Arisan Emas Ala Pegadaian, Apa Saja Yang Harus Diketahui?

Jujun Kurniawan 6 Dec 2019 1544
Dibaca Normal 4 Menit

Mulai menjamur arisan online malah dimanfaatkan oknum-oknum untuk menipu. Arisan emas online yang ditawarkan Pegadaian bisa menjadi alternatif yang aman.



Arisan rasanya sudah lekat dengan budaya Indonesia. Mulai dari arisan ibu-ibu, arisan kelas, hingga arisan teman kantor. Rasanya setiap komunitas punya arisan sendiri. Nah, seiring berjalannya waktu, undian arisan tak hanya berupa uang saja tapi juga berupa barang mewah seperti berlian, mobil, emas, dan sebagainya. Kini bahkan mulai menjamur arisan online.

Banyak jenis arisan online yang ditawarkan kepada masyarakat. Yang paling populer adalah arisan online lewat Instagram atau media sosial lainnya. Namun, semakin berkembangnya arisan online di Indonesia, hal ini malah dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menjadi sumber penipuan jenis baru.

Arisan emas online

Salah satu contohnya adalah kasus penipuan berkedok arisan yang terjadi pada 2018. Peserta arisan online diiming-imingi oleh keuntungan muluk. Setelah beberapa waktu berjalan, ada beberapa peserta arisan yang curiga terhadap sistem dan proses arisan yang diikutinya, lalu melaporkannya. Benar ternyata uang hasil patungan dari peserta arisan tersebut disalahgunakan oleh penipu tersebut. Akibat dari kasus tersebut, penipu berhasil menipu 253 peserta arisan dengan total kerugian mencapai Rp 1,2 miliar. Para korban arisan tersebut berasal dari berbagai latar belakang seperti dokter, perawat, pengusaha, mahasiswa dan lain sebagainya.

Oleh karena itu masyarakat menjadi khawatir dan ragu dalam mengikuti arisan online. Namun, bagi masyarakat yang ingin mengikuti arisan online yang terpercaya dan aman, Anda bisa mencoba produk dari PT Pegadaian (Persero) yaitu Produk Mulia Arisan. Apa itu?

 

Apa itu Arisan Emas ?

Arisan emas merupakan layanan investasi emas batangan yang dilakukan secara angsuran untuk kelompok arisan. Harga yang digunakan pun menggunakan harga yang pasti atau tidak dipengaruhi oleh fluktuasi harga emas.

Harga emas hari ini

Untuk menjamin keamanannya, peserta arisan akan mendapatkan sertifikat dari emas tersebut. Untuk keanggotaan arisan emas ini minimal enam orang dan untuk membatasi waktu arisan agar tidak terlalu lama, ditetapkan aturan maksimal anggota sebanyak 36 orang.



 

Sistem Arisan Emas

Arisan emas akan diundi setiap bulan, jadi jika yang mengikuti sebanyak 36 orang, arisan tersebut akan selesai selama 36 bulan atau 3 tahun. Setiap bulan peserta yang menang dalam undian akan mendapatkan kepingan emas dengan berat yang sudah disepakati di awal.

Setiap bulannya juga peserta arisan harus menyetorkan sejumlah uang sebagai DP atau down payment untuk menebus emas, dan jumlah setorannya itu disesuaikan dengan harga dan berat mas yang diperoleh oleh anggota arisan.

Arisan Emas Pegadaian

Ilustrasi:

Harga emas per gram Rp750 ribu dengan kesepakatan awal peserta arisan mendapat 10 gram emas. Berarti jumlah total uang yang dibutuhkan adalah Rp750 ribu x 10 gram yaitu Rp7.5 juta. Total harga emas tersebut kemudian dibagi dengan jumlah anggota arisan, misalnya 30 peserta. Maka Rp 7.5 juta : 30 = Rp250 ribu. Jadi, setiap anggota diharuskan membayar sebesar Rp250 ribu per bulan.

 

Keunggulan



  • Sebagai aset, emas sangat likuid untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek
  • Jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan
  • Proses mudah dengan layanan profesional
  • Tersedia pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram
  • Uang muka mulai dari 10 persen dari nilai logam mulia
  • Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset
  • Transaksi dilakukan secara online

 

Kekurangan

  • Durasi waktu dipengaruhi oleh jumlah peserta arisan
  • Uang setoran tidak bisa sewaktu-waktu diambil
  • Bisa menunggu waktu lama untuk menang undian

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa arisan emas yang ditawarkan oleh PT Pegadaian (Persero) dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang aman. Daripada Anda mengikuti arisan online yang tidak jelas legalitasnya, lebih baik mencari instrumen investasi yang jelas landasan hukumnya dan dilindungi oleh badan keuangan resmi.

Forum

Rendy (29 Oct 2020)

Salam sejahtera mastah, saya mau tanya, rencana modal saya 50$ dengan ketahanan poin 400 pips, anggap saja dalam 1 transaksi saya stoploss 50 pips, dan saya akan daftar ke akun mikro dengan spesifikasi yang tertera adalah leverange 1:1000, Margin call 40%/10%. Saya harus menggunakan lot berapa? Jika seandainya loss terus,...

Selengkapnya...

Hari Ini1,850.15
Kemarin1,839.05
Minggu Lalu1,838.65
1 Bulan Lalu1,769.45
2 Bulan Lalu1,739.15
3 Bulan Lalu1,773.10
6 Bulan Lalu1,858.60
Setahun Lalu1,751.30

Kirim Komentar/Reply Baru
10 Negara Produsen Emas Terbesar Di Dunia
10 Negara Produsen Emas Terbesar Di Dunia
Nandini   17 Mar 2021   291  
lama tren dalam pasar berlangsung
berapa lama biasanya suatu tren dalam pasar berlangsung?

Renata 25 Jul 2018

Reply:

M Singgih (26 Jul 2018 14:02)

@ Renata:

Awal dan akhir suatu trend tidak bisa dipastikan, tetapi bisa diperkirakan. Perkiraan ini bisa dikonfirmasikan dengan price action dan indikator teknikal.
Trend tidak terus-menerus naik atau terus menerus turun, tetapi ada koreksi (retracement), yaitu akan terjadi penurunan pada periode kenaikan, dan terjadi kenaikan pada periode penurunan.





Sampai sejauh mana batas kenaikan atau penurunan trend bisa diperkirakan dengan Fibonacci ekspansion, dan sampai seberapa dalam batas koreksinya bisa diperkirakan dengan Fibonacci retracement.

Periode kenaikan dan penurunan bisa diperkirakan dengan mengamati gelombang Elliot (Elliot wave) dari pergerakan trend yang sedang terjadi.
Baca: Mengenal Teori Gelombang Elliot

Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar AS
Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar AS
Nandini   14 Nov 2020   1063  
Benarkah Bubble Emas Telah Pecah?
Benarkah Bubble Emas Telah Pecah?
Nandini   3 Nov 2020   878  
Harga Emas Hari Ini
Harga Emas Hari Ini
Sistem   7 Jun 2020   8865  
7 Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia
7 Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia
Jujun Kurniawan   12 Feb 2020   1057  
Intip 5 Aplikasi Emas Online Untuk Para Trader
Intip 5 Aplikasi Emas Online Untuk Para Trader
Novita   26 Nov 2019   6372  
5 Perusahaan Tambang Emas Terbesar Di Dunia
5 Perusahaan Tambang Emas Terbesar Di Dunia
Tiffany   4 Nov 2019   1368  
Langkah Untuk Trading Emas Modal Kecil
Langkah Untuk Trading Emas Modal Kecil
SAM   16 Jun 2017   17008