Penjualan Alat Berat Komatsu PT United Tractors Tbk (UNTR) mengalami penurunan 8.4% secara year-on-year (yoy). , 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG turun di awal perdagangan hari ini sebesar 0.24% ke 7,263, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Carsurin Tbk. (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) mengumumkan penandatanganan Strategic Alliance Agreement (SAA) untuk pendirian dan operasional fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan emiten kelapa sawit PT Pulau Subur Tbk. (PTSP) pada perdagangan hari ini, usai harga sahamnya melonjak hingga ratusan persen, 2 jam lalu, #Saham Indonesia
Selengkapnya

Bappebti

Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya
Anna     19 Apr 2021
Hingga kuartal pertama 2021, terdapat 13 exchange kripto terdaftar Bappebti yang sah dan terpercaya untuk beroperasi di Indonesia.
Bappebti Rilis Rating Broker Lokal, Cek Daftarnya Di Sini
Melati     15 Jul 2023
Bappebti mempertimbangkan sistem pemeringkatan berkala untuk broker guna meningkatkan kualitas mereka, dengan penilaian mencakup berbagai indikator.
Daftar Broker Lokal Penipu Menurut Bappebti
Hana Raisa     11 Jun 2023
Sebagai trader, penting untuk selalu waspada atas ancaman broker-broker penipu. Berikut ini daftar broker penipu yang tidak teregulasi Bappebti.
Kamus

Kamus Trading

Bappebti

Kepanjangan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, yakni unit eselon I pada Kementerian Perdagangan Indonesia yang bertugas melaksanakan pembinaan, pengaturan dan pengawasan kegiatan perdagangan berjangka serta pasar fisik dan jasa.

Forum
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #bappebti

  Diah   |   25 Jan 2023   |   Artikel

GKInvest ini sudah pasti broker yang aman ya? Soalnya pengalaman kemarin yang Octa katanya sudah legal dari BAPPEBTI kok ujung-ujungnya malah tutup.

  Inbizia Support   |   25 Jan 2023

Diah: Halo kak, iya sudah pasti aman. Terkait dengan kasus yang Octa itu, sebenarnya juga aman, hanya saja memang mereka mengubah bisnis mereka saja. Tapi untuk keamanan dana tetap terjamin kok di PT KBI. Info lebih lengkap bisa coba baca di sini:

  Joey   |   11 Feb 2023   |   Artikel

Baik HFX maupun MIFX di artikel disebutkan memiliki keamanan tinggi dan memiliki izin dari Bappebti. Maaf, gw sepertinya kurang yakin karena ga dijelaskan lebih keamanannya seperti apa.

Apakah tolak ukur dari kedua broker dan broker broker lokal lainnya aman atau tidak adalah dari izin Bappebti itu sendiri? Bagaimana dengan broker luar negeri yang bahkan dapat izin contoh dri badan regulator Amerika, bila dibandingkan ama Bappbeti , mana yang lebih aman?

Pertanyaan terakhir, apakah standard keamaanan kedua broker ini : HFX dan MIFX sama? Krna gw hanya melihat izin dari Bappebti sja yang dibahas di artikel ini.. Mohon maaf bila blak blak an

  Yudha S N   |   15 Feb 2023

Keamanan tinggi yang dimasudkan adalah teregulasi secara legal dan sah serta diakui oleh pemerintah Indonesia. Untuk dapat diakui, maka syarat dari Bappebti, seperti harus ada kantor fisik, memiliki setidaknya saldo perusahaan sebesar Rp 1.25 Milyar dengan direksi dan jajaran ga pernah terlibat kasus ataupun kebangkrutan dll. Karena teregulasi di regulator yang sama , maka kedua broker memiliki standard keamanan yg sama

Keamanan lainnya adalah wajib mempunyai segregate akun dimana memisahkan dana broker dengan dana nasabah. Nah, tolak ukur dari broker memang adalah izin dari Bappebti. Dan broker luar negeri bila dibandingkan dengan Bappebti, sama-sama aman cuma dengan broker teregulasi dari Bappebit, trader ada perlindungan hukum sehingga bila terjadi maslaah, msh ada yg bantu tanganin. Sdngkn broker luar, ga ada payung hukumnya. Begitu juga sebaliknya, trader internasional juga nganggap broker lokal kita juga ga legal dan ga ada payung hukum.

  Indra   |   6 Jun 2023   |   Artikel

Gue agak tertarik dngn broker Monex nihh, bukan hnya gara2 minimal deposit yg cukup rendah, tetapi juga faktor kyk regulasi yg lumayan lengkap. Selain BAPPEBTI, di artikel jga menuliskan bahwa Monex sndiri teregulasi juga dan terdaftar di Bursa Berjangka Jakarta dan jga ICDX. Sedangkan di HSB sndiri sprtnya terdaftar di ICDX aja krna mendapatkan penghargaan dari ICDX pada tahun 2021.

