7 Game Penghasil Cuan Terbaik yang Berbasis Blockchain

Yuvita 23 Dec 2021Dibaca Normal 8 Menit
kripto>uang>   #blockchain   #cuan
Mendapatkan uang hanya dengan bermain game bukan lagi hal mustahil. 7 game berbasis blockchain ini bisa menghasilkan cuan dengan cepat.

Siapa bilang main game cuma buang-buang waktu? Kini, main game bisa menghasilkan profit juga, lho. Bagi Anda yang memiliki hobi bermain game, saat ini sudah banyak developer game berlomba mengembangkan tak hanya cerita atau desain menarik, tetapi juga menambahkan teknologi blockchain ke dalam game.

Penggunaan blockchain di dalam game membuat user tak hanya bisa membeli barang atau item secara online, tapi juga menciptakan sistem ekonomi di dalam game. Dengan dukungan teknologi blockchain, pemain mampu memperoleh berbagai macam item langka bernilai tinggi dan aset digital lain yang nantinya dapat dijual kembali.

game berbasis blockchain

Game berbasis blockchain menggunakan Non-Fungible Token (NFT) yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan uang digital (play-to-earn). Nantinya, uang digital tersebut bisa ditukarkan ke token lain atau bahkan mata uang fiat apabila permintaannya tinggi.

Baca juga: 7 Token Gaming Paling Top untuk Play-to-Earn

Maka tak heran bila berdasarkan laporan terbaru, terdapat penambahan 804,000 pemain aktif game berbasis blockchain selama bulan Juli 2021.

Apakah Anda tertarik ikut tapi khawatir jika game berbasis blockchain bakal membingungkan? Tenang saja, game berbasis blockchain umumnya gampang dimainkan. Terlebih, Anda bisa meraup cuan tambahan juga. Yuk, kenalan dengan 7 game penghasil cuan berbasis blockchain berikut ini:

 

1. CryptoKitties

Sebagai salah satu game berbasis blockchain pertama, CrytoKitties sangat digemari oleh banyak pemain game karena kemudahan dan karakter adiktifnya. Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan koin Ether setelah membeli kucing virtual dan membiarkannya berkembang biak.

cryptokitties

Dengan visualisasi lucu, game CrytoKitties memang terdengar cukup sederhana. Awalnya, Anda membeli kucing menggunakan Ethereum. Lalu game ini akan membiarkan Anda membiakkan kucing guna mendapat sifat genetik ke anak kucing selanjutnya. Jika kucing Anda termasuk spesial, maka aset Anda otomatis akan semakin meningkat.

Anda juga dapat menjual anak-anak kucing ke pemain lainnya. Namun, sebaiknya hitung terlebih dahulu berapa jumlah Ether yang harus dikeluarkan saat membeli kucing dan berapa Ethereum yang akan didapat saat menjualnya.

Baca juga: 5 Cara Investasi Ethereum (ETH) Di Tahun 2021

 

2. Spells of Genesis

Apakah Anda suka bermain game fantasi berjam-jam sambil menyerang musuh? Game Spells of Genesis bisa jadi cocok untuk Anda. Meski bukan penggemar genre fantasi sekalipun, Spells of Genesis masih tetap menarik dimainkan.

Game berbasis blockchain ini menggunakan sebuah sistem bernama BitCrystal yang dirancang khusus untuk game bertoken unik. Semua jenis transaksi yang Anda lakukan akan terekam pada sistem BitCrystal tanpa sepengetahuan developer, sehingga kepemilikan token menjadi lebih terdesentralisasi.

Umumnya, blockchain memiliki algoritma yang bertujuan mengamankan segala jenis transaksi dalam game. Sistem BitCrystal pada Spells of Genesis juga berfungsi membuat kode khusus smart contract lewat platform Counterparty. Jadi secara teori, dengan adanya Counterparty ini, transaksi menjadi lebih aman dibandingkan dengan game blockchain lainnya.

Cara mainnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu fokus melakukan serangan dan menghabisi semua musuh sepanjang perjalanan. Agar tidak membosankan, banyak tantangan dan pastinya reward menarik menanti Anda.

spells of genesis

Spells of Genesis memungkinan Anda mengumpulkan kartu yang mampu diperjualbelikan sebagai sumber cuan tambahan. Selain kartu, game berbasis blockchain ini juga mempunyai poin-poin penting yang membuat permainan lebih seru setelah Anda menyelesaikan tantangan.

Secara keseluruhan, Spells of Genesis memang menarik untuk dimainkan. Bahkan beberapa review game mengatakan hal yang sama. Meski demikian, jika Anda berniat mengumpulkan semua kartu, para pengguna menyarankan untuk tidak tergesa-gesa dan hindari membeli kartu Spells of Genesis dari pemain lainnya.

Pasalnya, hanya dengan menghabiskan waktu menyelesaikan misi serta membunuh musuh saja, Anda sudah bisa berkelana jauh sembari mengumpulkan kartu-kartu tanpa harus merogoh kocek. Dengan demikian, margin keuntungan yang Anda dapatkan saat menjualnya pun akan semakin besar.

Baca juga: Spot Trading Kripto: Bagaimana Untung dan Ruginya?

 

3. Bitcoin Bounce

Bitcoin Bounce adalah game sederhana yang hanya tersedia pada smartphone Android. Dikembangkan sejak tahun 2019 oleh THNDR Games, Bitcoin Bounce bisa membuat Anda ketagihan karena kemudahan cara mainnya. Game ini hanya mengharuskan Anda melompat sebaik mungkin agar tidak jatuh ke dalam jurang.

Pada saat melompat, Anda akan menemukan beberapa token yang dapat ditukarkan di luar game. Selain itu, ada lotere harian yang bisa digunakan untuk memperoleh beberapa jenis token tertentu secara acak.

bitcoin bounce

Awalnya, setiap pemain dari seluruh dunia, baik yang memiliki 20 token maupun 200 token, akan mendapatkan hadiah sekitar 100 hingga 1000 satoshi setiap harinya secara random. Akan tetapi, Bitcoin Bounce saat ini sudah memasang sistem yang cukup adil bagi pemainnya.

Jika Anda sering memainkan game ini dan mengantongi token cukup banyak, peluang mendapatkan 5000 satoshi pun semakin besar.

Ingin mengklaim Bitoin yang sudah susah payah Anda kumpulkan dari game ini? Anda cukup memerlukan dompet Bitcoin yang kompatibel dengan Lightning Network, seperti Zebedee atau Wallet of Satoshie.

 

4. Gods Unchained

Jika Anda penggemar berat game Hearthstone, pasti sudah dengar dong isu tentang para pemain kelas pro Hearthstone yang dibekukan oleh sang pencipta game, Immutable. Alasannya, para pemain ini dinilai telah berupaya melakukan advokasi terkait pembebasan Hong Kong dari Cina.

Hal ini menjadikan game Gods Unchained jadi ramai diperbincangkan di komunitas game online. Bagaimana tidak, informasi pembekuan beberapa pemain pro akhirnya dimanfaatkan pihak Immutable sebagai strategi pemasaran mereka.

Gods Unchained sebenarnya tidak begitu berbeda dengan Hearthstone. Anda bisa menemukan kesamaan lainnya pada game Magic: The Gathering yang merupakan bagian dari Gods Unchained.

gods unchained

Kombinasi antara dua game populer tersebut, ditambah fasilitas transaksi kripto di dalamnya, membuat Gods Unchained layak dicoba. Permainan card battle versi PC maupun Mac di sini memang sekilas terlihat mirip Hearthstone, di mana pemain juga bisa membangun geladak serta bermain kartu demi mendapatkan senjata untuk melawan dan menghabisi musuh.

