Crypto

Bisnis Crypto Lending, Apakah Menguntungkan?
Nandini     28 Jan 2022
Banyak orang kini tertarik untuk menginvestasikan dana dalam bentuk aset kripto, salah satunya melalui skema crypto lending. Jika kalian tertarik, pelajari dulu detailnya di artikel berikut ini.
Transaksi Turun Akibat Crypto Wrinter, Ketua Aspakrindo Ingin Pajak Setara
Crypholic     11 Oct 2022
Di tengah penurunan transaksi kripto tanah air, ketua Asosiasi Pedagang Kripto meminta kesetaraan pajak kripto dengan exchange luar negeri.
10 Situs Faucet Crypto Gratis Terbaik versi CoinMarketCap
Putut     10 Oct 2022
Mendapatkan crypto kini bisa dengan sangat mudah dilakukan lewat berbagai situs faucet crypto gratis. Berikut daftar situs faucet terbaik versi CoinMarketCap.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #crypto

Setyanto   29 Jun 2022

Halo teman-teman,

Saya pemula di dunia crypto, ini saya sudah install aplikasi dari TokoCrypto. Terus bagaimana cara memulainya agar bisa cuan dengan aplikasi TokoCrypto ini?

Damar Putra   1 Jul 2022

Halo Setyanto,

Pada dasarnya, Tokocryoto adalah tempat jual beli cryptocurrency. Sehingga dalam hal ini untuk menghasilkan cuan, tentu Anda perlu modal buat beli cryptocurrencynya di harga murah. Kemudian, setelah harga naik tinggal jual, dan Anda akan dapat keuntungan dari selisih harga jual-beli tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengetahui harga koin crypto akan naik atau turun?

Nah, bagian inilah yang paling sulit.

Untuk memprediksi pergerakan harga biasanya para trader akan memanfaatkan analisa teknikal, mulai dari membaca pola candlestick, hingga menggunakan bantuan dari indikator trading. 

Selain itu, trader lazimnya juga akan mengamati secara fundamental yaitu menilai sebuah aset kripto berdasarkan aspek ekonomi, manajerial, teknologi, tokenomics, dan lainnya yang terkait. Di dunia kripto, analisa fundamental berarti menentukan nilai aset kripto berdasarkan apa yang ingin dicapai dan perannya secara keseluruhan.

Jadi, sebelum Anda terjun ke market kripto, saran saya pelajari terlebih dahulu cara-cara menganalisa koin crypto baik secara teknikal ataupun fundamental.

Abimayu   5 Jul 2022

Kalau aku dulu belajar dengan praktik langsung, yaitu mulai dari iseng aja buka akun di TokoCrypto kemudian top up sekitar 200 ribu.

Ternyata ada potongan admin. Jadi goal saya harus bisa cairin 200ribuan lagi minimal.

Jadi, aku beliin 5 jenis koin kripto, dan saya amati perkembangannya.

Selama hampir 1 bulan ada beberapa koin yang nilainya merosot terus, saya jual saya tuker koin yang nilainya naik.

Sekitar 3–4 bulan baru saya balik modal trus saya cairin lagi aja. 😂

Kalau sekarang aku diemin aja di ETH dan BTC. Karena aku berfikir, hanya 2 koin itu yang paling aman..hehe

Pokonya, kalau menurutku coba-coba aja dulu dengan modal kecil. Paling tidak, agar kamu bisa tahu cara penggunaan aplikasi TokoCryptonya dulu. Kalau sudah lancar, nanti semuanya bakal enak. Gitu aja sih kalau dari aku. 

Magdalena M   5 Jul 2022

Apa saja sih fiturnya tokocrypto ini? Kalau kita cuma mau investasi saja tanpa harus tiap hari online apakah bisa? Caranya bagaimana? terima kasih.

Ananta   8 Jul 2022

Tokocrypto memiliki fitur yang sangat banyak, antara lain:

  • Launchpad
  • Bot trading Cryptohero
  • Staking koin TKO
  • Jual beli NFT (TokoMall)
  • Belajar kripto (Kriptoversity)
  • Pengembangan Tokoverse

Jika Anda seorang pemula, bisa memanfaatkan bot trading Cryptohero yang bisa beroperasi secara otomatis. Untuk investasi bisa melalui staking koin TKO yang cara kerjanya cukup menaruh dana lalu melalui proses locking, setelah itu "dipanen" pada periode tertentu.

