Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas

Febrian Surya 17 May 2020 867
Dibaca Normal 4 Menit

Masih bingung kapan waktu terbaik untuk investasi emas? Berikut ulasan lengkap terkait siklus pergerakan harga emas setiap tahunnya, yang bisa membantumu mengambil keputusan terbaik dalam investasi emas.



Emas memang sudah dikenal sejak dulu sebagai produk investasi yang kebal inflasi, bahkan dinilai sebagai produk investasi yang paling aman saat ini. Tak usah heran bila kamu menemukan ada banyak sekali investor di luar sana yang mengalokasikan dananya ke jenis instrumen investasi satu ini, saat terjadi gejolak ekonomi yang membuat nilai tukar mata uang menurun dan pasar saham jatuh.

Waktu terbaik untuk investasi emas

Bagi kamu yang ingin berinvestasi emas, kamu bisa membeli emas batangan secara langsung di toko logam mulia terpercaya, ataupun melalui metode pembelian emas secara kredit misalnya di Pegadaian. Namun, yang menjadi pertanyaan bagi kalangan generasi milenial zaman now adalah: kapan waktu terbaik untuk investasi emas?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai kapan waktu terbaik dalam berinvestasi emas, ada hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, yaitu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi naik-turunnya harga emas:

 

Posisi Nilai Tukar Dolar AS

Dolar AS adalah salah satu mata uang paling berpengaruh di dunia. Jadi, jangan heran bila banyak negara yang menyimpan cadangan devisa mereka dalam bentuk Dolar AS, termasuk Indonesia. Setiap perdagangan yang terjadi di dunia selalu dikonversikan ke dalam mata uang Dolar AS. Jika demikian, ketika nilai tukar Dolar AS melemah, harga emas akan cenderung mengalami kenaikan. Sedangkan bila nilai tukar Dolar AS menguat, harga emas akan cenderung mengalami penurunan.

Posisi nilai tukar dollar AS(Baca juga: 7 Cara Investasi Emas, Terbukti Aman Dan Menguntungkan)

Hal ini disebabkan oleh kepercayaan para perlaku pasar terhadap nilai emas yang dianggap lebih stabil. Sehingga, kekhawatiran pihak investor saat nilai tukar Dolar AS melemah akan membuat mereka berbondong-bondong menyimpan dana dalam bentuk emas. Untuk mengetahui dan memperkirakan naik turun nilai tukar Dolar AS, Anda bisa mempelajari cara analisa forex.

 

Permintaan Dan Penawaran

Emas termasuk ke dalam komoditas seperti kelapa sawit, bawang putih, dan lain sebagainya. Jadi, naik turunnya harga emas juga dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan penawaran (supply and demand) yang terjadi di pasar. Ketika stok emas yang ada di pasaran tidak bisa mencukupi jumlah permintaan, hal ini membuat emas menjadi sulit didapatkan atau bisa disebut langka. Kelangkaan emas yang terjadi akan membuat harga emas semakin meroket di pasaran, hal sebaliknya pun akan terjadi bila penawaran lebih tinggi dibanding permintaan, yang membuat harga emas perlahan-lahan menurun.



 

Isu Geopolitik

Ketegangan politik yang terjadi di suatu negara juga mempengaruhi naik turunnya harga emas di pasaran. Misalnya saja, isu geopolitik terkait hubungan yang memanas antara Amerika Serikat dan China, konflik timur tengah, juga pandemi Corona yang mengancam pertumbuhan ekonomi global. Isu geopolitik yang terjadi tersebut umumnya membawa sentimen positif bagi harga emas, karena logam mulia ini dianggap sebagai aset lindung nilai terpercaya di tengah berbagai ketidakpastian.

 

Kapan Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas?

Pada dasarnya, kegiatan investasi emas yang kamu lakukan harus membuahkan hasil yang menguntungkan, bukan? Atau dalam skenario terburuknya menyentuh level titik impas (breakeven), yaitu tidak rugi dan tidak untung.

Kapan waktu terbaik untuk investasi emas

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan harga emas berada di level termurah dan tertingginya. Namun, berdasarkan pengamatan psikis dari seorang investor, waktu terbaik untuk membeli emas berada pada periode bulan April-Juni, karena harga emas cenderung rendah selama bulan-bulan tersebut. Sedangkan pada akhir tahun dari bulan November-Desember, harga emas akan cenderung mengalami kenaikan yang tinggi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kecenderungan siklus ini tidak sama setiap tahunnya. Oleh sebab itu, untuk memastikannya kamu bisa menggunakan tool untuk menganalisa pergerakan harga emas. Salah satu alat yang bisa Anda manfaatkan secara gratis dan dapat diakses secara mudah melalui Smartphone adalah aplikasi Dunia Emas. Tool tersebut menyediakan info harga emas yang di-update setiap hari untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam memantau kapan waktu terbaik untuk investasi emas.

 

Selain Dunia Emas, ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk memonitor naik turun harga emas. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya di 5 Aplikasi Emas Online Yang Direkomendasikan Untuk Para Trader.



Forum

Husain (01 Mar 2012)

Salam Master, saya menyukai teknik scalping, indikator apa bagus di gunakan untuk teknik tsb dan apa yg di maksug dgn bearish divergence? Makasi atas jawabannya Master

Selengkapnya...

Kemarin1,839.05
Minggu Lalu1,831.25
1 Bulan Lalu1,778.15
2 Bulan Lalu1,725.95
3 Bulan Lalu1,819.60
6 Bulan Lalu1,886.25
Setahun Lalu1,734.55

Kirim Komentar/Reply Baru


Tips Investasi untuk Siapkan Dana Pernikahan
Tips Investasi untuk Siapkan Dana Pernikahan
Nandini   11 May 2021   62  
Bagaimana Jika Uang Di Akun Demo Habis?

 Kalo uang di akun demo habis apa bisa bikin akun demo lagi?

Ferri Irawan 7 Jan 2019

Reply:

Erik T (07 Jan 2019 10:55)

Untuk Ferri irawan,

Jika saldo pada akun demo telah habis, maka Anda dapat mengajukan atau membuat akun demo yang baru untuk dapat bertrading kembali. Namun pada beberapa broker, ada yang memperbolehkan klien menambah sejumlah dana virtual pada akun demo yang ada. Anda dapat mengisi dana (reload dana) pada akun demo tersebut di personal atau klien area Anda. Silahkan konsultasikan pada broker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bisa membantu.



Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Linlindua   5 May 2021   149  
Live Trading NFP Bareng Finex
Live Trading NFP Bareng Finex
Melati   4 May 2021   198  
Untung Rugi Bisnis Peer to Peer (P2P) Lending
Untung Rugi Bisnis Peer to Peer (P2P) Lending
Wahyudi   30 Apr 2021   136  
Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
Wahyudi   30 Apr 2021   172  
7 P2P Lending Syariah Terbaik di Indonesia
7 P2P Lending Syariah Terbaik di Indonesia
Linlindua   29 Apr 2021   132  
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
Linlindua   29 Apr 2021   151  
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
Linlindua   28 Apr 2021   128