PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) akan membagikan dividen senilai Rp2.5 miliar dari laba tahun buku 2023, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengalami penurunan kinerja keuangan pada kuartal I/2024, pendapatannya berkurang 10.49% secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -4.20%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) -2.90%, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) -2.60%, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.49% ke 7,120, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

11 Cicilan Tanpa Kartu Kredit Yang Terdaftar OJK

Yuvita 17 Dec 2021
Dibaca Normal 13 Menit
bisnis > kredit >   #kartu-kredit   #kredit   #ojk
Beli barang untuk usaha tidak lagi harus dengan modal besar. Anda bisa memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK ini.

DI

Anda punya beberapa wishlist, tapi terhalang dana? Atau ingin buka usaha tapi belum ada modal? Saat ini, kartu kredit bisa menjadi solusi untuk memulai usaha. Sudah ada banyak sekali perusahaan fintech yang memiliki layanan cicilan tanpa kartu kredit dan tentunya aman untuk digunakan karena terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Tapi, sebelum menggunakan layanan tersebut, pastikan Anda sudah mengetahui jenis pinjaman hingga denda yang harus dibayarkan apabila telat membayar. Jadi untuk mendapatkan manfaat dari pinjaman tanpa kartu kredit, pahami dulu jenis layanannya.

 

Kenali Layanan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Sebagai pengguna layanan keuangan yang bijak, pasti Anda akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang Anda inginkan. Salah satu layanan fintech yang sangat digemari oleh generasi muda adalah layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Memutar kondisi keuangan terkadang memang perlu nekat, tetapi pastikan juga tidak akan menjerat. Mungkin Anda sudah dan cukup sering mendengar istilah Paylater?

cicilan tanpa kartu kredit

Cara kerja cicilan tanpa kartu kredit ini cukup sama dengan Paylater. Anda bisa mendapat barang yang diinginkan dan membayar cicilan pokok serta bunganya di kemudian hari. Namun, yang membedakan antara keduanya adalah tenor pinjamannya.

Jika Paylater yang umumnya dapat Anda temui pada pilihan pembayaran e-commerce hanya menyediakan tenor untuk 30 hari dengan limit cicilan tiga bulan, cicilan tanpa kartu kredit justru mempunyai tenor pinjaman yang lebih panjang.

Perusahaan fintech memang sengaja merancang layanan cicilan tanpa kartu kredit guna meringankan nasabahnya dalam membayar cicilan yang dirasa terlalu berat. Jadi, membeli kamera, laptop, smartphone, atau barang lainnya yang akan mendukung usaha bisnis tidak lagi harus menunggu uang terkumpul.

Simak juga: Paylater vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?

 

Kelebihan Dan Risiko Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Setelah mengetahui layanan pinjaman tanpa kartu kredit, pahami juga kelebihan dan risiko yang akan Anda temui agar tidak terjerat utang yang berlebihan.

Kelebihan

  • Proses untuk mengajukan pinjaman jauh lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman kartu kredit yang bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.
  • Syarat yang diminta lebih sederhana; hanya dengan verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP), seseorang bisa mengajukan pinjaman.
  • Tidak perlu mengeluarkan uang DP.
  • Umumnya Bank Indonesia (BI) tidak akan melakukan checking pada rekam jejak calon peminjam.
  • Dibanding dengan kredit yang diajukan pada bank, perusahaan fintech biasanya akan membuat kerjasama dengan merchant sehingga potongan harga cicilan akan jauh lebih besar.