Namun, beberapa kartu langka tentu akan bernilai lebih tinggi. Jika beruntung, Anda dapat menjual kartu langka tersebut kepada pemain lainnya. Salah satu kartu langka dalam game Gods Unchained ialah kartu Mythic Titans yang nilai jualnya mencapai 146.3 ETH atau sekitar $26,000.

Kunjungi juga: 10 Mata Uang Kripto Terbaik Hari Ini

 

5. My Crypto Heroes

Tak kalah seru dari beberapa game berbasis blockchain di atas, My Crypto Heroes merupakan jenis game RPG yang dapat diakses melalui browser, PC, maupun smartphone. Sama seperti kebanyakan game RPG, Anda akan ditugaskan berburu di semua Dungeon untuk mendapatkan reward.

Jika Hero yang Anda mainkan ternyata mendapatkan salah satu item langka berkualitas tinggi, jual saja item tersebut dengan harga mahal. Anda bisa menetapkan harga sampai 0.1 Ethereum atau setara 2 juta Rupiah untuk satu itemnya.

my crypto heroes

My Crypto Heroes juga membiarkan pemainnya bebas mengembangkan Hero dengan menambah item-item tertentu, atau mengoleksi karakter Hero lainnya untuk digunakan saat berburu.

 

6. The Sandbox

Game berbasis blockchain berikutnya adalah The Sandbox; suatu permainan berjenis land building. The Sandbox dilengkapi dengan teknologi paling canggih dibandingkan game sebangsanya, karena setiap pemain bisa membeli tanah dari pemain lain, serta mengoleksi beberapa tanah sekaligus.

the sandbox

Apabila Anda memiliki beberapa tanah, aset tanah tersebut bisa memberikan keuntungan berlipat ganda berupa koin SAND dari blockchain Ethereum. Oleh sebab itu, nilai koin akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Tertarik membeli item di dalam The Sandbox tapi tak punya $SAND? Anda juga bisa melakukan transaksi memakai Ethereum, lho. Hingga saat ini, hanya ada 3 miliar $SAND yang dapat dikoleksi oleh seluruh pemain game.

Baca juga: Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui

 

7. Decentraland

Mirip The Sandbox, Decentraland merupakan jenis game mengkoleksi tanah. Decentraland tidak hanya memungkinkan Anda mengumpulkan tanah, tetapi juga mengurus tanah tersebut agar nilai asetnya semakin bertambah.

Di Decentraland, seorang investor dianggap beruntung jika mendapatkan tanah berlokasi cukup strategis. Apabila memiliki ukuran tanah cukup luas, Anda diperbolehkan melelangnya kepada pemain lain dengan harga yang tinggi. Uang hasil penjualan akan diberikan kepada Anda dalam bentuk token MANA.

Sebagai informasi, MANA merupakan salah satu token gaming terbaik yang mengalami kenaikan harga lumayan cepat. Bertambahnya jumlah total pemain Decentraland diiringi dengan supply token yang semakin sedikit, sehingga tak heran jika harga MANA melejit hingga lebih dari $3 di tahun 2021.

decentraland

Belakangan ini, game berbasis blockchain mengalami peningkatan jumlah pemain di platform mereka, terlebih setelah pandemi Corona membuat banyak orang mengisi waktu luang di rumah dengan gadget mereka. Dalam hal ini, game blockchain banyak diminati karena tidak hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga bisa mendatangkan cuan yang cukup menjanjikan.

Model play-to-earn membuka lembaran baru industri game guna mengapresiasi para gamer yang menghabiskan waktu bermain di dalam platform. Penghasilan ini kemudian nantinya bisa ditukar menjadi uang nyata, sebuah konsep yang membuat game jauh lebih bermanfaat.

