Ingin Menghasilkan Uang Dari Instagram? Begini Caranya!


Wahyudi 17 Sep 2020 942Dibaca Normal 15 Menit

Sebagai salah satu platform sosial media paling populer, Instagram bisa jadi tempat untuk mendulang rezeki. Bagaimana caranya? Simak di artikel berikut.



Instagram adalah platform aplikasi untuk berbagi foto. Disini jelas bahwa aplikasi ini di desain untuk berbagi foto kepada teman yang terhubung dengan kalian. Aplikasi ini menyasar anak muda yang biasanya masih demam dalam "kegilaan" untuk aktualisasi diri dalam bentuk foto, baik foto diri sendiri (selfie) maupun foto yang lainnya.

Foto-foto ini yang di dokumentasikan dalam platform instagram dan bisa kalian bagikan dengan teman-teman yang terthubung dengan akunmu.

Makin banyak teman, alias follower, makin banyak yang lihat foto kamu maka tentu saja makin banyak pula mengundang komentar dan "like" dari mereka. Makin banyak komentar, akun kalian makin popular dan tentu saja bisa memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Ingin Menghasilkan Uang Dari Instagram? Begini Caranya!

 

 

Cara Membuat Akun Instagram

Untuk membuat akun Instagram bisa kalian lakukan dari gadget. Instagram di desain khusus untuk gadget, jadi jika Anda kalian menggunakan laptop, kalian harus menginstall terlebih dahulu aplikasi pendukung untuk membuka software gadget. Ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Saat menggunakan gadget, kalian bisa install melalui instagram.com atau langsung saja ke play store (bagi pengguna android)
  2. Install aplikasi instagram yang ada di dalamnya.
  3. Setelah selesai, buka aplikasi dan klik Daftar, masukkan alamat email kalian, buat nama pengguna dan masukkan kata sandi
  4. Bisa juga, klik Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook.
  5. Jika kalian mendaftar dengan email, klik Daftar.
  6. Ikuti saja petunjuk yang ada di dalamnya sampai dengan selesai.

Mudah bukan?

instagram bisnis

(Baca Juga: Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis)



 

Bagaimana Peluang Mendapatkan Uang dari Instagram?

Hobi dan aktif bermain sosmed, lalu mendapatkan uang darinya adalah impian banyak milenial saat ini. Banyak orang ingin tahu lebih jauh tentang peluang apa saja dan bagaimana cara menghasilkan uang di Instagram.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna bulanan, 71% di antaranya berusia di bawah 35 tahun, menjadikan instagram sebagai platform aspirasi, inspirasi dan bahkan menjadi tempat mendapatkan penghasilan tambahan dalam satu aplikasi. Ada tiga cara utama untuk menghasilkan uang di Instagram:

  • Bekerja sebagai influencer untuk memposting konten yang disponsori oleh klien
  • Menjadi pemasar afiliasi (ikut program afiliasi) yang menjual produk orang lain
  • Menjadi pengusaha dan menjual produk kalian sendiri

Kalian bisa mempelajari lebih detil dari masing-masing profesi diatas agar bisa menjadi ahli di bidang yang kalian pilih.

peluang bisnis dari instagram

(Baca Juga: Trik Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis)

 

Cara Membuat Akun Instagram Yang Menarik

Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, relatif lebih sedikit persaingannya dari sisi audiens dibandingkan raksasa media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter. Hal ini memberikan peluang bagi pebisnis untuk memasarkan produk mereka ke audien yang lebih tertarget tanpa mengeluarkan banyak uang untuk iklan berbayar.

Dan karena API (program aplikasi) instagram memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan foto atau video ke Profil Bisnis Instagram yang menggunakan platform tambahan seperti Sendible, hal ini akan semakin memudahkan pengguna untuk memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan Instagram.

Tak peduli apakah kalian adalah pendatang baru di jaringan media sosial ini, atau sudah professional, berikut ini tips yang bisa kalian coba tentang cara menggunakan Instagram untuk bisnis agar semakin sukses:

 

  1. Tunjukkan apa yang kalian lakukan dengan cara yang kreatif

Fokus pada solusi yang kalian berikan, bukan produk yang dijual. Di Instagram, sangat penting untuk memberi nilai tambah kepada pelanggan kalian dan tampil cantik saat melakukannya. Jangan pernah meremehkan fakta bahwa aset terpenting di jaringan media sosial ini adalah konten visual.

