Penipuan Kripto

Desmond Wira Beberkan Tips Menghindari Penipuan Kripto
Crypholic     8 Jun 2022
Investor terkenal Desmond Wira menekankan pentingnya pemahaman seluk-beluk kripto sebagai salah satu kiat ampuh menghindari jebakan penipuan.
5 Kasus Penipuan Kripto Terbesar
Nandini     27 Jul 2021
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat pada mata uang digital, kasus penipuan kripto pun semakin menjamur. Berikut ini deretan kasus yang patut Anda waspadai.
Waspadai Bahaya Token Honeypot Saat Investasi Kripto
Damar Putra     30 May 2022
Honeypot awalnya dibuat untuk menjebak scammer dan para peretas. Namun, para pemula juga bisa terjerat penipuan token Honeypot apabila tidak hati-hati.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #penipuan #kripto

siti musyarofah   28 Mar 2022

Mata uang kripto bisa digunakan untuk apa saja?

Nur Salim   31 Mar 2022

 @Siti Musyarofah:

Selamat malam bu, seperti namanya mata uang kripto umumnya digunakan sebagai alat tukar-menukar layaknya Rupiah ataupun USD. Perbedaan mendasarnya ada pada tidak adanya regulasi pada mata uang kripto ini jika dibandingkan dengan mata uang fiat. Selain itu mata uang kripto juga mengunggulkan transparansinya akan semua perpindahan mata uang dari satu pihak ke pihak lain. Kelemahannya tentu saja karena sifatnya yang tidak teregulasi dan tidak ada backing sehingga menjadikannya tampak seperti tidak memiliki nilai.

Pada perkembangannya sendiri mata uang kripto memiliki banyak fungsi dan dimanfaatkan dalam berbagai macam hal saat ini. Di antaranya adalah:

1. Investasi jangka pendek, menengah atau panjang

Sama seperti mata uang fiat, nilai mata uang kripto juga bisa naik dan turun sesuai dengan valuasinya saat itu. Bedanya valuasi ini tidak ditentukan oleh faktor-faktor fundamental yang sama dengan mata uang fiat. Hal ini menjadikannya sebagai ladang baru bagi investor untuk mengembangkan kekayaan yang dimiliki dengan menjadikan mata uang kripto sebagai asetnya. Beberapa faktor penggerak harga kripto bisa ibu baca pada artikel kami berikut.

2. Penggalangan dana untuk proyek ataupun startup

Mata uang kripto ini juga sekarang aktif dikembangkan sebagai salah satu sistem pendanaan proyek ataupun startup-startup baru. Alasan umumnya tentu saja karena transparansi yang diberikan oleh kripto menjadi fokus utama investor. Selain itu, karena nilainya sendiri bisa meningkat, kesuksesan Startup ataupun proyek sendiri itu dapat menambah value atau nilai dari mata uang kripto yang digunakan sebagai bentuk pendanaan.

3. Support atau mendekatkan diri dengan artis atau public figure

ini salah satu fungsi yang sedang tren beberapa tahun belakangan ini. Banyak artis ataupun Public Figure yang menciptakan mata uang kripto mereka sendiri. Pembelian mata uang ini biasanya dihubungkan sebagai langkah untuk men-support artis tersebut. Selain itu biasanya ada Reward-reward tertentu 

Selain beberapa hal di atas, masih banyak fungsi-fungsi lain dari mata uang kripto yang tidak bisa saya tuliskan satu persatu. Semoga jawaban di atas bisa cukup mewakilkan. 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Adamzulfa   25 Apr 2022

apakah ada dampak negatif dari mining kripto?

Nur Salim   3 Jun 2022

@Adam Zulfa:

Dampak negatif utama yang dirasakan saat ini utamanya ada pada borosnya sumberdaya energi listrik yang digunakan. Untuk menambang 1 Bitcoin saat ini biasanya membutuhkan energi listrik di kisaran 86,000-286,000 kWh bergantung dari Rig yang digunakan. Untuk Mining Pool bahkan bisa menghabiskan kisaran 128 GWh per hari untuk menambang 900 Bitcoin. Tapi perlu diingat, tidak semua mining kripto menghabiskan daya yang begitu besar seperti ini. Untuk Alt-Coin yang masih sepi biasana konsumsi listrik yang digunakan jauh lebih kecil.

Reply > Lihat[3]
beta alfa   1 Apr 2022

Waktu perdagangan untuk trading kripto?