 

Risiko

  • Data peminjam menjadi lebih berisiko, oleh karena itu pastikan aplikasi yang akan Anda gunakan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK).
  • Tidak menunjukkan batas limit pinjaman. Jika tidak bijak menggunakannya, Anda bisa terkejut dengan banyaknya tagihan yang tiba-tiba muncul.
  • Bunga yang akan dibayar bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kredit dari bank.

cicilan kartu kredit dan bank

 

Inilah 11 Perusahaan Penyedia Pinjaman Tanpa Kartu Kredit

Berbagai macam penyedia jasa pinjaman tanpa kartu kredit sudah banyak dan sangat mudah ditemui. Namun, tidak semuanya telah terdaftar di OJK. Agar identitas Anda tidak disebarluaskan atau menerima teror saat mengalami kesulitan untuk membayar cicilan, pelajari terlebih dahulu penyedia layanan tersebut.

Penting bagi calon peminjam seperti Anda untuk mengetahui perusahaan mana saja yang telah terdaftar di OJK. Berikut adalah 11 contohnya:

 

1. Kredivo

Perusahaan fintech pertama adalah Kredivo yang selain memberikan layanan pinjaman tanpa kartu kredit, juga menyediakan layanan pinjaman berupa tunai. Saat ini, Kredivo sudah tersedia di lebih dari 350 merchant online maupun offline, sehingga Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Kredivo menawarkan beberapa pilihan pembayaran dalam 30 hari atau dicicil dalam waktu 3, 6, dan 12 bulan. Yang menguntungkan dari Kredivo adalah adanya limit pinjaman hingga Rp30 juta. Jadi untuk Anda yang takut boros, Kredivo tentu bisa menjadi pilihan untuk meminjam uang tanpa kartu kredit.

Apabila pengajuan pinjaman Anda disetujui, nantinya Anda akan mendapat bunga sekitar 2.95% untuk jenis transaksi cicilan. Jika terlambat membayar tagihan cicilan, Anda akan dikenakan denda sebanyak 3% setelah lewat jatuh tempo.

cicilan tanpa kartu kredit kredivo

Proses pembayaran cicilan Kredivo juga semakin mudah karena dapat dilakukan menggunakan Bank, e-commerce, bahkan Indomaret maupun Alfamart. Untuk bisa mengakses layanan Kredivo, langsung saja download aplikasi Kredivo melalui PlayStore untuk mengajukan pinjaman. Berikut syarat yang harus Anda lengkapi untuk mendaftar:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan.

 

2. Cicil

Kebutuhan mahasiswa tidak bisa dibilang sedikit, apalagi ketika kuliah masih dilakukan secara online. Jika Anda maupun kerabat membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi atau handphone yang memadai, Anda tidak perlu lagi khawatir meski masih berstatus mahasiswa dan belum memiliki penghasilan tetap.

Baca juga: Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Layanan yang ditawarkan oleh Cicil tidak memiliki bunga melainkan biaya margin. Biaya margin ini akan dihitung dari harga barang yang Anda beli, DP yang Anda berikan, serta profil Anda. Kemudian Cicil akan membebankan cicilan flat tiap bulannya sesuai dengan tenor yang Anda sepakati.

Salah satu hal yang menarik ketika menggunakan Cicil adalah Anda bisa melihat simulasi cicilan pada aplikasi Cicil. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda hanya perlu menyalin kemudian menempel link barang yang Anda inginkan pada aplikasi Cicil.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan Cicil

  • WNI dan mahasiswa aktif di universitas.
  • Mengisi profil data pribadi sesuai dengan KTP/SIM/Surat identitas valid.
  • Melampirkan data akademis (IPK, nilai, dsb.) dan Kartu Mahasiswa.

 

3. BRI Ceria

Meskipun termasuk institusi keuangan konvesional, BRI telah membuka layanan pinjaman tanpa kartu kredit berupa BRI Ceria, yang memanjakan nasabahnya dengan total limit pinjaman mencapai 20 juta dengan tenor 12 bulan. Bunganya pun tergolong rendah yaitu hanya 1.42% per bulan.

Simak Juga: Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjaman

Layanan BRI Ceria dapat Anda nikmati di berbagai macam e-commerce yang sudah dan akan bekerjasama dengan pihak Bank BRI. Beberapa situs online travel juga tercakup dalam layanan ini. Bahkan, Anda tidak akan dikenakan biaya admin bulanan jika mengajukan cicilan tanpa kartu kredit dengan BRI Ceria.

