10 Kisah Trader Bitcoin Sukses Paling Inspiratif


Linlindua 30 Jul 2021 91Dibaca Normal 8 Menit

Kebanyakan kisah trader Bitcoin sukses justru bermula dari modal receh, lho. Di antaranya bahkan berhasil menjadi miliarder di usia belasan. Siapa saja mereka?



Belakangan ini, sudah banyak orang yang melirik dunia Bitcoin dengan harapan menjadi miliarder dalam sekejap. Terbukti, beberapa trader Bitcoin sukses menghimpun profit hingga puluhan juta Dolar AS akibat berinvestasi pada koin digital tersebut.

Akan tetapi, tidak semua trader Bitcoin mampu mendulang kesuksesan. Inilah alasan mengapa Anda perlu memahami lebih dalam terkait Bitcoin sebelum berinvestasi, seperti berjalan-jalan ke forum-forum kripto misalnya.

Di antara ribuan mata uang kripto, mengapa Bitcoin jadi favorit? Jawabannya selain karena dominasi market cap-nya yang tak tergantikan, banyak restoran atau tempat belanja yang sudah menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Baca juga: Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia

Ditambah, Bitcoin memiliki deretan kisah sukses penggunanya yang senantiasa bermunculan dari waktu ke waktu. Siapa dan seperti apakah kisah mereka? Yuk, simak 10 kisah trader Bitcoin sukses berikut ini:

 

1. Erik Finman

Di bulan Mei 2011, Erik Finman hanyalah bocah biasa berusia 12 tahun yang mendapatkan kado Paskah dari neneknya berupa uang $1,000. Alih-alih buat jajan, Finman memutuskan menyimpannya dalam bentuk Bitcoin yang kala itu masih bernilai 10-12 Dolar AS. Ketertarikannya pada Bitcoin menuntunnya mulai belajar trading.

erik finman

Waktu terus berjalan hingga tahun 2013, di mana harga Bitcoin meningkat pesat. Finman pun menyadari bahwa investasinya telah mencapai $100,000. Untuk ukuran anak sekolahan, ia tergolong investor sukses, sehingga tak heran apabila remaja tersebut memutuskan berhenti sekolah dan mendirikan perusahaannya sendiri.



Ketidaksukaannya terhadap sistem pendidikan saat itu mendorong Finman mendirikan organisasi berbasis web bernama Botangle, guna menyediakan layanan pembelajaran sistem P2P melalui obrolan video.

Pada tahun 2015, seseorang hendak membeli perusahaan Finman senilai $100,000 atau 300 BTC. Saat itu, nilai Bitcoin kurang dari $200. Alih-alih menerima pembayaran dalam bentuk Dolar, Finman memutuskan menukarnya dalam wujud Bitcoin.

Keyakinan terhadap kenaikan mata uang kripto yang setiap tahun terus merangkak naik menjadikan Finman miliarder Bitcoin di tahun 2017, pada usianya yang baru 18 tahun.

Baca Juga: 3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit

 

2. Kristofer Koch

Kristoffer Koch merupakan seorang insinyur listrik yang menginvestasikan 150 krone Norwegia (NOK) atau senilai $26.60 dalam bentuk Bitcoin di tahun 2009. Saat itu, Koch membeli sekitar 5,000 Bitcoin.

kristofer koch

Koch mulai mengenal Bitcoin melalui tulisan tesisnya. Ia memahami betul apa itu konsep mata uang kripto terdesentralisasi sehingga berani memutuskan berinvestasi. Karena nilai investasinya yang relatif sedikit, lambat laun Koch lupa dan tidak tahu apakah token tersebut bernilai.

Sampai suatu ketika di tahun 2013, Koch melihat berita mengenai kisah trader Bitcoin sukses. Seketika, Koch teringat investasinya dahulu. Ia pun berusaha keras mengingat kembali password dompet kripto virtualnya hingga berhasil. Saat terbuka, nilai Bitcoin pengguna asal Norwegia ini mencapai $886,000 atau setara 5 juta krone.

Lantas, Koch membelanjakan 1,000 BTC untuk membeli apartemen di lingkungan Toyen, Oslo. Ia sangat tidak percaya bahwa investasi senilai $26.60 dapat tumbuh berkali-kali lipat.

