Javafx

Perbandingan Spread Broker HFX dan JavaFX
Kiki R     24 Jan 2023
Bingung mencari broker lokal dengan spread ketat? Perbandingan spread broker HFX dan JavaFX berikut mungkin bisa jadi referensi tepat untuk Anda.
Review Broker JavaFX
Evan     29 Nov 2022
Sebagai salah satu broker pionir yang menggunakan Metatrader 5 di Indonesia, JavaFX selalu berusaha memberikan kebutuhan trading yang terbaik bagi kliennya. Berikut review JavaFX selengkapnya.
Finex Vs JavaFX: Manakah yang Memiliki Biaya Trading Rendah?
Hadi Alexander     25 Dec 2022
Artikel ini akan menampilkan perbandingan spread dan komisi Finex Vs JavaFX untuk menemukan broker yang lebih unggul dari perspektif biaya trading.
Forum
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #javafx

  Arfan   |   3 Dec 2022   |   Artikel

JavaFX sepertinya bisa dibilang salah satu broker di Indonesia yang fiturnya lengkap banget ya, ga kalah sama broker broker luar negeri. Dari perizinan juga udah lengkap banget, bukan hanya ijin dari Bappebti aja.

Tapi sayangnya untuk depositnya menurut saya cukup berat,, perlu minimal $200 untuk akun mikro padahal broker lainnya hanya perlu Rp 500.000. Jadi butuh waktu yang agak lama untuk kumpulin $200 lho. Selain itu ga ada swap-free account juga jadi buat trader muslim tidak ramah sama sekali. Padahal Indonesia adalah penduduk muslim terbesar di dunia. Semoga bisa segera diadakan swap-free account javaFX.

  Limantoro   |   5 Jan 2023   |   Artikel

Gan untuk trading di JavaFX sendiri perlu minimal deposit berapa ya untuk masing-masing akun yang di artikel bahas. Kalau Finex sendiri di spreadnya kok mahal banget ya 30 pips lho. Seriusan 30 pips gan? Soalnya broker lain saja semahal-mahal ada yang dimulai dari 2 pips aja. Apalagi di artikel tertulis 30 pips mengambang juga, untuk fitur di Finex apakah sebanding dengan spread yang mahal? Mohon maaf soalnya saya agak terkejut .

  Lala   |   5 Jan 2023

Halo kak, memang benar kak, di Finex memang memiliki spread 30 pips dan itu tergantung instrumen perdagangan yang kakak pilih. Tetapi untuk komisi memang sangat rendah yaitu sekitar $3. Dan ini hanya berlaku di akun Mini, sedangkan di akun standard dan pro bisa memilih apakah mau spread mengambang atau tetap disesuaikan dengan gaya trading kakak seperti apa.

Untuk minimal deposit di JavaFX diperlukan $200 untuk memulai trading secara live kak.

  Dimas   |   5 Jan 2023

Gw masih awam banget dengan pips. Sebenarnya cara ngitung pips itu gimana sih, pasti bukan sekedar selisih antara posisi 1 dengan posisi lainnya kan. Apakah ada ketentuan selain itu atau memang hanya itu aja? Dan biasanya nih 1 pips sebenarnya untung berapa sih.

  Sandy   |   5 Jan 2023

Menentukan profit/loss pergerakan 1 pips itu ada 2 cara yaitu dengan melihat apakah ini adalah pair mayor atau pair cross. Pair mayor adalah pair dengan ada USD didalamnya sedangkan pair cross tanpa ada USD. Contoh pair mayor adalah EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY, USD/CFH dan seterusnya. Sedangkan pair cross itu seperti GBP/EUR, CHF/GBP, EUR/CHF, EUR/JPY dan seterusnya.

terus dalam pembagian pair mayor terdapat 2 lagi perbedaan yaitu direct pair dan indirect pair dengan perbedaan, direct pair sendiri adalah dimana simplenya USD berada pada bagian belakang, contoh EUR/USD, sedangkan indirect pair itu USD berada di depan seperti USD/JPY

Cara menentukan berapa pips.

Sebenarnya mudah saja tinggal dikurangi antara posisi yang dibuka dengan yang ditutup saat itu. Selisih tinggal dihitung saja naik atau turun berapa point. Gampangnya tinggal hilangin koma, contoh EUR/USD 1.05251 saat tutup 1.05277 maka tinggal hilangin koma, 105277-105251 = 26 pips

Nah kita masuk ke cara menentukan profit/loss pips nya sebagai berikut :

pip = lot size x size tick

contoh di Finex sendiri memiliki size tick 0.00001 dan kita ambil contoh menggunakan EUR/USD saja

maka 1 pip = 100.000 x 0.00001 = $1

Jadi setiap perdagangan di Finex 1 lot standard memiliki 1 pip sebesar $1, bagaimana dengan perdagangan 0.1, maka pip yang bergerak adalah sebesar $0.1

Bagaimana dengan indirect pair?

rumus rugi/untung yang digunakan adalah sebagai berikut :

pip = (lot size x tick size)/current rate

contohnya kita ambil USD/CAD saja dimana current rate saat ini per 5 januari 2023 adalah $1.36. maka untung/rugi nya

100.000 x 0.00001 = 1/1.36 = $ 0.73 di lot standard, kalau di 0,1 lot maka 1 pip sebesar $0.073

Bagaimana dengan di cross pair?

Profit/loss di cross pair memiliki perhitungan dengan membandingkan base quote dengan current rate, Jadi diitung lagi dengan base quote. Oleh karena itu keuntungan dan kerugian di cross pair lebih besar.

Ambil contoh di EUR/GBP dimana saat ini 1 EUR = 0.88380 GBP (current rate) sedangkan 1 EUR = 1.06080 USD (Base quote)

maka rumusnya = lot x tick size (base quote/currency rate)

= 100.000x0.0001 = 1 x (1.06080/0.88380) = 1 x 1.2 = $1.2

jadi setiap 1 pip di EUR/GBP = profit/loss $1.2

  Dimas   |   6 Jan 2023
  Marhendra   |   15 Jan 2023   |   Artikel

maaf agak melenceng, saya mau menanyakan tentang tahun berdiri Finex dan JavaFX untuk saya bandingkan mana yang paling lama berdirinya. Saya liat dari segi kondisi trading Finex dan JavaFX ada kelebihan dan kekurangan, jadi untuk menentukan broker yang ingin saya coba, saya lihat di tahunnya saja.

  Kelvin   |   15 Jan 2023

Maaf gan, kira kira mengapa liat dari taon berdirinya ya? gw masih agak bingung dengan kedua broker ini juga tetapi bukannya baik berdiri lama atau ga itu sebenarnya ga masalah kan asalkan teregulasi ama Bappebti dan ini juga sama sama teregulasi oleh regulator yang sama juga

  Marhendra   |   15 Jan 2023

@Kelvin, bukannya masalah regulasi atau tidak tetapi menurut saya, pengalaman dalam mengelola uang itu sangat menjamin profesional atau tidaknya suatu perusahaan. Bayangkan bila satu perusahaan pialang bertahan puluhan tahun, berarti perusahaan itu udah melewati berbagai macam krisis keuangan seperti tahun 2008, 2021 Covid, 2022, dan sekarang katanya akan mengalami resesi. Makanya menurut saya akan sangat penting untuk mengetahui tahun berdirinya suatu broker

  Kelvin   |   15 Jan 2023

ada benarnya juga ya gan, mengenai lama atau tidaknya broker berdiri. Tapi klu gw merasa asalkan teregulasi aja dah cukup sih. Soalnya broker baru biasa memiliki lebih banyak promosi yang menguntungkan gt. tapi ya prespektif masing-masing sih

  Nana   |   15 Jan 2023

Halo, mengenai review full Finex bisa dibaca disini ya pak : review finex dan mengenai review full JavaFX bisa dibaca disini : Review Broker JavaFX.

Mengenai tahun berdirinya, Finex berdiri tahun 2012 dan JavaFX berdiri di tahun 2016 dimana selisih 4 tahun.

Semoga membantu

  Agung   |   24 Jan 2023   |   Artikel

Mengenai spread di atas, mengapa terjadi perbedaan spread antara currency pair satu dengan currency pair lainnya. Ada yang cuma 0.3 pips dan ada yang sampai 3.2 pips di HFX begitu juga sebaliknya terdapat perbedaan 1.8 pips paling rendah dan paling tinggi 2.1 pips di JavaFX.

Nah selain perbedaan, yang mau saya tanyakan mengenai pasangan EUR/USD dan USD/JPY. Mengapa sih kedua spread ini baik di HFX maupun JavaFX memiliki persamaan? Di HFX sama-sama 0.3 pips sedangkan di JavaFX sama-sama 1.9 pips. Apakah dengan begitu spread sebenarnya adalah biaya yang ditentukan oleh broker itu sendiri?

  Wiji   |   24 Jan 2023

Agung: Ane jawab ya bang. Mengenai spread antara 1 pasangan mata uang dengan pasangan lainnya, memang berbeda sesuai dengan kondisi pasangan mata uang tersebut. Pada pasangan mata uang yang paling sering diperdagangkan seperti EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY dan yang lainnya dimana mata uang yang memiliki USD sebagai pasangannya (pair major) cenderung memiliki spread yang rendah karena likuiditasnya tinggi dipasar serta Volume trading yang tinggi.

Nah, apakah harga spread itu ditentukan sendiri oleh broker? Ane ga bisa ngejawab, tapi setau ane klu broker selain tipe ECN, spread yang ditawarkan memang udah di up sama si brokernya.

  Agung   |   24 Jan 2023

Agung:

Wiji: Makasih pak atas penjelasannya. Emng sih kalau dilihat dari tabel perbandingan diatas, pasangan yang ada USD emang cenderung ga gitu tinggi, ya beda-beda dikitlah ama EUR/USD. Tapi saya liat juga ada beberapa mata uang yang keliatan ga tinggi-tinggi amat. apakah ini pengaruh karna likuiditasnya yang tinggi serta volume yang tinggi juga? Kemudian di JavaFX mengapa ada dua spread ya? Jadi kan awalnya yang EUR/USD 1.8 pips mengapa sampingnya jadi 2.0 pips?

  Wiji   |   24 Jan 2023

Agung: Iya untuk mata uang lain yang memiliki spread rendah berarti memiliki likuiditas yang tinggi serta volume trading yang ga kalah jauh juga dengan pasangan mata uang Mayor. Nah mengapa di JavaFX ada tabel satu lagi yang memiliki spread dengan nilai pip yang lebih tinggi?

Sebenarnya itu adalah nilai rerataan spread apabila nilainya mengambang. Bisa dipastikan kalau JavaFX dan HFX menganut sistem floating spread atau variable spread, jadi ketika market bergejolak atau volatilitas sangat tinggi, maka spread juga bisa mengambang, dan nilai rerataannya berkisar di 2.0 pips di EUR/USD. Faktor mengambang bisa jadi karena permintaan pasangan mata uang EUR/USD ini tinggi sehingga likuiditas berkurang sedangkan volume trading lagi naik-naiknya.

makanya dengan demikian maka spread juga akan mulai meninggi. Begitu lah kira-kira yang terjadi. Semoga membantu ya

Kirim Komentar Baru