Penjualan Alat Berat Komatsu PT United Tractors Tbk (UNTR) mengalami penurunan 8.4% secara year-on-year (yoy). , 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG turun di awal perdagangan hari ini sebesar 0.24% ke 7,263, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Carsurin Tbk. (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) mengumumkan penandatanganan Strategic Alliance Agreement (SAA) untuk pendirian dan operasional fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan emiten kelapa sawit PT Pulau Subur Tbk. (PTSP) pada perdagangan hari ini, usai harga sahamnya melonjak hingga ratusan persen, 2 jam lalu, #Saham Indonesia
Selengkapnya

Berita Ekonomi

Greenback Mendatar Jelang Rilis Data Ekonomi Minggu Ini
Hana Raisa     26 Feb 2024
Pasar saat ini sedang menantikan rilis data PCE Inti AS dan sederet data ekonomi dari negara-negara mayor lain.
Prospek Sterling Lebih Positif daripada Euro
Hana Raisa     23 Feb 2024
BoE mungkin akan mulai memangkas suku bunga pada Agustus, lebih lambat daripada proyeksi rate cut ECB dan The Fed pada Juni. Outlook GBP pun lebih konstruktif.
PMI AS Lampaui Inggris dan Zona Euro, Dolar Bullish Terbatas
Hana Raisa     22 Feb 2024
Data PMI bulan Februari mencerminkan kondisi perekonomian AS yang lebih tangguh dibanding Inggris dan Zona Euro. Dolar pun rebound dalam rentang terbatas.
Kamus

Kamus Trading

Kebijakan Ekonomi

Keputusan praktis atau perundangan yang dikeluarkan oleh otoritas di suatu negara dalam bidang ekonomi. Dalam ekonomi, terdapat dua jenis kebijakan, yaitu kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

Kalender Forex, Kalender Ekonomi

Kalender yang memuat jadwal rilis berbagai data ekonomi maupun peristiwa penting terkait kebijakan moneter dan fiskal dari negara-negara yang mata uangnya diperdagangkan dalam pasar forex.

Indikator Ekonomi

Data statistik yang digunakan oleh analis dan pelaku pasar untuk mengetahui kondisi ekonomi terkini maupun memproyeksikan peluang ekonomi di masa depan. Indikator ekonomi juga dapat digunakan untuk menentukan sehat-tidaknya perekonomian suatu negara.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #berita #ekonomi

luhur S   17 Dec 2018

Saya trading sudah 4 tahun, namun masih banyak yang belum saya ketahui. 

Ada kala dimana trend sedang mengikuti berita fundamental, ada pula sebaliknya ternyata. nah, saya ingin menanyakan yang sebaliknya. 

Hari ini saya open buy eurusd karena beritanya sedang raport merah untuk euro di hari senin ini. namun tidak ada dampak sama sekali justru reversal. 

Kira kira apa penyebabnya ? 

Desta adi   17 May 2017

maaf sebelumnya jika kita menunggu hingga lbh kurang 30 mnt atau 1 jam dan ternyata di economic calendar itu akan ada data lagi,dan dengan mata uang yg sama apa itu akan efektif pak? terimakasih

idham fawzi   15 Jan 2018

Data dan berita apa saja yang berpengaruh tinggi terhadap pasar forex?

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #berita #ekonomi

  Reno Elbarak   |   8 Jun 2020   |   Artikel

Jangan lupa ditambahkan update berita fundamental, perhatikan risk reward ratio, kenali karakteristik pair, pahami price action dan buat jurna trading juga bro

  Rendy Arga Winata   |   4 Apr 2023   |   Artikel

Good point! Mnrt gua, sbagai calon trader dn trader hrs bnr2 memperhatikan GDP dan cara membacanya krna itu penting bngt terutama utk GDP Amerika Serikat dmana GDP it mampu memberikan gambaran tentang kesehatan ekonomi AS, termasuk pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, dan kebijakan moneter Federal Reserve (Fed). Data ini juga dapat memberikan indikasi tentang kemungkinan perubahan suku bunga di masa depan, yang dapat memengaruhi nilai tukar mata uang AS.

Selain itu, dikarenakan AS adalah ekonomi AS trbsr di dunia. Apapun berita ekonomi dan laporan ekonomi AS itu hrs diperhatiin dngn baik trutama utk trader Forex. Dan good point di artikel ini adalah menjelaskan pntingnya GDP dan pngruhnya ke Forex srta menunjukkan klu broker MIFX memiliki kalender ekonomi jga.

  Steven   |   15 Apr 2023   |   Artikel

Mau nnya nih, kan udah dibahas ada beberapa kondisi berita ekonomi yg mngkn akan pengaruh ke pasar. Di artikel udah disebutin dari A sampai Z lahh apa2 aja yg berpengaruh. Dan misalkan nihh, perilisan berita ekonomi di list kan itu secara umum dan aku rasa bukan hnya US aja tetapi jga seluruh negara di dunia. Nah, kira2 selain US, perilisan data ekonomi negara mana lain yg berpengaruh di Forex?

Selain itu untuk asset sepeti minyak, itu perilisan data ekonomi dari negara penghasil minyak itu berpengaruh jga ga? Mohon penjelasannya ya makasih!

  Tobi   |   16 Apr 2023

Bantu jwaab ya bro! Beberapa negara yang punya data ekonomi penting yang bisa mempengaruhi pasar Forex itu antara lain Jepang, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, China, dan zona euro. Cina masuk list-nya gara-gara ekonominya jadi nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat, dan punya pasar konsumen yang gede banget serta jadi produsen barang-barang konsumen terbesar di dunia. Jadi, data ekonomi kayak pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga, neraca perdagangan, dan sejenisnya dari negara-negara itu bisa mempengaruhi nilai mata uang mereka dan akhirnya mempengaruhi pasar Forex juga.

Nah, soal minyak, bener juga bahwa data ekonomi dari negara penghasil minyak bisa pengaruhi harga minyak. Kalo misalnya produksi minyak naik dari negara-negara OPEC atau stok minyak di AS turun, bisa berpengaruh ke harga minyak. Harga minyak yang naik-turun bisa mempengaruhi pasangan mata uang yang berhubungan sama minyak, kayak USD/CAD. Tapi pengaruhnya ke pasar Forex secara keseluruhan bisa bervariasi dan tergantung pada banyak faktor lain juga, jadi ga bisa diprediksi pasti gitu.

  Leonardi   |   17 Apr 2023

BTW sekedar kasih info aja nihh, untuk kalender ekonomi MIFX sndiri sih mencakup smua event ekonomi yang mngkn bakal trjadi di dunia. Bahkan utk negara yg non Forex jga ada. So, tinggal elo filter aja mana yg mngkn akan berdampak ato ga. Tetapi mnrt ane sihh (sekedar saaran aja) cukup memperhatikan perilisan berita yg berkaitan dngn USD, EUR, GBP, JPY, CHF, CAD, AUD, dan NZD karena beberapa mata uang tsb paling bnyk diperdagangkan dan jga voltilitas serta likuiditas cukup tinggi. MAta uang tsb emang rata2 menguasai hampir pasar forex apalagi EUR/USD.

  Lucas   |   24 Apr 2023   |   Artikel

Dikatakan klu MIFX sndiri memiliki fitur sentimen analysis dengan teknologi yg bernama NLP yakni Tools dengan canggih berbasis teknologi NLP (Natural Language Processing) yang ngumpulin berita dll sehingag bssa menentukan sentimen pasar. BTW nihh, sentimen pasar sndiri itu kita bsa dapatkan secara manual di berita ato dimana? dan klu berita ekonomi misalnya, ada ga situs terpercaya yg bsa kita ikutin krna rasanya aku mau manual cari berita ekonomi shngga aku sndiri bsa menentukan sentimen forex ditambah dngn fitur MIFX jga. Mohon infonya dong, makasih!