Meskipun imbal hasilnya tidak sebesar trading sendiri, tapi staking ini bisa dijadikan solusi untuk dapat penghasilan tambahan. Selengkapnya, bisa disimak di artikel:

Arief Muhammad   8 Jul 2022

Boleh dijelasin donk soal bot tradingnya, apakah kita harus ada basic ilmu komputer? Terus juga spek komputernya yang dipakai seperti apa? Thx b4. 

Sania   11 Jul 2022

Apa TokoCrypto merupakan anak perusahaan dari Binance?

Visika   16 Jul 2022

Berdasarkan video perkenalannya, Tokocrypto menyatakan bahwa aplikasi buatan mereka merupakan pertukaran mata uang crypto asal Indonesia dengan nomor lisensi nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

Mereka memang menggunakan teknologi dari server Binance Cloud untuk menjamin keamanannya. Anda bisa simak video perkenalan Tokocrypto di bawah ini:

 

Ananta   19 Jul 2022

Robot trading yang digunakan Tokocrypto bernama Cryptohero, dilengkapi dengan AI dan machine learning yang bisa memproses pergerakan bursa kripto menggunakan algoritma.

Jika menggunakan bot ini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu secara manual untuk terus menerus mengecek pergerakan pasar.

Di samping itu, Cryptohero mendukung Bahasa Indonesia dan minimal depositnya mulai dari 20 ribu saja. Jadi memang sangat membantu baik bagi pemula maupun profesional di Indonesia.

Untuk basic ilmu komputer, memang dibutuhkan, tapi tidak yang terlalu expert, karena hanya perlu mengaktifkan manajemen API saja. Spesifikasi komputer yang digunakan juga tidak perlu terlalu canggih, asalkan bisa terkoneksi internet dan kompatibel dengan botnya.

Anda bisa menyimak penjelasan lengkap soal Cryptohero di artikel berikut:

Di bawah ini salah satu contoh penggunaan robot Cryptohero dari youtube resmi Tokocrypto: 

Farouq Jaelani   2 Aug 2022

Tools analisa apa saja yang disediakan oleh Tokocrypto? Bisa diakses lewat hape atau harus on pc terus ya?

Nur Salim   3 Aug 2022

Untuk tools analisa yang disediakan di Tokocrypto baik di Website dan Mobile kurang lebihnya sama kok pak. Hanya saja untuk pengalaman menganalisa yang baik memang lebih disarankan lewat PC saja daripada lewat Mobile. 

tko-fitur

Fitur yang berguna untuk saat ini sendiri:

1. Pemilihan Time Frame: Pemilihan tampilan Chart berdasarkan jenjang waktu yang diinginkan. Karena basisnya menggunakan TradingView, TF yang disediakan pun sangat beragam. Bahkan TF yang jarang digunakan seperti H2, H6, dan H8 pun disediakan.

2. Pemilihan Jenis Chart: Mengubah tampilan harga pada Chart berdasarkan jenis penggambaran Chart. Ini juga beragam, dari Candlestick, Bar, Line, hingga Heiken Ashi sudah tersedia.

3. Indikator: Menambahkan Technical Tools sebagai alat bantu untuk menganalisa. Sekali lagi karena yang digunakan berbasis TradingView, ada banyak sekali pilihan indikator yang ditawarkan di sini. Hanya saja pilihannya hanya masuk pada Built-in yang tersedia dari TV sendiri. Jadi banyak Custom Indicator yang dibuat oleh orang lain yang tidak bisa digunakan. Namun ini saja sudah sangat baik jika dibandingkan dengan Web Based Chart Platform lainnya.

4. Order Book: Daftar Order yang sedang terjadi dan mengantri. Di sini bapak bisa lihat level-level beserta besarnya jumlah transaksi yang sedang terjadi dan mengantri pada market tersebut.

Dari banyaknya fitur itu juga, Chart mampu berjalan dengan lancar dan mulus. Sehingga memudahkan dalam menganalisa market.

Reply > Lihat[10]
Rahmanto   28 Jul 2022

Halo agan-agan semuanya...

