Konsumen

7 Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia
Jujun Kurniawan     12 Feb 2020
Pernahkah Anda bertanya-tanya, negara mana yang paling suka memborong emas? Untuk tujuan apa saja mereka membeli emas?
17 Persen Konsumen Indonesia Tertarik Beli Rumah Pakai Kripto
Crypholic     26 Dec 2022
Survei yang diadakan sebuah platform jual beli belum lama ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia berminat membeli rumah dengan aset kripto karena lebih efisien.
Tingkatkan Industri, Asosiasi Pedagang dan Konsumen Kripto Berkolaborasi
Crypholic     19 Oct 2022
Aspakrindo mengumumkan telah menjalin kerjasama dengan ICCA untuk mempercepat adopsi kripto, salah satunya dengan meningkatkan literasi masyarakat dan keamanan nasabah kripto.
#kripto  
Forum
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #konsumen

  Bambang Putranto   |   26 Apr 2020   |   Artikel

Woww saya baru nemu info ini. Terima kasih Inbizia, saya pikir orang-orang yg jualan robot forex di TV benar-benar sukses sesuai iklannya, saya pun kepikiran mana mungkin market yg sangat fluktuatif bisa dikuasai sebuah robot, saya aja yg manusia beberapa kali mendapat sinyal palsu. apalagi robot yg hanya digerakkan oleh sistem kaku. ketika robot gagal yg disalahkan market woww penjual apa itu? pantas saja ketika tampil di TV wajah marketingnya sangat tertekan, seolah-olah ada kenyataan yg disembunyikannya, ternyata robot EA nya sering loss hahaha..

Bersyukur banget ada website Inbizia, semua bisa di share dengan apa adanya, konsumen yg merasa dicurangi broker pun bisa mengadu, coba ngak ada media seperti ini broker curang, pembuat robot EA curang pasti dengan mudah cari mangsa karena masyarakat tidak dapat info baik buruknya suatu produk, jika info terbuka masyarakat kan bisa share di grup WA hehehe pastinya broker curang dan pembuat robot EA curang akan kehilangan kepercayaan dan nama baik. hehehe

  Rere   |   15 Jun 2022   |   Artikel

Apakah perusahaan big data itu jualan data konsumennya?

  Gilang L.   |   16 Jun 2022

Mungkin tidak semuanya, namun tetap harus waspada seperti kasus penjualan 1,5 Miliar Data Pengguna Facebook Dijual di Dark Web Saat Perusahaan Mark Zuckerberg Down

  Maria   |   21 Jun 2022

Bisa dibilang ya, tapi perusahaan yang memegang etika bisnis harus menyatakan hal ini dengan terbuka.

Soal "menjual data konsumen" ini biasanya sudah ada di Terms and Condition awal saat seseorang mengisi data. Jadi sebagai konsumen, kita sendiri yang harus jeli membaca. Jika asal klik, berarti Anda menyetujui pemberian data tersebut.

Contohnya saja saat akan buka akun di sebuah aplikasi atau sosial media dsb, di awal menu sering menyatakan bahwa "data yang Anda masukkan akan dibagikan pada partner bisnis kami, meliputi: (misalnya saja) email, lokasi, dsb"

Jika sebuah perusahaan membocorkan data konsumen di luar ijin yang tertulis pada syarat dan penggunaan, maka bisa dilaporkan ke lembaga perlindungan konsumen.

Selain melalui perusahaan pengelola, data-data Anda bisa juga bocor melalui cookies yang biasanya terpasang di website-website, sehingga dapat membaca aktivitas browsing dan terus menawarkan topik yang mungkin relate dengan Anda. Karena itu, hindari klik link atau menerima cookies sembarangan.

  Welly   |   25 Oct 2022   |   Artikel

Nah, makanya faktor apabila daya beli turun maka akan sangat berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara. Dan juga daya beli merupakan salah satu indikator keadaan perekonomian dari suatu negara dan juga salah satu penggerak roda ekonomi.

Bayangkan saja seperti ini, bila kita sebagai produsen pakaian. Kita pasti akan membeli bahan baku dari penyedia bahan tersebut. Besar atau tidaknya jumlah permintaan kita tergantung konsumen kita. Semakin besar kita ambil, maka semakin besar daya beli pasar begitu juga sebaliknya.

Tetapi ada sisi negatif apabila daya beli konsumen terlalu besar. Bila demand/permintaan melebihi supply/penawaran maka harga akan naik dan terjadilah inflasi begitu juga sebaliknya bila supply melebihi demand maka harga akan turun dan terjadilah deflasi. Apabila terjadi ketidakseimbangan pasar maka disitulah pemerintah mengintervensi entah dengan kebijakan fiskal ataupun moneter bahkan kedua duanya.

Dari sisi indikator fundamental supply demand atau produsen konsumen inilah menjadi faktor fundamental penting dalam indikator harga suatu mata uang. Meskipun terdengar sederhana tapi supply demand ini menjadi dasar terjadinya pasar.

  Linda   |   12 Nov 2022   |   Artikel

Bagaimanapun, untuk saya, broker yang baik adalah sudah teregulasi dan sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Dengan pengalaman yang banyak berarti mereka memiliki pengalaman dalam mengatasi berbagai gejolak ekonomi serta manajemen yang lebih berpengalaman.

Tetapi ga bisa dipungkiri kalau udah teregulasi berarti dari Bappebti juga syarat-syarat menjadi broker udah terpenuhi, seharusnya udah tidak ada masalah sih. Tapi sebagai konsumen saya pastinya akan merasa lebih aman memakai broker yang udah berpengalaman selama bertahun-tahun apalagi ini kan menyangkut uang.

  Louis Wijaya   |   12 Nov 2022   |   Artikel

Setuju tidak setuju, agaknya meski Bappebti bisa dibilang kebijakannya agak kuno dan agak ketinggalan dibanding negara lain tetapi sisi positifnya paling tidak dengan kebijakan terbatas ini dana investor/konsumen masih terlindungi dari kerugian yang diakibatkan dari internal pengembang kripto dan NFT.

Seperti yang diketahui dunia kripto meskipun luas dan memiliki potensi profit yang tinggi, tetap saja banyak aset kripto yang fluktuatif dan kurasa bersifat bubble. Dengan adanya pembatasan dari Bappebti, paling tidak membendung atau kasarnya mempersulit beberapa investor untuk melakukan transaksi turunan kripto. Hal ini juga untuk menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan, ingat tidak tidak akan ada jaminan hukum dan solusi apabila menginvestasikan apapun itu yang tidak diakui pemerintah.

Tetapi disisi lain, apa yang penulis sampaikan memang ada benarnya bahwa yang namanya kripto dan turunannya masih memiliki prospek yang bagus di masa depan. Alangkah baiknya pemerintah meregulasi beberapa fitur dan turunan kripto yang dianggap aman untuk kita. Ya tentunya harus dikaji lagi sehingga bursa kripto Indonesia paling tidak sedikit merangkat naik dari krisis gebrakan yang terjadi saat ini.

  Eka Dolly   |   10 Jan 2023   |   Artikel

Wah informasinya cukup lengkap. Antara produsen dan konsumen, dari dua peran itu kalau disandingkan dengan investor dan trader, yang mana ya yang jadi produsen dan yang mana yang jadi konsumen? Atau sebenarnya investor dan trader tidak berkaitan fungsinya atau tidak dapat disangkutpautkan.

Soal produsen akan memprioritaskan barang-barang murah karena dianggap konsumen akan lebih memilih barang-barang murah, ini gimana ya sistem algoritmanya untuk produsen yang menjual barang-barang mewah?

Apakah ada sistem pengecualian? Termasuk bagaimana sistem algoritma bagi produsen yang mengutamakan untuk memproduksi barang-barang mewah itu?

Aku juga masih kurang mengerti tentang consumer-driven economy, itu yang menetapkannya pemerintah atau memang sesuai dinamika pasarkah? Jadi agak membingungkan sih. Apa sepenuhnya dibiarkan natural sesuai keadaan yang ada di masyarakat?

  Marcus   |   17 Jan 2023

Investor dan trader memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan keuntungan. Perbedaan investor dan trader hanya pada jangka waktu mereka dalam menerima keuntungannya, trader dapat mengambil keuntungan dalam jangka waktu yang relatif lebih pendek. Sedangkan investor dapat menerima keuntungannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika ditinjau dari pengertian di atas, tentu berbeda dengan definisi produsen dan konsumen.

Produsen adalah pihak yang melakukan produksi, bisa barang bisa jasa dalam bidang ekonomi, sedangkan konsumen adalah pihak yang menggunakan produk barang atau jasa tersebut sesuai kebutuhannya.

Mengenai business model atau strategi bisnis yang digunakan oleh produsen dalam memasarkan produk dan jasanya, tentu diserahkan kepada pelaku usaha tersebut masing-masing.

Jika memang mereka lebih fokus dalam menyasar konsumen dengan segmen pendapatan yang lebih rendah, maka mereka pasti akan mengutamakan produksi barang-barang yang lebih terjangkau harganya.

Jika memang kebijakan pelaku usaha tersebut adalah targetnya adalah konsumen dengan finansial menengah ke atas, maka produksi barang atau jasa yang mereka buat adalah yang sesuai dengan bujet mereka.

Begitu pula kalau menyasar konsumen yang senang dengan barang-barang atau jasa yang limited edition atau luxury, tentu saja produksinya dibuat menyesuaikan dengan hal itu. Istilahnya ada harga ada rupa. Tentu mereka akan mencari bahan baku yang terbaik, produk desain yang eksklusif.

Kalau masalah ada segmen pasarnya ada atau nggak, dengan harga yang super mahal tersebut, Ya pasti ada sih menurut aku. Tinggal bagaimana produsen mengatur strategi untuk memasarkan barang atau produk atau jasanya tersebut. Bisa dengan biaya promosi tertentu, bisa dengan meneliti tren pasar atau perilaku konsumennya lagi suka apa terkait produk yang mereka pasarkan.

Consumer-driven economy itu perekonomian bangsa yang digerakkan oleh perilaku konsumen dalam membelanjakan uangnya pada produk dan jasa, bukan terhadap investasi. Jadi konsumen menghabiskan uang kebanyakan pada retail atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. Tentu saja ini ditinjau dari perilaku konsumen yaitu dalam masyarakat sebuah negara itu sendiri.

Kepercayaan Konsumen Semakin Turun, Dolar Australia Melemah
Crypholic     11 Oct 2022
Sentimen konsumen Australia turun semakin dalam di zona pesimis, terbebani oleh kemerosotan prospek ekonomi untuk 12 bulan dan 5 tahun ke depan.
Kepercayaan Konsumen Australia Naik, AUD/USD Tak Terpengaruh
Crypholic     13 Sep 2022
Sentimen konsumen Australia meningkat karena tumbuhnya optimisme terhadap kondisi keuangan dan prospek ekonomi 12 bulan ke depan. Namun, AUD/USD tak menguat pasca rilis data ini.
#aud  #usd  
Permintaan Konsumen Menurun, Harga Minyak Tertekan
Crypholic     12 Sep 2022
Harga minyak terkoreksi karena investor tengah memperhitungkan dampak penurunan permintaan. Sementara itu, konflik Rusia juga masih membayangi.
Inflasi Melonjak Tinggi, Sentimen Konsumen Australia Terpuruk
Crypholic     15 Jun 2022
Indeks kepercayaan konsumen Australia merosot drastis karena lonjakan inflasi. AUD/USD justru menguat pasca rilis data ini karena aksi profit taking.
Rekap 25-29 Desember 2017: Kepercayaan Konsumen AS, CPI Jerman Dan Jepang
M Singgih     25 Dec 2017
Data dan peristiwa penting minggu ini: kepercayaan konsumen AS versi CB, Jobless Claims AS, CPI Jerman dan Jepang, pidato Kuroda dan Pending Home Sales AS.
#cpi  
Rekap 26-31 Desember 2016: Inflasi Jepang Dan Indeks Kepercayaan Konsumen AS
M Singgih     25 Dec 2016
Data fundamental penting minggu ini adalah CPI Jepang, indeks kepercayaan konsumen AS versi CB, Jobless Claims AS, Industrial Production Jepang, indeks Manufacturing PMI China, neraca perdagangan AS, Pending Home Sales dan persediaan minyak di AS.
Peran Konsumen Dan Produsen Dalam Perekonomian
SAM     15 Aug 2011
Peran konsumen dan produsen amat memengaruhi perekonomian setiap negara. Investor dan trader akan sulit mendalami analisis fundamental jika tak memahaminya.
Kirim Komentar Baru