang kompatibel dengan Lightning Network, seperti Zebedee atau Wallet of Satoshie.

 

4. Gods Unchained

Jika Anda penggemar berat game Hearthstone, pasti sudah dengar dong isu tentang para pemain kelas pro Hearthstone yang dibekukan oleh sang pencipta game, Immutable. Alasannya, para pemain ini dinilai telah berupaya melakukan advokasi terkait pembebasan Hong Kong dari Cina.

Hal ini menjadikan game Gods Unchained jadi ramai diperbincangkan di komunitas game online. Bagaimana tidak, informasi pembekuan beberapa pemain pro akhirnya dimanfaatkan pihak Immutable sebagai strategi pemasaran mereka.

Gods Unchained sebenarnya tidak begitu berbeda dengan Hearthstone. Anda bisa menemukan kesamaan lainnya pada game Magic: The Gathering yang merupakan bagian dari Gods Unchained.

gods unchained

Kombinasi antara dua game populer tersebut, ditambah fasilitas transaksi kripto di dalamnya, membuat Gods Unchained layak dicoba. Permainan card battle versi PC maupun Mac di sini memang sekilas terlihat mirip Hearthstone, di mana pemain juga bisa membangun geladak serta bermain kartu demi mendapatkan senjata untuk melawan dan menghabisi musuh.

Namun, beberapa kartu langka tentu akan bernilai lebih tinggi. Jika beruntung, Anda dapat menjual kartu langka tersebut kepada pemain lainnya. Salah satu kartu langka dalam game Gods Unchained ialah kartu Mythic Titans yang nilai jualnya mencapai 146.3 ETH atau sekitar $26,000.

Kunjungi juga: 10 Mata Uang Kripto Terbaik Hari Ini

 

5. My Crypto Heroes

Tak kalah seru dari beberapa game berbasis blockchain di atas, My Crypto Heroes merupakan jenis game RPG yang dapat diakses melalui browser, PC, maupun smartphone. Sama seperti kebanyakan game RPG, Anda akan ditugaskan berburu di semua Dungeon untuk mendapatkan reward.

Jika Hero yang Anda mainkan ternyata mendapatkan salah satu item langka berkualitas tinggi, jual saja item tersebut dengan harga mahal. Anda bisa menetapkan harga sampai 0.1 Ethereum atau setara 2 juta Rupiah untuk satu itemnya.

my crypto heroes

My Crypto Heroes juga membiarkan pemainnya bebas mengembangkan Hero dengan menambah item-item tertentu, atau mengoleksi karakter Hero lainnya untuk digunakan saat berburu.

 

6. The Sandbox

Game berbasis blockchain berikutnya adalah The Sandbox; suatu permainan berjenis land building. The Sandbox dilengkapi dengan teknologi paling canggih dibandingkan game sebangsanya, karena setiap pemain bisa membeli tanah dari pemain lain, serta mengoleksi beberapa tanah sekaligus.

the sandbox

Apabila Anda memiliki beberapa tanah, aset tanah tersebut bisa memberikan keuntungan berlipat ganda berupa koin SAND dari blockchain Ethereum. Oleh sebab itu, nilai koin akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Tertarik membeli item di dalam The Sandbox tapi tak punya $SAND? Anda juga bisa melakukan transaksi memakai Ethereum, lho. Hingga saat ini, hanya ada 3 miliar $SAND yang dapat dikoleksi oleh seluruh pemain game.

Baca juga: Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui

 

7. Decentraland

Mirip The Sandbox, Decentraland merupakan jenis game mengkoleksi tanah. Decentraland tidak hanya memungkinkan Anda mengumpulkan tanah, tetapi juga mengurus tanah tersebut agar nilai asetnya semakin bertambah.

Di Decentraland, seorang investor dianggap beruntung jika mendapatkan tanah berlokasi cukup strategis. Apabila memiliki ukuran tanah cukup luas, Anda diperbolehkan melelangnya kepada pemain lain dengan harga yang tinggi. Uang hasil penjualan akan diberikan kepada Anda dalam bentuk token MANA.

