Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan

Wahyudi 31 Mar 2021 138
Dibaca Normal 14 Menit

Tahukah Anda bahwa hanya dengan bermain game ternyata bisa meraup profit sampai jutaan Rupiah? Ide usaha apa yang bisa dicoba? Berikut rekomendasi peluang bisnis untuk gamer yang terbukti cuan.



Game online kian populer menjadi sarana hiburan sekaligus peluang bisnis menjanjikan, sehingga sudah banyak sekali kita temui orang-orang yang menjadikan gamer sebagai pekerjaan full-time maupun part-time.

Jika dulu bermain game dianggap tidak bermanfaat dan membuang waktu, di era revolusi 4.0 ini justru industri game online berkembang pesat dan menghasilkan uang, lho. Maka tak heran bila selama satu dekade terakhir, gamer banyak dijadikan profesi karena cuannya yang cukup besar.

 

Menjadi Gamer Profesional

Bermain game biasanya dilakukan saat waktu luang atau membutuhkan hiburan. Tetapi bagi sebagian orang, bermain game adalah pekerjaan. Khususnya bagi gamer profesional yang sering mengikuti turnamen besar.

Jika ingin mendapatkan cuan dari profesi gamer, maka ada baiknya Anda mengasah skill terlebih dahulu hingga menjadi gamer profesional. Mengapa? Kebanyakan gamer yang sukses di luar adalah seorang gamer profesional. Nah, untuk menjadi profesional, gamer pemula membutuhkan ketekunan.

Ketekunan tak akan muncul jika tak ada passion akan game. Jadi, kunci kesuksesan menjadi gamer profesional biasanya diawali dari hobi.

menjadi gamer profesional(Baca Juga: 10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online)

Banyak orang tidak tahu syarat apa yang dibutuhkan guna menjadi gamer profesional. Jika Anda merasa memiliki semua keterampilan seorang gamer, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda persiapkan:

 

1. Siapkan Peralatan Gaming

Keterampilan memang nomor satu, tetapi penting juga memiliki "senjata" sebelum bertempur, seperti mouse, keyboard, headset, dan sebagainya. Tidak perlu mahal, yang penting mumpuni dan nyaman digunakan.



Namun sebelum membeli, jangan lupa baca rekomendasi, review, atau jika bisa, tanyakan pendapat gamer lain biar Anda tidak salah beli.

 

2. Kenali Karakter Dan Minat Diri

Sebelum terjun langsung, kenali terlebih dahulu kepribadian Anda sendiri. Sebab dalam dunia game, khususnya e-sport, Anda seringkali dituntut bekerja sama dengan orang lain dalam satu tim. Dengan begitu, pertama-tama, pahamilah karakter diri sendiri terlebih dahulu.

Selain itu, tanyakan pada diri sendiri apakah game memang passion dan keahlian Anda. Pasalnya, Anda mau tak mau harus bermain game yang sama selama berjam-jam lamanya. Jika Anda tidak benar-benar berminat bermain game, pastinya akan cepat bosan, bukan?

 

3. Kuasai Jenis Game Tertentu

Apabila Anda hobi bermain game online, pastinya memiliki minimal 2-3 jenis game yang sering dimainkan. Pilihlah salah satu jenis game yang ingin Anda kuasai, karena kebanyakan pro gamer juga fokus berlatih satu jenis game saja, seperti Dota, PUBG, Mobile Legends, atau LOL.

Mulailah dengan mempelajari strategi, menaikkan level, bertanding, atau membangun tim Anda sendiri. Setiap jenis game online populer memiliki liga atau kompetisinya sendiri, seperti halnya cabang olahraga, sehingga Anda bisa mengikuti turnamen yang cocok dengan keahlian Anda.

 

4. Sering Berlatih Dan Konsisten

Menjadi gamer profesional memang tidak mudah. Prosesnya panjang dan jelas dipenuhi rutinitas latihan, latihan, dan latihan. Oleh karenanya, buatlah jadwal training pribadi agar memotivasi Anda untuk lebih disiplin.



Cari tahu lebih lanjut tentang taktik yang bisa diterapkan dalam permainan. Jangan khawatir akan menang atau kalah, prioritas utama saat training adalah mendapatkan ilmu serta mempelajari strategi baru secara konsisten.