 

3. Olaf-Carlson Wee

Kisah trader Bitcoin sukses selanjutnya berasal dari Olaf-Carlson Wee. Ia adalah seorang pekerja berusia 26 tahun di perusahaan startup Bitcoin pada tahun 2013. Harga Bitcoin saat itu berkisar $20 sampai dengan $30.

olaf carlson wee

Olaf menyadari potensi Bitcoin dan mata uang kripto di masa depan, sehingga ia memutuskan untuk meminta gaji dalam bentuk Bitcoin. Kala itu, Bitcoin masih sangat baru dan belum begitu populer. Dengan bermodal keyakinannya, ia menggunakan bayarannya untuk investasi. Spekulasi Olaf didasarkan atas kesukaannya pada konsep pembayaran terdesentralisasi dari Bitcoin. Terbukti, tahun berganti tahun dan uang investasi Olaf tumbuh seiring kenaikan Bitcoin

 

4. Eddy Zillan

Lagi-lagi, kisah trader Bitcoin sukses kali ini berasal dari seorang remaja. Ketika remaja lain biasanya banyak menghabiskan waktu untuk belajar dan bermain, Eddy Zillan justru memilih melakukan investasi.

eddy zillan

Pada tahun 2015, Zillan menginvestasikan uangnya sebanyak $1,000 dalam Bitcoin yang masih seharga $214. Zillan menyadari potensi Bitcoin dan memutuskan menambah investasi sebanyak $5,000. Investasi Eddy pun terbayar dengan sangat baik karena pertumbuhan nilai Bitcoin yang cukup pesat. Ia pun kembali berinvestasi sebanyak $6,000.

Ternyata, prediksi Zillan tidak salah. Ia berhasil memanen keuntungan dari pertumbuhan Bitcoin pada tahun 2017, dan memanfaatkan kesuksesannya dengan mendirikan bisnis konsultasi mata uang kripto. Dapat dikatakan, Zillan bisa membuktikan bahwa Bitcoin sangat berpotensi dan mampu mengubah investasi bernilai kecil menjadi profit besar.

 

5. Dee Heath

Dibanding kisah trader Bitcoin sukses sebelumnya, Dee Heath memang tergolong terlambat dalam memulai investasinya. Namun, ia masih layak disebut trader Bitcoin sukses.

dee heath

Dee Heath memulai investasi Bitcoin pada awal tahun 2017. Heath yang sebelumnya berprofesi sebagai instruktur pole dancing di Sydney menaruh minat pada investasi Bitcoin. Sambil berinvestasi, Heath masih terus melanjutkan pekerjaannya menjalankan bisnis kebugaran, meski ia juga mempertimbangkan untuk berhenti dan menjadi investor tetap.

Dee Heath diketahui menjalankan situs web terkait investasi kripto kepada pemula. Melihat keberhasilannya yang cukup besar, ia sangat yakin terhadap potensi Bitcoin. Inilah alasan mengapa ia mendorong orang-orang memahami cara aman trading Bitcoin terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke pasar riil.

 

6. Michael Sloggett

Nama Michael Slogget tentunya tak boleh dilewatkan pada daftar trader Bitcoin sukses paling inspiratif. Awalnya, ia hanya seorang pemilik toko suplemen sukses di Townsville, Australia bernama "Second To None".

michael sloggett

Michael mengenal Bitcoin sejak menggunakan mata uang kripto tersebut sebagai alat pembayaran suplemen yang ia peroleh dari perusahaan internasional. Dari waktu ke waktu, Sloggett menyadari potensi token tersebut dan memutuskan untuk berinvestasi Bitcoin pada bulan Januari 2017. Benar saja, investasi Sloggett yang awalnya $900 meningkat sebesar $6,000 pada bulan Oktober di tahun tahun yang sama.

Baca juga: 15 Kutipan Terbaik Tentang Mata Uang Kripto

Sloggett memanfaatkan hasil kesuksesannya dengan berbagai cara, seperti melunasi kredit rumahnya, membeli tanah di Townsville, serta membangun rumah baru.

Saat ini, Sloggett telah memiliki lima unit toko di Australia dan berencana memperluas usahanya. Meskipun sejumlah besar kekayaannya berbentuk mata uang digital, ia mengaku tidak khawatir karena sangat yakin akan prospek cemerlang Bitcoin di masa depan.

 

7. Jered Kenna

Jered Kenna adalah salah satu generasi pertama pengguna Bitcoin yang ia harus menambang Bitcoin melalui perangkat CPU.

jered kenna

Sayangnya, kisah kesuksesan Kenna tidak seperti orang-orang di atas karena dirinya pernah kehilangan Bitcoin dalam jumlah besar akibat ulah peretas. Peretas tersebut berhasil merampok isi dompet digital Kenna dan menyebabkan kerugian sampai jutaan Dolar. Bahkan, ia juga kehilangan 800 BTC saat komputernya rusak tahun 2010.

Baca Juga: Cara Memilih Bitcoin Wallet Yang Aman Dan Terpercaya

Meski waktu itu harga BTC masih kecil sehingga Kenna tak begitu khawatir, ulah peretas cukup membuatnya menyayangkan banyak hal, salah satunya karakter Bitcoin yang tidak memungkinkan adanya transaksi balik. Jadi, apabila Bitcoin BTC berhasil dibawa lari peretas, maka tidak ada cara untuk mendapatkannya lagi.

Kini, sebagai seorang pengusaha yang menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi, Kenna terus mendorong penggunaan BTC dalam bisnisnya. Walaupun pernah kehilangan banyak uang, Kenna masih bisa merasakan keuntungan dari investasi ini demi membantu perkembangan bisnisnya.