Untuk mendapatkan layanan ini, Anda bisa download aplikasi CERIA yang ada di PlayStore dan mengikuti petunjuk yang ada.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman di BRI Ceria

  • Memiliki e-KTP
  • Nasabah tabungan Bank BRI
  • Berusia minimal 21 tahun
  • Memiliki smartphone Android minimal versi 4.0 Kitkat dan jaringan internet

 

4. Awan Tunai

Jika Anda merupakan seorang pengusaha yang tidak lagi berskala kecil dan membutuhkan dana untuk membeli stok barang, AwanTunai bisa menjadi alternatif aman untuk mendapatkan cicilan tanpa kartu kredit.

Setelah melakukan pengajuan pinjaman pada aplikasi Awan Tunai dan pengajuan Anda disetujui, pembayaran bisa dilakukan pada toko yang bekerjasama dengan Awan Tunai. Limit pinjaman yang ditawarkan cukup besar, yakni hingga 200 juta. Sementara itu, biaya admin dipatok hingga 4% per bulan.

Jika limit pinjaman 200 juta terlalu tinggi untuk Anda, Anda dapat memperoleh pinjaman untuk membeli barang di toko dan mitra Awan Tunai sebesar 3 juta dengan tenor 9 bulan.

Baca juga: Empat Pertimbangan Sebelum Mengambil Kredit Usaha

Apabila di kemudian hari Anda terlambat membayar cicilan yang telah dipilih, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebanyak Rp50,000 per cicilan terhitung pada hari pertama keterlambatan dari tanggal jatuh tempo. Meski demikian, total denda yang akan Anda bayarkan tidak akan lebih dari 20% dari total jumlah pinjaman.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan Awan Tunai

  • WNI berusia 21 – 65 tahun
  • Memiliki KTP
  • Berada di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Denpasar dan Bandung

 

5. Indodana

Pada awal mengajukan pinjaman, Anda akan mendapat limit senilai Rp8 juta yang bisa dicicil dalam pilihan waktu 3 atau 6 bulan saja. Apabila Anda dinilai rajin membayar tepat waktu selama menggunakan cicilan tanpa kartu kredit Indodana, pihak perusahaan akan melakukan penambahan limit pinjaman sebagai bentuk reward karena telah menjadi nasabah yang bertanggungjawab.

cicilan tanpa kartu kredit indodana

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman di Indodana

  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berdomisili dan bekerja di daerah Jabodetabek, harus dapat dihubungi melalui alamat tempat tinggal maupun kantor.

 

6. Akulaku

Perusahaan fintech lainnya yang juga menyediakan pinjaman tanpa kartu kredit adalah Akulaku. Akulaku akan memberikan pinjaman lebih dari Rp15 juta dengan tenor 15 bulan dan bunga harian hanya 0.9%.

Kunjungi juga: Perbandingan Bunga P2P Lending

Saat ini, pembayaran menggunakan Akulaku bisa Anda temui tidak hanya ketika membeli barang pada situs e-commerce, namun juga terdapat pada beberapa merchant offline.

Proses pendaftaran dan pengajuannya juga mudah, di mana Anda dapat mengikuti petunjuknya setelah download aplikasi Akulaku di PlayStore.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman di Akulaku

  • WNI dengan minimal usia 23 tahun
  • Harus berdomisili atau bertempat tinggal di Jabodetabek, Jawa barat, Jawa Timur, Jawa tengah, dan Yogyakarta
  • Memiliki penghasilan tetap

 

7. Gojek Paylater

Perusahaan Gojek bekerjasama dengan Findaya dalam memberikan layanan Gojek Paylater pada setiap pengguna aplikasi Gojek. Bahkan metode pembayaran menggunakan Gojek Paylater sudah cukup banyak ditemui pada hampir semua merchant yang ada.