Dluar pembahasan mengenai kompetisi dmna kan dah dibahas di komentar sblmnya mengenai perlombaan ato pertandingan antar broker gitulah. Apa sih yg membedakan antara Bursa Berjangka Jakarta dngn ICDX? Selain itu, perihal kedua lembaga tsb, manakah yg mngkn bisa dikatakan lbh strict gitu antara Bursa Berjangka Jakarta dngn ICDX? Mohon penjelasannya, terima kasih!!

  Winto   |   11 Jun 2023

Indra:Bntu jawab ya! Setau ane, BBJ lebih fokus pada produk derivatif kaya indeks saham, komoditas, dan Forex. Sementara ICDX lebih fokus pada kontrak komoditas, kayak emas, minyak, dan produk pertanian. Kmudian BBJ itu located di Jakarta dan ICDX di Surabaya.

Regulasi dan pengawasannya diatur sama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) buat kedua bursa itu. Jadi, gak ada yang bisa dikatain lebih "strict" dari yang lain secara spesifik. Keduanya punya kewajiban untuk memastikan broker-broker di bursa mereka mematuhi peraturan yang berlaku.

Jadi, perbedaan antara BBJ dan ICDX lebih ke fokus dan jenis produk yang ditawarkan. Pokoknya, penting banget buat kita perhatiin regulasi dan kepatuhan broker terhadap peraturan bursa yang mereka ikuti.

  Jusin   |   21 Jun 2023   |   Artikel

Saya ingin bertanya aja. Jadi si MIFX kan udah dapatin izin legalitasnya dari BAPPEBTI dan hal ini ngejadiin broker ini menjadi cukup aman dan terpercaya lahh. Nah cma saya agak ragu mengenai fixed rate yg di terapkan oleh broker ini dan jga broker lain. Apakah secara umum, broker yang menerapkan fixed rate ini ada pengawasan dari BAPPEBTI ato ga? Kmudian ada ketentuan dari BAPPEBTI tidak dalam menentukan aturan fixed rate bagi broker2? Soalnya kuliat, fixed rate ini bisa rawan terjadi persaingan ga sehat antar broker, bsa aja kan broker nawarin fixed rate rendah bngt agar narik trader buat trading ama mereka

  Setiawan   |   2 Jul 2023   |   Artikel

Mengenai keamanan Maxco itu cukup oke ya. Ditilik dari profil singkat broker Maxco, dikatkaan bahwa broker Maxco telah mendapatkan lisensi dari Bappebti dengan nomor 931/BAPPEBTI/PN/8/2006, serta terdaftar di JFX (Jakarta Futures Exchange), Kliring Berjangka Indonesia, dan merupakan anggota Aspebtindo.

Sebnrnya cukup jelas sih keamanan yg didapatkan oleh broker Maxco. JFX itu adalah bursa dimana broker mendapatkan aset utk ditradingkan ke trader sedangkan KBI itu adalah lembaga kliring. Dari kedua lembaga ini ditambah dngn legalitas dari BAPPEBTI, bsa dikatakan Maxco udah benar2 aman banget! Nah, yg bikin agak bingung adalah ASPEBTINDO, kira2 nihh, fungsi dari ASPEBTINDO itu apa aja sih dan kegunaannya bagi broker itu ap aja ya?

  Vincent Gunawan   |   3 Jul 2023   |   Artikel

"broker Maxco menyimpan uang klien dalam rekening terpisah dari rekening operasional perusahaan yang dikelola Bank Panin."

Setau aku, Maxco kan bagian dari bank Panin ya. Sedangkan klu segregated account dikelola ama bank yg mengelola Maxco itu apakah aman? Gue gak bermaksud mendiskreditkan Maxco, cma mau mastiin aja, apakah segrageted account broker di bank yg udah terkait ama broker itu bakalan aman? Sedangkna klu ga salah BAPPEBTI lah yg berhak menunjuk bank2 yg bakal dijadikan segrageted account broker kan? Nah, mengapa di Maxco bsa menggunakan bank yg mengelola mereka ato memiliki latar belakang yg sama gitu, mengelola segrageted account trader?

Bappebti dan Aspakrindo Gelar Bulan Literasi Kripto 2023
Crypholic     13 Feb 2023
Bulan Literasi Kripto merupakan buah kerjasama dari Bappebti dan Aspakrindo. Program ini juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
Transaksi Kripto Tembus Rp290 Triliun, Bappebti Kerjasama dengan Dukcapil
Crypholic     11 Jan 2023
Dalam laporan terbaru Kemendag, Indonesia mencatatkan transaksi yang cukup impresif selama tahun 2022. Keamanan nasabah pun akan ditingkatkan melalui kerjasama dengan Dukcapil.
OJK Jadi Pengawas Pasar Kripto, Bagaimana dengan Bappebti?
Crypholic     22 Dec 2022
Melalui RUU P2SK, pemerintah secara resmi menunjuk OJK untuk mengawasi pasar kripto dan secara bertahap akan melakukan transisi bersama Bappebti.
Keluarkan Regulasi Baru, Bappebti Perketat Keamanan Exchange
Crypholic     1 Dec 2022
Belajar dari skandal FTX, Bappebti kini mewajibkan pengawasan exchange oleh pihak independen dan memperketat aturan transaksi yang dilakukan exchange.
Pasca Runtuhnya FTX, Bappebti Tinjau Ulang Daftar Aset Kripto Legal
Crypholic     21 Nov 2022
Kebangkrutan FTX dan harga token FTT yang terjun bebas membuat Bappebti meninjau kembali daftar aset kripto legal di Indonesia.
MLM Berkedok Kripto Kian Marak, Bappebti Himbau Kewaspadaan
Crypholic     10 Nov 2022
Agar tidak menjadi korban penipuan, masyarakat Indonesia dihimbau waspada dengan ciri-ciri MLM yang berkamuflase sebagai penyedia layanan kripto.
Bappebti: Transaksi BIDR Tergolong Pertukaran Aset Kripto
Crypholic     17 Oct 2022
Stablecoin yang dipatok berdasarkan nilai rupiah, BIDR, telah memperoleh izin Bappebti untuk di-list sebagai aset kripto yang dapat diperdagangkan di bursa.
Penjualan Alat Berat Komatsu PT United Tractors Tbk (UNTR) mengalami penurunan 8.4% secara year-on-year (yoy). , 2 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG turun di awal perdagangan hari ini sebesar 0.24% ke 7,263, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Carsurin Tbk. (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) mengumumkan penandatanganan Strategic Alliance Agreement (SAA) untuk pendirian dan operasional fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan emiten kelapa sawit PT Pulau Subur Tbk. (PTSP) pada perdagangan hari ini, usai harga sahamnya melonjak hingga ratusan persen, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Menurut analis ING, GBP/USD berpotensi menguji level terendah 14 Februari di kisaran harga 1.2530, 20 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas turun dari Level tertinggi lebih dari dua pekan di tengah kenaikan dolar AS, 22 jam lalu, #Emas Teknikal

EUR/GBP menguat mendekati level 0.8540 menjelang pidato ECB Lagarde, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

USD/CAD mencoba memantul dari level 1.3500 karena penguatan dolar As dan penurunan harga minyak, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

Setelah ditutup di bawah harga pembukaan minggu lalu, Indeks Dolar membentuk Pin Bar bullish, 1 hari, #Forex Teknikal

Momentum bullish Dolar masih bertahan dalam jangka pendek karena turunnya ekspektasi pasar terhadap prospek pemotongan suku bunga The Fed, 1 hari, #Forex Fundamental

Resistance AUD/USD berada di sekitar 0.6590. Penolakan dari level tersebut akan memicu pergerakan bearish, 1 hari, #Forex Teknikal

USD/JPY membentuk support di harga 149.70, dan berpotensi menguat lagi karena Yen masih relatif melemah, 1 hari, #Forex Teknikal

Sejumlah rilis data penting AS yang akan mempengaruhi EUR/USD akan dirilis pada hari Selasa-Kamis pekan ini, 1 hari, #Forex Fundamental

Laporan Consumer Confidence dijadwalkan terbit pada hari Selasa, GDP AS pada hari Rabu, dan Inflasi PCE pada hari Kamis, 1 hari, #Forex Fundamental

Para pelaku pasar meyakini jika koreksi bearish EUR/USD tidak akan melampaui level 1.08000, 1 hari, #Forex Teknikal

Reli Bitcoin tertahan dalam kisaran sideways setelah menembus level kunci $50,000, 1 hari, #Kripto Teknikal

BTC/USD masih berusaha menembus resistance $52,000 untuk mengkonfirmasi kenaikan lebih lanjut, 1 hari, #Kripto Teknikal

Kapitalisasi pasar Bitcoin kembali melesat di atas $1 triliun, namun dominasinya terhadap Altcoin turun ke 48.6%, 1 hari, #Kripto Fundamental

Ethereum sukses menembus $3000, level yang terakhir kali tercapai pada April 2022 lalu, 1 hari, #Kripto Teknikal

Solana menjadi salah satu Altcoin yang berbias positif setelah berhasil mempertahankan posisi di atas $100, 1 hari, #Kripto Teknikal

Saham emiten produsen beras, PT Wahana Inti Makmur Tbk. (NASI) dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) terpantau tengah melejit seiring dengan kenaikan harga beras, 1 hari, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) -3.23%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -2.27%, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) -1.86%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG turun di awal perdagangan hari ini, sebesar 0,47% ke 7,261, 1 hari, #Saham Indonesia

Industri semen tanah air mencatat kinerja positif di awal tahun 2024. Volume penjualan semen nasional sepanjang Januari 2024 mencapai 5.06 juta ton, 1 hari, #Saham Indonesia


Kirim Komentar Baru