Chart

6 Aplikasi Chart Kripto Terbaik untuk Trader Pemula
Nandini     25 Jan 2022
Untuk menganalisa pergerakan harga Bitcoin dan kripto lainnya, berikut rekomendasi 6 aplikasi chart kripto terbaik yang bisa Anda manfaatkan.
5 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Saham
Jujun Kurniawan     28 Oct 2019
Apakah Anda sudah memiliki situs penyedia chart gratis terbaik untuk analisa saham yang bisa diandalkan? Atau mungkin ingin mencari alternatif lain? Artikel ini menghadirkan 5 rekomendasi situs chart gratis terbaik yang bisa Anda cek.
3 Chart Pattern Terbaik Untuk Trading Kripto
Evan     28 Apr 2022
Mudahnya penerapan chart pattern membuat strategi ini kerap digunakan oleh para trader. Dari sekian banyak pola grafik, ada 3 jenis bentuk yang dianggap terbaik. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.
Kamus
Chart

Grafik yang menunjukkan pergerakan harga suatu aset finansial, bisa berupa Bar, Line, atau Candlestick. Chart pada forex merepresentasikan harga pembukaan (Open), tertinggi (High), terendah (Low), dan penutupan (Close).

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #chart

Ahmad ramdani   22 Jan 2019

Saya mau tanya, ada seorang trader yg mengatakan bahwa tekanan itu sangat berpengaruh dalan menentukan candle selanjutnya dlm timeframe 1 menit,, dan stuck pada candlestik merupakan sinyal pembalikan, benar atau tidak?

m singgih   24 Jan 2019

@ Ahmad ramdani:

Saya tidak mengerti istilah “tekanan” dan “stuck” pada candlestick. Mungkin bisa diberikan contoh.

Mengenai Time Frame 1 menit (M1), banyak trader yang tidak merekomendasikan untuk digunakan sebagai acuan time frame dalam trading, karena banyak mengandung noise atau kesalahan sinyal.
Untuk mengetahui trend jangka pendek, dianjurkan minimal melihat time frame 1 jam (H1). Untuk scalping, kebanyakan trader menggunakan time frame 5 menit (M5) hingga 30 menit (M30).

Reply >Lihat[1]
Desta adi   23 May 2017
Pada bulan Mei ini banyak sekali peristiwa peristiwa penting yg membuat ekonomi global goncang, penyebabnya di negara negara super power seperti Amerika,Inggris,Perancis,Jepang terjadi sesuatu yg tidak terduga efeknya saham bisa naik turun tidak terprediksi apalagi untuk trader AWAM seperti saya. Saya mohon bantuannya saya ingin belajar cara untuk memprediksi chart dengan simple dan mudah karena saya bermain trading dengan cara SCALPING terimaksih sebelumnya mohon bantuannya :)
m singgih   25 May 2017

@ Desta adi:

Ya, benar. Tetapi kalau untuk scalping tidak perlu melakukan analisa fundamental terlalu dalam, cukup tahu jadwal rilis data yang berdampak tinggi saja, dan hindari entry pada jam-jam rilisnya karena volatilitasnya akan tinggi dan tidak bisa diprediksi (unpredictable).

Untuk scalping Anda cukup melihat arah trend pada time frame trading (biasanya time frame rendah semisal 5 menit / M5), selain itu amati juga price action yang terbentuk sebagai sinyal ataupun konfirmator ketika entry. Bisa menggunakan 2 indikator moving average dan indikator oscillator (RSI atau stochastic).

Berikut ini contohnya:



Indikator yang digunakan terutama adalah exponential moving average (ema), gunakan ema 8 dan ema 21, parabolic SAR (setting default) dan RSI dengan periode 9. Prioritas untuk mengambil keputusan adalah pada kurva ema 8 (warna merah) dan ema 21 (biru). Jika kurva ema 8 diatas ema 21 maka open buy dan jika ema 8 dibawah ema 21 open sell. Indikator parabolic SAR dan RSI untuk konfirmator. RSI diatas level 50.0 maka buy dan dibawah 50.0 sell.

Penentuan level resistance dan support bisa digunakan Fibonacci retracement dari level high dan low terdekat. Amati juga price action-nya (misal pada contoh diatas buy ketika terbentuk bullish engulfing candle). Level target (take profit) tidak perlu tinggi karena kemungkinan pergerakan harga bisa cepat berubah.

Reply >Lihat[1]
Dyah Purnama   25 Jan 2022

Minta pencerahan kak, baru belajar. Kan banyak yg bilang kalau candlestick jauh lebih baik dari line chart, tapi kenapa di platform-platform kripto lebih banyak yg pakai line chart? biasanya harus diganti dlu bahkan beberapa tidak bisa diganti. Mengapa demikian ya?

Nur Salim   25 Jan 2022

@Dyah Purnama:

Lihat pada Platform mana? Umumnya memang kalau di halaman Home atau awal tampilan atau pergerakan harga kripto hanya akan menampilkan Line Chart. Tujuannya tentu saja agar para user baru yang mengakses Platform lebih nyaman dan tidak ada tekanan karena harga Candlestick sekilas tampak lebih ribet. Selain itu, ada juga kepentingan orang-orang yang hanya perlu tahu posisi dan kondisi harga saat ini, dan tidak tertarik melihat pergerakannya secara detail.  Ini juga mengapa pada sebagian Platform bahkan harga hanya ditampilkan dalam bentuk bola yang berwarna hijau/merah yang menandakan kondisi ringkas market saat itu. Contohnya pada halaman harga kripto kami berikut:

btc-usd-1

Betul, Candlestick Chart memang lebih unggul daripada Line Chart secara umum. Hanya saja masing-masing tetap memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Contohnya misal kita ingin mencari level SNR, dalam kasus ini akan lebih mudah melihatnya dengan Line Chart karena tidak komponen harga lain seperti Open, High, Low, yang bisa mengganggu objektifitas. Kalau ingin melihat struktur harga dengan detail, Candlestick menawarkan pola-pola yang jelas dan teruji untuk kepentingan analisa pergerakan harga ini. Contohnya dapat dilihat pada gambar grafik berikut BTC/USD yang memanfaatkan gabungan antara SMA 50 dan pola Candlestick Pin Bar:

pin-bar-1

Reply >Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #chart

  Praditya Putra   |   24 Mar 2012   |   Reply   |   Artikel
Sebenernya trading jangka pendek kayak gini bener nggak sih? Kok dikata cuman pengen masuk karena tangannya gatel lihat chart atau udah puas dapet profit yang dikit aja? Ini kesannya jadi trading jangka pendek ini kayak kurang bener ....
  Iwan Syarifudin   |   8 Apr 2012
metode-metode trading saya rasa tidak ada yang benar ataupun salah. yang bisa dikatakan benar atau salah adalah cara melakukan tradingnya. apakah trader bisa disiplin dengan aturan pada metode itu, atau apakah metode itu sudah sesuai dengan kepribadiannya.

contohnya seperti ini, seorang scalper yang merasa sudah sangat cocok dengan gaya trading scalping, bisa meraih profit secara konsisten dan selalu menerapkan aturan-aturan tradingnya dengan disiplin, ini adalah cara trading yang benar.

sebaliknya, seorang scalper kadang masih suka menahan posisi tradingnya dalam waktu yang lama, dan kurang yakin apakah ini sebenarnya cocok dengan gaya tradingnya, tapi masih memilih trading dengan cara seperti ini, ini adalah cara trading yang tidak benar.