  Edward   |   26 Apr 2023

Untuk jawaban mengenai sentimen pasar dan berita, sentimen pasar dapat diperoleh dari berbagai sumber, termasuk berita ekonomi, sosial media, dan laporan analis pasar. Dalam hal berita ekonomi, Anda dapat mengikuti situs web terpercaya yang menyediakan berita dan analisis ekonomi, seperti Bloomberg, Reuters, dan CNBC.

Dan saya setuju sekali untuk menggabungkan antara analisis sendiri dengan MIFX. Hal ini benar-benar bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menganalisis sentimen pasar, Selain itu, bila Anda hanya memanfaatkan fitur sentimen analysis yang disediakan oleh MIFX dengan teknologi NLP juga tidak masalah karena fitur ini dapat membantu Anda memproses data dari berbagai sumber, termasuk berita ekonomi, untuk menentukan sentimen pasar secara otomatis.

  Ardian   |   14 May 2023   |   Artikel

Halo, dituliskan di artikel klu kita bisa memperkirakan pergerakan dari suatu mata uang dengan memanfaatkan berita ekonomi dari negara asal mata uang yang diperdagangkan, semisal Yen dari Jepang, Won dari Korea, dan Dolar Amerika dari Amerika Serikat. Dan ini disebut sebagai analisa Fundamental.

Nah dari tips tersebut yang di kemukakan oleh MRG nihh, MRG sebagai broker nih dikomentar seblmnya juga udah dipaparin bahwa mereka menyediakan berita2 ekonomi dengan fitur daily outlook. Sbnrnya ini cukup ngebantu sih karena ku rasa sebagai trader pemula, akan sulit untuk mencari berita yang benar2 terpercaya gitu, apalagi di zaman sekarang yang hoax itu bertebaran dimana2. Bakal sulit sekali utk caris sumber berita yang bagus dan akurat serta cepat tanpa bantuan dari broker. cuma yang jadi pertanyaan adalah sumber dari berita itu biasa ambil darimana, mengapa bisa dikatakan cukup akurat, berita dari MRG ini.

  Joshua   |   15 May 2023

Halo! Berita ekonomi yang disediakan oleh broker biasanya didapatkan dari sumber-sumber berita keuangan dan ekonomi yang sudah terpercaya dan terkenal, seperti Reuters, Bloomberg, dan lain sebagainya. Biasanya broker akan menyaring dan memilih berita yang relevan dengan mata uang yang diperdagangkan untuk disampaikan kepada kliennya, misalkan di MRG itu melalui fitur seperti daily outlook atau analisis pasar.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun berita tersebut berasal dari sumber yang terpercaya, tetap saja tidak ada jaminan 100% akurat. Terkadang pergerakan pasar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang tidak terduga, bahkan jika berita tersebut sudah diterima oleh pasar. Oleh karena itu, saran saja, kita juga harus memperhatkan, bahwa sangat penting bagi trader untuk tidak hanya mengandalkan analisis fundamental saja, tetapi juga memperhatikan faktor lain seperti analisis teknikal dan sentimen pasar juga

  Hector   |   18 May 2023

Setuju banget bro! Analisis teknikal sama fundamental itu ibaratnya kayak duo pemain bola di lapangan, kalo kerjasama mereka bagus, pasti bisa bikin goal banyak! Jadi, kalo kita mau jadi trader yang jago, harus bisa paham keduanya dan gabungin deh. Dengan analisis teknikal kita bisa liat trend pergerakan harga, tapi kalo mau tau penyebabnya, kita harus liat berita ekonomi atau politik, itu baru analisis fundamental. Makanya, jangan cuma fokus sama chart aja, tapi juga baca berita terkait mata uang atau saham yang lagi kita trading-in. Dan, MRG sebagai broker udah ngasih bantuan dengan nyediain daily outlook biar kita gampang cari berita terpercaya dan akurat serta menggunakan platform Metatrader 4 yang emang terkenal dengan analisis teknikal toolsnya, jadi jangan ragu buat manfaatin fitur ini ya!