Jika fitur Paylater pada aplikasi Gojek Anda belum aktif, Anda bisa mengaktifkannya dengan mudah melalui klik "Aktifkan PayLater" yang ada pada menu GoPay. Selanjutnya, Anda cukup mengikuti instruksi yang ada pada aplikasi Gojek. Pada saat melakukan pembayaran, Anda hanya perlu memilih opsi pembayaran Paylater ketika melakukan check out.

 

8. OVO Paylater

Salah satu kompetitor Gojek yaitu OVO juga menyedikan layanan Paylater yang juga sangat umum untuk ditemui pada banyak merchant. Dengan kredit limit yang telah ditentukan dan banyaknya jumlah cashback yang akan didapat oleh penggunanya, OVO Paylater saat ini sukses menjadi salah satu favorit bagi pengguna cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli barang yang diinginkan.

Simak Juga: Tips Aman Belanja Online Dengan Kredit

Untuk saat ini, pihak OVO akan memberikan limit pinjaman maksimal Rp10 juta dengan tenor 1, 3, 6, dan 12 bulan. Adapun biaya admin dari merchant sebesar 5% dari jumlah transaksi, sementara bunga kreditnya sekitar 2.2% hingga 2.9% per bulan.

Apabila Anda telat membayar cicilan, pihak OVO akan memberikan denda berupa bunga 0.1% per hari dari sisa tagihan yang jatuh tempo.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan OVO Paylater

  • Harus memiliki aplikasi OVO di ponsel.
  • Pastikan bahwa akun OVO di ponsel Andq berusia minimal 4 bulan dan telah upgrade akun ke OVO Premier.

Saat ini, OVO PayLater baru melayani pengguna di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Solo, dan Malang.

 

9. Shopee Paylater

Pasti sudah cukup sering mendengar aplikasi belanja online bernama Shopee, kan? Sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance mneyediakan layanan pinjaman tanpa kartu kredit dengan nama Shopee PayLater.

Karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, layanan cicilan Shopee PayLater tentu aman untuk digunakan. Awal menggunakan fitur ini, Anda akan mendapat tawaran limit sebesar Rp750,000 dan bisa ditingkatkan hingga mencapai lebih dari 10 juta apabila pihak Shopee merasa Anda adalah nasabah yang bijak.

Fitur ini hanya diberikan pada pengguna terpilih. Jika Anda termasuk pengguna yang sering menggunakan Shopee, Anda bisa mengaktifkan layanan ini pada halaman menu, kemudian klik Shopee PayLater dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Bunga yang ditawarkan oleh Shopee berkisar antara 0% hingga 2.95% setiap bulan, dengan tanggal jatuh tempo setiap tanggal 5 atau 11. Apabila Anda terlambat membayar cicilan, Anda akan menerima notifikasi dari pihak Shopee dan dikenai denda Rp300,000 jika limit pinjaman di bawah 10 juta. Sementara untuk limit pinjaman di atas Rp10 juta, dendanya adalah senilai Rp1 juta.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan ShopeePaylater

  • Menginstall aplikasi Shopee versi terbaru
  • Sudah mengaktifkan dan verifikasi ShopeePay
  • Akun sudah aktif lebih dari 3 bulan
  • WNI berusia minimal 17 tahun dan telah memiliki KTP

 

10. Traveloka Paylater

Jalan-jalan bersama keluarga atau sendiri tidak perlu lagi bingung dengan masalah keuangan. Pasalnya, aplikasi Traveloka telah menyediakan layanan Traveloka Paylater, sehingga Anda bisa menikmati staycation yang ada pada list produk aplikasi Traveloka tanpa perlu menunggu sampai uang terkumpul lebih dulu.

Baca juga: Cara Menabung Dari Rumah yang Aman dan Menguntungkan

Pastikan Anda telah memiliki aplikasi Traveloka versi terbaru untuk mendapatkan layanan ini. Anda hanya perlu membuka aplikasinya dan pilih menu TravelokaPay kemudian klik Paylater. Biasanya, proses verifikasi pengajuan cicilan ini memakan waktu 1 jam kerja saja.

cicilan tanpa kartu kredit kredivo

Setelah pengajuan Anda diterima oleh pihak Traveloka, Anda bebas untuk memilih segala jenis produk yang ada pada Traveloka dan membelinya dengan memilih opsi pembayaran Paylater. Namun, opsi Paylater tidak berlaku untuk produk pembayaran tagihan serta top-up pulsa.

Selain proses pengajuan yang cepat dan mudah, kelebihan lain dari Traveloka Paylater adalah penggunanya tidak akan dikenakan biaya tambahan lain seperti fee tahunan dan uang muka. Jadi, Anda dapat dengan mudah menikmati produk yang tersedia dan membayarnya kemudian.

Selain itu, Anda juga akan mendapat limit pinjaman hingga Rp50 juta dengan bunga yang cukup ringan, antara 2.14% hingga 4.78% per bulan.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan Traveloka Paylater

  • WNI berusia antara 21 hingga 70 tahun
  • Memiliki KTP yang valid
  • Mengunduh Traveloka App versi 2.19 ke atas

 

11. Tokopedia Paylater

Berbeda dengan Shopee, Tokopedia Paylater tidak memiliki fasilitas pinjaman yang diberikan oleh perusahaan itu sendiri. Pinjaman tanpa kartu kredit yang diberikan oleh perusahaan e-commerce ini lebih menekankan pada kerjasama antar beberapa layanan cicilan.

Contoh fintech yang bekerjasama dengan Tokopedia dalam menyediakan layanan Paylater adalah Kredivo, Home Credit, BRI Ceria, dan OVO Paylater. Maka dari itu, jika Anda berkenan untuk mendapatkan fitur pinjaman tanpa kartu kredit saat berbelanja menggunakan Tokopedia, pastikan Anda telah membuat akun pada salah satu aplikasi fintech tersebut.

Baca juga: Trend Bisnis Fintech yang Wajib Diketahui

 

Usahakan Membayar Tepat Waktu

Merasa takut jika gagal membayar sesuai dengan tenor yang disepakati adalah hal lumrah. Untuk itu, pahami kebijakan penyedia cicilan dan ikuti peraturannya dengan baik. Perlu diketahui, setiap fintech memiliki kebijakannya masing-masing. Beberapa bentuk penagihannya antara lain:

  1. Melakukan telepon ke keluarga atau ke nomor Anda.
  2. Mengirim notifikasi melalui email/SMS/aplikasi yang digunakan.
  3. Memberi peringatan melalui pihak ketiga sesuai dengan hukum yang berlaku.
  4. Melakukan verifikasi alamat atau meminta detail kontak peminjam dari penjual yang dapat dilihat melalui transaksi terakhir.
  5. Pada beberapa perusahaan fintech, apabila seorang nasabah tidak melunasi dalam jangka waktu 60 hari, perusahaan memiliki hak untuk melibatkan pihak ketiga untuk mendapatkan uang yang dipinjamkan.

Cukup menakutkan, bukan? Untuk itu, usahakan menjadi peminjam yang bertanggungjawab dengan membayar cicilan tepat waktu dan meminjam sesuai dengan kemampuan, ya!

 

Pada dasarnya, Anda bebas memilih produk cicilan tanpa kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, asal jangan lupa untuk selalu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Ketahui juga bagaimana cara untuk lepas dari beban kredit agar tidak memberatkan Anda terlalu lama.