Sebagai informasi, MANA merupakan salah satu token gaming terbaik yang mengalami kenaikan harga lumayan cepat. Bertambahnya jumlah total pemain Decentraland diiringi dengan supply token yang semakin sedikit, sehingga tak heran jika harga MANA melejit hingga lebih dari $3 di tahun 2021.

decentraland

Belakangan ini, game berbasis blockchain mengalami peningkatan jumlah pemain di platform mereka, terlebih setelah pandemi Corona membuat banyak orang mengisi waktu luang di rumah dengan gadget mereka. Dalam hal ini, game blockchain banyak diminati karena tidak hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga bisa mendatangkan cuan yang cukup menjanjikan.

Model play-to-earn membuka lembaran baru industri game guna mengapresiasi para gamer yang menghabiskan waktu bermain di dalam platform. Penghasilan ini kemudian nantinya bisa ditukar menjadi uang nyata, sebuah konsep yang membuat game jauh lebih bermanfaat.

 

Uang digital yang diperoleh sebagai reward dalam game-game berbasis blockchain umumnya berjenis token kripto. Jika Anda tertarik mempelajari token lebih lanjut, membaca panduan tentang tokenomics bisa jadi langkah awal yang tepat agar Anda mengetahui cara memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi di aset ini.

Terkait Lainnya
 
PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) akan membagikan dividen senilai Rp2.5 miliar dari laba tahun buku 2023, 10 menit lalu, #Saham Indonesia

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengalami penurunan kinerja keuangan pada kuartal I/2024, pendapatannya berkurang 10.49% secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, 10 menit lalu, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -4.20%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) -2.90%, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) -2.60%, 12 menit lalu, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.49% ke 7,120, 12 menit lalu, #Saham Indonesia

USD/CAD: Area Support di level 1.3600 memegang kunci menjelang PDB kuartal pertama AS, 17 jam lalu, #Forex Teknikal

Schnabel, ECB: Bank sentral paling mengkhawatirkan upah dan jasa, 17 jam lalu, #Forex Fundamental

XAU/USD turun efek meredanya konflik timur tengah, 17 jam lalu, #Emas Fundamental

EUR/USD bergerak lebih tinggi karena data AS mengecewakan, 17 jam lalu, #Forex Fundamental

Pound Sterling bergerak lebih tinggi di tengah optimisnya prospek Inggris dan penurunan dolar As, 17 jam lalu, #Forex Fundamental

Pertumbuhan Ekonomi akan tetap kuat, meskipun melambat dari kuartal IV, 17 jam lalu, #Forex Fundamental

EUR/JPY terus naik di atas level 166.50 di tengah kondisi jenuh beli, 17 jam lalu, #Forex Teknikal

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan penjualan bersih sebesar Rp10.07 triliun, turun 4.95% YoY, 23 jam lalu, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -10%, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) -2.16%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -1.77%, 1 hari, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.33% ke 7,151, 1 hari, #Saham Indonesia

PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mengungkapkan proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar 51% untuk tahun 2024, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Setau ane, kalau suatu produk di blockchain sudah ditetapin pake currency tertentu ya harus pake currency itu. Dan biasanya, kalo udah berbeda blockchain gitu, ente kudu ubah dulu ke token atau koin yang sesuai dengan blockchainnya. Buat paling gampangnya, ente bisa beli USDT atau stablecoin lainnya, buat invest ke banyak semua koin yang ada di exchange tanpa harus cross swap macam cross currency.

 Abdul |  13 Dec 2022
Halaman: Kripto Murah Terbaik Untuk Investasi Pemula

Nah, klo menurut gw sih, Bitcoin ini hanya sebagai role model pertama untuk penggunaan teknologi blockchain oleh bank sentral sebagai pembayaran yang sah. Terlepas dari pengurangan emisi, teknologi blockchain bisa beroperasi secara otomatis sesuai dengan smart contract selama 7x24 jam non-stop. Ini tentu bisa bikin perputaran ekonomi semakin cepat.

 Ciro |  19 Dec 2022
Halaman: Penambangan Bitcoin Bisa Mencegah Perubahan Iklim Mitos Atau Fakta

Numpang nanya nih, saya masih belum sepenuhnya mengerti akan fork yang terdapat pada blockchain kripto. Untuk Soft Fork saya sepertinya lumayan mengerti ini hanya sekedar ngeupdate tambahan tanpa ngerubah blockchain.