  Alex   |   1 Aug 2023   |   Artikel

Mau tnya aja, sebearap penting sih fundamental itu? Soalnya kuliat, terutama broker HSB dan Finex, itu ada fitur yg emang buat analisi fundamental yakni kalender eknomi dan berita2 pasar.

Maksudnya gini, gue kan berencana day trading dmana tradingannya itu berlaku 1 hari aja gitu. Jad seberapa penting sih fundamental buat day trading krna kan ini strategi jangka pendek, lagian ga gitu bnyk materi yg bsa dipelajari di analisis fundamental. Sedangakn di kedua broker itu fokusnya bukan hnya sisi analisis teknikal aja tetapi jga dari sisi analisis fundamental juga.

So, kira2 aja, apakah sisi fundamental di day trading itu harus diperhatikan jg? Mohon bntuanya, terima kasih ya

  Hanif   |   3 Aug 2023

Jika loe melakukan day trading berita atau ingin memahami penyebab pergerakan harga yang cepat, memantau analisis fundamental dapat membantu loe mengambil keputusan yang lebih baik.

Namun, jika loe lebih fokus pada analisis teknikal dan pola grafik, analisis fundamental mungkin tidak menjadi prioritas utama dalam day trading loe. Lagipula, day trading dengan jangka waktu yang sangat pendek cenderung lebih mengloelkan pergerakan harga dari pada berita fundamental.

Analisis fundamental dapat memberikan wawasan tambahan, tetapi tidak selalu diperlukan dalam day trading. loe bisa mengintegrasikan informasi fundamental sebagai bagian dari strategi trading loe, tetapi tetap memprioritaskan analisis teknikal dalam keputusan trading loe. Sebagai day trader, fokuslah pada strategi yang sesuai dengan gaya trading loe dan tetap disiplin dalam pengambilan keputusan trading. Semoga berhasil dalam day trading loe!

Baca Juga: Strategi Day Trading Terbaik Untuk Pemula dan Profesional

Notulen FOMC Soroti Dampak Rate Cut Terlalu Cepat
Hana Raisa     22 Feb 2024
The Fed mengkhawatirkan dampak yang mungkin terjadi jika suku bunga dipotong secara tergesa-gesa.
Prospek Suku Bunga Terpaut Jauh, Trader USD/JPY Tunggu Katalis
Hana Raisa     20 Feb 2024
Ekspektasi Fed rate cut mundur hingga Juni, sedangkan suku bunga BoJ masih negatif. Trader USD/JPY lebih memilih wait and see jelang rilis data AS minggu ini.
Dolar Berpotensi Bullish 5 Persen Jika Trump Menang Pemilu 2024
Hana Raisa     16 Feb 2024
Apabila Donald Trump berhasil menjadi presiden dan partai pengusungnya lolos Kongres, Citi Bank memperkirakan Dolar menguat 5% seperti yang terjadi pada tahun 2016.
#bullish  #usd  
Retail Sales Memburuk, Dolar Ambruk
Hana Raisa     15 Feb 2024
Data retail sales AS pada Januari meleset jauh dari perkiraan konsensus. Salah satu petinggi The Fed juga melayangkan komentar yang lebih dovish sehingga Dolar melemah.
Analis Sarankan Buy on Dips GBP karena Inggris Resesi
Hana Raisa     15 Feb 2024
Data GDP terbaru mengonfirmasi Inggris telah mengalami resesi sehingga nilai tukar Pound sterling turun drastis. Namun, para analis justru melihatnya sebagai peluang buy.
GBP/USD Bearish karena Inflasi Inggris Memerah
Hana Raisa     14 Feb 2024
Data inflasi CPI Inggris sangat mengecewakan sehingga memicu pelemahan nilai tukar Pound sterling. Pasar pun menunggu rilis data GDP Inggris untuk acuan selanjutnya.
Peringatan Pemerintah Jepang Hentikan Reli USD/JPY
Hana Raisa     14 Feb 2024
Menteri dan Wakil Menteri Keuangan Jepang memperingatkan bahwa otoritas Jepang bisa mengambil tindakan di pasar forex demi menghentikan pelemahan Yen.
#usdjpy  
Penjualan Alat Berat Komatsu PT United Tractors Tbk (UNTR) mengalami penurunan 8.4% secara year-on-year (yoy). , 1 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG turun di awal perdagangan hari ini sebesar 0.24% ke 7,263, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Carsurin Tbk. (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) mengumumkan penandatanganan Strategic Alliance Agreement (SAA) untuk pendirian dan operasional fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan emiten kelapa sawit PT Pulau Subur Tbk. (PTSP) pada perdagangan hari ini, usai harga sahamnya melonjak hingga ratusan persen, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Menurut analis ING, GBP/USD berpotensi menguji level terendah 14 Februari di kisaran harga 1.2530, 19 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas turun dari Level tertinggi lebih dari dua pekan di tengah kenaikan dolar AS, 21 jam lalu, #Emas Teknikal

EUR/GBP menguat mendekati level 0.8540 menjelang pidato ECB Lagarde, 21 jam lalu, #Forex Teknikal

USD/CAD mencoba memantul dari level 1.3500 karena penguatan dolar As dan penurunan harga minyak, 21 jam lalu, #Forex Teknikal

Setelah ditutup di bawah harga pembukaan minggu lalu, Indeks Dolar membentuk Pin Bar bullish, 1 hari, #Forex Teknikal

Momentum bullish Dolar masih bertahan dalam jangka pendek karena turunnya ekspektasi pasar terhadap prospek pemotongan suku bunga The Fed, 1 hari, #Forex Fundamental

Resistance AUD/USD berada di sekitar 0.6590. Penolakan dari level tersebut akan memicu pergerakan bearish, 1 hari, #Forex Teknikal

USD/JPY membentuk support di harga 149.70, dan berpotensi menguat lagi karena Yen masih relatif melemah, 1 hari, #Forex Teknikal

Sejumlah rilis data penting AS yang akan mempengaruhi EUR/USD akan dirilis pada hari Selasa-Kamis pekan ini, 1 hari, #Forex Fundamental

Laporan Consumer Confidence dijadwalkan terbit pada hari Selasa, GDP AS pada hari Rabu, dan Inflasi PCE pada hari Kamis, 1 hari, #Forex Fundamental

Para pelaku pasar meyakini jika koreksi bearish EUR/USD tidak akan melampaui level 1.08000, 1 hari, #Forex Teknikal

Reli Bitcoin tertahan dalam kisaran sideways setelah menembus level kunci $50,000, 1 hari, #Kripto Teknikal

BTC/USD masih berusaha menembus resistance $52,000 untuk mengkonfirmasi kenaikan lebih lanjut, 1 hari, #Kripto Teknikal

Kapitalisasi pasar Bitcoin kembali melesat di atas $1 triliun, namun dominasinya terhadap Altcoin turun ke 48.6%, 1 hari, #Kripto Fundamental

Ethereum sukses menembus $3000, level yang terakhir kali tercapai pada April 2022 lalu, 1 hari, #Kripto Teknikal

Solana menjadi salah satu Altcoin yang berbias positif setelah berhasil mempertahankan posisi di atas $100, 1 hari, #Kripto Teknikal

Saham emiten produsen beras, PT Wahana Inti Makmur Tbk. (NASI) dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) terpantau tengah melejit seiring dengan kenaikan harga beras, 1 hari, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) -3.23%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -2.27%, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) -1.86%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG turun di awal perdagangan hari ini, sebesar 0,47% ke 7,261, 1 hari, #Saham Indonesia

Industri semen tanah air mencatat kinerja positif di awal tahun 2024. Volume penjualan semen nasional sepanjang Januari 2024 mencapai 5.06 juta ton, 1 hari, #Saham Indonesia


Simak Juga
Kirim Komentar Baru