Terkait Lainnya
 
PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) akan membagikan dividen senilai Rp2.5 miliar dari laba tahun buku 2023, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengalami penurunan kinerja keuangan pada kuartal I/2024, pendapatannya berkurang 10.49% secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -4.20%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) -2.90%, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) -2.60%, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.49% ke 7,120, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

USD/CAD: Area Support di level 1.3600 memegang kunci menjelang PDB kuartal pertama AS, 19 jam lalu, #Forex Teknikal

Schnabel, ECB: Bank sentral paling mengkhawatirkan upah dan jasa, 19 jam lalu, #Forex Fundamental

XAU/USD turun efek meredanya konflik timur tengah, 19 jam lalu, #Emas Fundamental

EUR/USD bergerak lebih tinggi karena data AS mengecewakan, 19 jam lalu, #Forex Fundamental

Pound Sterling bergerak lebih tinggi di tengah optimisnya prospek Inggris dan penurunan dolar As, 19 jam lalu, #Forex Fundamental

Pertumbuhan Ekonomi akan tetap kuat, meskipun melambat dari kuartal IV, 19 jam lalu, #Forex Fundamental

EUR/JPY terus naik di atas level 166.50 di tengah kondisi jenuh beli, 19 jam lalu, #Forex Teknikal

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan penjualan bersih sebesar Rp10.07 triliun, turun 4.95% YoY, 1 hari, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -10%, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) -2.16%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -1.77%, 1 hari, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.33% ke 7,151, 1 hari, #Saham Indonesia

PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mengungkapkan proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar 51% untuk tahun 2024, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Maaf, gue agak bingung dah dngn pertanyaan agan. Tpi yg gue tangkap yaa, mngkn maksud pertanyaan agan adalah apakah bisa mengganti syarat upload KTP dengan yang lainnya ya? Untuk KTP itu adalah syarat mutlak. Krna memuat NIK agan, sehingga bisa dicek status kependudukan juga. Dan ini syarat mutlak yg ditentukan oleh BAPPEBTI. Mengenai data alamat, itu bisa menggunakan dokumen lain asalkan alamat nya sama. Misalkan klu tagihan listrik agan hilang, maka tagihan kartu kredit bisa digunakan.

Pokoknya intinya utk identitas itu klo ga salah wajib harus pake KTP ato utk orang luar itu make nya KIPEM.

 Yusuf |  10 Jul 2023
Halaman: Cara Verifikasi Akun Trading Di Broker Maxco

Bntu jawab. Utk syarat2 mahh kyak biasa sihh, harus ada KTP, NPWP ama bukti alamat. Dan jelas lahh klo sampai ada NPWP berarti minimal umur yg diperbolehkan utk trading adalah di umur 18 tahun. Dibawah itu, ya ga bsa buka akun live gan, tetapi klo utk akun demo itu bisa banget kok. Jd bsa bagnet latian dlu sambil nggu legal age 18 tahun utk buka akun live.

Mengenai alamat, biasanya kita harus menyertakan bukti alamat seperti taguihan listrik, tagihan kartu kredit maupun tagihan air utk buktiin alamat kita itu real. Oh iya, jngn lupa perlu rekening tabungan yaa agar bsa melkukan withdrawal nantinya. Selengkapnya buka akun di GKInvest baca di : Cara Buka Akun Di Broker GKInvest

 Larson |  14 Jul 2023
Halaman: Tips Memilih Akun Trading Terbaik Di Gkinvest

Seharusnya ga ada kak. BI Checking kan dilakukan untuk mengecek apakah skor kredit kakak layak ato ga utk mendapatkan pinjaman. Klu urusan broker kan adalah trading dmana broker ga meminjamkan uang ke kakak, dan dana yg kakak pake kan 100% dari kakak. Cuma gini, terkadang broker ada juga yg melakukan BI Checking klu emang dirasa perlu. Misalkan aja utk mnyelidiki keuangan kakak apakah layak utk melakukan trading ato ga, krna sepengalaman aku, ketika proses KYC melalui telepon, emang di tanya kondisi keuangan kita secara singkat, misalkan kakak usaha apa terus dipastikan uang utk trading itu berasal dari uang dingin ato uang yg ga kepake.