Nur Salim   4 Apr 2022

@Beta Alfa:

Berbeda dengan perdagangan saham ataupun Forex yang harus mengikuti ketentuan dari waktu operasi bursa tertentu. Pasar kripto bisa diperdagangkan 24 jam selama 7 hari. Namun perlu diingat, biasanya akan ada waktu Maintenance terjadwal pada Exchange kripto ataupun broker yang menyediakan mata uang kripto. Pada saat Maintenance inilah biasanya perdagangan aset akan ditutup untuk sementara waktu.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

beta alfa   6 Apr 2022

apakah ada jadwal pasti untuk waktu maintenance nya pak?
dan perkiraan untuk penutupannya sampai berapa lama ya pak? Terima kasih

Nur Salim   6 Apr 2022

@Beda Alfa:

Untuk jadwalnya tetapnya sendiri tentu saja akan berbeda tiap Exchange dan broker yang digunakan. Namun kalau di tempat saya terjadwal pada hari Jumat di awal dan akhir bulan. Penutupannya sendiri biasanya berlangsung selama kurang lebih 1 jam di tempat saya dan mungkin akan berbeda di yang lain.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

Reply > Lihat[3]
halim perdana   4 Apr 2022

Badan / Lembaga apa yang mengawasi mata uang kripto?

Nur Salim   4 Apr 2022

@Halim Perdana:

Untuk saat ini sendiri segala Plaform dan bentuk jual/beli aset kripto masih diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti). Sehingga mohon dengan seksama jika ingin melakukan transaksi kripto untuk mengecek terlebih dahulu legalitas baik dari sisi Platform yang digunakan serta aset yang diperdagangkan.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

halim perdana   5 Apr 2022

mata uang kripto saat ini berkembang sangat pesat, tips nya kak untuk memilih kripto yang aman seperti apa? Trims

Nur Salim   6 Apr 2022

@Halim Perdana:

Untuk tips dalam memilih mata uang kripto yang aman sebenarnya ada banyak. Namun, faktor terpenting untuk saat ini adalah menjaga keamanan dan risiko dari banyaknya kasus skema penipuan yang sering muncul akhir-akhir ini, baik itu dari sisi koin atau token kripto, robot trading kripto, dan yang paling gempar belakangan masalah Binary Options.

Oleh karena itu tips yang paling baik saat ini tentu saja memilih Exchange ataupun broker yang teregulasi sebagai penyedia jasa pembelian/penjualan kripto ataupun trading kripto. Terlebih lagi melihat kinerja mereka beserta jajaran aparat lain dalam menanggulangi kasus kerugian dari penipuan belakangan ini sangat patut diapresiasi.

Untuk tips lain sendiri dalam memilih koin ataupun token yang ingin dibeli baik itu dalam rangka trading ataupun investasi, pilihlah koin ataupun token yang sudah terdaftar dan teregulasi sebagai langkah awal pengamanan modal yang ingin digunakan. Selain itu, usahakan selalu untuk memiliki alasan teknikal dan fundamental dalam mengambil keputusan investasi ataupun trading di kripto. Serta hindari rasa FOMO yang muncul hanya karena suatu koin atau token habis digoreng oleh  nama-nama besar selebritis ataupun pengusaha.

Demikian tips dari saya, terima kasih dan semoga bisa membantu.

Reply > Lihat[3]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #penipuan #kripto

  Anna   |   25 Feb 2015   |   Artikel

@dimas:
Pemerintah Amerika Serikat maupun bank sentralnya TIDAK PERNAH mengeluarkan uang dengan pecahan satu juta dolar. Apabila Anda memiliki lembaran uang satu juta Dolar, maka uang itu sama sekali tak ada harganya dan tidak bisa ditukarkan dimana-mana. Uang satu juta Dolar, sebagaimana uang 100,000 Dolar, adalah beberapa skema penipuan valas yang marak, khususnya di Asia.