 

5. Mengikuti Kompetisi

Ketika keterampilan Anda sudah cukup meningkat, cobalah menantang diri sendiri atau tim Anda ke level berikutnya dengan berpartisipasi dalam kompetisi. Sebagai langkah awal, ikuti saja kompetisi-kompetisi kecil yang diselenggarakan oleh kedai kopi online atau komunitas game.

Kompetisi dapat meningkatkan reputasi, mengasah keterampilan, sekaligus menambah pengalaman Anda.

 

Ide Mendapatkan Cuan Untuk Para Gamer

Setelah menjadi gamer profesional, maka kesempatan mendapatkan uang terbuka luas. Akan tetapi, masih banyak yang ragu-ragu menekuni dunia game secara serius. Meski telah memasuki revolusi 4.0, sejumlah gamer masih lebih memilih untuk meninggalkan hobinya dan beralih ke pekerjaan konvensional yang terjamin penghasilannya.

Padahal, kini sudah ada beberapa pihak yang serius mempekerjakan gamer sebagai pekerja dengan kontrak gaji bulanan, bonus, dan target, lho. Anda sendiri juga mampu menghasilkan uang dari bermain game dengan mudah.

ide mendapatkan cuan untuk para gamer

Lalu muncul pertanyaan, apakah benar bisa menghasilkan uang dari bermain video game? Adakah ide bisnis sederhana untuk para gamers dengan potensi cuan lumayan? Mari simak penjabarannya di bawah ini:



 

1. Berpartisipasi Dalam Kejuaraan

Kompetisi game online atau disebut e-sport kerap diadakan sebagai wadah pro gamer menunjukkan bakatnya. Berbagai kompetisi game, seperti Dota dan PUBG menawarkan total hadiah mencapai jutaan bahkan ratusan Rupiah. Pastinya, Anda harus mahir betul agar mampu bersaing melawan pro gamer lainnya.

Olahraga online ini sempat menjadi trend beberapa waktu lalu saat muncul wacana e-sport akan diakomodir dalam bentuk pelajaran sekolah.

Untuk skala global, CNN sempat memberitakan bahwa pertandingan e-sport memiliki jutaan penggemaar di seluruh dunia. Beberapa kompetisi e-sport popular yang dipertandingkan di antaranya adalah Fortnite, League of Legends, Counter-Strike, Call of Duty, Overwatch, dan Madden NFL.

Tujuan mengikuti kompetisi tentu saja agar Anda bisa mengukur seberapa besar kemampuan Anda dan tim di antara tim lawan. Cobalah terus sampai berhasil memperoleh peringkat juara, ya!

 

2. Game Tester

Sebelum produk game diluncurkan ke pasar, perusahaan biasanya mencari gamer untuk menguji cobanya terlebih dahulu. Tentu saja, perusahaan akan membayar dengan harga yang tidak mengecewakan. Agar perusahaan game mau melirik Anda sebagai game tester, Anda tidak hanya harus memiliki skill tapi juga pengetahuan game online yang mumpuni.

Untuk mendapatkan job sebagai game tester, Anda bisa "bidding" atau mencoba tawaran posisi game tester melalui platform jual beli jasa online, seperti Freelancer, Project Id, Sribulancer, dan sejenisnya. Atau kadang banyak juga proyek game tester ditawarkan melaui komunitas gamer baik di media sosial, Discord, Telegram, maupun platform sejenis lainnya.



 

3. Menjadi YouTuber Atau Streamer

Para gamers juga bisa mendapat cuan melalui self-branding YouTube dengan mengupload konten-konten seputar game. Sudah banyak contoh para YouTuber game yang sukses dan meraup untung ratusan hingga miliaran dari tayangan video mereka. Ditambah, Anda juga dapat membuka akun streaming untuk menyiarkan siaran langsung permainan Anda.

gaming youtuber

Salah satu live podcast fenomenal belakangan ini adalah siaran langsung pertandingan catur antara Grand Master Irene melawan Dewa Kipas di akun YouTube Deddy Corbusier. Pemenang pertandingan catur offline tersebut berhak menerima hadiah 200 juta Rupiah dan 100 juta bagi yang kalah.

Berarti Deddy Corbuzier harus menggelontorkan dana 300 juta, dong? Jangan salah, dana 300 juta sangat kecil dibandingkan harga endorse yang diterima Deddy.

