Tips Menukar Rupiah Ke Mata Uang Asing Atau Sebaliknya

Anna 10 Feb 2014 414546

Anda mungkin baru mendapat kiriman dari keluarga di luar negeri, atau mungkin Anda berniat ingin jalan-jalan ke luar negeri, tetapi bertanya-tanya, ke mana tempat menukar Rupiah yang paling baik?

Anda mungkin baru mendapat kiriman dari keluarga di luar negeri, atau mungkin Anda berniat ingin jalan-jalan ke luar negeri, tetapi bertanya-tanya, ke mana tempat menukar rupiah yang paling baik? Selisih harga beli-jualnya tidak terlalu tinggi, dan Anda bisa mendapatkan nilai tukar tertinggi.

 

Authorized Money Changer di Dalam Negeri

Pertama, jika Anda ingin ke luar negeri, daripada menukar di luar negeri, lebih baik tukar di Indonesia saja. Kita lebih akrab dengan kondisi dan bahasa kebiasaan di sini, sehingga akan lebih nyaman saat menukarkan uang. Jika terpaksa harus menukar di luar negeri, utamakan menukar via ATM. Beberapa bank dengan jaringan internasional memungkinkan Anda untuk menarik uang dari ATM. Sekalipun, uang Anda dalam Rupiah, penarikan nantinya berupa mata uang negara tempat Anda menarik uang tersebut.

Kedua, pilihan tempat nomor satu untuk menukar uang adalah di Authorized Money Changer, atau Money Changer berizin. Dibanding tempat lain, biasanya Money Changer menawarkan nilai tukar tertinggi. Opsi tempat penukaran uang lain adalah di Bank atau di Bandara. Menukar uang di Bank adalah pilihan lain yang umum.

Namun, nilai tukar di Bank bisa lebih rendah daripada Money Changer. Selain itu, Bank biasanya meminta surat-surat seperti KTP dan kadang NPWP. Bandara sebaiknya menjadi opsi terakhir, karena nilai tukar di sana biasanya jauh lebih rendah dibanding di lokasi lain. Bahkan kabarnya Anda bisa kehilangan hingga 20% nilai uang Anda jika menukar di Bandara, karena saking mahalnya biaya penukaran di sana.

Pastikan Anda tidak menukar uang di tempat atau individu tertentu yang tidak memiliki izin resmi. Selain karena riskan penipuan, Anda juga rentan mendapatkan uang palsu nantinya. Money Changer yang resmi di Indonesia telah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memasang logo PVA berizin.

pva

 

Riset Itu Penting

Ketiga, untuk mendapatkan harga yang paling bagus, ada baiknya Anda melakukan riset dengan membandingkan antara nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya. Sebelum Anda menukar Rupiah di Bank, misalnya, perhatikan kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan di dinding.

Kurs Jual dan Beli dilihat dari perspektif Bank atau Money Changer. Kurs Jual merujuk pada harga yang diperhitungkan Bank saat Anda memiliki Rupiah dan ingin menukarnya ke mata uang asing. Sedangkan Kurs Beli merujuk pada harga yang diperhitungkan Bank saat Anda memiliki mata uang asing dan ingin menukarnya ke Rupiah. Setiap Bank, Money Changer, dan tempat penukaran uang lain biasanya memiliki tingkat kurs yang berbeda-beda, itu sebabnya Anda bisa memilah-milah dan memilih yang paling menguntungkan bagi Anda.

Keempat, memperhitungkan waktu. Kurs atau nilai tukar mata uang terus berubah dari waktu ke waktu. Kurs Rupiah hari ini, misalnya, lebih rendah daripada kurs Rupiah setahun yang lalu. Selisih sehari saja, nilai Rupiah bisa naik atau turun. Ini bukan ulah Bank atau Money Changer, melainkan memang dinamika pasar uang demikian. Jika Anda bisa merencanakan penukaran uang jauh-jauh hari, maka Anda bisa menimbang waktu penukaran yang paling menguntungkan. Selisih 100 Rupiah saja antara hari ini dan besok, misalnya, akan berdampak besar kalau yang Anda tukarkan adalah sekian ribu Dolar AS.

Kelima, jika Anda pandai berhitung-hitung, pertimbangkan untuk memanfaatkan perbedaan nilai tukar Rupiah terhadap dua mata uang berbeda. Mari umpamakan kurs Rupiah ke Dolar Australia hari ini adalah 10,800, sedangkan kurs Rupiah ke Euro adalah 16,500, dan kurs Dolar Australia ke Euro adalah 0.68. Jika Anda menukar Rp16 juta langsung ke Euro, maka Anda hanya akan mendapatkan 969.7 Euro. Namun bila Anda menukar lebih dulu ke Dolar Australia, maka:

16 juta Rupiah = 1481.5 AUD
1481.5 AUD = 1007.4 EUR

Ada selisih yang cukup berarti disitu jika Anda menukarkan Rupiah dalam jumlah besar dan lihai melihat celah. Tergantung pada momennya, selisih nilai tukar Rupiah dengan mata uang-mata uang tertentu seperti Ringgit dan Baht bisa cukup besar.

Kirim Komentar/Reply Baru
Sistem Trading Yang Punya Tingkat Keberhasilan Tinggi

Bos, dari sekian system trading yang anda ulas di seputar forex ini, manakah yang mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi dan tingkat loss yang rendah,banyaknya system trading yang anda ulas bikin saya bingung untuk memilihnya. thanx.

Azka 5 Jul 2012

Reply:

Basir (05 Jul 2012 16:20)

Banyaknya sistem trading merupakan sebuah pilihan. Yang mesti kita pahami adalah Tipe Trader apakah kita ?

Ini sekedar gambaran dari karakter dan tipe Trader. 



Sistem tersebut di buat hanya sebagai panduan. Agara para trader memiliki sistem. Sistem trading yang disajikan dikami merupakan hasil pengalaman dari para trader yang kami share dan semoga menjadi Holy Grail bagi para trader.

Setiap sistem ada kelebihan dan kekurangnnya. Sekali lagi tentukan dulu tipe trader apakah anda. demikian.

thanks

Erik T (05 May 2019 21:57)

Untuk Azka,

Anda dapat memilih untuk menggunakan sistem trading yang paling cocok dan paling nyaman untuk Anda. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya pada akun real, Anda sebaiknya menguji (backtesting atau forward test) terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar akurasi keberhasilan dari sebuah sistem trading.

Setelah Anda menguji dan mengetahui persentase keberhasilan dari sebuah sistem trading tersebut layak untuk digunakan (persentase keuntungan lebih besar dari pada kerugian), maka Anda boleh menggunakannya di akun real.

Semoga bisa membantu.

Daftar Swift Code Bank Indonesia
Sistem 3827
Data  
Konversi Indonesian Rupiah
Sistem 1343
Data  
Suku Bunga Deposito Bank
Sistem 948
Rupiah  
Kalkulator Kurs
Sistem 2632
Rupiah  
Kurs Rupiah Hari Ini
Sistem 5849
Data