Sudah beberapa tahun lalu saya sudah mengetahui tentang uang cryptocurrency ini, namun saya masih sulit memahami sebenarnya apa itu crypto sebenarnya. 

Saya baca-baca artikel, rata-rata penjelasannya sering berbelit-belit. 

Tolong suhu-suhu di sini minta penjelasan paling mudah untuk dipahami oleh pemula. Terima kasih atas kesempatannya.

Ananta   29 Jul 2022

Sebelum memahami soal uang kripto, Anda harus tahu soal "apa itu kriptografi".

Kriptografi adalah sebuah cabang keilmuan yang bertujuan untuk melindungi informasi penting melalui fitur enkripsi data.

Metodenya bermacam-macam, bisa menggunakan kode maupun hitungan yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu. Karakter yang paling jelas dari kriptografi ini adalah keamanan dan kerahasiaan informasinya.

Berangkat dari ide inilah uang kripto diciptakan, dengan tujuan agar masyarakat memiliki aset yang sulit untuk dipalsukan maupun dimodifikasi.

Selain itu, keistimewaan dari uang kripto lainnya adalah anonimitasnya. Bahkan penggagas Bitcoin sendiri, si Satoshi Nakamoto, hingga saat ini belum diketahui siapa jati dirinya.

Untuk menyimpannya, mata uang kripto ini berjalan di atas sebuah sistem Blockchain yang terdesentralisasi, tanpa melibatkan pihak ketiga seperti bank.

Jadi sudah jelas, uang kripto adalah aset yang diciptakan dengan prinsip kriptografi dan berjalan dalam sebuah Blockchain. Tidak ada bentuk fisiknya, namun sistemnya sudah terbentuk secara virtual.

Sebagai informasi tambahan soal legalitas uang kripto, keuntungan, dan kekurangannya; Anda bisa membacanya pada artikel berikut:

Iqbal   9 Aug 2022

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang kripto?

Ananta   10 Aug 2022

Banyak cara untuk mendapatkan uang kripto, langkah yang paling konvensional adalah melalui mining (menambang). Tapi cara ini sudah mulai ditinggalkan karena membutuhkan biaya dan daya yang besar.

Baca juga: Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan Di 2021?

Cara selanjutnya adalah dengan membeli di exchanger kripto. Ketika membeli di exchanger, tinggal membuat akun saja lalu menukar uang fiat kita (rupiah atau dolar) ke mata uang kripto yang diinginkan. 

Baca Juga: Daftar Exchange Kripto Lokal Paling Populer

Selain menambang dan beli langsung, kalian juga bisa "rebutan" klaim airdrop kripto yang biasanya dibagi-bagikan oleh developer. Video berikut ini menjelaskan soal apa itu airdrop dan cara mendapatkannya. 

 

Timotis   11 Aug 2022

Mengapa di beberapa negara melarang atau memberikan denda tinggi kepada warganya yang bermain kripto?

Ananta   18 Aug 2022

Setiap negara memiliki kebijakan dalam mengatur regulasi dan perekonomiannya masing-masing. Namun setidaknya, ada 5 alasan mendasar mengapa beberapa negara menolak Bitcoin dan Altcoin, antara lain:

  • Hilangnya Kontrol Karena Desentralisasi. Dengan munculnya Bitcoin, pemerintah kehilangan kendali atas sistem mata uang karena desentralisasi.
  • Risiko kejahatan. Karena desentralisasi dan anonimitas, semakin banyak penjahat menggunakan Bitcoin sebagai metode yang layak untuk kegiatan ilegal. Risiko cybercrime, transaksi narkoba dan bahan kimia berbahaya, hingga tindak kejahatan terorisme yang transaksinya memakai Bitcoin menjadi kekhawatiran utama beberapa negara.
  • Merusak kebijakan ekonomi Fiskal. Karena Bitcoin beroperasi melalui teknologi blockchain dan jaringan terdesentralisasi, pemerintah sulit untuk merencanakan peraturan pajaknya dan berpotensi jadi pintu belakang penggelapan pajak.
  • Ancaman bagi Bisnis Bank Sentral. Hal ini sangat dihindari pemerintah, karena mereka mengendalikan keuangan dan ekonomi negara dengan bantuan bank sentral dan lembaga keuangan.
  • Konsep Bitcoin masih kurang meyakinkan. Nilai bitcoin yang tidak stabil membuatnya sulit untuk diakui sebagai mata uang yang aman. Di samping itu, banyak orang yang masih tidak mempercayai konsep bitcoin. Itu sebabnya beberapa negara juga menunggu beberapa tahun lagi untuk menerima bitcoin sebagai sistem keuangan yang layak.

