Cara Ampuh Memperkuat Brand Identity Bisnis Untuk Pemula

Wahyudi 30 Dec 2020 200

Pencitraan merek alias branding sangat penting karena berdampak bagi perusahaan. Pencitraan merek dapat mengubah cara pandang orang, mendorong bisnis baru, serta meningkatkan kesadaran merek.

Branding, menurut definisi, adalah praktik pemasaran di mana perusahaan membuat nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik perusahaan. Branding membantu mengidentifikasi produk dan membedakannya dari produk dan layanan lain. Branding penting karena tidak hanya itu yang membuat konsumen terkesan tetapi juga memungkinkan pelanggan dan klien Anda mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan Anda.

Ada banyak area yang digunakan untuk branding termasuk periklanan, layanan pelanggan, barang dagangan promosi, reputasi, dan logo. Semua elemen ini saling terkait dan bekerja sama untuk membuat satu profil brand profesional yang unik dan menarik perhatian.

 

Mengapa Branding Itu Penting?

Pencitraan merek sangat penting bagi bisnis karena dampak keseluruhannya terhadap perusahaan sangatlah terasa. Pencitraan merek dapat mengubah cara orang memandang merek Anda. Pun, hal ini dapat mendorong bisnis baru dan juga meningkatkan kesadaran merek. Berikut ini 5 alasan mengapa branding itu penting dan harus dijaga dengan baik:

Cara Ampuh Memperkuat Brand Identity Bisnis Untuk Pemula

 

1. Tujuan Branding Adalah Mendapatkan Pengakuan Produk

Alasan terpenting branding bagi bisnis adalah agar perusahaan mendapat pengakuan dan dikenal oleh konsumen. Logo adalah elemen terpenting dari branding, karena pada dasarnya logo adalah wajah perusahaan.

 

2. Branding Meningkatkan Nilai Bisnis

Pencitraan merek penting ketika mencoba menghasilkan bisnis di masa depan. Merek yang sudah mapan dapat meningkatkan nilai bisnis karena memberikan pengaruh lebih besar bagi perusahaan.

 

3. Branding Menghasilkan Pelanggan Baru

Merek yang baik tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis rujukan. Branding yang kuat berarti ada kesan positif dari perusahaan di mata konsumen. Mereka akan cenderung berbisnis dengan Anda karena makin akrab dan punya ketergantungan menggunakan nama yang dapat mereka percayai. Setelah merek menjadi mapan, promosi dari mulut ke mulut akan menjadi teknik periklanan terbaik dan paling efektif bagi perusahaan.

 

4. Meningkatkan Kebanggaan Dan Kepuasan Karyawan

Ketika seorang karyawan bekerja untuk perusahaan bermerek, mereka akan memiliki tingkat kepuasan dan kebanggaan lebih tinggi atas pekerjaan yang mereka lakukan. Bekerja untuk merek dengan reputasi baik membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan dan memuaskan.

Kerja Menyenangkan

 

5. Menciptakan Kepercayaan Di Dalam Pasar

Penampilan profesional serta branding yang terstruktur akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan konsumen. Merek yang bagus bisa memberikan kesan seolah-olah konsumen dapat mempercayai perusahaan Anda; baik produk yang ditawarkan, maupun cara perusahaan menangani bisnisnya.

 

6. Branding Mendukung Periklanan

Periklanan adalah komponen lain yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendongkrak penjualan, dimana strategi periklanan akan mencerminkan merek secara langsung. Teknik periklanan akan makin mudah dibuat, dijalankan dan tercapai tujuannya jika didukung branding yang bagus.

 

Cara Ampuh Memperkuat Brand Indentity

Bukan hanya sekedar nama, brand harus mempunyai daya tarik yang kuat, terutama bagi bisnis baru. Dengan nama yang tepat, sebuah produk akan lebih mudah diingat. Karena itu, sebuah brand harus unik, otentik, dan memenuhi berbagai kriteria yang membuat konsumen langsung tertarik. Lantas, bagaimana cara menemukan nama yang tepat untuk brand Anda?

 

1. Singkat Dan Sederhana

Brand identity harus mudah diingat, karena itu usahakan mencari nama yang singkat dan sederhana. Hal ini telah dibuktikan dari berbagai brand besar yang sangat populer sekarang ini, seperti Apple, Coca-Cola, Google, dan lain sebagainya.

Karakter brand yg menarik

 

2. Unik Dan Berbeda

Unik dan berbeda menjadi ciri khas sebuah produk. Namun, apa yang menyebabkan sebuah brand berbeda dari satu dengan yang lain? Hal ini bisa ditemukan dari segmentasi, servis atau layanan, dan juga inovasi.

 

3. Otentik Dan Original

Otentik dan original berarti produk yang dibuat bukan tiruan alias murni, serta merupakan hasil dari proses yang panjang. Brand identity mampu menggambarkan produk dengan kualitas terbaik, serta layak mendapat apresiasi dari para konsumen. Selain itu, bisnis yang dibangun juga harus dapat dipertanggungjawabkan.

 

4. Deskriptif

Brand identity yang bersifat deskriptif artinya mampu menggambarkan produk yang dimiliki. Dengan hanya melihat nama brand, siapapun sudah bisa mengetahui apa produk yang dijual, sehingga para konsumen tidak butuh banyak penjelasan ketika melihat produk Anda. Brand juga akan lebih mudah diingat dan mendapatkan lebih banyak atensi dari para konsumen.

 

5. Mudah Dieja

Cara membuat brand identity agar masyarakat mudah mengingat produk yang Anda miliki sebaiknya menggunakan kata yang mudah dieja, tidak menggunakan bahasa asing, tidak terlalu lebay, dan lain sebagainya.

 

6. Hindari Tanda Penghubung Atau Hyphen (-)

Tanda penghubung cenderung menyulitkan pembaca. Adanya simbol tanda baca juga biasanya tidak terlalu mudah diingat, sehingga sebaiknya tidak digunakan dalam brand identity.

 

7. Punya Cerita

Adanya cerita di balik sebuah brand akan memberikan kesan tersendiri. Semakin kuat cerita di balik nama, semakin kuat pula identitas dan karakter brand tersebut. Pemilik brand bisa menampilkan cerita tersebut dalam profil sejarah bisnis. Cerita yang heroik hingga sesukses saat ini bisa menguatkan ikatan merek di benak para konsumen.

 

8. Pastikan Konsisten di Berbagai Channel

Hal ini berkaitan dengan pesatnya dunia digital di kalangan pemula, terutama media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya.

Promosi melalui online(Baca Juga: Cara Jitu Mempromosikan Usaha Secara Online)

Aktif dalam berbagai media sosial ini akan memperkuat identitas bisnis Anda sehingga terlihat lebih kredibel. Cantumkan program dan berbagai kegiatan yang bisa dijadikan portofolio untuk kemajuan bisnis di masa depan.

 

9. Pastikan Nama Toko Tersedia Sebagai Domain

Bisnis Anda harus memiliki situs resmi sebagai etalase di dunia digital. Usahakan nama toko tersedia sebagai domain, sehingga bisa didaftarkan menjadi website.

Beberapa cara ini sangat ampuh untuk memperkuat identitas brand Anda, apalagi sebagai pebisnis pemula yang membutuhkan banyak atensi dari masyarakat.

 

Manfaatkan Sosial Media Untuk Memperkuat Brand Identity

Membangun sebuah bisnis memang tidak bisa hanya dalam satu malam. Butuh proses dan strategi jitu agar usaha yang dijalankan bisa mendapatkan atensi dan engagement yang kuat. Salah satu caranya adalah memperkuat brand identity dengan memanfaatkan dunia digital, baik dalam bentuk marketplace, online shop, atau media sosial pada umumnya. Berikut ini beberapa cara ampuh untuk memperkuat brand identity bagi pemula.

 

1. Endorsement Atau Gandeng Social Media Influencer

Influencer dalam hal ini adalah orang yang memiliki pengaruh kuat di media sosial. Mereka mempunyai banyak fans, penggemar, pengikut, subscriber, atau berbagai macam sebutan lainnya sesuai dengan platform media sosial.

Banyaknya fans yang dimiliki tersebut memberikan peluang bagi para pengusaha untuk memanfaatkan jasa mereka sebagai promotor produk. Yang sekarang sedang populer adalah melalui endorsement. Caranya adalah dengan memberikan produk Anda kepada para influencer secara gratis, dan meminta imbal jasa dengan mempromosikan produk tersebut.

Tidak perlu mencari influencer nasional dengan pengikut hingga jutaan. Anda bisa memulai dengan influencer lokal atau influencer kecil dengan pengikut mulai dari 10 ribu saja. Seiring berkembangnya produk, Anda bisa menggunakan jasa influencer yang semakin besar tergantung dengan skala bisnis yang dimiliki.

 

2. Gunakan Platform Periklanan (Google Ads, Facebook Ads)

Dulu iklan dipasang di baliho, radio, koran, TV, dan lain sebagainya. Selain membutuhkan proses cukup lama, biayanya juga mahal dan efektivitasnya terbatas pada orang-orang tertentu saja.

Berbeda dengan sekarang, iklan di dunia digital jauh lebih efektif. Hampir setiap orang punya media sosial dan jangkauannya sangat luas. Apalagi, platform sepert Facebook dan Google telah memiliki algoritma tertentu yang pastinya akan sangat efektif menjangkau para pelanggan yang benar-benar membutuhkan.

Cara mendapat uang dari Facebook(Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Facebook)

Di samping itu, biaya untuk iklan dengan menggunakan Google Ads, Instagram Ads, atau Facebook Ads sangat murah. Anda juga bisa menentukan segmentasi dalam berbagai macam kriteria seperti wilayah pemasaran, usia, pekerjaan, dan lain sebagainya.

 

3. Menggunakan Email Marketing

Email marketing juga sangat efektif untuk meningkatkan brand identity. Biasanya pemasaran dalam bentuk ini berisi tawaran berbagai produk unggulan, promo terbatas, event, maupun perkenalan mengenai bisnis yang dibangun.

Penggunaan email marketing akan jauh lebih efektif dengan adanya online store dalam bentuk website, sehingga para pelanggan akan langsung diarahkan ke situs Anda.

 

4. Mulai Perhatikan Legalitas Bisnis Anda

Legalitas akan memperkuat kredibilitas bisnis Anda, karena mampu memberikan jaminan keamanan pada pelanggan. Dengan adanya legalitas pula, kepercayaan dari pelanggan akan semakin meningkat sebab mereka akan mendapatkan perlindungan hukum jika terjadi sengketa.

Selain itu, legalitas bisnis juga akan membuat bisnis Anda berkembang dengan cepat seiring adanya berbagai program pemerintah untuk peningkatan UMKM, seperti bantuan modal, program pelatihan, dan lain sebagainya.

 

5. Kembangkan Sesuai Niche Bisnis Untuk Audience Lebih Banyak

Brand identity dari sebuah bisnis akan mendapatkan engagement lebih pada segmentasi yang spesifik. Contohnya, jika bisnis Anda menjual produk olahraga, maka kembangkan niche bisnis yang sesuai dengan dunia olahraga tersebut.

Ide-ide kreatif harus dimunculkan dalam pengembangan niche bisnis ini, sehingga akan muncul ruang komunitas yang kuat serta memperkuat brand identity bisnis yang Anda miliki.

Mengapa content marketing penting(Baca Juga: Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan)

 

7 Contoh Nama Toko Online Unik dan Menarik

Nama toko idealnya menggambarkan bisnis yang dijalankan, kemudian diperkuat melalui nama domain pada situs bisnis. Jika bisnis yang hendak dijalankan adalah untuk memudahkan penjual dan pembeli memasarkan produk, maka konsep "market place" bisa jadi pilihan.

Market place adalah tempat pedagang memasarkan produk dalam transaksi online. Model ini dalam benak orang erat kaitannya dengan kata-kata seperti "beli", "beli-beli", "toko", "lapak", dan sebagainya. Dari situlah akhirnya muncul beberapa toko online dengan domain dan nama unik seperti berikut ini:

 

1. Blibli

Blibli adalah salah satu pendatang dalam dunia market place yang berdiri tahun 2011. Usianya sudah hampir satu dasawarsa, dan merupakan e-commerce buatan Indonesia yang berfokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Konsep bisnisnya adalah membuat semacam mal online terbesar dan terpercaya. Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas dari 100,000 lebih mitra usaha.

 

2. Bukalapak

Bukalapak dulunya adalah pioneer dalam dunia market place. Bukalapak bahkan bisa menjual beragam produk dengan jumlah jutaan yang dibutuhkan seluruh masyarakat Indonesia. Bukalapak bisa menjadi solusi transaksi bisnis seiring berkembangnya teknologi. Karena semuanya serba digital, tentu transaksi lebih mudah dan praktis.

Bukalapak

 

3. Tokopedia

Tokopedia adalah pionir dan penguasa market place saat ini. Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Dalam rilis situs resminya, Tokopedia menjangkau hingga 97% kecamatan, 90+ juta pengguna aktif setiap bulan, serta 6.4+ juta penjual dimana 86.5% penjual adalah pebisnis baru. Dampak Tokopedia terhadap perekonomian Indonesia bahkan bisa membuka 2.99+ juta lapangan pekerjaan.

 

4. Shopee

Shopee adalah nama yang unik; terdengar asyik di telinga dan langsung terbayang di benak kita bahwa itu situs dan tempat untuk shopping alias belanja. Memang begitulah desain domain unik Shopee yang menjadi pendatang baru dalam satu dekade terakhir. Shopee kini bahkan menjadi market place paling popular di tanah air, menggeser Tokopedia dan Bukalapak.

Persaingan dalam dunai market place sangat ketat. Testimoni dari user menjadi kuncinya. Salah satu yang khas dari Shopee adalah banyaknya program gratis ongkir yang selama ini menjadi penghalang terjadinya "deal" transaksi.

 

5. Bhinneka

Bhinneka memberikan kesan tentang keberagaman. Bhinneka adalah platform department store khusus komputer dan gadget, elektronik, peralatan rumah tangga, aksesoris serta peralatan listrik dan berbagai macam produk elektronik lainnya.

Sebagai pelopor e-commerce di Indonesia, Bhinneka telah mengembangkan platform webnya untuk menjual produk secara online. Bhinneka bahkan menjadi penguasa market untuk produk elektronik dengan jumlah pengunjung rata-rata 5,950,000 per bulan.

 

6. Lazada

Lazada hadir di Indonesia dalam skala besar sebagai pemimpin e-commerce di Indonesia. Namanya juga unik, seolah menggambarkan sesuatu yang simple dan mudah dilakukan. Lazada berdiri pada 2011 oleh Rocket Internet, raksasa e-commerce China. Alibaba kemudian mengakuisisi saham pengendali di Lazada dan mulai beroperasi di Asia Tenggara pada 2016. Kini, jumlah pengunjung rata-rata Lazada sebanyak 47,800,000 perbulan.

Lazada

 

7. Orami

Orami terdengar unik seperti panggilan untuk mama atau anak kecil. Yah...beginilah platform e-commerce khusus ini dibuat. Platform ini menyediakan produk perawatan bayi, keluarga dan rumah. Orami hadir sebagai solusi yang efisien dan murah bagi warga Indonesia untuk berbelanja kebutuhan bayi, mulai dari pakaian, baby care, makanan, mainan dan aksesoris, serta serangkaian layanan terkait. Platform ini memiliki jumlah pengunjung bulanan rata-rata sebanyak 9,050,000.

 

Kesimpulan

Ulasan di atas memberikan pemahaman kepada kita selaku pemilik usaha betapa pentingnya sebuah brand serta bagaimana cara meningkatkan "brand awareness" kepada pelanggan.

Jika dibuat rangkuman, setidaknya kita perlu menjelaskan apa bisnisnya dan seperti apa namanya. Kemudian agar proses pengenalan merek sukses, perlu dibuat segmentasi audiens, gunakan strategi pemasaran yang tepat, serta memanfaatkan media sosial. Bersikaplah konsisten dalam mengenalkan merek serta buka telinga Anda. Teruslah melakukan perbaikan agar brand cepat dikenal dan makin kuat di benak masyarakat.

Kirim Komentar/Reply Baru
Apa penyebab kenaikan suku bunga?
1. Apakah faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan suku bunga? apakah karena mata uang tersebut membaik / karena mata uang tersebut memburuk ?
2. Apa yang terjadi terhadap USD sebelum dan sesudah kenaikan suku bunga?
thanks

Ricco 1 Jun 2017

Reply:

M Singgih (04 Jun 2017 18:29)

@ Ricco:

1. Faktor yang menyebabkan bank sentral menaikkan suku bunga adalah tingkat inflasi yang sudah melebihi target yang ditetapkan oleh bank sentral tersebut. Tidak ada hubungannya dengan penguatan atau pelemahan mata uang negara itu.

Tujuan bank sentral suatu negara mengatur suku bunga (menaikkan atau menurunkan) bukan untuk memperkuat atau memperlemah nilai tukar mata uangnya, tetapi untuk mengatur tingkat inflasi. Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Suku Bunga Di AS.

2. Sebelum FOMC meeting (yang bisa menaikkan atau menurunkan suku bunga), maka pergerakan USD akan dipengaruhi oleh:
- Data fundamental ekonomi AS yang bisa menyebabkan kemungkinan suku bunga naik atau turun, yaitu data tenaga kerja, pengangguran dan inflasi.
- Pernyataan pejabat tinggi The Fed yang termasuk dalam anggota FOMC dimana ia mempunyai hak voting dalam menetapkan suku bunga.

Sesudah FOMC meeting, jika memang ada kenaikan suku bunga, maka kemungkinan USD bisa menguat, melemah atau tidak bereaksi:
- USD bisa menguat jika kenaikan suku bunga tidak diantisipasi sebelumnya, atau kemungkinannya dianggap kecil.
- USD tidak bereaksi jika kenaikan suku bunga tersebut sudah di-discount pasar (sudah diperkirakan sebelumnya).
- USD bisa melemah jika kenaikan suku bunga tersebut sudah di-discount pasar, dan statement FOMC dovish, atau ada isu lain yang menyebabkan ketidak-pastian seperti isu politik.

Ricco (06 Jun 2017 00:42)

melalui data perekonomian US bisa menentukan apakah terjadi kenaikan / penurunan suku bunga. Berarti jika data perekenomian US memburuk maka kemungkinan terjadi kenaikan suku bunga? thanks

M Singgih (07 Jun 2017 01:39)

@ Ricco:

- melalui data perekonomian US bisa menentukan apakah terjadi kenaikan / penurunan suku bunga…
Jawaban:
tidak semua data fundamental ekonomi. Yang paling diperhatikan The Fed adalah data tenaga kerja, inflasi dan pertumbuhan (GDP).

- Berarti jika data perekenomian US memburuk maka kemungkinan terjadi kenaikan suku bunga?
Jawaban:
kalau data fundamental ekonomi memburuk, misal pertumbuhan turun, tingkat pengangguran naik dan inflasi turun, maka bank sentral (dalam hal ini The Fed) akan mempertimbangkan untuk menurunkan suku bunga, untuk memacu investasi agar roda perekonomian bisa kembali berjalan.

Fauzi (26 Oct 2018 07:15)

Bagaimana dengan negara maju yang tingkat suku bunganya rendah?

Jebakan Paling Berbahaya Dalam Trading
Jujun Kurniawan 349
Strategi Trading Untuk Mengembangkan Akun Kecil
Jujun Kurniawan 771
Forex