11 Cicilan Tanpa Kartu Kredit Yang Terdaftar OJK

Yuvita 17 Dec 2021Dibaca Normal 13 Menit
bisnis>kredit>   #kartu-kredit   #kredit   #ojk
Beli barang untuk usaha tidak lagi harus dengan modal besar. Anda bisa memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK ini.

Anda punya beberapa wishlist, tapi terhalang dana? Atau ingin buka usaha tapi belum ada modal? Saat ini, kartu kredit bisa menjadi solusi untuk memulai usaha. Sudah ada banyak sekali perusahaan fintech yang memiliki layanan cicilan tanpa kartu kredit dan tentunya aman untuk digunakan karena terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Tapi, sebelum menggunakan layanan tersebut, pastikan Anda sudah mengetahui jenis pinjaman hingga denda yang harus dibayarkan apabila telat membayar. Jadi untuk mendapatkan manfaat dari pinjaman tanpa kartu kredit, pahami dulu jenis layanannya.

 

Kenali Layanan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Sebagai pengguna layanan keuangan yang bijak, pasti Anda akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang Anda inginkan. Salah satu layanan fintech yang sangat digemari oleh generasi muda adalah layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Memutar kondisi keuangan terkadang memang perlu nekat, tetapi pastikan juga tidak akan menjerat. Mungkin Anda sudah dan cukup sering mendengar istilah Paylater?

cicilan tanpa kartu kredit

Cara kerja cicilan tanpa kartu kredit ini cukup sama dengan Paylater. Anda bisa mendapat barang yang diinginkan dan membayar cicilan pokok serta bunganya di kemudian hari. Namun, yang membedakan antara keduanya adalah tenor pinjamannya.

Jika Paylater yang umumnya dapat Anda temui pada pilihan pembayaran e-commerce hanya menyediakan tenor untuk 30 hari dengan limit cicilan tiga bulan, cicilan tanpa kartu kredit justru mempunyai tenor pinjaman yang lebih panjang.

Perusahaan fintech memang sengaja merancang layanan cicilan tanpa kartu kredit guna meringankan nasabahnya dalam membayar cicilan yang dirasa terlalu berat. Jadi, membeli kamera, laptop, smartphone, atau barang lainnya yang akan mendukung usaha bisnis tidak lagi harus menunggu uang terkumpul.

Simak juga: Paylater vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?

 

Kelebihan Dan Risiko Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Setelah mengetahui layanan pinjaman tanpa kartu kredit, pahami juga kelebihan dan risiko yang akan Anda temui agar tidak terjerat utang yang berlebihan.

Kelebihan

  • Proses untuk mengajukan pinjaman jauh lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman kartu kredit yang bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.
  • Syarat yang diminta lebih sederhana; hanya dengan verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP), seseorang bisa mengajukan pinjaman.
  • Tidak perlu mengeluarkan uang DP.
  • Umumnya Bank Indonesia (BI) tidak akan melakukan checking pada rekam jejak calon peminjam.
  • Dibanding dengan kredit yang diajukan pada bank, perusahaan fintech biasanya akan membuat kerjasama dengan merchant sehingga potongan harga cicilan akan jauh lebih besar.

 

Risiko

  • Data peminjam menjadi lebih berisiko, oleh karena itu pastikan aplikasi yang akan Anda gunakan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK).
  • Tidak menunjukkan batas limit pinjaman. Jika tidak bijak menggunakannya, Anda bisa terkejut dengan banyaknya tagihan yang tiba-tiba muncul.
  • Bunga yang akan dibayar bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kredit dari bank.

cicilan kartu kredit dan bank

 

Inilah 11 Perusahaan Penyedia Pinjaman Tanpa Kartu Kredit

Berbagai macam penyedia jasa pinjaman tanpa kartu kredit sudah banyak dan sangat mudah ditemui. Namun, tidak semuanya telah terdaftar di OJK. Agar identitas Anda tidak disebarluaskan atau menerima teror saat mengalami kesulitan untuk membayar cicilan, pelajari terlebih dahulu penyedia layanan tersebut.