 

Uang digital yang diperoleh sebagai reward dalam game-game berbasis blockchain umumnya berjenis token kripto. Jika Anda tertarik mempelajari token lebih lanjut, membaca panduan tentang tokenomics bisa jadi langkah awal yang tepat agar Anda mengetahui cara memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi di aset ini.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Kerja seorang Miner Bitcoin dalam menambang (memecahkan kode SHA/Hash), apakah dengan memecakan kode tersebut maka Miner tadi digaji oleh "BitCoin"?
Sistem reward ditentukan secara otomatis oleh sistem blockchain itu sendiri. Jadi, ketika seorang miner mampu memecahkan kode hash, mereka akan mendapatkan hadiah / gaji / bayaran dari sistem sesuai dengan proporsi yang telah ditentukan. Trus guna memecahkan kode SHA/Hash oleh miner (yg menggunakan segala sumberdaya/ PC, alat miner, listrik/internet/waktu)? Apakah dengan PROSES memecahkan kode SHA/Hash maka si Miner mempercepat speed internet Global, sehingga dia diGaji dg BitCoin? maaf saya nanya sebagai orang awam di dunia internet/komputer. Reward diberikan sebagai pengganti dari seluruh biaya yang telah digunakan dalam proses mining tersebut (termasuk listrik, internet, dll).
bukan, miner tidak mempercepat speed internet global karena ini tidak ada hubungannya. Mereka digaji dengan Bitcoin karena sudah mampu menyelesaikan / memvalidasi satu blok baru di blockchain Bitcoin.
 Prasetyo |  22 Feb 2019
Halaman: Panduan Menambang Bitcoin Dalam Langkah Mudah
@ Muhamad Ali:

Biasanya berubah setiap bulan, setelah bank sentral mengumumkan suku bunga acuan. Kecuali jika ada kejadian luar biasa, maka suku bunga bisa berubah sewaktu-waktu, seperti ketika terjadi krisis moneter pada tahun 1997-1998 lalu.

 M Singgih |  10 Nov 2020
Halaman: Kalkulator Bunga Deposito
Sebelum trading, sebaiknya hitung level risk/reward terlebih dahulu. Lalu gunakan hasil perhitungan sebagai acuan. Jika sudah hampir menyentuh level risk yang telah kamu hitung sebelumnya, lebih baik cepat-cepat exit.
 Tirta |  11 Jan 2021
Halaman: Teknik Forex Untuk Menentukan Exit Trade Ideal
Bermanfaat sekali... Jadi lebih jelas broker DD vs STP. Semoga tetap berkreasi dan memberikan yang terbaik. Salam sukses dan cuan selalu. PMN Team
 Budi S |  29 Dec 2021
Halaman: Mengenal Apa Itu Broker Stp Dan Keunggulannya
Skadar share gan... ane lg hold UNVR ini, berharap dpt cuannya gede. Tp bbrp taun blkgn lesu bgt. Untung ni perush rajin bagi dividen. Ngandalin dividen gini tuch baru kerasa cuannya kalo punya lot banyaaqq. Kalo cuma punya 1-2 lot, paling berasa keq uang pelipur lara aja pas liat harga sahamnye turun, qkqkqkq.
 Rara |  7 Apr 2022
Halaman: Meraup Dividen Saham Dengan Tepat Keuntungan Jadi Berlipat
baca ini jadi ingat ibu saya, beliau juga rajin beli emas gitu kalau ada rejeki dapet arisan atau bonus tahunan. Walau cuannya gak seberapa, tapi ya lumayan buat dana darurat. Tapi belinya emas perhiasan sih, saya ajari buat beli emas batangan gak tertarik. Memang beda mindset juga antar generasi, wwkwkkw
 Adinda S |  8 Apr 2022
Halaman: Pilihan Investasi Aman Untuk Ibu Rumah Tangga
Komentar[1]    
  David   |   26 Apr 2022

Hai, saya baru aja terjun ke dunia game kripto nih. Apakah game2 di atas masih prospek? Ato mungkin ada game2 lain yang lebih menjanjikan? Para bro2 kripto yang udah expert bagi ilmu donk sama newbienya. Thx.

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip