Konsolidasi

Pasar Pantau Ketegangan AS-China, Dolar Konsolidasi
Crypholic     4 Aug 2022
Dolar bergerak mendatar di tengah minimnya reaksi pasar atas ketegangan geopolitik AS-China. Rilis NFP akhir pekan ini juga menjadi sorotan.
Waspadai Penurunan NZD/USD Dari Area Konsolidasi
Kazuki     21 May 2021
Pergerakan Dolar NZ terhadap Dolar AS terancam merosot jika mengakhiri fase konsolidasi saat ini dengan penembusan S1. Bagaimana peluang tradingnya?
#usd  #nzd  
NZD/USD Bersiap Akhiri Fase Konsolidasi
Kazuki     22 Feb 2021
Pergerakan Dolar New Zealand terhadap Dolar AS masih berbias bullish. Meskipun begitu, harga perlu konfirmasi penembusan R1 untuk melanjutkan kenaikan lagi.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #konsolidasi

leo   18 Aug 2016

Bagaimana cara membedakan konsolidasi yang akan meneruskan trend dan yang akan reversal?

m singgih   23 Aug 2016

@ Leo:
Dengan melihat kecenderungan arah sentimen yang bisa dipantau dari indikator teknikal. Biasanya dengan indikator MACD, Bollinger Bands, parabolic SAR, RSI dan ADX.
Konsolidasi bisa terjadi untuk waktu yang lama yaitu berupa pergerakan sideways, atau dalam waktu yang relatif singkat yaitu berupa inside bar.
Pergerakan sideways bisa break pada level resistance untuk selanjutnya bergerak uptrend atau break pada level support untuk selanjutnya bergerak downtrend. Inside bar bisa break pada level tertinggi mother bar untuk selanjutnya bergerak uptrend atau break pada level terendah mother bar untuk selanjutnya bergerak downtrend.

Berikut contoh keadaan konsolidasi yang berupa pergerakan sideways dan inside bar:



EUR/USD daily: sebelumnya downtrend, kemudian sideways. Namun sentimennya akan uptrend, tampak dari titik indikator parabolic SAR yang berada dibawah bar candlestick dan indikator ADX yang berwarna hijau (dominan bullish). Ketika harga break level resistance dan kurva indikator MACD berada diatas kurva sinyal (warna merah), dan harga bergerak pada kurva upper band indikator Bollinger Bands, maka pergerakan uptrend terkonfirmasi (dalam hal ini reversal).

Demikian juga AUD/USD daily, sebelumnya downtrend hingga terbentuk inside bar. Sentimen sedang uptrend, tampak dari harga yang bergerak diatas kurva middle band indikator Bollinger Bands, kurva indikator MACD yang berada diatas kurva sinyal (warna merah) dan kurva indikator RSI yang berada diatas level 50.0. Ketika harga break level tertinggi mother bar dan titik indikator parabolic SAR berpindah kebawah bar candlestick, maka pergerakan uptrend terkonfirmasi (dalam hal ini reversal).
Semoga bisa membantu.

M Singgih   6 May 2021

@ Udin FX:

Maknanya sama, yaitu pembalikan arah trend. Jadi semula pergerakan harga bergerak uptrend atau bullish, kemudian berbalik menjadi bearish. Yang membedakan adalah dianggap reversal atau pergerakan akan berbalik menjadi downtrend jika harga telah menembus level 100% Fibo retracement. Sementara pergerakan masih dianggap retrace atau koreksi jika harga masih belum menembus level 50% Fibo retracement.

Jika harga bergerak di antara level 50% hingga 100% Fibo retracement, maka amati sinyal dari price action dan juga penunjukan indikator teknikal. Jika ada sinyal bearish dari price action dan dikonfirmasi oleh indikator teknikal, maka kemungkinan untuk terjadi trend reversal tinggi. Jadi dalam hal ini Fibonacci retracement penting untuk digunakan.

Mandala   19 May 2021

kalau untuk non pengguna Fibonacci, apakah ada metode lain yang bisa bisa dilakukan untuk mengkonfirmasi terjadinya reversal? 

M Singgih   20 May 2021

@ Mandala:

Untuk memperkirakan terjadinya reversal atau tidak memang berdasarkan sampai sejauh mana retracement atau koreksi terjadi. Kalau sudah melebihi setengah atau 50% dari range retrace-nya, maka bisa disumsikan akan terjadi pembalikan arah trend.

