PT Hillcon Tbk (HILL) mengalokasikan dana sebesar Rp600 miliar untuk belanja modal alias capital expenditure (capex) di 2024, 5 jam lalu, #Saham Indonesia | PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menuntaskan divestasi 100% saham kepemilikannya di PT Paket Anak Bangsa (PAB) alias GoTo Logistics pada 7 Mei 2024. , 5 jam lalu, #Saham Indonesia | PT Graha Mitra Asia Tbk (RELF) akan membagikan dividen final sebesar Rp1.14 miliar dari laba tahun buku 2023, 5 jam lalu, #Saham Indonesia | PT Indika Energy Tbk (INDY) akan membagikan dividen tunai senilai $30 juta dari tahun buku 2023, 5 jam lalu, #Saham Indonesia

Es

Market Minggu Ini: Reli Dolar Mereda, Meme Coin Masuk Era Supersiklus
Inbizia 6 May 2024
Setelah menguat cukup lama, Dolar mulai terkoreksi versus rival-rivalnya dalam pair mayor. Di saat yang sama, halving Bitcoin membawa dampak kenaikan pada meme coin.
Retail Sales Memburuk, Dolar Ambruk
Hana Raisa 15 Feb 2024
Data retail sales AS pada Januari meleset jauh dari perkiraan konsensus. Salah satu petinggi The Fed juga melayangkan komentar yang lebih dovish sehingga Dolar melemah.
Analis Sarankan Buy on Dips GBP karena Inggris Resesi
Hana Raisa 15 Feb 2024
Data GDP terbaru mengonfirmasi Inggris telah mengalami resesi sehingga nilai tukar Pound sterling turun drastis. Namun, para analis justru melihatnya sebagai peluang buy.
Kamus

Kamus Trading

Depresiasi

Penurunan nilai suatu mata uang secara terus menerus dibanding mata uang lain. Ketika sebuah mata uang terdepresiasi, barang-barang impor cenderung lebih mahal. Sebaliknya, barang-barang ekspor cenderung lebih murah. Depresiasi merupakan lawan kata dari Apresiasi.

New Home Sales

Data penjualan rumah baru di AS yang bisa berada dalam tahap konstruksi apapun, baik itu belum dimulai, sedang dibangun, atau sudah selesai dbangun. New Home Sales biasa digunakan sebagai salah satu indikator dalam mengukur kondisi pasar properti di Amerika Serikat.

Federal Reserve, The Fed

Bank sentral Amerika Serikat yang merupakan jaringan dari 12 Federal Reserve Bank beserta cabang-cabangnya. Secara keseluruhan, mereka diawasi oleh dewan gubernur The Fed.

Investor

Sebutan untuk sekelompok orang yang menempatkan dananya dalam instrumen investasi jangka panjang seperti real estate (properti), industri skala besar maupun kecil, atau berinvestasi di pasar keuangan untuk ditahan dalam jangka panjang (di atas 3 tahun).

Dow Jones Index, DJIA

Indeks Dow Jones; salah satu indeks saham AS paling terkenal, dianggap secara komprehensif mewakili fluktuasi harga saham AS di semua sektor dan merupakan salah satu indikator dalam analisa intermarket.

Wholesale Prices

Indikator ekonomi yang mengukur harga barang-barang di tingkat grosir. Wholesale Prices dan Wholesale Sales menjadi indikator awal untuk penjualan ritel, pengeluaran konsumen, dan tingkat inflasi.

Candlestick

Salah satu jenis grafik harga (chart) untuk memetakan dan membaca pergerakan harga di pasar finansial secara teknikal. Candlestick utamanya dibentuk oleh level-level OHLC (Open, High, Low, Close).

DD, Dealing Desk

Salah satu jenis broker yang beroperasi dengan pasarnya sendiri dan belum tentu menampilkan nilai tukar (harga) riil seperti yang tersaji di pasar interbank. Broker jenis DD juga kerap disebut broker bandar.