Tahukah Anda bahwa pertandingan yang ditonton lebih dari satu juta orang tersebut mampu menarik beberapa perusahaan e-commerce untuk memasang iklan? Para pengiklan rela merogoh kocek miliaran Rupiah agar bisa beriklan di dalam tayangan Youtube tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa menjadi YouTuber bisa jadi peluang bisnis menjanjikan saat ini, dan tampaknya masih akan bertahan untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

 

4. Jual Beli Akun Game Dan Skin Game Langka

Bisnis game lainnya adalah jual beli akun game dan skin-skin game langka. Untuk ide bisnis ini, para gamer harus rajin bermain agar meningkatkan grade akun, sebab akun yang dijual haruslah terverifikasi pro.

Jual beli akun biasanya dilakukan di sosial media seperti Facebook. Untuk memudahkan bisnis sampingan tersebut, Anda harus bergabung dengan berbagai komunitas gamer profesional, baik melalui media sosial maupun grup aplikasi chat.

 

5. Bisnis Perangkat Game Online

Menjual perangkat game adalah peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh pro gamer. Gamer pemula seringkali kebingungan membeli aksesoris, item game, dan perangkat sejenis karena susah ditemukan. Kalaupun ada, harganya pun sangat mahal.

Tentunya, Anda harus pintar-pintar mengatur harga agar menarik pembeli tapi tetap menghasilkan cuan. Untuk level usaha sampingan, Anda bisa mencoba menawarkan ke teman-teman dalam komunitas. Setelah peminat mulai ramai, Anda boleh membuka toko perangkat game secara permanen.

Tak menutup kemungkinan usaha sampingan ini bisa kian membesar sehingga pelanggan Anda akan naik kelas dari pembeli individu ke pemasok ritel.

 

6. Membuat Blog Khusus Tentang Game

Untuk gamer yang suka menulis, membuat blog tentang berbagai hal tentang game patut dicoba. Anda boleh menulis konten apa saja, mulai dari tips dan trik bermain game, mengulas game, gaya permainan gamer dalam sebuah kompetisi, hingga profil gamer sukses. Ketika traffic website mulai ramai, akan mudah untuk mendapatkan tawaran iklan.

Blog tentang game termasuk dalam kategori niche (ceruk), yaitu tema blog yang banyak dicari namun jarang ditemukan. Artinya, blog bertema game cenderung akan cepat populer dan mendatangkan banyak pengunjung.

Setelah itu, Anda bisa meraup penghasilan dari kerja sama sebagai publisher iklan Google Adsense. Setelah iklan dipasang, Anda akan mendapatkan bayaran setiap kali ada pembaca yang mengklik iklan di blog. Menarik bukan? Hobi menulis, dapat duit pula!

 

7. Atlet E-sport

Sebelumnya, profesi atlet e-sport sering dipandang miring. Padahal, profesi baru ini memiliki masa depan yang cemerlang. Kini, atlet E-sport sudah menjadi salah satu pilihan karir yang tidak hanya menarik tapi juga menjanjikan.

Bermain game berjam-jam dan dibayar sampai ratusan juta Rupiah tentu saja membuat profesi atlet e-sport sangat populer di kalangan para remaja. Apabila Anda seorang pro gamer yang kerap memenangkan kompetisi, tak ada salahnya berkomitmen menjadi atlet e-sport.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sebagaimana atlet bidang olahraga lain, Anda perlu terus berlatih dan bertanding dalam setiap kompetisi nasional atau internasional.

 

8. Endorsement

Ketika reputasi Anda sebagai gamer meningkat, berbagai tawaran endorsement akan datang menghampiri, baik berupa produk atau item game, bahkan produk yang tidak berkaitan dengan game sekalipun.

Berbeda dengan influencer seperti artis, YouTuber, atau lainnya, endorser dari kalangan gamers masih relatif jarang. Hal ini mengakibatkan endorser dari gamer profesional menjadi mahal harganya. Apalagi jika yang di-endorse adalah produk game terbaru dari produsen game papan atas, tentu bayarannya juga amat tinggi.

 

9. Jasa Joki Game

Bisnis joki game online mulai merajalela setelah game smartphone semakin booming. Cukup bermodal skill mumpuni, smartphone, dan jaringan internet, Anda akan dibayar setiap menyelesaikan level tertentu.

Bisnis ini terbilang masih jarang, namun peluangnya semakin berkembang sejak pandemi Corona mengharuskan orang-orang menghabiskan waktu di rumah. Anda bisa menemukan jasa joki ini di media sosial maupun berbagai komunitas gamer.