Di Indonesia sendiri, Bitcoin dilarang sebagai alat mata uang dan pembayaran, tapi diperbolehkan sebagai aset investasi. Karena itu, banyak exchange kripto yang mulai bermunculan.

Baca juga: 5 Exchange Kripto Termurah yang Diregulasi Bappebti

Firly Zamimah   8 Sep 2022

skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa membuat uang kripto? Mengapa banyak artis yang bisa membuat uang kripto atas nama mereka seperti koin ASIX misalnya? Bahkan ada yang lucu seperti Dogecoin dan sebagainya?

Nur Salim   12 Sep 2022

@Firly Zamimah:

Sebelumnya saya luruskan sedikit, terdapat perbedaan mendasar antara mata uang kripto dan token kripto. Mata uang kripto sendiri biasanya dibuat di atas sebuah Platform Blockchain khusus yang dibangun untuk koin tersebut. Token sendiri dibangun dengan meminjam/menggunakan Blockchain yang sudah ada sebagai dasarnya. Sebagai contoh, ASIX itu token, Dogecoin itu mata uang kripto. Pembuatannya sendiri cukup berbeda langkahnya dan tergolong mudah untuk membuat token daripada mata uang kripto.

Mengenai Skill, yang dibutuhkan utamanya adalah pemrograman dalam membuat token ataupun mata uang kripto. Jika tidak memiliki, tentu saja Anda bisa belajar terlebih dahulu atau membayar professional untuk membuatkannya untuk Anda.

Bobby   26 Oct 2022

Bagaimana perhitungan pajak aset kripto di Indonesia?

Aswin   29 Oct 2022

Berdasarkan bacaan artikel dan tanggapan sebelumnya ditambah pemahaman saya, crypto pada dasarnya mata uang digital yang dikembangkan dengan tujuan agar mempermudah transaksi digital yang tidak dapat dipalsukan karena memiliki enkripsi data. Crypto ini bersifat desentralisasi atau tidak terikat dengan pihak ketiga dan dijalankan dengan yang namanya blockchain.

Cara mendapatkan crypto adalah dengan memecahkan data data matematis dalam program. Reward yang didapatkan ya crypto ( berdasarkan sejarah mining bitcoin).

Jadi menurut saya, pada awalnya crypto ini dijadikan sebagai alat pembayaran pengganti uang yang sekarang, sama seperti uang kertas menggantikan emas. Sehingga menjadikan crypto ada value-nya serta tingkat keamanannya tinggi menjadikan banyak orang ramai-ramai mencari crypto dan mengconvert uang mereka ke crypto. Crypto sendiri ada jumlah limit yang bisa ditambang sehingga lama kelamaan value crypto naik dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan berharga. CMIIW

Aisha   31 Oct 2022

Sebelum menghitung, terlebih dahulu kamu perlu tahu bagaimana ketentuan pajak kripto.

Ketentuan sederhananya begini:

  • PPN untuk transaksi jual-beli kripto 0,11%.
  • PPh untuk jasa exchange 0,1%.
  • Pajak untuk mining 1,1%.

Dengan demikian:

  • Kalau kamu jual/beli kripto pada exchange terdaftar Bappebti, maka akan kena pajak 0,21% (PPN+PPh).
  • Kalau kamu mining kripto, kena pajak 1,1%.
  • Kalau kamu jual/beli kripto di luar exchange terdaftar, maka terkena pajak dua kali lipat, yakni PPN 0,22% dan PPh 0,2%.

Perhitungan pajak kripto nantinya berdasarkan pada nilai transaksi, kemudian dipotong langsung oleh pihak exchange. Contohnya: Kamu jual 2 BTC via exchange. Pada saat itu, kurs BTC ke IDR adalah Rp310 juta. Maka perhitungan pajaknya adalah: 0,21% x (2xRp310.000.000) = Rp1.302.000 (belum termasuk biaya transaksi yang diberlakukan oleh exchange).