Tpi secara umum, setau aku, BI Checking itu ga perlu dilakukan sihh ama broker meski broker bsa melaukannya krna ada data diri kakak di mereka.

 Ardianto |  1 Aug 2023
Halaman: Trading Anda Bermasalah Di Mifx Ikuti Panduan Ini

Handarlin: bntu jwb ya min

Sbg lngkah awal utk memulai investasi saham km hrs memilih perusahaan sekuritas, perusahaan ini mrpkan perantara bg km yg akan bertransaksi saham, baik itu jual atau beli termasuk dlm membuka rekening di Bursa Efek Indonesia (BEI). jgn lupa yg udah terdaftar di OJK ya..

Trus stlah itu km hrs buka rekening dana nasabah (RDN) dg menyiapkan KTP, NPWP, buku tabungan, kemudian isi formulir dan utk setoran awalnya mulai dr 100rb smp 3 jt.

Nah skrg km tinggal pilih2 saham yg mau km beli klo udah km tentukan brp jumlah shm yg mau km beli. Di indonesia minimal pembelian 1 lot atau setara dg 100 lmbar saham.

Dan yg paling pntng km hr pantau dl pergeakan hrga di pasar saham, shg km bs tau kapan waktu yg tepat utk membeli atau menjual saham nantinya. slmt mncoba

 Pipin |  7 Sep 2023
Halaman: Trik Jitu Membeli Saham Yang Baru Melantai

Martha: hai kak...

jd gini kak, sbnrnya reksadana itu sederhananya mrpkan tmpat dana kolektif dr bbrapa org atau investor yg kmudian dikelola utk investasi.

bntuk investasinya mcem2 kak, bs deposito, obligasi, atau saham melalui prusahaan manager investasi yg lgsung diawasi oleh OJK.

nah di perusahaan investasi itu ada org yg sangat ahli dan bersertifikasi dan dipercaya utk mengelola kumpulan dana investasi.

Nah untuk memulai investasi mungkin kakak bs belajar investasi reksadana di sini

sebenernya gak perlu pake ribet kok klo mau investasi reksadana, apalagi saat ini udah bnyk aplikasi online yg nyediain fitur investasi reksadana, tinggal klik aja dan gak perlu modal yg banyak.

klo masalah untung atau rugi sbnrnya semua jenis investasi sama kok, bisa untung dikit, untung banyak, bahkan bisa rugi jd wlpun msh pmula gak perlu takut deh kak utk coba inves reksadana.

 Okky |  15 Sep 2023
Halaman: Peluang Investasi Saat Dolar As Melemah

Nina: gw mau nambhin jwbn ya min, ttg managar investasi.

Manager invstasi mrupakn pihak atau perusahaan yg mengelaola portofolio efek utk pr nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif utk sklompok nasabah kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun dan bank yg melakukan sendiri kegiatan usahanya.

Nah manager investasi ini diawasi langsung oleh OJK jadi ketika ada orang yg berinvestasi reksadana tidak perlu khawatir dengan keamanan investasinya.

Untuk masalah keamanan jika kakak mau investasi reksadana melalui aplikasi online, kakak jg gak perlu khawatir kok, karena perusahaan yang menyediakan investasi via online itu jg sdh diawasi oleh OJK jadi dijamin aman. thanks.

 Cahya |  19 Sep 2023
Halaman: Potensi Keuntungan Investasi Reksadana
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.05% 8.30% 7.30%
BCA 7.90% 8.10% 7.20%
Mandiri 8.05% 8.30% 7.30%
BTN 8.05% 8.30% 7.30%
OCBC NISP 8.25% 8.75% 8.00%
BTPN 7.64% 10.36% -
Danamon 8.50% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.30%
HSBC Indonesia 7.00% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Kirim Komentar Baru