Apakah itu filter tren?

Basuki 20 Nov 2014 1663

apa sebenarnya filter tren itu? dan indikator mana yang tepat untuk digunakan?

Kirim Pertanyaan Baru
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 6    

  Reply
Basir
20 NOV 2014

Maksud dari filter trend adalah sebagai penyaring atas trend. Uraian ini bisa anda simak di

filter trend dalam trading.

Thanks

  Reply
Tia Sitepu
1 AUG 2018

Maaf ijin bertanya. Pada artikel yang diberikan sebagai contoh di atas digunakan SMA 200. Itukan trend yang sangat panjang, untuk menunggu perpotongan harga dengan MA saja di h1 sangat lama. Adakah cara yang lebih praktis? untuk melihat trend dalam satu hari ini misalnya. Thx

  Reply
Admin
2 AUG 2018

Betul sekali, SMA 200 memang sering digunakan untuk melihat tren dalam jangkauan luas dan panjang. Mengenai tren harian, Anda bisa menggunakan Moving Average dengan periode yang lebih kecil seperti 20 dan 50. Perhatikan contoh perbedaan pergerakan MA 20 dan 200 di bawah ini:

 

tren ma

 

Garis ungu mewakili MA-200, dan garis biru mewakili MA-20. Anda bisa lihat saat harga dan MA-20 sudah cross dan memperlihatkan bias bearish, namun jika dibandingkan dengan MA-200, harga masih bullish. Pada akhirnya harga memantul di MA-200 dan meneruskan kenaikannya. Jadi meskipun lebih lama MA-200 jauh lebih baik dalam mengasilkan sinyal trading.

Namun, Anda bisa tetap menggunakan keduanya kok. Anda bisa coba membaca artikel Menggunakan Moving Average berikut Sebagai Filter Tren berikut ini.

  Reply
Ocha
9 AUG 2018

bagaimana dengan indikator lain min? apakah ada yang bisa lebih baik dari MA dalam melihat trend-nya? Kalau dengan MA, pas market sedang ga stabil, MA jadi kayak ga guna gitu.

  Reply
Admin
9 AUG 2018

@Ocha:

Hai ocha, saat market sedang tidak stabil apakah yang Anda maksud saat dalam kondisi Sideways atau ranging? Coba perhatikan gambar di bawah ini:

 

market sideway

 

Saat dalam keadaan seperti ini memang MA kurang bisa di andalkan. Tapi bukan karena MA-nya jelek, melainkan karena keadaan seperti ini memang trennya belum jelas. Dalam keadaan seperti ini, sebagai pengganti MA, Anda mungkin bisa menggunakan Bollinger Band, Donchian, maupun indikator channel lainnya.

  Reply
Joni Harianto S
14 OCT 2019

@Tia Sitepu coba ubah periodenya sesuai dengan kebutuhan trading kita. Menurut saya SMA sangat baik untuk tentukan trend, memang menunggunya sangat lama tapi lebih baik menunggu lama daripada salah entry yg berakibat loss bangkrut. Trading forex ini butuh kesabaran, untuk hari ini saya profit semua, kuncinya sabar dan ikuti indikator  SMA untuk mengetahui arah trend.

Kirim Komentar/Reply Baru