Reply > Lihat[10]
Ameerah   12 May 2022

Apa yang terjadi dengan Tokocrypto? Kenapa transaksi $UST sempat dibatasi?

Ananta   18 May 2022

Halo bu,

Per tanggal 15 Mei lalu, banyak exchanger yang melakukan delisting pada Luna. Tidak hanya Tokocrypto, Indodax, Pintu, dan exchanger-exchanger lainnya juga melakukan aksi yang sama.

Penyebabnya adalah pergerakan $UST (LUNA) yang sangat ekstrim, merosot hingga 90% dalam waktu 24 jam.

Sebagai catatan, Tokocrypto merupakan exchanger yang teregulasi oleh pemerintah Indonesia. Anda bisa menyimak review Tokocrypto di sini

Surya   20 May 2022

Kira2 kalau koin di delisting gini ada kemungkinan bakal muncul lagi gak ya? soalnya kan kalo denger berita kayaknya si Luna ini harganya mulai naik lagi.

Ane ada nyangkut dikit, 100,000 doank sih... (awalnya 1 jt, hhuu). Haruskah ane ikhlasin? 

Dwi Pandu   23 May 2022

apa yang menjadi penyebab harga LUNA bisa turun drastis dalam waktu yang singkat?

Ahmad Rafuan   23 May 2022

apakah perkiraan harga LUNA bisa merangkak naik lagi?

Fikrii Irkiff   23 May 2022

kripto apa yang sampai dengan saat ini harganya stabil atau naik?

Ananta   23 May 2022

Kripto termasuk aset beresiko tinggi dengan volatilitas yang sangat besar. Jika mencari yang harganya naik terus, sepertinya mustahil karena pergerakannya mengikuti demand pasar dan sentimen investor. Sebelum membeli sebuah mata uang kripto, lakukan riset pasar dulu. Semakin besar kapitalisasinya, cenderung semakin prospek krn diminati pasar.

Sejauh ini, 3 kripto dengan kapitalisasi pasar tertinggi adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Tether (USDT).

Rozak   25 May 2022

Bagaimana update dari TokoCrypto terbaru? Apakah pengguna bisa trading LUNA seperti biasanya lagi?

Ananta   25 May 2022

Jika dilihat dari data yang beredar, saat ini $LUNA sudah di delisting dari banyak exchanger dan sudah tidak bisa ditransaksikan. 

Ananta   25 May 2022

hal ini terjadi karena kesalahan developer yang memasang harga $1 USD LUNA sama dengan 1USDT. Untuk memenuhi demand, mereka terus melakukan minting pada koinnya. Akibatnya, banyak pelaku arbitrase yang masuk pasar dan pegging koinnya jadi ambrol.

Sesuai dengan hukum supply dan demand, terlalu banyak supply membuat harga jadi turun. 

Ananta   25 May 2022

Hingga saat ini (25 Mei 2022) belum ada update mengenai trading $LUNA di TokoCrypto maupun exchanger manapun.

Meskipun begitu, founder Binance (partner utama TokoCrypto) menyatakan bahwa aset yang ada dalam wallet investor akan tetap aman.  

Sebaiknya Anda juga follow akun media sosial exchanger-exchanger terkait agar mendapatkan informasi terbaru.  

Dennish   6 Jun 2022

sulit sih ini bos, temen-temen ane juga banyak yg ngalami kayak gitu juga. Jadi ya dibiarin aja deh siapa tau bisa ditransaksikan lagi. Tapi denger2 ada Luna 0.2, dan hodler Luna bakal kebagian airdropnya. Coba dicek-cek aja infonya. 

Antok Tok   12 Jul 2022

Koin apa yang bisa cuan untuk diinvest di tokcrypto? Minta rekomendz donkkss gan. Trimzz. newsbie.

Ananta   14 Jul 2022

Untuk bisa cuan saat investasi kripto, faktor terpenting adalah mempelajari pasar. Tidak ada koin yang bisa terus menerus harganya naik, tapi Anda bisa mencari koin-koin yang kapitalisasinya besar dan prospek untuk dihold jangka panjang.

Tokocrypto menyediakan koin-koin kripto yang sudah cukup terkenal seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Cardano (ADA), serta Ripple (XRP), berinvestasi di koin-koin yang sudah cukup lama muncul ini bisa dipertimbangkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba investasi pada koin buatan Tokocrypto yaitu TKO melalui fitur Staking. Simak cara stakingnya di sini

Sherly Nauli   20 Oct 2022

Apakah UST sekarang menjadi USTC? Dan mengapa harganya masih anjlok?

Nur Salim   23 Oct 2022

@Sherly Nauli:

Betul, untuk UST berada di listing dengan Tick "USTC" pasca keruntuhan LUNA pertengahan tahun lalu. Mengenai alasan mengapa harga terus masih anjlok, ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Namun penurunan lebih lanjut ini diperkirakan terjadi karena faktor ekonomi US yang sedang menguat pasca kenaikan Interest Rate oleh The FED. Selain itu, jika diperhatikan lebih dalam harga USTC saat ini telah mengalami kenaikan yang cukup berarti pada nilainya jika dibandingkan pada saat Crash pertengahan tahun lalu.

ustc

Reply > Lihat[15]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #crypto

  Winona   |   14 Jul 2022   |   Artikel

Sempat dengar di kalangan para kriptobro katanya ada Crypto Winter. Bisa mohon dijelaskan definisinya dan bagaimana kita harus menghadapinya?

  Intan   |   8 Aug 2022

Definisi dari kripto winter adalah ketika harga kripto mengalami penurunan terus menerus dalam periode waktu yang cukup panjang.

Fenomena kripto winter ini memang cukup mengkhawatirkan, bahkan membuat beberapa platform trading lokal menghentikan aktivitas penjualannya di bulan Juni 2022.

Mata uang kripto adalah aset yang sangat bergantung dengan kepercayaan pasar. Semakin banyak yang mengalami panic selling dan FUD, maka harganya bakal makin ambruk.

Baca juga: Apa Itu FUD di Pasar Kripto

Untuk menghadapi crypto winter, kita perlu mempelajari analisa fundamental dari sebuah koin.

Siapa pengembangnya? Bagaimana kapitalisasi pasarnya? Koin2 yang legit dan masih mendapat kepercayaan pasar cenderung bisa Rebound kembali dan penurunannya hanya koreksi.

Jika banyak yang masih minat dengan sebuah koin, maka artinya ia layak untuk di HODL.

  Melati   |   17 Sep 2022   |   Artikel

Selamat pagi para sesepuh cryptobro... mau tanya kalo pencairan lewat Ovo kira2 berapa lama ya sampai mendarat ke rekening kita? trims skali.

  Erin   |   19 Oct 2022   |   Artikel

Apa aja term and condition atau daftar-daftar yang termasuk perlindungan konsumen dalam trading crypto ini? kondisi standing legal-nya seperti apa? kalau terjadi dispute antara asosiasi dan konsumen crypto, apa yang harus dilakukan?

  Sandy   |   22 Oct 2022   |   Artikel

Perlu saya luruskan kalau semua pasar baik forex, saham, crypto, bahkan pasar tradisional sekalipun memang digerakkan dan didasari oleh siapa yang memiliki modal gede, dialah yang menang. Itu fakta dan tidak bisa dibantah.

Contoh paling sederhana saja dalam pasar tradisional. Ketika anda memiliki kemampuan, katakan lah bisa membeli 25% dari stok telur dalam negeri maka stok telur yang tersisa tinggal 75%. Dari 75% stok yang ada, dibeli lagi sama orang lain sebesar 35%. Sisa stok tinggal 50% dan rata-rata, contohnya, rakyat Indonesia menghabiskan 20% dari total stok yang ada. Maka sisa stok tersisa 30% saja.

Nah, selanjutnya apa yang terjadi? Tentu aja harga telur akan naik. Ingat, ketika demand naik maka price juga akan naik. Begitu pula sebaliknya, ketika anda tidak mau membeli telur sedangkan kebutuhan orang Indonesia cuma 20%, maka stok telur masih banyak, dan harga mungkin akan diturunkan.