pada akhirnya ini akan terlihat di profit rata-rata yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. jadi jangkan khawatirkan apakah trading jangka pendek, menengah, atau jangka panjang itu benar atau salah, tapi cukup ambil yang sekiranya sesuai dengan gaya dan kemampuan, lalu uji apakah itu bisa mendatangkan profit yang diharapkan.
  Rifs Musz   |   12 Jul 2014   |   Reply   |   Artikel
Gimana carax trading tanpa indikator? Mungkin maksudx tanpa indikator teknis yang bisa dipasang diplatform kali... Tiap komponen yang dipake patokan untuk trading kayak candle atau bahkan berita fundamental juga disebut sebagai indikator, jadi trading tanpa indikator ya bisa-bisa sama sekali g liat apa2, cuma langsung order aja begitu buka platform, kalau masih lihat candle atau pola chart ya sama aja boong, itu kan juga indikator.
  Priyadi   |   20 Nov 2015   |   Reply   |   Artikel
bagaimana cara mengetahui trend akan kuat atau tidak? karena katanya kalau trend lemah maka harga akan sideways dan banyak salah sinyal. apa dengan melihat trend di chart saja sudah cukup? atau kita harus menggabungkan dengan analisa fundamental
  M Singgih   |   17 Mar 2016
@Priyadi: Kekuatan trend bisa dilihat dari indikator MACD dan ADX. Trend akan melemah jika kurva indikator MACD dan kurva sinyal mulai berimpit, dan garis histogram indikator ADX berada dibawah level 25.

Sebaliknya trend akan kuat jika jarak antara kurva MACD dan sinyal makin lebar, dan garis histogram indikator ADX berada diatas level 25. Berikut contoh pada EUR/USD daily:


Mengenai faktor fundamental, jika Anda trading pada time frame H1 (1 jam) atau H4 (4 jam) cukup hindari saat-saat rilis data berdampak tinggi atau peristiwa berdampak tinggi. Namun jika trading pada time frame daily analisa fundamental jangka panjang perlu dipertimbangkan.
  Fathia   |   1 Feb 2021   |   Reply   |   Artikel

Tidak ada pola paling baik, atau paling menguntungkan. Ada pola yang cocok untuk pasar volatile, ada yang cocok dipakai saat pasar bullish, dan sebagainya. Kadang, chart pattern digunakan di trading bentuk candlestick untuk melihat pembukaan dan penutupan pasar sebelumnya.

  Gayatri   |   1 Feb 2021   |   Reply   |   Artikel

Jadi chart pattern ga bisa diandalkan dong?

  Rino   |   1 Feb 2021

Chart pattern berguna untuk memahami bagaimana dan kenapa suatu aset bergerak ke arah tertentu karena ia bisa menghighlight area support dan resisten, yang dapat membantu trader membuka open or long position. Apa trader mau open, atau ada tren pembalikan.

  Andin   |   12 Aug 2021   |   Reply   |   Artikel

Terima kasih atas infonya..
Saya pemula, apakah ada info artikel untuk cara membaca chart
Terima kasih

  Rama K   |   12 Aug 2021

Coba ke link berikut ini kak..

3 Pola Chart Terbaik untuk Day Trading
Damar Putra     23 Oct 2021
Tak ingin gagal Day Trading gara-gara tak punya strategi matang? Teknik trading dengan tiga pola chart terbaik ini mungkin bisa jadi solusi.
Cara Menggunakan TradingView Sebagai Chart Analisa Kripto
Nandini     17 Aug 2021
TradingView merupakan salah satu tools yang sangat bermanfaat bagi trader berbagai aset keuangan, tak terkecuali kripto. Simak cara penggunaan Tradingview dalam aktivitas trading kripto Anda di sini.
10 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Kripto
Nandini     21 Apr 2021
Sedang mencari chart gratis terbaik untuk kripto? Atau sedang membutuhkan chart tambahan sebagai bahan pembanding ketika menganalisa harga kripto? Berikut rekomendasi 10 chart gratis terbaik untuk analisa kripto.
Teknik Analisa Chart Pattern Dalam Strategi Trading Forex
Wiji Purnama     8 Mar 2017
Apa manfaat teknik chart pattern bagi strategi forex trading Anda? Temukan ulasan lengkap mengenai jenis dan penggunaan chart pattern di sini.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip