Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas

Febrian Surya 17 May 2020 691
Dibaca Normal 4 Menit

Masih bingung kapan waktu terbaik untuk investasi emas? Berikut ulasan lengkap terkait siklus pergerakan harga emas setiap tahunnya, yang bisa membantumu mengambil keputusan terbaik dalam investasi emas.

Emas memang sudah dikenal sejak dulu sebagai produk investasi yang kebal inflasi, bahkan dinilai sebagai produk investasi yang paling aman saat ini. Tak usah heran bila kamu menemukan ada banyak sekali investor di luar sana yang mengalokasikan dananya ke jenis instrumen investasi satu ini, saat terjadi gejolak ekonomi yang membuat nilai tukar mata uang menurun dan pasar saham jatuh.

Waktu terbaik untuk investasi emas

Bagi kamu yang ingin berinvestasi emas, kamu bisa membeli emas batangan secara langsung di toko logam mulia terpercaya, ataupun melalui metode pembelian emas secara kredit misalnya di Pegadaian. Namun, yang menjadi pertanyaan bagi kalangan generasi milenial zaman now adalah: kapan waktu terbaik untuk investasi emas?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai kapan waktu terbaik dalam berinvestasi emas, ada hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, yaitu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi naik-turunnya harga emas:

 

Posisi Nilai Tukar Dolar AS

Dolar AS adalah salah satu mata uang paling berpengaruh di dunia. Jadi, jangan heran bila banyak negara yang menyimpan cadangan devisa mereka dalam bentuk Dolar AS, termasuk Indonesia. Setiap perdagangan yang terjadi di dunia selalu dikonversikan ke dalam mata uang Dolar AS. Jika demikian, ketika nilai tukar Dolar AS melemah, harga emas akan cenderung mengalami kenaikan. Sedangkan bila nilai tukar Dolar AS menguat, harga emas akan cenderung mengalami penurunan.

Posisi nilai tukar dollar AS(Baca juga: 7 Cara Investasi Emas, Terbukti Aman Dan Menguntungkan)

Hal ini disebabkan oleh kepercayaan para perlaku pasar terhadap nilai emas yang dianggap lebih stabil. Sehingga, kekhawatiran pihak investor saat nilai tukar Dolar AS melemah akan membuat mereka berbondong-bondong menyimpan dana dalam bentuk emas. Untuk mengetahui dan memperkirakan naik turun nilai tukar Dolar AS, Anda bisa mempelajari cara analisa forex.

 

Permintaan Dan Penawaran

Emas termasuk ke dalam komoditas seperti kelapa sawit, bawang putih, dan lain sebagainya. Jadi, naik turunnya harga emas juga dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan penawaran (supply and demand) yang terjadi di pasar. Ketika stok emas yang ada di pasaran tidak bisa mencukupi jumlah permintaan, hal ini membuat emas menjadi sulit didapatkan atau bisa disebut langka. Kelangkaan emas yang terjadi akan membuat harga emas semakin meroket di pasaran, hal sebaliknya pun akan terjadi bila penawaran lebih tinggi dibanding permintaan, yang membuat harga emas perlahan-lahan menurun.

 

Isu Geopolitik

Ketegangan politik yang terjadi di suatu negara juga mempengaruhi naik turunnya harga emas di pasaran. Misalnya saja, isu geopolitik terkait hubungan yang memanas antara Amerika Serikat dan China, konflik timur tengah, juga pandemi Corona yang mengancam pertumbuhan ekonomi global. Isu geopolitik yang terjadi tersebut umumnya membawa sentimen positif bagi harga emas, karena logam mulia ini dianggap sebagai aset lindung nilai terpercaya di tengah berbagai ketidakpastian.

 

Kapan Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas?

Pada dasarnya, kegiatan investasi emas yang kamu lakukan harus membuahkan hasil yang menguntungkan, bukan? Atau dalam skenario terburuknya menyentuh level titik impas (breakeven), yaitu tidak rugi dan tidak untung.

Kapan waktu terbaik untuk investasi emas

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan harga emas berada di level termurah dan tertingginya. Namun, berdasarkan pengamatan psikis dari seorang investor, waktu terbaik untuk membeli emas berada pada periode bulan April-Juni, karena harga emas cenderung rendah selama bulan-bulan tersebut. Sedangkan pada akhir tahun dari bulan November-Desember, harga emas akan cenderung mengalami kenaikan yang tinggi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kecenderungan siklus ini tidak sama setiap tahunnya. Oleh sebab itu, untuk memastikannya kamu bisa menggunakan tool untuk menganalisa pergerakan harga emas. Salah satu alat yang bisa Anda manfaatkan secara gratis dan dapat diakses secara mudah melalui Smartphone adalah aplikasi Dunia Emas. Tool tersebut menyediakan info harga emas yang di-update setiap hari untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam memantau kapan waktu terbaik untuk investasi emas.

 

Selain Dunia Emas, ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk memonitor naik turun harga emas. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya di 5 Aplikasi Emas Online Yang Direkomendasikan Untuk Para Trader.

Kirim Komentar/Reply Baru

Forum

Ikhsan Radiansyah (03 Mar 2021)

Saya ditawarkan copytrade Traxindo FX dengan broker Salma Market. Apakah Traxindo/Salma Market terpercaya?  Terima kasih 

Selengkapnya

Kemarin 1,713.30
Minggu Lalu 1,721.00
1 Bulan Lalu 1,810.60
2 Bulan Lalu 1,950.95
3 Bulan Lalu 1,836.60
6 Bulan Lalu 1,934.60
Setahun Lalu 1,667.95
Ingin Tahu Cara Lepas Locking
Bagaimana melepas locking yang benar?

Idon 28 Sep 2016

Reply:

M Singgih (30 Sep 2016 03:42)

@ Idon:
Pada dasarnya membuka locking (hedging) sama seperti kita masuk posisi baru. Kita harus bisa memprediksi arah pergerakan harga dengan benar, kalau salah maka jarak locking kita akan semakin lebar atau kerugian kita akan bertambah besar. Sebaliknya kalau benar maka jarak locking bisa semakin sempit atau bahkan bisa berbalik jadi profit.

Contoh:




Misal jarak buy dan sell = 120 pip, kita prediksikan harga akan naik hingga menyentuh level resistance kemudian retrace (koreksi).

Cara 1: kita buka posisi buy baru kalau equity masih mencukupi (buy 2) dan tunggu hingga harga menyentuh level resistance dan ketika ada sinyal retrace kita tutup posisi buy 2 tersebut, misal kita profit 100 pip. Kemudian harga retrace hingga level A. Ketika ada sinyal harga akan naik lagi maka kita tutup posisi sell awal (misal kita loss 80 pip), dan kita buka posisi sell baru (sell 2) pada level A tersebut sehingga locking kita tinggal 20 pip (100 pip - 80 pip).
Profit/loss: loss sebelum membuka locking = -120 pip (jarak buy awal dan sell awal), setelah locking dibuka = +100 pip (dari buy 2) - 80 pip (dari sell awal) = +20 pip. Kemudian kita prediksi lagi arah harga selanjutnya.

Cara 2: Kita tunggu hingga harga menyentuh level resistance dan ketika ada sinyal retrace kita tutup posisi buy awal. Ketika harga retrace hingga level A dan ada sinyal harga akan naik lagi maka kita buka posisi buy baru (buy 2) pada level A tersebut sehingga locking menjadi lebih sempit (buy 2 - sell awal). Kemudian kita prediksi lagi arah harga selanjutnya.

Cara sebaliknya jika kita prediksikan harga akan turun hingga menyentuh level support.
Semoga bisa membantu.

Sistem 1698
Data 
Sistem 7817