Tips Menukar Rupiah Ke Mata Uang Asing Atau Sebaliknya

Anna 10 Feb 2014 415370
Dibaca Normal 4 Menit

Anda mungkin baru mendapat kiriman dari keluarga di luar negeri, atau mungkin Anda berniat ingin jalan-jalan ke luar negeri, tetapi bertanya-tanya, ke mana tempat menukar Rupiah yang paling baik?

Anda mungkin baru mendapat kiriman dari keluarga di luar negeri, atau mungkin Anda berniat ingin jalan-jalan ke luar negeri, tetapi bertanya-tanya, ke mana tempat menukar rupiah yang paling baik? Selisih harga beli-jualnya tidak terlalu tinggi, dan Anda bisa mendapatkan nilai tukar tertinggi.

 

Authorized Money Changer di Dalam Negeri

Pertama, jika Anda ingin ke luar negeri, daripada menukar di luar negeri, lebih baik tukar di Indonesia saja. Kita lebih akrab dengan kondisi dan bahasa kebiasaan di sini, sehingga akan lebih nyaman saat menukarkan uang. Jika terpaksa harus menukar di luar negeri, utamakan menukar via ATM. Beberapa bank dengan jaringan internasional memungkinkan Anda untuk menarik uang dari ATM. Sekalipun, uang Anda dalam Rupiah, penarikan nantinya berupa mata uang negara tempat Anda menarik uang tersebut.

Kedua, pilihan tempat nomor satu untuk menukar uang adalah di Authorized Money Changer, atau Money Changer berizin. Dibanding tempat lain, biasanya Money Changer menawarkan nilai tukar tertinggi. Opsi tempat penukaran uang lain adalah di Bank atau di Bandara. Menukar uang di Bank adalah pilihan lain yang umum.

Namun, nilai tukar di Bank bisa lebih rendah daripada Money Changer. Selain itu, Bank biasanya meminta surat-surat seperti KTP dan kadang NPWP. Bandara sebaiknya menjadi opsi terakhir, karena nilai tukar di sana biasanya jauh lebih rendah dibanding di lokasi lain. Bahkan kabarnya Anda bisa kehilangan hingga 20% nilai uang Anda jika menukar di Bandara, karena saking mahalnya biaya penukaran di sana.

Pastikan Anda tidak menukar uang di tempat atau individu tertentu yang tidak memiliki izin resmi. Selain karena riskan penipuan, Anda juga rentan mendapatkan uang palsu nantinya. Money Changer yang resmi di Indonesia telah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memasang logo PVA berizin.

pva

 

Riset Itu Penting

Ketiga, untuk mendapatkan harga yang paling bagus, ada baiknya Anda melakukan riset dengan membandingkan antara nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya. Sebelum Anda menukar Rupiah di Bank, misalnya, perhatikan kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan di dinding.

Kurs Jual dan Beli dilihat dari perspektif Bank atau Money Changer. Kurs Jual merujuk pada harga yang diperhitungkan Bank saat Anda memiliki Rupiah dan ingin menukarnya ke mata uang asing. Sedangkan Kurs Beli merujuk pada harga yang diperhitungkan Bank saat Anda memiliki mata uang asing dan ingin menukarnya ke Rupiah. Setiap Bank, Money Changer, dan tempat penukaran uang lain biasanya memiliki tingkat kurs yang berbeda-beda, itu sebabnya Anda bisa memilah-milah dan memilih yang paling menguntungkan bagi Anda.

Keempat, memperhitungkan waktu. Kurs atau nilai tukar mata uang terus berubah dari waktu ke waktu. Kurs Rupiah hari ini, misalnya, lebih rendah daripada kurs Rupiah setahun yang lalu. Selisih sehari saja, nilai Rupiah bisa naik atau turun. Ini bukan ulah Bank atau Money Changer, melainkan memang dinamika pasar uang demikian. Jika Anda bisa merencanakan penukaran uang jauh-jauh hari, maka Anda bisa menimbang waktu penukaran yang paling menguntungkan. Selisih 100 Rupiah saja antara hari ini dan besok, misalnya, akan berdampak besar kalau yang Anda tukarkan adalah sekian ribu Dolar AS.

Kelima, jika Anda pandai berhitung-hitung, pertimbangkan untuk memanfaatkan perbedaan nilai tukar Rupiah terhadap dua mata uang berbeda. Mari umpamakan kurs Rupiah ke Dolar Australia hari ini adalah 10,800, sedangkan kurs Rupiah ke Euro adalah 16,500, dan kurs Dolar Australia ke Euro adalah 0.68. Jika Anda menukar Rp16 juta langsung ke Euro, maka Anda hanya akan mendapatkan 969.7 Euro. Namun bila Anda menukar lebih dulu ke Dolar Australia, maka:

16 juta Rupiah = 1481.5 AUD
1481.5 AUD = 1007.4 EUR

Ada selisih yang cukup berarti disitu jika Anda menukarkan Rupiah dalam jumlah besar dan lihai melihat celah. Tergantung pada momennya, selisih nilai tukar Rupiah dengan mata uang-mata uang tertentu seperti Ringgit dan Baht bisa cukup besar.

Kirim Komentar/Reply Baru

Forum

KUSUMA (19 Dec 2014)

BAGAIMANA CARA DEMO ACCOUNT BAGI PEMULA?

Selengkapnya

Cara Membedakan Konsolidasi Tren Dan Reversal
Bagaimana cara membedakan konsolidasi yang akan meneruskan trend dan yang akan reversal?

Leo 18 Aug 2016

Reply:

M Singgih (23 Aug 2016 04:18)

@ Leo:
Dengan melihat kecenderungan arah sentimen yang bisa dipantau dari indikator teknikal. Biasanya dengan indikator MACD, Bollinger Bands, parabolic SAR, RSI dan ADX.
Konsolidasi bisa terjadi untuk waktu yang lama yaitu berupa pergerakan sideways, atau dalam waktu yang relatif singkat yaitu berupa inside bar.
Pergerakan sideways bisa break pada level resistance untuk selanjutnya bergerak uptrend atau break pada level support untuk selanjutnya bergerak downtrend. Inside bar bisa break pada level tertinggi mother bar untuk selanjutnya bergerak uptrend atau break pada level terendah mother bar untuk selanjutnya bergerak downtrend.

Berikut contoh keadaan konsolidasi yang berupa pergerakan sideways dan inside bar:



EUR/USD daily: sebelumnya downtrend, kemudian sideways. Namun sentimennya akan uptrend, tampak dari titik indikator parabolic SAR yang berada dibawah bar candlestick dan indikator ADX yang berwarna hijau (dominan bullish). Ketika harga break level resistance dan kurva indikator MACD berada diatas kurva sinyal (warna merah), dan harga bergerak pada kurva upper band indikator Bollinger Bands, maka pergerakan uptrend terkonfirmasi (dalam hal ini reversal).

Demikian juga AUD/USD daily, sebelumnya downtrend hingga terbentuk inside bar. Sentimen sedang uptrend, tampak dari harga yang bergerak diatas kurva middle band indikator Bollinger Bands, kurva indikator MACD yang berada diatas kurva sinyal (warna merah) dan kurva indikator RSI yang berada diatas level 50.0. Ketika harga break level tertinggi mother bar dan titik indikator parabolic SAR berpindah kebawah bar candlestick, maka pergerakan uptrend terkonfirmasi (dalam hal ini reversal).
Semoga bisa membantu.

Linlindua 98
Saham 
Jujun Kurniawan 112
Forex