Baca Juga: Kiat Bisnis Online Saat New Normal

 

10. Affiliate Marketing Produk Game

Anda paham strategi marketing? Maka peluang sebagai affiliate marketing produk game bisa jadi bisnis pilihan Anda. Dengan adanya affiliate marketing atau pemasaran afiliasi, Anda bisa memperoleh uang dari internet kapan saja dan di mana saja. Di sini, tugas Anda cukup mempromosikan suatu produk melalui kanal YouTube, blog, atau sosial media lainnya. Pendapatan nantinya akan didapat dari komisi afiliasi untuk setiap user yang mendaftar melalui promosi Anda.

 

11. Membuat Training (Pelatihan) Video Game

Jumlah gamer memang bejibun, tapi sebagian besar dari mereka adalah amatir yang belum pernah mendapatkan training secara formal. Jika Anda seorang gamer profesional, manfaatkanlah keahlian Anda untuk melatih para gamer pemula agar mereka bisa menjadi lebih handal dan terampil.

Asalkan Anda rutin memberikan training dengan biaya masuk akal, maka bisnis Anda bisa berkembang dalam waktu singkat.

Apabila pelatihan Anda terbukti ampuh, anak didik Anda otomatis akan mempromosikan reputasi Anda ke gamer-gamer lainnya. Terlebih, pelatihan semacam ini bisa dilakukan di rumah secara online melalui video atau conference call. Anda juga berpotensi mendapatkan keuntungan lain dari pemasukan sebagai Youtuber jika subscriber Anda banyak.

 

12. Edukasi Game Developer

Istilah game developer sudah tidak asing bagi Anda yang sering bermain game di komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Nah, ternyata potensi bisnis dari game developer ini sangat tinggi bahkan menjanjikan.

Jika Anda tahu bagaimana mengembangkan video game, Anda dapat membagikan ilmu dengan cara mengajarkan orang lain tentang game developer. Anda bisa menghubungi teman-teman gamer yang dapat mengiklankan layanan Anda atau beriklan di komunitas untuk mendapatkan siswa.

 

13. Talk Show Video Game

Berikutnya dalam daftar ide bisnis untuk para gamer adalah memulai sebuah talk show atau podcast. Akhir-akhir ini, banyak gamer melakukan podcast dengan topik review game, analisis, berita terbaru, bahkan mengundang bintang tamu untuk sekadar berbincang-bincang. Apabila audiens sudah berhasil mengumpulkan cukup banyak audiens, Anda bisa mulai mencari sponsor.

 

14. Bisnis Jasa Penyewaan Video Game

Walaupun saat ini banyak game yang bisa diunduh secara gratis, tentunya game berbayar masih tetap lebih seru, bukan? Mulailah mengambil kesempatan menyewakan video game terbaru yang tidak mampu dibeli orang. Selain harga video game mahal, beberapa orang lebih memilih menyewa video game daripada membelinya karena mudah bosan memainkan game yang sama dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, gamer lebih suka menyewa video game untuk dimainkan sebentar dan kemudian mengembalikannya.

 

5 Tips Menjadi Kreator Konten Game

Salah satu karakteristik bermain game adalah membuat orang menjadi ketagihan. Tak jarang gamer kian larut dalam sesi permainan yang intens hingga lupa waktu. Game developer tak henti-hentinya menciptakan game baru menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Seiring semakin bertambahnya jenis-jenis game online, jumlah penghobi game pun ikut meningkat. Tak pelak, kemunculan gamer-gamer sukses dan kaya pun menjadi inspirasi gamer-gamer pemula. Menjadi kreator konten, apalagi konten gaming, biasanya menjadi impian banyak anak muda.

Bagaimana tidak, dengan memainkan game favorit sehari-hari bisa ditonton banyak orang dan menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit. Tapi sebelum terjun sebagai kreator, perhatikan tips di bawah ini agar usaha Anda menjadi kreator konten game berjalan mulus.

 

1. Branding Media Sosial

Branding media sosial menjadi langkah pertama yang wajib dilakukan, baik itu branding diri sendiri maupun bisnis usaha Anda. Penting bagi Anda yang sedang membangun branding untuk memiliki strategi, misalnya dengan membuat konten video tentang keahlian bermain game Anda.