Resistance, Resisten

Level imajiner di atas harga saat ini dan umumnya ditarik berdasarkan level harga tertinggi sebelumnya. Pelaku pasar diekspektasikan untuk membuka posisi sell apabila harga mencapai level resistance.

Apresiasi

Peningkatan nilai suatu mata uang secara terus menerus terhadap mata uang lain. Ketika sebuah mata uang terapresiasi, barang-barang impor cenderung lebih murah. Sebaliknya, barang-barang ekspor cenderung lebih mahal.

Crude Inventory, Crude Inventories

Data ekonomi yang mencatat persediaan (stok) minyak mentah; total minyak mentah yang sudah ditambang dan disimpan dalam tangki penyimpanan untuk kelak dikirim ke pabrik pengilangan dan diolah menjadi Bensin atau lainnya dalam suatu periode tertentu.

CySEC (Cyprus Securities and Exchange Commission)

Badan pengatur bursa dan lembaga sekuritas sekaligus regulator broker forex di Siprus. Sebagai negara anggota Uni Eropa, peraturan dan operasi keuangan CySEC mematuhi undang-undang harmonisasi keuangan MiFID Eropa.

Forum
Komentar
Retail Sales Inggris Anjlok, GBP/USD Bearish
Hana Raisa 19 Jan 2024
Data retail sales Inggris jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan. Proyeksi suku bunga BoE pun diliputi ketidakpastian.
Retail Sales AS Lampaui Estimasi, Dolar Lanjutkan Reli
Hana Raisa 18 Jan 2024
Data penjualan ritel AS mendukung penguatan Dolar karena jauh lebih baik dari perkiraan pasar. Peluang Fed rate cut Maret pun menurun.
Emas Berhasil Bangkit, R1 Menjadi Incaran
Kazuki 25 Dec 2023
Emas kembali bangkit dari bearish strong yang menimpanya 2 pekan terakhir. Diperkirakan, logam mulia akan menargetkan R1 sebagai titik target terdekatnya.
Fase Bearish GBP/CAD Menargetkan S1
Kazuki 22 Dec 2023
Trend bearish telah membayangi GBP/CAD dari 2 pekan terakhir. Harga kemungkinan besar menargetkan S1 atau bahkan S2 sebagai tujuan selanjutnya.
Ekonomi Global 2024: Melemah, Tetapi Tidak Sampai Resesi
Hana Raisa 24 Nov 2023
Perekonomian dunia pada tahun 2024 diprediksi melemah, tetapi pakar yakin tidak akan sampai resesi.
Retail Sales Inggris Memburuk, Pound Terpuruk
Hana Raisa 17 Nov 2023
Data penjualan ritel Inggris mencerminkan situasi terburuk sejak lockdown pandemi COVID-19 dua tahun lalu. Alhasil, Pound sterling melemah dalam perdagangan hari ini.
Jobless Claims AS Membludak, Isu Pemangkasan Suku Bunga Makin Riuh
Hana Raisa 16 Nov 2023
Selain data jobless claims, produksi industri dan produksi manufaktur AS juga lebih buruk daripada perkiraan. Oleh sebab itu, spekulasi pemangkasan suku bunga The Fed makin naik ke permukaan.
PT Hillcon Tbk (HILL) mengalokasikan dana sebesar Rp600 miliar untuk belanja modal alias capital expenditure (capex) di 2024, 5 jam lalu, #Saham Indonesia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menuntaskan divestasi 100% saham kepemilikannya di PT Paket Anak Bangsa (PAB) alias GoTo Logistics pada 7 Mei 2024. , 5 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Graha Mitra Asia Tbk (RELF) akan membagikan dividen final sebesar Rp1.14 miliar dari laba tahun buku 2023, 5 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Indika Energy Tbk (INDY) akan membagikan dividen tunai senilai $30 juta dari tahun buku 2023, 5 jam lalu, #Saham Indonesia