Jika Anda tidak menerapkan analisa dengan Fibonacci retracement, maka bisa dengan menarik garis antara swing low an swing high, kemudian hitung level 50%-nya atau level tengah (median) dari jarak swing high ke swing low. Kemudian amati apakah harga bergeak di bawah level median tsb, atau masih di atas level tsb.

Niam   6 Oct 2021

Kalo pakai indikator Moving Average bisa gak pak? Soalnya saya ga pakai fibonacci...Kelemahan saya, sering entri tapi harganya kemudian berbalik arah

M Singgih   7 Oct 2021

@ Niam:

Dalam hal bearish reversal / korekstif (sesuai dengan tema pertanyaan ini), indikator moving average hanya mengkonfirmasi apakah pergerakan harga memang sedang bearish, yaitu jika harga berada di bawah kurva moving average. Untuk mengetahui apakah memang bersifat bearish reversal atau tidak seharusnya diamati dari level retracement antara tituik swing high dan swing low.

 

Aisha   8 Feb 2022

Dalam pergerakan harga di pasar forex atau saham, koreksi dan reversal sama-sama menandakan pembalikan harga. Bedanya terletak pada berapa lama pembalikan harga itu terjadi.

Sebuah koreksi biasanya hanya terjadi dalam waktu singkat, maksimal beberapa hari saja dan tidak ada perubahan pada tren besarnya. Ketika terjadi koreksi, pergerakan harga hanya akan mundur sampai satu atau dua support/resistance terakhir, kemudian kembali berbalik ke arah tren besarnya.

Sebuah reversal biasanya terjadi dalam kurun waktu lebih lama, mungkin sepuluh hari atau bahkan lebih. Ketika terjadi reversal, tren harga benar-benar berubah. 

Dinamika pergerakan harga saat terjadi koreksi biasanya begini:

  • Jika koreksi berlanjut sampai tembus support/resistance kedua, berarti itu berubah menjadi reversal.
  • Jika harga yang terkoreksi itu mantul (bounce) pada support/resistance pertama atau kedua, berarti itu cuma koreksi.
Gilang   8 Feb 2022

Jadi begitu, lantas apakah saat terjadi koreksi sebaiknya menunggu trennya kembali atau langsung entry kak?

Aisha   9 Feb 2022

"Saat koreksi, sebaiknya menunggu tren kembali atau langsung entry?"

Jawabannya tergantung strategi trading yang kita terapkan. Berikut ini dua contohnya:

Trader yang suka pakai strategi breakout biasanya akan menunggu dulu sampai koreksi terkonfirmasi sudah tembus support/resistance, kemudian langsung open posisi. Kalau ternyata pergerakan harga setelah koreksi itu justru mantul (kembali ke tren awal), maka dia akan open posisi dengan strategi bounce.

Trader yang suka scalping mungkin tidak peduli sedang koreksi atau reversal. Ketika lihat pergerakan harga sedang menuju suatu support/resistance, ia akan langsung open posisi dengan target profit sedikit di atas support/resistance tersebut.

Alif Hakim   17 Feb 2022

Jika muncul candle Doji, itu pertanda Reversal atau Koreksi kak?

Aisha   18 Feb 2022

Candle doji tidak menandakan reversal maupun koreksi. Perlu diketahui, doji bukan sinyal trading yang bagus.

Bentuk candle doji tipis seperti garis saja, menandakan pasar sedang bimbang. Kebimbangan ini terjadi pada seller sekaligus buyer, sehingga arah tren belum jelas.

Jika bertemu candle doji, sebaiknya abaikan. Kecuali jika candle doji itu merupakan bagian dari formasi candlestick lain yang terdiri atas dua atau tiga candle.

M Singgih   3 Apr 2022

@ Puja Puji:

Silahkan mengamati price action yang tebentuk, apakah mengisyaratkan keadaan reversal. Setelah itu, konfirmasikan dengan indikator teknikal terutama indikator trend (moving average, parabolic SAR, Bollinger Bands, MACD, ADX).

Selain itu, amati apakah pergerakan harga telah menembus level 50% Fibo retracement. Jika harga telah menembus level 50% Fibo retracement, maka bisa diasumsikan kemungkinan pergerakan harga sedang bergerak reversal.

 

Udin FX   4 May 2021

Saya terkadang membaca analisa atau postingan di forum ada istilah ini, apakah ke-duanya memiliki makna dan situasi yang sama?

puja puji   1 Apr 2022

Cara melihat trend reversal akurat gimana?

Gilang   4 Feb 2022

Saya masih bingung dengan istilah ini min, apa perbedaan mendasar antara koreksi dan reversal?

Gwen Chan   9 Jun 2022

Sepertinya saya masih agak bingung untuk memahami reversal, retracement, pullback? Aoa bedanya ya min. Atur nuhun...

Kiki R   9 Jun 2022

@Gwen Chan: 

Revesal: pembalikan arah trend

Retracement=pullback=koreksi: harga melawan arah tapi cuma sementara, bukan pembalikan arah trend

Reply > Lihat[17]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #konsolidasi

  Ari Nugraha   |   16 Apr 2012   |   Artikel
kalau ema kurang cocok buat konsolidasi harga, ya jangan diandalkan buat open posisi saat harga lagi konsolidasi. disini tinggal butuh usaha utk belajar mengenali tren utama dan konsolidasi itu sendiri. supaya kita nggak salah ambil sinyal dari crossing yang muncul entah sebagai penanda dimulainya tren utama atau cuma sekedar konsolidasi dari tren yang udah ada aja. cara paling simpel, ya liat di timeframe atas, pasti bakal keliatan lebih jelas
  Bambang Priyono   |   9 Sep 2014   |   Artikel
Karena sudah ditekankan sebelumnya bahwa formasi ini mengindikasikan konsolidasi, jadi lebih baik lebih meyakini formasi candle selanjutnya saja. Untuk entry posisi juga sebaiknya menunggu terkonfirmasi dulu dari pembentukan candle setelahnya.
  Mrs Amanda Jame   |   30 Aug 2018   |   Artikel

Apakah Anda mencari sumber keuangan dengan tingkat bunga 2% untuk konstruksi,
Refinance,
Utang konsolidasi, tujuan pribadi atau bisnis? Skala kecil atau besar? di sini adalah sebuah
buka peluang. kami menawarkan semua jenis pinjaman.
* Jumlah maksimum yang kami pinjam adalah 500.000.000,00 dalam semua mata uang: untuk informasi lebih lanjut
Hubungi kami melalui email: email ... rapidloanfirm21@gmail.com
(nomor whatsapp .. + 447424017074

Membaca Peluang EUR/CHF Di Fase Konsolidasi
Kazuki     22 Jan 2021
Pergerakan Euro terhadap Franc Swiss terjebak dalam trend sideways setelah merosot dari titik Double Top. Awasi peluang yang muncul dari indikasi harga di level S1 dan R1.
#eur  
Konsolidasi CHF Sinyalkan Peluang Sell Di S1
Kazuki     14 Jan 2021
Pergerakan Franc Swiss terhadap Yen Jepang stabil setelah mengalami lonjakan dari 114.000. Dalam jangka pendek, peluang sell terpantau di kisaran S1.
#sell  
EUR/CHF Konsolidasi Setelah Naik Tajam
Kazuki     13 Nov 2020
Pergerakan Euro terhadap Franc Swiss termoderasi di antara Resistance 1 dan Support 1. Apakah kenaikan harga sudah jenuh atau justru bisa berlanjut lagi?
AUD/USD Berusaha Pulih Di Fase Konsolidasi
Kazuki     27 Oct 2020
Pergerakan Dolar Australia terhadap Dolar AS masih tertahan di bawah Resistance 1. Akankah pemulihan AUD/USD dari kemerosotan sebelumnya bisa berlanjut?
#aud  
Uji Support 1, Franc Swiss Berpeluang Akhiri Konsolidasi
Kazuki     31 Aug 2020
Pergerakan Franc Swiss terhadap Yen Jepang bertahan dalam zona konsolidasi setelah trend kenaikan sebelumnya. Harga kini mengancam Support 1 untuk skenario penurunan lebih lanjut.
Arus Bullish NZD/USD Tertahan Fase Konsolidasi
Kazuki     6 Aug 2020
Pergerakan Dolar New Zealand terhadap Dolar AS secara garis besar masih dalam uptrend yang cukup kuat. Bagaimana proyeksi trading selanjutnya?
Analisa EUR/GBP Mingguan: Konsolidasi Di Sekitar EMA200
Ardi99     17 Jul 2018
Secara teknikal, potensi breakout EUR/GBP dari EMA-200 masih sulit diperkirakan. Sebaiknya amati R1 dan S1 untuk mewaspadai kemungkinan false breakout.
#gbp  #analisa  
Kirim Komentar Baru