  • Dari penjelasan artikel ini saya bisa tau kalau hard fork itu seperti game-lah ya, jadi terdapat update besar-besaran misalkan seperti game yang saya mainkan biasanya contohnya pes 2020 ke pes 2021. Jadi engine game akan berbeda tetapi aset yang sudah didapat bisa diconvert ke sana tetapi ada beberapa aset yang akan digantikan.

Nah pertanyaan saya apakah hard fork dalam kripto ini misalkan saya punya 10 ETH, apakah dengan perubahan hard fork ke The Ethereum 2.0 saya masih akan tetap memiliki 10 ETH (Baik ga perlu convert ataupun digantikan otomatis) karena engine/blockchain udah berbeda?

 Fernando |  21 Dec 2022
Halaman: Perbedaan Hard Fork Vs Soft Fork Pada Blockchain Kripto

@Hubert, menurut saya kalau dibilang akan menjadi mata uang yang sah di masa depan, belum benar-benar dapat dipastikan tetapi kalau untuk penggunanya mungkin akan semakin banyak karena ada beberapa keunggulan dari crypto yang transparan dan kecepatan transaksi. Oh iya selain itu crypto yang berbasis Ethereum sendiri sekarang menyediakan smart contract dalam arti sederhana bila syarat-syarat dalam kontrak terpenuhi, transaksi kripto baru akan dilakukan.

Berbicara soal keamanan sebenarnya kripto benar-benar aman lho dan mustahil mengehack blockchainnya, yang tidak amannya adalah ketika anda memberitahukan password atau passcode wallet (temnpat anda simpan kripto) anda kepada orang lain. Ibaratnya anda memberitahukan PIN kartu debit/kredit anda atau menginstal APK yang ternyata ngehack ke M-banking anda.

Berbicara soal fisik, nowadays, ketika anda transfer melalui m-banking atau e-banking ataupun melakukan transaksi scan QR juga tidak memegang uang fisik lagi. Kripto pun demikian, dan karena dia uang virtual, anda bisa menukarkan kripto ke bentuk rupiah di exchange kripto dan memiliki nilai.

Mengenai spekulasi dalam kripto sebetulnya juga terjadi di mata uang kita, mengingat banyak juga spekulan juga di Forex. Yang terkenal adalah George Soros. Dimana ada sesuatu yang menguntungkan disitu ada spekulan. Nah yang membedakannya adalah kripto itu terkadang dibuat sesuka hati oleh beberapa orang dengan tujuan itu. Sedangkan untuk kripto lama yaitu bitcoin dan ETH itu fundamentalnya udah kuat karena terbukti bertahun-tahun masih memiliki nilai dan beberapa negara juga menerima pembayaran dengan kripto terutama bitcoin.

 Wily |  27 Dec 2022
Halaman: Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial

Siska: Bantu ksh saran ya sist

Sebnrnya mau trading manual atau signal merupakan pilihan msg2 trader dan juga mrpkn hal yg situasional. Bagi gw pribadi klau msh pemula lbh bagus utk menggunakan trading signal krna mnggunakan signal juga bs sbg srana belajar forex dg lebih mudah.

Tp itu bukn berarti signal selalu jd referensi dan slalu diikuti saat elo mlkukan trading, krna signal hny merupakan alat bantu saja dan utk memprmudah tp tdk slalu bs dipercaya, dan tdk slalu bs diandalkan.

Slain itu trading signal jg hrs lo manfaatin utk jadi bahan belajar di dunia trading yg br aja elo kenal. Elo hrs menysuaikn signal dg modal, resiko, dan tujuan lo saat trading.

Sedangkan utk trading manual elo juga hrs butuh jam terbang tinggi utk bs mendapatkan keuntunggan spt yg lo harapkan. Tp bnyk juga kok pr trader yg udh punya jam terbang tinggi menggunakan signal, biasanya sih utk coba2 trading pair baru.

Saran gw: sbg pemula sebaiknya pake trading signal tp dg catatan elo tetep hr belajar dan terus belajar utk trading manual, yaah bertahap lah, misalnya elo trading dg 90% signal 10% manual, trus ditingkatin lg 80% signal 20% manual smpe seterusnya, smpe elo bener2 punya jam terbang tinggi di trading manual.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Peluang Cuan dengan Trading Signal MIFX

 Fetty |  25 Aug 2023
Halaman: Memilih Trading Manual Vs Trading Signal Ala Mifx

Dilansir dari The Lazy Trader, pin bar merupakan salah satu pola price action yang paling populer. Pasalnya, bentuk candlestick yang satu ini cukup effisien dijadikan acuan mencari posisi dengan probabilitas menjanjikan. Selain itu, pin bar juga bisa diandalkan untuk mengidentifikasi kemana market akan bergerak.