Intinya adalah dalam sebuah pasar itu sendiri tidak akan dinamakan pasar kalau tidak ada supply dan demand. Nah selanjutnya pertanyaan saya, bagaimana tindakan kita bila kita hanya pedagang telur kecil-kecilan mengambil keuntungan dari salah satu situasi yang saya contohkan diatas?

Kalau anda jawab menunggu harga turun beli, kemudian jual ketika harga tinggi maka itu disebut analisa teknikal! Atau ketika anda dengar berita bahwa ayam petelur banyak yang mati, stok telur dalam 3 hari akan menipis. Pasti anda membeli telur sebelum harga naik kan? Itu dinamakan analisa fundamental.

Jadi sebetulnya 2 analisa tersebut kenapa bisa dijadikan dasar trading ya karena faktor diatas. Memang pemilik uang yang akan menentukan pasar, tetapi ingat, candlestick diciptakan oleh pedagang beras! Jadi, untuk para traders tetap semangat dan belajar terus!

  Rahmat Y   |   22 Oct 2022   |   Artikel

Wah, 1 juta rupiah... mahal juga ya buat yang baru mau belajar-belajar tentang trading. Dapatnya video pembelajaran doang kah? Nggak ada bonus-bonus misalnya dapat akun gratis di Tokocrypto dengan wallet jumlah senilai 1 juta rupiah juga. Kan pasti makin gacor.

  Roger   |   11 Nov 2022   |   Artikel

Ini sih berarti kalau wallet yang non custodial ibarat dompet pribadi kita yang biasa kita kantongin kemana-mana. Kalau jatuh atau hilang kita ga bisa pakai uang yang didalamnya dan kalau diambil oleh orang ya ludes isi didalamnya. Sedangkan untuk yang custodial berarti kayak bank ya, jadi uang kita titip kesana aja, mau ngakses ya pake buku tabungan atau kartu atm. Semacam itulah ya.

Cuma kalau privasi nih, yang custodial privasi ga? Maksudnya oihak yang buat nih custodial wallet bisa tau ga crypto yang kita simpan jumlahnya berapa dan dipakai buat apa gitu? Kalau serangan hack, lebih rentan tidak? Kalau saya mengandai-andaikan kalau dompet yang non ini saya tau passwordnya dan saya simpan dengan benar.

Perbandingan Biaya Beli Crypto di Exchange Indonesia
Cahyaning     9 Aug 2022
Masing-masing exchange di Indonesia memiliki biaya beli crypto yang berbeda-beda. Bursa manakah yang menawarkan harga terbaik?
10 Kiat Aman Jual Beli Crypto untuk Pemula
Damar Putra     24 Jul 2022
Tak ingin mengalami kebangkrutan saat jual beli crypto? Kiat-kiat berikut akan sangat berguna untuk investor dalam meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.
6 Keistimewaan Tukar Crypto di Luno Indonesia
Intan     22 Jul 2022
Saat ini, semakin banyak exchange crypto bermunculan. Lalu apa yang membedakan Luno Indonesia dalam hal transaksi tukar crypto? Dapatkan jawabannya di sini.
4 Aplikasi Crypto Terbaik untuk Trader Indonesia
Abideva     14 Jul 2022
Selain Pintu yang memang berbasis smartphone, TokoCrypto dan Indodax juga termasuk jajaran aplikasi crypto terbaik untuk trader Indonesia.
Crypto Winter Tak Kunjung Usai, Platform Lokal Stop Operasional
Crypholic     28 Jun 2022
Platform perdagangan crypto lokal Blocknom mengumumkan akan menutup operasional pada awal Juli karena kondisi pasar crypto yang terus memburuk.
Apakah Investasi STO Crypto Menguntungkan?
Cahyaning     13 Jun 2022
STO crypto bisa menjadi pilihan investasi yang menarik. Apa saja keuntungan yang bisa ditawarkan oleh salah satu jenis token sekuritas ini?
4 Strategi Swing Trading Crypto Bagi Trader Pemula
Evan     8 Apr 2022
Mulai dari penggunaan Bollinger Bands hingga berbagai Chart Pattern, berikut adalah 4 strategi swing trading crypto yang wajib diketahui bagi pemula.
Kirim Komentar Baru