Penting bagi calon peminjam seperti Anda untuk mengetahui perusahaan mana saja yang telah terdaftar di OJK. Berikut adalah 11 contohnya:

 

1. Kredivo

Perusahaan fintech pertama adalah Kredivo yang selain memberikan layanan pinjaman tanpa kartu kredit, juga menyediakan layanan pinjaman berupa tunai. Saat ini, Kredivo sudah tersedia di lebih dari 350 merchant online maupun offline, sehingga Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Kredivo menawarkan beberapa pilihan pembayaran dalam 30 hari atau dicicil dalam waktu 3, 6, dan 12 bulan. Yang menguntungkan dari Kredivo adalah adanya limit pinjaman hingga Rp30 juta. Jadi untuk Anda yang takut boros, Kredivo tentu bisa menjadi pilihan untuk meminjam uang tanpa kartu kredit.

Apabila pengajuan pinjaman Anda disetujui, nantinya Anda akan mendapat bunga sekitar 2.95% untuk jenis transaksi cicilan. Jika terlambat membayar tagihan cicilan, Anda akan dikenakan denda sebanyak 3% setelah lewat jatuh tempo.

cicilan tanpa kartu kredit kredivo

Proses pembayaran cicilan Kredivo juga semakin mudah karena dapat dilakukan menggunakan Bank, e-commerce, bahkan Indomaret maupun Alfamart. Untuk bisa mengakses layanan Kredivo, langsung saja download aplikasi Kredivo melalui PlayStore untuk mengajukan pinjaman. Berikut syarat yang harus Anda lengkapi untuk mendaftar:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan.

 

2. Cicil

Kebutuhan mahasiswa tidak bisa dibilang sedikit, apalagi ketika kuliah masih dilakukan secara online. Jika Anda maupun kerabat membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi atau handphone yang memadai, Anda tidak perlu lagi khawatir meski masih berstatus mahasiswa dan belum memiliki penghasilan tetap.

Baca juga: Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Layanan yang ditawarkan oleh Cicil tidak memiliki bunga melainkan biaya margin. Biaya margin ini akan dihitung dari harga barang yang Anda beli, DP yang Anda berikan, serta profil Anda. Kemudian Cicil akan membebankan cicilan flat tiap bulannya sesuai dengan tenor yang Anda sepakati.

Salah satu hal yang menarik ketika menggunakan Cicil adalah Anda bisa melihat simulasi cicilan pada aplikasi Cicil. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda hanya perlu menyalin kemudian menempel link barang yang Anda inginkan pada aplikasi Cicil.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan Cicil

  • WNI dan mahasiswa aktif di universitas.
  • Mengisi profil data pribadi sesuai dengan KTP/SIM/Surat identitas valid.
  • Melampirkan data akademis (IPK, nilai, dsb.) dan Kartu Mahasiswa.

 

3. BRI Ceria

Meskipun termasuk institusi keuangan konvesional, BRI telah membuka layanan pinjaman tanpa kartu kredit berupa BRI Ceria, yang memanjakan nasabahnya dengan total limit pinjaman mencapai 20 juta dengan tenor 12 bulan. Bunganya pun tergolong rendah yaitu hanya 1.42% per bulan.

Simak Juga: Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjaman

Layanan BRI Ceria dapat Anda nikmati di berbagai macam e-commerce yang sudah dan akan bekerjasama dengan pihak Bank BRI. Beberapa situs online travel juga tercakup dalam layanan ini. Bahkan, Anda tidak akan dikenakan biaya admin bulanan jika mengajukan cicilan tanpa kartu kredit dengan BRI Ceria.

Untuk mendapatkan layanan ini, Anda bisa download aplikasi CERIA yang ada di PlayStore dan mengikuti petunjuk yang ada.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman di BRI Ceria

  • Memiliki e-KTP
  • Nasabah tabungan Bank BRI
  • Berusia minimal 21 tahun
  • Memiliki smartphone Android minimal versi 4.0 Kitkat dan jaringan internet

 

4. Awan Tunai

Jika Anda merupakan seorang pengusaha yang tidak lagi berskala kecil dan membutuhkan dana untuk membeli stok barang, AwanTunai bisa menjadi alternatif aman untuk mendapatkan cicilan tanpa kartu kredit.

Setelah melakukan pengajuan pinjaman pada aplikasi Awan Tunai dan pengajuan Anda disetujui, pembayaran bisa dilakukan pada toko yang bekerjasama dengan Awan Tunai. Limit pinjaman yang ditawarkan cukup besar, yakni hingga 200 juta. Sementara itu, biaya admin dipatok hingga 4% per bulan.

