Outlook Mingguan Emas: Lanjut Bullish Menargetkan R7

Joe Poe 10 Dec 2018 499
Dibaca Normal 4 Menit

Kondisi global yang tidak menentu membuat investor memburu Emas sebagai safe haven. Ditunjang sinyal teknikal yang masih bullish, logam mulia diproyeksi berlanjut naik di minggu ini.



Latar Belakang Fundamental

Sambil terus memantau langkah strategis para pembuat undang-undang AS untuk menghindari krisis fiskal dan moneter, Emas masih akan terus perkasa dengan momentum positifnya hingga akhir tahun ini. Logam mulia telah berhasil mendekati angka tertinggi sejak periode 5 bulan terakhir, dan tetap optimis dalam menghadapi setiap langkah seputar kebijakan kenaikan suku bunga The Fed. Kenaikan Emas diharapkan bisa terus bertahan dalam minggu ini, sehingga bisa mencatatkan rekor baru dengan menembus kembali angka tertinggi beberapa periode sebelumnya.

Ada isu yang beredar mengenai ditundanya kenaikan suku bunga The Fed. Jika hal ini benar terlaksana, maka akan menandai langkah mundur dari kebijakan hawkish yang telah berlangsung sejak hampir 2 tahun belakangan ini. Isu tersebut beredar menyusul munculnya indikasi resesi AS, yang walaupun tidak begitu parah tapi sangat meresahkan dunia bisnis. Sebagai safe haven, Emas yang merupakan "tempat berlindung" terbaik dalam situasi buruk, kini sedang diburu oleh para investor.

Logam Mulia juga ditunjang oleh surplus perdagangan China dengan AS, yang menorehkan rekor baru pada November lalu. Hal ini terjadi di tengah berkurangnya permintaan global dan ketidakpastian akan resolusi konstruktif terhadap perang perdagangan. Hubungan AS-China diperkirakan akan tetap menjadi topik inti dalam analisa pergerakan Emas hingga beberapa bulan ke depan, karena kedua negara tersebut terlalu kuat untuk saling menyerah dalam negosiasi.

Hal penting lain yang patut diperhatikan minggu ini adalah pemungutan suara Parlemen Inggris atas kebijakan Brexit. Jika proposal Brexit besutan Perdana Menteri Theresa May ditolak oleh anggota parlemen Inggris, bisa jadi akan terjadi ketidakpastian dan atau kekacauan politik di Inggris, sehingga semakin mendorong para investor untuk berpaling kembali ke Emas sebagai Safe Haven.

Selain itu, penting pula menyimak hasil pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis esok (13/Desember), dimana kemungkinan besar ECB akan menurunkan pembelian assetnya. Jika hal itu benar terjadi, berarti pengetatan moneter di Zona Eropa telah resmi dimulai.

Jadwal penting yang harus kita perhatikan minggu ini antara lain: data Inflasi AS dan angka Penjualan Ritel November. Adanya penurunan dalam Inflasi AS bisa berkontribusi pada kelanjutan tren bullish Emas. Jangan lupa memantau secara rutin mengikuti setiap rilis data ekonomi berdampak tinggi di kalender ekonomi.


Latar Belakang Teknikal

Gold Closing di 1,248.05, naik 2,619 basis point dari harga Opening di 1,221.86, dengan Highest di 1,249.60, dan Lowest di 1,220.88. SHE Channel cukup Bullish, terangkat oleh daya angkat Fibo Cone Support yang lumayan kuat. Fibo Cone Resistance yang nyaris horisontal dan tidak menunjukkan daya tekan sama sekali, memberikan asumsi bahwa gerakan Emas akan terus mendaki rekor tinggi baru.

Gold Daily

Harga saat ini berada pada posisi puncak dan akan terus naik menuju level terdekat 50.0% Fibo Cone. Zoei sudah konsisten dan tidak diragukan lagi mengarah ke atas. Proyeksi bullish Emas didukung pula oleh hasil perhitungan gabungan indikator, yang menunjukkan angka +05/10 Bull-Weak. Sementara itu, pembacaan Market Sentiment Trend adalah berlanjut Bullish.



 

Perkiraan Trading Emas

Dengan latar belakang teknikal di atas, serta outlook fundamental mendatang di minggu ini, saya cenderung melihat Emas akan melanjutkan pergerakan Bullish-nya. Dari Chart D1 di atas, tampak harga emas minggu ini tetap akan Bullish hingga R7 1,282.62. Sebelum itu, Emas akan mencapai R5 1,264.23, yang sekaligus berfungsi sebagai Resistance utama Breakout sesuai momentum yang sedang aktif. Support terdekat ada pada PV 1,238.53.

Salam Sukses Selalu!

harga emas hari ini

 


Catatan:

Sebagai informasi, saya menulis artikel ini sendiri sebagai ungkapan atas pendapat pribadi, dan sebagai hasil dari analisa perhitungan matematis indikator yang rancang-bangunnya adalah rekayasa pribadi, buatan saya sendiri, dan untuk saya pakai sendiri. Saya tidak menerima kompensasi apapun, dari siapapun, serta saya tidak memiliki hubungan dan atau relasi bisnis dengan perusahaan pialang maupun broker manapun yang produknya saya sebutkan dalam artikel ini.

Adapun indikator prediksi harga yang akan datang ini menggunakan formulasi perhitungan matematis secara linear dari algoritma vektor trigonometrik, berdasarkan sentimen pasar yang telah lalu. Tujuannya adalah untuk memprediksi harga yang akan datang. Tentu semua ini berfungsi sebagai bahan edukasi belaka dan wacana acuan trading, terutama dengan manajemen risiko yang cukup relevan sesuai gaya dan jiwa trading kita masing-masing.





Forum

Joko Nganglung (14 Feb 2019)

Bisakah dipakai di android?...  Kalo tidak bisa,  adakah cara lain untuk menentukan pola zig zag di android?..  Mohon pencerahan nya,  terimakasih 

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Indikator CCI Dukung Gold Sinyalkan Sell
Indikator CCI Dukung Gold Sinyalkan Sell
Jujun Kurniawan   23 Feb 2021   223  
Apa Itu Sistem Trading?

Mohon pencerahannya mengenai apa itu sistem trading dan jenis-jenisnya?

Panglo 2 Dec 2018

Reply:

M Singgih (04 Dec 2018 04:17)

@ Panglo:

Tidak ada jenis-jenis sistem trading. Sistem trading adalah kombinasi dari metode entry dan exit, strategi entry dan money management.

Metode entry dan exit menggunakan analisa teknikal, strategi entry bisa berdasarkan analisa teknikal atau analisa fundamental, sedang pengaturan money management terdiri dari risk management dan risk/reward ratio setiap kali entry. Agar dalam jangka panjang bisa profitable, risk/reward ratio setiap kali entry sebaiknya lebih besar dari 1:1.

Metode entry dan exit yang umum adalah kombinasi antara price action dan indikator. Misal terjadi bullish engulfing dan pada saat yang bersamaan kurva indikator MACD diatas kurva sinyal, maka bisa entry dengan open buy, dsb.

Strategi entry adalah cara yang Anda gunakan untuk entry. Untuk strategi entry yang berdasarkan analisa teknikal misalnya entry ketika pasar trending (strategi breakout), atau ketika terjadi bouncing (strategi buy the dip / sell the rally). Strategi entry yang berdasarkan analisa fundamental adalah entry beberapa saat setelah rilis news data berdampak tinggi.

Strategi mana yang Anda pilih tentunya tergantung dari keinginan dan kecocokan Anda, dan sebaiknya disesuaikan dengan type kepribadian Anda. Misal jika Anda cenderung agresif maka sebaiknya memilih strategi breakout, bukan strategi buy the dip sell the rally.

Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Kazuki   6 Jan 2021   192  
Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Kazuki   15 Oct 2020   311  
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Kazuki   19 Aug 2020   412  
Emas Berpotensi Koreksi Menuju Resisten 1
Emas Berpotensi Koreksi Menuju Resisten 1
Jujun Kurniawan   10 Aug 2020   401  
Harga Komoditas Dunia
Harga Komoditas Dunia
Sistem   5 Aug 2020   2763  
Outlook Mingguan Emas: Bullish Menuju Level 1248
Outlook Mingguan Emas: Bullish Menuju Level 1248
Joe Poe   17 Dec 2018   503  
Outlook Mingguan Emas: Daya Bullish Mulai Memudar
Outlook Mingguan Emas: Daya Bullish Mulai Memudar
Joe Poe   26 Nov 2018   602