Baca Juga: Cara Ampuh Memperkuat Brand Identity Bisnis Untuk Pemula

 

2. Kolaborasi Dengan Gamer Lain

Bermain game bersama gamer terkenal bisa menjadi cara mudah menaikkan reputasi. Jika keterampilan Anda sama baiknya dengan gamer lain, otomatis fans Anda akan bertambah. Lewat kolaborasi, fans setia gamer lain akan menonton video Anda juga. Keuntungannya, kalian bisa saling mengekspos channel atau akun media sosial masing-masing.

 

3. Gabung Komunitas Gamer

Relasi komunitas sangat dibutuhkan dalam bermain game. Melalui relasi ini, kamu bisa mendapat teman baru yang bisa jadi sudah menjadi pro gamer handal. Komunitas-komunitas tersebut bisa Anda temukan di berbagai forum online, seperti Reddit hingga IeSPA di Ligagame.

Dalam komunitas, semua anggota juga dapat berbagi informasi mengenai konten terbaru yang sudah diluncurkan di server tertentu atau bahkan belum diluncurkan sama sekali.

 

4. Membangun Dan Menjaga Reputasi

Membangun dan menjaga reputasi diri dan tim bermain sangatlah penting demi kelancaran karier Anda. Setelah reputasi Anda sudah melambung, jagalah dengan konsisten bermain bagus dalam setiap kompetisi. Jangan lupa juga menjalin hubungan baik dengan para gamer lain serta fans atau followers Anda.

 

5. Menjaga Hubungan Dengan Fans

Cara menjaga reputasi juga bisa didapat dari hubungan baik dengan para fans. Misalnya saja dengan bermain game bersama followers, mengadakan sesi tanya jawab (Q&A), maupun event-event spesial seperti meet and greet.

kesimpulan bisnis game

Demikian beberapa cara dan tips meraih profit dari bisnis game online yang patut dicoba. Tak hanya mengumpulkan cuan, langkah-langkah di atas juga akan memudahkan Anda untuk meningkatkan reputasi dan mendapat banyak pengikut di media sosial. Memang, beberapa ide membutuhkan gamer dengan skill yang advance, namun tak menutup kemungkinan bagi gamer pemula untuk menjajalnya. Sambil berbisnis, Anda bisa sekaligus meningkatkan skill dan ilmu gaming.

Forum

Guntur (28 Oct 2018)

Bagaimana cara membaca pergerakan tren lewat titik jenuh dari candle...? (Bukan pembalikan tren)

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Memasang SnR di buntut atau body?
Yang valid itu SnR yang dipasang di buntut atau body pak? saya masih bingung. 

Tualeka 10 Apr 2018

Reply:

Basir (11 Apr 2018 07:01)

Untuk Tualeka,

Keduanya bisa dilakukan atau bisa di jadikan acuan untuk Support and Resistance. Untuk yang body candle, biasanya terdapat pada pivot point. Sementara untuk yang ujung / ekor candle sebagai acuan swing high / low.

Cara sederhana  ini  sering digunakan adalah dengan memberi tanda pada level-level high atau low yang baru terbentuk. Jika harga gagal menembus suatu level tertinggi yang baru terbentuk, maka level tersebut adalah swing high dan berlaku sebagai resistance. Sebaliknya, jika harga gagal menembus suatu level terendah yang baru terbentuk, maka level tersebut adalah swing low dan berlaku sebagai support.

Valid tidaknya hal ini tergantung dari kekuatan pasar sendiri. Namun setidaknya, sebagai trader bisa mengetahui gambaran dari level-level psikologis.

Thanks.

Kalkulator P2P Lending
Kalkulator P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   49  
Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   107  
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   121  
Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula
Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula
Wahyudi   29 Mar 2021   195  
Kiat Trading Sukses Ala Yukiko Ikebe
Kiat Trading Sukses Ala Yukiko Ikebe
Jujun Kurniawan   24 Mar 2021   283  
Intip 5 Potret Peluang Usaha Minim Pesaing
Intip 5 Potret Peluang Usaha Minim Pesaing
Wahyudi   28 Feb 2021   250  
10 Bisnis Paling Laris, Bahkan Saat Hari Libur
10 Bisnis Paling Laris, Bahkan Saat Hari Libur
Wahyudi   26 Feb 2021   218  
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Nandini   31 Jan 2021   261