Jika bisnis kalian berorientasi pada layanan, fokuslah untuk menampilkan proses selain penyediaan layanan. Tunjukkan budaya perusahaanmu dan juga bagikan beberapa tips yang bermanfaat buat pengunjung akunmu.

 

  1. Coba Instagram Stories

Instagram stories memiliki format tayangan slide dan hanya ditayangkan selama 24 jam (meskipun dapat ditambahkan ke profil kalian sebagai view, dan bisa muncul di profil kalian bahkan setelah stories asli menghilang. Fitur ini merupakan pesaing langsung Snapchat's Stories dan akan terus dikembangkan oleh Instagram.

 

  1. Coba IGTV

Instagram IGTV adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi panjang ke platform IG. Video IGTV lebih panjang, memberi kalian banyak peluang untuk membuat konten video yang menyenangkan, segar, dan menarik untuk merek atau klienmu. Video IGTV dapat berdurasi dari 60 detik hingga satu jam, menyisakan banyak ruang untuk kreativitas.

 

  1. Perluas jangkauan dengan #hashtags

Gunakan hashtag untuk memperluas jangkauan bisnismu. Pastikan juga untuk mengatur hashtag perusahaan utama kalian (#nama merek), dan gunakan dengan hemat di Instagram (Twitter dan LinkedIn juga bagus). Ini memudahkan orang menemukan konten yang terkait dengan produkmu serta akun utama kalian.

Praktik terbaik yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan antara tiga hingga lima hashtag, meskipun faktanya jumlah maksimum yang dapat Anda tambahkan adalah 30 per kiriman Instagram. Gunakan tagar khusus kampanye kalian sendiri serta tagar yang lebih populer untuk meningkatkan kemampuan kontenmu agar lebih mudah untuk ditemukan.

Kamu juga dapat memulai dengan menambahkan hashtag seperti #instagood (digunakan di lebih dari satu miliar pos), atau #tbt (Throwback Thursday). Jika kalian terjun di bidang IT, hashtag #IT atau #tech akan mudah untuk mendapatkan follower.

 

  1. Berkolaborasi dan sebut orang lain

Instagram adalah salah satu saluran media sosial paling banyak mendukung program kolaborator dan berbagi kisah sukses pelanggan. Ambil contoh saja, meskipun kalian tidak secara resmi bermitra dengan organisasi nirlaba, kalian dapat memberi amal atau melakukan penggalangan dana beberapa kali dalam setahun.

Pertimbangkan bahwa tidak semua orang memantau tagar di media sosial, jadi menandai akun biasanya merupakan pilihan yang lebih baik jika kalian ingin diperhatikan.

memanfaatkan akun instagram bisnis

(Baca Juga: Trik Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis)

 

Tools Untuk Memaksimalkan Akun Instagram

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram telah membuka peluang besar bagi semua pemiik akun bisnis instagram untuk menemukan pelanggan baru dan menampilkan produk mereka.

Perlu diingat, taktik seperti menjalankan iklan Instagram dan menjangkau influencer efektif, akan sulit untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan jika tanpa alat yang tepat.

Untuk membantu meningkatkan akun Instagram kalian, kami telah mengumpulkan daftar aplikasi Instagram terbaik untuk bisnismu yang akan membedakan bisnis kalian dengan yang lainnya, serta mengarahkan lebih banyak pelanggan ke toko onlinemu, dan membantu kalian memahami cara menghasilkan uang paling banyak di Instagram secara efektif.

 

  1. Crowdfire

Tujuan utama penggunaan aplikasi ini adalah untuk memaksimalkan jangkauan postingan kalian. Aplikasi Crowdfire akan membantumu mencapai dengan menemukan audien target kalian. Ini akan membantu kalian meningkatkan tingkat keterlibatan dan membantumu terhubung dengan follower kalian.  

Aplikasi ini tersedia untuk desktop dan juga versi seluler. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk:

  • Memantau terus orang-orang yang mengikutimu (follower)
  • Memblokir pengguna yang tidak diinginkan
  • Mengirim pesan pribadi berterima kasih kepada orang-orang yang telah menambahkan akunmu ke daftar pengikut mereka
  • Membantu kalian menemukan pengguna yang relevan

 

  1. Social Insight

Tools ini memberikan layanan halaman bisnis untuk mengikuti pengguna lain dengan harapan orang-orang itu akan mengikuti kalian kembali. Mengikuti pengguna lain adalah taktik mudah yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengikut.

Aplikasi ini akan membantu kalian untuk melacak pengguna yang tidak melakukan follow-back. Kalian juga dapat berhenti mengikuti pengguna yang sama sekali tidak pernah melakukan follow.

Jika punya banyak follower di halaman yang kamu miliki, akan sulit untuk melacak pengikut baru serta pengguna yang telah berhenti mengikutimu. Aplikasi ini akan memberi notifikasi tentang pengikut baru serta pengguna yang berhenti mengikutimu.

Aplikasi ini juga akan membantumu untuk menemukan pengguna yang secara aktif terlibat dengan konten yang kalian posting. Melalui aplikasi ini, kalian dapat menemukan pengikut organik profilmu.

 

  1. Later

Dengan aplikasi Later, Anda dapat secara visual merencanakan, menjadwalkan, dan mengotomatiskan kiriman Anda untuk Instagram (serta Facebook, Pinterest, dan Twitter). Fitur favorit ini layaknya sebuah Kalender Visual.

Later adalah platform penjadwalan media sosial intuitif yang hadir dengan beragam fitur untuk merencanakan kampanye iklan instagram Anda, termasuk kemampuan untuk menjelajahi hashtag dan berbagi konten buatan pengguna lainnya.

Later memungkinkan Anda mengatur posting Anda dengan kalender konten yang berguna dan sekaligus mendapatkan preview/pratinjau umpan (feedback) Instagram Anda sebelum diterbitkan, membuatnya mudah untuk memvisualisasikan dengan tepat bagaimana strategi bisnia Anda.

 

  1. Repost

Anda tidak harus selalu menjadi orang yang sibuk di belakang lensa saat ingin mengambil foto. Jika Anda memiliki komunitas pelanggan yang memposting konten buatan pengguna, Anda dapat menggunakan Repost Instagram untuk mengkurasi gambar mereka dan memberi mereka kredit pada saat yang bersamaan.

Untuk membagikan gambar dari akun Instagram orang lain, cukup salin URL dan bagikan di postingan yang ingin Anda bagikan dan selanjutnya buka Repost di ponsel Anda

Aplikasi ini bisa menambahkan ikon kredit ke gambar, menyalin deskripsi, dan membuat Anda siap untuk memposting gambar ke akun Anda dalam hitungan detik.

 

Sumber Penghasilan Dari Instagram

Bergantung pada merek yang Anda promosikan, seberapa unik konten Instagram Anda, audiens Anda, dan tingkat komitmen Anda, Anda dapat menghasilkan uang di Instagram dengan cara berikut:

Ingin Menghasilkan Uang Dari Instagram? Begini Caranya!

(Baca Juga: 6 Hobi Yang Menghasilkan Uang Ala Milenial)

 

Endorser

Endorse Instagram merupakan dukungan (support) atau semacam testimoni akan sebuah produk. Bentuk promosi atau advertisement yang dilakukan bisnis online shop seperti ini kini dirasa makin menarik karena praktis, relative tidak terlalu mahal namun hasilnya cukup efektif untuk menggaet konsumen baru.

Faktor keberhasilan endorse instagram bisa bergantung pada Engagement Rate Sosial Media. Rate engagement akun instagram calon influencer (selebgram/public akun) punya peran efektif, semakin besar ratenya, maka semakin baik akun tersebut dipilih sebagai influencer. Rate engagement besar berarti tingkat loyalitas follower di akun tersebut semakin baik alias dipercaya oleh followernya.

 

Pay Per Post

Pay per post artinya Anda dibayar untuk memposting produk dari klien. Tentu saja syaratnya anda harus memiliki banyak follower. Menurut survey global, seorang influencer dengan satu juta pengikut di Instagram dapat mengenakan biaya $ 100 untuk sebuah posting, sementara seorang influencer dengan sepuluh ribu pengikut di Instagram juga mengenakan biaya $ 100 untuk posting yang sama persis di feed mereka.

Menakjubkan bukan? Tantangan saat ini bagi influencer yang mempromosikan sebuah merek atau produk adalah bersikap adil dan kompetitif di pasar.

 

Brand Ambassador

Menjadi Ambasador atau Duta dari Brand Tertentu bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari instagram.  Saat menjadi ambasador sebuah brand, Anda akan disodorkan kontrak setidaknya satu bulan hingga satu tahun dan seterusnya.

Selama periode waktu tersebut Anda akan mendapatkan produk gratis dan diminta untuk mempromosikan produk tersebut melalui media sosial milik Anda.

Acapkali, seorang brand ambassador diajak ke event-event mereka atau membuat event tersendiri dengan Anda. Tak jarang pula, beberapa brand juga memberi uang tambahan untuk setiap konten yang Anda posting di media sosial. Jangan lepaskan peluang ini, Anda bisa menawarkan jasa brand ambassador ke pemilik produk.

 

Afiliasi

Tidak seperti influencer, afiliasi membantu melakukan penjualan untuk merek klien dengan imbalan komisi. Mengikuti program afiliasi bisa jadi media pembelajaran untuk mencoba mencari penghasilan tambahan dari instagram.

Dengan mendaftar jadi afiliasi sebuah produk, Anda akan mendapatkan akses berupa kode afiliasi yang bisa digunakan untuk menarik perhatian calon pembeli.

Jika ada yang tertarik dan ingin melakukan pembelian karena promosi yang Anda lakukan, Anda akan mendapat komisi sekian persen dari program afiliasi tersebut. Mulai dari produk sehari-hari hingga bisnis forex, ada peluang menjadi afiliasinya. 

Jika Anda berhasil menarik perhatian dan menjual banyak produk, ada kemungkinan brand akan melirik Anda dan menjadikan Anda sebagai calon ambasador. Pertimbangkan untuk menghubungi salah satu dari banyak penyedia program afiliasi yang menawarkan program afiliasi seperti berikut ini:

  • Platform afiliasi dengan komisi berbasis tingkatan yang terbuka untuk semua orang.
  • Jaringan influencer mode dan gaya hidup khusus undangan yang menawarkan komisi 20%.
  • Amazon Associates. Opsi populer yang bisa membayar komisi hingga 10%.

 

Peluang Lain Menghasilkan Uang Dari Instagram

Jualan Konten Virtual

Platform media online membutuhkan kontan yang menarik. Peluang untuk jualan konten virtual menjadi ceruk bisnis yang menarik. Mari kita simak salah satu penelitian terbaru berikut ini:

  • Pendapatan yang didapat dari konten marketing diproyeksikan melebihi $300 miliar pada 2019.
  • 86% marketer B2C menganggap konten marketing adalah strategi pemasaran utama.
  • Konten marketing menghasilkan lebih dari 4x leads daripada PPC per $1000 dalam waktu 36 bulan.

Tidak semua orang punya kemampuan untuk membuat konten yang menarik di instagram. Jika Anda punya kemampuan untuk itu, manfaatkan ceruk bisnis ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pertimbangkan juga tentang sasaran, pemirsa, dan saluran distribusi Anda.

 

Jadi Dropshipper

Ada fakta menarik seputar Bisnis Online dan potensinya ke depannya yaitu:

  • 21 Juta Paket Dikirim via JNE Setiap Hari
  • Setiap Bulan 20 Juta Produk Dikirimkan Tokopedia
  • Ada 6 Juta Pelapak Aktif di Bukalapak
  • 8 Juta Order masuk ke Shopee dalam 24 Jam
  • Bukalapak Mencatatkan 50 Juta Transaksi Per Bulan
  • Transaksi Harbolnas 2018 Tembus 6.8 Triliun

Nah, jika Anda tertarik untuk mengambil peluang itu, menjadi dropshipper pilihan yang menarik. Bisnis ini nyaris tanpa modal, karena Anda hanya cukup dengan meneruskan pesanan pelanggan ke supplier, dan nantinya supplier akan mengirimkan pesanan ke pelanggan atas nama kamu.

Dengan kata lain, Anda adalah perantara penjualan produk. Anda tidak harus melihat produk yang dijual secara langsung,yang penting pastikan Anda mengambil dari supplier yang berkualitas. Jika ada orderan masuk maka Anda tinggal menghubungi supplier untuk menyiapkan dan mengirimkan produk kepada pelanggan tadi sehingga praktis bukan?

gagal bisnis online

(Baca Juga: Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online

 

Jualan Barang Preloved

Preloved adalah istilah gaul milenial jaman sekarang yang artinya adalah barang-barang bekas namun masih layak pakai dan ingin dijual kembali dengan harga yang lebih murah. Walau bekas namun dari merk premium sehingga tetap saja berkelas. Biasanya baru dipakai beberapa kali saja.

Bisnis ini sedang naik daun dengan munculnya beberapa platform yang neawarkan jual beli preloved ini. Anda tinggal ketik saja di google "marketplace pre-loved" nanti akan banyak bermunculan disana.

Modal minim, barang bekas kita tidak ada yang terbuang dan rusak secara sia-sia, peminat tinggi, dukungan banyak platform yang menawarkan jual beli preloved ini menjadikan bisnis ini makin banyak digemari generasi milenial.

 

Menjadi Buzzer Instagram

Buzzer instagram adalah ceruk bisnis baru yang muncul di era media social masa kini. Buzzer dianggap bisa membuat sebuah topik menjadi pembahasan yang menarik dan mengundang banyak pengguna social media, hingga menciptakan sebuah trending baru yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan, mempromosikan atau bahkan memprovokasi sebuah produk atau merk.

Tidak semua orang atau akun bisa menjadi buzzer. Kamu harus memenuhi syarat-syarat ini:

  • Memiliki Banyak Follower
  • Memiliki Konten yang Jelas
  • Foto Harus Instagramable
  • Memiliki Engagement Tinggi
  • Kreatif dan Aktif

 

Bisnis Jastip

Jasa titip atau jastip adalah aktivitas penawaran jasa pembelian barang dan memperoleh profit dari setiap harga barang titipan yang telah dikenakan margin. Biasanya jastip ini dilakukan mereka yang berpergian ke luar daerah atau luar negeri.

Memulai bisnis jastip atau jasa titip beli saat ini memang menjadi salah satu pilihan bisnis yang menarik. Kamu hanya perlu membelikan barang yang dititip, dan mereka akan memberikan tip sebagai bayaran jasa.

Berapa besar omzet dari jastip?

Ada referensi menarik dari akun jastip @jastip_ikea. Akun ini khusus membuka jasa titip beli barang-barang produk IKEA. Cek fee-nya, cukup murah sebenarnya mulai Rp 2.000-Rp 35.000, tergantung dari harga barang yang dipesan. Makin mahal harga, maka fee-nya juga akan semakin besar.

Rata-rata, dalam satu minggu kamu mendapatkan pesanan 50 barang dengan masing-masing fee Rp 20.000 per barang. Maka dalam satu minggu kamu akan memperoleh penghasilan sebesar Rp 1 juta. Menarik bukan?

 

Menjadi Endorser

Endorsement adalah mempromosikan produk orang lain dari akun instagram yang sudah punya banyak follower dan punya reputasi bagus. Bayaran yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan. Berikut ini tips untuk menjadi seorang endorser.

  1. Memiliki follower yang banyak

Salah satu syarat 'mutlak' yang harus dimiliki oleh seorang endorser adalah, memiliki follower yang banyak. Minimal di atas 10.000 follower, idealnya ratusan ribu orang.

  1. Postingan menarik dan rutin

Ini penting bagi endorser yang non public figure. Jika sudah bicara public figure, apapun yang diposting pasti akan menarik di mata fans.

  1. Punya keunikan tersendiri

Sering dengar ungkapan "Ashiapp" dari Atta Halilintar, atau "Bagaimana Khabar? Luarr Biasa" dari Andri Wongso? Itu contoh ciri unik atau kekhasan seseorang. Jika Anda tak punya "style" seperti itu cobalah untuk selalu memposting foto-fotonya yang cantik disertai dengan busana-busana elegan misalnya saja.

Maka endorser seperti ini sangat diminati oleh pengiklan kosmetik, baju, sepatu, dan produk fesyen lainnya. Yang penting Anda punya ciri khas tersendiri.

Di era digital seperti saat ini, ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya melalui hobi kita aktif di media social. Instagram, bisa jadi pilihan yang menarik.

Apalagi jika Anda suka berbagai foto, jelas hobi ini bisa menghasilkan. Tak hanya di Instagram, foto-foto tersebut bisa juga membawa keuntungan di Facebook. Pelajari secara mendalam ulasan diatas dan semoga Anda bisa menjadi ahli di salah satu bidang tersebut.


Kirim Komentar/Reply Baru
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
Linlindua   28 Apr 2021   162  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   288  
Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula
Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula
Wahyudi   29 Mar 2021   411  
Intip 5 Potret Peluang Usaha Minim Pesaing
Intip 5 Potret Peluang Usaha Minim Pesaing
Wahyudi   28 Feb 2021   361  
Strategi Digital Marketing Untuk UKM Pemula
Strategi Digital Marketing Untuk UKM Pemula
Linlindua   31 Dec 2020   383  
Kiat Bisnis Online Saat New Normal
Kiat Bisnis Online Saat New Normal
Wahyudi   22 Oct 2020   459