  Anonymus   |   11 Mar 2015   |   Artikel
haha bulan lalu ada org nawarin aku buka rekening dgn imingr hadiah lah ko kaya sales dor to dor...buka rek kan harus nya di bank masa di emperan mall...hahalah ko ini ada artikel ini jgn2 penipuan jg
  Lionel Gavriel   |   8 Aug 2015   |   Artikel
saudara saya sedang terlibat bisnis valas ini di sebua gudang di pulau jawa kata nya tersimpan uang valas berupa mata uang uero singapura dan sudah di verifikasi oleh pihak BI tinggal menunggu over boking bank selama 2 dan jika di rupiahkan lumayan banyak sekitar 240 T apakah benar itu atau hanya modus penipuan..mohon pencerahan nya
  Anna   |   16 Nov 2015
Itu jelas modus penipuan. Pertama, uang Uero Singapura itu tidak ada. Kedua, berdasarkan peraturan, BI memantau semua transaksi valas di Indonesia, dan semua transaksi valas dengan nilai diatas 25,000 Dolar memerlukan underlying documents; atas dasar keperluan apa valas sebesar itu mangkrak di sebuah gudang begitu saja? Apabila masih kurang yakin dengan ini, silahkan Anda datang ke kantor BI terdekat, biasanya di ibukota provinsi ada, dan tanyakan tentang itu. Jangan hanya percaya saja pada kata-kata orang yang tidak jelas atau orang yang mengaku-aku sebagai orang BI.
  Derry   |   5 Jan 2016   |   Artikel
Kenapa uang dinar disebutkan sebagai penipuan ? Mungkin karena anda terlalu ingin cepat kaya. Dimana2 investasi pasti beresiko. Sama juga dengan valas yang anda agung2kan. Anda membuat sebuah artikel tentang penipuan apakah anda ada berpikir, kalau bener adalah penipuan ? 
Sebagai contoh di point 1 dan 3, memang bener ini adalah penipuan dan sudah di klarifikasi oleh pihak terkait. Di artikel anda tentang dinar, anda juga RAGU menyebutkan dinar adalah penipuan. Sebagai informasi kepada anda, bisa di cek terlebih dahulu histori nilai tukar dinar irak 4 tahun lalu sampai sekarang terhadap USD. Apakah ada peningkatan ? Saran saya : jika anda menulis sebuah artikel, sebutkan sourcenya dari mana, atau anda takut terlalu banyak outbond link yah ? Sehingga peringkat seo anda menurun ?
Terima kasih.
Admin, kalo anda berani, silahkan posting komentar saya. Jangan di review aja donk. 
  Anna   |   5 Jan 2016
Sebagaimana bisa Anda lihat disini, komentar Anda ditampilkan tanpa editing sama sekali begitu kantor kami buka dan moderator melihat komentar Anda. Artikel ini adalah artikel original, yang diolah dari berbagai sumber dan tidak mengandung kutipan langsung, sehingga menurut standar penulisan, tidak diharuskan memberikan link keluar.

Itulah alasan mengapa tidak diberi outbound link. Namun demikian, jika Anda sungguh menekuni artikel tersebut, maka Anda akan melihat beberapa SOURCE YANG SUDAH DISEBUTKAN disitu. Salah satunya, terkait dengan Dinar Iraq adalah: Council of Better Business Bureaus (jaringan penghubung antara perusahaan dan konsumen di Amerika Serikat dan Kanada). Jika Anda merasa kurang cukup, berikut link-nya. Sebagaimana bisa Anda baca langsung di link tersebut, bisnis Dinar Iraq dengan jelas disebut sebagai salah satu "foreign currency scam" (cek poin 6). Atau lebih baik lagi, silahkan hubungi kontak BBB jika ingin penjelasan lebih konkrit.

Dimana Anda mendapat kesan bahwa kami ragu menyebutnya sebagai penipuan? Semua investasi memang berisiko, dan terkait valas, nilai NOMINAL-nya secara historis terhadap mata uang lain bisa naik maupun turun. Namun demikian, bagaimana nilai RIIL-nya? bagaimana realita dunianya?

Jika berbisnis forex, maka kita tahu setiap saat Dolar atau Euro yang kita pegang bisa dijual/belikan dengan mudah. Jika Anda berbisnis Dinar Iraq, bisakah Anda menjamin lembaran-lembaran uang Dinar Iraq itu akan bisa dijual/belikan kapan saja? Money changer dan bank mana yang akan menerimanya? Juga, bisakah Anda menjamin pemerintah Iraq tidak akan menarik mata uang yang beredar saat ini sewaktu-waktu?

Jika semua itu ada jawabannya, maka Anda bisa mengklaim bahwa bisnis Dinar Iraq yang dijalankan itu bukan penipuan. Tetapi faktanya, sejak 2003, bank sentral Iraq sudah beberapa kali menarik dan mengganti uang yang beredar. Salah satunya yang terbaru adalah tahun lalu, pecahan 50 ditarik dari peredaran, sehingga pecahan terkecil kini adalah 250.

Ini membuktikan dua hal: pertama, ekonominya belum stabil, inflasi tinggi, sehingga pecahan mata uang yang beredar makin besar. Dan kedua, jika orang diluar Iraq memegang mata uang itu dan tidak memiliki akses untuk jual/beli dengan mudah, maka saat uang itu ditarik dari peredaran (yang bisa terjadi kapan saja dan biasanya dalam kurun waktu terbatas) mereka tidak akan bisa mendapat gantinya.

Begitu waktu penukaran habis, lembaran-lembaran yang asalnya uang itu sudah jadi sampah.
  Bocah Tua Bodo   |   18 Feb 2017   |   Artikel
Bagi mereka yang tidak sependapat dengan mas/mbak Muttaqiena,  kenapa repot-repot  ???  coba cari tahu saja PERNAHKAH ada transaksi yang benar-benar terjadi melalui PERBANKAN (karena otoritas yang diakui VALID hanya melalui BANK) selama ini ???? Bila jawabannya ada ..... berarti yang di sampaikan mas/mbak Muttaqiena tidak benar. Sebaliknya kalau anda tidak bisa buktikan memang sudah pernah ada yang transaksi MELALUI media PERBANKAN, ya berarti apa yang dijelaskan mas/mbak Muttaqiena itu BENAR. Sesuai ilmu MONETER di seluruh jagad raya ini, sistem Tata Keuangan Negara ya seperti yang dijelaskan oleh mas/mbak Muttaqiena tersebut. Semakin besar jumlah uang beredar di Masyarakat artinya nilai uang tersebut akan menjadi rendah, orang biasa mengatakan inflasi tinggi, jadi silahkan dibuktikan sendiri saja, apakah uang-uang baik Euro maupun Dollar yang diributkan tadi ada nilainya apa tidak. Kalaupun ada transaksi tapi tidak melalui Bank, misalnya dengan silang Gudang, itu ya dicoba saja, hasil transaksi yang katanya triliunan tersebut dimasukkan ke rekening Bank, bisa masuk nggak ??? kalau bisa masuk berarti anda benar, kalau nggak bakal bisa masuk, ya berarti penjelasan mas/mbak Muttaqiena benar. Yang penting JANGAN MERASA pinter sendiri dan MAHATAHU, buktikan sendiri TIDAK UNTUK ORANG LAIN, tapi buktikan untuk KEPENTINGAN DIRI SENDIRI, dengan demikian anda akan YAKIN BENAR apakah semua itu penipuan atau bukan. Semoga, semuanya DICERAHKAN.
  Kris   |   21 Apr 2017   |   Artikel
saudara tidak bisa sepihak mengatakan dan berkomentar, bahwa apa yang saudara ketahui tentang valas, lebih kearah penipuan, saudara harus sadari, konsfirasi zionis yahudi yang merampas asset salah satu bangsa, justru dilakukan oleh illumination, freemassion, dan mahkamah perbankan internasional.
Koin Untung

Koin Untung

Koin Harga/Change
Bitcoin God $3.59
(1545.2%)
Swerve $0.29
(383.3%)
Shiny Ore $0.0005337
(203.2%)
Primecoin $0.07
(150.8%)
All Sports $0.0013977
(134.1%)
Konversi Bitcoin

Konversi Bitcoin

Koin Paling Ramai

Koin Paling Ramai

Koin Volume
TRON $831,679,366.085
Shiba Inu $605,865,789.207
Polygon $585,225,636.300
Bitcoin Cash $560,663,789.697
Chainlink $528,993,518.364
Avalanche $409,566,833.276
The Sandbox $376,587,261.284
Litecoin $370,639,978.385
ApeCoin $332,154,968.705
Ethereum Classic $301,693,175.616
Koin Rugi

Koin Rugi

Koin Harga/Change
Zclassic $0.05
(-66.5%)
Supe Infinity $0.47
(-59.3%)
STEPG $0.01
(-57.4%)
Dungeon $0.0000030
(-51.7%)
Game On Players $0.04
(-50.1%)
Apa Itu Pump and Dump dan Cara Menghindarinya
Cahyaning     16 Dec 2021
Skema Pump and Dump merupakan praktik ilegal yang berpotensi merusak harga pasar. Bisakah hal ini dihindari? Bagaimana pula cara mengenalinya?
#pump  #dump  
Membongkar Kasus EDCCash, Penipuan Ponzi Berkedok Kripto
Cahyaning     24 Sep 2021
Kasus penipuan EDCCash sempat menghebohkan dunia kripto Indonesia. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp285 miliar. Bagaimana kronologinya?
#ponzi  
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip