Generasi milenial adalah generasi yang tak mau ribet dan selalu menginginkan solusi termudah. Walau tidak punya tabungan, beberapa generasi milenial sudah melek akan pentingnya asuransi. Tak hanya mudah diikuti, asuransi juga ikut memberikan perlindungan terhadap kestabilan keuangan, terutama dalam menghadapi situasi tak terduga. Mulai dari sakit, keberlangsungan pendidikan, hingga kematian.

Kamu termasuk yang belum sadar akan pentingnya asuransi? Artikel kali ini akan membantumu untuk memahami serba-serbi asuransi dan manfaatnya.

6 Asuransi yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

 

Ini Dia 6 Asuransi yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan salah satu asuransi paling penting dan berada di urutan pertama dalam daftar asuransi generasi milenial yang wajib dimiliki. Mengapa begitu? Alasannya adalah karena gangguan kesehatan yang mungkin kamu alami (nantinya) dapat membutuhkan banyak biaya pengobatan.

Kamu yang hidup dengan aktivitas serba padat pastinya sangat rentan stres. Stres sendiri sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang. Untuk mengantisipasi hal ini serta mencegah agar keuanganmu tidak terkuras habis akibat gangguan penyakit, tidak ada salahnya kamu mulai menginvestasikan uangmu untuk asuransi kesehatan.

 

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa sangat berguna untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, yang bisa terjadi pada diri kamu kapan saja, yaitu meninggal dunia. Adanya asuransi ini akan membantu menghilangkan beban keuangan pada pihak keluarga yang ditinggalkan. Kamu bisa memilih dua jenis asuransi ini, yaitu:

 

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan memang berkaitan dengan kebutuhan anak. Tetapi, yang namanya pendidikan anak, pastinya juga adalah salah satu investasi jangka panjang untuk para orang tua. Apalagi pendidikan sekarang jadi salah satu faktor pertimbangan penting bagi perkembangan karier seseorang, makanya menempuh pendidikan pun harus setinggi mungkin. Mengingat biaya pendidikan dari waktu ke waktu semakin mahal dan berat apabila ditanggung melalui penghasilan pribadi saja. Untuk bisa mengantisipasi masalah biaya supaya anak tidak putus sekolah atau kuliah maka sudah jadi kewajiban kamu untuk memberikan asuransi pendidikan untuk anak.

belajar

(Baca Juga: Menyiapkan Dana Pendidikan, Sebaiknya Mulai Kapan?)

  1. Asuransi Kendaraan

Kendaraan pribadi jadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh generasi milenial saat ini. Baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Kendaraan pribadi bagaikan kaki bagi kita yang berfungsi untuk menopang pekerjaan atau aktivitas sehari-hari dengan tuntutan mobilitas tinggi. Saat kendaraan pribadi kita rusak, pasti rasanya seperti kehilangan salah satu anggota tubuh paling vital, deh. Tak heran mempunyai asuransi kendaraan menjadi salah satu jenis asuransi yang wajib generasi milenial miliki. Selain itu, Asuransi kendaraan sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu yang mengganti kerugian sebagian atau keseluruhan pada kendaraan.

 

  1. Asuransi Properti

Properti sebenarnya tidak harus tempat tinggal saja. Banyak jenis properti lain seperti apartemen, rumah, maupun tanah bisa dijadikan investasi jangka panjang bila tidak ingin kamu jadikan hunian. Untuk bisa melindungi berbagai macam aset berharga tersebut ada baiknya kamu memiliki asuransi properti. Salah satu fungsinya yaitu untuk bisa melindungi properti tersebut dari berbagai macam musibah yang tidak terduga. Seperti kebakaran ataupun terkena bencana alam yang dapat terjadi kapan saja.

asuransi properti untuk milenial

(Baca Juga: Trik Jitu Investasi Properti Untuk Pemula)

  1. Asuransi Perjalanan

Kegiatan traveling sekarang kini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup bagi para generasi milenial. Tidak  hanya untuk jalan-jalan dan berwisata, para milenial juga sering melakukan perjalanan jauh terkait pekerjaan, seperti bekerja secara remote atau dinas luar kota. Jarak perjalanannya pun kini tidak  tanggung-tanggung karena bisa sampai ke luar negeri.

Nah, itulah berbagai jenis asuransi yang kini wajib dimiliki oleh generasi milenial untuk mengantisipasi dan melindungi diri dari segala kemungkinan terburuk. Selain asuransi, generasi milenial juga perlu berinvestasi. Masih bingung jenis investasi apa yang cocok buat kamu? Investasi syariah dengan budget rendah bisa jadi pilihan awal.