Jika limit pinjaman 200 juta terlalu tinggi untuk Anda, Anda dapat memperoleh pinjaman untuk membeli barang di toko dan mitra Awan Tunai sebesar 3 juta dengan tenor 9 bulan.

Baca juga: Empat Pertimbangan Sebelum Mengambil Kredit Usaha

Apabila di kemudian hari Anda terlambat membayar cicilan yang telah dipilih, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebanyak Rp50,000 per cicilan terhitung pada hari pertama keterlambatan dari tanggal jatuh tempo. Meski demikian, total denda yang akan Anda bayarkan tidak akan lebih dari 20% dari total jumlah pinjaman.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan Awan Tunai

  • WNI berusia 21 – 65 tahun
  • Memiliki KTP
  • Berada di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Denpasar dan Bandung

 

5. Indodana

Pada awal mengajukan pinjaman, Anda akan mendapat limit senilai Rp8 juta yang bisa dicicil dalam pilihan waktu 3 atau 6 bulan saja. Apabila Anda dinilai rajin membayar tepat waktu selama menggunakan cicilan tanpa kartu kredit Indodana, pihak perusahaan akan melakukan penambahan limit pinjaman sebagai bentuk reward karena telah menjadi nasabah yang bertanggungjawab.

cicilan tanpa kartu kredit indodana

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman di Indodana

  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berdomisili dan bekerja di daerah Jabodetabek, harus dapat dihubungi melalui alamat tempat tinggal maupun kantor.

 

6. Akulaku

Perusahaan fintech lainnya yang juga menyediakan pinjaman tanpa kartu kredit adalah Akulaku. Akulaku akan memberikan pinjaman lebih dari Rp15 juta dengan tenor 15 bulan dan bunga harian hanya 0.9%.

Kunjungi juga: Perbandingan Bunga P2P Lending

Saat ini, pembayaran menggunakan Akulaku bisa Anda temui tidak hanya ketika membeli barang pada situs e-commerce, namun juga terdapat pada beberapa merchant offline.

Proses pendaftaran dan pengajuannya juga mudah, di mana Anda dapat mengikuti petunjuknya setelah download aplikasi Akulaku di PlayStore.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman di Akulaku

  • WNI dengan minimal usia 23 tahun
  • Harus berdomisili atau bertempat tinggal di Jabodetabek, Jawa barat, Jawa Timur, Jawa tengah, dan Yogyakarta
  • Memiliki penghasilan tetap

 

7. Gojek Paylater

Perusahaan Gojek bekerjasama dengan Findaya dalam memberikan layanan Gojek Paylater pada setiap pengguna aplikasi Gojek. Bahkan metode pembayaran menggunakan Gojek Paylater sudah cukup banyak ditemui pada hampir semua merchant yang ada.

Jika fitur Paylater pada aplikasi Gojek Anda belum aktif, Anda bisa mengaktifkannya dengan mudah melalui klik "Aktifkan PayLater" yang ada pada menu GoPay. Selanjutnya, Anda cukup mengikuti instruksi yang ada pada aplikasi Gojek. Pada saat melakukan pembayaran, Anda hanya perlu memilih opsi pembayaran Paylater ketika melakukan check out.

 

8. OVO Paylater

Salah satu kompetitor Gojek yaitu OVO juga menyedikan layanan Paylater yang juga sangat umum untuk ditemui pada banyak merchant. Dengan kredit limit yang telah ditentukan dan banyaknya jumlah cashback yang akan didapat oleh penggunanya, OVO Paylater saat ini sukses menjadi salah satu favorit bagi pengguna cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli barang yang diinginkan.

Simak Juga: Tips Aman Belanja Online Dengan Kredit

Untuk saat ini, pihak OVO akan memberikan limit pinjaman maksimal Rp10 juta dengan tenor 1, 3, 6, dan 12 bulan. Adapun biaya admin dari merchant sebesar 5% dari jumlah transaksi, sementara bunga kreditnya sekitar 2.2% hingga 2.9% per bulan.

Apabila Anda telat membayar cicilan, pihak OVO akan memberikan denda berupa bunga 0.1% per hari dari sisa tagihan yang jatuh tempo.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan OVO Paylater

  • Harus memiliki aplikasi OVO di ponsel.
  • Pastikan bahwa akun OVO di ponsel Andq berusia minimal 4 bulan dan telah upgrade akun ke OVO Premier.

Saat ini, OVO PayLater baru melayani pengguna di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Solo, dan Malang.

 

9. Shopee Paylater

Pasti sudah cukup sering mendengar aplikasi belanja online bernama Shopee, kan? Sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance mneyediakan layanan pinjaman tanpa kartu kredit dengan nama Shopee PayLater.

Karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, layanan cicilan Shopee PayLater tentu aman untuk digunakan. Awal menggunakan fitur ini, Anda akan mendapat tawaran limit sebesar Rp750,000 dan bisa ditingkatkan hingga mencapai lebih dari 10 juta apabila pihak Shopee merasa Anda adalah nasabah yang bijak.

Fitur ini hanya diberikan pada pengguna terpilih. Jika Anda termasuk pengguna yang sering menggunakan Shopee, Anda bisa mengaktifkan layanan ini pada halaman menu, kemudian klik Shopee PayLater dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Bunga yang ditawarkan oleh Shopee berkisar antara 0% hingga 2.95% setiap bulan, dengan tanggal jatuh tempo setiap tanggal 5 atau 11. Apabila Anda terlambat membayar cicilan, Anda akan menerima notifikasi dari pihak Shopee dan dikenai denda Rp300,000 jika limit pinjaman di bawah 10 juta. Sementara untuk limit pinjaman di atas Rp10 juta, dendanya adalah senilai Rp1 juta.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan ShopeePaylater

  • Menginstall aplikasi Shopee versi terbaru
  • Sudah mengaktifkan dan verifikasi ShopeePay
  • Akun sudah aktif lebih dari 3 bulan
  • WNI berusia minimal 17 tahun dan telah memiliki KTP

 

10. Traveloka Paylater

Jalan-jalan bersama keluarga atau sendiri tidak perlu lagi bingung dengan masalah keuangan. Pasalnya, aplikasi Traveloka telah menyediakan layanan Traveloka Paylater, sehingga Anda bisa menikmati staycation yang ada pada list produk aplikasi Traveloka tanpa perlu menunggu sampai uang terkumpul lebih dulu.

Baca juga: Cara Menabung Dari Rumah yang Aman dan Menguntungkan

Pastikan Anda telah memiliki aplikasi Traveloka versi terbaru untuk mendapatkan layanan ini. Anda hanya perlu membuka aplikasinya dan pilih menu TravelokaPay kemudian klik Paylater. Biasanya, proses verifikasi pengajuan cicilan ini memakan waktu 1 jam kerja saja.

cicilan tanpa kartu kredit kredivo

Setelah pengajuan Anda diterima oleh pihak Traveloka, Anda bebas untuk memilih segala jenis produk yang ada pada Traveloka dan membelinya dengan memilih opsi pembayaran Paylater. Namun, opsi Paylater tidak berlaku untuk produk pembayaran tagihan serta top-up pulsa.

Selain proses pengajuan yang cepat dan mudah, kelebihan lain dari Traveloka Paylater adalah penggunanya tidak akan dikenakan biaya tambahan lain seperti fee tahunan dan uang muka. Jadi, Anda dapat dengan mudah menikmati produk yang tersedia dan membayarnya kemudian.

Selain itu, Anda juga akan mendapat limit pinjaman hingga Rp50 juta dengan bunga yang cukup ringan, antara 2.14% hingga 4.78% per bulan.

Ketentuan melakukan pengajuan pinjaman dengan Traveloka Paylater

  • WNI berusia antara 21 hingga 70 tahun
  • Memiliki KTP yang valid
  • Mengunduh Traveloka App versi 2.19 ke atas

 

11. Tokopedia Paylater

Berbeda dengan Shopee, Tokopedia Paylater tidak memiliki fasilitas pinjaman yang diberikan oleh perusahaan itu sendiri. Pinjaman tanpa kartu kredit yang diberikan oleh perusahaan e-commerce ini lebih menekankan pada kerjasama antar beberapa layanan cicilan.

Contoh fintech yang bekerjasama dengan Tokopedia dalam menyediakan layanan Paylater adalah Kredivo, Home Credit, BRI Ceria, dan OVO Paylater. Maka dari itu, jika Anda berkenan untuk mendapatkan fitur pinjaman tanpa kartu kredit saat berbelanja menggunakan Tokopedia, pastikan Anda telah membuat akun pada salah satu aplikasi fintech tersebut.

Baca juga: Trend Bisnis Fintech yang Wajib Diketahui

 

Usahakan Membayar Tepat Waktu

Merasa takut jika gagal membayar sesuai dengan tenor yang disepakati adalah hal lumrah. Untuk itu, pahami kebijakan penyedia cicilan dan ikuti peraturannya dengan baik. Perlu diketahui, setiap fintech memiliki kebijakannya masing-masing. Beberapa bentuk penagihannya antara lain:

  1. Melakukan telepon ke keluarga atau ke nomor Anda.
  2. Mengirim notifikasi melalui email/SMS/aplikasi yang digunakan.
  3. Memberi peringatan melalui pihak ketiga sesuai dengan hukum yang berlaku.
  4. Melakukan verifikasi alamat atau meminta detail kontak peminjam dari penjual yang dapat dilihat melalui transaksi terakhir.
  5. Pada beberapa perusahaan fintech, apabila seorang nasabah tidak melunasi dalam jangka waktu 60 hari, perusahaan memiliki hak untuk melibatkan pihak ketiga untuk mendapatkan uang yang dipinjamkan.

Cukup menakutkan, bukan? Untuk itu, usahakan menjadi peminjam yang bertanggungjawab dengan membayar cicilan tepat waktu dan meminjam sesuai dengan kemampuan, ya!

 

Pada dasarnya, Anda bebas memilih produk cicilan tanpa kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, asal jangan lupa untuk selalu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Ketahui juga bagaimana cara untuk lepas dari beban kredit agar tidak memberatkan Anda terlalu lama. 

Terkait Lainnya
Kategori Terkait
 

Komentar @inbizia

Beberapa waktu lalu saya kena tipu , seperti terhipnotis dapat telepon dari wanita minta transfer 2X (9 jt )
dan telah saya lakukan.
Dalam waktu hampir bersamaan ada yang mengaku dari pihak BANK menelpon saya menawarkan Kartu Kredit dengan minta data sedetail mungkin, tapi Kartu Kredit sampai sekarang tidak kunjung datang.
Apakah dari data saya bisa di manfaatkan dari orang yang tidak bertanggung jawab ? apakah saya bisa melaporkan ke BI
Mohon saran dan bantuan nya. Terimakasih untuk waktu nya
 Yanti |  29 Jan 2020
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Salah satu cara untuk memanfaatkan kartu kredit dalam berbisnis adalah dengan menggunakan limit yang ada sebagai modal usaha tentunya dengan pemilihan bunga 0%, promo ini cukup sering muncul di hampir semua kartu kredit. Ane pernah baca di Inbizia, ada cara pintar memanfaatkan kartu kredit yang bisa dibaca di halaman ini pak...
 Khoirul |  2 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Min gmn sih caranya ngajuin kartu kredit bagi anak yg baru lulus sekolah? efek pengen usaha tp belum ada modal nih wkwkwk
 Citra |  4 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Belum banyak sih, tapi denger denger udah ada broker yang melayani deposit kripto. Sekarang ini setahuku selain kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, paysafecard, check, pake bitcoin juga bisa.
 Aldhee |  17 Feb 2021
Halaman: Memilih Broker Forex Terbaik Dari Kemudahan Cara Deposit
Pagi... Mohon bantu info, jika kakak saya pernah ada / masih ada tanggungan kartu kredit (misal Mandiri / BNI), sudah lama sih infonya, lebih dari 10 thn lalu. Dan saat ini dia baru masuk bekerja dan diwajibkan harus punya rekening bank atas nama dia. Apakah dgn status 5 - Macet (saya sempat mintakan ini ke OJK).. dia bisa buka rekening tabungan di BCA misalnya ? (dia tidak ada problem di rekening tabungan BCA) Terima kasih
 San-san |  6 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Broker luar lebih handal, deposit murah, transaksi mudah, regulasinya sudah internasional. Kalau broker lokal, regulasinya sampai mana ? paling cuma bappebti, trus OJK doang. Broker luar mau ngantor di lokal kalo gak daftar di bappebti & OJK gak bakal bisa. Asal ada uang, urusan lancar. Belum lagi transaksi kita dikenakan pajak. Susah amat mau nyari duit di lokal.
 Anto |  17 Sep 2021
Halaman: Kelebihan Dan Kekurangan Broker Forex Lokal Indonesia
Suku Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip