Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya

Anna 19 Apr 2021 228
Dibaca Normal 4 Menit

Hingga kuartal pertama 2021, terdapat 13 exchange kripto terdaftar Bappebti yang sah dan terpercaya untuk beroperasi di Indonesia.



Pamor Bitcoin dan beragam mata uang kripto semakin naik daun belakangan ini. Regulasi mengenai bidang ini di Indonesia masih relatif lemah, tetapi pemerintah sebenarnya telah menyediakan kerangka kelembagaan untuk membantu kita mengetahui mana saja exchange kripto terpercaya dan berizin.

Regulasi tentang exchange kripto dan aset-aset kripto di Indonesia berada di bawah otoritas Kementrian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Jadi, perusahaan yang menjalankan aktivitas exchange kripto di Indonesia wajib memperoleh izin dan terdaftar di Bappebti. Hal ini selaras dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto dan Peraturan Bappebti (Perba) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka, yang telah dirubah dengan Perba Nomor 9 Tahun 2019, kemudian Perubahan Kedua dengan Perba Nomor 2 Tahun 2020 dan Perubahan Ketiga dengan Perba Nomor 3 Tahun 2020.

Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya

Hingga kuartal pertama tahun 2021, terdapat 13 perusahaan pedagang aset kripto yang telah memperoleh izin resmi sesuai ketentuan RI. Ke-13 exchange kripto terdaftar Bappebti tersebut adalah:

 

1. PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX)

Siapa yang belum pernah dengar nama INDODAX? Perusahaan ini awalnya didirikan sebagai Bitcoin Indonesia (bitcoin.co.id) pada tahun 2014, sebelum kemudian berganti nama menjadi INDODAX (Indonesia Digital Asset Exchange) dan berpindah alamat digital ke indodax.com. Pelopor exchange kripto Indonesia ini sekarang telah memiliki lebih dari 2 juta member dengan volume perdagangan senilai triliunan per bulan, karena memfasilitasi pertukaran puluhan aset kripto.

 

2. PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO)



TOKOCRYPTO mulai beroperasi pada tahun 2018 dengan dukungan perusahaan QCP Capital asal Singapura. Pada Mei 2020, perusahaan ini juga menerima suntikan dana dari exchange kripto terkemuka Binance. Platform Tokocyrpto 2.0 kini didukung pula oleh sistem Binance Cloud yang canggih.

 

3. PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)

Zipmex merupakan exchange kripto yang berpusat di Singapura, tetapi sudah melebarkan sayap ke berbagai negara lain seperti Australia, Thailand, dan Indonesia. Di Indonesia, Zipmex telah mengantongi izin Bappebti sekaligus bekerjasama dengan platform investasi multi-aset Pluang untuk menyediakan tempat jual-beli kripto terpercaya.

 

4. PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)

Exchange kripto ini beralamat pada digitalexchange.id. Tampilan muka situs web Indonesia Digital Exchange cukup simpel dan tidak berhubungan dengan operator laman idex.io yang menyajikan exchange kripto berteknologi lebih canggih dan berpenampilan lebih sophisticated.

 

5. PT Pintu Kemana Saja (PINTU)



Seperti namanya, PINTU menawarkan aplikasi jual beli kripto yang mudah, praktis, dan instan. Exchange kripto ini sekarang memfasilitasi perdagangan Bitcoin, Ethereum, Tether, dan Binance Coin.

 

6. PT Luno Indonesia LTD (LUNO)

LUNO bukan merupakan exchange kripto asli Indonesia, melainkan "cabang" dari perusahaan multinasional bernama sama yang berpusat di Inggris. LUNO kini melayani jual beli kripto di 40 negara. Guna memuluskan operasional di Indonesia, LUNO menjadi exchange kripto terdaftar Bappebti sejak April 2020.

 

7. PT Cipta Koin Digital (KOINKU)

KOINKU menyajikan layanan pertukaran kripto dengan fitur utama komisi rendah, penarikan instan, dan proteksi 100%. Namun, tidak banyak yang diketahui publik tentang perusahaan yang membekinginya.

 

8. PT Tiga Inti Utama (TRIV)



Perusahaan yang didirikan pada 2014 ini mengelola exchange kripto yang beralamat di triv.co.id. Situs memfasilitasi pertukaran beragam mata uang kripto populer seperti Bitcoin, Ripple, dll; sekaligus melayani jual beli saldo e-currency seperti Perfect Money, PayPal, Skrill, dan Neteller.

 

9. PT Upbit Exchange Indonesia

Upbit merupakan exchange kripto asal Korea Selatan yang memperoleh izin Bappebti pada tahun 2019 untuk beroperasi di Indonesia. PT Upbit Exchange Indonesia saat ini juga menjadi rekanan dari Bittrex, salah satu exchange kripto asal USA.

 

10. PT Rekeningku Dotcom Indonesia

Exchange kripto yang memanfaatkan alamat situs web-nya langsung sebagai nama perusahaan ini telah berdiri sejak 2017. Rekeningku Dotcom melayani jual beli puluhan kripto, mulai dari Bitcoin, Dogecoin, hingga NEO dan XRP.

 

11. PT Triniti Investama Berkat (BITOCTO)



Platform BITOCTO menawarkan fasilitas jual beli kripto yang sederhana dengan proses verifikasi dan pembayaran cepat. Situs web-nya menampilkan pula daftar harga kripto-IDR secara real-time, mencakup BTC, ETH, BNB, EOS, XRP, DGB, DOGE, TRX, dan LTC.

 

Selain bursa-bursa kripto di atas, ada pula PT Bursa Cripto Prima dan PT Plutonext Digital Aset yang juga telah terdaftar Bappebti. Namun, informasi mengenai latar belakang perusahaan dan operasional dari dua exchange kripto tersebut masih kurang memadai. Ada kemungkinan perusahaan masih dalam tahap rintisan dan belum mulai beroperasi komersil.

 

Tertarik menyimak artikel lain seputar kripto? Baca juga "Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak di Indonesia?"

Forum

Jimmy (13 Nov 2020)

Mengapa banyak broker besar banyak yang melarang US Client? Terus bagaimana jika kita berdomisili di luar US, ingin gabung broker AS? Terima kasih

Selengkapnya...

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Kirim Komentar/Reply Baru
Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Linlindua   5 May 2021   166  
Bagaimana Cara Melakukan Buy Stop?

Min apakah buy stop (menunggu membeli sampe harga menyentuh price kita) apakah bisa memasang stop loss. 


Maaf Saya pemula belum paham betul money management pada forex. 

Arman Lucky 30 Dec 2018

Reply:

M Singgih (01 Jan 2019 23:50)

@ Arman lucky:

Bisa. Di kotak order akan tampil seperti ini:


                             


Isikan level / harga Stop Loss dan Take Profit sesuai yang diinginkan. Lihat juga ketentuan broker mengenai jarak points / pip minimal SL dan TP yang akan diset tsb dengan harga saat ini. Dalam contoh di atas minimal jaraknya harus 10 points.

Untuk Money Management, silahkan baca: Belajar Memahami Money Management

Sugih (14 Feb 2019 09:22)

Kenapa Buy Stop Saya tereksekusi jauh di atas harga yg saya mau?

M Singgih (15 Feb 2019 01:21)

@ Sugih:

Berarti Anda terkena slippage atau loncatan / lonjakan harga yang tiba-tiba.
Untuk informasi, semua order yang bersifat stop, yaitu Buy Stop, Sell Stop dan Stop Loss akan terpengaruh oleh slippage, atau bisa terseret sebanyak besarnya slippage tsb. Tetapi order yang bersifat limit, yaitu Buy Limit, Sell Limit dan Target Profit tidak terpengaruh slippage.

Anda bisa check di broker lain, apakah pada waktu yang bersamaan dengan saat Anda mengalami slippage, di broker lain juga terjadi lonjakan harga.

3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
Linlindua   29 Apr 2021   158  
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Linlindua   27 Apr 2021   161  
10 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Kripto
10 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Kripto
Nandini   21 Apr 2021   368  
Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Nandini   16 Apr 2021   217  
Koin Rugi Hari Ini
Koin Rugi Hari Ini
Sistem   19 Mar 2021   328  
Koin Untung Hari Ini
Koin Untung Hari Ini
Sistem   19 Mar 2021   472  
Kripto Di 2020, Bagaimana Perkembangannya?
Kripto Di 2020, Bagaimana Perkembangannya?
Jujun Kurniawan   3 Feb 2020   1251  
5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
Wahyudi   31 Dec 2019   815