 

8. Jeremy Gardner

Sempat putus sekolah, trader Bitcoin sukses Jeremy Gardner mengenal dunia kripto saat temannya menawarkan Bitcoin tahun 2013 lalu. Alhasil, Gardner langsung jatuh cinta dengan Bitcoin.

Gardner mengaku menikmati proses pertukaran via internet dengan siapapun di dunia tanpa interupsi pihak ketiga, baik bank maupun pemerintah. Ia pun mulai mengkonversi sedikit tabungannya menjadi BTC. Beberapa waktu kemudian, uangnya berlipat ganda. Di usia ke 25, Gardner telah menjadi seorang jutawan.

jeremy gardner

Seperti disinggung sebelumnya, Gardner mengalami masa sulit dalam hidup bahkan pernah putus sekolah dua kali. Namun, aset BTC telah mengubah hidupnya dan membantu membangun kehidupan baru. Kini, Jeremy Gardner menjadi salah satu pendiri Crypto Castle, tempat pengusaha kripto tinggal dan bekerjasama.

 

9. Kingsley Advani

Kingsley Advani adalah seorang karyawan yang kini berprofesi menjadi penasihat startup dan angel investor. Kisahnya bermula saat bekerja di perusahaan software di usian 20-an. Ketika itu, Advani mulai berinvestasi ke pasar kripto dengan semua gajinya. Ia juga menjual laptop dan ponsel untuk berinvestasi di BTC maupun aset kripto lainnya.

kingsley advani

Terbukti, strateginya membuahkan hasil dan investasinya bertambah tujuh digit berkat bull run tahun 2017 lalu. Setelah sukses besar, Advani keluar dari pekerjaannya dan memutuskan berkeliling dunia.

 

10. Mr. Smith

Kisah trader Bitcoin sukses terakhir berasal dari sosok misterius yang diberi julukan Mr. Smith. Ia lulus dari perguruan tinggi tahun 2008 lalu dan melanjutkan bekerja di salah satu perusahaan Silicon Valley sebagai Software Engineer. Mr. Smith mulai mengenal BTC dari koleganya saat nilai BTC naik 10 kali lipat dalam lima hari.

Meski telah berinvestasi hingga $3,000 pada BTC, investasi tersebut akhirnya terlupakan. Sampai pada tahun 2013 ketika harga BTC melonjak, Mr. Smith langsung menjual dan keluar dari pekerjaannya. Mr. Smith berhasil mendapatkan lebih dari $25 juta dari keuntungan investasinya.

Sampai saat ini, sosok Mr. Smith tidak mau menunjukkan wajah maupun sosoknya, bahkan saat diwawancarai majalah sekelas Forbes.

kisah trader bitcoin sukses

Ada yang bilang, tidak semua orang berbakat menjadi trader. Akan tetapi, kisah-kisah trader Bitcoin sukses di atas menggambarkan keyakinan bahwa siapapun bisa terjun berinvestasi ke dunia kripto, karena prospeknya yang sangat cerah dari tahun ke tahun.

Jika tertarik menekuni investasi Bitcoin, jangan terburu-buru terjun dulu. Pelajari seluk-beluk Bitcoin agar terhindar dari kesalahan yang biasa dialami pemula.

Harga Bitcoin sudah terlalu melangit? Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba berinvestasi pada alternatif mata uang kripto menguntungkan lainnya seperti Ethereum, Ripple, atau Litecoin.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger
Kirim Komentar/Reply Baru
Prinsip Trading Ed Seykota Untuk Trend Following
Prinsip Trading Ed Seykota Untuk Trend Following
Cahyaning   6 Aug 2021   85  
Mengintip Rahasia Sukses Trading Kim Krompass
Mengintip Rahasia Sukses Trading Kim Krompass
Nandini   11 Dec 2020   1182  
Kisah Penemu Indikator Stochastic, George Lane
Kisah Penemu Indikator Stochastic, George Lane
Febrian Surya   24 Jul 2020   1796  
Ilmu Trading Dari George Soros Untuk Trader Pemula
Ilmu Trading Dari George Soros Untuk Trader Pemula
Febrian Surya   22 Jul 2020   4260  
5 Kiat Sukses Trading Ala Bruce Kovner
5 Kiat Sukses Trading Ala Bruce Kovner
Febrian Surya   21 Jul 2020   1153  
5 Trader Sukses Dan Dermawan Di Dunia
5 Trader Sukses Dan Dermawan Di Dunia
Wahyudi   17 Jul 2020   877  
Jurus Kesuksesan Andy Krieger Dalam Trading Forex
Jurus Kesuksesan Andy Krieger Dalam Trading Forex
Wahyudi   7 Jul 2020   1499  
Belajar Dari 5 Prinsip Trading Paul Tudor Jones
Belajar Dari 5 Prinsip Trading Paul Tudor Jones
Febrian Surya   30 Jun 2020   1936