Pin bar memiliki bentuk body kecil dan shadow yang panjang di salah satu sisinya. Arah shadow tersebut diyakini menandakan penolakan. Karena itulah, terbentuknya pin bar sering kali dianggap sebagai pertanda bahwa harga akan bergerak ke arah sebaliknya.

Hal terpenting untuk menggunakan pin bar sebagai sinyal reversal adalah memastikan banyak candlestick tersebut hanya memiliki shadow panjang di satu sisi. Kemudian, jangan lupa pastikan juga posisi terbentuknya pin bar terhadap tren yang sedang berlangsung. Cermati apakah pin bar terbentuk di area support atau resitance kunci. Terakhir perhatikan bagaimana kekuatan trend yang tengah terbentuk.

Baca Juga: Kupas Tuntas Strategi Trading Reversal Dengan Pin Bar

 Haris |  6 Aug 2023
Halaman: Tips Trading Mifx Cara Temukan Potensi Profit Dengan Pin Bar

Komentar[7]    
  David   |   26 Apr 2022

Hai, saya baru aja terjun ke dunia game kripto nih. Apakah game2 di atas masih prospek? Ato mungkin ada game2 lain yang lebih menjanjikan? Para bro2 kripto yang udah expert bagi ilmu donk sama newbienya. Thx.

  Antoni   |   28 Nov 2022

Menurut saya game game diatas yang berbasis koleksi item langka selama penggunanya banyak dan gamenya sendiri menarik bisa patut dicoba. Soalnya kalau yang namanya game terkadang selera sendiri sukanya apa. Kalau saya sendiri karena suka dengan Football Manager saya mainnya Solare. Jadi seperti football manager, anda tinggal susun pemain dan formasi kemudian adu taktik.

Reward bisa berupa ETH, atau bisa poin yang bisa ditukar dengan kartu, jadi gacha gitu. Kalau dapat yanh super rare bisa ditrade. Udah dimainin juga sama Mbappe, Griezmann, sama Pique juga.

  Antoni   |   28 Nov 2022

Mohon maaf saya typo, nama gamenya Sorare. Agak susah diingat sih hahah

  Soni   |   16 Jun 2022

Sandbox ama Decentraland dah kemahalan banget

  Sri Asih   |   17 Dec 2022

Tapi secara lihat fitur kedepannya sih bakalan menjanjikan apalagi Decentraland. Soalnya yang namanya properti virtual itu bisa dengan mudah dimodif dan di up lah di bangun diatasnya lapak, rumah atau apapun itu dibandingkan harga di tanah secara nyata. Jadi kalau harga naik bisa dijual, entar cari lahan kosong lagi di Decentraland

  Yori   |   19 Dec 2022

Apa aja fitur ke depan yang bakalan menjanjikan itu? Kan kita gak bisa tinggal beneran di sana? Emang yang bikin harga tanah virtual bisa naik itu apa saja, mbak? Sorry, saya masih pemula klo soal investasi gak masuk akal begini.

  Richard   |   19 Dec 2022

Menurut saya fitur yang menjanjikan dari decentraland itu adalah membangun perkebunan besar dalam dunia virtual dengan bekerja sama dengan Atari serta membangun protokol komunikasi yang meningkatkan interaksi. Serta akan diadakan fitur archipelago yang mengatur pulau.

Nah yang bikin menarik nih dari decentraland selain fitur yang mungkin buat para gamer menarik diatas adalah kita bisa membangun apa saja di LAND, bisa berjualan dan berinteraksi disitu. Selain itu juga kita bisa menjual karya seni NFT atau collectible item dari permainan tersebut. Dan yang lebih menariknya lagi bila tempat LAND strategis, ibarat toko di tanah abang, maka pasti ada penawar yang menawarkan mau ga menjual ke dia dengan harga yang tentunya pemilik tentuin.

Investasi seperti ini memang out to the box. Kalau saya bilang ini sementara cocok untuk gamer yang oportunis yang bisa melihat apa yang menguntungkan dari game dan bagi kita investor tentunya akan ga masuk akal karena belum tau seluk beluk didalamnya